Beasiswa Erasmus Mundus

WELCOME

Selamat datang di blog ini, bila tujuan Anda adalah untuk bertanya dan mendapatkan informasi seputar beasiswa Erasmus Mundus, silahkan baca-baca dulu beberapa artikel yang sudah ada (lihat sebelah kiri halaman ini, di bawah “RECENT POSTS”), lalu post comment Anda pada artikel tsb. Sebisa mungkin sertakan link referensi untuk setiap pertanyaan yang diajukan.

Misal: saya tertarik dengan program X, tetapi saya bingung dengan informasi di http://www.beasiswaem.com/faq point nomor 2, mengapa disitu dinyatakan …

Bila ada link, pertanyaan akan lebih mudah untuk ditelusuri, dan juga mencegah salah interpretasi.

Sebagai warning di awal, pertanyaan yang masuk akan dijawab dalam bentuk “best effort”. Jadi jangan kecewa kalau pertanyaan Anda mungkin tidak bisa terjawab sepenuhnya. Lebih lengkapnya, silahkan baca di https://emundus.wordpress.com/2012/11/15/berkomunikasi-dengan-penerima-beasiswa-erasmus-mundus/

QUICK LINKS

Daftar program yang ditawarkan:

Beberapa petunjuk:

HATI-HATI PENIPUAN BEASISWA

Baca:

FAQ

Berapa besar beasiswanya?

Beasiswanya adalah beasiswa penuh, up to EUR 24.000 per tahun per orang. Jangan takut, jumlah ini pasti cukup untuk membiayai kebutuhan kuliah anda. Pembagiannya secara garis besar:

  • EUR 8.000 untuk tuition fee (bukan bagian anda, kemungkinan akan langsung dipotong dari beasiswa)
  • EUR 12.000 untuk living cost selama 12 bulan (mungkin didistribusikan dalam 12 bulan @ EUR 1.000)
  • EUR 4.000 untuk mobility cost (termasuk pesawat dari Indonesia ke Eropa, juga untuk perpindahan antar kota/negara dalam 1 tahun masa studi)

Apakah beasiswa diberikan di awal (sebelum keberangkatan) untuk membiayai persiapan berangkat ke universitas tujuan?

Hal ini case by case, tergantung konsorsium program Anda.
Ada beberapa yang “saklek”, mereka hanya mau transfer uang beasiswanya setelah Anda tiba di Eropa. Kebijakan ini dipilih untuk mencegah orang2 nakal yang sudah terima uang beasiswa, lalu batal pergi karena satu dan lain hal, dan dananya tidak dikembalikan ke konsorsium secara full amount. Padahal setiap dana yang keluar harus dipertanggung jawabkan.
Namun, ada juga pengalaman beberapa penerima beasiswa yang bisa bernegosiasi dengan konsorsium, sehingga paling tidak uang tiket pesawat bisa diberikan di awal sebelum keberangkatan.
Anyway, untuk saat ini yang penting Anda dapat beasiswanya saja dulu. Itu fokus dan tantangan pertama Anda,

Bingung mau memilih bidang apa?

Well, jangankan dalam memilih beasiswa, memilih mau makan apa juga kadang kita bingung kok. Tetapi, setiap oranglah yang paling tahu apa yang dia inginkan. Jadi, anggap saja ini tantangan pertama anda dalam perjalanan mendapatkan beasiswa.

Berapa besar chance-nya?

Jujur saja, semakin tahun akan persaingannya semakin ketat. Jadi, bila anda bisa memunculkan “hidden gem” anda, mau berusaha, mau mencari informasi, dan benar2 fokus, termasuk bisa mengatasi tantangan awal “pilih program apa” anda mungkin bisa berhasil dalam kompetisi ini.

Semuanya tergantung usaha Anda untuk membrowsing informasi yang sudah banyak tersedia da “memoles” aplikasi anda untuk membuat konsorsium terkesan.

Semoga berhasil.

Undangan Presentasi/Diskusi mengenai beasiswa (khususnya beasiswa Erasmus Mundus)

Kami akan hadir dalam acara anda, baik itu presentasi, talk show, diskusi, seminar, pameran pendidikan, job fair, scholarship fair, dll. Kami akan menyediakan pembicara/presenter yang pada umumnya adalah student/alumni Erasmus Mundus. Kami akan menyediakan seluruh materi promosi, dan (pada umumnya) tidak ada biaya yang akan kami kenakan untuk keikutsertaan ini (selama kami bisa mendapatkan sumber dana untuk kegiatan promosi ini).

