Erasmus Mundus scholarship

Quality and Excellence in European Higher Education

Berkomunikasi dengan penerima beasiswa Erasmus Mundus

Posted by emundus on November 15, 2012

“Saya tertarik program X nih, mohon dibantu dihubungkan dengan alumni program X dong, supaya saya bisa tanya2″. 

Pertanyaan semacam ini kerap kali muncul di dalam tanya jawab di blog ini. Namun, memang sedikit sekali yang bisa terlayani. Mengapa demikian?

Pertama, karena para pengasuh blog ini sifatnya adalah volunteer, maka belum tentu kami punya data para penerima beasiswa EM.

Kedua, kalaupun kami punya, ada yang namanya confidentiality. Belum tentu si penerima beasiswa senang bila emailnya dipublish di forum umum semacam ini. Kadangkala, bila ada waktu dan ada datanya, kami memforward request si peminat program X ke penerima beasiswa program X (alamat emailnya ditaruh di BCC supaya tidak ketahuan oleh si peminat). Bila memang si penerima beasiswa bersedia membantu, maka dia bisa reply ke si peminat, dan komunikasi bisa berlanjut di antara mereka.

Ketiga, karena di EM ini sifatnya bebas, tidak ada ikatan, maka tidak ada jaminan juga bahwa para penerimanya mau aktif untuk membantu anak-anak bangsa lainnya yang membutuhkan beasiswa untuk melanjutkan kuliahnya ke tingkat lebih lanjut S2/S3, di luar negeri (Eropa).

Bila dibandingkan dengan beberapa beasiswa lain (yang saya tahu), EM memang tidak mengharuskan applicantnya untuk memiliki background aktivitas organisasi. Setelah lulus EM pun, tidak ada ikatan sama sekali bagi para penerimanya. Mau lanjut S3 boleh, mau kerja di Eropa boleh, mau kembali ke negara asal dan masuk dunia kerja boleh, mau jadi pengajar boleh.

Jadi, tentunya ada pilihan juga, mau aktif menyebarkan berita mengenai peluang EM dan membantu generasi berikutnya supaya bisa tembus EM, atau mau lebih fokus di aktivitas/pekerjaan, fokus di keluarga, dll. Pada intinya ini adalah pilihan masing-masing orang, dan tidak ada benar-salah. Semua kembali ke pribadi setiap orang.

Setiap orang mungkin memang punya cara masing2 untuk melakukan promosi EM versinya. Ada yang mungkin buka tanya-jawab di blognya, ada yang di facebooknya, dll. Namun, kalau bisa 1 platform dan 1 tempat, why not.. Tinggal subscribe saja di blog ini, kalau ada comment/post baru, maka notifikasinya akan masuk ke email yang bersangkutan. Kalau pas pertanyaannya berkaitan, luangkan sedikit waktu untuk bantu menjawab. Seharusnya tidak terlalu memakan resource dan waktu. Tetapi, again, ini sesuatu yang tidak bisa dipaksa ;)

Pada kondisi saat ini, baru saya agak tersadar, mengapa beasiswa lain mengharuskan kegiatan berorganisasi. Mungkin salah satu alasannya adalah supaya ada komunitas yang tercipta dari para penerima beasiswa tsb, dari berbagai keahlian, yang secara bersama mereka diharapkan dapat menghasilkan sesuatu yang lebih besar lagi, dibandingkan kalau masing2 berjalan dengan keahlian masing-masing.

————————-

Sedikit beralih topik. Kalau Anda datang ke acara presentasi EM yang marak ada di berbagai tempat, maka presenternya belum tentu penerima beasiswa EM lho. Saat ini kami memiliki beberapa volunteer promoter yang begitu aktif membantu promosi EM ini, ditanya2i layaknya orang yang sudah pernah menerima beasiswa EM, tetapi sejujurnya mereka pun belum mendapat kesempatan tsb.

Kontribusi mereka secara pribadi sangat saya hargai, dan saya kepikiran, ada jalur “titipan” ga ya di EM. At least volunteer2 yang saya maksudkan ini sudah kelihatan bagaimana kontribusinya, dan lebih bisa diharapkan untuk promosi EM di masa depan.

Nanti saya coba tanya2 deh tentang jalur titipan.. Semoga ada, dan semoga EM ga salah pilih penerima beasiswa lagi.

Salah satu perkataan bijak yang saya suka adalah “data/fakta yang tidak diketahui/tidak bisa dibaca orang lain adalah tidak berguna”. Jadi, buat saya, orang2 yang seharusnya bisa bantu memberi informasi, tetapi tidak memberikannya (entah alasannya apa), lebih baik sih ga usah dikasih beasiswa saja.

