European Higher Education Fair, 1-2 November 2008

Pada Sabtu, 1 November dan Minggu, 2 November 2008, Komisi Eropa mengadakan pameran pendidikan tinggi Eropa di Balai Kartini, Jakarta. Pameran ini diramaikan oleh 88 booth dari berbagai negara di Eropa. Pada kesempatan ini, EU booth mendapat suntikan sukarelawan/wati dari 15 anggota Erasmus Mundus Students & Alumni Association (disingkat EMA) dari beberapa negara di kawasan Asia Pasifik.

Floor plan of the fair
Floor plan of the fair
Activities at the booth
Activities at the booth

Selama dua hari pameran, booth EU tidak pernah sepi dari pengunjung.  Letaknya yang tepat setelah pintu masuk membuat banyak pengunjung menjadikan booth ini sebagai tujuan pertama mereka.

Anda mau tahu berapa jumlah pengunjung yang datang ke pameran ini? Jumlah pastinya masih dihitung oleh organizer, tetapi perkiraan sementara (quick count) adalah 15.000 orang.  Jumlah ini sangat fantastis dan jauh melebihi ekspektasi panitia, yaitu 4.000 pengunjung.

Crowds in EU booth
Crowds in EU booth

Angie adalah salah satu alumni Erasmus Mundus di program Quantitative Economics Method (QEM).

Crowds surrounding Angie
Crowds surrounding Angie

Pada tengah hari, ada juga sesi presentasi mengenai beasiswa Erasmus Mundus yang ditawarkan sejak tahun 2004 dari Uni Eropa. Beasiswa ini bersifat full scholarship yang mencakup seluruh keperluan mahasiswa/i, mulai dari keberangakatan sampai kepulangan setelah studi.

Keunggulan beasiswa ini dibandingkan dengan beasiswa lain adalah proses seleksi yang sederhana (tidak ada interview, presentasi, tes), tidak adanya persyaratan spesifik (pengalaman kerja, hanya bisa di-apply oleh akademisi), dan tidak adanya ikatan apapun setelah studi.

Crowds entering seminar room
Crowds entering seminar room

Selain menghadiri EHEF, anggota EMA juga berkesempatan untuk sedikit berkeliling di Jakarta. Mereka pergi ke daerah Kota Tua di Jakarta Utara.  Di sana mereka mengunjungi Museum Bank Mandiri, menonton film tua (hitam putih) dari tahun 1940-an, kemudian berkeliling seputar daerah Kota Tua dengan menggunakan sepeda onthel. Sepeda jenis ini masih banyak digunakan di Belanda sampai saat ini.

EMA social events at Kota Tua Batavia
EMA social events at Kota Tua Batavia

Di akhir acara kunjungan ini, anggota EMA mendapat suvenir berupa pakaian batik. Mereka sepakat untuk menggunakannya di hari kedua EHEF. Foto di bawah ini menggambarkan keberagaman dalam kesatuan yang akan anda alami pada beasiswa Erasmus Mundus. Anda akan bertemu dan belajar bersama dengan mahasiswa/i dari berbagai bagian dunia. Sebuah pengalaman yang sangat berharga bagi kehidupan Anda.

EMA members in Batik
EMA members in Batik

Ingin tahu lebih banyak tentang beasiswa Erasmus Mundus, bagaimana cara mendaftarnya, syarat apa saja yang diperlukan, dimana bisa mendapatkan keterangan lebih lanjut? Silahkan klik di sini.

8 thoughts on “European Higher Education Fair, 1-2 November 2008

    • tahun lalu kita ada EHEF di jakarta pada tanggal 10.10.10.

      untuk tahun ini, saya masih belum dapat kabar fix apakah akan diadakan lagi.
      denger2 sih kemungkinan ada.

      info2 terbaru akan selalu diupdate di blog ini.
      subscribe saja, sehingga begitu ada info terbaru, kamu akan dinotifikasi oleh wordpress.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s