Beasiswa Erasmus Mundus

WELCOME

Selamat datang di blog ini, bila tujuan Anda adalah untuk bertanya dan mendapatkan informasi seputar beasiswa Erasmus Mundus, silahkan baca-baca dulu beberapa artikel yang sudah ada (lihat sebelah kiri halaman ini, di bawah “RECENT POSTS”), lalu post comment Anda pada artikel tsb. Sebisa mungkin sertakan link referensi untuk setiap pertanyaan yang diajukan.

Misal: saya tertarik dengan program X, tetapi saya bingung dengan informasi di http://www.beasiswaem.com/faq point nomor 2, mengapa disitu dinyatakan …

Bila ada link, pertanyaan akan lebih mudah untuk ditelusuri, dan juga mencegah salah interpretasi.

Sebagai warning di awal, pertanyaan yang masuk akan dijawab dalam bentuk “best effort”. Jadi jangan kecewa kalau pertanyaan Anda mungkin tidak bisa terjawab sepenuhnya. Lebih lengkapnya, silahkan baca di https://emundus.wordpress.com/2012/11/15/berkomunikasi-dengan-penerima-beasiswa-erasmus-mundus/

QUICK LINKS

Daftar program yang ditawarkan:

Beberapa petunjuk:

HATI-HATI PENIPUAN BEASISWA

Baca:

FAQ

Berapa besar beasiswanya?

Beasiswanya adalah beasiswa penuh, up to EUR 24.000 per tahun per orang. Jangan takut, jumlah ini pasti cukup untuk membiayai kebutuhan kuliah anda. Pembagiannya secara garis besar:

  • EUR 8.000 untuk tuition fee (bukan bagian anda, kemungkinan akan langsung dipotong dari beasiswa)
  • EUR 12.000 untuk living cost selama 12 bulan (mungkin didistribusikan dalam 12 bulan @ EUR 1.000)
  • EUR 4.000 untuk mobility cost (termasuk pesawat dari Indonesia ke Eropa, juga untuk perpindahan antar kota/negara dalam 1 tahun masa studi)

Apakah beasiswa diberikan di awal (sebelum keberangkatan) untuk membiayai persiapan berangkat ke universitas tujuan?

Hal ini case by case, tergantung konsorsium program Anda.
Ada beberapa yang “saklek”, mereka hanya mau transfer uang beasiswanya setelah Anda tiba di Eropa. Kebijakan ini dipilih untuk mencegah orang2 nakal yang sudah terima uang beasiswa, lalu batal pergi karena satu dan lain hal, dan dananya tidak dikembalikan ke konsorsium secara full amount. Padahal setiap dana yang keluar harus dipertanggung jawabkan.
Namun, ada juga pengalaman beberapa penerima beasiswa yang bisa bernegosiasi dengan konsorsium, sehingga paling tidak uang tiket pesawat bisa diberikan di awal sebelum keberangkatan.
Anyway, untuk saat ini yang penting Anda dapat beasiswanya saja dulu. Itu fokus dan tantangan pertama Anda,

Bingung mau memilih bidang apa?

Well, jangankan dalam memilih beasiswa, memilih mau makan apa juga kadang kita bingung kok. Tetapi, setiap oranglah yang paling tahu apa yang dia inginkan. Jadi, anggap saja ini tantangan pertama anda dalam perjalanan mendapatkan beasiswa.

Berapa besar chance-nya?

Jujur saja, semakin tahun akan persaingannya semakin ketat. Jadi, bila anda bisa memunculkan “hidden gem” anda, mau berusaha, mau mencari informasi, dan benar2 fokus, termasuk bisa mengatasi tantangan awal “pilih program apa” anda mungkin bisa berhasil dalam kompetisi ini.

Semuanya tergantung usaha Anda untuk membrowsing informasi yang sudah banyak tersedia da “memoles” aplikasi anda untuk membuat konsorsium terkesan.

Semoga berhasil.

Undangan Presentasi/Diskusi mengenai beasiswa (khususnya beasiswa Erasmus Mundus)

Kami akan hadir dalam acara anda, baik itu presentasi, talk show, diskusi, seminar, pameran pendidikan, job fair, scholarship fair, dll. Kami akan menyediakan pembicara/presenter yang pada umumnya adalah student/alumni Erasmus Mundus. Kami akan menyediakan seluruh materi promosi, dan (pada umumnya) tidak ada biaya yang akan kami kenakan untuk keikutsertaan ini (selama kami bisa mendapatkan sumber dana untuk kegiatan promosi ini).

Bagi yang tertarik, silahkan mengirimkan email ke emundus.wordpress (at) gmail.com (gunakan subject yang deskriptif, misal: “Undangan Talkshow Beasiswa di Universitas XYZ, tanggal dd-mmm-yyyy”) dengan menyertakan detail berikut:

  • Detail event, nama acara
  • Tempat dan waktu
  • Jadwal detail kapan kami harus hadir, dalam kapasitas apa (pembicara tunggal, salah satu nara sumber, presenter, jaga di booth, dll), dan jenis acara sehingga kami bisa mempersiapkan materi yang sesuai
  • Perkiraan jumlah peserta yang hadir dan level pendidikannya (mahasiswa/i, alumni, dosen, umum, dll)
  • Contact person (HP dan email)

Email anda akan di-reply paling lambat 3 hari.
Bila dalam 3 hari tidak ada reply, bisa saja kami yang lupa balas, atau email Anda masuk SPAM.
Silahkan coba kirimkan lagi email tsb.

2,342 thoughts on “Beasiswa Erasmus Mundus

  1. Dear emundus and all emundus senior…

    saya sangat tertarik dengan program erasmus mundus IT4BI itu…

    Tetapi banyak pertanyaan dibenak saya :p

    Berikut pertanyaannya:

    1. Apakah cv harus dalam format eropa?
    2. Kalau certificate saya dari UK apakah harus dilegalisir dan lain sebagainya?
    3. Diwebsitenya tertulis “Before you start, be sure you have the following documentation (all in English and stamped by an EU embassy or consulate certifying that they correspond to the counterpart in your local language) at hand. You will have to upload them in PDF format and later submit them by s-mail (i.e., paper mail, postal mail, land mail, …) to the contact address by February 2nd, 2012:”
    – Kalau ijazah dan transcript saya sudah dalam bhs inggris (dari UK) apakah saya harus tetap mendapatkan stamp dari EU embassy or consulate?
    – Kalau tetap harus di-stamp oleh European Country Embassy, kira2 dari embassy mana kah yang paling mudah untuk mendapatkan stampnya?
    – Karena ijazah saya dari inggris, apakah saya harus minta stamp ke kedubes Inggris atau tetap harus ke kedubes negara2 eropa?
    4. Apakah scholarship yg diberikan erasmus mundus itu cukup untuk biaya kuliah, biaya hidup dan ongkos perjalanan?
    5. Diwebsitenya pun mengatakan kalau saya harus mengirim izajah, certificate dan lain2nya dalam bentuk hard copy, itu original apa fotocopynya yah?
    6. Kalau saya punya IELTS Certificate, itu berlaku ga? dan berapa nilai minimalnya yah?

    Terima kasih atas perhatian dan jawaban2 dari pertanyaan saya yah 😀

    Terima kasih atas bantuannya…

    Have a Nice Day

    • pertanyaannya banyak, tetapi uda baca dengan teliti blom websitenya dan cobain app formnya?

      1. kalau memang diwajibkan menggunakan europass, ya ikuti saja..
      kalau tidak diwajibkan, sebaiknya ya menggunakan europass yang tentunya lebih familiar bagi para penseleksi..
      2. maybe.. di websitenya rule-nya gimana?
      3. all in English and stamped by an EU embassy or consulate certifying that they correspond to the counterpart in your local language –> sepertinya lebih ke arah certify bahwa terjemahannya sesuai dengan bahasa aslinya..
      silahkan ditanyakan lsg ke konsorsium..
      4. kalau hidup sebagai student, seharusnya cukup..
      5. jangan pernah kirim original.. kirim copy yang legalized..
      6. uda cek websitenya? http://it4bi.univ-tours.fr/learn-more-on-it4bi/faq-200505.kjsp?RH=IT4BI_VF

      What about the document to upload providing the English test results if English is my mother language and /or if I did my studies in English? Is my IELTS test (General Training) equivalent to IELTS (Academic) that the IT4BI requires? Is institutional TOEFL (ITP TOEFL) accepted as a proof of English proficiency? What if my test validity has expired?
      For these questions, please see the FAQ on the online application form.

      • Saya juga ingin apply it4bi ini, saya sudah telpon ke eu embassy di jakarta namun mereka blg tdk mengurus hal pemberian stamp spt ini. Menurut mereka program ini juga baru diadakan tahun ini dan satu2nya yang meminta persyaratan spt ini dan mrk jg bingung menyarankan coba tanya ke dikti.
        Saya berpikir mungkin akan mengirimkan dokumen2 ijasah, transkript dengan legalisir univ saja, namun dokumen lainnya seperti sertifikat ielts saya tdk tahu harus bagaimana karena tdk dpt memperoleh certified copynya.

      • Kebetulan Saya juga sama nih kasusnya,
        Udah telpon EU Embassy juga, dan mereka mengaku udah banyak ditelpon soal ini,
        tapi memang dari mereka nggak bisa ngasih stempel ini,
        Dari mereka sih menyarankan ke kemenhukam untuk dapet stempel ini, karena ada orang lain yang sudah dapet stempel dari sana,

        Tapi setelah saya coba hubungi kemenhukam, ternyata agak panjang prosesnya, karna harus ke kemenlu, lalu ke kedubes negara tujuan juga setelah dari kemenhukam,
        bahkan saya sempat ditawari “paket komplit” dengan membayar sejumlah uang,
        itupun 2 hari prosesnya dan belum ke kedubes,

        Can someone advise me what to do?
        Deadline dari IT4BI tanggal 2 Februari 2012, sedangkan saya juga belum tahu kira2 pengiriman dari Jakarta ke Spanyol berapa lama.

      • Hi Emundus,

        Utk legalisir dokumen IT4BI disebutkan:

        Some of the institutions where you can get your copies stamped are:

        – Any embassy or consulate of EU member state in your home country.
        – Any accredited government and public administration of your country (e.g., courts in majority of countries provide ” Hague apostille” stamp 17).
        – Notary.

        it means, salah satu dari ketiga point di atas kan? jadi, kalau pakai notaris saja harusnya sudah cukup ya? Boleh share notaris yang bisa melakukan legalisir utk dokumen2 emundus yg pastinya berbahasa Inggris?

        utk point 1 & 2 ini yg saya coba. saya sudah hub EU embassy, mereka memang tidak bisa utk legalisir, kemudian diarahkan ke kedutaan Spanyol. Di kedutaan spanyol, diharuskan ke 3 kementrian dulu yaitu kemdikbud, kemenhumkan dan kemlu. di kemdikbud dan kemenhumkan susahnya minta ampun utk telp. di kemlu berhasil tapi harus ke kemenhumkan dahulu baru bisa ke kemlu. di kemlu syaratnya hanya menyediakan materai 1 buah, IDR6000, map kuning dan isi formulir.

        dg terus semangat, sy cari2 utk materi legalisir dan alhamdulillah dapat: http://bhellabhello.wordpress.com/2012/09/17/mempersiapkan-dokumen-untuk-sekolah-lagi/

        mohon feedbacknya.

        terima kasih,
        *riyan

  2. Dear Emundus,
    saya mau tanya, kalau untuk apply beberapa program erasmus mundus apa sebaiknya menggunakan surat rekomendasi spesifik yg berbeda2?
    (ex. 3 program emundus, 3 referrals = 9 surat rekomendasi)
    karena saya awalnya berencana untuk minta satu surat rekomendasi general dari masing2 referral, dan akan saya gunakan untuk semua program emundus yg saya apply, juga utk beasiswa lain yg akan saya apply….

    • ya tergantung strategi anda dan tergantung pemberi rekomendasi apakah mereka bersedia menulis beberapa surat..
      kalau general, kekurangannya adalah tidak menjelaskan mengapa anda pas untuk program yang di-apply..
      tapi ada saja orang2 yang bisa tembus beasiswa dengan surat demikian..

      jadi, semua balik ke kondisi, plan, dan strategi anda..

  3. Dear admin,

    Saya mau bertanya mengenai beasiswa lotus Erasmus Mundus.
    Case saya: saya diterima di 2 univ di Perancis untuk tahun ajaran 2012-2013, akan tetapi saat ini belum mendapatkan beasiswanya. Saya lulusan dari Univ.Indonesia dan saat ini sedang bekerja sebagai konsultan di Kementerian.
    Apakah saya eligible untuk mendaftar Lotus Erasmus Mundus Scholarship?
    terima kasih

  4. emundus,

    saya mau tau mengenai certified copy of ielts. seperti yang kita tau, certified copy of ielts itu kan cuma bisa dikirimkan oleh pihak penyelenggara ielts ke institusi/pihak pemberi beasiswa saja. Dengan kata lain, saat kita mengirimkan aplikasi, dokumen2 kita jadi terpencar. Saya agak khawatir sebetulnya mengingat yang mendaftar erasmus mundus itu ada banyak sekali.

    Pertanyaannya, adakah cara lain untuk mendapatkan certified copy of ielts?apa bisa fotocopy sendiri hasil IELTS nya dan minta pengesahan dari notaris?atau memang caranya hanya seperti yang sudah saya sebutkan diatas?

    Terimakasih

    • pada intinya kan tergantung pihak konsorsium apakah mereka strict bahwa hanya mau menerima ielts dari penyelenggara..
      kalau mereka maunya seperti itu, sebagai applicant, ikuti saja..
      daripada melanggar persyaratan dan jadi gugur..

    • saya pernah kirim certified copy ielts saya ke belanda, daan aplikasi lain saya post di website mereka, tidak masalah kok. semuanya sampai. ketika ielts saya tiba di sana, saya diemail pemberitahuannya. semoga membantu ya.

  5. sore emundus

    Mau nanya ttg syarat admission Mater Emin Eramus Mundus
    di persyaratan tertera bahwa harus ada penjamin penyandang dana (Document proving any other funding (the document must state the name of the payer or awarding authority, and the value of the award)) seperti yg dicantumkan pada link berikut http://www.upcomillas.es/emin/Admission.aspx

    Itu maksudnya bagaimana?? Apa kita harus menyediakan sejumlah dana dulu untuk apply k consortium tsb atau bagaimana??
    Mohon diberi sedikit pencerahan yah

    Thnx emundus :))

    • kemungkinan aplikasi EM disatukan dengan aplikasi jalur biasa..
      ya bisa saja ditulis kalau kamu apply utk beasiswa EM..
      untuk bbrp program, bagian ini bisa dikosongkan saja.

  6. dear admin,
    saya melamar untuk program master of work and organizational psychologi (MWOP)
    1.apa ada yang udah lulus disana?
    2. Disebutkan bahwa salah satu tahapan seleksi adalah wawancara, namun tidak disebutkan kapan dan dimana, berdasarkan Em sebelumnya, dimana biasanya wawancara dilaksanakan, interviewernya biasanya siapa ?

    tks,
    angga

  7. Dear kk Emundus,

    Saya juga tertarik tertarik pada IT4BI seperti halnya Arry Lazuardi diatas. Semua dokumen telah saya siapkan dan upload. Namun masalahnya saya mengalami kesulitan saat mencari legalisir. Saya sudah mencoba menghubungi EU embasy, namun mereka tidak bisa memberikan legalisir. Mereka menyarankan saya untuk minta ke kedutaan belgia atau dikti.

    Saat saya meminta ke kedutaan belgia, mereka memberikan prosedur yng lebih sulit lagi. Mereka minta untuk legalisr terlebih dahulu ke dinas hukum-ham lalu ke deprtemen luarnegeri baru ke belgium embasy. Saya juga telah menghubungi DIKTI namun blom bisa nyambung.

    Dalam hal ini, apakah ada kk emundus atau alumni yang lain yang mengalami hal serupa. Bagaimana kira2 pemecahan yang cepat ya soalnya deadlinenya 2 januari.

    Terimakasi Banyak,

    Salam Hangat,

    M H Septiadi

  8. Halo,

    Saya tertarik dengan beasiswa EM. Saya belum mengerti tentang explanation grading system. Mohon dijelaskan apa arti dari istilah tersebut dan bagaimana cara memperolehnya.

    Terima kasih sebelumnya.

    Salam,
    lcz

  9. Dear emundus and all emundus senior…

    saya mau tanya mengenai beasiswa di emundus ini nanti untuk program master dibidang engineering apakah ada research by student?

  10. Dear emundus,

    Saat ini saya sedang mengisi aplikasi untuk program MESPOM. Ada hal yang agak membingungkan saya mengenai dokumen akademik yg mereka minta, di website pendaftarannya tertulis :
    “An official English translation bears the stamp and signature of a sworn translator or an authorized official of the institution that has issued the original. It should contain the stamp and signature on each page or over a folded and fastened corner of the document, and include a statement of authenticity in English.” (http://www.ceu.hu/admissions/apply#3)

    yang saya ingin tanyakan, dari pernyataan diatas apakah berarti dokumen yang sudah diterjemahkan oleh sworn translator masih harus dilegalisasi lagi?(merujuk pada kalimat “include a statement of authenticity in English”). Seandainya benar demikian, kemanakah sebaiknya saya melegalisasinya, karena pihak kampus saya tidak memiliki cap legalisir dalam bahasa inggris.
    mohon pencerahannya..
    Terimakasih.

  11. haloo.. saya berniat mendaftar untuk Erasmus Mundus Lotus II target group I untuk undergraduate exchange.
    Pertanyaan saya, untuk periode tahun ini, universitas di target university mana saja yang membuka lowongan untuk jurusan ilmu komunikasi??
    Terima kasih

  12. Dear Admin,

    Saya mau bertanya, apakah ada program master untuk bidang study Arsitektur? karena saya tidak melihat bidang study tersebut di dalam daftar program. Teimakasih

    Salam

  13. dear emundus,,,

    saya sangat tertarik dengan beasiswa emundus ini..
    namun, sy ada pertanyaan nih..

    rencana sy tamat S-1 adalah bulan 7 tahun 2012. kira2, masih sempat kah untuk ngedaftar untuk program Master nya?
    untuk bidang Environomical Pathways for Sustainable Energy Systems.

    thx.

    • ya coba dicek deadline utk program tsb.. apakah masih bisa daftar per saat ini/tidak..
      kalau sudah lewat, ya tunggu next year..

  14. Dear Emundus,

    Saya sedang apply untuk EM action 2, lantas apakah saya juga bisa apply untuk action 1 juga dengan jurusan yang berbeda?

    Apakah saya bisa apply untuk lebih dari 1 program di EM Action 1?

    Terima kasih

      • thnks,

        I’ve already asked the consortium prior to ask this forum,
        cm keduanya agak terlambat reply, jd sy cm khwtir aj, since the deadline is approaching.

        oya, klo contoh motiv letter kan udah ada tuh, klo contoh point2 pd saat interview ad g y? apakah spesific langsung mengenai pengetahuan kita seputar program yg diapply? atau bgmn? klo bisa sih sm tips2 menjawabnya.. hehe..(for better preparation…)

        Regards,
        key.

      • Saya pribadi sih ga pernah diinterview untuk em.. Tp bersiaplah saja utk segala jenis pertanyaan yg mgkn muncul. Pahami cv anda dan bersiaplah untuk menceritakan lebih detail dr apa yg sudah ditulis disitu..

  15. Dear Emundus,

    Saya mau tanya, misalnya kalau saya setelah kuliah bekerja selama 2 tahun apakah masih bisa daftar untuk beasiswa Erasmus ini? atau harus fresh graduate atau 1 tahun tidak kuliah baru bisa daftar?

    Terima Kasih,

    • sangat bisa..
      selama tidak ada kondisi eksplisit tertentu yang disebutkan oleh website program tsb, maka bisa2 saja utk daftar.

  16. Dear, Erasmus Mundus

    I got information from this website of Erasmus Mundus Scholarship for Law Doctorate in Bologna ( Italy ). All right now, i still study for Law Master in Merdeka University of Malang – East Java Indonesian with concentrate to Constitutional Law. I am from Flores small Island, Provinci of East Nusa Tenggara Indonesia. I have good motivate to study more in Law Doctorate and when the study is finished, I will come back again to help my nation.
    Please, Give me your compelete information about the scholarship. I hope that, I am one of many students in your great programme. Thank you…!!

    Malang – East Java Indonesian
    December 28th 2011.
    Sincerelly yours

    Kornelis Wiriyawan Gatu
    My Contact Mobile Phone: 082132388704
    Email: anakwanes@yahoo.com

  17. Dear Alumnus EM yang saya hormati,

    Sebagaimana tertulis di panduan formal EM bahwa jml total biaya beasiswa yang diberikan oleh EM adalah 48.000 Euro, sy ingin bertanya:

    1. Biaya kuliah tingkat Master selama 2 th adalah 22.000 Euro, apakah biaya ini akan langsung dipotong dari total 48.000 Euro yg menjadi hak penerima beasiswa ataukah dipotong pertahun?

    2. Sisa uang beasiswa adl sebesar 26.000 Euro, apakah ini akan diberikan per bulan via transfer bank ataukah ada mekanisme lainnya?

    3. Haruskah kita membuka rekening bank internasional tertentu utk dapat menerima beasiswa tersebut?

    4. Program yang ingin sy ikuti akan diadakan di Scotland dan jerman atau Denmark. Sy mohon kiranya kakak2 senior yg telah lbh dahulu merasakan kuliah disana bs berbagi pengalaman ttg biaya hidup di negara2 tsb.

    5. Bgm jk kt ingin membawa istri dan anak kita selama kit kuliah di eropa? Pernahkah ada pengalaman dari kakak2 senior yg membawa anak / istrinya kuliah ke eropa?

    Terimakasih banyak atas kebaikannya utk menjawab pertanyaan2 saya diatas.