Tentunya statement di atas bukan berarti, point penilaian satu2nya adalah aktif organisasi lho ya. Aktif organisasi kalau nilai jeblok juga mungkin ga dilirik oleh konsorsium. Why?? Karena konsorsium sendiri pun dinilai oleh Komisi Eropa mengenai performance-nya. Inilah mengapa setiap tahun, program2 itu dievaluasi, ada yang keluar dari list beasiswa, digantikan oleh program lain. Dinilainya dari mana? Ya dari performance student2nya. Inilah mengapa, yang nilainya bagus, peluangnya lebih besar.

Tetaplah berjuang !!

Dan kalau tahun ini Anda dapat beasiswa EM, jadilah orang yang mau membantu generasi berikutnya. Salah satunya ya dengan bantu jawabin pertanyaan2 di blog ini ;) –> ini bukan promosi blog, tetapi untuk Indonesia, blog ini adalah one-stop blog untuk EM.. walaupun ga semua pertanyaan bisa dijawab secara memuaskan, karena sekali lagi, sifatnya adalah volunteer, bukan representative. Kalau ada yang nanya mengenai program di luar program saya, atau mengenai EMJD atau Action 2, ya susah jg jawabnya karena saya belum pernah mengalami semua itu. Kalau selama ini bisa dijawab ya dari hasil baca2 dan tanya2 ke orang yang lebih berpengalaman.

About these ads

35 Responses to “Berkomunikasi dengan penerima beasiswa Erasmus Mundus”

  1. vayhard said

    hallo EM…
    alhamdulillah kemaren ada dari EM yg datang k UNDIP acara scholarship show
    3nov – 4nov 2012, juga peraih beasiswa EM, terima kasih bu Elrade Rofani ST, MSc sudah meluangkan waktunya untuk kami ^^

    saya setuju bgt dgn postingan ini, klo menurut saya sih, ga terlalu banyak waktu dan tenaga yg dbutuhkan utk share info EM k kita2 yg masih awam tentang EM..
    soalnya kemaren pas d UNDIP banyak dari kami yg curious bgt tentang EM.
    termasuk saya, sampe2 habis seminar itu, saya g begadang semaleman sampe subuh, browsing d internet cari tahu semua program yg sesuai dan linear dengan major saya n download video2 tentang peraih n alumni EM.

    saya ada pertanyaan nih:
    1. program EMMC itu per periode yah? misal erasmus mundus 2008 – 2013, berarti setelah itu ada perpanjangan periode gtu?

    2. d salah satu program yg saya pilih, requirement nya Cambridge ESOL IELTS, kalo saya ambil testnya di IDP, sama saja kan yah?

    terima kasih^^

    • emundus said

      well, selamat, curiosity dan keinginan dapat beasiswa telah membuat anda begadang dan cari informasi kan..
      that’s a great positive thing to do drpd bertwitter, facebook, atau bergame ria semalaman hehehe..

      1. yep per periode. untuk 2014 dan seterusnya baru akan dirapatkan tahun 2013, apakah akan dilanjutkan/tidak. sebab itu kalau utk academic year 2013 Anda sudah bisa apply, disarankan utk segera apply skrg.

      2. nah karena anda sepertinya cukup rajin, gantian saya yang nanya balik nih.. apa bedanya Cambridge ESOL IELTS dengan IELTS yang di IDP? kalau berbeda, gimana strategi anda? ;)

  2. Ayu said

    Hello..

    Waktu itu saya sempat datang ke acara presentasi EM di Thamrin nine ballroom. Tertarik sekali deh ikut coba beasiswa. Saya mau tanya nih, kalau dari track record penerima beasiswa erasmus mundus, selain karena motivation letternya yang sukses ‘menjual’ apakah para awardee nya biasanya orang-orang yang banyak mengikuti kompetisi ini itu dan mendapat banyak penghargaan? karena kalau yang saya baca, memang academic record mempunyai porsi yang cukup besar dalam seleksi beasiswa. Terima kasih :D

    • emundus said

      haha.. seperti tertulis di atas.. data saja kita belum tentu punya, apalagi data statistik setiap penerima beasiswa..
      kalau saya pribadi, tidak pernah ikut kompetisi selama S1.
      kalau penghargaan akademik, ada beberapa.

