EHEF Indonesia 2011

Tahun ini, EHEF akan diselenggarakan di 2 kota: Jakarta dan Medan.

Informasi lebih detail bisa didapatkan di website resmi: http://www.ehefindonesia.com/

Bagi event Jakarta, registrasi online bisa “mempercepat” Anda untuk masuk ke ruang pameran dan siapa tahu bisa “mem-bypass” antrian.

Bagi yang belum pernah berkunjung ke EHEF, di event ini akan ada booth2 dari berbagai institusi pendidikan tinggi dari Eropa. Ada yang dari universitas, ada yang dari lembaga pendidikan, ada yang diwakili oleh perwakilan negaranya, dan tentunya ada booth Uni Eropa. Khususnya di booth Uni Eropa, Anda bisa bertemu para student/alumni beasiswa Erasmus Mundus yang ada di booth dan berdiskusi langsung.

Di booth ini, Anda juga bisa membeli buku Erasmus Mundus: The Stories Behind yang berisi kisah-kisah unik di balik layar dari 15 orang penerima beasiswa Erasmus Mundus. Lebih lengkapnya bisa dibaca di post berikut: https://emundus.wordpress.com/2011/07/18/beasiswa-erasmus-mundus-the-stories-behind/

Bagi Anda yang masih awam dengan beasiswa Erasmus Mundus, sebelum datang ke event ini, sebaiknya mempersiapkan diri dulu, supaya pertanyaan yang diajukan bisa lebih berkualitas dan bermanfaat bagi yang menyimak. Berikut langkah-langkah persiapan singkatnya:

1. Bagi yang tertarik untuk beasiswa S2, daftar program yang ditawarkan ada di sini: http://eacea.ec.europa.eu/erasmus_mundus/results_compendia/selected_projects_action_1_master_courses_en.php

Untuk S3: http://eacea.ec.europa.eu/erasmus_mundus/results_compendia/selected_projects_action_1_joint_doctorates_en.php

2. Pilih program yang kira2 Anda tertarik, dan cek websitenya.

3. Syarat2nya apa sih untuk dapetin beasiswa? Kriterianya apa? Universitasnya dimana? Nah jawaban pertanyaan2 itu dan pertanyaan2 lainnya bisa didapatkan dengan cara membaca website program yang bersangkutan (dari step ke 2). Pastikan sudah membaca baik2.

4. Siapa yang bisa dicontact untuk tanya2? Well, main contact tentunya adalah bagian “contact us” di website program tsb.

Coba temukan dulu jawaban dari berbagai pertanyaan Anda, dengan membaca website program secara teliti dan baik. Bila Anda benar2 serius menginginkan beasiswa ini, tentunya Anda tidak ingin kalau kualitas Anda tersirat dari pertanyaan yang “dangkal”.

Quote dari seseorang saat EHEF 2010: At first, we knew nothing about Erasmus Mundus. But we seek, we read, we asked the authorized persons, we struggled, and we fulfilled all the requirements. Though the road was rocky, but it prepared us to live the Erasmus Mundus life.

Sampai jumpa di EHEF.

 

Note: bagi yang tidak bisa/sempat datang ke EHEF, don’t worry. Semua informasi dan aplikasi Erasmus Mundus tersedia online dan tinggal lakukan langkah2 di atas.

6 thoughts on “EHEF Indonesia 2011

  1. salam

    saya galih, pelajar R-SMA-N 2 bogor yang insyaAllah akan lulus pada tahun 2012.
    yang ingin saya tanyakan, apakah pameran EHEF menungut biaya atau free?

    trimakasih

  2. dear EM…

    sy Akbar…

    hanya ingin mengatakan terima kasih atas semua informasi beasiswa S2 yg saya butuhkan yg tersedia di sini. dari sini sy akan menanganinya dan memastikan sy melakukannya dgn baik.🙂

    • greatt.. kemauan untuk mencoba, berusaha, dan berkomitmen adalah langkah awal yang sangat baik untuk meraih impian anda..
      semoga sukses.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s