Konversi dari SKS ke ECTS

Seorang pengunjung di booth EU hari ini membuat saya mengetahui fakta baru.
Beberapa program ternyata meminta applicant-nya untuk meng-convert jumlah kredit S1 mereka menjadi ECTS, sebagai salah satu isian di application form.

convert

Bagi saya pribadi, saya juga mengalami konversi ini, hanya aja pengkonversiannya dilakukan oleh universitas, jadi saya tidak tahu-menahu mengenai rumusnya.

Nah, berdasarkan informasi dari salah seorang teman alumni EM, dia menggunakan rumus berikut:

1 SKS ( di Indonesia) = 36 jam studi per semester (12x pertemuan @ 3 jam)

1 ECTS (di Eropa) = 25 jam studi (10x pertemuan @ 2.5 jam)

Jadi, kalau anda lulus S1 dengan 144 SKS, bila diconvert ke ECTS, hitungannya adalah:

36 / 25 * 144 = 207 ECTS

(catatan: bachelor di Eropa, umumnya setara 180 ECTS).

———————–

Saya mencoba riset sedikit akan rumus ini. Di Wikipedia (http://en.wikipedia.org/wiki/European_Credit_Transfer_and_Accumulation_System), disebutkan bahwa 1 ECTS ekivalen dengan 25-30 jam studi.

Sedangkan untuk SKS, ada juga entrinya (http://id.wikipedia.org/wiki/Satuan_kredit_semester).

Jadi, menggabungkan kedua hasil di atas, dan mengingat belum ada panduan rumus konversi yang resmi, rasanya rumus teman saya ini bisa digunakan oleh yang membutuhkan. Tentunya sebaiknya dijelaskan dasar perhitungannya, asumsinya, dan referensinya supaya tidak membingungkan konsorsium, sekaligus mengangkat “nilai” Anda sebagai seseorang yang bertindak secara logis dan terukur dengan didukung fakta.

18 thoughts on “Konversi dari SKS ke ECTS

  1. terima kasih infonya..kebetulan saya juga mencoba mendapatkan beasiswa ini..tapi saya sedikit bingung dengan konversi transkrip saya. karena saya punya dua transkrip dengan nilai yang juga berbeda..yang satu transkrip pendidikan sarjana, dan yang lainnya pendidikan profesi. kalau untuk melamar beasiswa ini apakah saya harus mengirimkan kedua transkrip tersebut, atau hanya salah satu, tapi kalau saya mengirimkan yang sarjana, nilai IPK saya hanya 2,93, karena nilai sarjana saya di universitas digabung dengan nilai di akademi (sebelum kuliah di universitas saya kuliah di akademi). jumlah sksnya 149, sedangkan di pendidikan profesi, IPK saya 3,51 dengan jumlah sks 25. saya mohon sarannya.

    • kalau menurut saya, IPK itu adalah yang hubungannya dengan sarjana (S1).
      tetapi ya tergantung masing2 applicant ya, bagaimana “mensiasati” kalau ada alternatif lain yang lebih “menguntungkan” bagi aplikasi dia. asal hati-hati saja, jangan sampai dianggap “memalsukan” nilai atau memberikan informasi yang tidak benar. such thing is a BIG NO-NO di eropa.

  2. Hai. Saya kuliah S1 di METU, Turki. Nah, tentang ECTS dan sks ini ingin saya bantu tambahkan penjelasannya,
    1. kredit ECTS tidak dihitung dari jam pertemuan per semester, melainkan jumlah work load (in hours). Contohnya saja, mata kuliah yang memiliki kredit sks 3, bisa memiliki kredit ects 5, 6,7 atau bahkan 8. Jumlah work load ini adalah jumlah jam total dari pertemuan kuliah, pr, tugas, project, lab, midterm exams, final exams (dapat ditambahkan jika ada unsur lain).
    2. setahu saya, di Eropa dan sekitarnya rata – rata tahun yang dibutuhkan untuk undergraduate program adalah 4 tahun. Nah, per academic year nya 60 kredit ECTS, jadi rata – rata untuk lulus program S1, butuh 240 ECTS. Contoh kasus saya sendiri, saya lulus dengan 145 kredit sks, setara dengan 259 kredit ECTS.

    Memang tidak ada cara yang mudah untuk mengkonversi sks menjadi ects, jadi salah satu caranya ya mungkin bisa dengan rumus yang sudah disebutkan diatas. Bahkan kalau mau supaya ECTS terlihat seimbang dengan mereka yang berasal dari Eropa, bisa langsung sksnya dikalikan dengan 5/3 (ECTS = 5/3 x SKS ===> 240 = 5/3 x 144) :p

  3. Saya mau bertanya, kalo ada persyaratan yang menyebutkan “The bachelor thesis must be graded with ECTS grade A (German grade 1,0 – 1,5).” itu maksudnya bagaimana ya? Saya bingung

  4. nah, info yang bagus banget! sungguh suatu pencerahan di pagi hari hahaha..
    saya lagi disuruh buat handbook mata kuliah saya, dan mau konversi SKS ke ECTS

    dan membuat handbook mata kuliah itu ternyata sulit juga karena harus translate dari bahasa indonesia ke english, dan masalahnya adalah handbook aslinya saja tidak terperinci, jadi harus mengingat2 pas dulu masih kuliah ^-^

    Untuk tambahan info (yang mungkin cukup berguna), saya dapat definisi SKS dari kampus S1 saya seperti ini rinciannya:

    “1 SKS sama dengan 50 menit belajar di kelas, 60 menit latihan soal, dan 60 menit belajar mandiri dalam satuan minggu”

    ya memang betul kiranya 1 SKS setara 3 jam😀

  5. hai hai… yang berhak konversi transkip itu boleh kita sendiri atau ada lembaga khusus ya ? kalau ada lembaga khusus, tolong di share ya

Leave a Reply

