Coba yuk, step by step apply Erasmus Mundus

Artikel ini disarankan untuk dibaca oleh pemula yang belum tahu atau baru tahu sedikit mengenai beasiswa Erasmus Mundus (EM).

Khususnya yang berminat untuk menempuh jenjang S2 –> makanya nama programnya adalah EMMC alias Erasmus Mundus Masters Course.

Pertama, kunjungi list program2 yang ditawarkan oleh EM dengan membuka link ini http://bit.ly/EM-emmc
(Per 2016, mohon kunjungi link berikut: https://eacea.ec.europa.eu/erasmus-plus/library/catalogue_en)

Kedua, di situ Anda akan menemukan lebih dari 100 program/jurusan yang bisa dipilih (semuanya bisa diambil dengan skema beasiswa EM) berdasarkan nama programnya. Anda bisa memfilter program sesuai kategorinya, misal: agriculture, health, science, dll untuk mempersempit program yang sesuai minat. Tetapi, bila ada waktu lebih, tidak ada salahnya dilihat seluruhnya karena siapa tahu pengkategoriannya kurang tepat, padahal bidangnya mungkin sesuai dengan minat Anda.

Ketiga, pilihlah satu (atau beberapa) program yang Anda minati, lalu kunjungi website program tsb. Untuk contoh ini, katakan saya tertarik dengan program “EMSD – European Master programme in Systems Dynamics”, maka saya masuk ke websitenya di http://www.europeansystemdynamics.eu.

Nah di halaman utama website ini, ada beberapa informasi yang bisa didapatkan, misalkan:

  • Mobility track (kuliah dimana saja, dan kapan): Starting in Bergen (Norway), then either in Lisbon (Portugal) or Palermo (Italy), and then finally in Nijmegen (The Netherlands).
  • Program ini tentang apa sih: learning how to initiate strategic change in organizations

Setelah itu Anda bisa beranjak untuk browsing ke menu2 yang ada di side bar. Dan ujung-ujungnya pasti mengenai bagaimana cara daftar.

Nah di halaman ini kelihatan, persyaratan pendaftarannya:

  • Ada background pendidikan S1 tertentu yang diharuskan.
  • Grade average (walaupun mereka tidak menulis mengenai IPK / GPA, tetapi kalau menggunakan standar Indonesia, secara implisit IPK 3 ke atas).
  • Syarat nilai TOEFL / IELTS
  • dll

Pertanyaan berikutnya, gimana cara daftarnya?

Masuk ke “Application Procedure” dan semuanya sudah tersedia di sana.

Jadi, ga susah dong untuk apply EM?

Memang butuh browse and click untuk membaca seluruh informasi yang ada.

Tetapi the effort would worth the scholarship.

Untuk program2 lainnya, baik EMMC maupun EMJD, step2 di atas kurang lebih sama, hanya saja alamat, tata letak, dan sitemap  websitenya yang berbeda.

Ingat, syarat setiap program beda2. Jadi kalau syarat2 di atas sepertinya “ketinggian”, coba cari program lain, mungkin saja ada program lain yang syaratnya lebih “longgar”. Itulah juga makanya kalau ditanya, “apa syarat daftar EM?”, susah untuk menjawabnya, karena tidak ada template syarat generik antar program.

Anyway, di kala saya mendaftar sekian tahun lalu, tidak ada petunjuk step by step seperti ini, jadi sekarang informasi mengenai EM sudah jauh lebih baik dibandingkan beberapa tahun lalu. Gunakan keterbukaan informasi ini untuk keuntungan Anda. Negara lain belum tentu punya forum tanya jawab semacam ini.

Selamat mencoba, dan semoga menjadi applicant yang sukses.

49 thoughts on “Coba yuk, step by step apply Erasmus Mundus

  1. Thank ,.. Its very usefull for me,..

    My dream , i want to study in Cambridge university. Can i get scholarships from EM??

