Get ready for Erasmus Mundus 2011

Bila anda belum tahu apa itu beasiswa Erasmus Mundus, apa kriteria umumnya, seperti apa konsepnya, berapa besar grant yang diberikan, bagaimana cara apply-nya, silahkan baca dahulu sejenak artikel yang ada di halaman utama blog ini, yaitu di https://emundus.wordpress.com/.

Gentlemen, start your engine!! Bagi anda para penggemar game balapan mobil mungkin sering mendengar istilah ini diucapkan di saat-saat menjelang start. Topik di artikel ini adalah mengenai beasiswa Erasmus Mundus (EM) 2011 dimana beberapa program sudah membuka pendaftaran / meng-update website mereka untuk pendaftaran tahun akademik 2011/2012, di antaranya disebutkan di bawah ini.

Start your engine and be prepared for EM 2011 !!

  • EMFOL – Food of Life (website)
    For the academic year 2011/2012 the application deadlines are 1 December 2010 for Category A applicants
  • MESPOM – Master of Science in Environmental Sciences, Policy and Management (website)
    Application deadlines for the 2011-2013 study period are December 10, 2010 for the applicants seeking Erasmus Mundus scholarships type A
  • Erasmus Mundus Masters Course on Flood Risk Management (website)
    Deadline has not been set

Secara total, saat ini ada lebih dari 100 program/jurusan (disebut dengan Erasmus Mundus Masters Courses/EMMC) yang ditawarkan setiap tahunnya. Untuk daftar program-program lainnya, anda dapat me-refer ke link berikut ini >> daftar EMMC yang ditawarkan.

Untuk EM 2011, secara umum, pendaftaran akan dibuka sekitar bulan September/Oktober 2010 dan ditutup antara November 2010-Januari 2011. Pastikan anda membaca baik2 tenggat waktu untuk aplikasi EMMC yang anda minati.

Bagaimana bila program yang saya minati belum meng-update websitenya atau belum membuka pendaftaran?

Silahkan kunjungi website tersebut secara rutin, misal 1-2 minggu sekali untuk memastikan anda tidak “ketinggalan” berita.

Apa saja yang bisa saya persiapkan selama dalam masa penantian?

  1. Coba lihat syarat2 program tsb untuk pendaftaran tahun 2010, biasanya tidak jauh berbeda.
  2. Memperbaiki kemampuan bahasa Inggris (hampir semua program membutuhkan sertifikat TOEFL atau IELTS – internasional).
  3. Persiapkan terjemahan2 ijazah dan transkrip nilai ke Bahasa Inggris
  4. Mulai approach orang2 yang anda rasa tepat untuk memberikan surat rekomendasi bagi diri anda
  5. Mulai baca2 mengenai deskripsi program, dan hubungkan diri anda (baik latar belakang pendidikan, aktivitas, pengalaman, dll) dengan apa yang ditawarkan program tsb, sehingga ketika anda akan membuat motivation letter, anda punya banyak bahan untuk “dijual”
  6. Kenali diri anda, coba ingat2 prestasi apa yang anda punya, penghargaan apa yang pernah didapat, breakthrough apa yang pernah anda lakukan, dll

Bagaimana bila saya “baru” akan lulus?

Anda bisa mendaftar, selama anda akan lulus sebelum periode perkuliahan dimulai. Untuk tahun 2010 ini, ada 1 orang awardee (sudah diterima di main list) yang bahkan baru akan sidang bulan Agustus 2010.

Bagaimana bila saya belum akan lulus dalam waktu dekat?

Anda bisa mempersiapkan diri dengan baik dari sekarang, perbaiki IPK, perbaiki/perbanyak keahlian di bidang anda, perbanyak prestasi anda, sehingga ketika saatnya untuk mendaftar, anda punya senjata yang komplit untuk memastikan anda menjadi salah satu EM awardee yang akan belajar dan menikmati masa-masa indah di Eropa.

PENGUMUMAN:

Bila anda ingin tim Erasmus Mundus datang ke universitas/event anda untuk memberi informasi mengenai beasiswa Erasmus Mundus dan peluang apa saja yang ditawarkan, silahkan hubungi kami di indoem.contact (at) gmail.com. Tidak ada biaya apapun yang akan kami kenakan pada anda. Mohon pemberitahuannya diberitahukan sesegera mungkin (minimal 1 bulan di muka untuk acara di luar Pulau Jawa).

EUROPEAN HIGHER EDUCATION FAIR (JAKARTA, OKTOBER 2010):

Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia akan mengadakan The 2nd European Higher Education Fair di Jakarta pada 9-10 Oktober 2010. Pada event ini, anda dapat mengunjungi booth Uni Eropa dan bertemu dengan para student/alumni EM juga mendapatkan berbagai informasi, tips, dan suvenir menarik selama pameran. Info lebih lengkap akan diberikan di blog ini dalam waktu mendatang, atau anda juga bisa melihat di http://www.ehefjakarta.org/

ARTIKEL TERKAIT:

119 thoughts on “Get ready for Erasmus Mundus 2011

  1. Thanks for creating this🙂

    I’m sure this is going to come handy for us who prepare for EM 2011😉

    Regards,
    Robin

  2. Hello teman, sy dapat info dari milis beasiswa yahoo, European Master in Sustainable Regional Health System udah mulai buka ya? Sy pengen banget dpt beasiswa di area public health
    apakah sudah ada yang pernah dapat beasiswa ini?
    terima kasih jika ada info2 yg bermanfaat

    Regards,
    Fieny

  3. Halo Mba Rita🙂
    wah saya baru ngeh ada yg follow up prtnyaan saya, hehe, ga ada notifikasi ke email soalnya…
    hmm, bolehkah saya minta email mba rita? ato messenger gitu?
    kalau boleh ngobrol2😀
    makasih banyak ya🙂

  4. Allo, mau nanya dong tentang program doktor EM, katanya tahun 2011 bakalan dibuka ya? Jurusan apa saja yg masuk utk tgkt doktor? Trims yaa…..

  5. Dear Moderator atau teman – teman yang apply EMTM periode lalu,

    Persyaratan course EMMC disebutkan

    # A certified copy of the university degree diploma/s (with English translation if necessary)
    # A transcript of course grades (with English translation if necessary)
    http://www.emtmmaster.net/

    Aku mau pastikan saja. Untuk yang 1 itu maksudnya Sertifikat sarjana dan yang 2 adalah transkip nilai kita bukan ya?

    Terima kasih

  6. Dear emundus,

    Saat saya mendownload form erasmus mundus scholarship application untuk program MESPOM di http://mespom.eu/erasmus-mundus-scholars, disana tertera untuk 2010/2011 dengan deadlines tanggal 1 april 2010, apakah application form untuk erasmus mundus periode 2011/2013 belum di update atau saya mendownload dari link yg salah ya?

    terimaksih sebelumnya atas penjelasannya

    Regards,
    casa

  7. Dear Emundus,

    My Estimated time of graduation is in January 2011. Is there any scholarship for Masters in Law and Economics for class of 2011 ?

    Thank you.

  8. hai emundus.
    saya tertarik untuk program ECOHYDROLOGY & EMBC. tapi informasi untuk penerimaan tahun akademik 2011-2013 belum ada. websitenya juga belum diperbaharui, tapi aku sudah mulai prepare aja dari sekarang.
    kalau boleh, ada tidak aplican dari Indonesia yang masuk ke-dua prog tsb. saya ingin menanyakan beberapa hal tentang ECOHYDROLOGY & EMBC. thanx emundus.

  9. Dear emundus,..
    mau nanya lagi nih….,
    Ini pertanyaan dosen saya sebenarnya. Untuk letter of recomendation, apakah perlu memakai no surat? mohon penjelasannya…. trims ^_^

  10. Dear Emundus,

    Mau tny kl utk yg sdh berkeluarga bagaimana apa memungkinkan mendptkan beasiswa ini ? saya akan apply
    The European Master in Clinical Linguistics (EMCL)apakah sblmnya ada yg pernah di program ini?

    Tks in advance

      • Mbak Widuri, saya alumni EMCL. Sejauh ini baru ada satu alumni EMCL dari Indonesia, yaitu saya sendiri. Untuk masalah membawa keluarga, saya rasa tidak ada larangan dari konsorsium. Yang perlu diperhatikan menurut saya adalah aturan imigrasi dan kemampuan untuk hidup di Eropa. Di Joensuu (FI), dan Groningen (NL) biaya hidupnya secara umum lebih tinggi daripada di Potsdam (DE). Jadi, terpulang kepada keluarga mbak Widuri, dengan beasiswa sejumlah sekian, apakah kira-kira bisa betah di Eropa.

        Jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai EMCL dan konsorsium, silakan hubungi saya ke wintha_salyo@yahoo.com. Saya senang sekali jika ada rekan dari Indonesia yang mau melamar karena kondisinya sedang bagus di EMCL. sedikit bocoran, saya sedang S3 di groningen dan promotor saya adalah salah satu orang yang berpengaruh di EMCL. Beliau ini sedang sangat tertarik meneliti Bahasa Indonesia dan penuturnya. Mudah-mudahan ini kondisi yang bagus untuk pelamar dari Indonesia.

  11. hai emundus.
    saya sama dengan Casa. juga tertarik dengan program MESPOM. yang saya bingung adalah, apa yang membedakan antara kategori student dan scholar?
    trus, jika saya telah membuat online aplikasi untuk salah satu program, dan ingin membatalkannya. bagaimana caranya? saya ingin membatalkan online aplikasi saya untuk COMEM.

    thanks
    n regards
    regina

  12. Dear Emundus,

    Mau nanya nih..

    Aku berniat apply buat MEITEI atau EMGS, dan aku punya beberapa pertanyaan nih, please kindly help to explain ya..

    >MEITEI
    Website-nya kan belum di update tu, tapi aku dah nyoba buat isi pre-application form di http://www.ua.ac.be/main.aspx?c=.EITEI&n=63301

    nah, yang aku tanyain, di situ ada satu kolom isinya gini:

    University education :
    Economics, Applied Economics or Business Administration Degree

    jadi, apakah yang apply harus dari background ekonomi? sementara aku dari H.I, dan skripsi ku dulu pun jauh dari bahas soal ekonomi internasional..

    >TOEFL
    Kalo make Toefl PBT masih diperbolehkankah? soalnya kalo yang iBT masi butuh nabung lebi lama lagi buat ikutan tesnya..^^

    Mohon pencerahannya ya..

    Dan kalaupun ada alumni EMGS atau MEITEI, kalau boleh share e-mail ya, mungkin nanti mau nanya2 lagi..🙂

    thankss..

    fayzahiqmah@gmail.com

    • background: well, kalau memang hanya bisa pilih dari 3 pilihan tsb, harus dicocok2in ke yang paling dekat😉

      TOEFL: PBT dan IBT kan dua2nya international TOEFL

    • Tambahan:

      IBT lebih mahal dari PBT? Saya rasa ini kesalahpahaman orang Indonesia. Setahu saya kalo yang sama-sama internasional, harganya sama (kurang inget persisnya, $165 sepertinya)

      Perlu diperhatikan bahwa PBT tidak sama dengan ITP, TOEFL yang diselenggarakan per bulan oleh banyak lembaga kursus itu umumnya ITP, bukan PBT. PBT hanya diselenggarakan oleh ETS.

  13. Salam, emundus
    Saya punya 2 pertanyaan:
    1. Saya tertarik untuk apply emundus 2011-2013 untuk program Global Studies. Apa sudah ada alumni dari indo yg ambil program tsb sebelumnya? Saya ingin tanya2 tentang program tersebut. Kalau ada mohon diberi emailnya ya..
    2. Saya sudah baca info di website program tsb, disitu disebutkan bahwa deadline application tiap tahunnya tanggal 1 Desember. Apa itu berarti tahun ini juga sama atau harus nunggu info yg lebih update?

    Trims🙂

    • 1. mungkin ada, mungkin tidak.. email tidak akan pernah bisa saya berikan karena menyangkut privasi seseorang.. kecuali memang orang tsb yang publish alamat emailnya sendiri..

      kalau memang sudah ada student/alumni EMGS, biar dia reply di sini (kalau dia mau)

      2. kayaknya bahasanya uda jelas banget yah.. yakin aja lah sama apa yang tertera di website. yang perlu dipastikan form2 nya dan persyaratannya sudah diupdate untuk yang tahun 2011 ini.

  14. Salam , emundus
    mau tanya nih , saya kira2 akan lulus s1 juli 2011 rencana saya akan melanjutkan s2 design , apakah ada alumni EM yang pernah kuliah s2 di jurusan design atau design interior?
    kalau ada bagaimana cara saya mendapatkannya?trims =)

  15. Dear emundus,

    saya berminat daftar MEDEG,ada beberapa hal yg mau sy tanyakan:
    1. saya punya nilai ITP 597, n IELTS 6.0; sy mau pake nilai IELTS tp kok ga pede ya..cm segitu skornya, d samping itu jg tidak disebutkan brp minimum nilai IELTS yg diminta. Kalo sy kirim dua-duanya gmn?

    2.surat rekomendasi kan diminta 2, rencananya sy mau minta 1 dr dosen pembimbing, 1 lg dr atasan. Nah, mereka semua gelarnya cm master (ga doktor ato Phd), kira-kira masalah ga?

    3.sy punya 2 ijasah, D-IV statistik n S1 manajemen. Maunya sih pake ijasah S1, tp universitasnya ga terkenal, jd ragu..coz mereka mensyaratkan ini:

    “quality of the home university (assessed on the base of national, international and/or internal rankings in the area of Economics; if no ranking is available, the selection committee will research the applicant’s origin department and devise its own ranking) – 15%.”

    Bobot penilaian untuk ini jg lumyn tinggi, 15%. Saran dr Emundus gmn?

    Maaf ya kalo ptnynnya banyak bgt, n trims sebelumnya.

    • 1. silahkan saja kirim dua2nya selama masih valid..

      2. kalau memang kedua orang itu adalah alternatif yang terbaik dari alternatif2 lainnya, why not..

      3. untuk EM, kan wajib sudah lulus S1, dan hal ini dibuktikan dari ijazah S1..

    • hmm ya mgkn uda ga ditawarkan lagi di 2011..
      kalo lihat di website tsb memang sudah diupdate untuk program2 baru 2011..

      coba tanya ke konsorsiumnya😉
      kalo untuk EMJD QEM sih juga sudah tidak ada..

  16. dear Emundus,

    saya tertarik banget untuk mengambil EMLE lewat Erasmus Mundus programme.
    apakah ada alumni EM yang sebelumnya sudah dapat ?

    sharing info ama experience-nya dong🙂

    thank you much yah =)

  17. Hi,…

    Setelah QEM tereliminasi akhirnya hati sy berlabuh pada program Mathmods…🙂

    Kalu ada awardee prog mathmods say ingin sharing dong…hehe

    Tq, jaz

  18. dear emundus….

    saya berencana mau daftar emfoodlife,,ad alumni atau mahasiswa yang bisa diajak diskusi?

    oya,pengiriman berkas dari indo ke Denmark itu butuh berapa lama ya?tercepat pake agen ap ya?post office ato TIKI atau yg lain??

    makasih

    • lama pengiriman dan biaya bisa tanya langsung ke agen saja..
      kan banyak DHL, Fedex, dll..
      no telp bisa dicari dari 108 (kalo posisi kamu di Jakarta)

  19. Dear All,

    Saya ingin bertanya mengenai salah satu link di website Masters of Science in Geospatial Technologies.

    Apakah ada yg bisa bantu menjelaskan mengenai hal di bawah ini (mengenai Enrollment Requirements Universitat Jaume I (UJI), Castellón)

    http://geotech.uni-muenster.de/index.php?option=com_content&view=article&id=32&Itemid=33

    ” University degree or the equivalent academic degree and the transcripts or the academic certificates with the courses studied and the grades issued outside Spain have to be legalized according to Spanish law.

    Students with a non-recognized foreign degree must provide a certificate acknowledging that their degree has an academic level equivalent to Spanish degrees and entitles them to pursue master’s degree studies.

    Legalization, attestation or authentication of documents is the procedure that gives official and legal validity to documents issued outside Spain.

    The deadline for students who are admitted to the Master’s of Science in Geospatial Technologies to submit their legalized documents for enrollment in the Master’s Program is according to the enrollment calendar each year at the Universitat Jaume I and is usually before September 1st.”

    Klo diartikan secara general adalah dokumen-dokumen persyaratan (ijazah, transkrip, dll) yg diterbitkan di luar Spanyol harus dilegalisasi, yaitu oleh:

    “4. All Other Countries

    All foreign documents, whether they provide evidence of studies followed, birth, nationality or any other circumstance, must be official and must be submitted after having been legalized through diplomatic channels.

    This legalization requires:
    The acknowledgement, by Ministry of Education authorities in the country of origin, of the signatures appearing in the original document, when they provide evidence of studies followed.
    Authentication by the Ministry of Foreign Affairs in the country of origin of the acknowledgement granted in the above cases.
    The acknowledgement of the above-mentioned signature of legalization by the Spanish Consulate in the country of origin.
    The acknowledgement of the signature of the Consulate official or civil servant by the Spanish Ministry of Foreign Affairs.”

    *glekkk*

    Kok banyak banget yah? Ada yg tau mengenai hal ini?
    Oia, hal lain yg saya perhatikan adalah kata “Enrollment”. Apakah ini khusus untuk yg sudah diterima oleh programnya? Atau untuk semua yg baru akan apply?

    Krn di link ini : http://geotech.uni-muenster.de/index.php?option=com_content&view=article&id=23&Itemid=24
    ada disebutkan juga mengenai:

    “Bachelor diploma including a grade transcript of records, certified (translated to English, Spanish, Portuguese, or French) copy (additonally Masters or other diplomas, if applicable)”.

    Itu berarti kan tidak perlu melakukan hal pertama yg saya kutip di atas.

    Apakah ada yg punya pengalaman/pengetahuan mengenai hal di atas?

    Maaf klo saya salah mengartikan apa yg saya baca.

    Terima kasih untuk responnya.

    Regards,
    Robin

    • thanks untuk link2nya, sangat membantu untuk menelusuri pertanyaannya..

      ok, pada intinya pertanyaannya adalah legalisasi model apa yang dibutuhkan untuk daftar MScGT kan? menurut saya, karena konsorsiumnya adalah Uni Muenster, maka pedomannya adalah di sini (students, point 5):
      http://geotech.uni-muenster.de/index.php?option=com_content&view=article&id=23&Itemid=24

      untuk UJI, sepertinya baru dipenuhi, ketika sudah diterima MScGT, dan dalam mobilitasnya akan mengujungi/ter-enrol di UJI.. dr cerita bbrp teman, memang legalisasi spanyol agak ribet.. but sometimes there is price that have to be paid to get big fish😉 otherwise someone else may pay and get the fish..

      untuk pastinya, silahkan di-confirm balik ke konsorsium.

      • Yep, orang bilang no pain no gain😀

        Tp, boleh tanya satu lagi ga (just to make sure).

        Sy baca di link ini : http://geotech.uni-muenster.de/index.php?option=com_content&view=article&id=21&Itemid=22
        klo kita secara paralel (dengan apply online) mengirim dokumen2 kita ke univ yg kita ingin enroll (antara UJI atau ISEGI).
        Pada dasarnya sy prefer ISEGI daripada UJI, yg berarti nantinya sy akan kirim ke dokumen ke ISEGI, bukan ke UJI.

        Dan dengan begitu, berarti sy tidak perlu melakukan semua yg dibutuhkan oleh univ di Spain (UJI) krn dokumen2 yg sy kirimkan bukan ke Spain (UJI) >> nantinya sy tidak akan enroll di UJI, tp di ISEGI

        Kira2 menurut pendapat Emundus gmn?

        Thanks ya buat responnya🙂

        Regards,
        Robin

      • yap, untuk pendaftaran, ok lah bisa menghindari UJI..

        namun saya baca di sini:
        http://geotech.uni-muenster.de/index.php?option=com_content&view=article&id=6&Itemid=7

        In case of not attending a semester at each partner university, the thesis will be supervized or co-supervized by the university not attended so far.

        kata2nya emang agak membingungkan, tetapi apakah berarti thesis akan di co-supervise oleh UJI (kalau semester 1 di ISEGI dan semester 2 di WWU)? yang berarti harus ter-enrol di situ? (jadi in the end, harus mematuhi dokumen2 yang disyaratkan UJI)..

      • hi robin,

        maaf telat banget, saya baru baca postingan km ini (ga begitu rutin kunjungi emundus.wordpress). kalo tidak saya bisa bantu dan kasi saran krn saya di program ini. tapi tidak apa, barangkali bisa jd arsip dan bermanfaat buat yg berikutnya.

        – Semester pertama, mahasiswa memilih di UJI Spain atau ISEGI Portugal. Syarat itu di spanyol emang ribet, dan itu mesti dipenuhi🙂. dan syarat itu hanya bagi yg milih semester pertama di UJI, Spanyol.Kalo memilih ISEGI, tidak terlalu segitunya.
        – Mangikuti contoh emundus. Jika sem 1 di ISEGI Portugal, sem 2 di WWU Jerman, dan semester 3 di ISEGI atau WWU, student mesti punya pembimbing tesis dr UJI. Tapi, tidak harus melengkapi syarat tsb. Secara administrasi, host country adalah negara dimana kita menempuh semester 1, dalam kasus itu Portugal, dan karena itu semua administrasi mengikuti yg diminta Portugal.

      • Thanks buat infonya Handi. No problem telat, krn infonya melegakan banget🙂 Dan ini pasti bisa jadi info yg berguna buat yg lain.

        Saya uda melengkapi semua dokumen yg dibutuhkan s/d Januari 2011 kemarin. Untuk pilihan universitas, saya pilih yg ISEGI Portugal krn saya merasa lebih ngena ke struktur program yg di ISEGI ketimbang di UJI.

        Oia, dokumen2 saya jg sudah dinyatakan lengkap oleh mereka per Januari 2011.
        Skrg tinggal menunggu hasilnya aja🙂 phew..

        Btw, Handi masuk angkatan tahun brp di program MScGT ini? Dan universitas yg dipilih apa?
        Klo ga keberatan cerita2, email sy: lie_robin@yahoo.com

        Thanks very much..

        Regards,
        Robin

  20. hai emundus.
    beberapa waktu yang lalu, aku mencoba mengirimkan e-mail ke koordinator program ECOHYD. dan kemarin emailku dibalas. isinya:

    Thanks for your interesting ecohyd master. The website of ecohyd has updated with all information and deadlines for the new edition 2011/2012.

    http://www.ecohyd.org/

    We are looking forward to receive your application. Please do not forgot to send the certificates, diplomas and grade certificates, which must have translation into Portuguese or English or French or Spanish and also recognized by the Embassy of Portugal and/or Hague convention http://www.hcch.net/index_en.php?act=conventions.text&cid=41.

    It will be also needed copies of language tests scores and language certificates (eg. TOEFL or IELTS score)

    Best regards

    Alexandra Chicharo

    Coordination team of the ecohyd master

    yang mau aku tanyakan, untuk link yang ke-2 tentang legalisir dokumen ijazah & transkrip, sesuai pesannya, yang dapat aku tangkap adalah legalisir dokumenku harus dilakukan pada tempat yang diakui sesuai dengan isi link tersebut. masalahnya, setelah aku cek untuk lokasi Indonesia tidak ada. atau menurut emundus bagaimana, apakah saya salah mengartikan? dan langkah apa yang seharusnya saya lakukan?

    terima kasih

  21. dear Emundus,
    saya baca di koran waktu itu ada beberapa WNI yang studi atas beasiswa dari Erasmus mundus. Yang ingin saya tanyakan adalah apakah semua biaya (baik perkuliahan maupun kehidupan) ditanggung oleh pihak erasmus mundus? atau kita masih perlu membayar? Saya tertarik akan porgram beasiswa MESPOM,namun masih bingung atas kepastian biayanya. terima kasih sebelumnya..

  22. dear emuundus

    apakah untuk mengirimkan dokumen ijazah dan transkrip ke konsorsium, dapat saya kirimkan yang kopiannya yang sudah dilegalisir?

    terima kasih

  23. dear emundus,
    Ada yang sdh dapat program EMSE nggak ya? soalnya saya tertarik dengan EMSE. APa harus lulusan computer science? klo electrical engineering boleh nggak? Tks atas infonya sebelumnya.

    Salam

    • Mundus, boleh gak minta statistik anak2 Indonesia yang berhasil masuk untuk EMSE selama ini?

      (dan kalau boleh profil mereka -> dengan data2 sensitif di hidden saja) ?

  24. Dear EMundus,
    Saya msh bingung mslh pemilihan programnya,dsni ada forum untuk konsultasi masalah pemilihan programnya gak? soalny sya sdh cek website2 program2 yg sya minati, tp jarang dcantumkan background2 apa yg harus dmiliki.
    Saya lulusan S1 statistik, mohon pencerahan dan bantuannya.
    Terima Kasih.

  25. dear emundus,
    kira2 kisaran toefl yang diterima di EM berapa yah?
    butuh infonya untuk memperbesar keyakinan dan ke-PD-an nih. bener2 khawatir n stress duluan, takut toefl-scorenya nggak memenuhi syarat minimum.
    oia, kalau ada artikel or bahan bacaan yang “heroik” dalam mengejar beasiswa, please let me know.
    really need ur help to relieve my worries..
    thanks in a bunch, emundus.. =)

    • ga ada patokannya itu, makin tinggi ya makin bagus..
      kalo syarat minimum ya harus liat di website programnya..
      bacaan heroik rasanya banyak di testimonial milis beasiswa..

      • baiklah. sayangnya di website programnya jg nggak ada info tentang itu. boleh tau score minimum di program EM yang lain?

  26. dear emundus,

    saya mau tanya apakah disini ada yang berpengalaman mendaftar ke EMTM?

    sebelum mengirimkan berkas2 via pos, kan kita diwajibkan utk preregistrasi via website (online). kalau boleh tahu, kira-kira makan waktu berapa lama sejak submit aplikasi online, sampai dapat positive notification utk kirim hard copy dokumen via pos?

    seminggu yg lalu saya sdh aplikasi online, tp krn masalah koneksi, registrasinya putus di tengah, lalu saya registrasi ulang. tapi smp skrg blm ada kabar ttg registrasi online saya tsb. apakah biasanya memang makan waktu lbh dr satu minggu, atau ada kemungkinan registrasi saya bermasalah krn terputus di tengah sebelum selesai? apakah sopan jika saya menanyakan perihal ini ke staff admin di EMTM?

    tks in advance for your info.

    • sangat sopan kok untuk bertanya.. silahkan saja ditanyakan..

      EMTM sepertinya program baru sejak 2010, dan tahun lalu sepertinya ga ada awardee EMTM dari Indonesia..

      • Hi Mandaaja!

        Minggu lalu akhirnya saya e-mail ke staff EMTM di Girona. Dan mrk reply utk konfirmasi penerimaan online apprlication saya, tp kemudian ditambahkan “you have to wait for the validation notification which should be coming to your registered email within the next few days”, sudah lewat seminggu tp blm ada email apapun. How’s yours?

      • halo ist dan manda,

        sepertinya isunya cukup serius dan respon dr EMTM tidak memuaskan ya..
        bisa tolong kirim email formal mengenai masalah ini ke emundus.wordpress at gmail.com
        nanti saya akan coba tindak lanjuti ke pihak European Commission.

      • Dear Emundus!

        Thank you for your prompt reply!
        Saya sudah fwd email dr EMTM staff dan penjelasan singkat ttg status permasalahan saat ini. Waiting to hear from you!

        Regards,
        Ist

      • okehhh.. sudah dapat respon:
        menurut http://www.udg.edu/emtmmaster/ApplicationProcedure/ApplicationProcedureStepbyStep/tabid/14232/language/en-US/Default.aspx

        sepertinya mereka akan evaluasi dulu online application-nya, baru setelah itu mengirimkan validation notification ke applicant untuk kirim hard copy.

        nah kapan evaluasinya? kemungkinan besar adalah setelah 5 desember, setelah periode online applicationnya ditutup. jadi mungkin kalau masih mau tanya lagi (untuk memastikan) adalah kapan aplikasi online akan dievaluasi? dan kapan deadline terakhir untuk menerima validasi tsb? (apakah bila tidak lolos, juga dikirimi email)

      • Dear Emundus,

        Thank you very much for your help.
        Berarti kami memang harus tunggu validasi dr EMTM ya.

        Thank you!

        Regards,
        Ist

      • Salam,

        Tahun lalu memang ada beberapa pelamar EMTM dari Indonesia. Salah satunya adalah aku. Sayang sekali, tidak ada satu pun dari kami yang dapat beasiswa EMTM waktu itu. Korespondensi terakhir dengan admin EMTM di Girona, mereka mengabari kalo aku berada di urutan 78 dari ratusan pelamar. Benar2 pupus harapan untuk lanjut studi ke Eropa waktu itu.

        Setelah agak lama absen dari situs emundus, aku baru tahu kalo ada pelamar dari Indonesia untuk program EMTM. Buat Ist dan Mandaaja, bagaimana perkembangan aplikasi kalian? Moga aja tahun ini ada pelamar dari Indonesia yang berhasil dapat beasiswa EMTM.

        Buat yang belum berhasil dapat beasiswa Erasmus. Aku pun sempat kecewa, meskipun tidak berkepanjangan (my life must go on). Perjalanan hidupku ke Eropa (tepatnya UK) ternyata justru diawali dengan pengalaman yang unik. Kisahnya bisa dibaca di http://www.saptosiswoyo.com. Semoga kisah perjalananku bisa menginspirasi teman2 pelamar beasiswa Erasmus untuk tetap semangat meskipun nanti aplikasinya belum berhasil.

        Selamat berjuang!

    • Dear Pak Sis,

      ya, saya sempat baca korespondensi Pak Sis dan bbrp org applicatn EMTM 2010 di blog ini juga. Sayang sekali ya blm ada org Indonesia yg bisa lulus EMTM. Sepengetahuan saya, dr blog ini setidaknya ada 3-4org applicant EMTM 2011 dr indonesia. Semoga kali ini ada yg lulus.

      Wah, skrg Pak Sis malah di UK ya? Great!
      Tks for blognya, nanti saya mampir2..

      Cheers!

  27. hi again emundus!
    kali ini tentang masalah pengiriman hasil TOEFL. 4 ur info, karena sesuatu dan lain hal, hasil TOEFL saya dikirim ke indonesia dl. pertanyaannya:
    1. kirim hasil tes dari indonesia ke itali kira2 berapa lama ya? lebih murah lewat ETS lgsg atau lewat DHL?
    2. kalau minta pengunduran waktu deadline karena pengirimannya (meskipun kita sudah kirim hasil tesnya via online), akan menurunkan “kredit” kita di mata mereka nggak sih?

    • 1. kalau ETS, sepertinya ada bbrp copy yang free bisa dikirim lsg ke univ tujuan.. kalau DHL, silahkan google nomor telpnya dan tanya lsg ke mereka..
      2. seharusnya tidak, asalkan memang reasonable alasannya..

  28. mohon pencerahannya.
    hasil translet ijazah dan transkrip saya hanya 1 yang asli yang ada cap penerjemah tersumpahnya.
    boleh tidak, yang asli itu saya kopi lalu dilegalisir lagi di universitas?
    menurut emundus bagaimana?

    • cara yang paling ideal, dikopi, lalu dilegalisir oleh notaris sebagai “certified true copy”..

      kalau terjemahannya dilegalisir oleh univ, ada kemgknan bisa juga sih, cuma aneh saja karena penerjemahnya bukan universitasnya..

      kalau mungkin, lebih baik dibikin terjemahan yang tanpa cap penerjemah tersumpah, lalu universitas legalisir (seakan2 universitas yang menerbitkan terjemahan tsb)..

  29. Emundus dan kawan-kawan,

    Hai, terima kasih untuk blog yang sangat membantu ini. Saya berencana mendaftar Mundus MAPP (Public Policy) dan ingin sekali bisa kontak alumni-alumninya, sekadar ingin tahu pengalaman mereka. Penasaran juga berapa banyak orang Indonesia yang sukses mendapatkannya😀

    Kalau para alumni ada di sini dan mau berkorespondensi, kabari ya. Terima kasih🙂

  30. Dear Emundus dan rekan-rekan applicant,

    Dari program yg saya apply (http://geotech.uni-muenster.de/) ternyata saya dinotifikasi bahwa aplikasi saya masih perlu melengkapi adalah legalized copy of passport.

    Apakah ada yg punya informasi mengenai:
    – institusi yg dapat melegalisir fotokopi paspor?
    – waktu yg dibutuhkan untuk mendapatkan hasil legalisirnya?
    – biaya (yg mungkin muncul saat meminta legalisasi tsb)?
    – apakah perlu membawa paspor aslinya atau fotokopinya saja sudah cukup?
    – apakah memungkinkan apabila yg datang melegalisir bukan pemegang paspor? (saya berdomisili di Palembang tp paspor sy dibuat di Jakarta, dan apabila harus dilegalisir di Jakarta, ada kemungkinan sy akan kesulitan untuk datang sendiri utk melegalisir)

    Saya sudah coba telfon ke Kedutaan Portugal di Jakarta (namun proses untuk legalisir di Kedutaan sangat panjang), Kantor Imigrasi Palembang; sekarang sy berdomisili di Palembang (yg ternyata nomor telfonnya salah dicantumkan di website imigrasi.co.id) dan Kantor Imigrasi Jakarta (yg ternyata susah sekali tersambung).

    Menurut link ini : http://geotech.uni-muenster.de/how-to-apply/application-submissions dan kalimat ini “Institutions and persons allowed to certify copies in that particular country.”, sy pikir Departemen Imigrasi adalah yg paling tepat. Namun sy belum bisa mengkonfirmasi hal tsb sampai sekarang.

    Maaf apabila pertanyaan-pertanyaan sy di atas sudah pernah ada yg menanyakan. Namun apabila ada yg bs memberikan informasi mengenai pertanyaan2 tsb, it will be a great help!

    Thank you so much!

    Regards,

    Robin

    • sekadar mau nambahin sedikit,,
      saya apply EMTM dan ada requirement yg sama (all copies of original documents need to be officially certified) dan saya mengikuti info dr Emundus, utk legalisasi di Notaris (passport, IELTS score sheet dan sertifikat bahasa dr luar negri) per lembarnya 50rb dan bisa diwakilkan, asal bawa dokumen aslinya, bisa ditunggu (langsung jadi saat itu juga) dan diterima oleh EMTM.

      Good luck!

      • Thanks so much! Udah dilegalisir di notaris dan biaya serta waktunya sesuai dengan info dari Anda semua!

  31. Dear emundus..

    saya sudah mendaftarkan untuk program yang deadlinenya per 31 januari kemarin. saya ambil jurusan semuanya di University of Twente. yang mau saya tanyakan,
    1. saya diminta register langsg di website Univ. of twente, mereka meminta proof of english ability,, jika score toefl saya hanya 527 apakah menjadi penghambat?

    2. lalu saya kemarin mendaftar via emasiaregional.com namun dsana tidak dijelaskan process seleksinya, maksudnya kapan pengumumannya dan lain sebagainya,, yang dijelaskan hanya persen penilaiannya, bisakanh emundus membantu saya?

    3. lalu setelah saya register di website univ tersebut,, apakah nantinya data tidak akan ganda karna semua data yang diminta sama dengn yang telah dikirimkan via emasiaregional.com.

    terima kasih atas jawabannya.

  32. Dear EMundus

    Saya apply untuk program STeDe (sustainable territorial Developement)

    Berdasarkan email yg saya terima, saya masuk ke dalam shortlist yg akan ditelf melalui skype pada tgl 15 Feb. berikut emailnya:

    Dear applicants,
    in order to better coordinate skype interviews, please find below the
    time table referring to your goegraphic and time zone.

    In the schedule you will find your application number and the time you
    are expected to be on line.

    In any case, on the upper side of the time table you will also find
    the starting and ending total time evaluators will be on line.

    WEDNESDAY FEBRUARY 16 OPEN SESSIO FROM 09.00-14.00 CET

    best regarrds,

    PLEASE NOTE: ALL Central Europe Time (CET)

    ASIA GROUP TUESDAY FEB 15th TOTAL TIME 10.00/16.00 CET

    App.# Country Time Table (CET)

    #2475 Uzbekistan 10.00-12.00
    #2434 Russia 14.00-16.00
    #2393 Lithuania 14.00-16.00
    #2320 Turkey 14.00-16.00
    #2298 Tagikistan 12.00-14.00
    #2303 Russia 14.00-16.00
    #2496 Indonesia 10.00-12.00
    #2339 Pakistan 12.00-14.00
    #2389 China 10.00-12.00
    #2430 Bangladesh 12.00-14.00
    #2317 Indonesia 10.00-12.00
    #2319 Kazakhistan 12.00-14.00
    #2562 Turkey 14.00-16.00

    Nomor saya #2596.

    Pada hari yg ditentukan dengan jam yg ditentukan saya online skype. tetapi tidak kunjung dihubungi. lalu berdasarkan email berikutnya, sy coba follow up. berikut emailnya:

    Dear applicants,

    here below you will find a skype contact to be used ONLY in case you
    missed the appointment with evaluating commission OR to comunicate any
    SERIOUS problem that may affect your candidacy.

    PLEASE NOTE: THIS IS NOT THE SKYPE ADDRESS THAT WILL BE USED FOR INTERVIEWS.

    skype name: stede.master.selection

    saya sempat berkomunikasi melalui address tersebut. disana pihak Stede bilang bhwa coba tunggu sampai pukul 16.00CET, tapi saya telah menunggu sampai 20.00CET, tidak ada contact juga. sempat dia juga menginformasikan, kalau memang tidak dihubungi pada tgl 15feb itu, saya harus drop message di skype address tersebut, nanti akan diberitahukan schedule barunya. hal itu karena, mereka jg mengalami technical problem selama proses interview pd hari itu.

    Mohon penjelasn bantuannya untuk hal ini.
    Terima kasih banyak

    • well, saya pribadi tidak ada pengalaman interview melalui skype..
      mungkin nanti yang lain bisa menambahkan..

      saya coba tanyakan di komunitas student/alumni, mungkin ada yang mau share pengalamannya..

    • Dear Ardhilla,

      Salam kenal…. nama saya Kezia. Kemarin tanggal 16, saya juga mengikuti wawancara skype dengan konsorsium reCity. Di sini saya cuma share pengalaman aja ya…

      Dari pengalaman saya, interview juga tidak terlalu lancar, disebabkan error jaringan. Saya sampai dikontak 3x, karena terputus terus. Tidak semuanya karena jaringan internet Indonesia sih, soalnya waktu panggilan yang kedua, mereka yang minta maaf karena ada error di jaringan mereka. Hingga akhirnya, pada panggilan yang ketiga, wawancara yang seharusnya 10 menit cuma bisa dilakukan 5 menit an. Padahal malam sebelumnya, saya sudah percobaan dengan konsorsiumnya contact via Skype. Namun di hari H, masih error juga.

      Dan ternyata saya tidak sendirian. Ada teman juga dari Indonesia yang saya hubungi via email tentang pengalaman interview mereka. yang satu, lancar, karena jaringan bagus. Namun ada teman juga, yang mengalami seperti saya. Jaringan putus sambung. Sehingga pertanyaannya pun ga banyak. to the point gitu…

      Saya tetap OL setelah interview (kebetulan dapat giliran no 2 dari seluruh peserta), bbrp jam kemudian, status di Skype nya konsorsium menyatakan bahwa interview ditunda hingga sore. Namun, pelamar yang belum dihubungi diminta dengan hormat untuk tetap menunggu panggilan interview dari pihak konsorsium.

      Saya menunggu juga hingga jam 8 malam. Karena saya merasa interview saya masih “menggantung” dari seharusnya 10 menit menjadi hanya 5 menit, maka saya memberanikan diri mengirimkan pesan ke pihak konsorsium. Saya menyatakan bahwa saya asumsikan interview saya sudah cukup. Namun saya tetap siap dihubungi kembali bilamana pihak konsorsium menghendaki. Termasuk juga, bila konsorsium meminta tambahan dokumen lain sebagai penjelas / bukti dari apa yang dibicarakan selama interview.

      Untuk sekarang sih… saya serahkan pada kebijakan pihak konsorsiumnya (dan pada TUHAN YME, tentunya… :P). kalau memang rezeki juga ga kemana, tapi kalau skor interview di beri nol, ya udah… pasrah aja…

      • Dear Kawan-kawan EMundus

        Baru saja saya menerima informasi final result yg dapat scholarship. Dengan berat hati, Kondisi saya adalah keterima di consortium nya (program tersebut), tetapi tidak eligible utk Erasmus Mundus Scholarshipnya.

        Berdasarkan pengalaman teman-teman, ada beberapa pertanyaan dari saya:
        1. ada tidak yang pernah mencoba untuk mengajukan beasiswa (diluar EMundus), dengan keadaan seperti saya ini? mungkin saja dari lembaga donor lain.

        2. Dari mana saya dapat mengetahui informasi2 lembaga / funding tersebut?

        3. Langkah singkat apa yang harus saya lakukan?

        Sebelumnya terima kasih banyak atas informasi dan bantuannya.. apapun jawabannya, akan sangat membantu sayaa akan hal ini..

        Terima kasih banyak..
        saya tunggu balasannya..

        Cheeers..

  33. dear EM Hii.. I knew this site from one of my friend, she
    told me to log on to this website because I do really want to apply
    a scholarship to Europe. i was looking for many scholarship in the
    internet, but i always late. the deadline must be already finish.
    so poor i am. I do really interest to apply scholarship to England.
    Belgium, or Nedd. I wonder whether you would take a time to send me
    the email regarding to the scholarship that you offered to the
    Indonesian student. regards, Putri🙂

    • Dear Putri,

      We are not offering any scholarship, but we inform people the opportunity to get scholarship through Erasmus Mundus, a scholarship from the EU. This website is not belong to the EU, we just EM Alumni and Students who would like to inform the opportunity, and share our experiences.

      no scholarship without hard work…..Good luck…..😉

  34. Dear emundus,
    Sy mau tanya, mgk ada yg kemarin daftar MEDEG, apakah ada yg sudah dpt informasi lulus tidaknya. Pengumuman harusnya tgl 28peb, tetapi ketika sy tanyakan lgs ke konsorsium, mereka mengakui bahwa memang ada keterlambatan dalam proses seleksi dikarenakan jumlah pendaftar yang banyak. Dijanjikan dalam wkt seminggu dr tgl 28 sudah ada pengumuman. Tetapi smp tagl 15 maret belum jg ada informasi. Bagi teman2 yg juga daftar medeg, adakah yang sudah mendapat kabar? Trims

  35. halo sis / Bro adakah yang mau coba program EMARO thn 2012,,, bisakah kita sharing2 disini,????
    atau saya minta YM-nya biar kita bisa tukar2 informasi EMARO lebih lanjut ..

  36. dear eramundus, saya masih kuliah di semester 1 extension UI, kira2 setahun lagi saya lulus. saya tertarik di economic development and growth, tapi disitu tertera mensyaratkan kemampuan bahasa spayol dikarenakan setahun kurang di spanyol… Apakah kemampuan bahasa lain selain inggris juga menjadi persyaratan? seperti spanyol😀 thanks ya

  37. hi,,aku mau nanya,,,setelah aplikasi sudah sampai pada Application evaluated and ranked ( mundus programe caribu) langkah selanjutnya itu apa lagi,,,terima kasih sebelumya??

Leave a Reply