    Salam,

    Evron.

    • 1. saya ga tahu darimana anda dapat infonya.. anyway untuk EM, cap untuk tuition fee adalah 8000 EUR/tahun. tergantung pada kebijakan konsorsium, tetapi umumnya langsung dipotong dari grant 24000 EUR/tahun.

      2. umumnya sisa 4000 EUR sebagai travel dan mobility cost; 12000 EUR didistribusikan 1000 EUR/bulan.

      3. umumnya rekening bank di eropa lebih nyaman untuk digunakan.

      4. terlalu wide pertanyaannya karena negara yg sama, kota berbeda, biaya hidup bisa jauh berbeda. bisa cari2 info di milis/fb ppi setempat.

      5. ada saja yang membawa, tetapi tidak ada tambahan grant dari EM.

      • Terimakasih atas reply-nya kakak2 EM-ers… Tapi mash ada pertanyaan tamabhan nih:)…

        1. Kotanya tepatnya di Glasgow (scotland) dan Hamburg (Jerman)…apa ada yg punya pengalaman berapa biaya hidupnya di dua kota tsb dan hematnya kita tinggal di dormitory kampus apa kost bebas ya?..

        2. Seandainya kita diberitahukan olh pihak universitas bhw aplikasi kita akan diajukan ke EM utk dipertimbangkan mendapat beasiswa, maka apakah akan ada tahap ujian bg calon penerima beasiswa? (mungkin semisal ujian kalkulus, atau basic management, dsb?)

        3. Sy sgt tertarik utk membeli buku “The stories behind”-nya EM-ers..mohon info instruksi selanjutnya dong…

        Thanks a lot ya kaka2 EM-ers yg baik hati..

        Evron.

      • 2. sejauh ini tidak ada.

        3. sudah ada petunjuknya di post mengenai buku tsb. silahkan dibaca petunjuknya.

  18. Saya pns di daerah terpencil. Bekerja sebagai penyuluh pertanian, perikanan dan kehutanan.
    Saya ingin sekali melanjutkan pendidikan S2 ke eropa. Tapi saya kurang bisa berbahasa inggris. Adakah program beasiswa yg sekaligus mengajarkan bahasa inggris? karena di daerah saya tidak ada kursus bahasa inggris. Mohon infonya. Thanks

  19. dear erasmus…
    Saya sangat tertarik dan membutuhkan informasi tentang beasiswa.. Sy lulusan S1 ingin melanjutkan ke master psikologis atau sosiologi.. kira-kira bagaimana saya dapat memperoleh informasi mengenai ada atau tidaknya beasiswa tersebut. jika ingin mengikuti beasiswa, langkah awal seelah registrasi online, kemana lagi alur pengurusannya..mohon bantuan informasi step-step pengajuan beasiswa.. terima kasih

  20. saya rencananya akan ambil program crossway in cultural narrative and TEMA master course, yang mu sya tanyakan
    1.syaratny minta letter of publication itu maksudnya gmn surat apa ya?
    2. trus ada juga minta academic paper dan surat proof ability in two language, itu contoh bentuknya kya gmn ya?

    makasih

    • kalau tanya itu diberikan link-nya juga supaya jelas informasinya darimana, dan untuk program yang mana.
      karena yang anda tanyakan itu kan untuk 2 program yang berbeda.

      karena informasi tsb tidak diberikan, saya coba guessing saja
      1. bukti pernah ada publikasi, misal: paper yang dipublish di jurnal (bisa kasih bibtex atau bibliographynya)
      2. academjc paper sama seperti 1, proof of ability mungkin maksudnya financial ability?

  21. Saya mau bertanya,
    Saya baru mendapat response dari consortium System Dynamic dan hasilnya ditolak, alasan yang disertakan karena pendidikan saya tidak cukup menurut mereka. Padahal saya sudah lulus S1 lewat jalur D3 dan program Ekstensi di UI dengan nilai yang cukup tinggi. Namun setelah saya ajukan appeal atas keputusan tersebut, mereka menjawab bahwa pendidikan saya hanya dapat disetarakan dengan pendidikan 2thn saja sedangkan mereka butuh pendidikan 3thn. Padahal untuk dapat gelar sarjana saja saya udah memakan waktu 5thn (3thn D3& 2thn Ekstensi), apa memang ini miskom atau gmn yah?

  22. Dear all erasmus senior.
    Saya tertarik dengan beasiswa erasmus mundus ini. Saya sudah mengerti sebagian besar dari penjelasan mengenai beasiswa ini, tetapi ada beberapa hal yang masih saya pertanyakan, diantaranya:
    1. Untuk masalah biaya, apakah beasiswa ini benar-benar full scholarship atau tidak? (meskipun saya baca sejauh ini beasiswa ini memang beasiswa full, tapi saya masih kurang yakin karena saya khawatir sesampainya disana saya malah dikenakan biaya macam2 yang akan menjadi masalah dikemudian hari)
    2. Disini saya melihat ada beberapa macam erasmus mundus, ada yang erasmus mundus lotus, erasmus mundus AREAS, dan the erasmus mundus programme 2009-2013 yang seperti tertera dalam blog ini, apakah kesemuanya merupakan full scholarship?
    Terakhir, bisakah saya mendapatkan alamat email salah satu senior, sehingga saya bisa lebih close dalam pembahasan berikutnya yang masih saya pertanyakan beberapa.
    Terima kasih, semoga ini awal untuk Indonesian dalam mere-cover segala kepesimisan terhadap situasi kondisi nasional negara yang semakin prihatin.

    • 1. ya, full.
      2. untuk erasmus mundus programme 2009-2013, ya full.
      untuk yang lainnya, silahkan dibaca baik2 penjelasan program tsb.

  23. saya mau tanya soal bagian pengisian form scholarsip di program one-more-step “Programme/degree, please report the full name” aku isi program yang aku pilih di universitas yang aku jadiin tujuan ato gimna yah? mohon bimbinganya saya masih newbie.

  24. Dear emundus dan teman2 lainnya,

    saya akan mengirimkan hardcopy document untuk program Material for energy storage and conversion (MESC). Di website http://www.u-picardie.fr/mundus_MESC/page.php?p=applications dan di universitas yg dituju http://www.u-picardie.fr/jsp/fiche_pagelibre.jsp?STNAV=&RUBNAV=&CODE=24147033&LANGUE=0, hanya ada satu alamat yang sama. Tetapi waktu saya menghubungi DHL untuk mengirim, mereka menolak untuk mengirimkan karena kode pos ny salah (menurut DHL).

    Apa ada teman lain yang pernah apply untuk program ini? Bagaimana cara mengirimkan hardcopy ya?

    Saya sudah menghubungi pihak administrasi dan dijawab bahwa alamat mereka sudah benar.

    Terima kasih.

    -ruri-

  25. Dear all senior EM,
    Sejauh ini kurang lebih saya sudah mengerti tentang EM meskipun belum secara keseluruhan. Namun, yang ingin saya tanyakan beberapa diantaranya;
    1. apakah beasiswa ini benar2 Full? dengan kata lain, dana yang digunakan jika dipergunakan dengan benar akan mencukupi seluruh biaya kita selama disana? soalnya saya liat dari beberapa program yang tidak mencantumkan free health insurence, dengan begitu kita menggunakan duit sendiri untuk mendapatkan healt insurence.
    2. apakah ada tenggang waktu utk kelulusan? seperti beasiswa dalam negeri, yang memiliki jangka waktu tertentu dan in case disaat kita bisa memenuhinya (misalnya jangka waktu tertentu dan ipk tertentu) maka akan dikenakan penalty dengan pembiayaan sejumlah nilai tertentu?
    terima kasih , oh iya kalau bersedia adakah senior EM slh satunya yang mau berbagi alamat email? sehingga kita para junior yang tertarik bisa diberikan bimbingan2nya. trm kasihh

    • 1. ya, full. health insurance sudah ada dari EM, baca:
      http://ec.europa.eu/education/programmes/mundus/insurance_en.html

      The scheme is paid for directly by the European Commission and does not imply any additional costs for third-country scholarship students or Erasmus Mundus university consortia. The cover is provided by the insurance company ACE Europe, who can be contacted directly at their Customer Service Hotline +32 2 516 9835.

      2. tidak ada syarat2/ikatan tsb.

  26. Dear erasmus,

    apakah program emundus untuk 2012 sudah tutup semua.
    jika saya ingin memulai sekarang apakah sudah terlambat untuk program 2012?

    rgds,
    hendrik

  27. kepada alumni erasmus mundus

    saya tertarik dengan beasiswa EMA2
    tapi saya bingung dengan apakah itu target group? karena hanya TG3 aja yang ada undergraduate scholarship nya

    • om TG3 tuh untuk refugee ato pengungsi dari negara-negara lagi konflik
      TG2 untuk mahasiswa ato lulusan uni yg punya kerjasama dgn program erasmus
      TG1 untuk mahasiswa ato lulusan uni yg tidak punya punya kerjasama dgn program erasmus

  28. Halo, salam kenal.
    Saya merupakan salah satu applicant erasmus mundus program WOPP tahun ini. Kemarin saya mendapat email undangan utk interview. Namun berhubung saya sedang berada di luar kota, saya baru membaca email itu sehari setelah tanggal interview terjadwal. Apakah saya akan mendapatkan second chance untuk interview, atau langsung diunderlist. Kalo bole tau biasanya apa yg ditanyakan pada sesi ini? Ini merupakan sesi interview pertama. Mohon bantuannya. Tq

    • Wah sesegera mungkin contact ke konsorsium untuk minta reschedule interview.
      Materi pertanyaan tidak ada yang tahu.
      Just be prepared.

      • Aku barusan dapet interview, isinya mengenai : background pendidikan, tempat kerja sekarang, adakah keinginan bekerja keluar negeri, apa yang akan dilakukan 3 tahun mendatang, hobi, kenapa memilih erasmus mundus, kenapa memilih jurusan tersebut.

  29. Selamat sore Emundus…..

    Saya ingin menanyakan tentang program reCity. Kalau dilihat di : http://eacea.ec.europa.eu/erasmus_mundus/results_compendia/selected_projects_action_1_master_courses_en.php Dinyatakan bahwa : “reCity will not be offering Erasmus Mundus scholarships from the 2012 intake onwards”.
    Tapi kalau dilihat dari website nya langsung : http://www.fisd.eu/en/application/course-enrolment/erasmus-mundus/call.html
    Kok masih ada beasiswa EM, ya? Yang benar yang mana ya?

    Terima kasih sebelumnya.

    Best regards,

    Kezia

    • jadi begini.. reCity adalah termasuk program studi “Erasmus Mundus Masters Course”.
      hanya saja sudah tidak disupport oleh beasiswa lagi.

      jadi, memang ada Erasmus Mundus Masters Course yang tidak disuport oleh beasiswa.
      kualitasnya tetap dijaga seperti kualitas Erasmus Mundus Masters Course.

  30. Hi EMundus,

    Saya sudah apply program EMTM pada bulan desember 2011 lalu dan sudah mengirimkan seluruh dokumen yang diminta scanned via email.
    Namun, sekarang EMTM meminta sertifikat yang menyatakan bahwa bachelor degree saya berlaku untuk melanjutkan ke tingkat master.
    Berikut email yang saya terima dari pihak EMTM :

    > Dear Applicant,
    >
    > With regard to your application for EMTM programme we would like to ask
    > you to provide us with a certificate which confirms that your bachelor
    > degree grants you with the access to postgraduate studies program at the
    > level of master in your country.

    Saya sudah menanyakan ke pihak universitas saya terdahulu dan mereka menyatakan degree S1 saya sudah sah bisa untuk melanjutkan ke jenjang S2, namun umumnya tidak ada sertifikat semacam itu seperti yang diminta oleh pihak EMTM.

    Apakah EMundus mengetahui informasi certificate seperti ini? Ataukah memang ada format nya?

    Mohon bantuannya. Terima kasih

    • memang tidak ada ya certificate semacam tsb..
      pilihannya:
      1. universitas berbaik hati membuatkan surat keterangan tsb (free format) dgn kop surat, cap, dan ttd pihak berwenang
      2. anda buat semacam surat pernyataan sendiri kalau program anda itu sudah terakreditasi sehingga diakui oleh pemerintah dan bisa untuk melanjutkan S2. beri bukti2 pendukung bila ada.

  31. sorry aku mau tanya mengenai beasiswa ini apakah untuk tahun 2012 ada aku baru lulus dan wisuda bulan maret mendatang mohon informasi mengenai beasiswa ini dibidang pertanian. terimakasih

  32. Dear Emundus,.

    Adakah peluang bagi saya untuk mendapat kan beasiswa tampa persayaratan IELTS atau TOEFL. Karena untuk test itu sangat mahal sekali.
    Padahal saya rasa saya bisa berbahasa inggris dengan baik. Disisi lain saya sedang bekerja di kota kecil yang terpencil jauh dari kota.

    Thanks Emundus

    • kalau dari pihak konsorsium sebagia pihak pemberi beasiswa, mereka perlu justifikasi mengapa beasiswa diberikan ke orang tersebut. dan parameter pengukurannya harus real supaya tidak dianggap pilih kasih atau subjektif penilaiannya.

    • Benar kata Emundus, mereka butuh proof yg otentik yg menunjukkan bahwa Anda bisa berbahasa Inggris yang baik sesuai dengan kriteria mereka. Mengingat kiita bukan native English speakers. Tetapi sejauh pengamatan saya, bisa juga anda hanya menyertakan sertifikat ITP saja, atau menunjukkan surat keterangan bahwa kuliah S1 atau sebelumnya dalam bahasa Inggris serta bukti tulisan yang lain (semisal thesis dalam Bahasa Inggris) untuk menunjukkan kemampuan bahasa Inggris kita. Namun, sebelumnya harus dikonsultasikan dengan pihak konsorsium terlebih dahulu tentunya, itupun sepertinya hanya berlaku di beberapa konsorsium program saja. Sisanya tetap menganggap IELTS or International TOEFL or any other Internationally recognized language test system such as Cambridge or TOEIC as authentic proof of our Languange competence.

  33. fyi, beberapa program udah ngeluarin hasil seleksinya.

    kemarin baru aja nerima preliminary selection result dari planet europe dan hasilnya masuk reserve list.

    masih ada dua program lagi, semoga masih ada kesempatan masuk main list.

  34. Dear Emundus,

    Saya mahasiswa jurusan D4 Ilmu Keuangan, saya kira-kira akan menyelesaikan diploma saya thn 2013. Yang saya ingin tanyakan adalah apakah bs lulusan D4 mendapat beasiswa EMMC?

    Kalau bs, apa saja persyaratannya? apa ada “spesialisasi” persyaratan khusus D4???

    Thanks a lot 😀

  35. Dear Mundus,

    I’d like to share that first notification for FAME has been released and I’ve been included in the main list for FAME 2012.
    However, there is additional note that “by the time the file of selected students is validated by the European Commission” and “the final list of FAME Master students will be made official by the European Commission by April 2012 as your eligibility must be confirmed”.

    Barangkali di antara Mundus ada yang berpengalamn dengan FAME dan mau berbagi….???

    Terima kasih.

    Regards,
    Keyz.

      • Thanks Mundus,

        Sy sdh dapet second notification of confirmation “… we are really happy to have you in the FAME Master! You have been ranked as 4th in the main list”
        Mohon infonya, adakah alumni FAME dr Indo sebelumnya?
        Makasih ya Mundus…

        Regards,
        Keyz.

      • Sorry telat banget balesnya.. very busy lately..

        congrats !! sepertinya ada, tapi saya juga ga apal tuhhh hehehe..
        sebentar lagi kalau diinvite ke komunitas EM Indonesia, bisa tanya2 langsung di milis alumni ya..

    • wow congratulations
      saya ingin sekali apply di FAME, hanya saja masih terbentur problem saya baru bisa lulus pd bulan Oktober
      I would love if you want to share your information cz I will apply it next year.

    • Mau tanya, apakah seluruh program EMMC ada hasil yang diumumkan dari bulan februari?

      Saya melamar di program EMTM.

      Terima kasih sebelumnya.

  36. Dear Emundus,

    Notification results dari PLANET Europe sudah keluar dan puji syukur saya diterima program dan dengan beasiswa. PLANET Europe lalu meminta saya mengirimkan “formal confirmation by email” dan saya pun sudah mengirimkan email yg berisi konfirmasi keikutsertaan (tertulis di email bukan dalam attachment), namun sampai skrg blm ada reply lagi dr pihak konsorsium. Pertanyaan saya, apakah ada format khusus “formal confirmation” dlm proses aplikasi beasiswa EM ini? Apakah surat resmi bertanda tangan ataukah email biasa sudah cukup?

    Terimakasih sebelumnya atas responnya

      • sy juga demikian (kondisinya sama dengan An), dan katanya official letter nya br bisa dikirim bulan April… So, tunggu dan berdo’a saja…

        Good luck.. 🙂

  37. Adakah yang sudah dapat email undangan interview dr EM DMKM? timetable di webnya bilang tgl 1 Feb 2012 email tsb dikirim, tapi sampe sekarang saya blm dapat undangan ataupun notifikasi ga lolos.. atau yg ga lolos ga dapat kabar apa2 ya?

  38. Dear EMundus,

    Hanya menerka-nerka, apabila konsorsium meminta formal confirmation bahwa saya bersedia menerima beasiswa, cukup dijawab melalui email atau mesti menggunakan scanned dokumen ber-materai ya? Konsorsium meminta konfirmasi paling lambat 14 February ini dan sudah saya accept sejak 4 February kemarin, tapi sejauh ini belum ada kabar balasan lebih lanjut, umumnya konsorsium memberi keterangan lebih lanjut tersebut setelah selang berapa lama ya? *Antara gembira bercampur was-was kok belum ada kabar lebih lanjut lagi.

    Terima kasih 🙂

  39. Dear Emundus,

    I was admitted to the main list of EMCL, and I read your article about the ‘main list’.
    Now the problem lies in the future prospective visa application.. It says that the application process may take up to 6 months (my first semester is in Germany) is this another myth or is it true?
    Because the final confirmation by the European Commission will be late April, while departure is early September (the first if I’m not mistaken)
    terima kasih!

    • Sorry telat banget balesnya.. very busy lately..

      greatt.. 6 months itu mgkn untuk negara2 tertentu..
      indonesia sih cepet lahh.
      apalagi skrg aplikasi visa schengen kan dipermudah (ada press releasenya bulan lallu).
      no need to worry..

  40. Untuk Emundus,

    Saya adalah mahasiswa arsitektur di tingkat akhir.
    Saat ini saya berencana untuk terlibat dalam kegiatan internship di salah satu biro di Belanda yakni UNStudio.
    Pada website yg saya baca terdapat keterangan bahwa lebih baik sekaligus menngajukan Erasmus Program erti yg dikutip d bawah ini;

    ” In the Netherlands a strict difference exists between a trainee position and a professional position. In order to apply as a trainee, you have to be in school or university. Dutch tax regulations only permit trainees (non-graduates) to receive a compensation of € 600,- a month on top of the expected study grant. In order to make international exchange possible we encourage people to get a grant from the Leonardo/Erasmus program. Your university should be able to supply you with information and UNStudio will support you in your application.
    http://www.unstudio.com/studio/vacancies

    lalu apakah Emundus dapat membantu hal ini?

    Untuk itu saya mohon bantuannya dalam mengurus inernship ini
    Atas Bantuan dan sarannya saya ucapkan Terimakasih..

  41. Hi Emundus,
    Cuma mau mampir untuk mengabarkan selection result dari IT4BI sudah keluar,
    dan Saya berhasil masuk Reserve List,
    Terima kasih atas tips-tips dari semua teman-teman yang ada di sini,
    Dan selamat bagi teman-teman yang berhasil masuk Main List 🙂

    Pertanyaan Saya,
    Apakah mungkin Saya tahu ada di urutan berapa di Reserve List?

  42. Selamat malam admin Emundus,

    Saya salah satu pelamar Mundus MAPP 2012, baru saja cek di aplikasi online embarknya dan baru muncul item baru as of 20 februari 2012:
    “admission decision : wait listed”
    Yang saya baca dari komen komen dan artikel disini secara garis besar adalah kita harus menunggu dan berdoa sampai bisa masuk menjadi mainlist. Yang ingin saya tanyakan adl bagaimana kesempatan saya untuk diterima setelah sampai di tahap ini? Khusus mengenai MAPP, sebenarnya saya sudah tanyakan kepada konsorsium mengenai kemungkinan yg akan diterima yaitu 7 pelamar Category A, 1 dari Western Balkans dan Turkey dan 1 dari Eastern Neighbourhood Countries. Yg saya tahu untuk tahun kemarin cuma ada satu pelamar dari Indonesia yg masuk main list Mundus MAPP 2011. Apakah mungkin ada yang bisa berbagi pengalamannya supaya saya nggak begitu deg degan? 🙂
    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih.

    Salam,
    -Ghia-

    • Dear Mba Ghia,

      Salam kenal sebelumnya..saya adit dan sepertinya kita senasib, sama2 mencemaskan status “wait-listed” kita. Well, saran saya seh paling cuma kita tinggal berharap yang terbaik aja sambil terus berdoa (semoga apa yg emundus bilang tentang “kemungkinan akan terbuka apabila semua yang ada di main list mengundurkan diri” hehehe). So far, saya juga sudah mencoba saran lain dari emundus soal “menanyakan rangking kita di dalam reserve list itu sendiri”…..dan walaupun belum ada balasan apapun, tapi saya masih sabar menanti kok!! Anyway, harapan saya semoga kita bisa tetep berjuang terus dan pantang menyerah yah..mba, Wish you all the best.