  3. setuju banget..kan ga ada salahnya berbagi..sehingga orang lain pun bisa sedikit mendapat kebahagian(karena bagi saya mendapatkan beasiswa adalah hal yang cukup membahagiakan)
    Saya kebetulan cukup lama mencari informasi tentang EM ini, dan selain info dari admin di blog ini, saya juga dapat info dari teman-teman lain yang comment..hmmm walaupun mereka rata2 sama seperti saya (masih berjuang)..makasi ya tuk semua info, saran and so on dari anda..may god bless you

  4. amelitush said

    halloo EM
    alhamdulillah ada blog ini jadi bisa setidaknya wadah untuk komunikasi..
    kalo boleh, ada yang mau saya tanyakan terkait beasiswa EM ini terkait dengan permasalahan yang saya hadapi saat ini :
    1. Salah satu deadline program master EM yang ingin saya daftar adalah 28 november 12, sedangkan saya baru akan mengambil test toefl IBT di tanggal 24 November 12, jadi kemungkinan besar hasilnya baru akan selesai setelah deadline. Yang mau saya tanyakan (karena saya awam juga dengan pengiriman hasil toefl IBT), apakah lebih baik saya daftarkan admin pendaftaran sebagai penerima hasil TOEFL atau saya kirimkan sendiri hasil scan copy hasil IBT saya? (oia di program tersebut, dijelaskan juga bahwa mereka menerima susulan hasil paling lambat Januari 13)
    2. Terkait dengan soal pertama, program lainnya yang ingin saya ikuti, belum dibuka application onlinenya, kemungkinan baru Januari 13 dibuka. Apakah bisa saya cantumkan admin dari penerimaan program bersangkutan sebagai salah satu penerima hasil TOEFL yang dikirim langsung oleh ETS?

    Terima kasihhhh..

    • emundus said

      1. baca reply saya di https://emundus.wordpress.com/#comment-8438
      pada dasarnya, teruslah mengupdate konsorsium untuk memberitahu informasi2 mengenai aplikasi Anda, dan capailah konsensus bersama mengenai metode mana yang convenient bagi konsorsium (ingat, posisi mereka lebih kuat sebagai pemberi beasiswa, jadi like it or not, better kita yang mengikuti aturan mereka).

      2. wahh?? yakin baru buka jan 2013?? program apa ya?
      rasanya sih ga mungkin ya baru buka jan 2013..
      coba share linknya..

      • amelitush said

        Dear em..
        1. Sudah saya baca dan akhirnya saya baca lagii di webnya keterangannya seperti ini :
        REMEMBER: Students unable to provide a language certificate by the relevant application deadline but who have taken or expect to take a language test (TOEFL, Cambridge ESOL or equivalent) should specify in the Application Form the precise date of their test/exam and include in the application a scanned copy of the official registration to the test/exam.The results of the test/exam, in the form of an official Certificate (even temporary) issued by the examining institution, must be timely communicated by email to the MEDEG administrative office, and in any case BEFORE January 31st, 2013 for Third-country students, and March 31st, 2013 for European students.

        Kalo liat diatas, kemungkinan lebih baik saya kirimkan scan hasilnya by email saja ya? (hehe takut salah tangkep)

        2. Programnya master of code ( master of comparative local economic devt), sebelumnya sudah sy email karena di webnya msh under construction dan blm ada application onlinenya, dijawab oleh konsorsiumnya bahwa akan dibuka soon (bukan januari 13 hehe) dan rencana ditutup feb akhir.. Linknya
        http://www.unitn.it/en/sld/22719/master-code-presentation

        Thankk youuu lagi :)

      • Hifni Ef said

        Ditutupnya 20 Januari lho. Saya kaget pas baca ditutup Februari akhir. Jarang banget program EM yang masih buka ampe Februari. Terutama tahun ini, karena sepertinya waktu buka programnya dibuat lebih maju. Saya mau apply ini sebelumnya, tapi tidak jadi karena lagi ngurus apply program lain. amelitush jadi apply?

  5. Bondan Saputra said

    Setelah mengikuti seminar EM di ITS Saya tertarik utk mengajukaan beasiswa EM. Sya lulusan D4 kira2 bisa mengajukan beasiswa untuk EM tidak ya setelah lulus? Soalnya persyaratan utk lanjut ke S2 kan dari S1,,apakah ada penyetaraan gelar untuk lulusan D4? Untuk jurusan Teknik Elektro (arus lemah) kira2 prospek yg bagus mengambil Master Course apa ya?? Terima kasih

  6. Rachmat Aditya Hutama said

    hallo EM..!
    aku ada pertanyaan nih yang tentang procedure pendaftaran beasiswa EM buat bachelor exchange..

    1. bisa ngga ya pakai TOEFL (ITP) sbg salah satu peryaratan beasiswa EM?

    terimakasih.. :D

  7. sy lulusan S1 Sastra Inggris kalo ingin ambil beasiswa di Emundus gmn ya?mohon bimbningannya,,terimakasih

  8. kardi said

    sy kardi lulusan T.perkapalan UPN_Veteran jakarta,trus trang sy katakan sy msi bnr awam tntang program erasmus ini,tp jiwa sy sgd mmbrontak untuk ingin tau tntng program beasiswa ini,kbtulan dari kmren sy sering brcita2 skolah diluar negeri kyk bbrpa tmn yg munkin udh trbang,tp munkin itu smua sy anggap hnya mimpi sj soalnya gx bklan munkin bisa. oh y…ngomong2 ada gx tmn2 yg sudi untk mnjlaskn program ini sprti apa,dan apakh ada untk beasiswa teknik perkapalan ?,wslm..