Bagi yang tertarik, silahkan mengirimkan email ke emundus.wordpress (at) gmail.com (gunakan subject yang deskriptif, misal: “Undangan Talkshow Beasiswa di Universitas XYZ, tanggal dd-mmm-yyyy”) dengan menyertakan detail berikut:

  • Detail event, nama acara
  • Tempat dan waktu
  • Jadwal detail kapan kami harus hadir, dalam kapasitas apa (pembicara tunggal, salah satu nara sumber, presenter, jaga di booth, dll), dan jenis acara sehingga kami bisa mempersiapkan materi yang sesuai
  • Perkiraan jumlah peserta yang hadir dan level pendidikannya (mahasiswa/i, alumni, dosen, umum, dll)
  • Contact person (HP dan email)

Email anda akan di-reply paling lambat 3 hari.
Bila dalam 3 hari tidak ada reply, bisa saja kami yang lupa balas, atau email Anda masuk SPAM.
Silahkan coba kirimkan lagi email tsb.

2,298 thoughts on “Beasiswa Erasmus Mundus

  1. Halo emundus, salam kenal.
    Saya mengikuti kompetisi beasiswa IED di Milan, dan saya diterima di IED MILANO jurusan product design. Tapi hanya di cover 50%tuition fee saja.
    Apakah beasiswa erasmus mundus ini dapat memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang sudah keterima di salah satu universitas di italy ini?

  2. Halo Emundus,
    Bisakah seorang mahasiswa s1 yang baru akan lulus, katakanlah semester 7 atau 8, mendaftar beasiswa ini agar segera setelah wisuda bisa langsung berangkat s2 ?

  3. Dear Emundus,

    saya punya anak perempuan yang memiliki semangat belajar tinggi. Dia selalu menjadi ranking 1 atau 2 di kelasnya, dan cukup aktif dalam kegiatan2 maupun lomba2 di sekolah. 2 tahun lagi ia akan tamat SMA. Saya menginginkan ia dapat meneruskan studi setingginya tanpa terhalang masalah biaya. Apakah di Erasmus Mundus ada program studi bagi lulusan SMA ?

    terima kasih

    Ignatius Jatmiko

    • Pak Ignatius, wah salut dengan Bapak yang sibuk mencarikan beasiswa untuk anak Bapak.

      Untuk S1, kesempatan yang ada bagi Erasmus Mundus (EM), hanyalah program exchange.
      Jadi, harus terdaftar di universitas di Indonesia terlebih dahulu.
      Lebih lengkapnya, Bapak bisa baca2 atau google mengenai EM Action 2, ada istilah target group dan semacamnya.

      Untuk beasiswa S1, tergantung tujuan sih, apakah mau kuliah di Indonesia atau di luar negeri.
      Kalau luar negeri, ada beberapa pilihan, misal saja dari Singapura (AUS-NUS), Jepang (Monbukagakusho), dan lainnya.

      Yang penting dari bapak, punya bayangan dulu, beasiswa atau pendidikan seperti apa yang diharapkan.

  4. Permisi emundus.Saya mahasiswa Hubungan International dari Universitas lokal.Saya berencana ingin mengambil s2 di luar negeri.Saya mau nanya biasiswa apa yang cocok untuk mahasiswa lulusan HI? Something about International Relation field.Thank you..

  5. Halo Emundus. Saya mahasiswa farmasi tingkat akhir dan tertarik untuk melanjutkan studi di bidang publik healt disaster. Saya sdh ikuti petunjuk yang Emundus berikan dan di arahkan ke link http://www.pubhealthdisasters.eu/. Tapi waktu saya klik application form, ternyata linknya gak update. Apa ada rujukan lain untuk program ini? Terimakasih sebelumnya🙂

  6. Hai emundus,
    Mau tanya, saya siswa SMA baru saja lulus dan mau coba cari beasiswa S1 luar negeri, jurusan nya apa saja lalu apa persayaratanya? Thanks for answering this quest🙂

  7. Selamat sore emundus.
    saya seorang dosen di salah satu pts jakarta.
    Tahun depan, berniat ingin mengambil short courses di belanda.
    apakah emundus mengcover dlm bntk pelatihan atau short courses?
    mohon info yg berkaitan ttg short courses dan scholarshipnya.
    thank you for the info.

  8. Selamat sore emundus, link ke bagian ‘Beasiswa Erasmus Mundus untuk Master (S2)’ kok tidak bisa terbuka ya, jika betul link nya salah mohon diperbaiki, dan jika ternyata hanya di tempat saya saja tidak bisa terbuka apakah boleh saya minta link mirror untuk membukanya? sebenarnya saya sudah mencari-cari info berkaitan dengan link tersebut akan tetapi saya takutnya link tersebut merujuk pada website yang belum saya baca. terimakasih atas perhatiannya emundus🙂

  9. Halo Emundus.
    Perkenalkan nama saya Reza, saya mahasiswa tingkat akhir, program D-3 jurusan teknik pertambangan. Setelah lulus, saya sangat tertarik dan mendambakan bisa melanjutkan studi master di belanda, khususnya di TU-Delft jurusan resource engineering spesialisasi geotechnical and environtmental engineering.
    Sebelumnya, maaf kak ada beberapa pertanyaan yg akan saya tanyakan :
    1. Apakah saya nanti (Lulusan D-3) disana harus menempuh S-1 dulu atau bisa langsung lompat S-2?
    2. Bagaimana prosedur teknis penerimaan beasiswa Emundus?
    3. Apakah ada beasiswa yg tidak memerlukan persyaratan TOEFL dan IELTS? Jadi maksudnya belajar dan dpt sertifikasi bhs inggris nya di belanda (jadi seperti di karantina dl sblm memulai perkuliahan).
    Mungkin cukup sekian pertanyaan dari saya. Atas perhatian dan bantuan tim Emundus, saya ucapkan terima kasih ^^

    Salam Indonesia Mengglobal

    • Rasanya kamu salah mengerti konteks Erasmus+
      1. Sebaiknya tanya langsung ke TU Delft.
      2. Coba baca2 dulu http://bit.ly/infoEM

      Indonesia mengglobal adalah gerakan yang sangat baik. Tetapi harus banyak baca dan mencari informasi sehingga pertanyaannya bisa tepat.

  10. permisi esmundus, saya mahasiswa S1 UNS semester 7 jurusan sastra jawa, nah rencana saya ingin melanjutkan S2 keluar negeri, tp saya masih bingung untuk melanjutkan S2 di luar negeri, saran dosen saya di Indonesia saja ambil linguistic terapan, namun saya jg memikirkan faktor ekonomi orangtua saya, saya ingin mendapatkan beasiswa, apakah ada yg sesuai dengan jurusan saya atau yang sedikit ada keterkaitannya? Kalau ada persyaratannya apa saja? Terimakasih.

  11. Halo Emundus
    saya merupakan mahasiswa S1 fakultas kesehatan masyarakat dan akan wisuda oktober ini, apakah ada teman2 atau kakak2 disini yang mendapatkan beasiswa EM dengan jurusan public health ? di action 1 brdasarkan web trbaru yang ada hanya jurusan public health disaster (europubhealth tidak ada di daftar tapi di web europubhealth mereka masih termasuk program erasmus +)
    untuk action 2 apakah ada yang sudah punya pengalaman mendaftar atau mendapatkan beasiswa dgn jurusan public health ?
    Terima Kasih🙂

  12. Hai emundus, saya mahasiswa magister profesi psikologi klinis dan sudah semester akhir. Saya berminat untuk mencari beasiswa S3 psikologi klinis di Jerman. Apakah emundus dapat mengcover untuk beasiswa kesana ? Terima kasih

  13. Halo Emundus,

    Saya baru saja menyelesaikan program S1 saya di bidang Ekonomi bulan Mei 2015. Saya tertarik dengan program EMJMD, yaitu EPOG (Economic Policies in the age of Globalization). Di website ini saya lihat beberapa penjelasan mengenai EMMC, dan tidak ada EMJD. Apa perbedaan EMMC dan EMJD?

    mengenai program EPOG, saya punya beberapa pertanyaan:

    1) Apakah ada alumni/mahasiswa S2 Indonesia yang sudah/sedang mengambil program ini ATAU staff dari EMJD yang bisa saya kontak?
    2) Berhubung saya baru lulus S1, saya belum punya pengalaman kerja. Tapi saya sudah banyak research di bidang Ekonomi dan Politik sebagai bagian dari materi kuliah. Apakah ini cukup atau saya sebaiknya mencari pengalaman kerja yang lebih relevant?
    3) Saya lulus dari universitas yang menggunakan bahasa Inggris (bukan di Uni-Eropa). Di admission page, http://www.cepn-paris13.fr/epog/?page_id=99 requirementnya adalah TOEFL, IELTS, etc. Apakah saya masih harus ambil test lagi?

    Terima kasih

  14. Dear Emundus

    Salam kenal Emundus, saya bernama Reynaldy Ginting mahasiswa semester 1 Fakultas Hukum Universitas Brawijaya. Saya sudah lama berkeinginan untuk bisa melanjutkan studi S-1 ataupun Program Master di Eropa khususnya di Jerman di bidang hukum.
    Berkaitan dengan itu saya ingin menanyakan kak :
    1. Langkah awal apa yang harus saya lakukan untuk mendapatkan beasiswa erasmus mundus ini ?
    2. Apakah bisa jika saya lulus beasiswa erasmus mundus lalu ditransfer melanjutkan studi saya di luar negeri ?