      Cheers,
      -Adit-

  43. Malam Emundus…

    Sebenarnya ada beberapa hal yang masih mengganjal di benak saya terkait beasiswa ini, meskipun saya baru semester 6 tahun ini tapi saya sudah prepare beberapa persyaratan yang diminta pihak konsorsium, seperti prepare toefl ibt, latihan bikin motivation letter, nyari2 dosen buat nulis rekomendasi nanti, dll. karena saya bener2 terpacu oleh emundus untuk bisa jadi “jus jeruk” bukan jeruk biasa. ^^
    saya berminat ambil program MENDEG. tapi ada beberapa pertanyaan yang butuh pencerahan dari admin, diantaranya :

    a. apakah ada contoh tertentu terkait dengan pembuatan surat rekomendasi seperti halnya dengan motivation letter yang pernah di publishkan di blog ini?

    b. titel dosen yang membuat surat rekomendasi untuk kita itu apakah menjadi pertimbangan mereka?

    c. pernah nggak dari para alumni emundus yang nempuh studinya molor dari waktu yang telah ditentukan? misalnya harusnya 1-2th udah kelar, tapi dia malah molor jdi 2thun lebih sekian. nah, apakah dari pihak emundus akan mengeluarkan kebijakan tertentu terhadap mahasiswa tersebut? misalnya dikeluarkan dari universitas, ato tetep jalan tapi dengan uang pribadi, ato seperti apa.

    d. Pada sistem administrasi yang berkaitan dengan mencantumkan nama pengaju beasiswa, baik itu untuk pengisian form IELTS/TOEFL ato pembuatan pasport biasanya ada first name, and second name. bagaimana dengan pengaju beasiswa yang hanya mempunyai first name saja, misalnya Ramadhani, Abdurrahman. tanpa mempunyai second name?

    Terima kasih.
    Semoga berkenan menjawab.
    Mohon maaf jika pertanyaannya pernah diajukan oleh temen2 yang lain.

    Salam.

    F4risi

    • Sorry telat banget balesnya.. very busy lately..

      a. belum ada tuh.. karena surat rekomendasi kan sifatnya spesifik untuk tiap kandidat dan untuk tiap pemberi rekomendasi.. tapi kalo kontennya apa aja, bisa nyontoh program2 EM yang mencantumkan template surat rekomendasi..

      b. bisa jadi.. kalo applynya S2, lalu titel dosen cuma S1, kurang proper yah..
      univ tempat dosen tsb dapat gelar jg mgkn bs jd pertimbangan lho.

      c. ada kok yg seperti itu.. mereka lanjut dgn biaya sendiri atau cari beasiswa lainnya..

      d. biasanya 1 nama itu diulang, misal: Ramadhani Ramadhani

      • Terima kasih, admin atas jawabannya jadi dapat pencerahan. kirain pertanyaan saya termasuk pertanyaan yang layak masuk ‘spam’ ternyata tidak.

        1 lagi, pada poin d : apakah nama itu nantinya tidak berpengaruh kedepannya. misal untuk gelar ijazah masternya nanti?

        Regards.

        F4risi

  44. Halo emundus,

    I made a fatal mistake.. Saya mendaftar untuk program MERIT, semuanya sudah saya upload dan saya submit. Ternyata di CV saya, pengalaman kerja yang harusnya saya tulis April 2006 – September 2009, saya tulis April 2010 – September 2009.

    Ada saran? apa saya harus kirim email ke konsorsium atau biarkan saya dan berserah pada nasib?

    makasih sebelumnya 😦

    • Sepertinya untuk MERIT sudah keluar ya pengumumannya..
      Ya lain kali kalau ada salah, silahkan langsung ke konsorsium saja..

  45. Dear Emundus,

    Saya baru mendapatkan notifikasi bahwa saya masuk reserve list untuk program MSPME. Keliatannya akan berat krn cuma ada 12 scholarships dan ada 50 reserve lists. Dan mengutip dari emundus
    “Yang terpenting adalah dalam setiap kelas pasca sarjana, maksimum 20% peserta berasal dari negara yang sama dan tidak boleh lebih dari 2 peserta berasal dari universitas/institusi yang sama. Misalnya satu kelas terdiri dari 25 pelajar, maka maksimum 5 orang berasal dari negara yang sama, misalnya Indonesia, dan maksimum 2 orang dari mereka berasal dari unviersitas/insitusi yang sama di Indonesia.”, sepertinya lebih berat lagi krn pasti akan sangat jarang untuk orang yg mendapatkan beasiswa ini mundur..
    Namun, mudah2an saya masih punya kesempatan untuk masuk ke main list, sekecil apapun kemungkinan itu 🙂

    Regards,
    Robin

    • masuk reserve list, tergantung dulu reserve list ranking berapa..
      tahun lalu ada yang dari ranking belasan, bisa masuk main list juga (beasiswa main listnya cuma 8).

      • Apakah saya bisa mendapatkan rankingnya? Saya coba hubungi universitasnya, dan mereka tidak bisa menyediakan info tersebut. Tapi klo pun tidak bisa, saya tetap akan berharap yg terbaik saja.
        Terima kasih..

        Best regards,
        Robin

      • Thanks 🙂 Tapi untuk program MSPME, saya sudah dikonfirmasi dari pihak universitasnya. Yg bisa ditawarkan hanya beasiswa consortium sebesar 4,500 euro, dan dengan pertimbangan pribadi, saya dengan berat hati menolak offer tersebut.
        Tapi masih ada satu lagi yg saya tunggu, yaitu untuk program GIM. Sampai skrg belum ada keputusan final mengenai posisi saya di reserve list.
        Thanks untuk bantuannya 😀

        Regards,
        Robin

  46. Salam,

    untuk program EMBC dan MIND sudah ada pengumumannya, saya hanya masuk reserve list untuk program EMBC dan MIND, dan program EMAE masih menunggu pengumuman. Sedangkan tahun lalu gagal total, hanya sebagai kategori fee paying student di program EMAE. Dua program lainnya yaitu MESPOM dan MIND gagal. Saya kira masalah TOEFL sebagai penyebabnya karena saya hanya mengirimkan TOEFL Like, bukan TOEFL International. Untuk applicant tahun ini agar mempersiapkan TOEFL sebaik-baiknya, dan harus TOEFL internasional.

  47. boleh nanya nggak?kalo ingin mendapatkan beasiswa erasmus mundus ini,apa yang harus di persiapkan terlebih dahulu?kemudian minimal nilainya berapa?ada nggak yang jurusannya s2 untuk jurusan fisipol dan jurusan sastra?thanks….

    • Tidak usah.. sudah integrated antara beasiswanya dengan programnya..
      pastikan saja seluruh pengisiannya sudah benar.

  48. Dear Mundus,

    I would like to inform you too that the EMTM selection result has been released on March 8. Alhamdulillah, I am in the main list and waiting for the final approval in April.

    Share dong, ada yang diterima untuk EMTM juga?

  49. Hello, I am Umair, a film student from Pakistan. I am currently studying my final year of Bachelor degree in Media Sciences. I got to know about Erasmus Mundus master in documentary filmmaking program named DOC NOMADS in December 2011. I submitted the application with required films and scanned documents they had asked for. After a few weeks, I received an email from the consortium that I have been selected in the first process of application and have been appointed for a Skype interview.

    Few days later I gave the interview which went very well and on February 28th, I received an email which said,

    “Dear Candidate,

    I am happy to inform you that based on the decision of the Academic Board you have been admitted to DOC NOMADS documentary directing master course.

    Additionaly and in advance I inform you that you have been suggested for a scholarship. Please note, that the final decision will be made by the third week of April, when EACEA – the Europen agency providing the support – comes out with the finalised number of scholarships for DOC NOMADS. Previously, they defined the probable number of scholarships in 19.”

    I am happy to know that I have been admitted to DOC NOMADS program. Now I have one unanswered question regarding final decision which is to be made by EACEA. What amount of chances are there for my scholarship status to be rejected by the EACEA? If incase it does happen, on what grounds would the rejection take place?

    • HI Umair, when I created this forum, I never thought that non-Indonesian will use it too.
      However, it seems now that you are already a candidate for the scholarship.
      The consortium will just need a “yes” from EACEA.
      Please be patient for a while and let them make their decision.

      In Indonesia, most of the candidates are given scholarship once their names are already submitted to EACEA.
      Very small chance to be rejected, unless there are some specific reasons.

      All the best for your application.

  50. Tolong dong admin,
    bisa ngasih tahu gak alamat kantor perwakilan erasmus mundus di Surabaya??? rencanaku mau ngadain seminar beasiswa di Surabaya……..

  51. Dear Erasmus Mundus,

    Saya sudah apply ke MSc Strategic Project Management (European) programme, nah sekitar bulan febuary saya mengirim email pertanyaan mengenai keputusan dari application saya terkait dengan program tersebut, sebab pada webnya di beritahukan bahwa pengumuman akah keluar pada early year 2012. Lalu mereka merespon email pertanyaan saya sebagai berikut:

    You have applied for the MSc Strategic Project Management (European) programme on reference D00041988 which includes an application for the Erasmus Mundus scholarship. Once the decision is made who to award the scholarships to then a decision upon the application for the programme will be made. This is expected now in early March. You will receive an email with the decision.

    Nah pertanyaan saya, kira-kira saya harus mengfollow up lagi atau tunggu saja sampai akhir bulan maret? Soalnya saya takut dikira bawel sama mereka.
    Terima kasih.

  52. Saya masuk reserve list SELECT. Boleh tahu data tahun lalu ada berapa reserve list untuk SELECT secara total?
    Karena konsorsium tidak memberikan data peringkat reserve list tapi saya ingin mengira-ngira chancenya.

    Kebetulan SELECT punya dana beasiswa lain selain dari uni eropa. Apakah bila mendapat beasiswa lain tsb,
    masih diundang untuk pre-departure, milis EM, ikatan alumni dsb?

    • Reserve list itu ada rankingnya juga.
      Jadi peluangnya sebenarnya tergantung dari ranking berapa anda di reserve list 😉

      Kalau untuk undangan, data yang kita dapatkan dari EU adalah penerima beasiswa EM saja.
      Namun, bisa saja sih dipertimbangkan untuk diikutkan, kalau anda yang info ke kita.
      Infonya bisa melalui blog ini 😉

  53. Mas/Mbak Emundus,
    Saya barusan ngecek email, alhamdulillah saya sudah mendapat pemberitahuan mengenai hasil pre-seleksi yang dilakukan untuk program EMMECC Nursing (Erasmus Mundus Master Emergency and Critical Care Nursing). Mereka mengatakan bahwa saya masuk kedalam list daftar aplikasi yang akan diusulkan ke EACEA untuk mendapatkan beasiswa.

    “We would like to inform you that after the selection procedure you have been pre-selected and your application has been placed in the:
    List of applications proposed to the Education, Audiovisual and Culture Executive Agency (EACEA) for an Erasmus Mundus scholarship (Category A).
    Please note that the official scholarship confirmation will only be given after the EACEA’s notification to the consortium, approximately by the second half of April 2012.”

    Disitu tidak disebutkan apakah saya masuk main list atau reserve list. Saya berharap ini main list dan AECEA akan menerima usulan tersebut dan menjawab “yes”. Bismillah…….

    Tahun 2011, emundus menampilkan EM 2011-Announcement and Schedule (kalau tidak salah ya….) untuk tahun 2012 ini apakah mungkin menampilkan juga??

    Terimakasih sebelumnya.

  54. Dear emundus

    saya apply one more step erasmus mundus dan dapat email Communication to approved but not granted applicants yang isinya “This is to inform you that although your application has been approved by both home and host institutions, and you have a good profile you are not among the awarded grantees, due to the reduced number of grants offered and the unexpected number of applications received ( 579 competitors for 80 scholarships)”

    apakah ini maksudnya sya tidak termasuk dalam penerima beasiswa atau hanya pemberitahuan bahwa persaingan sangat ketat?
    Mohon penjelasannya ya
    Terima kasih 🙂

    • Iya, tidak termasuk dalam penerima beasiswa.
      Tetapi kalau ingin mengambil programnya dengan biaya sendiri, mereka akan menerima anda.

  55. dear admin..

    nama saya intan, pelajar kelas 3 SMA.
    saya lagi nyari sholarship luar negeri, dan ada kenalan yang bilang kalau erasmus juga ada program buat undergraduatenya.
    tapi setelah nyari info sana-sini, saya ga dapet kesimpulan yang jelas.
    malah pernah dapet file panduan buat calon mahasiswa libanon.

    semoga admin bisa membantu saya

    terimakasih banyak

    salam
    intan

  56. Hola Emundus,
    barusan dapat notification e-mail kalo aku masuk main list untuk European Masters in Lifelong Learning (MALL) 🙂
    final resultnya akan diumumkan akhir April atau awal Mei ini.

    Oiya, jika sudah masuk main list kemungkinannya berapa persen ya untuk sukses sampai tahap akhir? Lalu bisakah share info kandidat lain dari Indonesia yang masuk mainlist MALL?

    thanks!

  57. Nama saya Irena , alhamdulillah masuk dalam reserve list lotus II EM 2012. Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan, kalau saya masuk reserve list di Ghent University apa berarti saya sudah mendapat LOA (diterima di Gent)? Kalau iya, bisa tidak saya tindak lanjuti, misalnya saja minta LOA dari pihak univ, dan ikut perkuliahan walau tanpa beasiswa erasmus? Terimakasih sebelumnya.

  58. Dear Admin

    Saya diterima oleh program IMETE tapi tidak keterima beasiswanya. Pihak univ menyaranakan untuk coba Lotus II. Setelah .saya cek program Lotus II untuk Indonesia hanya tinggal beasiswa phd dan postdoc. Apa ada saran beasiswa lain yang bisa dicoba?
    Thanks

  59. Salam…
    saya masuk dalam reserve list….kira-.kira berapa lama kepastian kita dapat atau tidak…
    apa yang dimaksud dengan First Cohort, Second cohort n third cohort pada EM Action 2 Lot 13…karena pengumuman result first cohort….

    • Cohort disini maksudnya timeline untuk start of mobility EM Action 2; 1st Cohort: Sept 2011-31 Dec 2012, 2nd Cohort: Sept 2012-Dec 2013, 3rd Cohort:Sept 2013-Dec 2014.

      Saya juga tadinya bingung apa maksudnya first cohort, setelah nyari2, akhirnya ketemu keterangan ini. Tapi saya lupa linknya, jadi ngga bisa share, hehe…

  60. Dear Mimin Emundus

    Kebetulan saya apply ke Erasmus Mundus Master Program of Journalism, Media, and Globlisation yg lokasi perkuliahannya di Denmark dan Amsterdam. Beberapa minggu lalu saya dikabarkan oleh mereka bahwa mereka menerima saya. Tapi program Emundus yg saya ikuti ini bukan scholarship dr Emundus. Tapi yang mengharuskan saya bayar 8000 Euro per tahun (syukurnya saya dapat beasiswanya dari kementrian pendidikan).

    Anyway, salah satu syarat agar beasiswa saya di kementrian cair adalah saya harus melampirkan rincian biaya, termasuk asuransi, visa, dan resident permit. Apakah mimin (red: admin) punya contoh rincian biaya disana?

    trus pengurusan resident permitnya gmn ya? apakah saya harus mengurus 2 resident permit (1 aarhus-denmark dan 1 amsterdam)? prosedurnya bagaimana ya?

    terkait dgn asuransi, saya urus sendiri atau d bantu pihak erasmus mundus?

    housingnya? cari sendiri atau pihak erasmus juga bisa membantu terkait hal ini?

    terima kasih.

    • Halo, untuk rincian biaya, bisa didapatkan dari konsorsium program terkait.
      Bisa dari koordinatornya, atau terkadang dari bagian International Relations univ bersangkutan.
      Demikian pula untuk informasi housing, permit, visa, akan dibantu oleh program bersangkutan.

      Untuk permit, kemungkinan yang akan diurus adalah yang tahun pertama dulu.
      Setelah akan pindah, baru mengajukan permit yang kedua.
      Demikian pula untuk visa.

      Untuk housing, ada beberapa univ yang memiliki asrama.
      Ada juga yang dari negaranya menyediakan asrama mahasiswa.
      Tetapi ada juga yang mahasiswanya harus self survive cari2 sendiri.
      Saran saya, kontak PPI setempat karena mereka yang paling tahu informasi lokal di kota/negara tsb.

  61. Dear Eramus Mundus
    saya sgt tertarik dg program ini … smga dg media ini yg sy tgu cukup lama krna sy pernah d info kan akan d ushkan utk program perawatan koleksi ( Konservation n Preparation ) Paiting utk koleksi Lukisan n benda seni maupun Class Museum or Class Art .
    karena dg kapasitas sy sbg pengelola koleksi di Bogor Palace kiranya kemudahan n kelancaran akan sy dpt kan krn sgt syg sekali dg koleksi MASTER BAIK DR iNDONESIA maupun dr Luar Negeri ada d Bogor Palace .
    saya berharap tahun ini maupun tahun dpn sy akan siap karena berkaitan dg sejarah masa lalu belanda d Bogor Palace ini akan berarti banget utk masyarakat dlm negeri maupun dr luar negeri yg akan berkunjung ke Bogor Palace .
    Tks utk smua smga kerja sama terelisasi dalam waktu dekat .

    Best reggard

    Maprayadi Hidayat

    • silahkan diajukan saja aplikasinya Pak ke program yang dituju.
      langkah2 sudah tertera di atas.

      semoga tujuan mulianya bisa segera tercapai.

  62. Dear Erasmus Mundus,

    Pada bulan Desember tahun lalu saya mengajukan aplikasi untuk JEMES 2012/2013,
    Berdasarkan jadwal, seharusnya hasilnya sudah keluar pada awal Maret kemaren,
    Karena belum keluar sampai pertengahan Maret, saya mengirim email ke komite dan mereka membalas bahwa hasilnya akan keluar akhir Maret.

    Namun sekarang sudah pertengahan April dan saya belum mendapatkan notifikasi lulus/tidaknya.
    Mungkin ada teman2 yang punya pengalaman atau sudah dihubungi oleh pihak JEMES,
    Apakah jika kita tidak lulus, juga tidak ada notifikasinya?

    Terima kasih 🙂

    • Hmm, kalau lulus (main/reserve list) pasti ada notifikasinya.
      Kalau tidak lulus, kalau ada notifikasi, biasanya ditawari untuk biaya sendiri (seperti yang banyak ditanyakan teman2 lainnya).

      Tergantung culture tiap univ/negara, bagi yang menganut “positive confirmation”, hanya yang hasilnya positif saja yang diberi tahu.

      • Dear emundus,
        Thanks atas reply nya,

        Kemungkinannya adalah saya tidak lulus sehingga tidak ada notifikasi..
        Tapi saya masih penasaran, siapa tau mungkin mereka belum memutuskan (saya ada job offering yang harus segera di-respon, tapi jika di-accept oleh JEMES, saya memilih utk melanjutkan studi dan menolak tawaran kerja tsb);
        pertanyaannya: Apakah cukup sopan bila saya meng-email kembali pihak konsorsium untuk meminta konfirmasi? (mengingat saya sudah pernah email juga Maret lalu). Atau apa sebaiknya saya menunggu saja?

        Terima kasih 🙂

      • no problem.. email saja;)
        toh terakhir email juga di maret kan..

        tapi ya simple saja, ga usah menyebut2 ada offer pekerjaan.
        make it straight and direct aja 😉

      • Kemarin waktu ngirim aplikasi yang hardcopy saya masih pake KTP nasional, dan alhamdulillah diterima. Tapi saya beri catatan bahwa paspor masih dalam pengurusan dan akan dikirimkan secepatnya sebelum waktu pengiriman hardcopy berakhir. silahkan dicoba 🙂

  63. Another reserve list offer 😦 Saya cuma mau info saja, untuk program MSPME, sbg reserve list, saya sudah tidak punya kans untuk masuk ke main list. Dan untuk program GIM, saya juga ada di reserve list. Mereka akan mengumumkan final decision-nya sekitar akhir April sampai dengan Mei. Untuk rekan-rekan dari Indonesia yang berhasil masuk main list utk kedua program tersebut, congratulations guys!

    Best Regards,
    Robin

  64. Dear mba/mas, mau bertanya:
    1. Apakah ada kewajiban bagi lulusan program S2/S3 Erasmus Mundus untuk langsung kembali pulang ke Indo? Ataukah diperbolehkah bekerja terlebih dahulu di sana setelah lulus?

    2. Saya pernah diinformasikan teman, kalau selama berkuliah dalam program Erasmus Mundus diharuskan pulang minimal 2 kali ke Indo dengan biaya yang ditanggung oleh pihak Erasmus Mundus, benarkah itu?

    Terima kasih banyak. 🙂

    • 1. Nope. Bebas. Boleh kerja di sana (asal cari sendiri yaaa…), boleh juga langsung pulang.
      2. Nope. Biaya pulang tanggung sendiri. 🙂 Beasiswa diperhitungkan 1 kali PP (diasumsikan untuk berangkat untuk sekolah dan pulang setelah lulus).

  65. Dear Emundus-er:

    Sy dah dapat pemberitahuan dr konsorsium kl sy ga dpt beasiswa EM, tp sy diterima untuk kuliah dgn biaya sendiri. Kira2 dimana sy bs cari info ttg beasiswa yg memberikan pendanaan utk mhsiswa dari Asia?

    Btw, EM yg sy tuju adalah S-2 di Scotlandia & Jerman.

    Thanks utk jwbnnya.

    Evron.

    • Lihat di website universitas/fakultas tujuan.
      Biasanya ada bagian funding, scholarsip, atau semacamnya.

      Kalau Jerman, coba cek juga website DAAD.

    • Salam,

      Asian Development Bank (ADB) dan World Bank biasanya juga menyediakan beasiswa. Alamat websitenya pernah di posting di sini oleh rekan kita. Silahkan ditelusuri.

    • dear emundus
      bagaimana cara agar bisa dapat beasiswa EM, ada ga untuk fakultas pertanian atau peternakan..?
      thanks.

  66. dear emundus,
    saya blm beruntung thn ini karna 2 program yg saya minati direfuse aplikasi saya,saya ingin bertanya emundus.karna saya terikat kontrak kerja slama 3tahun,saya berniat untuk mendafatr lg dtahun ketiga nanti,untuk surat rekomendasi apakah selalu harus yg terbaru untuk pembuatannya?dan kl sudah bekerja lebih baik meminta srt rekomendasi dr dosen atau dr atasan dtmpt kerja?terimakasih untuk masukannya emundus

    • iya dong yang terbaru.. siapa tahu ada nilai2 lain yang bisa dijual dibandingkan surat terdahulu..
      cek ketentuan dari programyang di-apply.
      beberapa tetap mengharuskan dari dosen, sekalipun anda sudah bekerja.

  67. Saya keranjingan baca komen2, krn saya ingin lebih memahami teman2 yang sedang berjuang. Saya sendiri akan berjuang utk emundus scholarship tahun depan.
    Tampaknya agak susah yh mendapat beasiswa ini. Kira2 pertimbangan apa sih yang menjadi dasar utk terpilih.

    Terima Kasih.

  68. Dear Erasmus Mundus,

    Saya mendapatkan email dari consortium namun masih agak bingung dengan maksud mereka.

    “If you are receiving this message, this is good news because it means that you have been accepted in the WOP-P Master’s programme starting in academic year 2012-2013. Congratulations!!!! We only ask you a bit more of patience in order to know about the results of the Erasmus Mundus scholarships. Results will be disclosed by e-mail to your e-mail address. You will also receive instructions about further steps to be taken after knowing the results of the EM scholarships”

    Apakah berarti saya telah diterima namun masih menunggu atau bagaimana? Mohon maaf apabila pertanyaan saya terdengar kurang pintar.
    Terima kasih banyak sebelumnya.

    • As the email says.. congrats to you..
      Anda sudah masuk main list, dan sekarang WOP-P sedang mengajukan final approval ke EACEA untuk beasiswa anda..
      Tunggu email berikutnya dari mereka.. should be in (very) near time..

      Let us know, kalau sudah confirmed 😉

      • Dear Sakti & Emundus,
        Salam kenal. Sya juga melamar ke WOP-P dan menerima email yang sama. Semoga saja kita bisa meraih EM grantnya. Kalau bole tau, dari pengalaman2 tahun lalu sampai pada tahap ini berapa persen kemungkinan kita akan meraih EM grant? Biasanya kemungkinan kita bisa gagal itu dimana?
        Untuk cadangan, apakah dari alumni ada saran mengenai beasiswa cadangan yang bisa kita apply?
        Mohon advicenya. Thank you.

      • beasiswa lain ada di website univ / fakultas bersangkutan.
        di bagian “funding” biasanya.

      • Salam kenal juga Vitam. Saya juga sampai detik ini belum dapet konfirmasi dari konsorsium yang bersangkutan.
        Jujur saja, saya sudah agak pesimis untuk dapat diterima beasiswa full dari EM. Tapi semoga saja kita berdua bisa meraih EM tersebut :p
        Apakah sdr. Vitam, ada alamat email yang bisa dihubungin? biar kita bisa saling sharing informasi 🙂

      • oya, ada yg lupa dijawab, kemungkinan gagal kalau sudah terima email di atas, hampir tidak ada.
        selama anda tidak melakukan pelanggaran (misal: apply ke lebih dari 3 program, atau ada data yang dipalsukan), should be no problem.
        sejauh ini dari indonesia pun track recordnya mulus2 saja.
        congrats to both of u.

      • Dear emundus,
        Kebetulan saya dpt email yg sama dg sakti dan vitam,saya pengen tahu apakah kami semua masuk main list krn info yang saya tahu per negara dibatasi hanya 2 orang saja untuk penerima grant nya,

        Terima kash untuk jawabannya

      • walahhh.. ini saya baru ketemu nih hal seperti ini..
        jangan2 mereka kirim email ke semua applicant yang diterima “programnya”, tetapi belum pasti untuk “beasiswanya”..

        kalau untuk program2 lain, biasanya email seperti ini ditujukan ke applicant “main list” saja..

      • Saya hanya masuk sebagai reserve list saja. Apakah Desi atau Vitam diterima dalam main-list?

      • hehe kebetulan saya juga cuma masuk di reserve list,,jadi ya tinggal berdoa saja atau hunting pemberi beasiswa lain..

    • Dear Sakti, Emundus, Vitam, dan Desi,

      Salam kenal.

      Saya juga mendapat e-mail yang sama seperti di atas. Mungkin benar yang Emundus bilang, kalau mereka kirim email ke semua applicant yang diterima “programnya”, tetapi belum pasti untuk “beasiswanya”..

      Nah, hari ini, saya dapat kepastian kalau saya masuk di reserve list. Mereka juga bilang:

      In short, the European University of WOP Consoritum which you have chosen as your first mobility will contact with you to consider your acceptance in WOP Master Programme Erasmus Mundus without an Erasmus Mundus Scholarship.

      Pertanyaan saya adalah, apakah dengan pernyataan di atas, berarti saya tidak dapat beasiswanya atau harus menunggu karena masuk di reserve list?

      Terima kasuh untuk jawabannya 🙂

      • iya, dari statement “to consider your acceptance in WOP Master Programme Erasmus Mundus without an Erasmus Mundus Scholarship” berarti anda ada di reserve list. skrg tinggal tergantung 2 hal:
        1. ranking anda di reserve list
        2. adakah kandidat main list yang mengundurkan diri

        baca juga post hari ini: http://www.facebook.com/groups/59848373277/

        Destriani Nugroho
        Tahukah Anda apa yang disebut dengan “main list” dan “reserve list” pada beasiswa Erasmus Mundus?

        Main list adalah mereka yang masuk dalam nominasi penerima beasiswa Erasmus Mundus. Reserve list adalah mereka yang masuk dalam daftar cadangan, apabila penerima beasiswa “main list” ada yang mengundurkan diri.

        Saat ini terdapat lebih dari 130 program pasca sarjana EM. Dalam satu program pasca sarjana EM terdapat 7-17 penerima beasiwa EM. Apabila salah satu dari mereka mengundurkan diri maka mereka yang berada pada reserve list program tsb akan ditawarkan untuk masuk ke dalam main list. Reserve list disusun berdasarkan ranking hasil penilaian aplikasi.

        Komposisi penerima beasiswa EM dalam satu program pasca sarjana EM adalah maksimal 2 orang dari kebangsaan yang sama.

        Tahun 2011 ada sekitar 60 penerima beasiswa EM dari Indonesia dan sekitar 10 diantaranya adalah mereka yang sebelumnya masuk di dalam reserve list.

      • Thank you untuk penjelasannya. Mungkin, apakah ada pengalaman dari rekan-rekan lain untuk program WOP-P ini? Saya ingin bertanya, sampai kapankah saya harus menunggu sehingga dapat dipastikan bahwa saya dapat pindah ke main list atau tidak?

        Terima kasih 🙂

      • Dear all,

        Saya baru dapat e-mail notifikasi lagi dari panitianya kalau saya tidak terpilih untuk menerima beasiswa EM untuk program WOP-P. Mungkin mau nyoba lagi untuk tahun depan 🙂 Selamat bagi yang terpilih 🙂

    • Dear all,
      Sori br ikutan nimbrung. As the published result, sy juga hanya di reserve list. Klo bole tau, dari Indo ada yg perna dapat EM utk program WOPP ga? Ato yg lulus program tp ga dapat EM? Mgkn kita bisa dapat no. contactnya dari Erasmus mundus. Sy sbnrnya masi agk bingung dgn pernyataan “In short, the European University of WOP Consoritum which you have chosen as your first mobility will contact with you to consider your acceptance in WOP Master Programme Erasmus Mundus without an Erasmus Mundus Scholarship.” Apakah ini berarti tanpa EM grants pun, mobility mode itu ttp ada. Yang jadi pertanyaan saya, apakah itu berarti kita lulus di Universitas yang kita pilih sebagai pilihan pertama kita? Soalnya ini sangat berpengaruh ketika kita akan mencari beasiswa lainnya.
      Saya masih benar-benar berharap untuk bisa mengikuti program WOPP ini, with a grant of course. Thank you.

      • Apakah ini berarti tanpa EM grants pun, mobility mode itu ttp ada? Ya, benar

        Apakah itu berarti kita lulus di Universitas yang kita pilih sebagai pilihan pertama kita? Anda diterima program WOPP dan bisa mengikuti seluruh kurikulum WOPP, termasuk mobility, hanya saja fundingnya tidak ditanggung oleh beasiswa EM.

  69. Halo, mau tanya, apakah benar ya pengumuman scholarship tahun ini diundur sampai minggu depan? Karena based on janji konsorsiumnya, by the end of April mereka bakal email kita pengumumannya.

    Sama mau tanya lagi, semua aplikan program yg saya daftar suka email-emailan satu sama lainnya. Salah satu dari mereka mengaku udah dapat email dari EM kalau sudah dapat beasiswanya. Apakah artinya, pengumuman “belum resmi” sudah dilakukan dulu untuk mereka yang dapet, dan yang nggak dapet email artinya nggak dapet beasiswa?

    Thanks anyway!

    • kalau dapat emailnya dari konsorsium ya brarti “resmi” dong..
      bbrp konsorsium memang penganut “positive confirmation”, alias kl nggak dapet email artinya nggak dapet beasiswa

  70. hiii teman..
    aku baru bergabung nih..
    ohy, saya mau daftar beasiswa eramus-mundus, pas saya lihat daftar programnya,, kok ngak ada di bidang bisnis ya???
    mohon bantuannya teman… saya pengen lanjut study di bidang bisnis.. 🙂

  71. Dear Erasmus Mundus,

    Saya beberapa hari lalu mendapatkan email seperti ini dari konsorsium EMSE(programnya sama kaya mas Rahadian Bayu dan Rosulla Topan).

    Congratulations!

    we are glad to inform you that you have been admitted to the European Master in Software Engineering. You have also been selected for one scholarship of the EMSE Consortium for the learning path UKL-FUB.

    Please, send to emse-secretariat@unibz.it a confirmation email that you accept the scholarship for the given path (write the path explicitly). If you do not answer by that time the scholarship will be re-assigned.

    Saya telah reply ke mereka, sekarang tinggal nunggu instruksi dari UNIKL. Saya juga telah menerima surat resmi dari mereka. Namun belum mendapatkan keterangan kapan berangkat, kapan beasiswa turun, dll. Yang saya tanyakan adalah, kapan biasanya beasiswa turun, soalnya saya lihat pengurusan visa ke jerman butuh dana dulu sekitar 7000euro. And I dont have that much if i have to use my own money first. Dan apakah ada saran lain apa yang harus saya lakukan skg? Mohon dijawab ya trima kasih 🙂

    • beasiswa biasanya turun setelah sampai di eropa dan buka rekening di sana.
      pengurusan visa untuk student, apalagi dgn scholarship, tidak butuh dana samapi 7000 euro.
      biasanya malah free, dan ada surat jaminan beasiswa sebagai bukti finansial.
      no worries untuk hal ini.

      berangkat maybe sekitar agustus/sept karena perkuliahan dimulai sekitar itu.
      nanti pasti akan ada instruksi lebih lanjut.

      jangan terlalu pusing ini itu, semua akan di-guide pada waktunya..
      enjoy the ride dan see u di pre departure 2012.

      • Surat jaminan beasiswa itu seperti apa ya mas/mbak?
        apakah admission letter resmi itu bisa dipakai? soalnya di admission letter yg saya terima juga tercantum keterangan saya menerima beasiswa beserta detail jumlahnya.
        kalau bisa saya mau segera ngurus visa, hehe trims.

      • admission letter itu dari univ ya?
        biasanya ada 1 surat lagi dr brussels, ya isinya kurang lebih hampir sama, tetapi menyebut juga ada asuransi, dll.

        visa biasanya tidak bisa terlalu jauh2 hari untuk negara2 tertentu (silahkan ditanya).
        bbrp negara, hanya mau melayani sekitar 1-2 bulan dr tgl keberangkatan.

        jadi kalau skrg baru bulan mei, masih kejauhan 😉

        mending lakukan persiapan2 lain saja.
        cari kontak ppi lokal, browsing tiket pswt murah, nyicil beli perlengkapan yang mau dibawa, buat list yang mau dibawa, dll.

      • Trima kasih replynya. Iya mas/mbak, formal admission letter yg saya terima berasal dari konsorsium EMSE (diwakili oleh univ FU bolzano). Di surat itu bilang saya akan dihubungi ‘next week’ oleh TU Kaiserslautern (univ pilihan tahun 1) regarding documents and procedure to follow.
        Tapi udah 2 minggu blm ada email lagi, apakah emang lama y berdasarkan pengalaman mas/mbak sebelumnya? baru 2 minggu sih sy nunggu, but it feels like thousands year :p. btw udah ada blm sampai saat ini yg udah dpt pemberitahuan resmi bagaimana prosedur dan petunjuk2 lengkap lain dr konsorsium? terima kasih.

    • Hi Taufan, congratulations ya. 🙂
      Sebagian besar informasi sudah via japri, kan ya?

      Tapi sekedar tambahan saja, pengalaman saya berurusan dengan 2 universitas itu (FUB dan TUKL), perlu diperhatikan hal-hal ini:

      – Requirements untuk bikin visa di kedua negara. Jangan hanya diurus yang negara pertama saja, tapi mulai ditanyakan dan disiapkan yang negara kedua.
      – Admission requirements KE TIAP UNIVERSITAS. Baiknya, jangan hanya mengandalkan konsorsium (koordinator program), tapi tanya langsung ke contact person akademik di TUKL dan FUB. Kadang mereka bisa saja kurang koordinasi, dan nanti agak repot. Misal, syarat TOEFL apakah harus IBT, apa harus bawa ijasah S1 asli, dll.
      – Nampaknya, skema beasiswa yang kamu terima tidak sama dengan skema Erasmus Mundus. Programnya memang European Master, tapi skema beasiswanya agak beda. Untuk itu, klarifikasi sejelas2nya, terutama soal asuransi dan apakah ada syarat performance di sana?
      – Tentang kapan turunnya beasiswa, kalau yang skema Erasmus Mundus, pastinya sih tidak diberikan sebelum keberangkatan, tapi setelah di Eropa. Satu lagi, kalau tahun pertama di TUKL, akan ada mandatory German course 3 bulan, yang dihitung sebagai periode non-akademik. Kalau dulu, selama itu tidak ada beasiswa. Tapi kalau dimanage dengan baik, uang beasiswa pasti cukup untuk cover semua itu. 🙂

      • Hehe iya Mas Topan, trima kasih lho infonya..
        nanti saya tanyakan semua ke konsortium se detail-detailnya.
        kalau tahun ini dimulai agustus mas kelas bahasanya, selama 2 bulan. saya kliatannya nggak bisa lebaran di rumah deh :p
        selama itu berarti harus siap uang saku dulu gt y? trima kasih 🙂

  72. Halo, mau nanya nih. Saya baru dapet email sudah keterima di program IT4BI, nah tuition fee nya itu kan 8000€ per tahun. Saya sudah baca sih kalo batas pendaftaran scholarship udah lewat (2 januari 2012) dan saya submit dokumen baru awal mei kemaren otomatis diluar waktu pendaftaranuntuk beasiswa.

    Kira2 kalo saya apply untuk beasiswa skrg masih ada peluang dapet ga ya?

    Trims

    • ya apply untuk beasiswa lainnya, bukan untuk EM 😉
      biasanya ada infonya di website univ / fakultas bersangkutan..

      • Ok kan ini program bakal dilaksanain di 3 universitas, saya ngikut beasiswa nya ke salah satu uni ato ke semuanya? trus apa memungkinkan salah satu uni ngebiayain total 2 taun ato hanya waktu saya kuliah di uni tersebut? maaf kalo pertanyaannya bikin bingung. Makasih untuk responnya.

        Trims.

      • kalau yang anda masuki adalah program “EM”, maka kurikulum dan kuliahnya akan mengikuti persis seperti program EM.
        mengenai pembiayaan, ini spesifik masing2 program dan universitas, jadi disarankan berkonsultasi langsung dengan konsorsiumnya.

        kalau dr pengalaman yang saya tahu, beberapa teman non beasiswa EM, yang ikut program EM, mereka melakukan:
        1. join ke program lokal (jadi hanya kuliah di 1 univ, dan jadinya bukan program EM secara 100%)
        2. apply beasiswa di tiap univ tempat mereka studi, sesuai periode studi di univ bersangkutan

        untuk nomor 1, maksudnya adalah demikian. katakan program X diselenggarakan oleh fakultas F1 di universitas U1, F2 di universitas U2, dan F3 di universitas U3. nah, penyelenggaraan program X di F1 ini, belum tentu “pure” hanya untuk program X. bisa saja mereka memiliki program lokal Y yang “mirip2” dengan program X, sehingga kuliahnya berbarengan. dalam hal ini, opsinya adalah ambil program Y-nya.

        semoga cukup jelas.

  73. Mau nanya dong, bocoran yg keterima (main list 2012) blom di post yah?
    saya dapat email begini:
    “…Herewith, on behalf of the EMSRHS University Consortium, I would like to notify, that you have been CONDITIONALLY enrolled in the Erasmus Mundus Master Course European Masters in Sustainable Regional Health Systems. The duration of the EMSRHS is two years, from 2012 August – June 2014. You have been CONDITIONALLY awarded an Erasmus Mundus Scholarship offered by the European Commission for academically outstanding students from EU/EUA countries. We are awaiting final confirmation from the European Commission and will notify you immediately upon their decision and other details.
    Best regards..”
    kok saya dimasukin ke kategori B yah pdhal saya kan dr indo? emg pernah ada yg dr indo dpt cat. B

    thx yah

      • Emundus, Thanks for the reply…disitu kan tertulis: ….”You have been CONDITIONALLY awarded an Erasmus Mundus Scholarship offered by the European Commission for academically outstanding students from EU/EUA countries…” kok from EU/EUA countries..sejak kapan yah indonesia masuk EU zone hehe..makanya saya tanya apakah pernah ada dr indo dpt cat. B?

        Thanks yah

      • Mungkin dari sini kali yaaa “You have been CONDITIONALLY awarded an Erasmus Mundus Scholarship offered by the European Commission for academically outstanding students from EU/EUA countries”, ada kata2 “from EU/EUA countries”, jadi ybs mengira itu untuk category B, CMIIW…

      • orang Indonesia yang masuk cat B, bisa2 saja.. tahun lalu ada 4 orang kalau tidak salah.
        mereka2 ini dalam 5 tahun terakhir, ada aktivitas di EU countries selama lebih dari 12 bulan.

    • Dan emg bener saya sudah dikonfirmasi official memang category B, seneng sekaligus bingung…seneng krn hebat juga yah saya sbg org indo bisa ngalahin applicant dr EU, bingung krn nilai beasiswanya lbh kecil agak takut ga cukup untuk living disana…ada contact person gak yg ambil cat. B tahun lalu supaya saya bs diskusi dgn mereka utk dpt saran dan masukan apakah memang cukup nilai beasiswanya untuk hidup di negeri org hehe

      • berarti kualifikasi anda memang cat B? benar begitu?
        untuk living cost akan sangat bervariasi, jadi disarankannya adalah cari kontak ppi lokal di negara/kota tsb.

      • Apabila kantor EU sudah menerima data penerima beasiswa dari kantor pusat di Brussels, maka Insya Allah akan kami sambungkan penerima beasiswa Category B untuk kontak penerima beasiswa Category B sebelumnya supaya dapat berkonsultasi langsung. Seperti Emundus bilang, saat ini silakan kontak PPI lokal akan membantu untuk mengetahui biaya hidup di negara ybs.

      • saya kurang paham juga soalnya memang sy pernah tinggal di negara EU dalam lima tahun terakhir tetapi tidak lebih dari satu tahun (12 bulan) makanya saya heran juga dimasukin ke cat B pdhal di requirement untuk cat A itu tertulis tinggal dan beraktivitas di negara EU lebih dr satu tahun (12 bulan). Tp yasud mau gmn lg keputusannya sudah ditetapkan ato memang msh bisa berubah keputusannya dr pihak EM?, kira2 ada infomasi tidak untuk mendapatkan funding tambahan utk living allowance plus tiket dan biaya mobilisasi dr sumber beasiswa lain? infonya akan sangat berharga 🙂
        thx

  74. Dear teman-teman EMundus, saya terpilih untuk EMundus Action 2 Techno Project.
    Yang mau saya tanyakan, apakah ada pre-departure briefing untuk EM Action 2?
    Thanks.

    • nanti akan dikabari bila ada pre-departure-nya yah.
      untuk saat ini, delegasi EU masih menunggu nama2 main list dari brussels.

      • Insya Allah pre-departure untuk penerima beasiswa EM baik Action 1 (A+B) dan 2 akan diselenggarakan tanggal 4 dan 7 July 2012 di Jakarta. Saat ini kami masih menunggu nama2 final dari kantor pusat di Brussels. Salam.

  75. Halo emundus dan teman-teman semua,
    tadi malam saya sudah menerima e-mail resmi dari MALL bahwa saya terpilih sebagai penerima beasiswa Erasmus 🙂

    Sampai ketemu di pre-departure 2012!

    Oiya, ada yang akan menempuh studi di Copenhagen juga? mari bertukar kontak!
    Salam!

      • Hai Tauf, thanks ya 🙂
        Semua dokumen pervisaan sudah dikirim per e-mail, tapi mgkin aku br minggu depan urus visa ke Jakarta krn harus perpanjang passport dulu. Kamu gimana?

    • Selamat Triarani.
      Alhamdulillah, sy pun mendapat kabar serupa namun untuk program FAME.
      Kalau ada yang mw ke Prancis jg boleh kita bertukar kontak.

      Sampai ketemu

  76. halo saya diterima di Erasmus Mundus OptSciTech dgn negara pertama Finlandia. Program EMundus ini unfunded admission namun saya mendapat beasiswa dari host universitynya :). Nah utk yg program unfunded admission ini akan di hubungi untuk mengikuti pre departure juga kah? Terima kasih

  77. Dear Emundus,
    Saya tertarik dengan master in Early Childhood Education and Care 2012,tp application form nya tidak ada di website,disitu tertulis the survey is not active. Kapan ya diupdate nya?

  78. Hi teman2 Emundus,

    Perkenalkan nama saya David, salam kenal dan selamat buat teman2 yg baru saja mendapat kabar kalau dirinya diterima utk beasiswa tahun ajaran 2012-2014.

    Saya ada 2 pertanyaan mengenai beasiswa Erasmus Mundus ini. CMIIW, tp stlh saya cari dr FAQ, saya tidak menemukan jawaban utk pertanyaan kedua ini. Seandainya sdh pernah dibahas mohan maaf sblmnya.

    1. Melihat deadline aplikasi utk tahun ajaran 2012-2014 sdh tutup, per bulan apa ya kira2 mereka akan buka untuk tahun ajaran 2013-2015? Sepengetahuan saya bagi para calon mahasiswa dr third world country harus mempersiapkan aplikasi jauh2 hari sblm deadline (lebih lama dibanding dengan calon2 mahasiswa dr negara EU). Saya berminat mencoba melamar utk program beasiswa EMundus ini, jadi saya ingin persiapkan diri.

    2. Saat ini saya baru saja selesai menempuh studi S2 di UK (2011-2012). Melihat peraturan bhw calon penerima beasiswa tidak boleh melakukan kegiatan di Eropa selama lebih dr 1 thn, apakah kata Eropa yg dimaksud disini hanya berlaku untk semua kegiatan di negara2 EU atau benua Eropa (termasuk Britania Raya, negara2 Skandinavia, dll).

    Sekian dulu dari saya.

    Ditunggu pencerahannya.

    Terima kasih,

    Salam

    David

    • 1. sekitar agustus-oktober.
      2. anda masih bisa apply untuk Category B. tahun ini pun ada bbrp orang Indonesia yang lolos dgn category B.

  79. hii teman2 semuanya,

    Nama saya Rivan, saya masih mahasiswa dan mungkin baru akan lulus 2 tahun lagi. Saya ingin sekali mendapatkan gelar S2 saya dengan beasiswa erasmus mundus (VIBOT) ini. Jadi, saya ingin meminta saran mengenai:

    1. Karena saya baru akan lulus 2 tahun lagi, adakah hal-hal yang sebaiknya saya lakukan dari sekarang (tentunya selain belajar dan dpt IPK bagus, hehehe).

    2. Saat nanti diseleksi, apa yang akan mempengaruhi agar kita lulus seleksi ? (adakah tes-tes lain yang nantinya harus saya lakukan selain ILTS?)

    Ditunggu ya jawabannya

  80. Dear Emundus,

    Saya tertarik dengan program EMIN,
    Dalam websitenya, mengenai application prequisite tertera “If available, scan of GRE Result (in English, Spanish or French)”
    Lalu baca2 lagi dibawahnya tertera: “For students whose previous instruction language is not English, if available, a Graduate Record Examination (GRE) General Test score of at least 450 in verbal reasoning, 4.1 in analytical writing skills, and 650 in quantitative reasoning.”

    Saya lulusan MBA di Taiwan dengan previous instruction in English. Dari statement diatas apakah artinya saya bisa mengganti GRE dengan bukti tertulis dari Uni bahwa previous instruction was in English.

    Terima Kasih

    • seharusnya bisa..
      silahkan dikomunikasikan dengan pihak EMIN supaya jelas dokumen apa saja yang harus disertakan sebagai bukti inggris anda memadai.

      contoh: kalau di Eropa, ada yang namanya diploma supplement. di situ dijelaskan bahasa yang digunakan pada program bersangkutan.

  81. Yang terhormat Admin/Moderator dan para Alumni EM,

    Saya membaca disetiap website program EM ada pernyataan berikut:
    “Must not have resided nor carried out his activities (studies, work, etc) for more than a total of 12 months over the last 5 years in one of the Europe”.

    Status saya saat ini memang tidak memungkinkan untuk apply EM dengan restriksi diatas. Tetapi saya melihat di salah satu postingan diatas bahwasanya anda menuliskan “tahun lalu ada 4 orang kalau tidak salah. mereka2 ini dalam 5 tahun terakhir, ada aktivitas di EU countries selama lebih dari 12 bulan.” (postingan nomer 83)

    Saya ingin menanyakan tips & tricks dalam apply beasiswa ini dengan kendala tsb diatas. Mungkin dalam motivation letternya, ataupun cara-cara lainnya yang sekiranya mungkin dan memang diijinkan oleh konsorsium EM secara global.

    Sebelumnya terima kasih banyak, dan kiranya Tuhan YME membalas segala kebaikan bapak/ibu disini.

    Salam hangat,

    • Pak Juki, silahkan coba di-research dulu mengenai “Erasmus Mundus Category B”.

      Eligibility for Erasmus Mundus scholarships

      There are two types of scholarship offered by the European Commission.

      Students who DO NOT come from any of the countries listed below, and who are not residents nor have carried out their main activity (studies, work, etc.) for more than a total of 12 months over the last five years in the countries listed below, are eligible for “Category A” scholarships:
      – Member States of the European Union,
      – EEA-EFTA States (Iceland, Norway and Liechtenstein).

      All other students are eligible for “Category B” scholarships, i.e., students who come from one the countries listed above, or have resided or conducted their main activity in one or several of the countries listed above for more than 12 months in the past 5 years.

      The number of scholarships for each category of individuals (students from categories A and B) are determined in the autumn by the European Commission on a yearly basis.

  82. Hi teman2 Emundus,

    salam kenal dan selamat buat teman2 yg baru saja mendapat kabar kalau dirinya diterima utk beasiswa tahun ajaran 2012-2014.

    Saya ada pertanyaan mengenai beasiswa Erasmus Mundus ini. CMIIW, tp stlh saya cari dr FAQ, saya tidak menemukan jawaban utk pertanyaan kedua ini. Seandainya sdh pernah dibahas mohan maaf sblmnya.

    jika ingin melanjutkan program studi master sistem dynamic apakah harus dari lulusan tertentu?
    karna saya tertarik dengan program sistem dinamik.
    saya lulus dr dept. teknik mesin tahun 2008 dan bekerja bidang PPC selama 2 tahun hingga sekarang
    apakah metode six sigma bertautan dengan pemodelan sistem dinamik dalam pengambilan keputusan?

    Ditunggu pencerahannya.

    Terima kasih,

    • setelah aku googling nampaknya sistem dinamik sangat menarik
      tapi selelah aku lihat universitasnya itu deadline aplikasinya sudah tutup sejak desember 2011
      apakah tahun ini (2012) buka lagi?
      kalau buka lagi kira2 bulan apa yah?
      oiya mohon pencerahannya kepada kakak2 yg sudah direrima emsd tahun ini dong…
      tks

      • dibuka tahun ini maybe sekitar sep/okt,,
        untuk pertanyaan spesifik, lebih baik langsung ditanyakan ke konsorsium penyelenggara / koordinator program tsb.

  83. Salam Sejahtera.

    Saya humas dari Himpunan Mahasiswa Fisika Unpad ingin mengadakan Workshop Beasiswa, Saya ingin mengundang rekan-rekan Erasmus Mundus sebagai pembicara dan motivator dalam acara kami. Apakah kami bisa mendapatkan alamat email atau nomor yang bisa dihubungi?
    Terima kasih.

    Humas HIFI Unpad

    • Haii, saya juga mahasiswi unpad. pengen tau juga kapan kira2 workshop beasiswa diadakan di HIFI unpad. Tlg di publish besar-besaran donk. pengen dengar yg dari Emundus euy kalo emang ada di Workshop tsb sebagai pembicara. Ditunggu kabarnya yahh.. (:

      • haha publish besar2annya oleh unpad dong..
        saya blom di-update mengenai progress undangan ini karena pemilik email di atas adalah EM country representative untuk indonesia.

  84. Halo teman-teman Erasmus Mundus,

    Saya adalah lulusan Diploma III STAN yang kemudian melanjutkan pendidikan sarjana ekstensi di FEUI. Saya mau tanya, apakah lulusan sarjana ekstensi boleh mendaftar beasiswa EM?

    Yang kedua, saya tertarik untuk apply program Master in Economic Development and Growth (MEDEG). Saya sudah beberapa kali mengunjungi website-nya untuk cari info berdasarkan persyaratan penerimaan tahun lalu. Yang aneh, pada akhir Juli lalu ternyata sudah ada tulisan Call for Application 2013-2015 dan penetapan deadline pengajuan aplikasi (28 November 2012), padahal untuk Erasmus Mundus sendiri belum ada pengumuman. Apakah mungkin ada yg seperti itu?

    Mohon maaf apabila ada pertanyaan yang sudah pernah dibahas sebelumnya.

    Terima kasih banyak atas bantuannya.

    Salam,
    Citra

  85. sesuai info yg saya dapat di link ini:
    http://www.udg.edu/emtmmaster/FeesScholarships/tabid/6833/language/ca-ES/Default.aspx

    disitu tertulis,
    Erasmus Mundus Category A scholarship

    1,000€ per month for two years (24,000€)
    8,000€ for mobility
    Tuition fees which are paid by the EU to the EMTM coordinating institution.

    Erasmus Mundus Category B scholarship

    500€ per month for two years (12,000€)
    Tuition fees which are paid by the EU to the EMTM coordinating institution.
    3000€ for mobility (only in case the Cat B grantee spends his/her 4th semester at SYS University China – associate university partner of EMTM)

    yang saya ingin tanyakan, apakah untuk yg berniat apply di category B karna pernah kerja lebih dari 12 bulan maka akan mendapatkan beasiswa lebih sedikit dari yg kategory A? jika iya, apakah dengan jumlah 500 euro per bulan itu bisa mengcover kehidupan sehari2, makan, tempat tinggal dll??

    apakah mungkin jika kita apply category B tapi tetap mendapatkan jumlah beasiswa sama seperti category A?

    • tambahan, apakah lulusan vokasi (D IV) berkesempatan mengikuti program ini?

      * D-IV setara dengan S1, beban SKS nya pun kurang lebih sama

    • apakah untuk yg berniat apply di category B karna pernah kerja lebih dari 12 bulan maka akan mendapatkan beasiswa lebih sedikit dari yg kategory A?
      ==> sesuai ketentuan yang tertulis, cat B memang jumlah beasiswanya lebih kecil dibanding cat A
      ==> bekerja 12 bulan itu di Eropa ya, kalau bekerjanya di Indonesia, maka masih bisa apply cat A

      jika iya, apakah dengan jumlah 500 euro per bulan itu bisa mengcover kehidupan sehari2, makan, tempat tinggal dll??
      ==> tergantung kota dan negara tujuannya, kota2 mahal seperti London, Paris, akan sangat pas-pasan sih dengan 500 euro

  86. Halo Erasmus.

    Saya ingin konfirmasi satu hal. Mengenai jumlah maksimal aplikasi Master yang bisa dikirimkan per tahunnya apakah masih berjumlah tiga untuk tahun tahun ini? (2012-2014) ataukah sudah ada perubahan jumlah (tahun lalu saya mendengar dari satu applicant kalo max. number application hanya 2). Mohon konfirmasinya ya. Thank you in advance.

    Best.

    Cresti.

    • lebih baik percaya pada yang tertulis, daripada yang verbal.
      sejauh ini kalau dilihat2 di website EMMC sih masih maksimal 3 program ya.

      nanti sebentar lagi, application untuk 2013 kan buka, nah dibaca baik2 saja apakah ada perubahan peraturan/tidak 😉

  87. Hi Emundus.

    Saya ada pertanyaan yang kiranya bisa diforward ke alumni/student NordSecMob.

    Pertanyaannya: apakah bukti kemampuan berbahasa lokal salah satu negara konsorsium Skandinavia bisa meningkatkan potensi mendapat beasiswa? (karena sebenarnya tidak disebutkan di webpagenya, tetapi saya tanyakan saja disini krn barangkali ybs punya masukan).

    Terima kasih!

    • Sudah saya forwardkan, siapa tahu nanti ada yang mau share..
      Anyway, kalau memang itu kelebihan yang bisa menjadi asset, why not?

      Sama saja misalkan apply kerja..
      Di requirement ditulis “lulusan S1 bidang X”.
      Kalau anda lulusan bidang X, dengan beasiswa, maka beasiswanya pasti anda sebut di CV untuk meningkatkan nilai jual anda.. Sekalipun beasiswa itu tidak disyaratkan oleh si pembuat lowongan..

  88. hi emundus.

    saya ada pertanyaan. kalau seandainya sekolah tinggi temapat kita melanjutkan s1 tidak terakreditasi A, B aTau C. tapi cuma terdafrae ban PT kira kira nisa lulus gak ya? terima kasih atas jawabannya….. kalau seandainya gak bisa emundus bisa ngasih saran gak,, beasiswa untuk s1 yang keluar negeri uang penuh ada gak?

    • sejauh institusi tsb mengeluarkan gelar sarjana / bachelor, maka bisa apply.
      mengenai beasiswanya, ya tergantung dari seluruh aplikasi yang masuk ke program tsb pada tahun tsb.
      akan diseleksi siapa yang terbaik.

      untuk beasiswa lain, bisa ditanyakan ke milis beasiswa di yahoogroups.

  89. Maaf nih newbie

    1. Kapan kemungkinan program erasmus mundus 2013 dibuka ya?
    (utk persiapan)

    2. boleh tau tahun lalu flow + date line gmn?.
    (misal generally -pembukaan 1 now, -penutupan dateline 1dec, -pengumuman, feb)

    Makasih mudah2an bisa bermanfaat buat semuanya =)
    amiin

      • Emundus haloo.. (:
        Saya mahasiswi tingkat akhir lagi skripsi, saya mau apply yg IMRD, karena mereka menerima applicant yg udah tingkat akhir (telah menyelesaikan tiga tahun Bachelor-nya). Nah, dalam persyaratannya ada tertulis diploma supplement? nahh, itu apa yahh kira2? tanya ke dosen dan pihak fakultas kurang tau tuh. trus ada minta transcript of record juga, nahh itu seperti apa yah bentuk atau kontennya. Maaf, saya kurang mengerti. Mohon pencerahannya Emundus. (: Thanx before Emundus.

      • Diploma Supplement itu semacam surat keterangan dari univ, yang menerangkan mengenai:
        – jenis kuliah (nama, jurusan, di fakultas apa, univ apa)
        – lama kuliah (program 4 tahun, sekian SKS)
        – cara penilaian (A-E, A paling bagus, nilai 4)
        – bahasa perkuliahan
        – makna 1 SKS itu apa (sekian jam di kelas, sekian jam belajar mandiri, sekian jam latihan)
        dll dll

        Di Indonesia memang tidak lazim, tetapi di Eropa mereka punya Diploma Supplement ini.
        Secara mudahnya, minta dibuatkan keterangan saja dari univ/fakultas yang selengkap2nya mengenai program studi anda.

  90. dear emundus,

    Saya alumni perguruan tinggi jurusan teknik kimia yang mau apply program EM3E (teknologi membran industrial). Kalau tanggal mulai apply katanya sudah bisa september ini (tapi di situsnya belum dibuka), jadi sekarang saya dalam tahap mempersiapkan aplikasi. Yang saya mau tanyakan, program EM3E ini salah satunya diadakan di Universitas Paul Sabatier, yang juga merupakan partner beasiswa emundus untuk Indonesia. Bagaimana proses yang harus saya jalani, daftar beasiswanya terlebih dahulu di program beasiswanya universitas ini atau daftar dulu di erasmus mundusnya?

    thanks in advance

    • coba anda create account dulu di bagian kanan dan ikuti petunjuk2nya.
      sepertinya sih applynya ke konsorsiumnya via online form tsb.
      silahkan dicoba dulu.

  91. Hi, emundus,

    Saya mau nanya, apakah kalo ingin masuk program beasiswa S2 di erasmus mundus harus lewat jalur pendaftaran lewat perguruan tinggi masing2, trus bisa tidak kalo daftar nya lewat instansi pemerintah masing2. jadi penanggung jawabnya bukan dari dosen di perguruan tinggi tapi dari atasanya langsung ataupun dari pejabat esselon II?
    mungkin itu saja yang ingin saya tanya.

    Thank you very much

    • Untuk cara aplikasi Erasmus Mundus, silahkan mengikuti prosedur yang tertera di website masing2 program EM.
      Sebagai catatan, setiap program EM memiliki prosedur aplikasi yang berbeda2.
      Biasanya, aplikasi diajukan ke salah satu universitas yang menjadi koordinator untuk program EM tersebut.

      Coba ditengok dulu saja, akan lebih jelas kalau sudah mencoba langkah2nya.

  92. saya endy agustian dari teknik geodesi UGM ( universitas gadjah mada ) Yogyakarta.
    pada tanggal 14 oktober 2012 bulan depan, kami BEM teknik UGM akan mengadakan acara berupa seminar sosialisasi beasiswa.
    oleh karena itu, saya mohon informasinya kepada pihak erasmus mundus delegasi indonesia apabila kami ingin mengundang lembaga ataupun pembicara, untuk mengisi sebagai narasumber untuk memberikan informasi-informasi terkait beasiswa ke eropa. terima kasihhh. . . . .

  93. ia terima kasih, kita gak mesti nara sumber yang berposisi di jogja, kalau di jogja gak ada,, nara sumber yg di luar jogja juga gak papa. untuk masalah akomodasi entar ditanggung

  94. Halo EMundus,
    saya tertarik untuk mencoba EMTM scholarship.salah satu syarat adalah sertifikat TOEFL. apakah sertifikat tersebut harus dikeluarkan oleh institusi internasional? atau bisa sertifikat yang dikeluarkan oleh UGM?

    terima kasih.

  95. Halo Emundus.

    Saya berminat untuk ikut beasiswa erasmus mundus program MEDEG, dari bulan Agustus kemarin saya sudah registrasi di partner universitasnya. Masalahnya, aplikasi saya belum bisa dilanjutkan karena Universitas terdahulu saya tidak terdaftar di list universitas MEDEG. Fyi, saya dari Universitas Sriwijaya. Saya sudah coba email ke universitas yang merupakan koordinator dari program MEDEG, Universidad Carlos de Madrid, tapi tidak ada balasan. Apa ada saran saya harus hubungi siapa?

    Terima kasih sebelumnya.

    Kind regards,
    Fida

    • email anda ke email ini? medeg.info@uc3m.es

      coba email 1x lagi, kalau bisa dari email yg domainnya berbeda..
      kalau dari yahoo ga dibalas, coba dari gmail atau yg lainnya..
      bisa jadi emailnya kena filter dan tidak masuk ke inbox mereka..

      1 minggu ga ada hasil, coba google nama koordinator program medeg, dan cari alamat email beliau.
      note: koordinator itu biasanya pengajar juga di univ tsb, jd tidak susah mendapatkan emailnya.

      kalau masih ga bisa jg, posting lg disini, let me know..

  96. Dear para senior dan alumni Erasmus Mundus,

    saya beriminat sekali untuk apply Floodrisk Management, pertanyaannya adalah :
    apakah saya memiliki kesempatan untuk mendaftar sedangkan IPK saya di bawah 3 (2,9) ?karena pada situs floodrisk management tidak disebutkan (atau saya yang tidak teliti?) berapa minimum grade untuk apply program tersebut ?

    Terimakasih =) !

    • untuk IPK memang tidak pernah disebutkan, karena IPK kan standar Indonesia, sedangkan mereka terima aplikasi dari seluruh dunia. dan standar penilaian di tiap negara kan beda juga, misal:
      Indonesia: A-E, A paling bagus (nilai 4)
      Jerman: 1-5: 1 paling bagus
      Italia; 1-30, 30 paling bagus
      dll

      jadi kalau harus disebutkan satu-satu, bisa repot.

      mereka akan me-ranking aplikasi yang masuk berdasarkan kriteria penilaian yang mereka susun (salah satunya GPA).
      nah, nanti sekian ranking teratas yang akan diberi beasiswa.

  97. Pak Admin semangat ya!jangan galak2 atuh sama yang nanya 🙂 tegas tapi santun mungkin banget loh hehe 😀
    Makasih banyak ya!website nya keren!

  98. halo, saya mau mendaftar program AFEPA (Agriculture, food and environmental policy analysis), salah satu persyaratannya adalah school-leaving certificate, saya sudah bertanya ke coordinating program dan dia bilang “high school diploma, the diploma that guaranteed you access to a university”. saya masih bingung sih apakah itu maksudnya ijazah SMA? kalo memang ijazah SMA berarti saya harus menerjemahkan ke dalam bahasa inggris, bisa minta saran lembaga mana yang terpercaya sebagai penterjemah dokumen tersumpah di jakarta dimana? saya google banyak sekali dan saya ga tau mana yang terpercaya mana yang tidak
    terima kasih

    • Yup ijazah SMU..
      Coba cek thread milis beasiswa ya, disitu pernah dibahas untuk list sworn translator.

      atau bisa juga lihat website kedutaan, kadang ada list sworn translator yang diakui oleh kedutaan tsb.
      namun, semakin “formal” translatornya, biasanya semakin premium harganya.

      kalau menurut saya sih, selama ada capnya, ada nomor ijin penerjemahnya, konsorsium toh tidak akan kerajinan untuk mencari2 detail translatornya.. (bayangkan berapa ribu aplikasi yang mereka terima dari seluruh dunia)

  99. Salam Emundus. latar belakang pendidikan S1 saya adalah Pendidikan Bahasa Inggris. Bisa diberikan list untuk konsorsium magister erasmus mundus bagi perguruan tinggi yang menawarkan S2 pendidikan bahasa inggris. Terima kasih untuk informasinya.