  9. Hifni Ef said

    Saya setuju banget dengan artikel ini. Berbagi itu sebenernya sangat indah. Saat kita bisa bermanfaat buat orang lain rasanya ada kepuasan pada diri sendiri. Terus terang saya agak kaget waktu baca komen-komen di blog ini dulu. Ada yang dibalas dengan ketus. Ya, mungkin saat itu admin lagi punya masalah atau sedang bad mood. Saya sendiri dulu belum pernah komen. Alhamdulillah saya tipe orang yang coba cari tau semua sendiri dulu, kalo mentok baru minta bantuan. Tapi menurut saya nih ya, pejuang beasiswa itu kan ada yang udah melamar berkali-kali tapi belum berhasil (seperti saya), ga ada salahnya bersikap ramah pada mereka, kalaupun pertanyaannya sudah pernah ditanya atau dimuat di artikel, tinggal diarahkan saja. Saya sendiri sudah ga terhitung berapa banyak hari yang saya lewatkan dengan bergadang demi meraih beasiswa. Mereka juga saya yakin begitu. Saat lelah dan mungkin mulai goyah, perkataan baik lebih bisa memotivasi mereka untuk terus berjuang. Saya berharap saya bisa meraih beasiswa secepatnya dan bisa berbagi pengalaman juga kepada banyak orang. Makasih buat admin yang udah bersikap ramah dan sangat membantu.

    • emundus said

      Ya, pendekatan tiap orang memang berbeda2 dalam komunikasi, dan itulah yang membuat dunia jadi berwarna warni ;)

      Anyway, saran diterima, dan ssemoga sukses dgn aplikasinya.

      • Hifni Ef said

        Iya, memang, biar dunia jadi lebih berwarna ya, :)
        Aaamin… Makasih ya.
        Kemarin saya udah dapet email penolakan di 1 program emundus yang saya lamar. 1 masih belum ada kabar, dan rencana saya mau melamar 1 program lagi yang masih buka. Do’akan saya ya teman-teman. :D
        Kalau ada temen-temen yang bersedia proofreading tulisan saya, saya juga akan senang sekali, hehe.
        Ok, thanks emundus.

      • zakkafauzan said

        Silakan jika mau dibantu proofreading, tinggal tuliskan emailnya, kirim saja ke zfm [at] outlook [dot] com, btw, saya salah satu alumni EM juga, 2009-2011 :)

      • Hifni Ef said

        wah, thanks berat nih udah mau bantuin.
        iya, nanti saya kirim lewat email ya, midoriniigata@gmail.com
        dibantai aja beneran ga papa, bilang jeleknya dimana.
        biar untuk perbaikan ke depan. :D

  10. Cynthia said

    Nama saya Cynthia. saat ini sedang harap2 cemas menanti pengumuman beasiswa Erasmus. Saya ingin bertanya, bila diterima (amiin) pembayaran beasiswanya saat tiba di sana? setelah beberapa bulan di sana? atau bisa saat kita masih di sini (minimal uang tiket&visa :P) terima kasih untuk yang mau merespon :D

  11. selamat siang, saya mahasiswa antropologi UGM. saya masih bingung harus apply lotus, panacea atau gate. mohon bantuannya

  12. saya mau tanya apakah boleh lulusan S1 ekstensi (D3 ke S1) ikut beasiswa erasmus mundus?? apakah harus melampirkan ijasah D3 nya juga?? sebelumnya maaf klo mungkin saya mengulang pertanyaan yg sudah ada.. soalnya tdk sempat periksa…

  13. […] https://emundus.wordpress.com/2012/11/15/berkomunikasi-dengan-penerima-beasiswa-erasmus-mundus/commen… […]

  14. ihyausy said

    Saya Ihya Ulumuddin, Mahasiswa Jurusan Manajemen S1 Universitas Widyatama, Bandung. sekarang saya sedang menempuh semester ke 3, apakah saya bisa mengikuti program beasiswa Lotus action 2 atau ada program lainnya? dan apakah program ini hanya untuk mahasiswa dari UGM atau ITB saja? terima kasih

  15. Nia Anggraeni said

    saya Nia Anggraeni, mau tanya untuk pndaftaran beasiswa EM yg bachelor exchange, ini kan suruh nentuin univ tjuan disna ya? itu gmn caranya, saya nyari2 info ttg jurusan saya yang ada di univ2 tujuan disna kok ga bsa ya. mohon bantuannya kak. maksih :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,385 other followers

%d bloggers like this: