Erasmus Mundus scholarship

Quality and Excellence in European Higher Education

FAQ

Pendaftaran

  • Bagaimana cara mendaftar Erasmus Mundus?
    Silahkan baca dulu halaman muka blog ini.
    Secara singkat, anda pilih dulu program EMMC dimana anda tertarik. Kunjungi website EMMC tersebut untuk mendapatkan beragam informasi termasuk di antaranya syarat pendaftaran, cara pendaftaran, tenggat waktu, dan universitas mana saja yang menyelenggarakan program tersebut.
  • Apakah butuh acceptance letter dari universitas untuk mendapatkan beasiswa Erasmus Mundus?
    TIDAK. Konsep Erasmus Mundus adalah anda apply untuk beasiswanya dulu. Setelah mendapatkan beasiswa, otomatis anda akan di-enrol ke universitasnya. Sebab itu dalam proses pendaftaran, silahkan hanya berkorespondensi dengan pihak konsorsium untuk tanya-jawab.
  • Ke mana harus mendaftar Erasmus Mundus?
    Setiap program diselenggarakan oleh gabungan beberapa universitas di Eropa, yang disebut dengan konsorsium. Walaupun ada beberapa universitas, anda cukup apply 1x saja, yaitu ke konsorsium. Seluruh petunjuk pendaftaran tersedia detail di website program.
  • Apakah applicant bisa memilih hendak kuliah di universitas mana?
    Seperti yang dikatakan sebelumnya, setiap program diselenggarakan oleh beberapa universitas di Eropa, yang disebut dengan konsorsium. Jadi anda hanya bisa belajar di universitas-universitas yang tergabung dalam konsorsium tersebut.
    Untuk universitas yang memiliki kerja sama student exchange dengan universitas lain di luar konsorsium, ada kemungkinan anda bisa diikutkan dalam program student exchange.
  • Program X diselenggarakan oleh konsorsium 5 universitas (A,B,C,D,E). Saya akan studi di 2 dari 5 universitas tersebut, masing-masing selama 1 tahun. Siapakah yang menentukan dimana saya akan kuliah?
    Tergantung konsorsium program tersebut. Beberapa konsorsium memperbolehkan student-nya untuk menyampaikan keinginan mereka ingin kuliah di universitas mana. Beberapa yang lain menentukan secara absolut berdasarkan pertimbangan konsorsium mengenai latar belakang, tujuan riset, dan keseimbangan komposisi jumlah student antar tiap universitas yang tergabung dalam konsorsium.
  • Saya sudah memiliki gelar S2, masih bisakah saya mendaftar untuk EMMC?
    Bisa, pengalaman sudah membuktikan bahwa ada beberapa awardee yang sudah punya gelar S2, masih bisa mendapatkan beasiswa Erasmus Mundus, selama dia memenuhi syarat-syarat lainnya yang tertera di website program.
  • Saya baru akan menyelesaikan pendidikan S1, bisakah saya mendaftar untuk EMMC?
  • Bisa, pengalaman dari tahun 2004 sudah membuktikan. Perkuliahan di Eropa dimulai sekitar Agustus-September. Bila anda akan lulus dan terima ijazah sebelum Agustus, anda bisa coba negosiasi denagn konsorsium. Ada kemungkinan anda akan disuruh membuat surat perjanjian, yaitu bila anda mendapatkan beasiswa, tetapi anda tidak bisa lulus sebelum waktu yang dijanjikan, maka beasiswa itu akan dicabut.
    Catatan: Konsorsium berwenang mutlak untuk menentukan apakah mereka mau menerima aplikasi dari aplicant yang baru akan lulus S1. Beberapa program tidak memperbolehkan hal ini.

  • Saya saat ini sedang kuliah di salah satu universitas di Eropa, bisakah saya apply beasiswa Erasmus Mundus?
    Bisa, asalkan pada saat aplikasi, selama 5 tahun terakhir, anda tidak melakukan kegiatan utama di Eropa selama lebih dari 12 bulan. Bila diterima, maka anda harus mengambil program EMMC yang anda apply (mulai lagi dari awal). Beasiswa EM hanya bisa digunakan untuk membiayai program-program yang ditawarkan olehnya.
  • Apakah butuh pengalaman kerja atau latar belakang pekerjaan tertentu untuk mendapatkan beasiswa Erasmus Mundus ini?
    Tidak, baik fresh graduate maupun mereka yang sudah masuk dunia kerja, semuanya berpeluang yang sama.
  • Dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk pendaftaran?
    Berbeda-beda antara tiap program.
    Secara umum, dokumen yang dibutuhkan adalah: form aplikasi, ijazah dan transkrip dari pendidikan tinggi (universitas) sebelumnya, CV, motivation letter, reference/recommendation letter, bukti kewarganegaraan (paspor / kartu identitas).
    Untuk daftar valid dokumen yang dibutuhkan, silahkan cek langsung di website program
  • Latar belakang S1 saya adalah jurusan A, bisakah saya apply untuk EMMC jurusan lain?
    Tergantung EMMC anda apakah mereka mengharuskan applicant untuk punya latar belakang pendidikan tertentu, misal: untuk EMMC di bidang Engineering, biasanya menginginkan applicantnya punya pendidikan S1 di bidang Engineering. Silahkan cek di website program.
    Bila latar belakang S1 tertentu tidak disebutkan di website, berarti jurusan apa saja diperbolehkan untuk apply. Anda harus menemukan alasan kuat supaya bisa meyakinkan konsorsium untuk menerima anda.
  • Berapa program yang bisa saya daftar?
    Per tahun aplikasi, anda hanya diperbolehkan maksimal apply ke 3 EMMC/EMJD. Bila lebih, maka aplikasi anda akan otomatis gugur.
  • Adakah IPK minimal untuk mendaftar EM?
    Silahkan Anda cek di website program yang Anda tuju. Pada umumnya, karena mereka menerima applicant dari seluruh dunia, yang sistem pendidikan dan penilaiannya pun berbeda-beda, maka mereka tidak akan menyebutkan, misal: IPK harus di atas 3.00. Yang biasanya mereka sebutkan adalah kualifikasi seperti: Top 5%, First Upper Class, dll.
  • Apakah hanya lulusan universitas ternama saja yang bisa mendapatkan beasiswa EM?
    TIDAK. Penerima beasiswa EM bervariasi dari berbagai universitas negeri, swasta, dalam dan luar negeri.

Persyaratan Bahasa

  • Apakah perlu TOEFL/IELTS?
    Perlu. Untuk TOEFL, kami selalu merekomendasikan menggunakan International TOEFL. Informasi TOEFL bisa didapat di http://www.ets.org/. Untuk IELTS, informasinya tersedia di http://ielts.org/. Validitas TOEFL/IELTS adalah 2 tahun sejak tanggal tes.
  • Berapa nilai TOEFL/IELTS yang dibutuhkan untuk mendaftar EM?
    Setiap program memiliki nilai batasan yang berbeda-beda, silahkan cek langsung di website program.
  • Apakah perlu memiliki kemampuan bahasa lokal selain bahasa Inggris?
    Tergantung programnya. Mayoritas program hanya mengharuskan applicant untuk melampirkan kemampuan berbahasa Inggris. Namun, ada pula beberapa program yang mengharuskan applicant untuk menguasai bahasa lokal tertentu karena sebagian perkuliahan akan dilakukan dengan menggunakan bahasa lokal. Persyaratan ini adalah mutlak hak dari konsorsium sebagai penyelenggara program.

276 Responses to “FAQ”

  1. Venus said

    1. Apakah ada perpanjangan Erasmus Mundus utk 2009 selection year?
    2. Bagaimana jika kita hanya bisa berbahasa inggris saja sementara perkuliahan dilakukan minimal di 2 university dgn bahasa lokal sebagai bahasa pengantar perkuliahan?

    1. Silahkan baca di sini
    2. Rata2, kuliah EM dilakukan dalam Bahasa Inggris. Walaupun demikian, ada juga bebebrapa program yang menggunakan bahasa lokal. Ada universitas yang menyediakan kursus bahasa lokal, namun bila tidak ada, ya mungkin harus belajar sendiri.

  2. Thanks before…
    website loe ini ngebantu banget buat Indonesian “young guns” haus ilmu yang butuh bantuan dana sekolah… :-)

    to the point aja,
    gw baca di website, skema pemberian grants dari EM adalah 10 months x 1.600 euro + 1 x 5.000 euro.
    Apakah dengan ini berarti kita bisa mencicil tuition fee ke pihak univ? or kita mesti punya tabungan dulu sebesar tuition fee (i.e. 12.000 euro) di awal kuliah?

    Thanks
    arief

    well, skema tsb tergantung dari program mana yang didaftar. tidak smua programpunya skema pembagian grant seperti itu. yang sama dari semua program adalah besarnya grant 21000 euro per tahun.

    tuition fee biasanya dipotong langsung dari grant tsb. sisanya diberikan sebagai grant per bulan. jadi ga usah pusing utk punya tabungan / menyediakan uang sebesar tuition fee.

  3. Muhandis said

    hi Emundus…
    Saya sudah lihat bag. ‘for first time visitor’, semoga pertanyaan saya ini tepat untuk diajukan.
    Saya baru lulus S1 fisika UI (konsentrasi fisika nuklir dan partikel) pada Des 2008 dengan cum laude (IPK > 3.7). Nilai TOEFL saya 590.
    Saya sudah mengunjungi website erasmus mundus, tapi karena tidak ada bidang yang benar2 cocok dgn konsentrasi saya,
    maka saya memilih bidang yang saya anggap paling dekat dan sesuai dengan minat saya.
    Saya memilih program
    1. EMM-Nano – Erasmus Mundus Master of Nanoscience and Nanotechnology
    2. OPSCITECH: Optics in Science and Technology
    3. FAME – Functionalised Advanced Materials and Engineering

    Ketiga program tsb mensyaratkan background yg kuat di bidang fisika atau material Science.
    Ada bebrapa pertanyaan:
    1. Berapa besar peluang saya untuk masuk program2 tersebut? dalam hal ini apakah program2 tersebut termasuk yang ketat persaingannya?
    2. Bisakah saya mendapat informasi tentang orang2 Indonesia yang sudah diterima di program2 tsb? mungkin mereka bisa membantu saya terkait dg aplikasi.
    3. tentang transkrip akademik, di sana saya baca karena sistem eropa beda dengan Indonesia,maka harus dijelaskan tentang sistem grading, peringkat kita di kelas, dsb, Terus terang saya kebingungan dengan hal ini. Saya sudah tanya sama bag akademik fakultas, mereka juga bingung. Mungkin Emundus bisa memberi masukan atau kalau ada contohnya?
    4. tentang penerjemahan dokumen lain, spt akta kelahiran (birth certificate), itu gimana prosedurnya, apakah harus meggunakan penerjemah tersumpah atau bagaimana?

    Maaf, kalau pertanyaan saya kebanyakan. Terimakasih sebelumnya


    1. sama saja kalau ada orang yang bertanya ke kamu, berapa besar peluang dia untuk masuk UI?
    susah kan untuk mengukurnya? intinya, kalo memang mau mencoba, ya coba saja. ga akan tau hasilnya kalo tidak dimulai.

    2. hal ini menyangkut privasi orang, saya tidak bisa memberikan nama/email.
    anda bisa coba mengajukan pertanyaan di sini, siapa tahu mereka bersedia untuk dihubungi sehubungan program mereka.

    3. cukup dijelaskan bagaimana kriteria nilai A-E (apakah menggunakan nilai mutlak / distribusi statistik), arti 1 sks, arti cum laude (misal: mencuci kuliah, tidak dapat gelar cum laude), berapa orang di angkatan kamu yang lulus tepat waktu, lulus cum laude (dari sini akan kelihatan apakah kamu, misal: top 10%). dari UI memang tidak ada penjelasan khusus tentang ini (ada sebagian di transkrip nilai, coba cek), jadi bisa kamu buat penjelasan sendiri.

    4. tergantung konsorsiumnya. ada yang harus tersumpah, ada yang tidak. tapi rasanya harganya tidak beda jauh. tanya langsung saja ke mereka.

    saya lihat kamu mengajukan email yang sama ke milis beasiswa. mungkin disana ada yang bisa melengkapi/kasih keterangan lebih detail.

  4. Muhandis said

    makasih atas jawabannya. kapn2 saya boleh nanya lagi ya…

  5. febyana said

    Dear Emundus,
    saya mo tanya lagi,yah? karena Erasmus Mundus ditujukan untuk mempromosikan higher education di Eropa, apakah ada syarat bahwa pendaftar tidak boleh sudah pernah dapet gelar or pernah short course lebih dari 6 bulan di salah satu negara EU? Terima kasih atas jawabannya

    ada dong..
    dalam 5 tahun terakhir, tidak boleh melakukan aktivitas utama (belajar, tinggal, riset, dan semacamnya) di eropa, secara total, lebih dari 1 tahun. jadi kalau masih 6 bulan sih masih eligible.
    syarat ini ada tertulis kok di semua website EMMC.

  6. febyana said

    tanya lagi,yah? kalau misalnya,nih, saya kursus bahasa di salah satu negara eropa selama 2 bulan, trus ambil master di eropa juga selama 12 bulan (dua kegiatan tersebut dilakukan berturut2). Itu diitung lebih dari 1 tahun,ga,yah? Boleh daftar erasmus mundus scholarship/tidak?terima kasih

    saya copy-paste kan dari website berikut (lihat point terakhir):

    http://ec.europa.eu/education/programmes/mundus/faq/faq3_en.html#5

    Who can apply for an Erasmus Mundus scholarship?

    Erasmus Mundus scholarships are for graduate students and scholars. There are two different scholarship schemes for graduate student and scholars under Erasmus Mundus: one for third-country nationals (Action 2) and one for European nationals (Action 3).

    Scholarships for third-country students and scholars coming to Europe (Action 2)

    A limited number of scholarships are available for third-country nationals with excellent academic records. Eligible students/scholars:

    * are graduates who have successfully obtained a first degree awarded by a recognised higher education institution anywhere in the world or are high quality academics and/or professionals of outstanding experience who can carry out teaching, research or scholarly work
    * are nationals of any country around the world other than the 27 EU Member States, the EEA/EFTA States and the candidate countries for accession to the EU (for a full definition see also question 44)
    * are selected to attend an Erasmus Mundus Masters Course by the consortium offering the Course in question
    * are not a resident of any of the Member States or the participating countries
    * have not carried out their main activities (studies, work etc.) for more than a total of 12 months over the last five years (reference date: 28 February) in any of the above mentioned countries (27 EU Member States, EEA/EFTA States and candidate countries).

  7. Aldila Grandis said

    hi emundus,ada beberapa hal yg ingin sy tanyakan ketika nanti diterima beasiswa em:
    1.mekanisme seperti apa yang diberikan oleh em bagi penerima beasiswa yg seandainya tidak mampu menyelesaikan studinya dalam waktu yang telah ditentukan?
    2.selama mengikuti proses belajar apakah memungkinkan mengajak keluarga (istri, anak2..)?
    3.Adakah peluang kerja part time selama mengikuti program?
    4.Berapa kisaran biaya hidup per orang di eropa?
    terima kasih banyak atas jawabannya.

    • emundus said

      1. tergantung terms & conditions saat menerima beasiswa tsb. pada umumnya sih beasiswanya di-stop, mau melanjutkan samapi lulus/tidak, terserah anda.
      2. sangat mungkin
      3. ada, tergantung negara bersangkutan (persyaratan visanya)
      4. tergantung negara, tidak bisa di-generalisasi

  8. azhar said

    Hai Emundus,
    Saya tertarik untuk daftar program IMIM, karena saat ini pekerjaan saya align dengan program tersebut,yang ingin saya tanyakan kapan batas waktu pengiriman aplikasi untuk program 2009 ini, atau jika sudah terlambat, kapan untuk tahun 2010.

    Terima kasih.

  9. agatha said

    hi, erasmus mundus..

    saya mau tanya apakah erasmus mundus menyediakan beasiswa buat student exchange k jerman ? kalo iya, bisa diliat d website mana, application form expired date & apa saja requirementnya?

    thanks.

  10. Handy said

    Dear Erasmus,

    Saya sarjana arsitek lulus tahun 2004 (angk. 2000) ingin mengambil beasiswa erasmus untuk program studi arsitek dengan bahasa pengantar bahasa inggris. kira2 uni mana yang lebih mudah untuk mendapat acceptance letter?

    saya udah coba hub. ke mundus urbano tapi kayaknya bakal sulit soalnya mereka terima juga dari uni eropa..kira2 menyiasatinya gimana ya? trims.

    • emundus said

      Bila program EMMC menerima student dari negara Uni Eropa, maka tidak ada hubungannya dengan kuota beasiswa, karena beasiswa Erasmus Mundus HANYA diberikan bagi mereka yang berasal dari negara dunia katiga (termasuk Indonesia).

      Silahkan baca halaman utama http://emundus.wordpress.com/

  11. nia said

    Boleh minta kontak person gak sih biar lebih jelas…
    thank you

    • emundus said

      Contact person kan tertera di website masing2 EMMC.
      Silahkan baca dulu halaman “Selamat Datang” untuk info dasar mengenai beasiswa EM ini.

  12. indra said

    hi,
    terima kasih untuk informasi segamblang ini, meskipun saya masih kurang puas karena ada beberapa hal yang belum saya ketahui.
    maka dari itu, saya ingin bertanya beberapa hal:
    1. apakah mahasiswa tingkat akhir dapat ikut mendaftar?
    2. saya jurusan ekonomi manajemen, apakah dapat mendaftar pada program QEM? karena di manajemen saya pun mendapatkan mata kuliah matematika dan kalkulus

    mungkin sementara hanya ini,

    terima kasih atas jawabannya….^^

    • emundus said

      apakah anda sudah baca halaman “selamat datang”? http://emundus.wordpress.com/

      1. bisa, kalau anda akan lulus sampai dengan pertengahan 2010 (sebelum periode kuliah EMMC dimulai)
      2. silahkan tanya langsung ke konsorsium QEM

      • Zakka said

        sedikit menambahkan… saya sudah mengecek ada satu program (yaitu EMPSE) yang secara terang-terangan menolak aplikan yang belum lulus sebelum deadline pendaftaran… Mungkin apa yang dikatakan di atas, benar secara garis besar, tapi jika ditulis secara jelas tidak boleh, ya menurut saya ya tidak lolos seleksi, meski kalo mau coba-coba juga silakan aja sih, toh Anda sendiri yang menanggung resiko :)

      • emundus said

        Terima kasih Zakka untuk informasi tambahannya.
        Semoga bisa terus aktif berpartisipasi membantu menjawab di sini.

        *Zakka adalah penerima beasiswa EM tahun 2009*

        Note untuk visitor: Sangat sulit untuk memonitor syarat setiap EMMC satu per satu karena jumlahnya yang sangat banyak, dan persyaratan setiap EMMC berbeda. Sebab itu, acuan utama mengenai segala hal yang berhubungan dengan pendaftaran adalah website EMMC tsb.

  13. andhi said

    Hi..
    saya andhi lulus dr teknik perkapalan UI tahun 2008 mau mencoba melanjutkan untuk program magister EMSHIP European Education in Advanced Ship Design, karena ini pertama kali jon erasmus maka saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan:
    1.mohon informasinya kepada para alumni/peserta yang pernah mendapatkan program EMSHIP
    European Education in Advanced Ship Design, bagai mana cara pendaftarannya, sebenarnya saya sudah baca website (emship.eu) dan sedang mengisi application form, tapi cuma ingin memastikan saja kalau form yg saya isi sudah benar.

    2.ada gag sih statistik para penerima erasmus dari indonesia yg berisi informasi setiap individu (i.e: nama perguruan tinggi lulusan di indonesia,IPK,TOEFL dll dan informasi akademis lainny)

    3.boleh minta tolong contact person alumni/penerima erasmus/yg sedang apply erasmus g biar bisa tanya2 ato bertatap muka

    terimakasih y

    • emundus said

      1. EMSHIP sepertinya adalah program baru. Anyway, nanti kalau memang ada alumninya, biar mereka jawab langsung di sini. Bila tidak ada, maka silahkan konsultasi langsung dengan konsorsium.

      2. Ada, tetapi tidak dipublikasikan untuk umum.
      Note: tidak harus lulusan Indonesia.

      3. Semua diskusi bisa melalui blog ini saja. Terserah kalau ada yang mau mempublish alamat emailnya untuk di-japri.

      Untuk tatap muka, bisa mengunjungi pameran2 pendidikan Erasmus Mundus (bila ada, nanti akan diumumkan di halaman “Selamat Datang” blog ini). Jadwal terdekat adalah Holland Education Fair 2009 http://emundus.wordpress.com/2009/10/26/holland-education-fair-2009-erasmus-mundus/

      Atau mungkin anda mau bantu untuk organize seminar/sharing informasi di universitas/fakultas/jurusan anda? Silahkan diinformasikan di sini, saya akan sangat welcome untuk hal ini.

      • andhi said

        Oiy untuk gambaran kasar saja boleh tau gag probabilitas mendapatkan beasiswa itu sebenarnya kriteria apa saja sih yang dibutuhkan olah seorang applicant.

        thanks

      • emundus said

        beberapa (tidak semua) EMMC mem-publish kriteria mereka di websitenya.

        untuk probabilitas, susah jawabnya karena setiap tahun bisa berbeda, tergantung berapa banyak yang berminat di EMMC tsb, bagaimana kualitas applicant yang mendaftar, dari negara mana saja, dll.

  14. dimas said

    hi emundus, saya dimas, lulusan D4 Komputasi Statistik. Pengen tanya, ada tidak program beasiswa S2 yang lulusan D4 seperti saya bisa masuk??

  15. Mita said

    Halo,

    Saya sedang menyiapkan pendaftaran untuk 3 program dalam EMMC.

    Di salah satu program, diminta terjemahan ijazah dan transkrip dari sworn translator dan dilegalisir melalui jalur diplomatik.
    Ada link untuk penjelasan cara legalisir melalui jalur diplomatik, tapi sayangnya dalam bahasa Spanyol.

    Sedangkan 2 program lainnya hanya minta terjemahan ijazah dan transkrip, tanpa minta dari sworn translator ataupun dilegalisir melalui jalur diplomatik.

    Mohon info apakah semua ijazah memang harus diterjemahkan oleh sworn tranlator dan dilegalisir melalui jalur diplomatik?
    Ijazah dan transkrip S1 saya sudah diterjemahkan oleh universitas (ITB) dan dilegalisir oleh Dekan.

    Terima kasih.

    • emundus said

      Apakah semua ijazah memang harus diterjemahkan oleh sworn tranlator dan dilegalisir melalui jalur diplomatik?

      TIDAK, tergantung programnya. Ada yang cukup dilegalisir oleh sworn tranlator, saja. Ada juga yang cukup bila sudah dilegalisir oleh lembaga/pejabat yang berwenang.

      Kalau anda sebutkan nama EMMCnya, mgkn ada student/alumni yang bisa sharing..

      • Mita said

        Program yang meminta adalah JEMES – Joint European Master in Environmental Studies yang pendaftarannya dilakukan ke Universitat Autonoma de Barcelona (UAB).

        Sebenarnya untuk program ini bisa mendaftar ke salah satu dari 4 universitas dalam konsorsiumnya.
        Kebetulan saya tertarik untuk daftar ke UAB, tapi ternyata minta terjemahan sworn translator.
        3 universitas lainnya tidak minta hal tsb.

        Terima kasih atas penjelasannya.
        Mungkin saya daftar lewat universitas yg lain saja.

      • emundus said

        ok, rasanya kita ada student/alumni JEMES dari Indonesia. nanti saya hubungi dia, siapa tahu nanti dia mau berbagi di sini.

  16. devi said

    Q:Apakah semua ijazah memang harus diterjemahkan oleh sworn tranlator dan dilegalisir melalui jalur diplomatik?

    A:Tidak (idem jawaban Emundus), untuk kasus JEMES memang hanya UAB yang mensyaratkan hal ini, karena alasan2 khusus (internal UAB). Solusi kamu sudah tepat saya kira, untuk mencoba mendaftar lewat universitas lainnya. Home-university di JEMES konsorsium punya pengaruh besar; tidak hanya pada pilihan courses tapi juga pada administrasi bahkan hingga sampai kelulusan. Saya sarankan banyak2 mencari informasi mengingat program ini masih lumayan baru. Saya angkatan pertamanya.

    Salam,
    Devi (JEMES 2007-2009)

  17. saiful Nurdin said

    Dear Emundus

    saya sedang apply program MEEES, tp saya kendala dalam pengisian applikasi online nya, pada sesi Profesional Qualification (ini bukan Work Experinces) terdapat empat kolom yang harus di isi :
    Body :….
    Member : ……..
    Begin :…..
    End :…

    saya bingung harus isi apa di sesi tersebut. mohon di pandu saya untuk masalah ini,

    terimakasih
    Cheers

    Saiful

    • emundus said

      Kalau memang tidak ada, ya dikosongkan saja.
      Professional Qualification tuh misalnya anda anggota IEEE, atau komunitas profesi lainnya

  18. andhi said

    mau tanya dong:
    kalo kita daftar program beasiwsa erasmus tapi dokumennya belum lengkap nih, ternyata ngurusnya lama juga…
    apakah kita bisa melamar di program yang sama tahun depan karna deadlinenya tanggal 15desember2009 sedangkan dokumen yang diminta belum lengkap semua…
    thanks

  19. Ricky said

    Halo Emundus,

    Saya berencana apply beasiswa untuk tahun ini. Saya ada sedikit pertanyaan mengenai nama di passport dan di ijazah.

    Karena nama di ijazah mengikuti akte lahir, di mana nama keluarga saya tidak ikut dicantumkan, sedangkan di passport dan IELTS result dicantumkan nama keluarga karena mengikuti KTP.

    Contoh, nama saya Ricky Suganda, tetapi di ijazah hanya tertulis Ricky, sedangkan passport dan IELTS nya memakai Ricky Suganda.

    Apakah ini akan menjadi halangan dalam pemrosesan nanti? Atau saya harus menyediakan satu dokumen lagi (dari kampus) yang menyatakan bahwa Ricky dan Ricky Suganda adalah orang yang sama?

    Terima Kasih.

  20. Achmad Yaser said

    Hallo Emundus,

    Saya berminat mengambil post grad. study untuk Petroleum Engineering (PE), yang saya tidak bisa menemukan di list EMMC, baik di engineering, natural science, dan geo-earth studies. Mungkin ada info program yang similar dengan PE.

    Thanks before,
    Yaser

  21. Metty said

    Hai Emundus,

    sya tertarik dng program Ecohydrology (www.ecohyd.org)
    dsalah satu prsyaratanny hrus mnyertakan:
    – Record of the study history (study performances and exam results with information on ECTS, Transcript of Records or equivalent document),

    apakah sya bisa hanya mnyertakan transcript nilai yg sudah ada? ato harus trsnkrip dng standar ECTS juga? bagaimana mngkonversi transkrip ke ECTS dan apakah hrus dlegalisasi oleh fakultas?

    trims banyak ya…

    • emundus said

      ECTS itu kan sistem kredit di Eropa.
      kalau di Indonesia menggunakan SKS.

      kalau saya dulu, menggunakan transkrip yang ada (SKS), tetapi ditambahkan penjelasan apa sih 1 SKS itu (berapa jam belajar, berapa jam tugas, dll).. dijelaskan juga mengenai kriteria penilaian, misal: A adalah 10 persen terbaik di kelas, dst..

      penjelasan ini harusnya bisa didapat dari pihak fakultas./universitas.

  22. Nugroho said

    Apakah beasiswa Erasmus bisa di-postpone?
    Misalnya, dinyatakan diterima di tahun 2010, tapi baru berangkat 2011.
    Atau harus langsung berangkat setelah dinyatakan diterima?
    Terima kasih…

    • emundus said

      Tidak.
      Bila menunda maka beasiswa 2010 akan hilang, dan harus apply dan mengikuti proses seleksi lagi di 2011.
      Bila diterima di 2010, ya berangkat di 2010.

  23. Rindang Asmara said

    Dear EMundus,

    Saya seorang dokter umum lulusan FK Unpad 2009, saya ingin mengikuti program TROPED, dan EUROPUBHEALTH. Pertanyaan saya:
    1. Salah satu requirements yang harus dipenuhi dari program TROPED adalah: Bachelors degree with honours. Apa sajakah kriterianya? Apakah harus minimal Cum Laude atau bagaimana?
    2. Apa yang dimaksud dengan school-leaving certificate dan bagaimana cara mendapatkannya?
    Untuk saat ini, itu saja pertanyaan saya.
    3. bagaimana jika saya belum memiliki pengalaman kerja 2th (padahal hal itu diminta oleh EMMC yang akan saya apply), bolehkah tetap mencoba mendaftar? Saat ini saya sudah bekerja, tetapi belum 1 tahun.

    Rgds,
    Rindang

    • emundus said

      1. Coba di-google/wiki ya. Honours ini kriteria di luar negeri. Untuk Indonesia, kalau kamu ada penghargaan ketika lulus, disebutkan saja kriteria mendapatkan kriteria tsb.

      2. Ijazah

      3. Kalau berani ambil resiko dan mau mencoba, silahkan saja..

  24. Faisal said

    Hi Emundus,

    Terima kasih atas kontribusinya di blog ini. Saya beserta calon istri saya jadi tambah pinter. Kebetulan saya sudah apply untuk ME3 dan akan apply untuk MAPNET. Ada beberapa pertanyaan:

    1) Apakah status menikah nanti akan menjadi pertimbangan untuk beasiswa ini? Terus jika saya membawa istri, apakah medical insurance keluarga juga ditanggung?

    2) Apakah akan ada interview by phone?

    Terima kasih sebelumnya

  25. Mellia said

    Hai Emundus,

    Saya mau bertanya apakah ada format khusus atau point2 penting apa yang ditekankan dalam surat rekomendasi. Saya ingin mendaftar ke program European Master In International Health. Saya sudah mengecek di websitenya, tapi tampaknya tidak ada form khususnya.

    thanks
    melli

  26. maya said

    mau nanya, kalo program islamic studies applynya kemana?
    thanks

  27. putri said

    Dear Emundus,

    Aku sangat tertarik dengan program IMRD (International Master of Science in Rural Development).
    Tapi aku melewati pendaftaran program untuk tahun ajaran 2010-2011.
    untuk IMRD ini, kapan lagi akan dibuka pendaftarannya?

    Thanks,
    Regards
    P.

    • emundus said

      tahun depan dong.. mulai cek2 dari oktober yah website IMRD-nya..
      meanwhile persyaratan2nya sudah bisa dilihat2 untuk yg pendaftaran 2010 ini.
      supaya kalau ada yang butuh waktu/persiapan untuk mengurusnya, bisa dipersiapkan dari sekarang.
      dari tahun ke tahun biasanya tidak jauh beda.

  28. tyna said

    kalo program d3 ingin melanjutkan ke s1 bisa atau tidak?

  29. jimmy said

    dear Emundus,
    Saya mau tanya, saya studi di jurusan computer engineering S1 di kampus saya Maranatha Bandung, tapi jurusan tersebut belum terakreditasi karena masih baru (saya adalah angkatan pertamanya). Apakah saya bisa apply program beasiswa EM??? apakah ada kriteria akreditasi bwt jurusan d kampus???

    trimakasih,

  30. tetty said

    dear emundus..

    nama saya tety dan saya baru pertamakali ini membaca requirement program erasmus scholarship..
    saya bingung dengan kategory A dan B untuk scholarship yang ada…
    mohon bantuan menjelaskan perbendaannya
    terima kasih.

    • emundus said

      bisa dibaca di FAQ erasmus mundus di:

      http://eacea.ec.europa.eu/erasmus_mundus/tools/faq_action1_en.php#25

      Category A scholarships/fellowships: are awarded to students/doctoral candidates who fulfil the academic admission conditions of the joint programme as set by the consortium and who are not nationals or resident of an eligible applicant country and have not carried out their main activity (studies, work etc.) for a period of 12 months over the last 5 years in one of these countries.

      Category B scholarships/fellowships: are awarded to students/doctoral candidates who fulfil the academic admission conditions of the joint programme as set by the consortium and do not fulfil the Category A criteria mentioned above.

      Therefore, European students/doctoral candidates fall within category B while third country students/doctoral candidates may be considered in both categories depending on whether they comply with the 12 months rule or not.

      • Yenny said

        Dear Emundus,

        Kalau sudah daftar di kategori A dan tidak lolos atau masuk reserve candidate, apakah masih bisa daftar lagi untuk kategori B?

        Thx

      • emundus said

        tidak bisa dong.. anda tidak akan memenuhi syarat, karena yang dimaksud kategori B adalah mereka yang tidak termasuk kategori A..

  31. ade said

    Hi Emundus..

    1. Saya berencana untuk mulai apply untuk tahun depan. saya tertarik dengan MUNDUS URBANO atau mungkin IMRD. pertanyaannya, kira2 persyaratannya berbeda jauh tidak dengan tahun sebelumnya?
    2. kl online applicationnya bisa daftar sekrng2 yah, tanpa harus menunggu dimulainya pendaftaran?

    terima kasih.

    • emundus said

      1. berdasarkan pengalaman yang sudah2, mungkin ada perubahan dari tahun ke tahun, tetapi tidak banyak..
      2. silahkan baca dengan teliti website EMMC tsb.. jawabannya pasti ada di sana.

  32. Wahyubudiman said

    Salam
    saya mau bertanya tentang Erasmus Mundus Call for Proposal (EACEA) apa perbeadaanya dengan beasiswa erasmus biasa?

    Kemudian persyaratan apa yang diharuskan?

    terimakasih.

    • emundus said

      Erasmus Mundus Call for Proposal (EACEA) adalah call untuk universitas membuka program EM baru. kalau anda student, tidak usah repot2, petunjuk apply beasiswanya sudah ada di halaman utama http://emundus.wordpress.com/

      • Wahyubudiman said

        Terimakasih atas penjelasannya.

        saya mendapat informasi tentang EACEA ini dari universitas, di surat itu disebutkan batas pendaftarannya untuk ketiga program EACEA ini( EM joint programe, EM Partnership, dan Promotion of european higher education) adalah 30 april 2010. Tetapi setelah di cek di konsorsium, tidak ada yang membuka program untuk non EU.
        maksudku yang tiga puluh april itu bukan untuk non EU tapi untuk EU aja.
        Kira2 apa maksudnya?

        Thanks

      • emundus said

        Maaf, tapi saya juga kurang paham maksud anda..
        apakah anda ini dosen/pengajar?
        atau anda ini mahasiswa?

        mengenai surat, siapa pengirim surat tsb? apakah dari EACEA? atau dari mana?

  33. agung budiono said

    Saya mendapatkan e-mail tertanggal 24 Maret 2010, ringkasnya sebagai berikut :

    We are pleased to announce that you have been offered a scholarship with the EM EuroAsia Programme. You will find the official Scholarship Offer attached. Please return your answer to me no later than March 26th. Failure to return the answer before the deadline is interpreted as a decline of the offer.

    Please remember to indicate you UID (given to you when applying) in all correspondence with the EM EuroAsia Team.

    (Ms. Mette Svensson
    International Coordinator
    Erasmus Mundus project EMECW EuroAsia (lot 12)
    http://www.em-euroasia.org
    tel. +46 (0)732 305 968
    University of Borås)

    pertanyaan saya apakah surat tersebut menunjukkan saya dipastikan terseleksi mendapat beasiswa tersebut? Saya sudah confirm menerima beasiswa tsb. Lalu bagaimana langkah-langkah selanjutnya?Pihak kampus di mana saya kuliah (UGM) belum banyak memberikan informasi tersebut. Oleh karenanya saya sangat memerlukan informasi detail tentang langkah-langkah selanjutnya. Terima kasih.

    • emundus said

      untuk EM ECW prosedurnya berbeda dari EMMC, sehingga kami tidak bisa memberikan jawaban.

      anyway, mereka sudah bikin aturan main, “Please return your answer to me no later than March 26th”, dan kalau anda sudah membalas, tenang saja. pastikan email balasan anda diterima oleh mereka.

      langkah-langkah selanjutnya seharusnya di-guide oleh mereka. atau mungkin bisa bertanya ke pihak darimana anda memperoleh keterangan untuk beasiswa ini.

  34. Ferry said

    mau bertanya, kalau kita gagal apply sekarang, masih bisa apply tahun berikutnya atau sistem blacklist (sekali apply tidak ada kesempatan lagi)

    terima kasih

  35. Dang Arif said

    Bolehkah apply dengan menggunakan setifikat TOEFL Institutional (ITP)? Saya dari daerah, sulit sekali rasanya kalau harus pakai International TOEFL.

    • emundus said

      tergantung negosiasi anda dengan konsorsium..
      anyway mengingat persaingan yang makin ketat, sebaiknya semua syarat terpenuhi.
      sayang sekali kalau memang qualified tetapi kemudian gagal hanya karena TOEFL.

  36. wafa said

    saya sdh baca EMMC, disitu ditulis siapa aja yg bisa apply, mahasiswa yg mau lulus, pengajar dan peneliti. Saya bukan pengajar maupun peneliti tp hanya pekerja lapangan di salah satu instansi pemerintah daerah, jadi apakah saya bisa apply beasiswa dr EM ?. Karena tadinya saya mau mengajukan beasiswa di program yg lain (stuned) ternyata jurusan yg saya ingini itu hanya di peruntukkan beasiswa EM.

    Terima Kasih.

  37. Kezia said

    Saya sudah baca mengenai program EMDiReB Master. Disyaratkan bahwa pendaftar harus sudah lulus dari pendidikan selama 4 tahun (ekuivalent dengan 240 ECTS Credit). Maksudnya 240 ECTS Credit apa ya? SKS kah itu?
    Karena saya sendiri adalah lulusan S1 dari Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur. Saya kuliah selama 4 tahun. Namun jumlah SKS kelulusan saya hanya 148 SKS. Itu sudah program dari Universitas saya. Kalau saya lihat program – program Erasmus Mundus untuk Arsitektur dan Urban Planning, rata – rata mensyaratkan ECTS Credit lumayan banyak.

    Terima kasih.

    • emundus said

      SKS tidak sama dengan ECTS. nanti akan ada proses konversi dari SKS ke ECTS. bagaimana konversinya? hal ini bisa ditanyakan ke universitas bersangkutan/konsorsium karena standar tiap negara/universitas mungkin saja berbeda2. tapi seharusnya sih tidak ada masalah untuk konversi berdasarkan pengalaman yang sudah ada.

  38. Hadi said

    Saya mahasiswa tingkat akhir dan akan lulus September 2010. Saya berminat untuk apply beasiswa MSCM – master in computational mechanics. Apakah pendaftaran untuk thn 2011 sdh dibuka? Saya cek di http://www.cimne.com/cm-master/default.asp, infonya sepertinya msh untuk intake thn 2010.

    • emundus said

      Kalau anda baca keterangan di halaman utama, sudah dijelaskan bahwa pendaftaran dibuka sekitar September-November setiap tahunnya.

  39. Shanti said

    Hi Emundus,

    Saya mahasiswa semester 4 di trisakti. Setelah lulus nanti saya berniat untuk ikut beasiswa erasmus mundus program international vintage master, yang ingin saya tanyakan apakah beasiswa erasmus mundus juga perlu sertifikat2 dari pengalaman berorganisasi atw menang kompetisi? kalau iya seberapa besar itu akan membantu. Lalu kalau tidak punya sama sekali apakah itu akan mengurangi penilaian?
    Thanks before

    • emundus said

      Seberapa besar pengaruhnya, hanya konsorsium program tsb yang tahu karena merekalah penilainya.

      Apakah kamu sudah lihat website program tsb? Di situ dijelaskan kan kriteria/kualifikasi/dokumen apa saja yang dibutuhkan (mandatory). Apa yang tidak tertulis di website/form pendaftaran berarti sifatnya adalah optional.

  40. Shanti said

    O, ya satu lagi. Saya pernah mendownload form aplikasinya. Di situ tertulis pertanyaan apakah anda mengambil beasiswa erasmus mundus? dan seandainya tidak dapat beasiswa apakah anda tetap akan ikut program ini? saya agak bingung menjawabnya karena sejujurnya saya memang mengharapkan dari beasiswa. Tolong bantuannya dari para alumni…

    • emundus said

      Ya kalau memang hanya ingin enrol program tsb dengan beasiswa, jangan dicentang pilihan “seandainya tidak dapat beasiswa, saya tetap akan ikut program ini”

  41. Gabriella said

    Saya berencana untuk apply program TropED dan EUROPUBHEALTH untuk tahun 2011 dan sekarang sedang mulai menyicil kelengkapan dokumen. Di persyaratannya tertulis bahwa kita harus melampirkan dokumen2 (ijazah S1 & academic transcript) yg sudah diterjemahkan. Nah itu harus melalui penerjemah yg tersumpah atau tidak? Di persyaratannya tertulis “All documents have to be certified or notarized”. Apakah hanya perlu diterjemahkan kemudian di-legalisir saja?

    Kemudian, pertanyaan kedua. Apakah yang dimaksud dengan school leaving certificate itu adalah ijazah SMA?

    Demikian pertanyaan dari saya. Terima kasih.

    • emundus said

      bisa dianggap certified bila di terjemahan itu ada legalisasi dari universitas yang mengeluarkan dokumen tersebut. paling aman sih memang menggunakan penerjemah tersumpah karena legalitasnya jelas, tapi tentu saja biayanya lebih mahal.

      school leaving certificate: ya, bisa dianggap ijazah SMU

  42. junhendra said

    Saya ingin melamar salah satu program EM tahun ini, namun ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan :

    1. Apakah boleh mengirimkan lebih dari 2 surat rekomendasi ?
    2. Saya tidak mengerti perbedaan Nationality Certificate dengan Passport/ID, karena sama-sama menunjukkan kewarganegaraan. Selain itu aku cari di google, memang ketemu dengan form Nationality Certificate (namun bukan dari web Indonesia).
    3. Ada syarat yang diminta yakni Diploma of all the studies (secondary school (Baccalaureat)- apakah ini maksudnya ijasah SMP dan SMA yg diterjemahkan ke Inggris ?

    Thanks atas jawabannya

    • emundus said

      1. Tergantung program yang mau anda apply, berapa surat rekomendasi yang mereka minta
      2. Yang dimaksud adalah Paspor atau KTP
      3. Ya benar, walaupun kadang ijazah SMU saja sudah cukup

      • jun hendra hutabarat said

        Secara umum, proses pendaftaran untuk EM dilakukan Online, semua dokumen discan menjadi file doc atau pdf.
        Apakah hal ini secara tidak langsung mengizinkan pelamar mengirimkan dokumennya tanpa legalisir (misalnya hasil terjemahan ke Inggris tanpa cap notaris)?

        Pertimbangan utama melakukan hal ini karena pada akhirnya pihak konsorsium nya akan meminta versi ASLI nya saat tiba di sana nanti.

        Terimakasih

      • emundus said

        Tiap program bisa beda2 cara pendaftarannya..

        Hasil scan dari legalisir notaris bisa toh? Kalau mereka terima tanpa legalisir, dan ternyata dokumen anda palsu gimana? Rugi di mereka kan? Jadi sepertinya sih mereka tidak akan mau ambil resiko itu.

        Tidak semua universitas/konsorsium akan cek dokumen aslinya setibanya di sana.

        Tolong lain kali kalau bertanya, berikan link darimana anda mendapatkan informasi tsb.

      • jun hendra hutabarat said

        Saya bukannya bermaksud ingin mengajak pelamar lain melakukan hal yang sama, ini karena memang dalam penjelasan file pdf dari konsorsium nya menyatakan demikian. Dokumen ASLI akan di cek sesampainya disana. http://www.emship.eu/

        Saya ingin mengutarakan possibility yg terjadi. Bisa jadi pelamar seperti saya dan yg lain berasumsi seperti ini, toh juga dokumen yg saya kirim dapat saya pertanggungjawabkan keaslian nya.

        Jadi tidak asal kirim.