  2. numpang nanya……kalau fotokopi legalized pasport itu maksudnya paspor yang dilegalisir atau ya potokopi paspor aja?
    *soalnya nanya ke beberapa orang beda2 versinya, ada yg bilang harus dilegalisir, ada yg bilang cukup fotokopi paspor itu aja
    makasih banyaaaak inponya

    • haha.. secara literalnya ya paspor yang dilegalisir..
      cuma memang legalisir oleh notaris kan bayar.. bisa 50rb per lembar kali..

      nah mungkin orang yang bilang cuma fotokopi, mereka itu berhasil nego sama konsorsiumnya, supaya fotokopi saja cukup..
      ya gpp sih kalau Anda mau nego juga..
      siapa tahu berhasil, kan lumayan, hemat😉

      • oooh baiklah…….
        ane udah nego ke konsorsium perihal paspor yg outdate, mereka kasih keringanan boleh ngirim paspor kadaluarsa asalkan di legalisir dan ntar kalo paspor baru dah jadi dikirim lg yg baru, baik softcopy maupun hardcopy *nangis darah liat ongkirnya ke sono*
        dan udah nanya2 ke notaris harga per lembarnya 150 ribu *ampun dah *,
        boleh minta inpo notaris yg harganya miring ga?
        yaah demi memburu erasmus, akan kulakukan😀
        makasih banyaak

  3. thank a lot…ujung2nya yg saya mau tanyakan apakah setelah mendapat gelar Msc double Phd,apakah kita bs bekerja&berkarir dengan take home pay yg layak di negara yg bersangkutan mengingat kita warga negara asing di sana,kalaupun bisa apakan karir selanjutnya hanya sebagai ilmuwan atau teacher di fakultas bersangkutan atau ada kesempatan berkarir lainnya?tq

    • dari pengalaman teman2 yang sudah lulus dari EMMC, bervariasi ya..
      ada yang balik ke negara asal..
      ada yang menetap di eropa (kerja atau lanjut S3)..
      untuk yang kerja jg variatif, ada yg di lembaga pendidikan, lembaga internasional, maupun perusahaan lokal..

      dari EM-nya sendiri sih tidak ada constraint apapun (harus ini harus itu) bagi lulusannya..
      tinggal bagaimana setiap orang me-manage dan mewujudkan visi masa depannya masing2 saja..

    • soal gaji .. untuk level ilmuwan atau tenaga peneliti, pengajar …eropa … atau negara negara eropa tidak membeda bedakan asal negara seseorang. semua jenis pekerjaan sudah ada standard gajinya masing masing.

      kesempatan berkarir di perusahaan juga besar. asalkan ada punya kelebihan tersendiri dibanding calon pekerja asal eropa sendiri. dengan level yang sama pasti perusahaan mengambil karyawan asal eropa.

  4. Akhirnyaaa…. Ada aplodan seperti ini.
    Big Thanks, kawan2 Emundus.

    Lama saya nggak buka site ini, ternyata masih aktif.

    Bruder, beasiswa ini memang selalu ada setiap tahun kan ya?
    Saya sedang skripsi, skripsi selesai insyaAllah akan segera apply, tapi kalo misalnya cuma lulus doank belum dapat ijazah gimana ya, apa masih bisa apply?
    Soalnya dikampus saya ijazah cuma dibagi pas wisuda, sementra wisuda selalu Desember. Beasiswa ini kan biasanya start dari September-November (kalo gak salah) kan ya admin?
    gimana itu?

    –Admin, sharing tentang ‘gak enak’nya selama dapat beasiswa ini apa ya? biar buat pelajaran saya dan temen2 yang lain, mungkin bisa dibuku The Story Behind season 2. Saya sudah baca bukunya,,, Motivated banget dah,,, kerenn

    Mohon dikomentari ya Min..😀

    Regard

    -Nas-

    • ya aktif dong site-nya..
      cuma kekuatan emang agak berkurang nih karena kekurangan volunteer..

      per saat ini, skema terakhir adalah 2009-2013..
      tahun depan baru akan diputuskan apakah ada skema berikutnya 2014-…

      seharusnya kalau sudah lulus sblm juli, bisa apply.
      dengan catatan, memberitahukan kondisi ini ke konsorsium, yaitu ijazah akan disusulkan kemudian.
      beberapa orang sudah berhasil me-lobi seperti ini.

      sharing “ga enaknya”..??
      nantikan posting terbaru aja deh ya dalam 1-2 hari ini..

    • gak enaknya:
      1. harus kuliah, belajar, ikut ujian, stress karena tuntutan pelajaran yg tinggi dalam masa 2 tahun ….

      selebihnya enak enaknya saja … yaaa paling 10% nan deh.

  5. erasmus mundus untuk gelar MBA ga ada ya? saya udah liat course2 yang ditawarkan. tp MBA nya tidak ada. atau saya yang kurang teliti? terima kasih.🙂

  6. dear emundus
    saya masuk di reverse list planet europe, dan ketika ditawari untuk studi dengan biaya sendiri saya mengiyakan, karena Loa dari planet europe tersebut saya pakai untuk daftar beasiswa stunned.
    saya mau nanya untuk yang masuk main list planet europe, apa sudah dikirimi email ttg deadline agreement, declaration of no objection dan bank account information dari universitas roudboud atau dari konsorsium yang menguruskan semua?
    karena deadline tersebut tgl 15 april dan pengumuman dari stuned akhir mei, saya bingung sebaiknya bagaimana,
    mohon pencerahan kawan2 emundus
    terimakasih

  7. Hai EM, =)
    Thx Emundus, kebetulan saya baru ttg info beasiswa ini. Informasinya benar2 lengkap yang penting rajin baca dan browsing. Saya sudah mengikuti step2 anda yang jelas dan sangat membantu.
    Cuma ingin konfirmasi saja, pendaftaran beasiswa Eramus Mundus ini ke masing-masing program yg ada di link yang anda sebutkan ya?

  8. Hai EM🙂 makasih banget buat blog’y❤
    mau nanya nih, saya mahasiswi semseter 5, InsyaAllah rencana lulus 2015. nah saya baca soal deadline https://emundus.wordpress.com/2013/11/17/deadlines-for-em-2014-is-gettingcloser/
    nah, saya pngen'y abis lulus langsung nerusin S2 jadi saya mesti nyari informasi n siap-siap buat dapetin beasiswa yang buat periode tahun berapa? terus soal autumn/summer class maksud'y gimana? emang kalo kuliah di luar negeri masuknya gak barengan yahh (gak kaya di Indonesia, misalnya rata-rata mulai perkuliahan di bulan September)
    makasih mohon di jawab

    • Lulus 2015-nya di bulan apa?
      Kalau sebelum Juni, bisa coba daftar EM 2015, yang pendaftarannya buka sekitar Okt/Nov 2014, untuk mulai kuliah di Sep/Okt 2015.

  9. hai terima kasih atas infonya
    … saya mau bertanya.. saya sudah menyelesaikan s2 saya di indonesia, lalu saya mau mengajukan beasiswa s2 lagi di erasmus mundus. apakah ijazah s2 saya bisa jadi bahan pertimbangan atau hanya ijazah s1 saja?

    terima kasih

  10. hi kak, saya baca di kriteria GLOBED gini “A Bachelor’s degree in Educational Sciences, Sociology, Social/Cultural Anthropology, Political Sciences, Human Geography, International Relations, or International Development Studies from a recognized university.”

    kalau saya yg dari jurusan english education itu masuk dalam kategoru educational sciences gak ya?

  11. Haloo, perkenalkan saya Sandi, saya pembaca aktif di site ini tentunya selalu menghadiri EHEF. Admin, saya mau tanya mengenai, ada penjelasan dikatakan bahwa “2016-2018 Programme Country IMRCEES EMMC scholarship application form (closed)” (ini linknya:
    http://www.gla.ac.uk/postgraduate/erasmusmundus/imrcees/theprogrammeandhowtoapply/howtoapply/

    itu maksudnya untuk jalur Emundus sudah tidak tersedia lagi kah?
    Dan satu lagi, conditional English proficiency itu maksudnya kita dapat apply walaupun belum ada IELTS dan selesai S1, begitukah? Terima kasih….

    • Halo, kl menurut saya, aplikasi utk 2016-2018 memang sudah closed (seleksinya di 2015).

      Ditunggu saja utk pembukaan aplikasi 2017-2019. Kurang lebih mungkin September/Oktober baru dibuka. Kunjungi webnya secara reguler.

      Untuk conditional offer, ya benar demikian. Saya rasa di webnya sudah cukup jelas deskripsinya.

  12. mau nanya, apa sebagian besar program studi erasmus ini ada biaya admission/pendaftarannya? soalnya saya melihat beberapa program biaya daftarnya cukup besar 500-1000 euro. thx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s