    Sekian pertanyaan saya Emundus,
    Thank you

  15. selamat siang Emundus dan Salam kenal dari saya.
    saya adalah seorang pria tua yang penuh semangat. Saat ini usia saya adalah 41 tahun dan tahun depan akan wisuda S1. Saya sangat berminat untuk menambah skill saya di bidang Ekonomi agar kelak bisa ikut membangun negeriku indonesia.
    ADAKAH KESEMPATAN UNTUK SAYA dalam mendapatkan BEASISWA ERASMUS ?!.
    terima kasih.

  16. Hai, Emundus tolong beri saya list universitas di Eropa yang bisa di apply di Erasmus Mundus action 1 yah… khususnya universitas universitas di Spanyol… jejeje ^_^

  17. Hello emundus, saya mahasiswa semester 2 mengambil konsentrasi D3 teknik kimia, kampus saya adalah kampus akademi milik swasta bukan unniv tapi akademi, apakah saya bisa mendapatkan beasiswa course atau exchange. Bagaimana caranya? Dan form apa sama yang perlu saya siapkan?
    Terima kasih

  18. dear erasmus… saya insha allah tahun ini lulus s1 dari prodi sastra inggris. saya ingin melanjutkan s2 sastra inggris juga ke inggris, tapi saya cari infonya kok tidak ada ya konsorsium english lit atau english in general? terimakasih sekali atas jawabannya.

  19. hallo emundus, saya mahasiswa semester 6 jurusan pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi, saya berniat untuk melanjutkan study saya ke s2 namun saya masih beum mengetahui apakah ada penerimaan beasiswa untuk jurusan saya di luar negeri? jika ada, ke mana saya bisa dapatkan infonya?
    terima kasih atas jawabanya

  20. Dear Erasmus,

    Saya mahasiswa lulusan D3 bahasa inggris , apakah bisa langsung apply beasiswa erasmus atau saya harus melanjutkan S1 dulu.

    Apakah eramus mundus ini ada program untuk S1. TERIMA KASIH

  21. Dear Erasmus

    Saya masih kuliah di salah satu Universitas Negri Indonesia dan saya mengambil Jurusan Ilmu administrasi bisnis. Apa kah saya bisa mengambil beasiswa ini dan kalau bisa, apa saja jurusan yg cocok untuk saya. TerimaKasih🙂

  22. Hallo Erasmus, saya masih Sma kelas 11, namun punya keinginan untuk melanjutkan beasiswa S2 ke Eropa, saya juga ingin mengikuti progam student exchange di saat saya kuliah jenjang S1, tetapi kalau misalkan di S1 nanti saya berhasil mengikuti program student exchange, apakah saya masih bisa untuk mengikuti program Erasmus beasiswa S2 ini? Terimakasih🙂

  23. hallo erasmus,sblmnya perkenalkan saya mahasiswa fisika, dari salah satu universitas islam negeri , sebelumnya saya sangat tertarik dapat apply beasiswa erasmus+ dalam bidang astrofisika, saya mau bertanya apakah ketika saya apply beasiswa erasmus, pihak penyeleksi juga mempertimbangkan asal universitas dari peserta apply beasiswa? . sebelumnya terimakasih

  24. Hallo erasmus, saya berasal dri univ negeri medan jurusan pendidikan akuntansi..
    Apakah ada program jurusan lebih ke pendidikan ?
    Dan apakah untuk mendapatkan beasiswa perlu sertifikasi Toefl dan IELTS ?
    Krna saya blm mahir dalam berbahasa inggris

    Terima kasih sebelumnya

  25. Dear Erasmus,

    Di penjelasan disebutkan bahwa kita bisa mendaftar maksimal untuk tiga program erasmus. Yang saya tangkap disini ialah bahwa program tersebut adalah untuk jenjang yang sama. Akan tetapi bagaimana jika saya ingin mendaftar baik s2 dan s3 sekaligus, apa diperbolehkan untuk hal seperti itu?

    Terimakasih banyak atas jawabannya.

  26. selamat sore saya mau bertanya persyaratan-persyaratan apa saja yang diperlukan dalam beasiswa erasmus mundus master S2? saya sangat berharap anda dapat membalas pesan saya di email marseloematan626@gmail.com dan di email saya yang satunya lagi marselmarsel984@yahoo.com dan anda juga bisa menghubungi saya di no hp saya 081246986328. Informasi beasiswa erasmus mundus master S2 sangat penting bagi saya. atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s