        Terimakasih.

      • emundus said

        Great.. namun sekali lagi tidak semua konsorsium menerima hasil scan yang tidak di-legalisir. Jadi bagi applicant program lain, silahkan baca teliti requirement untuk program anda.

      • Ikut nimbrung, apakah ada masalah dengan legalisasi hasil terjemahan? Menurut saya, kalau suatu dokumen diterjemahkan, berarti harus ada yang bertanggung jawab atas terjemahan tsb (di ranah hukum/formal). Makanya ada penerjemah tersumpah yang kerjanya menerjemahkan tanpa mengubah arti. Legalisasi atas terjemahan itu menjadi konsekuensi (menjelaskan status tersumpahnya).

        Di sisi lain bisa saja misalnya ijazah S1 dikeluarkan dalam 2 versi Indonesia dan Inggris. Maka menurut saya ijazah bahasa inggris (keluaran resmi dari universitas) bisa langsung dipakai tanpa legalisasi.

        Intinya, jika tidak punya dokumen resmi dalam bahasa Inggris, legalisasi notaris atau penerjemah tersumpah jadi hal yang lumrah. Jika dokumen resmi sudah dalam bahasa Inggris, dan yang diminta fotokopi (via pos), maka legalisasi (untuk fotokopi tsb) opsional (menurut saya tidak perlu).

        Terakhir, lebih baik over-prepared daripada “hanya” urusan terjemahan dan legalisasi peluangnya turun/tertutup. Memang bisa kamu pertanggungjawabkan nanti kalau sudah diterima. Bukannya lebih baik kalo bisa dipertanggungjawabkan sekarang juga pada saat pendaftaran? Lihat dari sudut pandang konsorsium.

        Raiza – http://indoem.info

  43. S Harjaya said

    Haloo rekan rekan di erasmus mundus,
    saya seorang guru matematika, apakah ada beasiswa untuk guru? Biasa ambilnya jurusan apa?
    Jika saya menikah apakah bisa mendapat beasiswa? terimakasih

  44. junhendra said

    Saya membaca dari link http://www.emship.eu/

    The European Commission is responsible for the running of the Erasmus Mundus Programme 2009-2013. It manages the budget and sets priorities, targets and criteria for the Programme. Furthermore, it guides and monitors the general implementation, follow-up and evaluation of the Programme at European level.

    ————————————————-

    Apakah ini berarti semua program yg dibuka pada tahun itu akan berakhir pada 2013 ? Lalu akan digantikan dengan program EM baru ?

    Terimakasih

    • emundus said

      EM 2009-2013 berarti untuk skema beasiswa yang ada saat ini, akan diakhiri pada tahun 2013 (pendaftaran terakhir adalah untuk masa studi 2013-2015). Menjelang tahun 2013 akan dievaluasi apakah program EM akan dilanjutkan lagi untuk periode berikutnya..

      Contoh saja, EM periode pertama adalah 2004-2009 (pendaftaran terakhir adalah untuk masa studi 2009-2011). Di tahun 2009 diputuskan bahwa EM akan diperpanjang lagi untuk 2009-2013.

  45. dirga sirajuddin said

    hola me llamo dirga, vivo en makassar

    Soy un estudiante de la especialidad en las relaciones internacionales el semestre pasado, qué pasa si mi Inglés tan así, pero tengo mas valor en otros idiomas, es el idioma español?
    TOEFL y IELTS son si los principales requisitos para la aceptacion de la beca Erasmus?

    (I am a student majoring in international relations last semester, what if my english just so so but I have more value in other languages, it is Spanish language?
    TOEFL and IELTS are whether the main requirements in the acceptance of the Erasmus scholarship?)

    • emundus said

      Please read carefully in the program that you desire. Some programs require other language skills (other than English).

  46. Kezia said

    Mohon maaf tanya lagi….
    Berdasarkan : http://www.mundus-urbano.eu/start.htm , disebutkan bahwa “Two sets of all documents must be submitted to the following address in paper form (one certified original plus one copy)”.

    Berdasarkan statement di atas, apakah dimaksudkan agar pelamar mengirimkan ijazah aslinya dari Universitas ke pihak konsorsium? Atau boleh dikirimkan copy ijazah yang sudah dilegalisir. Toh, ijazah asli hasil scan termasuk dalam dokumen yang dikirim secara online dalam format Pdf….

    Lalu mengenai penerjemah tersumpah, tadi saya baca dalam tanggapan di posting no 42, bahwa legalisasi dapat melalui notaris. Maksudnya bagaimana ya? Apakah dokumen yang ada diterjemahkan sendiri, lalu minta legalisasi pada notaris? Karena kebetulan saya kesulitan mencari penterjemah tersumpah di Kota tempat tinggal saya (di luar Jawa). Atau bagaimana?

    Terima kasih sebelumnya.

    • emundus said

      yang dimaksud adalah copy dokumen yang sudah dilegalisir. jangan pernah mengirim ijazah asli.

      notaris bisa digunakan untuk melegalisasi sebuah fotocopy, untuk menyatakan bahwa fotocopy tsb adalah tru copies dari dokumen aslinya. fungsinya kurang lebih sama dengan legalisir.

      kalau untuk terjemahan dokumen, maka harus menggunakan penerjemah tersumpah, bukan notaris. daftarnya saya rasa bisa di-google. bila memang tidak ada di kota anda, anda bisa negosiasi dengan si penerjemah tersumpah, yaitu anda cukup kirim ke dia fotocopy dokumen yang ingin diterjemahkan. nanti dia akan kirimkan hasil terjemahannya melalui pos.

      • Eka said

        Rekan, Saya tertarik untuk mengkonfirmasi tentang hal ini, saya pernah baca pernyataan dari sebuah lembaga sworn translator secara online bahwa jika dokumen sudah diterjemahkan oleh seorang/ lembaga penerjemah tersumpah (sworn translator), maka tidak perlu lagi dilegalisir oleh notaris, karena sworn translator itu sendiri juga sudah berketetapan hukum yang diakui. Bagaimana tentang hal ini ya? Tks.

      • emundus said

        ya betul.. penjelasan saya di atas sudah sesuai dengan yang anda tanyakan.

  47. Yani said

    Bagaimana dengan batasan usia? Usia saya 38 tahun, apakah masih bisa mendaftar untuk Master Degree? Terima kasih banyak.

    • emundus said

      selama tidak disebutkan dalam website program bahwa ada batasan umur, masak hal itu seharusnya tidak menjadi isu..

      ada kok orang2 yang sudah 30an yang mendapatkan beasiswa ini..

  48. hilman said

    Halo emundus,

    Saya akan apply EMDC (European Master in Distributed Computing) untuk tahun 2011.
    Apakah saya bisa memperoleh nama dan email salah satu penerima EMDC?
    Untuk persyaratan sepertinya tidak ada masalah, namun ada beberapa hal terkait riset dan proses pendidikan yang perlu saya diskusikan.

    Terima kasih atas bantuannya :D

  49. Gabriella said

    Dear Emundus,

    Saya mau mendaftar Program Biohealth Computing. Namun, pada admission & selection criteria tertulis : “Students are required having already completed a Bachelor of Science (B.Sc. degree or a nationally recognized degree equivalent to 180 ECTS) and the first year of a Master of Science (MSc degree or a nationally recognized degree equivalent to 60 ECTS)” (http://www.biohealth-computing.eu/index.php?pages/Admission-Selection-Criteria)

    Itu maksudnya apa ya? Apakah kalau saya hanya memiliki ijazah S1 dan belum pernah mengikuti program Master apapun tidak diperbolehkan untuk mendaftar di program ini?

    Mohon infonya. Terima kasih.

    • emundus said

      ya kalo secara pengertian bahasanya, memang mereka minta kualifikasi S1 + S2 1 tahun.. dan kata2 tsb diulang 2x lho, jadi kecil kemungkinan salah tulisnya..

      The BioHealth Computing EM is a one year MSc programme, open to well motivated students, who are top-level Bachelor, completed by a first year of Master of science

      ya paling coba contact ke konsorsium, tanyakan apakah syarat Master 1 tahun tsb adalah syarat wajib atau optional..

      • DSevilla said

        Wow, udah hampir 2 bulanan ya. maaf baru mampir disini. Jadi, klo sepengalaman saya memang tanyakan ke konsorsium yang bersangkutan, karna dulu program saya mensyaratkan hal yang serupa, hanya perlu diingat di Eropa S1 normalnya 3 tahun sedangkan di Asia 4 tahun. Artinya apa? klo di program saya tingkat 1 master dihitung pada saat tahun ke4 bachelor saya di Indonesia. Jadi fine2 saja untuk apply (ijazah akhir tahun pertama saya memang mengambil nilai tingkat akhir B. Eng saya). Tapi supaya lebih yakin silahkan ditanyakan ke konsorsium.

  50. Daddy said

    Dear Alumni EM,

    Apakah ada alumni IMRD Univ Ghent ?. Saya coba akses websitenya down hari ini ?. Adakah alternatif lain untuk mengakses info IMRD?

    Thanks

  51. KEISHA ANGGRAINI said

    apakah CV yang dikirimkan harus EUROPASS CV??atau boleh bebas?

  52. Paramesti said

    Halo emundus,

    Saya mau tanya tentang equivalensi ECTS dengan sistem pendidikan nasional? Apakah ada yang tahu 144 SKS sama dengan berapa dalam ECTS?

    Many thanks in advance.

    • emundus said

      konversi dari SKS ke ECTS berbeda2 untuk tiap negara dan universitas.
      namun pada intinya S1 dari Indonesia ekivalen dengan S1 Eropa..

      • Paramesti said

        Maaf, apakah ada alumni yang pernah mengisi pertanyaan mengenai equivalence dari sistem kredit nasiolan (SKS) ke dalam ECTS dalam application form sebelumnya?

        Saya coba untuk convert dengan menggunakan info dari beberapa sumber namun hasilnya malah jadi tidak setara karena Bachelor’s Degree di Eropa adalah 180 ECTS.

      • emundus said

        kalo dulu sih baru dikonversi setibanya di eropa yah..
        mungkin nanti ada teman2 lain yg menambahkan pglmannya..

  53. Suzane said

    Dear emundus,

    Mohon bantuannya. Bila tertulis “Attach official documents (notarised copies or copies certified as authentic) translated into English by an approved translator, as well as copies of your degrees and diplomas, transcripts (grade reports), etc”

    Hasil translation dari approved translator hanya 1. Bila saya rencana apply ke 2 uni apa kah boleh kirim copy-an dari translation ini, yang artinya tidak ada ttd dan stempel approved translator tsb? Atau saya minta legalisir lagi dari approved translatornya? Trims.

    • emundus said

      Hasil translation dari approved translator bisa lebih dari 1, tinggal dikalikan saja harganya ke berapa copy yang diinginkan…

      cara yang lebih hemat:
      – buat 1 translation (bayar 1 dokumen)
      – buat beberapa fotokopi, minta dicap “certified true copy” oleh notaris (bayar sesuai jumlah copy)

      biaya notaris harusnya lebih murah dari biaya translator.

  54. Vivian said

    Hi, Emundus
    Saya berencana apply ke ME3 dan salah satu persyaratannya adalah TOEFL>550.
    Juli 2008 (>2 tahun yg lalu) saya pernah mengikuti Institutional TOEFL dan hasilnya memenuhi kualifikasi yg diminta. Selain jurusan yang memenuhi prioritas ME3, sy juga pernah mengambil jurusan management di sekolah tinggi swasta dg 70% bhs pengantar dlm Inggris. Email ke konsorsium mengenai hal ini belum mendapat reply.
    Pertanyaan saya: Apakah saya harus mengikuti International TOEFL lagi atau boleh mengajukan score Institutional TOEFL saya dilengkapi surat pernyataan dari STIE saya? Apabila Emundus tidak mengetahui secara persis jawabannya, mohon saran/masukan.
    Ur reply will mean a lot, Emundus.
    Thanks

    • emundus said

      International TOEFL saja..

      kalo di beberapa program lain sih mengharuskan “fully in English” kalau syarat TOEFLnya mau di-waive..

  55. Dear Emundus,

    Saya akan apply EM untuk program EMQAL awal bulan depan (deadline 30 Nov 2010). tp untuk toefl Internasional saya baru test tgl 31 oktober ini. rencana nya hasil toefl saya akan dikirimkn lgsung dri IIEF ke coordinator programnya,krn hasilnya baru keluar 1 bln kemudian(info IIEF). tp setelah saya cari2 di website programnya kode institusi brsngkutan utk pengirimannya tdk ada…
    *bingung (-_-)” .jadi rencana nya saya akan mengirimkan sendiri hasil toeflnya (makan waktu lebih lama gak ya??)

    Mohon saran dan infonya, kira2 bisa atau tdk ya dokumennya kirimkan terpisah (menyusul)?dg disertakan surat yg menerangkan kondisi diatas pd saat aplikasi dikrmkan?dan apakah hal ini akan mempengaruhi seleksi?

    Many Thanks,
    Linda

    • emundus said

      coba komunikasi dulu dgn konsorsiumnya.. bbrp maunya TOEFL itu dikirim bersama aplikasi lainnya.. terpisah/menyusul, dari awardee2 tahun2 sebelumnya sih bisa saja.. tapi point utama adalah komunikasi.

      • hmm bgtu ya…biasanya untuk komunikasi yg pernah dilakukan awardee thn2 sblmnya via apa ya?krn dulu saya pernah tanya juga via email (sktr 2 bln yg lalu) ke cp yg ada diwebsitenya mengenai salah satu requirement yg blm jelas tp blm dapet blsn sampe skrg…

      • emundus said

        kalo yang kamu maksud adalah koordinatornya

        http://cursos.ualg.pt/emqal/Page13/Contact.html

        bisa saja beliau sibuk sehingga email kamu terlewatkan.. atau bisa juga 2 bulan lalu memang belum buka pendaftarannya.. coba kirim aja lagi.. kalau dalam 2-3 hari tidak ada balasan, coba cari koordinator lokal di masing2 univ, dan email ke mereka.

      • iya betul…saya menghubungi cp link diatas…ok klo gtu nti saya coba hubungi lagi email lagi…thx masukkannya….

    • Suzane said

      Setahu saya score hasil TOEFL iBT akan keluar 2 minggu atau 15 hari setelah test dilakukan. Saya juga baru ambil 17 Okt kemarin dan diberitahu demikian. Dan utk pengiriman sertifikat TOEFL langsung ke uni juga sy lakukan tapi tanpa kode institusi bersangkutan. Lembaga yang membantu mengadakan test ini tidak tanya apa-apa soal kode tsb melainkan hanya alamat lengkap uni, nomor dan kode pos. Semoga membantu. :)

      • emundus said

        hati2 lho.. di 1 univ itu ada banyak bagian, ada banyak tempat penerimaan aplikasi.. hati2 nyasar..

      • @mba suzane
        makasih mba atas infonya…

        klo info yg sy dapet dri IIEF (mba IIEF jg bkn?), hasilnya memang sudah bs diketahui setelah 2 minggu test. Tp klo untuk dokumen hasilnya itu 1 bln kemudian baru keluar.dan ini menggunakan kode institusi utk mengirimkan hslnya.

        Tp nti saya akan coba hub lembaga yg bersangkutan apakah bisa klo pakai alamat lgkap tujuan…

        @mba/mas Emundus…

        iya ya bisa bgtu, mgkin klo sblmnya sdh berhasil dikomunikasikan dg pihak konsorsiumnya mengenai hal ini apakah masih ada kemungkinan nyasar?

      • emundus said

        ya 1 universitas itu kan sangat mungkin terdiri dari berbagai bagian lho.. ada yang penerimaan untuk mahasiswa reguler, international (non EM), exchange, dll.. dan di lembaran TOEFL tsb apa bisa ada detail bahwa kamu menujukannya untuk Koordinator EM?? ;)

      • Hmm…klo bgtu solusi utk kasus saya ini gmn ?? *tmbah bingung…-_-“

      • emundus said

        pertama, komunikasi dulu, tanyakan apakah mereka menginginkan TOEFLnya dikirim langsung oleh ETS atau beserta dengan aplikasi..

        kalau beserta dengan aplikasi, berarti harus minta perpanjangan waktu (TOEFL disusulkan)..

        kalau minta TOEFLnya dikirim langsung oleh ETS, bilang kamu butuh institution code dan department code.. kecuali mereka memang menganjurkan untuk kirim ke alamat saja seperti saran Suzane..

        beres tohh..

      • ok ok siip…td juga mksdnya bgtu…tp karena ada kata2 “nyasar” jdi khawatir….he

        Many Thx buat advicenya….sangat membantu….

      • kezia said

        Wah…. terima kasih saran pemecahannya… ini juga masalah yang saya hadapi soalnya.

      • Suzane said

        Iya juga, thanks warningnya. Memang yang penting selalu komunikasi dulu. ;)

      • kezia said

        Ehm… ternyata pihak konsorsium untuk Mundus Urbano menghendaki agar hasil test toefl nya dikirim bersama dokumen lain sebelum deadline.

        Ya ga apalah… masih sempat kok…

  56. wafa said

    dear mundus

    Aku mo nanya nih, sertifikat atau surat keterangan ikut kegiatan selama di kuliah perlu di masukkan ga di dlm doc yg akan di krm? klo iya apa perlu di translete kan? klo ga gimana? susah nyari orang2 nya.sedangkan kegiatan itu penting buat di masukkan dlm cv, jd ada nilai plusnya. mohon solusinya thank’s ya….^_^

    • emundus said

      pernyataan “kegiatan itu penting buat di masukkan dlm cv” itu dalam konteks apa? dalam konteks cari kerja atau dalam konteks apply beasiswa EM?

      mending baca dulu website program yang diminati secara seksama terutama bagian persyaratan dokumen.

  57. Tari ecil said

    Dear emundus,
    mohon informasinya tentang bagaimana cara mengajukan permohonan pengiriman susulan TOEFL Score Internasional. Saya akan mengajukan aplikasi sebelum tanggal 15 desember, tetapi hasil tes TOEFL baru akan dikeluarkan sekitar akhir desember. Bagaimana saya harus memberitahukan kepada konsorsium akan hal ini. Apakah pengiriman susulaan seperti ini akan mempengaruhi penilaian dari panitia? -Terima Kasih-

    • emundus said

      ya diceritakan saja kondisinya..
      dan diterangkan juga kapan ekspektasi kamu bisa kirim susulannya ke mereka (kapan kamu kirim dan kapan mereka akan terima)..

  58. Jennifer said

    Dear Emundus,
    Apakah TOEFL Institutional dapat dipakai untuk aplikasi program EMMC selama menunggu hasil TOEFL International? Terima kasih.

  59. Syelvia said

    Saya alumni IPB jurusan Teknik Pertanian tahun 2009, berencana untuk aply beasiswa erasmus mundus untuk program baru, Flood Risk Management karena masih berkaitan dengan latar belakang pendidikan saya (spesisdikasi program studi S1 saya Teknik Tanah dan Air).
    Saya ingin banyak diskusi dengan alumni EM, terutama yg di bidang water engineering, apalagi jika memang yg pernah dapet beasiswa EM dr UNESCO-IHE, penyelenggara EM FRM yg ingin saya coba.
    Baaimana cara gabung di milis agar interaksi lebih bebas dan fleksibel?
    Lalu saya jg ingin bertanya, EM menerima sertifikat TOEFL ITP (Institutional TOEFL Program) gak? atau harus yg internasional dan iBT saja?
    Terima kasih^^

    • emundus said

      kalau anda jeli, UNESCO-IHE ini adalah program baru. alias belum ada pendahulunya.
      saat ini belum ada milis untuk tanya-tanya, hanya forum ini saja.
      TOEFL sebaiknya international.

      • Syelvia said

        yup…memang baru dibuka programnya,,
        di websitenya c disebutkan persyaratan kualifikasi kemampuan bahasa inggris boleh iBT, CBT, PBT, IELTS atau Cambridge ESOL. Khusus PBT harus menyertakan jg sertifikat TWE. Kalo di sekitar daerah JABODETABEK-BANDUNG lembaga apa y yg mengadakan tes TWE tersebut? Saya blm ikut tes iBT, dan mungkin br bs ikut bulan depan, jd takut tidak terkejar deadline ny.
        makanya saya pikir saya daftar saja dl pk PBT (ITP) tp saya harus tes TWE dl. Bgmn menurut admin?

      • emundus said

        ITP itu institutional TOEFL kan? ya ga bisa dipake dong..

        iBT, CBT, PBT ini kan jenis2 International TOEFL, dimana untuk Indonesia, sepertinya sudah menggunakan iBT semua. lokasi dan tanggal tes bisa dilihat di http://www.ets.org/toefl/

        TWE itu adalah 1 paket dengan PBT.
        anyway, kalau ikut iBT, maka writing test-nya sudah termasuk dalam iBT.

        TOEFL mungkin bisa disusulkan. coba baca komentar orang2 di blog ini.
        sudah berulang kali ditanyakan.

  60. faustina said

    Hi Emundus,
    saya punya sedikit masalah ketika akan mengirimkan dokumen, berhubung dokumen persyaratan dari program yang saya minati sudah lengkap dan tinggal di kirim tetapi saya masih bingung karena pada formulir pendaftaran universitas juga terdapat ceklist untuk dokumen yang diperlukan dalam mendaftar ke universitas tersebut. Apakah saya harus mengirimkan dokumen kepada universitas tersebut juga atau cukup dengan mengirimkan semua dokumen yang di persyaratkan oleh program yang saya minati saja? Dalam kasus ini, saya adalah peserta dari program Mundus Urbano. Thanks

    • Ricardo said

      @ Faustina, Jika Anda mendaftar program yang termasuk dalam pembiayaan Erasmus Mundus, maka yang Anda lakukan adalah memenuhi seluruh aplikasi yang ditentukan oleh program tersebut.

      Berdasarkan keterangan yang Anda beritahu, bahwa Anda ikut ambil bagian dalam program Mundus Urbano, maka seluruh aplikasi yang diminta oleh EM Mundus Urbanolah yang Anda penuhi.

      Kecuali, jika Anda mendaftar dengan pembiayaan sendiri, maka Anda harus memenuhi aplikasi sesuai yang ditentukan kampus tempat Anda ingin kuliah.

      • Zakka said

        Sedikit meralat… Bukan masalah “beasiswa” atau “biaya sendiri”-nya yang membedakan aplikasi mana yang harus dipenuhi, akan tetapi “program Erasmus Mundus” atau “program lokal”-nya (program EM bisa juga loh diikuti tanpa beasiswa)

        Untuk kasus Faustina, abaikan aturan dokumen kampus.

    • Kezia said

      Hai Faustina…. salam kenal, saya juga mengirim lamaran untuk Mundus Urbano.

      Maaf, saya kok jadi bingung ya? Formulir ke universitas itu yang mana ya? Bukankah pendaftaran langsung ke TU Darmstadt nya ditangguhkan / tidak diperlukan kali ini? (Karena rencana perpindahan ke Cottbus)
      Setahu saya, yang ada checklist nya itu adalah formulir untuk program Mundus Urbano nya. Dan tidak ada perbedaan antara checklist di formulir Mundus Urbano dengan keterangan yang di website.
      Kemarin sih, hanya dokumen yang ada di checklist formulir program yang saya kirimkan ke konsorsium.

  61. Yuri said

    Dear emundus,
    Bisakah tolong menjelaskan apa yang dimaksud transcript of average grades? apa sama dengan diploma transcript? apakah semua reference letter harus dengan kop institusi di pemberi referensi? thank you for taking time answering my questions.

  62. astri said

    Untuk Pendaftar yang ga lolos apa ada pemberitahuan dari panitia ? or begitu lewat masanya ga ada informasi means kita ga lolos ? thanks

  63. Rizki said

    Dear Emundus, Boleh tanya tentang masalah TOEFL nggak? Is
    it true that we have to do TOEFL test only in ETS? Bagaimana jika
    saya mengambil tes TOEFL di – contohnya: Nuffic Neso? Apakah akan
    diterima atau ditolak? Oh iya, selain di ETS dimana lagi ya tempat
    untuk tes TOEFL (yang memenuhi kriteria pengajuan beasiswa EM).
    FYI, saya berencana mengambil MathMods. Thank you in advance. Best
    regards, Rizki

    • netta said

      Yang memenuhi kriteria TOEFL ya yang bukan institutional
      atau yang preparation. Kalau sekarang untuk amannya lebih baik pake
      internet Based TOEFL (iBT). Ya nggak emundus?

      • emundus said

        yep.. dimanapun ambil tesnya, selama mereka berani menyatakan sebagai International TOEFL, maka bisa digunakan untuk apply EM.

        perlu diperhatikan bahwa seleksi EM bersifat internasional, sebab itu parameter pembandingnya haruslah standar international sehingga fair bagi seluruh applicant.

    • Ricardo said

      @ Rizky, Nuffic Neso hanya menyelenggarakan TOEFL institutional saja dan tidak dapat digunakan untuk keperluan melamar beasiswa EM.

      Berdasarkan link ini:

      http://www.mathmods.eu/admission/requirements

      Untuk TOEFL, peserta harus melampirkan hasil TOEFL iBT yang diselenggarakan ETS. Karena, TOEFL jenis PBT/ CBT tidak diadakan lagi. CMIIW.

  64. Suzane said

    Mungkin Sdr Rizki agak bingung perbedaan TOEFL yang dikeluarkan ETS dan NESO ya seperti yang dulu pernah saya alami. Kalau iya, saya coba bantu jawab ya.
    TOEFL yang diperlukan untuk mendaftar adalah TOEFL berskala internasional yaitu TOEFL iBT (dulu TOEFL PBT namun sekarang ditiadakan) yang dikeluarkan oleh ETS (berpusat di New Jersey). TOEFL yang dikeluarkan oleh lembaga-lembaga seperti NESO, AMINEF dll itu adalah TOEFL Institusional (mirip PBT) yang artinya tidak berlaku di luar negeri. Mungkin kalau anda apply pakai TOEFL Institusional ini akan diterima sementara dan bila nanti anda lolos akan diminta yang internasional atau TOEFL anda tetap diterima dengan resiko persaingan yang sangat ketat dengan aplikan lain yang memiliki TOEFL iBT (lebih diakui).

  65. wanna said

    selamat siang,
    saya berusan menerima undangan Erasmus Mundus Scholarship Programme Award Ceremony. Apakah ini berlaku untuk semua penerima beasiswa erasmus mundus baik itu action 1, 2, dan 3? Saya ingin mengkonfirmasi hal ini karena saya pikir undangan ini hanya untuk penerima beasiswa erasmus mundus action 1, sedangkan saya penerima beasiswa erasmus mundus action 2.

    Terima Kasih.

    Salam.

    • ema-id said

      Undangan Award Ceremony ditujukan bagi Erasmus Mundus Awardees baik yang berasal dari Action 1 maupun 2 untuk tahun akademis 2011 / 2012.
      Mohon informasinya apakah ada Awardees dari Action 3 juga dari Indonesia?

      a.n. Destriani Nugroho

      • wanna said

        mohon maap..untuk informasi tentang awardees dari action 3, saya blom mengetahui hal tersebut.

        saya ingin menanyakan juga, apakah kedua orang tua diperbolehkan menghadiri acara tersebut?

        Terima Kasih atas jawaban dan konfirmasinya.

        Salam.

  66. Dina said

    Hallo Kakak2 Emundus,

    Saya minat bgt sama program GEMMA, EMGS, sama Euroculture. Ada beberapa hal yg ingin sy tanyakan, semoga Kakak sekalian berkenan membantu saya.

    1. Certified diploma in English itu harus dari sworn translator yg nantinya dg cap mereka atau boleh pake translate-an dari universitas?

    2. Cap untuk bukti certified ini bisa cap universitas atau harus cap notaris?

    Maaf bila pertanyaan saya terkesan bodoh, tapi saya ingin mempersiapkan sebaik mungkin.

    Big thanks!

    • emundus said

      1. biasanya translate-an dari univ diperbolehkan.. namun ada juga yang harus dari notaris / translator. silahkan didiskusikan dengan konsorsium terkait

      2. sama dengan 1

      mohon dipahami bahwa persyaratan tiap program, dan tiap negara berbeda2..
      sehingga syarat untuk program yang satu mungkin berbeda dari yang lain.
      ikuti saja petunjuk dari mereka :)

      • Dina said

        Terima kasih atas jawabannya, Kak (^_^)

        Oia, aku udah berkomunikasi sama konsorsiumnya GEMMA dan Euroculture, di email dari mereka ada bagian yg aku ga begitu ngerti:

        The selection Committee has established recommended scores for language certificates: IELTS: 6.5; TOEFL (Internet Based): 93; Cambridge Certificates: CAE: B grade, CPE: C grade. For more details, you can get in touch with the “admissions” section of each University of the Consortium.
        However, applications with lower scores will also be considered, provided the candidate can demonstrate their mastery of the language in question. 

        What does this sentence means exactly: “can demonstrate their mastery of the language in question”

        Maksudnya dalam bentuk interview atau gimana ya, Kak?

        Btw konsorsiumnya baek banget deh hehehe.

        Thanks a bunch

      • emundus said

        hmmm.. ya mungkin interview bisa salah satunya..
        atau mungkin juga kamu punya publikasi2 dalam lingkup internasional..
        atau pernah kerja sama dengan orang/lembaga asing..

  67. Hallo kakak-kakak alumni EM,

    Saya berencana ingin apply program SELECT untuk tahun ajaran Agustus/September 2012. Berhubung saya masih dalam proses mengerjakan Tugas Akhir, maka saya memerlukan written statement which is stated that I’m enrolled on the final year of study by giving the completion date. Namun, yang saya masih bingung dan waktu saya buka blog emundus di wordpress itu saya masih menemukan keraguan dalam menentukan completion date tersebut. Karena saya baru akan menjalani Tugas Akhir di salah satu perusahaan dan mereka memberikan ijin bagi saya untuk melakukan penelitian pada pertengahan September 2011 sampai sekitar pertengahan November 2011. Sedangkan untuk perkiraan wisuda saya di akhir bulan Januari 2012.
    Waktu saya berusaha bertanya pada contact person yang tertera di program SELECT, beliau mengatakan, “If you receive a conditional offer, you should present your degree certificate to the Admissions Office before enrollment at the latest.” Nah, saya bingung dengan kalimat ini, mengenai batas akhir dari enrollment tersebut. Berikut akan saya lampirkan key dates yang konsorsium berikan pada calon applicant-nya:

    Key dates for entry in August 2012
    15 September, 2011
    Online application opens

    30 November, 2011
    Application deadline

    12 December, 2011
    Deadline for receipt of supporting academic documents

    February, 2012
    Evaluation outcome of the first evaluation round

    March, 2012
    Evaluation outcome of the second evaluation round

    April, 2012
    Confirmation of the scholarship holders by the Education, Audiovisual and Culture Executive Agency of the European Commission

    April, 2012
    Official Letters of admission are sent

    June, 2012
    Deadline for payment of participation costs

    August/September
    Start of the academic year

    Menurut kakak-kakak sekalian bagaimana?
    Lalu, jika saya memberikan completion date pada surat tersebut, untuk dokumen-dokumen lainnya bagaimana? Pada saat mendaftar via web apa yang harus saya kirimkan?

    Terima kasih kakak atas bantuannya ^^

    Best regards,
    Wita

    • emundus said

      Completion date yg dimaksud pd umumnya adalah tgl terima ijazah.

      Enrollment date adalah tgl “diterima” di univ.
      Untuk EM, beasiswanya kan skitar bulan april/mei, stelah itu barulah anda enroll di univ.
      Bbrp program bahkan memperbolehkan mereka yg lulus s/d juni, utk apply program tsb.
      Pd intinya adalah terima ijazah s1 (sudah lulus) sblm periode perkuliahan s2 dimulai.

      Untuk dokumen, yg ga bs kamu penuhi kan hanya graduation certificate. Ini bs diganti dgn surat ktrgan dr uni/fakultas, tentunya dlm bhs inggris yg mencantumkan expected date kelulusan kamu.

      • Oya kak, mau tanya.. Mungkin agak sepele..
        Kalau di bagian documents, saya harus menyertakan dua recommendation letters from professors of the most recently HEI. Nah, professors disini maksudnya apakah dosen yang sudah bergelar profesor kah atau dosen yang masih bergelar S2 atau S3 saja bisa? Dan apakah profesor tersebut boleh berasal dari program studi lain, selain program studi yang saya ambil?
        Terima kasih :)

      • emundus said

        professor adalah sebutan umum untuk pengajar.. jadi agak beda dengan penggunaan gelar professor di Indonesia yahh..
        kalau dari program studi lain, apakah ada hal yang bisa menjustifikasi mengapa dia memberikan rekomendasi untuk kamu?
        walaupun mgkn kadang konsorsium tidak akan sedetail itu menelusuri latar belakang si pemberi rekomendasi.

      • Kalau saya meminta dari profesor di program studi lainnya namun beliau memiliki rumpun bidang studi yang berhubungan dengan program studi saya (dalam hal ini di rumpun ilmu kebumian) bisa?
        Lalu kalau saya memberikan surat rekomendasinya lebih dari yang disyaratkan sebanyak 2 surat, apakah diperbolehkan?
        Terima kasih :)

      • emundus said

        pada intinya tidak ada pilihan benar/salah dalam hal ini.. namun perlu dipikirkan impact2 yang mungkin timbul..

        untuk profesor, selama ada alasan yang bisa menjustifikasi, silahkan saja..
        cuma jangan lupa, terkadang, kalau konsorsiumnya menyediakan form rekomendasi, maka ada 1 pertanyaan yang sering muncul, yaitu dalam kapasitas apakah si pemberi rekomendasi. apakah pernah kerja sama dengan anda, apakah pernah supervisi anda, dll..
        kalau surat rekomendasinya menggunakan free-format, mungkin lebih mudah..

        lebih dari 2, bisa bagus, bisa tidak..
        bagusnya: banyak yang mau memberi rekomendasi
        tidak bagusnya: konsorsium itu menerima ribuan aplikasi daris eluruh dunia, dengan format yang sangat beragam.
        bayangkan kalau anda di posisi konsorsium, dan ada aplikan yang tidak memenuhi kriteria yang sudah ditentukan (kriteria tsb dibuat supaya konsorsium bisa memperlakukan seluruh aplikan dengan penilaian yang fair), apakah anda akan mendiskualifikasi si aplikan? atau mengurangi nilai si aplikan karena tidak bisa memprioritaskan 2 surat rekomendasi yang paling krusial dari beberapa surat yang dia punya..

        kalau bimbang, sebaiknya konsultasi dengan konsorsium dulu.. karena mereka lah yang paling tahu pilihan mana yang (dianggap) benar..

        the call is yours.. ;)

  68. hansen said

    salam kakak-kakak alumni EM,

    saya berencana mengambil program EMM-Nano untuk tahun 2013. Kalau boleh bertanya, alumni EMM-nano dari indonesia sudah ada belum ya? kalau ada, boleh saya minta kontaknya?

    warm regards,
    hansen

  69. Dear Emundus,

    Saya ingin mendaftar beasiswa ini dengan peminatan program EMJD – MACOMA, pertanyaan yang saya ajukan adalah:

    a. Apakah beasiswa Erasmus Mundus menerima kandidat yang memiliki background dan profesi militer seperti saya?. Kebetulan saya bekerja di Indonesian navy yang mengurusi tentang Hidro-Oseanografi.
    b. Dalam penulisan tugas studi program MACOMA apakah dalam bilingual? mengingat konsorsium universities program tersebut terdiri dari beberapa negara.
    c. Mohon dapatnya informasi apabila Emundus pernah memiliki alumni yang berprofesi sebagai militer (Indonesia)
    d. Untuk tahun 2012, mulai bulan apa pendaftaran dibuka?

    Kind regards,

    Doddy

    • emundus said

      Pak Doddy, untuk EMJD, belum ada di antara kami (yang memanage blog ini) yang punya pengalaman dengan EMJD. Jadi, hemat saya, informasi yang dibutuhkan, seharusnya ada di website MACOMA, atau bs ditanyakan langsung ke konsorsium.

      Untuk profesi alumni sebelumnya, kita juga belum ada datanya.

      Untuk EMMC, beberapa sudah buka saat ini.
      Untuk EMJD, silahkan cek di website MACOMA.

      Sorry tidak bs banyak membantu.

  70. dama said

    Hi, saya mau tanya boleh yah:)

    saya lulusan S1 melalui jalur ekstensi,
    sebelumnya saya telah lulus melalui jalur diploma,

    pertanyaannya,
    kl misalnya mereka minta lulusan sarjana yg relevan dengan saya dengan ECTS 240, berarti kan saya perlu melampirkan transkrip diploma saya, sedangkan pelajaran di diploma itu kan ada yang diulang di program sarjana ekstensi. apakah hal tersebut akan mengurangi point penilaian mereka terhadap saya? lalu mengenai IPK, apakah mereka akan meng-sum up IPK saya sewaktu di D3 dan di S1? Soalnya pas jaman D3 saya belum tobat,hehehe, jd IPKnya masih jeblok..hehe

    Thx

  71. Ary said

    Dear Emundus,

    Saya berencana apply ke konsorsium Mundus Urbano (http://www.mundus-urbano.eu/start.htm) namun keterangan yang saya dapatkan dari websitenya adalah bahwa aplikasi untuk siklus berikutnya (2011-2013) sudah ditutup. Namun di section Application dicantumkan bahwa application deadline untuk Erasmus Mundus scolarship adalah tanggal 1 December 2011 setiap tahunnya. Yang benar yang mana ya?

    Satu lagi, letter of recommendation yang diminta masing-masing konsorsium formatnya sama ataukah berbeda ataukah tidak ada format yang baku dari mereka?

    Mohon infonya.

    Thanks much! :)

    • emundus said

      deadline 1 Desember 2011 ya untuk siklus berikutnya adalah 2012-2014 (mulai kuliah pertengahan 2012).

      letter –> silahkan dicek di website mundus urbano-nya. kalau tidak ada format yg bisa didownload, ya berarti free format.

  72. surya said

    Hi,

    Saya hanya mau confirm aja apakah benar recommendation letter di submit dalam satu amplop TERTUTUP dan dijadikan satu dengan semua dokumen kita yg lain atau seperti apa ? Apakah recommendation letter yang diprint dari email hasil scan recommendation letter asli diperbolehkan ? Ini karena saya bermaksud untuk meminta recommendation letter dari referer yang ada diluar negeri, jika poin seperti yang saya sebutkan sebelumnya diperbolehkan, maka ini akan lebih memudahkan referer saya.

    Terima kasih sebelumnya. Mohon penjelasannya dari senior2 emundus scholar.

    • ema-id said

      Hi Surya,
      just a thought aja nih, memungkinkan ngga kalau recommendation letter-nya dikirimkan langsung ke konsorsium? Atau oleh Referee dikirimkan ke Surya dalam kondisi amplop tertutup dan nanti di forward dalam bentuk yang sama ke konsorsium?

  73. rikas said

    hi,

    terima kasih sebelumnya info yang anda sediakan sangat bermanfaat.
    saya lulusan s1 management bisnis telekomunikasi di Institut Management Telkom, awalnya saya berniat melanjutkan studi saya ke sbm itb, tapi setelah menemukan info tentang EM saya jd lebih tertarik untuk berusaha mengejar beasiswa EM.

    1. apakah saya yg lulus dengan ipk 2.89 punya kesempatan untuk dapet beasiswa EM?
    2. saya berencana ambil program yg bersangkutan dengan business, management atau economic. apakah gmat score sangat dibutuhkan untuk mengambil program tsb? lalu apakah ada course untuk gmat di bdg?

    dan untuk yang sedang mengejar beasiswa EM yang kebetulan tinggal di bdg, mungkin boleh sharing2. bkin gathering kecil2an. hehehehhehe

    thanks before,.

  74. rina dewi said

    salam,

    emundus, sy berencana mendaftar em crossways in cultural naratives. ada tdk ya alumni dr indonesia yg pnh mndapat beasiswa tersebut? siapa tahu bisa membantu utk berkonsultasi.

    oh,ya.. ada yg berencana mau mndaftar em crossways in cultural naratives tdk?
    kalau ada boleh berbagi informasi mengenai sudah sejauh mna persiapannya, krna beasiswa ini jg br dibuka 1 oktober lalu.

    terimakasih.

  75. surya said

    Hi all,

    Saya mau nanya ttg Hague Apostille stamp, ada yg tau step nya seperti apa untuk dapat stamp ini ?

    Thanks in advance.

  76. Edy said

    hai salam kenal sahabat baruku…
    saya adalah pengunjung dan kenalan baru untuk beasiswa ini, saya lulusan salah satu univ ternama di jogja, saya lulus pada september kemarin dan saya sangat ingin mendaftar pada beasiswa ini. adakah petunjuk yang bisa dishare untuk sahabat barumu ini agar bisa mendaftar dan mendaptkan pendidikan yang lebih tinggi seperta kalian semua. saya jurusan teknik Mechatronic..
    mohon petunjuk cara pendaftarannya, kemana harus mendaftar dan bagaimana cara mengurusnya..thanks

  77. inge said

    hai saya ingin tanya,
    saya tertarik bgt dg program beasiswa master WOP-P – Master in Work, Organizational and Personnel Psychology dari erasmus mundus, namun ketika saya buka websitenya di http://www.uv.es/erasmuswop/ , saya kesulitan untuk mencari info mengenai proses applicationnya, karena banyak menu yang ketika di klik muncul kayar error. Yg ingin saya tanyakan, kemana kita harus meng-submite semua data2 dan application form yang diperlukan? apakah melalui website atau dikirim ke alamat tertentu. Karena saya kesulitan mencari informasi di website tersebut, Semoga EM mau membantu yah, Terimakasih sekali.

    • emundus said

      di halaman utama paling atas tertulis:
      Application for the WOP-P is open (course 2012-13)
      New call for Erasmus Mundus scholarships open (course 2012-13)
      We are updating the information in this web site. Until the 15th November you might find not-updated or not-working links. Sorry for this inconvenience

      update terakhir di website tersebut adalah 10 November.
      silahkan lebih hati2 dalam mencermati informasi yang ada.

    • DSevilla said

      Seperti program2 lainnya, ketika anda masuk ke link http://eacea.ec.europa.eu/erasmus_mundus/results_compendia/selected_projects_action_1_master_courses_en.php

      di program yang anda minati ada website link + brief program explanation dalam bentuk PDF file. Alamat email dan post mail ada di PDF file tersebut.

      Here is what I have found:
      Professor Peiró Silla Jose M.
      Fac.Psychology-IDOCAL Research Institute
      Avda. Blasco Ibáñez, 21
      46010 Valencia, España
      jose.m.peiro@uv.es

      good luck

  78. Ziaul said

    Dear Emundus,

    saya seorang PNS yang sangat tertarik dengan program master yang ditawarkan erasmus mundus. saya ingin tanya tentang passport,
    untuk mengisi online application harus punya no passport, nah kebetulan saya belum punya. yang saya tanyakan jenis passport yang seperti apa? apakah harus passport dinas (karena sebagai PNS) atau jenis apa? karena kalau passport dinas, harus ada kejelasan sudah diterima oleh instansi tertentu di luar negeri, atau yang dimaksud boleh diganti dengan KTP/akte kelahiran?

    Terima kasih.
    salam,
    Ziaul

    • emundus said

      untuk jenis paspor sih tidak diatur secara khusus ya..
      sebenarnya permintaan paspor itu kan untuk membuktikan kewarganegaraan seseorang saja.
      jadi kalau memang belum ada, disampaikan saja ke konsorsiumnya.
      coba tawar dengan menggunakan KTP, yang tentunya juga merupakan ID nasional toh..

    • rhafa said

      Dear Ziaul,

      Sekedar berbagi pengalaman, kebetulan saat ini saya juga sdg apply program Erasmus Mundus di CEU, dan bbrp wktu lalu jg bertanya-tanya bagaimana mengisi no passport pd online aplicationnya seandainya belum punya passport. Untungnya tepat sebelum mengontak pihak Admissions Officenya saya menemukan jawabannya di halaman FAQ mereka (http://www.ceu.hu/admissions/faq) yg menyatakan kl seandainya belum punya, isian ini utk sementara bisa dikosongkan. Coba dilihat lg di webnya, siapa tahu detail ini juga terlewat seperti saya sebelumnya.

      Salam sesama applicants

  79. Ziaul said

    Dear emundus

    sya kemaren sudah daftar online di http://www.mathmods.eu, tapi sampai hari ini belum dapat email konfirmasi untuk aktivasi. apa yang saya harus lakukan? tetap menunggu apa menghubungi committee-nya? tapi, saya beberapa hari yang lalu menghubungi untuk tanya sesuatu, belum juga ada balasan sampai hari ini. gmn nih? apakah harus menunggu, sampai kapan?

    terima kasih

    Ziaul

  80. Ade Rahma Dyah Hartanti said

    Dear Emundus,

    Saya berminat untuk apply Master of Materials Engineering di Belgium melalui program AREaS (EM Action 2). Sejauh yang saya baca dari web http://www.areas.polito.it/application menjelaskan bahwa AREaS ini memberikan biaya transportasi untuk penelitian, exchange student dan sebagainya. Apakah beasiswa tersebut juga menyediakan beasiswa untuk lulusan S1 yang ingin mencari S2 di eropa??

    terima kasih banyak atas tanggapannya

    • emundus said

      kalau untuk EM, grant beasiswa hanya diberikan melalui program2 yang sudah ditentukan oleh EM..
      sekalipun kuliahnya di eropa atau di univ yang ada program EMnya, tetapi kalau program studinya bukan program EM, maka tidak bisa dibiayai oleh beasiswa EM.

  81. Ade Rahma Dyah Hartanti said

    jadi kalau EM action 2 memberikan scholarship untuk program master ga?? atau cuma ngasi travel costnya aja???

  82. sandy said

    dear emundus,,

    1. saya tertarik untuk mendaftar program tropEd..tapi kenapa pendaftaran terakhir tahun 2010??apakah tahun ini tidak dibuka??tapi knapa msh tercantum di List of 131 Erasmus Mundus Masters Courses??
    2. apakah semua program yg dtawarkan dalam list setiap tahun pasti membuka peluang beasiswa??karena susah sekali mendapat info ttg beasiswa bidang kesehatan di tahun 2012 ini
    3.biasanya kapan waktu for applying : a. tropEd – European Master in International Health
    b. EUROPUBHEALTH – European Public Health Master
    c. REGHEALTH – European Master in Sustainable Regional Health Systems

    mohon penjelasannya,,trimakasih banyaaaak :)

  83. Dee said

    To the point aja yah:

    Setau saya, pelamar beasiswa yang bukan lulusan dari Partner Universities di Areas termasuk dalam Target Group 2 (Nationals of the Asian Countries targeted by the project (Cambodia, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Mongolia, Sri Lanka, Thailand, The Philippines and Vietnam), who are registered in a higher education institution of these countries not included in the Partnership, or who have obtained a university degree or equivalent by an institution of these countries.). Namun untuk persyaratan dokumen, situs Areas menyebutkan persyaratan demikian:
    – Letter of recommendation (a letter from a contact at a Partner University will represent a preferential condition)
    – TG2 applicants with degrees from Malaysia and Indonesia have to upload proof of accreditation of their university degree

    Bisa tolong dijelaskan maksudnya dan bagaimana cara mendapatkan dokumen tersebut? Thank you very much.

    • emundus said

      1. jelas kan disebutkan “from a contact at a Partner University”..
      2. tergantung universitas asal Anda, kalau seandainya state univ, maka akreditasinya sudah jelas toh.. sedangkan kalau private univ, mereka minta bukti kalau program/gelar/univ anda sudah terakreditasi.

      • Dee said

        Makasih responnya, but maybe I didn’t make myself clear enough.
        1. Ya, memang disebutkan demikian “from a contact at a Partner University”, tetapi dijelaskan pula bahwa partner university di Indonesia hanya UGM. Apakah kita harus meminta surat rekomendasi dari kontak di UGM jika berasal dari universitas selain UGM?
        2. Berarti jika berasal dari state university, proof of accreditation nggak perlu lagi ya?

        Thanks so much!

      • Destriani Nugroho said

        Untuk Dee, tentang Areas dan Letter of recommendation, memang pernyataan di situsnya agak membingungkan. Untuk itu saya sarankan agar menulis email langsung kepada contact person Areas di UGM yaitu Bp. Dr. Rahman Sudiyo di e-mail: rsudiyo@chemeng.ugm.ac.id, apakah yang dimaksud adalah Letter of Recommendation dari asal universitas applicant khususnya untuk Target Group 2. Nanti jawabannya di share di sini lagi ya. Kalau belum ada jawaban dari Pak Rahman Sudiyo, kami tolong kami diberitahu lagi.

        Salam

      • Ade Rahma Dyah Hartanti said

        pertanyaan saya sama dengan pertanyaan Dee. Bingung juga. Mohon dijawab. Terima kasih

      • Ade Rahma Dyah Hartanti said

        saya sudah menanyakan ke pak Rahman Sudiyo. jawabannya adalah tidak perlu surat rekomendasi. mungkin yang dimaksud adalah lebih baik menggunakan rekomendasi dari pak Rahman, tapi tidak wajib. lagipula Pak Rahman juga tidak bersedia memberikan rekomendasi untuk orang yg belum dia kenal. semoga membantu ^-^

  84. Eko said

    Dear Emundus
    Mau nanya :
    1. Dimana y bisa download contoh CV yg sudah jadi?cos buat referensi CV erasmus mundus bulan ini
    2. Apakah pesaing beasiswa EM ntu di lihat dari 1 kampus saja?
    3. Di kampus saya Univ. Muhammadiyah Malang ada 2 beasiswa dari EM (“One more step”, pgumpulan berkas terakhir sampai akhir januari dan “Let’s move together” sampai februari). scra gris besar apa y perbedaanya? dan untuk syaratnya EM minimal semester 3 dan syarat2 yg sdah umum, padahal low saya searching di internet syarat ikut EM minimal udah lu2s S1 ato hampir lulus.

    Mhon bantuannya………….
    Trims ^_^

  85. Nia said

    Dear emundus…
    Saat ini saya adalah mahasiswi semester 6 di fakultas kesehatan masyarakat, saya mau bertanya… Apakah untuk mengikuti beasiswa erasmus mundus diharuskan untuk mahasiswa/i yg lulus tepat waktu? Terima kasih

  86. Agus said

    Dear Erasmus,

    saya sudah menerima letter of acceptance nya, namun untuk beasiswa nya saya masi masuk dalam reserve list..apa yang harus saya lakukan yah?
    mohon bantuannya dong teman” sekalian.. terima kasih..

    • emundus said

      ya berharap saja main istnya pada mengundurkan diri, dan kandidat reserve list yang rankingnya di atas anda juga mengundurkan diri :)

      • Doddy Irawan said

        Sama Nasib Kita Bro :-)….Saya Juga Masuk Reserve List..Klo berdasarkan No urut Pendaftaran saya yang pertama…tapi nggak tau pasti juga….kira2 berapa lama ya harus nunggu…..?Padahal Supervisornya sangat senang dengan rencana riset saya..malah dalam emailnya menunggu saya umtuk sege tuk PhD susah…sayang klo nggak bisa dapat beasiswa….

        Dear Doddy Irawan,

        I thank you for your interest in the Erasmus Mundus programme and I would like to inform you that your application number AREA1100108 for mobility at Institut Polytechnique de Grenoble, submitted for the AREAS call opened on November 1st 2011, is on the reserve list.

        In the following months, but no later than the end of 2012, the Consortium may send you a scholarship offer in case a selected candidate will withdraw from the program. In any case all mobilities must start before December, 31st 2012. Selections have been performed according to the criteria described in the Call for Application and in the specific section of this website. Please be aware that you may follow the appeal procedure described on the project website.

        Best regards,

        Bianca Buttiglione
        AREAS project coordinator
        http://www.areas.polito.it

      • Doddy Irawan said

        Dear Emundus
        Tau nggak bulan apa terakhir pastinya pengumuman untuk reserve list diterima ato tidak..,,?karena uda pada pre departure…. :(

      • emundus said

        kadang2 bisa ada keajaiban loh..
        ada yang 1 atau 2 tahun lalu baru dikabari di desember/januari ketika si kandidat main list yang sudah janji dan janji dan janji mau datang, tetapi tidak datang2, sampai konsorsium memutuskan untuk mencabut beasiswanya dan kasih ke reserve list.

    • Selvie said

      Hi…Saya jg masuk reserve list, tp belum terima konfirmasi berada diurutan ke berapa. Apakah kalian terima offer ini dan apakah udah mulai mempersiapkan dokumen2nya? :)

  87. mia said

    Dear Emundus,

    Saya mau tanya, apakah pernah ada pendaftar beasiswa EM yang tidak lolos tetapi kemudian menerima Conditional Offer dari konsorsium penyelenggara program? Saya sedang mendaftar beasiswa EM untuk program European Master in Lifelong Learning : Policy and Management (MA LLL) dan sudah berkorespondesi dengan pihak konsorsium sejak awal. Konsorsium mengirimi email dan menyatakan
    “Although your application was not selected for the Erasmus Mundus scholarship, it has been assessed to be qualified for admission in the academic year 2012-2013 on the condition that you submit a valid English certificate with the required score and find an alternative funding source.”
    Berarti mereka memberi kesempatan, tetapi tidak melalui program EM, ya? Lalu, adakah saran mengenai alternative funding source?
    Terima kasih sebelumnya :)

    Salam

    • emundus said

      Bisa saja ada ya.. (apakah pernah ada pendaftar beasiswa EM yang tidak lolos tetapi kemudian menerima Conditional Offer dari konsorsium?)

      Programnya EM, tetapi tidak dibiayai dengan beasiswa EM (Berarti mereka memberi kesempatan, tetapi tidak melalui program EM, ya?)

      Coba cek di website univ/fakultas bersangkutan, biasanya ada semacam menu “funding/scholarships” (saran mengenai alternative funding source?)

      • mia said

        Terima kasih untuk balasannya, ya (meski pada waktu itu saya berharap segera mendapat jawaban karena kini deadline-nya sudah lewat…tapi tak apa :) ).
        Ya, tertulis di website-nya bahwa program ini memiliki 2 kategori, untuk scholarship dan self-funded/other fund. Saya pun segera mencari info di website depdiknas, kedutaan, dan tentunya website univ penyelenggara program, dan akhirnya mencoba apply beasiswa yang lain untuk jurusan yang sama.
        Bagaimanapun terima kasih, karena keberadaan website Emundus ini berikut diskusi di dalamnya telah banyak membantu saya untuk mendaftar beasiswa.

        Salam

  88. audriel said

    Dear Erasmus Mundus,
    Saya sedang melamar program Global Innovation Management. Apakah ada alumni dari program ini yang bisa berbagi pengalaman? Thanks

  89. aulia said

    Dear emundus,
    saya sekarang sedang prepare apply untuk progrm WOP-P, saya sudh vist situsnya tapi sepertinya untk periode 2013-2015 mash belm buka ya pendaftrnnya? thanks

  90. Anita said

    dear emundus

    mohon ijin tanya, kita kan berhak memilih 3 program yang kita inginkan. kemudian surat rekomendasinya tentang spesifik ke 1 program aja, apa ketiga-tiganya ? terimakasih. mohon dijawan ya

    • emundus said

      nah ini kan tergantung kondisi dan strategi..
      kalau pemberi rekomendasi anda adalah orang yang baik, yang bersedia membuatkan 3 rekomendasi yang isinya spesifik utk program yang dituju, why not?

      ilustrasinya gini aja, kalau anda jadi pihak yang memberi beasiswa (a.k.a konsorsium), apakah anda lebih senang surat rekomendasi utk kandidat 1 atau kandidat 2 di bawah ini?

      Kandidat 1:
      Orangnya baik, ramah, pekerja keras, rajin, bisa menyelesaikan tugas. Dia punya prestasi yang baik, dan menonjol dibandingkan teman-temannya.

      Kandidat 2:
      Saya membimbing skripsi orang ini selama 6 bulan. Dalam hal photonic, dia memiliki pengetahuan yang luas di bidang …, …, …. Selama skripsi dia membaca banyak paper dari ahli2 photonic seperti …, …, …

  91. rina dewi said

    dear emundus, sy brncana apply MA in Lifelong Learning, utk deadline pengumpulan aplikasinya sendiri adl 10 dec 2012.
    sedang dlm tahap mempersiapkn aplikasi, tp sy punya kendala nih msh bingung dgn term: “An academic qualification essay based on research literature on any aspect of lifelong learning”. ini sama seperti statement of purpose tdk yah?
    mohon petunjuknya emundus, dn kalau ada alumni MA LLL boleh minta sarannya jg yah :)

    many thanks to you emundus

  92. putri said

    hai,..
    kalau mau liat program apa saja yang ditawawkan dan deadline pengumpulan berkas, alamt website nya apa ya?
    makasih

  93. Lana said

    Halo,

    Saya mau tanya mengenai persyaratan jurusan untuk IMIM – International Master in Industrial Management, yang menyatakan hanya scientific and engineering background. Saya sendiri lulusan Psikologi-IPS namun memiliki pengalaman kerja selama 2 tahun sebagai praktisi HR dan saya lihat pengalaman saya dan visi saya kedepan hampir sesuai dengan penjelasan IMIM. Kira-kira ada kemungkinan aplikasi saya dipertimbangkan atau langsung direject ga?

    Mohon info dari admin, lulusan IMIM atau teman-teman yang mengetahui info akurat mengenai hal ini.

    Terimakasih sekali atas jawabannya.

    • Lana said

      Maaf ada yang ketinggalan, sebagai tambahan, saya saat ini saya bekerja di salah satu perusahaan yang menjadi company partner terutama untuk menyelasaikan thesis dari IMIM ini. Mohon tanggapannya ya, terimakasih.

    • emundus said

      Menurut saya, justru anda ini memiliki kelebihan yang belum tentu dimiliki kandidat lain.
      Persyaratan adalah persyaratan, tetapi keputusan akhir ada di tangan konsorsium program tsb.

      Saran saya, coba deh konsultasi ke koordinator program tsb, dan ceritakan lebih detail mengenai keterkaitan experience anda dengan IMIM. kalau mereka terkesan, bukan tidak mungkin anda bukan hanya diperbolehkan untuk apply, tetapi juga diberikan beasiswanya.

      • Lana said

        Terimakasih Emundus atas pencerahannya, saat ini saya sudah mulai menjalin komunikasi dengan koordinator programnya.

  94. Halo,
    saya telah nyoba apply beasiswa EM ini yang ber deadline tanggal 10 desember kemarin ini..nah saya mau tanya ni
    1. kira-kira pengumumannya berapa lama ya?solanya di web sitenya ga dibilang kapan pengumumannya
    2. mereka mengatakan akan memberi tahu semua applicant apakah mereka lulus atau tidak, apakah ini berarti mereka akan memberitahu kita melalui email atau alamat korespondensi ya?
    Mohon jawabannya ya?terima kasih

  95. Resty said

    Hello Emundus, mau tanya. Kalo saya kuliah S2 di Korea Selatan, tapi ternyata pengen apply master course EM action 1 itu bisa ngga ya? Atau seumpama ngga bisa, apakah bisa apply yang master course action 2?
    Terima kasih.

  96. Tyas said

    universitas saya memberikan dua buah ijazah dalam bentuk bahasa indonesia, trankrip nilainya juga ada 2 kolom untuk bahas indonesia dan bahasa inggris, apakah masih perlu untuk menerjermahkan ke bahsa inggris ke penerjemah tersumpah, atau ijazah dan transkrip nilai itu bisa digunakan untuk mendaftar beasiswa.

  97. fithritama said

    Saya ingin bertanya mengenai program PERCCOM:
    1) Apakah di sini ada former awardee PERCCOM yang mungkin bisa share tentang prosedur penerimaan PERCCOM? Apakah jika sudah diterima dalam program PERCCOM (setelah tahap interview), maka otomatis akan mendapatkan beasiswa EM A? Berapa lama saya akan mendapatkan LoA dari Consortium?
    2) Apakah ada teman-teman lain yang sudah mendapatkan pengumuman tentang aplikasi PERCCOM ?
    Terima kasih banyak

    • emundus said

      Diterima di sebuah program EMMC, bisa ada 2 kemungkinan. Dengan beasiswa ataupun tanpa beasiswa (bayar sendiri atau cari funding alternatif). Nanti ketika dpt notifikasi dr konsorsium, pasti dijelaskan masuk kategori mana, dan jg terms n conditionsnya.

  98. Anne said

    Dear Emundus,

    Saya dapat email dari konsorsium Master CoDE tgl 20 Feb 2013 yg isinya begini;

    “Dear Applicant,
    Thank you for your application to the Joint EMMC in Comparative Local Development.
    This is to inform you that the applications are currently under evaluation and selection. We will inform you officially about the results of the selection process after the approval from the EACEA.
    Meanwhile, as a final and official confirmation please find attached the Erasmus Mundus Scholarship Eligibility Declaration Form, which:
    – has to be read carefully, printed and signed accordingly,
    – scanned and saved with a file name indicating your surname in capital letters,
    – sent back to this email adress (see above, master-code(at)uni-corvinus.hu) ASAP, but no later than Sunday, 24th February 12. pm CET. (yg saya sdh krm balik).

    Nah, isi dari declaration form adalah bahwa saya hrs memilih category A/B. Then, ada pernyataan begini; “I am aware that if I am selected (proposed for a scholarship, put on the reserve list, or enrolled on a self paying basis) my data may be used for the purposes of evaluating the CoDe Master Course 2013-2015 Erasmus Mundus Programme and will be made available to the Agency, the EM National Structures, the EU Delegations and the Erasmus Mundus Student and Alumni Association, acting as stakeholders of the programme”.

    Pertanyaan saya adalah; apakah pihak konsorsium hanya mengajukan nama2 penerima EM saja (baik main/reserve list)? bagaimana yg tdk masuk dua2nya? Dari isi email dan declaration form diatas, apakah saya termasuk salah satu main/reserve list atau tdk dua2nya, krn tidak ada penjelasan dari mereka. Thank you.

    • emundus said

      kok “24th February 12″ ya? –> mungkin mereka typo kali ya..

      yang diajukan ke EACEA adalah semua, baik main maupun reserve, maupun yang apply.
      ini untuk EACEA mengecek, apakah ada yang apply ke lebih dari 3 program.
      kalau ada, disqualify.

      dari email di atas memang ga jelas posisinya ada di main/reserve/tidak dua2nya..
      hope for the best saja..

  99. Anne said

    Dear Emundus,
    Terima kasih atas reply-nya. Secara unofficially konsorsium memberitahukan bahwa saya ada di reserve list untuk CoDE, walaupun mereka tidak memberitahukan rankingnya. Thank you

  100. Ayu Ratna said

    adakah disini yang mendaftar MERIT master?
    deg-degan nunggu pengumuman akhir April..

  101. rizka said

    Lebih baik menggunakan IELTS atau TOEFL IBT ya untuk melamar erasmus mundus? Atau keduanya sama2 diterima di program manapun di erasmus mundus? Terima kasih

  102. Hanifa said

    beasiswa erasmus mundus untuk s1 di eropa ada tidak yah? :/ saya ingin kuliah di salah satu universitas negri di paris. dan sekarang saya sedang menjalani kursus bahasa perancis.

  103. Annisa said

    Permisi, saya ingin mencoba mendaftar untuk program MEREMMC.
    1. di websitenya tertera untuk EM studentship batasnya sampe januari 2013, apakah berarti program ini belum buka lagi apabila saya ingin mendaftar untuk tahun depan?
    2. saat saya mengunjungi website university of southampton, juga tertera hal yang sama. saya tidak menemukan apa saja yang saya butuhkan untuk disiapkan. kira2 anda bisa membantu.
    terimakasih.

  104. debs said

    dear emundus,
    saya mau tanya,untuk erasmus mundus action 2. apa bisa saya yang lulusan kampus negeri yang tidak ada kerjasama dengan em action 2 untuk apply ? apa hayna diperuntukan untuk kampus kampus tertentu aja ? terima kasih.

  105. riztari anggraini said

    Saya masih kuliah semester akhir diuniversitas sumatera utara, saya akan tamat bulan maret. apakah saya dapat mendaftar beasiswa eramus mundus?

  106. Sarah said

    Dear Emundus,

    Beberapa tahun belakangan saya sering mengajukan pertanyaan di blog ini dan sangat merasa terbantu dengan semua jawaban yang diberikan. Saya mengajukan lamaran beasiswa erasmus mundus 2 tahun berturut-turut. Tahun pertama hanya 1 program lalu meningkat sampai 3 program pada tahun ke 2. Dan semuanya gagal. Hehe.. Justru informasi dari blog ini berhasil mengantar saya memperoleh beasiswa di UK dengan beasiswa pemerintah UK. Untuk itu, saya ingin mengucapkan terima kasih atas usaha teman2 semua yang bersedia mengisi blog ini. You really help :D

    Cheers,

    Sarah

  107. Astrini said

    Dear Kakak pengelola web Emundus,
    Senang rasanya bisa menemukan web yg membahas EM seperti ini.

    Saya ingin meminta saran kak.
    Saya masih kesulitan dengan jenjang pendidikan di Luar Negeri. karena saya pernah dengar bahwa Bachelor dari luar negeri, saat transkrip nilainya dikonversikan di Dikti, ada beberapa yang tidak diakui sebagai Sarjana di Indonesia. Sedangkan untuk gelar Master, tetap diakui sebagai S2.
    Pertanyaan saya :
    1. Apakah itu tergantung oleh kredit nilai di setiap program Bachelor di masing-masing universitas?
    2. Jika memang tidak diakui sebagai Sarjana, lalu sebutan gelarnya apa ya? Ahli Madya (Amd setingkat Diploma 3) kah?
    3. Kalau memang dapat dikatakan setara Amd, memungkinkankah seorang D3 dengan kredit nilai 120 SKS melanjutkan sekolah mengambil Master dengan beasiswa EM juga? atau tetap harus bergelar Sarjana dahulu, baru dapat melanjutkan mengambil Master?
    4. Kalu Diploma 3 seperti saya, setara dengan jenjang apa ya kak kalau di luar negeri?
    5. Sepengetahuan kakak, Apakah ada sistem transfer credit dari Diploma 3 ke Bachelor dengan beasiswa seperti saya ini?

    Saya sangat tertarik untuk ikut beasiswa kak, salah satunya yg saya sangat tertarik adalah EM ini.
    Mohon bantuannya kak.

    Terimakasih,
    Astrini Ms

    • emundus said

      Pertanyaannya banyak, tetapi pada intinya yang ingin ditanyakan seperti ini kan “Bisakah, seorang Bachelor lulusan luar negeri, mengambil S2 dengan beasiswa EM?”

      EM menerima aplikasi dari berbagai univ di berbagi negara.
      Kalau di-copy paste disini, terlalu panjang listnya.
      Anyway, awardee EM (main list) 2013 adalah dari negara2 berikut:

      Albania
      Algeria
      Argentina
      Armenia
      Australia
      Azerbaijan
      Bangladesh
      Belarus
      Belgium
      Belize
      Bhutan
      Bolivia
      Bosnia and Herzegovina
      Botswana
      Brazil
      Bulgaria
      Burundi
      Cambodia
      Cameroon
      Canada
      Central African Republic
      Chile
      China
      Colombia
      Costa Rica
      Croatia
      Cuba
      Cyprus
      Czech Republic
      Danmark
      Deutschland
      Dominican Republic
      Ecuador
      Egypt
      El Salvador
      Ellas
      Eritrea
      España
      Estonia
      Ethiopia
      Fiji
      Former Yugoslav Republic of Macedonia (FYROM)
      France
      Georgia
      Ghana
      Guatemala
      Haiti
      Honduras
      Hong Kong
      Hungary
      India
      Indonesia
      Iran
      Ireland
      Israel
      Italia
      Jamaica
      Japan
      Jordan
      Kazakhstan
      Kenya
      Kosovo
      Laos
      Latvia
      Lebanon
      Lithuania
      Madagascar
      Malawi
      Malaysia
      Malta
      Mauritius
      Mexico
      Moldova
      Montenegro
      Morocco
      Myanmar
      Nederland
      Nepal
      New Zealand
      Nicaragua
      Nigeria
      Norge
      Österreich
      Pakistan
      Palau
      Palestine
      Panama
      Paraguay
      Peru
      Philippines
      Poland
      Portugal
      Puerto Rico
      Quatar
      Romania
      Russian Federation
      Rwanda
      Saudi Arabia
      Senegal
      Serbia
      Singapore
      Slovakia
      Slovenia
      Somalia
      South Africa
      South Korea
      Sri Lanka
      Sudan
      Suomi / Finland
      Sverige
      Switzerland
      Syria
      Taiwan
      Tajikistan
      Tanzania
      Thailand
      Timor-Leste
      Trinidad & Tobago
      Tunisia
      Turkey
      Uganda
      Ukraine
      United Arab Emirates
      United Kingdom
      United States
      Uzbekistan
      Vanuatu
      Venezuela
      Vietnam
      Zambia
      Zimbabwe

      Jadi, kalau gelar Bachelor anda dari salah satu negara di atas, you are good to apply.

  108. Saya orang baru dalam dunia Erasmus Mundus, namun saya sudah membidik satu EMMC (EPOG). Untuk memperbesar peluang saya diterima di sana, saya sedang menyelaraskan kegiatan dengan bidang studi yang dicakup. Permasalahannya, saya berniat mendaftar pada tahun akademik 2016. Dan saya tidak dapat menemukan informasi terkait apakah pada tahun itu EMMC tersebut bahkan masih ada (saya sudah berusaha menghubungi baik melalui twitter maupun surel namun belum ada balasan). Berdasarkan pengalaman rekan2, apakah program yang ditawarkan EMMC bersifat “multi-years”, dan bilamana ia apakah dari tahun ke tahunnya biasa terjadi banyak perubahan pada program itu (semisal anggota konsorsiumnya berubah dsb2). Terima kasih banyak :)

    • emundus said

      Untuk EMMC akan dievaluasi tiap tahun.
      Kalau masih memenuhi syarat, maka akan diperpanjang beasiswanya.
      Jelas saja tidak dijawab, karena konsorsiumnya juga ga tahu apakah di 2016 mereka masih lolos seleksi hehe..

      Perubahan anggota konsorsium bisa terjadi, tetapi biasanya tidak signifikan berubah total.

  109. Anggoro said

    dear emundus,

    nama saya anggoro, akhirnya email berisi acceptance dari EACEA untuk kepastian beasiswa erasmus ini sudah saya terima. alhamdulillah saya diterima untuk program AFEPA dan akan memulai tahun pertama dari bonn university, germany.

    saya mau bertanya sedikit tentang Visa yang digunakan program ini, jenis visa apa yang harus saya apply? di web kedutaan jerman ada 2 jenis : visa schengen dan visa nasional, visa schengen memungkinkan kita untuk berpindah2 ke negara2 uni eropa tetapi hanya terbatas 90 hari, sedangkan visa nasional berlaku selama 3 bulan (dan dapat diperpanjang) tetapi hanya berlaku untuk negara jerman saja (tidak bisa dipakai ke negara2 eropa lain), saya berpikir mungkin visa nasional ini yang harus saya apply, tetapi bagaimana untuk tahun keduanya dimana kita harus berpindah negara? ataukah ada jenis visa khusus untuk program ini? terima kasih

    • emundus said

      Halo Anggoro,

      Selamat !!

      Ini baru mulai, persiapan itu bagus, tapi jangan terlalu banyak bingung dulu.
      Untuk visa, tunggu panduan dari universitas tujuan pertama ya.
      Mereka biasanya akan kirim panduan untuk apply visa, beserta dengan surat2 pendukung (hardcopy).

      Untuk Jerman, setahu saya, apply awalnya adalah visa Schengen dulu.
      Visa = ijin masuk.
      Sesampainya di Jerman, baru akan buat yang namanya “stay permit” (Aufenthaltstitel).
      Dengan Aufenthaltstitel ini nanti bisa jalan2 ke negara2 EU lainnya.

      Pada saat tahun kedua, nanti bisa beberapa kemungkinan (tergantung mana yang dianjurkan univ bersangkutan), namun pada umumnya sih buat visa Schengen lagi untuk negara tujuan kedua, lalu buat stay permit lagi untuk negara kedua.

      Nanti di pre-departure 21 Juni, bisa tanya2 lebih lanjut dengan student/alumni yang akan hadir.
      Selain itu, bisa consult juga ke blog tetangga http://jermandes.wordpress.com/

      Undangan pre-dep nanti dikirim terpisah ke email yang digunakan untuk pendaftaran AFEPA.

  110. Nur Puji Lestari said

    selamat pagi
    saya Puji baru lulus s1 Teknik industri UGM. Februari lalu saya mencoba apply s2 Lotus unlimited tapi gagal, apakah karena saya belum lulus?atau karena motivation letter saya kurang bagus? tapi saya tidak patah semangat, sekarang saya mau apply Lotus lagi..saya mau bertanya, kira2 siapa yang bisa membantu mereview motivation letter saya agar kesempatan kedua saya ini bisa berhasil?mohon bantuannya..terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,655 other followers

%d bloggers like this: