Diploma Supplement

Belum lama ini, ada seseorang yang email ke saya, meminta format Diploma Supplement, karena program EM yang mau dia apply, mengharuskan ada Diploma Supplement sebagai salah satu syarat dokumennya.

Saya cari-cari Diploma Supplement milik saya, lalu saya ketik ulang.
Ternyata hari ini saya ketemu template dari Uni Eropa (tau gitu ga usah ketik ulang hehe).

Bisa diunduh di sini:
http://europass.cedefop.europa.eu/en/documents/european-skills-passport/diploma-supplement/examples

Kalau ingin baca-baca lebih jauh mengenai Diploma Supplement, bisa Google, atau lihat 2 link berikut:
http://www.unibz.it/en/students/studycareer/graduation/diplomasupplement.html

dipl1suppl

Pertanyaan berikutnya mungkin:
Kalau dari Indonesia, apakah kita harus buat Diploma Supplement sendiri? Tanpa cap universitas? (tidak sah dong?)

Jawabannya sepertinya “iya”.
Karena kalau mau ngotot-ngototan, ga akan ketemu jalan tengah juga sih.
– Anda butuh Diploma Supplement
– Universitas tidak merasa mereka punya dokumen tsb, jadi mana mau mereka cap untuk dokumen yang bukan berasal dari mereka
– Tanpa Diploma Supplement, pihak konsorsium EMMC bisa jadi tidak mengerti level kualifikasi anda

Yang penting dikomunikasikan saja dengan konsorsium mengenai kenapa tidak ada ap universitasnya.
Toh memang kondisinya demikian kan?

6 thoughts on “Diploma Supplement

  1. maaf, kalo boleh tau, dari berbagai contoh DS yang diberikan, kira-kira mana yang paling pas untuk kami contoh?? haruskah menggunakan kop universitas di lembaran DS? untuk format berbahasa Indonesia,apakah ada yang berkenan memberikan contohnya?terima kasih sebelumnya

    • tidak ada yang paling pas..
      diambil saja yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anda.
      toh isi dalamnya kurang lebih sama semua.

      kop univ? kalau bisa, bagus.
      kalau tidak bisa, ya mau gimana, karena DS sifatnya bukanlah dokumen yang dikeluarkan oleh univ di indonesia.
      (di-note saja untuk menerangkan ke konsorsium bahwa kondisinya seperti itu)

      untuk apa dibuat dalam Bahasa Indonesia?
      langsung saja dalam Bahasa Inggris.

  2. Mas kalau di indonesia ga ada DS tapi ada beberapa uni yg sudah mengeluarkan DS, lantas menurut mas sendiri alasan yang tepat seperti apa yg bisa kita pakai ya kalau uni ga pake DS?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s