    Kind regards,

    Afdal Ade H.

  100. Dear emundus,

    Maksudnya memunculkan “hidden gem” itu yang seperti apa ya? Bisa dijelaskan lebih lanjut gak? #sakingpengennyadapetbeasiswa

  101. Dear,

    Saya dari Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional Unpad. Kami juga berniat mengundang rekan-rekan dari Erasmus untuk dapat berbagi tips di acara kami. Saya sudah mencoba menghubungi email indonesia@em-a.eu untuk invitasi, tapi failure notice. Kalau boleh tau, apa ada alamat lain yang bisa saya kontak? Terima kasih 🙂

    HIMA HI Unpad

    • salah satu email country rep indonesia memang sedang bermasalah.
      dari situlah muncul failure notice.

      anyway, bs jg dikirimkan ke emundus.wordpress (at) gmail (dot) com.

  102. Dear Emundus,

    Saya Fitrie, seorang scholarship hunter juga seperti yg lainnya 😀 Program yg ingin saya apply adalah MSPME. Saya sudah kunjungi dan membaca websitenya. Namun masih ada satu istilah yang tidak saya mengerti di bagian Dokumen Aplikasi yang harus dipenuhi (http://www.mspme.org/how_to_apply.html). Di point ke 7 ada syarat “Evidence of any professional qualifications”. Maksudnya apa ya?? Saya sudah coba lihat di halaman FAQ (http://www.mspme.org/faqs.html), di situ terdapat link terkait “Evidence of any professional qualifications”, saya sudah coba membacanya juga, tetapi tetap tidak mengerti. Bisakah emundus menjelaskannya? Selain itu contoh dokumennya seperti apa ya? Karena sepertinya dokumen ini tidak umum di Indonesia dan tidak menjadi syarat untuk program lainnya. Trims.

    Salam hangat 🙂

    • Dugaan saya ini semacam sertifikasi dalam hal Project Management, misal: PRINCE2, PMBOK, …
      Atau anda pernah ikut kelas/training project management tertentu

      • Hmm dokumen seperti itu ya yang dimaksud, saya selama ini belum tau, tapi sekarang jadi ada bayangan. Terima kasih ya atas pencerahannya.. 😀

  103. Dear emundus,

    Saya skarang lagi sibuk ngelengkapin semua persyaratan beasiswa Emundus, salah satunya adalah tes TOEFL iBT dalam waktu dekat ini, masalanyah saya agak bingung, karena saya mendapat gratisan 4 file copy-an score TOEFL saya yg akan langsung dikirimkan dari pihak ETS kealamat yg kita inginkan. Berhubungan dengan hal itu, saya bermaksud mengirimkannya ke masing-masing universitas consortium dari 3 program EM yg akan saya apply. Saya ingin bertanya, apakah itu tidak jadi masalah, karena setahu saya pengiriman berkas ke consortium itu seharusnya berkas yg sudah lengkap berikut; motivation letters, recommendation letters etc. Dengan mengirimkan berkas (sertifikat TOEFL iBT) secara terpisah apakah tidak menjadi hambatan/masalah?? Mohon pencerahaannya…

    • Tergantung konsorsiumnya.
      Beberapa mencantumkan institution code-nya untuk dikirimi TOEFL.

      Coba anda tanyakan ke konsorsium, metode mana yang mereka prefer.
      Disertakan dengan aplikasi, atau dikirim lansung oleh ETS.

  104. Dear sister and brother

    Mohon tanya perbedaan mendasar EMA-01 dan EMA-02 itu apa ya? Jika saya mau mengambil S-3 full degree, harus EM yang mana?

    Hatur nuhun pisan

  105. aku mau apply beasiswa ini, terus dapetin copy of diploma supplement or the document explaining the grading system dimana ya? aku bingung

    • Coba tanya2 ke kampus dulu, bisa ga mereka provide semacam surat keterangan yg isinya mirip dgn diploma supplement.. worst casenya ya mgkn buat sendiri. Syukur2 kampus mau cap supaya kelihatan lebih resmi.

  106. Dear emundus.
    Saya lagi dalam proses registrasi untuk program MATHMODS. Saat ini saya sedang kebingungan untuk melengkapi dokumen ‘course description’. Dokumen tersebut apakah merujuk ke course description yang pernah kita ambil ketika s-1 atau untuk program MATHMODS sendiri? thx untuk bantuannya

    • Salah satu petunjuk akademis adalah, ketika bertanya, sertakan link-nya.
      Misalnya, mengenai course description ini, dari link mana referensinya.

      kalau yang dimaksud adalah dari sini http://www.mathmods.eu/admission/requirements bagian CHECKLIST OF MANDATORY DOCUMENTS nomor 4:
      electronic copy (.pdf) of a file containing a description of the attended courses you consider relevant for your application, especially the courses related to Mathematics and Physics. Only use this template. As this is not a document usually issued by universities, applicants have to fill in that file by themselves as self-certification

      maka sudah self explanatory sekali sih menurut saya.
      ada kata2 “attended courses” (past tense), yang berarti mata kuliah yang sudah pernah diambil.

      di sisi lain, coba pikir secara logis, buat apa MATHMODS meminta description untuk mata kuliah mereka sendiri.
      read carefully, and think logically, you may find your own answer 😉

      • Iya ya seharusnya udah clear banget ya… (*sempat kepikiran juga rupanya dengan transcript nilai aja kagak cukup, ternyata course description harus dibuat sedetil-detilnya) thx bgt ya emundus yg dah berbaik hati meresponnya walaupun ini mungkin pertanyaan yg ga penting. Kadang sesuatu yg ga jelas di mata kita bisa kelihatan jelas dimata orang lain… (*ngacir ah sebelum moderatornya jadi tambah galak…. wuissssssss… Ntar balik agy kesini buat ngasih kabar baiknya, hopefully…)

  107. I am fresh graduate from English Literature, but i am really interested to Linguistic. could i have more info what should i do to grab this scholarship? Thank you

    Danang

  108. Dear Emundus,
    Saya berencana apply IT4BI tahun ini. Akan sangat membantu sekali kalau saya bisa bertanya-tanya kepada rekan yang sudah diterima di program tersebut. Apakah Emundus bisa share contact IT4BI student dari Indonesia?
    Thanks.

  109. Dear EM,

    Saya ingin apply SELECT. Dan di dalam keterangan requirement documentsnya (http://www.kth.se/en/studies/programmes/em/select/application/documents-for-select-1.46960) tertera

    Document requirements

    Copies of degree certificates, transcript of records and statements should be stamped and signed by the degree administration’s office of the issuing institution, or by a Notary Public. The documents must be both in original language and in officially certified translations into English. Applications that are not supported by officially certified documents will not be processed. Applications with fraudulent documents will invariably be rejected.

    Apakah artinya fotokopi dokumen harus ditandatangani notaris? Apakah tidak cukup kalo memberikan dokumen legalisir dari kampus? Terima kasih

    • read carefully !!

      by the degree administration’s office of the issuing institution, or by a Notary Public

      OR = atau, salah satu saja sudah cukup..

      selama dokumen tsb dikeluarkan kampus, maka legalisir oleh kampus (issuing institution) sudah cukup.
      tetapi kalau dokumen tsb tidak dikeluarkan kampus, maka legalisir oleh kampus tidak cukup, harus ke notaris.

      • Dear EM,

        Di poin ke 4 tertera ‘Proof of English proficiency’. Apakah ini artinya saya harus kirim sertifikat aslinya dari pusat atau saya bisa legalisir di test centrenya ya? Karena saya khawatir apabila harus mengirim sertifikat asli dari pusat, nanti dokumen saya akan tercecer. Selain itu, tidak disebutkan pula code universitasnya.

        Please advise. Thank you

        Regards,
        Ade

      • setahu saya, untuk TOEFL, test centre tidak menyediakan legalisir.
        mereka menyediakan 3 copy yang bisa dikirim langsung ke univ tujuan –> dalam hal ini anda harus tanya code-nya ke konsorsium.

        kalau saran saya, anda tanya dulu konsorsium, untuk hasil TOEFL, apakah mereka prefer:
        1. dikirimkan beserta berkas lainnya secara hardcopy
        2. dikirimkan langsung oleh ETS ke univ

        bila opsi 1, satu jalan, misalnya: setelah dapat hasil TOEFL, mau ga mau di-fotocopy, lalu cap notaris untuk keabsahannya.
        bila opsi 2, ini lebih mudah, tinggal minta code univ tujuan.

        silahkan dicoba dan dikomunikasikan ke konsorsium.

  110. Hello, Emundus.

    Saya berminat mengundang emundus untuk berpartisipasi dalam job fair di kampus saya yang akan diadakan pada februari 2013. Apa ada contact person yang bisa saya hubungi? Terima kasih.

  111. I am a first semester master student in Indonesia. I got scholarship for two years master program in my current university. My focus of study is ergonomics and industrial safety, I have some question regarding to erasmus mundus scholarship

    1. Is there any courses which is the same or at least similar with my focus of study (which is ergonomics and industrial safety). I have read all course provided in the list but I am not sure if there is any of them which is the same or at least similar with my focus of study.

    2. I have been taking master by scholarship for two years long in my university, currently I am still in the middle of first semester, am I allowed to apply for the erasmus mundus scholarship?

    3. Is there any joint degree or double degree program for my focus of study ( ergonomics and industrial safety), so that I can study one year here and one year in other university which I apply through erasmus mundus program?

    • 1. Try harder.. each course has complete description on its own website..

      2. Yes you can..

      3. Erasmus mundus is a full program, so you have to attend the course fully.

  112. Salam Kenal,
    Saya Fahmi Astuti dari ITS Surabaya. Saya tertarik untuk mengikuti program Exchange Action 2. Karena Institusi tempat saya kuliah tidak tergabung dalam konsorsium, maka saya harus mendaftar di salah satu universitas yang menjadi anggota konsorsium (UMM, ITB, IPB, UGM). Saya sudah membuka salah satunya misal http://www.one-more-step.eu/en/ tapi selanjutnya tidak paham harus mengisi dimana untuk mendaftar sebagai anggota.

    Mohon bantuannya. Terimakasih.

      • tapi untuk target grup II hanya untuk master dan postgraduate saja. yg undergraduate hanya ada di grup I dan grup 3. gimana dong? sedangkan saya bukan berasal dari vurnerable grup (syarat grup 3)

    • Ini yang dimaksud, program Lotus bukan? Iya memang, di mobility scheme, ga ada jatah buat indonesia di pertukaran S1 untuk target group 2. untuk master pun, cuma ada jatah 2 orang untuk 6bulan, dan 1orang untuk 10bulan. Kalo menurutku, cari program lain aja yang bisa. Kecuali kalo mau nekat aja nyoba meski ga ada quota-nya, siapa tau aturannya mereka ubah karena misal dari negara lain ada quota yang belum terpenuhi terus dialihkan ke Indonesia.

  113. dear, Erasmus Mundus

    sekarang saya sementara studi d program magister di UMM Malang pada semester 1. trus ada info ttg erasmus mundus “one more step”. formulirnya dah di download. tp mash bingung dgn cara pengisiannya. bisa ngga dikirimkan format pengisian untuk learning agreement, CV europass, n letter of motivation. Thanks before!

    • blom ada yang share tuh utk format pengisian.
      kalo bingung, tentunya ga semua bagian bingung.
      dicoba saja dulu, baru nanti yang bingung ditanyakan secara spesifik.
      disertakan juga link donlot formnya ada di mana.

      utk europass dan motivation letter, sudah coba google?

  114. Saya mau bertanya, jika saya memiliki dokumen (ijazah, surat keterangan, dll) yang namanya memiliki sedikit perbedaan dengan nama di paspor, apakah saya harus menyertakan keterangan untuk hal tersebut ? Terima kasih.

    • Ini ga ada jwban benar salah.. tergantung keputusan pribadi saja..

      Kalo bilang, itu baik, menjelaskan, tetapi butuh extra effort dan mgkn akan timbul pertanyaan2 lain atau keraguan akan keabsahan dokumen2 tsb (kalau penjelasannya tdk memuaskan konsorsium).

      Kalo ga bilang, memang simple. Toh cuma beda2 tipis. Blom tentu jg dicek, tetapi kl ternyata konsorsiumnya teliti, bs didiskualifikasi krn masalah dokumen.

      Kalau saya, kalau perbedaannya signifikan sekali, utk dokumen yg penting sekali, saya sih pilih bilang, tetapi saya jg akan persiapkan penjelasan yg “se-membumi” mungkin, yg mudah dimengerti. Karena budaya eropa berbeda dgn Indonesia. Jadi apa yg bs kejadian di sini, atau wajar bagi org Indonesia, bisa jd bukan hal wajar bagi mereka.

      Dgn penjelasan yg komprehensif, mungkin bisa memperlihatkan kualitas anda dlm menuangkan penjelasan melalui kata-kata.

  115. Halo, nama saya shoufie. Sekarang saya mahasiswa semester 7 fisika brawijaya. Saya tertarik mengikuti program beasiswa master EM untuk europhotonics. Nah, saya kan baru lulus semester depan, paling lama bulan juni. Apakah saya bisa apply beasiswa ini?
    saya kan beberapa kali menjuarai olimpiade fisika nasional untuk perguruan tinggi, nah piagam penghargaannya itu bisa disertakan juga kah?
    Terima kasih

    • Ada kemungkinan bisa krn akan lulus s1 sblm periode kuliah di eropa dimulai (sekitar sep/okt).

      Coba segera baca web program tsb, cek apakah diperbolehkan daftar bagi yg “akan” lulus. Kl statement itu ga ada di web, contact konsorsiumnya by email dan jelaskan kondisinya. Seharusnya sih boleh apply.

      Mengenai dokumen, cek di website, apa saja yg mandatory dan apa saja yg boleh ditambahkan di aplikasi.

      • ok! tadi udah liat di situs nya, kalo belum lulus bisa mendaftar tapi harus menyertakan surat dari universitas ttg kapan bakal lulusnya.
        untuk dokumen tambahannya sih nggak ada keterangannya dokumen apa saja yang optional ditambahkan. cuma boleh mengirimkan 5 dokumen opsional. Jadi piagamnya termasuk dokumen opsional?
        untuk menerjemahkan transkrip KRS dan dokumen lainnya harus diterjemahkan oleh penerjemah tersertifikasi kah?

        Trims

      • Great.. yep piagam tmasuk opsional.

        Utk terjemahan, kalau dr kampus ada versi bhs inggrisnya, itu jg bs diterima.. kl ga ada, ya mau ga mau pakai sworn translator..

  116. Dear Admin,

    Saya mau bertanya, saya mendapatkan informasi program beasiswa IMMIT erasmus mundus dari salah satu situs pengelola informasi beasiswa, namun saya tidak menemukan program IMMIT tersebut pada list daftar yang tertera pada situs erasmus mundus.. Apakah program ini tetap masuk dalam daftar program master erasmus mundus..? Teimakasih

    Salam

  117. Hi emundus!
    Saya sangat berminat dgn program IMHS sejak tahun 2010 lalu,tp keinginan itu sempat terhenti karena saya diterima di instansi pemerintah dan ada syarat minimal masa kerja untuk pengajuan tugas belajar. Masalahnya,tahun ini program tsb tdk ada di list EMMC.
    1. Apakah tahun dpn ada kemungkinan program tsb dibuka lg?
    2. Program EMMC ini sampai thn brp?
    Trimakasih banyak atas perhatian dan jwbnnya.. ^^

    • 1. bisa ya bisa tidak.. tergantung keputusan bapak2 dan ibu2 yang di brussels sana
      2. sementara s/d intake 2013.. belum tahu apakah diperpanjang/tidak..

  118. salam
    saya baru saja mendapatkan info beasiswa eramus mundus dari teman karena saya sebelumnya cerita ingin sekali melanjutkan study S2 ke luar negeri tapi saya tidak punya biaya ..nah saya buka web ini dan saya senang sekali,,tapi saya bingung apa saya masih bisa mendapatkan beasiswa ini karena saya sudah lulus S1 tahun 2007??
    saya mohon infonya..trimakasih

    • sangat bisa sekali..
      coba cari program yang anda minati, dan cek requirementsnya..
      kalo ga disebut soal usia, ya berarti terbuka untuk segala usia..

  119. Dear EM,
    saya mahasiswi kedokteran yang sedang menjalani pendidikan profesi sebagai koasisten. saya mau apply EM Panacea 2013. Yang saya tanyakan, mobility level untuk kami yang sedang pendidikan profesi ini termasuk undergraduate atau setaraf master? karena kita sudah lulus S1, tetapi belum selesai pendidikan profesi untuk menjadi dokter. Saya sudah tanya ke office of international affairs universitas belum ada jawaban pasti. Mohon pencerahannya. Thank you EM!

      • sudah saya email sebelum saya tanya kesini dan belum ada jawaban. hello, have any clinical students applied to any EM programs before? kalo ada boleh dong share. thanks

      • Maksudnya, apakah sudah tanya ke sini?

        PANACEA Joint Coordination Bureau
        Asian Institute of Technology (AIT)
        External Relations & Communications Office
        Asian Institute of Technology
        P.O. Box 4, Klong Luang
        Pathumthani 12120, Thailand
        Reply to: erco@ait.ac.th

        Karena baru kmrn ini si konsorsium kirim email minta tolong programnya diiklankan.

      • Salam,

        Terkait dengan pendaftaran beasiswa erasmus mundus ini, apa kita juga perlu mendaftar lagi di universitas terkait setelah mendaftar di PANACEA program ini?

        Terima kasih 🙂

  120. Hi admin, saya ingin apply ke program EU (PANACEA, GATE , LOTUS III) ,,,

    1. kalo boleh tau “diploma” yang bisa di cantumkan itu “diploma” apa aja? Termasuk ijazah SMU bukan sih? sertifikat research karya ilmuah saat SMU berlaku gak yaa kira2?

    2. kan saya mau apply ke tiga tiganya,, nah,,jika saya mengirim surat rekomendasi (dari dua orang academic advisor) yang sama untuk ketiga program ini,, apakah boleeeh ya?

    mohon jawabanya

    ,,,thanks,,,

    • Halo icha, tahun lalu u/ lotus saya hanya transkrip s1 saja 🙂
      Jk ingin jawaban pasti mengenai lotus, silahkan email contact personnya( alamat email ada di website lotus). Mereka sigap sekali dalam menjawab email 😉

  121. Trimk’s telah mau sharing infonya , membuat saya termotivasi. Untuk mengejar impian , mungkin engak ya mas saya bisa melanjutkan ke jenjang phd ! Kemampuan akademik saya biasa aja. Dan bahasa ingerisnya belepotan !

    • best effort ini..
      pagi ini saya sudah kirim email ke milis internal awardee EM, supaya ada yang mau share untuk action 2..
      semoga saja ada yang terketuk hatinya ya..

    • Halloo Dina,
      Bedanya Action 2 dgn Action 1 adalah lokasi negara yg nggak pindah2. Pilihan jurusan yang diminati pun bebas asalkan jurusan tersebut ada di salah satu universitas konsorsium program EM Action 2 tsbut 🙂 plus, kamu fasih teaching language-nya karena tdk semua jurusan yg ditawarkan mgunakan English.
      U/ exchange, aku kurang begitu tahu jelasnya krna aku awardee u/ yg full degree, tapi seingat aku kamu diminta memberikan proposal rencana studi di host univ (matkul apa saja yg mau diambil) & rencana tsbut harus disetujui oleh pihak home university juga 🙂

      Semoga membantu yes. Boa sorte! 😉

    • Halo Dina
      aku dapet beasiswa exchange undergraduate program Action 2 dari LOTUS 2 Program. Syarat-syarat sama seperti untuk yang full degree, hanya berbeda kita perlu mengajukan mata kuliah yang ingin diambil, tetapi dari pengalaman aku mata kuiah apapun disetujui oleh host university dan kebetulan home university aku juga tidak terlalu peduli ‘hiks2’ antara beruntung atau sedih

  122. hi, admin..
    besok kan sudah tahun 2013..
    nah saya sedang mencari beasiswa untuk tahun 2013 . apakah ada? maaf saya masih sangaaat bingung
    terimakasih

  123. mas Emundus, kalau latar belakangnya s1 pendidikan matematika bisa daftar ALGANT Master tidak?
    sebelumnya terima kasih. buat teman-teman yang lain ada yang sudah pernah/sedang berencana daftar ALGANT Master?

  124. Hi all,
    Salam kenal, saya Devi. Saya ingin apply salah satu program EM, namun persyaratannya perlu 240 ECTS. Setau saya, rata-rata lulusan S1 di Indonesia menempuh 144 sks, yang jika diconvert ke ECTS menghasilkan angka sekitar 207 ECTS. Apakah dengan begitu otomatis saya tidak bisa apply untuk program dengan syarat 240 ECTS ini? Ataukah tetap bisa apply, namun jika diterima nanti perlu mengambil mata kuliah tambahan untuk penyetaraan?

    Mohon sharing pengalamannya.

    Terima kasih

  125. Dear Emundus,

    I just got a letter which state the following statement:

    I acknowledge receipt of your application to study at xxxx University and I am pleased to
    confirm that your details have now been passed on to the relevant programme selector in the
    appropriate School for a decision. You should expect to receive an update on your application
    directly from the School.

    Some points that I want to ask are:

    1. Is that mean that my application to related university have been accepted?
    2. Is that letter mean a LOA? (in my interpretation)
    3. Is it mean that my application for erasmus mundus scholarship is in progress?
    4. What the next step after receiving that letter? ( I feel a bit worry because I have not received any update from the School )

    Thanks for your kindness

    Warm regards,

    • 1. Perhaps “received” (berkas pendaftarannya sudah diterima) instead of “accepted” (diterima di sekolahnya)..
      2. No
      3. Yes, you have to pass/qualify for the programme first before considered for EM
      4. Just wait

  126. Saya Nindita Suryaditya Putri, mahasiswa Jurusan Teknik Elektro ITS Surabaya.
    Ada yang mau saya tanyakan terkait beasiswa Erasmus Mundus:
    1. Saya berminat untuk student exchange dan ITS belum ada kerjasama dengan EM. Apakah masih ada kesempatan saya untuk ikut program action 2 walaupun universitas saya tidak termasuk kerjasama?
    2. Jika tidak bisa, apakah masih ada kesempatan saya untuk mengikuti student exchange karena saya ingin ambil program non-degree karena saya sudah coba lewat lotus dan panacea tidak bisa karena ITS tidak ada dalam partner university.
    Terima kasih.

  127. Hi all,

    Mau share pengalaman nih menyangkut educational background. Kali aja ada yang pernah atau bisa ngejelasin. Atau ada yg apply program yg sama juga bisa bagi cerita?

    Saya lagi apply2 beberapa program Erasmus tahun 2013-2015, salah satunya System Dynamics (EMSD). Nah, menurut websitenya itu (http://www.europeansystemdynamics.eu/), syaratnya adalah “University bachelor degree (BSc) in ‘social sciences’, ‘management sciences’, ‘natural sciences’ or ‘engineering sciences'”. Program ini Dutch-based, btw. Saya sendiri dari engineering background, Bachelor of Engineering program 4 taun.

    Hasil buat EMSD baru keluar dan ditolak, alasannya insufficient educational background. Sebelumnya di emundus pernah ada yg nanya hal yg sama buat jurusan ini: https://emundus.wordpress.com/comment-page-4/#comment-6082

    Dari korespondensi saya dengan koordinator programnya, katanya degree saya cuma bisa dianggap setara dengan “2 years at a Dutch research university or a bachelor at a Dutch University in applied science”. Yang saya belum jelas, apakah program ini memang tujuannya research-intensive, dan kalau iya standar “research-intensive” itu seperti apa (sedang menunggu jawaban). Moga2 koordinator programnya bisa ngasih penjelasan yang memuaskan. Atau ada dari temen2 di emundus yang paham soal ini, jadi bisa di-share?

    Buat nge-share aja yah, kali aja ada yg mau apply program ini juga taun depan, atau mungkin program lain yang admission requirement-nya agak2 ngga jelas di websitenya. Setahu saya sih kebanyakan program di Europe (EM or non-EM) cukup clear-cut ya soal admission requirement dan ngga misleading. But beware aja for some programmes mungkin ada baiknya ditanya dulu sebelum capek2 dan mahal2 ngirim dokumennya 😀

    Cheers,
    dj

      • Sip makasih kak momod 🙂

        Koordinatornya dari Radboud udah ga responsif, keliatannya sih mereka ud ambil decision final dan ga mau ngurus lagi ya. Penjelasan terakhirnya cuma ini based on Dutch national agency on higher education standards, tapi ga bilang standarnya seperti apa, dan digugel juga ga nemu.

        Oh ya, saya dapet admission di Dutch uni lain (bukan under Erasmus), jadinya makin bingung deh standarnya seperti apa. Hipotesis saya sih, beda antara B.Sc dan B.Eng (saya B.Eng alias ST), di mana B.Sc dianggap lebih research oriented. Tapi rasanya ga valid ah, karena B.Sc dan B.Eng sekarang sepertinya uda ga beda secara yg saya dapet ini academic degree (undergraduate thesis is required) dan bukan professional degree.

        Cheers,
        Dije

    • Saya juga dapat pengumuman not admitted di Planet Europe dengan alasan insufficient educational background. Tapi ya saya tidak balas lagi karena memang saya pikir udah gak diterima, tidak lolos, atau “tidak cukup eligible” tanpa bertanya-tanya lagi ke konsorsium tentang arti insufficient educational background.
      Kalau memang artinya seperti itu, apa lebih baik saya minta penjelasan tentang “nsufficient educational background” itu ya ke Planet Europe-nya?

      • Hooo Planet Europe itu koordinatornya uni yg sama dengan EMSD. Sepertinya ini masalah interpretasi uni ini soal kualifikasi bbrp program S1 di ASEAN. Kata program koordinatornya, mereka mengacu di standar Nuffic, tapi kalo coba liat ke website-nya, sebenernya ga spesifiki. Bahkan buat negara di mana saya mendapat S1, ga ada di list nuffic (link di bawah). Tapi uni lain di Belanda ga ada masalah tuh, dugaan saya sih lebih bergantung pada kebijakan uni-nya sendiri 🙂

        http://www.nuffic.nl/en/news/latest-news/description-of-education-systems-in-60-countries

        Saya kemarin drop email ke Nuffic tp mereka ga bisa advise, kayanya mesti put some tedious request somewhere buat diploma qualification. Akhirnya saya ga intend buat pursue masalah ini lebih lanjut sih, partly karena program ini bukan top priority, dan partly saya agak kehilangan keyakinan sama uni ybs sih :p (ini personally loh yaa)

        Good luck semua buat penantian pengumuman Erasmus taun ini. Saya juga masih nunggu dari 2 konsorsium lain 🙂

        Cheers!

      • Hooo Planet Europe itu koordinatornya uni yg sama dengan EMSD. Sepertinya ini masalah interpretasi uni ini soal kualifikasi bbrp program S1 di ASEAN. Kata program koordinatornya, mereka mengacu di standar Nuffic, tapi kalo coba liat ke website-nya, sebenernya ga spesifiki. Bahkan buat negara di mana saya mendapat S1, ga ada di list nuffic (link di bawah). Tapi uni lain di Belanda ga ada masalah tuh, dugaan saya sih lebih bergantung pada kebijakan uni-nya sendiri

        http://www.nuffic.nl/en/news/latest-news/description-of-education-systems-in-60-countries

        Saya kemarin drop email ke Nuffic tp mereka ga bisa advise, kayanya mesti put some tedious request somewhere buat diploma qualification. Akhirnya saya ga intend buat pursue masalah ini lebih lanjut sih, partly karena program ini bukan top priority, dan partly saya agak kehilangan keyakinan sama uni ybs sih :p (ini personally loh yaa)

        Good luck semua buat penantian pengumuman Erasmus taun ini. Saya juga masih nunggu dari 2 konsorsium lain

        Cheers!

  128. Hi emundus, Saya sudah apply program IT4BI. Setelah semua dokumen sudah dikirim, tim admission meminta Saya untuk legalisir passport terlebih dahulu.
    Kira2 dimana ya Saya bisa legalisir passport?

    Mungkin konsorsiumnya berbeda, karena tahun lalu Saya daftar program yang sama tidak meminta passport untuk dilegalisir. Apakah teman2 ada yang pernah mengalami hal yang sama?

  129. Hi emundus, aku lulusan D3 Politeknik Negeri Jakarta, ada kesempatan ga untuk melanjutkan S1 dari beasiswa Erasmus Mundus ?? Aku lulusan dari Jurusan Teknik Elektro Prodi Teknik Telekomunikasi, terima kasih. Ditunggu balasannya 🙂

  130. selamat sore
    saya tertarik dengan Erasmus Mundus Master Course. tepatnya di AFEPA dan AGRIS MUNDUS. tetapi deadline nya tinggal beberapa jam lagi. hehehe 20 Januari 2013.

    pertanyaan saya;
    1. apakah program ini akan tetap berlanjut, karena dalam panduannya disebutkan untuk periode 2009-2013.
    2. untuk rekomendasinya, berapa minimal surat rekomendasi yang baik.

    terima kasih atas

    • Programnya? Mungkin saja akan berlanjut setelah 2013. Beasiswanya yang kita belum tahu apakah erasmus mundus akan diperpanjang lagi setelah 2013.

      Jumlah surat rekomendasi seharusnya ada di web. Baca dulu coba.

  131. Halo emundus, case saya : saya berminat untuk mendaftar program Erasmus Master’s Journalism, Media and Globalization. Persyaratannya mereka hanya menerima IELTS dengan score 7. Kemudian saya email konsorsiumnya dan mengabarkan kalau saya hanya memiliki toefl IBT dengan skor 86 yang mana hanya setara dengan IELTS 6.5, saya tanya bisa engga. trus konsrsiumnya jawab : Thank you for your email and for your interest in the programme.We only accept IELTS, but if it is not possible for you to take the IELTS in time (before March 10), you can include the registration paper along with other documents regarding your English skills to prove, that you most likely will be able to pass the test with a minimum score of 7.0. If you are accepted you will be offered conditional enrolment – meaning that you will have to take the test before May 1st to enrol in the programme.

    Trus saya tanya lagi, berarti kirim skor IBT 86 itu bisa gak dengan jaminan saya bakal bisa test IELTS dengan hasil above 7, trus dibalesnya gini min : But you can send your TOEFL test or other papers (if you have been taken english classes) that documents your proof of experience.

    itu maksutnya saya tetep bisa kirim IBT sertifikat saya ya? trims!

    • Iya, jadi sesuai emailnya, aplikasi Anda tetap akan mereka consider.
      Kalau Anda diterima, maka Anda harus lulus IELTS dengan nilai min 7 sebelum 1 Mei 2013.

  132. Dear Emundus,

    Saya mau tanya soal batas melamar program erasmus mundus sebanyak 3. Itu yang dimaksud “apply” kalo kita sudah submit complete application kan? Kalo kita udah buat login profile terus isi sebagian data disana tapi belum upload document, belum terhitung kan? Saya sudah apply 2 program tahun ini. Rencana mau apply 1 program lagi, tapi barusan saya dapet email dari DMKM yang isinya begini :

    “Dear applicant,
    Thank you for your interest in EM DMKM master. Only around 400 applications were completed among the 700 we have received.
    We are aware that the registration process could be improved, and we hope it will be done by next year.
    Thus, do not hesitate to apply next year for this highly competitive master.
    All the best, ”

    Apa saya sudah terhitung melamar disana ya?
    Saya jadi ragu mau melamar 1 program lagi, takut menyalahi ketentuan.
    Mohon pencerahannya ya. Thanks.

    Best regard,
    Hfn

    • Sama, saya juga masih menunggu email 🙂 sampai hari ini masih belum dapat. Kalau nggak salah, pas tahun 2011, ada info kalau email dikirim sekitar 2 hari dari tanggal hasil rank. Yah, kalau memang 2-3 hari ini masih belom, siap2 move on. 🙂
      If someone reads this and has received the email for DMKM, kindly update dong. Biar nggak nunggu-nunggu. Thank you 😀

      • Saya juga dapat undangan wawancara. Tapi masih belum ditentukan tanggal nya ya. Masih nunggu info berikutnya 😀

  133. saya erwin ,pengen banget apply beasiswa ini..ada gak yg bisa membantu memberitahu langkah -langkah apply dari nol,
    karena saya bingung apa2 yang harus saya siapkan dahulu mengingat syarat2 yang cukup banyak..trimakasih

  134. Dear Emundus,

    Pada bulan Des 2012 saya sudah mengirimkan dokumen2 saya ke konsorsium sesuai dengan alamat yang ada di web. Saya mendaftar untuk program IT4BI (http://it4bi.univ-tours.fr/). Beberapa hari kemudian saya terkejut karena mendapatkan email yang menyatakan bahwa dokumen tersebut belum diterima. Padahal ketika saya mengecek ke Fedex, dokumen tersebut sudah sampai. Apakah biasanya konsorsium EM memberikan notifikasi/email yang menyatakan bahwa dokumen saya sudah diterima? Terima kasih atas jawabannya.

    Antonius

    • Seharusnya ini mgkn masalah administratif saja. Mngkin univ tsb punya reminder system otomatis. Dan mgkn fedex antar ke institusinya, tetapi belum diterima oleh prg yg bersangkutan. Tetap di follow up saja.

  135. Hi Emundus,

    Saya baru dapat email dari IT4BI menyatakan saya masuk reserve list. Saya mau tanya, biasanya chance untuk reserve list dapat scholarship itu sebesar apa ya?
    IT4BI juga menganjurkan untuk mengajukan appeal. Mau tanya, mungkin ada yang pernah mengajukan appeal ke IT4BI, apakah akan banyak membantu atau malah akan memperburuk keadaan?

    Terima kasih banyak.

    • Ya tergantung ranking brp di reserve list, dan apakah ada kandidat main list yg mundur 😉 appeal ya kalau merasa pede bgt seharusnya masuk main list.. Kl ga yakin mending jangan..

  136. Rekan-rekan, apakah ada yg sudah dapat notification dari Erasmus Mundus Strategic Project Mgmt untuk hasil scholarshipnya? Websitenya mention late of Feb though.. mohon info-info yah kl sdh ada yg dpt 🙂

    • Dear momod,

      Saya sudah terima email hasil seleksi program MAPP (Master of Public Policy). Sayangnya baru diterima di program-nya, belum berhasil dpt beasiswa. Moderator punya data hasil seleksinya ga? Saya ingin tahu saya ada di peringkat berapa..

      Terima kasih sebelumnya.

    • Hi Robin…

      Saya juga apply MSPME. Namun, status aplikasi saya masih belom berubah. Bulan Januari kemarin saya dapat surat dari HW “confirm that your details have now been passed on to the relevant programme selector”.
      Bagaimana dengan Robin? Apakah pernah juga mendapatkan surat seperti itu?

      Hanya bisa berharap…

      • Hmmm… berarti main list sudah dikonfirm y?
        OK, thank you atas informasinya. Apakah ada dari Indonesia yang masuk main list?
        Mohon share donk. Thanks and good luck all!!!

  137. Dear all, salam kenal semuanya..
    Saya baru tahun ini berani nyoba ikut erasmus mundus, beberapa hari yang lalu dapet email dr EMMC CoMEM bahwa saya masuk reserve list, apa ada temen-temen yg serupa?

    Dan dearest admin, apa sudah ada bocoran peringkat reserve list dari program CoMEM? Terimakasih banyak 😀

  138. Dear all

    Teman2 ada yg daftar EMerald georesources http://www.emerald.ulg.ac.be/
    Udah ada yg dapat email notif nya.
    Sy baca di fbnya ada 200 candidates, semoga ada yg lolos dr Indonesia.
    Biasanya pengumuman utk main list dan reserve list utk tahun ini di bulan apa ya.?

    Terimakasih atas jawabannya

  139. Dear emundus,
    Beberapa hari lalu saya dapat email dri panitia europhotonics kalo saya masuk reserve list. Di akhir emailnya kayak gini
    However your rank in the reserve list gives you a chance to be selected due to possible cancellations of candidates in the Main List.
    We will contact you in the near future if the cancellations allow you to be selected.

    Apa artinya rangking saya di reserve list cukup bagus.? Apakah sudah ada bocoran rangkingnya?
    Berarti sekarang saya tinggal menunggu saja ya?

    Trims

    • Great!! Ya reply saja utk acknowledge bahwa kamu punya harapan besar utk bs msk main list.

      Mengenai ranking, kita blom dpt bocoran jg.

      Semoga hasilnya akan positif 🙂

  140. Dear emundus,

    Saya Theodorus Eko Pramudito dan hendak mendaftar program EM yaitu SEFOTECH.nut. Pagi ini saya menerima email yg mengatakan kalau saya diterima di program tsb namun dalam email jg ditulis kalau saya tidak akan menerima beasiswa. Untuk detail email tsb kata2nya adalah spt ini:

    After assesing your application for the European M.Sc Degree in Food Science Technology and Nutrition on our admission board, we are very pleased to inform you that you are accepted to the course. This is of course without obligation.

    Unfortunately, you will not obtain the scholarship, as the amount of scholarships is very limited.

    This e-mail is only to inform you about the status of your application. Soon, you will receive an official document from KU Leuven.

    Saya ingin menanyakan apakah hal spt ini mungkin di program2 lain atau hanya tejadi di program saya saja? Sebab hal yg saya tangkap ketika pertama kali mempelajari skema EM adl mrk yg diterima EM tentunya akan menerima beasiswa juga. Tentunya adl mustahil bagi saya utk membiayai sendiri seluruh kuliah saya apalagi mengingat mobilitas EM yg tinggi. Oleh karena itu saya ingin menanyakan pendapat kakak2 terlebih dahulu mengenai hal ini seblm saya menanyakan ke pihak program.

    Trims.

    • barusan saya juga dapat email seperti diatas dari program AMASE, mereka hanya memberi tahu kalau saya diterima tapi tidak mendapatkan beasiswa. saya tidak tahu apakah email ini berarti reserve list atau tidak masuk list sama sekali.

    • Email Theodorus ini sedang ramai dibahas di milis internal EM (ada temannya Theodorus yang memforwardkan ke sana).

      Nanti kalau sudah sempat, saya summary-kan.
      Sekalian untuk berbagi informasi dengan visitor blog lainnya.

      (Kalau Theodorus mungkin sudah dapat info langsung dari temannya itu ya?)

      • Sorry for the late reply. Saya baru saja kembali dari tempat yg agak terbatas koneksi internetnya.

        Iya, saya sudah coba menanyakan ke teman saya dan menerima beberapa alternatif dari kakak2 di milis EM (terimakasih ya!) Jujur saja saya merasa agak kecewa jadinya dgn program SEFOTECH karena info di website-nya tdk menggambarkan jumlah kuota beasiswa yg tersedia (data terakhir adl tahun 2010 dan disebutkan 18 diterima beasiswa). Ternyata punya ternyata hanya ada 5 posisi beasiswa utk mahasiswa non-EU dan saya ada pd posisi reserve 22 (jauh sekali!) Yah sepertinya saya agak sulit utk bisa lanjut namun akan saya coba nego dulu dgn program director-nya.

        Sekali lagi terimakasih ya, kakak2 emundus!

      • Reserve 22 masih ok.. ada lho yg posisinya antara 15 dan 20 tapi akhirnya kepanggil juga. Wish for the best ya.

        Sorry karena kesibukan sehari2 saya masih blom bisa men-summary-kannya utk bahan bacaan teman2 lainnya.

  141. Pengumuman MSPME sudah keluar. Unfortunately, saya hanya masuk reserve list dan ditawari self-funded.
    Apakah ada diantara teman2 yang mengambil kesempatan serupa dan mendapatkan beasiswa selain yang ditawarkan Erasmus Mundus?
    Mohon sharenya ya… Terima kasih

    • Dear Mas Jason,
      Saya juga seperti mas saat ini, tetapi programnya lain. Saya juga sedang kebingungan cari dana ke mana. Hehe *ga ngasih solusi blas 😀 Sejauh ini cuma ada pandangan ke beberapa institusi. Kalau boleh tahu,apa kita bisa tukar kontak? Mungkin bisa sharing.

      Dear admin,
      Apa mungkin kalau sudah mentok tidak dapat dana,saya daftar di satu univ saja (univ di Prancis sbg koordinator)? Jadi saya akan kuliah di satu univ selama dua tahun itu. Hal ini karena ada institusi pandangan,yg sdh sy sebutkan td,hanya menyediakan living cost di satu negara saja.

      Terimakasih mas Jason dan admin 🙂

  142. haloo..salam kenal, ternyata udah rame ya pengumuman dari beberapa program emundus. ada yang daftar program AFEPA? temen saya ada yang keterima di main list, saya hanya masuk di reserve list nomer 8 hehhe

  143. Dear Emundus
    Saya sudah menerima pengumuman dari beasiswa Lotus III, saya masuk ke reserve list. Kalau boleh saya ingin tahu, saya ada di peringkat berapa ya di reserve list karena tidak ada informasi mengenai peringkat reserve list saya? terimakasih sebelumnya

  144. dear emundus,

    saya ingin menanyakan apakah ada dari teman2 disini yang sudah dapat pengumuman IMETE 2013? saya mendaftar sebagai cat B (ada aktifitas di EU selama 2 tahun dalam 5 tahun terakhir) dan belum ada notifikasi email sejak email pemberitahuan kalau data saya sudah diterima.

    sebagai informasi, IMETE sendiri sejak awal menginformasikan bahwa applicants dilarang menanyakan status aplikasi karena baik yang diterima maupun tidak akan diberi informasi. Selain itu diinfokan juga bahwa pendaftar non beasiswa dan pendaftar yg juga apply beasiswa namun tidak memenuhi persyaratan akan diberitahu pada akhir Feb.

    Karena pada akhir feb saya tidak menerima email apapun, saya mengasumsikan bahwa saya setidaknya memenuhi persyaratan dan administrasi. Namun hingga saat ini, ketika program lain sudah mengumumkan hasil seleksi, saya sama sekali belum dapat info dari IMETE.

    Apakah emundus mungkin bisa menjelaskan kemungkinan lain terhadap status application saya? adakah kemungkinan saya tidak diterima namun tidak mendapat email notifikasi pada feb akhir kemarin? atau memang imete sama sekali belum ada update? karena dosen dan atasan saya yang menulis surat rekomendasi untuk saya juga belum dihubungi pihak imete sama sekali.. (skalian tanya, apakah penulis surat rekomendasi biasanya dihubungi panitia program terkait seleksi beasiswa btw?)

    please infonya.. deg-degan menunggu kabar nih…

    • yg saya maksudkan notifikasi email data saya sudah diterima adalah data hardcopy saya lewat pos..jadi untuk masalah aplikasi saya panitia Imete sudah menerima..

  145. mau nanya nie…saya baru mendapat email dari erasmus mundus untuk program PhD tapi hanya di kasih 10 bulan (10 month duration)..untuk lengkpanya email dari mereka seperti berikut: Dear PANACEA applicant,

    It is our great pleasure to inform you that you have been selected in the project PANACEA at the level Doctorate for a mobility of 10 months at the Uniwersytet Warszawski.

    We kindly ask you now to let us know by Monday the 13th of May until Midday your decision concerning PANACEA. In case you do accept this scholarship, we will send you another e-mail with instructions regarding the further steps to follow in order to complete your selection. You will receive as well the student guideline and books for practical information. In case of any questions, don’t hesitate to contact us.

    Looking forward to hearing from you by Monday the 13th at the latest!

    Best regards,
    PANACEA Coordination Team.

    yang saya ingin tanyakan:
    1. apakah 1 bulan itu program non-gelar atau bagian dari program PhD tapi hanya di kasih waktu 10 bulan saja dan setelah itu saya harus mencari beasiswa lain untuk membiayai sisa program yang biasanya 36 bulan (3 thn)

    Jawaban teman2 sangat dihargai..Makasih

      • saya apply sebagai TG2 dan sekarang belum enrol sebagai PhD di HEI asal….karena di TG2 dibilang “students need either to be registered in a HEI (not included in the partnership) of the third-country concerned by the lot or or to have obtained a university degree or equivalent from HEI of these third-countries…..

        jadi saya khan mendapat degree dari universitas asal khan…dan belum mulai studi PhD sama sekali…kalau gini gimana…?

      • kalau dibaca di sini http://www.panacea-mundus.eu/index.php/panacea-project

        TG2

        National of Myanmar, Cambodia, Laos, Vietnam, Mongolia, Indonesia, Thailand, China, Sri Lanka, India, Malaysia, Maldives, Philippines, North Korea who are currently registered in a higher education institution of these countries that is not included in the PANACEA partnership.
        Mobilities are open only to Master, Doctorate, Post-doctorate and Staff level.

        jadi karena di http://www.panacea-mundus.eu/index.php/scholarship-info/phd (ingat, page ini adalah page khusus untuk PhD. jadi konteks page ini adalah PhD!) mengatakan “to have obtained”, pengertiannya, menurut saya, adalah telah mendapatkan PhD di negara asal. beasiswa 10 bulan ini adalah untuk post-doc.

      • Betul sih cuma di page juga disebutkan demikian “or to have obtained a university degree or equivalent from HEI of these third-countries”

        saya mengartikan kalimat diatas bahwa untuk eligible for PhD setidaknya degree calon entah itu S1, S2 adalah dari third country….sedangkan yang di link panacea projecynya bicara soal target….dengan demikian yang jadi penekanan adalah eligibility untuk PhD nya…..dan 10 bulan disebutkan di surat bahwa PhD project level jadi mungkin bisa ikut kuliah setingkat PhD tp hanya di berikan 10 bulan saja dan kalau mau lanjut cari dana lain…setidaknya itu pemahaman saya….

        Membingungan sih……

      • Salam,

        Sama, aku yang buat program Master gitu juga. Bingung ini exchange nya dengan universitas di “third countries” atau exchange di negara-negara sesama project PANACEA. Soalnya aku gak daftar master di Indonesia.

  146. Dear Emundus,

    Terima kasih atas info bahwa saya masuk rangking 9 reserve list beasiswa IMETE EM.
    Apakah ini no. 9 benar-benar untuk reserve list, atau urutan dari gabungan main list dan reserve list? Di pengumuman penerima beasiswa di blog ini pun, main list dari IMETE belum disebutkan.

    Hal lain yang ingin saya tanyakan, mengapa ya, sampai saat ini, pihak konsorsium IMETE belum memberikan pengumuman resmi kepada saya?
    Soalnya, dengan kondisi reserve list no. 9, saya tetap harus berjaga-jaga cari sumber beasiswa lain. Namun masalahnya, sampai saat ini, LoA dari konsorsium belum ada. Saya pun sudah menanyakan tapi belum ada balasan.

    Mohon bantuannya, EMundus..
    Terima kasih..

    • Main list dari IMETE ada 18 orang, yang sayangnya tidak ada seorang pun dari Indonesia.
      Komposisinya: 9 orang Cat A, 5 orang Cat B, 3 orang ENPI, 1 orang Western Balkan.

      Posisi Anda adalah di Cat B.
      Untuk Cat B, peringkat reserve list, dimulai dari ranking 6 (karena ranking 1-5 adalah main list Cat B).
      Dengan kata lain, anda adalah “urutan” ke-4 di reserve list.

      Ranking 6 / Iranian
      Ranking 7 / Spanish
      Ranking 8 / Spanish
      Ranking 9 / Indonesian

      Pengumuman resmi, saya juga tidak tahu.
      Mungkin bisa coba ditanyakan langsung ke konsorsium, dengan mention bahwa Anda akan coba tempuh dengan biaya dari beasiswa lain.
      Kalo konsorsium kurang membantu, coba hubungi universitas utama, bagian international relations.
      LoA seharusnya bisa dikirimkan, at least secara softcopy/email dulu.

  147. maaf sebelumnya saya mahasiswi tingkat akhir yang direncanakan bulan 10 ini akan diwisuda, kira kira beasiswa ini bisa saya coba gag ya? untuk melanjut S2 ? mohon informasinya yaaa 🙂

  148. Dear Erasmus Mundus,

    Saya Mahasiswi jurusan Bahasa Jerman UNJ semester 6. Saya sudah diterima di Perguruan Tinggi Konstanz, Jerman, untuk melanjutkan perkuliahan saya dalam program double degree selama 2 tahun. Apakah mungkin bagi saya untuk melakukan permohonan beasiswa kepada Erasmus Mundus, meskipun bukan program master/ s2?
    Mohon Jawabannya. Terima kasih

  149. Dear Officer, perkenalkan saya Kurniawan Ulung dan sangat berminat untuk mendaftar master dalam program EM di musim selanjutnya. Pada saat ini saya sedang mendaftar tes ielts yang nantinya seritifakt tsb akan saya gunakan sebagai syarat untuk apply EM. Di dalam aplikasi form IELTS saya diminta untuk mengisi instansi yang akan dikirim copy setifikat. Pertanyaan saya, ialah apakah copy sertifikat ielts harus dikirimkan ke universitas yang ada dalam EM ataukah dikirimkan ke konsorsium? Jika dikirimkan ke konsorsium, mohon saya dikasih tau dimana alamatnya? karena saya sudah mencoba membuka situs resmi, namun saya belum paham sepenuhnya. Saya takut menulis alamat yang salah.
    Terimakasih.

  150. kak aku mau bertanya nih. syarat untuk bisa mendapatkan beasiswa S2 ke Universitas Bologna, apa saja ya. plis kak, cita-cita banget nih 🙂

    • Kesempatan kan bisa banyak..
      Bisa beasiswa dari Uninya sendiri, ataupun dari negaranya, ataupun dari lembaga.
      Silahkan dibrowsing dan cari info dulu, misal melalui komunitas PPI Italia.
      Mereka ada milis di yahoogroups (lupa persis namanya apa: pelajar indonesia di italia / borsisti italindo).

      Atau bisa juga tanya2 ke dedengkot milis beasiswa yang sudah berulang kali di Italy: Iwan Adhicandra.
      Bisa juga ke mantan ketua PPI Italia, Berly Martawardaya.

      Silahkan dicoba.

      • Selamat pagi mas. Saya mau tanya dong,ada kontak yg kuliah di swedia gak ya? Saya rencananya mau ngambil beasiswa di swedia soalnya mas. Terimakasih

      • untuk saat ini, belum ada nama yang muncul di kepala untuk swedia..
        bisa coba tanya2 juga ke milis beasiswa, atau google ppi swedia..

  151. I am really interested to apply for Erasmus Mundus Scholarship. But, I just wondering is there any limitation how many study programs we can apply for 2014/2015? If yes, could you please give me the link about it?
    Thank’s

  152. pagi mbak dan mas mundus.
    saya hanya ingin bertanya tentang persyaratan translate ijasah, dari pihak kampus saya menyatakan bisa menerima translate ijasah, tapi mereka meminta aplikasi beasiswa x. bisa tolong beri contoh aplikasi x? terimakasih

  153. Halo,
    pada situs ini http://eeas.europa.eu/delegations/indonesia/more_info/erasmus_mundus/index_id.htm
    dibagian siapa yang dapat turut serta disyaratkan bahwa:
    Warga negara yang berasal dari negara-negara di luar Uni Eropa;

    1) Tidak terdaftar sebagai penduduk di Negara Anggota Uni Eropa manapun;
    2) Belum pernah melakukan kegiatan utamanya (kuliah, bekerja, dll) selama lebih dari 12 bulan dalam 5 tahun terakhir di Negara Anggota Uni Eropa manapun;
    3) Telah menyelesaikan pendidikan tingkat S1. Bagi mereka yang telah mendapatkan gelar kesarjanaan pada tingkat akademik yang lebih tinggi juga dapat mendaftar pada Program Magister Erasmus Mundus, selama kriteria penerimaan untuk program tertentu memperbolehkannya;
    4) Telah diterima atau telah terdaftar pada sebuah Program Magister Erasmus Mundus (lihat bagian tentang “BAGAIMANA cara mengajukan permohonan?”

    apakah KEEMPAT (sekali lagi “keempat”) syarat diatas terdapat di situs resmi EM atau dari pihak EM indonesia saja? http://eacea.ec.europa.eu/erasmus_mundus/funding/scholarships_students_academics_en.php

    sekian dan terimakasih

    • maaf, ada 5, seharusnya nomor satu –> Warga negara yang berasal dari negara-negara di luar Uni Eropa;

    • Syarat di link nomor satu di atas berlaku untuk EM action 1. Itu adalah syarat generik. Setiap program EM action 1 mungkin memiliki syarat tambahan lagi.

  154. Salam, nama saya abimanyu, saya baru lulus tanggal 16 maret 2013,
    ketika saya diminta oleh ibu saya melihat beasiswa eropa, tanpa sengaja saya membuka website EM. Saya membaca dan menjadi tertarik dengan program yang ditawarkan. Saya ingin meneruskan dibidang teknik khususnya lingkungan. kira-kira pilihan apa yang harus saya pilih? dan saya harus memulainya dari mana? Jujur bahasa inggris saya kurang, jadi ada beberapa instruksi yang tidak saya mengerti? mohon bantuannya.
    Terima kasih

    • Di list program EM, silahkan dipilih program studi yg sesuai minat. Untuk bahasa inggris yg tdk dimengerti, bs coba pakai google translate sebagai pertolongan pertama.

  155. Dear Erasmus Mundus Alumni,

    Saya merupakan lulusan Fakultas Hukum Internasional di salah satu PTS Bandung.. Saat ini saya sudah punya pengalaman kerja +/- 6 tahun di Human Resource & Recruitment Selection. Saya tertarik untuk ambil beasiswa EM Work Organizational & Psychology, tapi disana dibutuhkan lulusan Psikologi.

    Apakah saya akan mengalami kesulitan jika saya apply namun beda jurusan..? JIka Iya, kesulitan seperti apa yang sekiranya saya hadapi nanti.. Please advice..

    Thanks..

    • kalau secara administratif, syarat punya background psikologi itu “compulsory admission criteria”..
      (refer to http://www.uv.es/erasmuswop/admission_criteria.htm)

      jadi, di atas kertas, tidak akan lolos persyaratan ini.

      anyway, coba contact dengan konsorsiumnya dulu, coba jelaskan kondisi anda, motivasi anda, dan apa yang membuat anda kira2 bisa diberi “celah” untuk tetap dipertimbangkan dalam bursa kandidat beasiswa. kalau tantangan pertama ini sudah lewat, baru nanti kita diskusi kemungkinan2 tantangan berikutnya..

  156. Salam sejahtera,
    Saya mau tanya, saya baca dalam bagian tuition fee dari program yang mau saya ikuti bahwa saya harus membayar 500 euro pada saat pertama diumumkan jika diterima di program tersebut. Yang saya mau tanyakan, apakah biaya itu langsung dicover oleh beasiswa ini? Mengingat jumlahnya cukup besar. Kemudian apakah dengan diterima di program studi tersebut sudah menjamin saya mendapatkan beasiswa Erasmus Mundus?
    Mohon pencerahannya,
    Terima kasih!

      • OK.. kalau anda apply IMIM dan anda apply beasiswa EM (note: aplikasinya cukup 1x, tetapi kedua hal ini adalah berbeda), maka hasilnya bisa beberapa kemungkinan:
        1. Tidak diterima di IMIM
        2. Diterima di IMIM, tanpa beasiswa EM
        3. Diterima di IMIM, dan kandidat beasiswa EM (reserve list)
        4. Diterima di IMIM, dan kandidat beasiswa EM (main list)

        Yang di-idam2-kan semua orang tentunya opsi nomor 4.
        Anyway, kalau dapat opsi 4, maka tuition fee akan langsung dipotong dari beasiswanya.
        Hal ini tercantum juga di page tsb (bagian “Erasmus Mundus scholarships”), walaupun tidak eksplisit.
        The students should pay 16.000 EUR of tuition fee for the whole programme
        –> tidak usah pusing dengan payment plan. Pokoknya anda terima 16.000 EUR setiap tahunnya.

        Bagaimana kalau dapatnya opsi 2?
        Untuk ini, barulah berlaku payment plan sebagaimana yang tercantum.
        Pembiayaannya? Bisa dari biaya pribadi, atau dari skema beasiswa lain.

        Bagaimana dengan opsi 3?
        Kalau tidak ada main list yang mengundurkan diri, maka pada ujungnya akan sama dengan opsi 2.

      • Terima kasih banyak atas jawabannya. Sangat menjawab dan membantu saya dalam memahami skema beasiswa ini. 🙂
        Amin, semoga bisa dapat opsi keempat itu, diterima di program IMIM sekaligus EM.
        Satu pertanyaan lagi mungkin untuk memperkaya wawasan, apakah ada rekomendasi beasiswa lain jika hanya diterima di programnya (dalam hal ini IMIM)? Mengingat biaya kuliah di sana cukup besar (yang tertera di link yang saya kutip sebelumnya sebesar 20.000 untuk 2 tahun).
        Terima kasih.

  157. selamat sore. saya ingin bertanya. saya calon lulusan agustus 2014. sedangkan periode perkuliahan beasiswa erasmus mundus berikutnya adalah oktober 2014. dan deadline pengumpulan berkas beasiswa januari 2014 apakah memungkinkan bagi saya untuk meng-apply beasiswa erasmus mundus? atau harus sudah dinyatakan lulus baru bisa meng-apply beasiswa erasmus mundus? apakah ada program beasiswa yg mengikutsertakan undergraduate? terimakasih sebelumnya

  158. Selamat malam,saya mau tanya. Untuk beasiswa erasmus mundus ada yang untuk jalur ekstensi S1 tidak? terimakasih sebelumnya,

  159. Selamat siang, saya mau bertanya.
    dokumen2 yang disiapkan dan dikirim untuk apply erasmus mundus apakah harus asli atau bisa fotocopy-an, karena ijazah saya masih di keep oleh perusahaan saya sampai akhir kontrak kerja saya bulan februari 2014.
    terima kasih

    • Fotokopian ter-legalisir ya..
      Legalisirnya bisa dari institusi yg mengeluarkan dokumen tsb, atau notaris, atau sesuai syarat yang diminta oleh konsorsium (misal: Depkumham)

  160. Halo Emundus,

    Saya berencana untuk apply program Erasmus Mundus EUSYSBIO. Ada beberapa pertanyaan terkait required documents-nya http://www.kth.se/en/studies/programmes/em/eusysbio/application/required-documents-for-eusysbio-1.46959

    1. A Curriculum vitae including details on your academic career. Apakah ini sama dengan CV yang digunakan untuk melamar pekerjaan atau ada format khusus?

    2. Two letters of recommendation from professors of the most recently attended higher institution or from employers if relevant. Apakah general recommendation letters diperbolehkan? Soalnya selama saya kuliah, tidak pernah diajar oleh seorang Professor, jadi saya tidak mungkin meminta specific recommendation letter professor di univ saya dulu.

    Mohon bantuannya. Thanks!

    Raymon

    • 1. Direkomendasikan menggunakan CV Europass (coba google)

      2. Di Eropa, professor adalah sebutan “generik” bagi dosen. Jadi oleh dosen pembimbing atau ketua jurusan juga gpp, yang penting mereka punya posisi lumayan tinggi, dan tahu mengenai kualifikasi anda

  161. Dear Emundus,

    Mohon bantuan, saya sudah coba cari-cari infonya tetapi belum menemukan. Untuk aplikasi EM tahun ini, banyaknya program yang boleh di apply berapa ya? Apakah bisa lebih dari satu, karena ada beberapa program yang sedang ditawarkan sesuai dengan background saya dan menarik.

    Thanks in advance,

    Nisa

    • Dear Nisa

      Sy mau bantu jawab, tp sepertinya kamu sendiri yg belum teliti mencari info nya.
      Aplg kalau aplikasi EM, itu sangat ada dan jelas lengkap dengan persyaratan nya.
      You’re welcome

      AM

  162. Hallo saya rizqi saya kuliah bachelor di universitat zu koeln germany, saya kuliah di bidang bisnis ekonomie, saya sangat membutuhkan beasiswa, saya mau tanya adakah link-link buat beasiswa bachelor?
    terimakasih

    • Hallo Rizqi

      Hebat nih kuliah bachelor nya sdh di jerman, kayanya klo sdh disana lebih mudah akses di universitas kamu kali ya.
      Sudah sangat pasti mereka memberi info dgn jelas deh & sptnya jg bisa kontak lgs ke kantor permohonan dana buat mahasiswa.
      Sama2

      AM

  163. halo emundus

    saya ingin bertanya gamblang.
    saya mahasiswa D3 mesin yang ingin transfer s1 mesin juga (kalo di indonesia Strata 1 ya) namun ke universitas luar negeri dimana saya sudah belajar dan bimbel b.inggris.
    yang ingin saya tanyakan

    1. adakah universitas di eropa yang menerima mahasiswa transfer d3 ke s1 ato undergraduate mungkin istilah luarnya ?

    2. kalo ada, apa saja syaratnya dan apa yang perlu dipersiapkan ? kalo tidak apa ada rekomendasi lainnya ?

    itu saja dulu pertanyaan saya karna saya memang bingung harus mengawali dari mana dan sudah saya cari sana sini

    mohon penjelasan bantuannya dan terimakasih

    • Halo Luhur

      Setahu saya, program ini untuk S2 & S3. Andaikata pun ada buat S1, itu yg partnership antar universitas di Indo.
      Cuma kalau saya jadi kamu, ya gk ada salah nya coba langsung S2, tp kamu hrs mepersiapkan persyaratan nya layak nya S1.
      Trus pertanyaan kmu selanjutnya itu bisa langsung aja cek di webnya erasmus yg sesuai dg bidang kamu.
      Saran sy buat kamu sih, modal nekat & coba2 di kirim aja langsung… Toh gk rugi, malah kmu jd belajar…
      Salam

  164. Hi emundus.
    I just wondering when EPOG, EGEI, and MEDEG open their admission for academic year 2014-2016?
    Cause I want to start sending my application right now. Anyway, I just checked their website only EPOG has announced that they will open admission for 2014-2016 soon, the rest of them don’t know yet.
    Thank you so much
    Rocky Setiawan

    • Hi Rocky

      If you just find only EPOG, so it means that other programs are not yet opened. So be patient and always check the website for updates. We can’t predict the schedule of all program, since each program has different coordinator.
      I suggest you can start to send your application for EPOG… 🙂 for the rest, later..
      you’re welcome

  165. dear admin,
    saya mau tanya mengenai last name bagaimana dalam pengisian identitas tersebut. apakah saya perlu mencantumkan nama ayah saya karena kami tidak memiliki nama keluarga?

    • Ini masalah klasik orang Indonesia.
      Dalam beli tiket pesawat pun, masalah seperti ini terjadi.

      Solusi umumnya adalah last name = first name.
      Misal: Citami Citami
      first = Citami
      last = Citami

      Silahkan dikonsultasikan dengan konsorsium programnya, kalau2 mereka punya pendapat yang berbeda.

  166. Dear kakak Admin,
    Saya baca bahwa batas maksimum setahun 3 aplikasi EM itu untuk action 1 saja, sementara buat action 2 boleh berapa saja.

    Saya lihat disini (http://eacea.ec.europa.eu/erasmus_mundus/tools/documents/action2_faq_studentacad_jan2011.pdf)
    Q: To how many Action 2 partnerships may a student apply?
    A: In some regions, there is more than one Action 2 partnership offering mobility. Students may apply
    to more than one partnership that covers their country. It goes without saying that you can only be
    selected for mobility by one partnership.

    juga

    Q: Can I apply to Action 2 partnerships and Action 1 Masters / Doctorates?
    A: You can apply for both Action 1 and Action 2 scholarships at the same time.

    As far as Action 1 is concerned, students/doctoral candidates can apply for an Erasmus Mundus
    scholarship/fellowship to a maximum of three (3) different joint programmes (EMMC and EMJD
    together) and you can only benefit from one Erasmus Mundus scholarship for your full time
    study/research period in one Erasmus Mundus joint programme (EMMC or EMJD).

    There is no limit for Action 2 applications – in some cases there is more than one partnership
    providing mobility for nationals of your country. In cases such as this you can apply to any or all of
    the partnerships providing mobility for nationals of your country.

    mohon bantuan pencerahannya kakak, biar lebih yakin, terima kasih

  167. Hi Emundus,

    Utk legalisir dokumen IT4BI disebutkan:

    Some of the institutions where you can get your copies stamped are:

    – Any embassy or consulate of EU member state in your home country.
    – Any accredited government and public administration of your country (e.g., courts in majority of countries provide ” Hague apostille” stamp 17).
    – Notary.

    it means, salah satu dari ketiga point di atas kan? jadi, kalau pakai notaris saja harusnya sudah cukup ya? Boleh share notaris yang bisa melakukan legalisir utk dokumen2 emundus yg pastinya berbahasa Inggris?

    utk point 1 & 2 ini yg saya coba. saya sudah hub EU embassy, mereka memang tidak bisa utk legalisir, kemudian diarahkan ke kedutaan Spanyol. Di kedutaan spanyol, diharuskan ke 3 kementrian dulu yaitu kemdikbud, kemenhumkan dan kemlu. di kemdikbud dan kemenhumkan susahnya minta ampun utk telp. di kemlu berhasil tapi harus ke kemenhumkan dahulu baru bisa ke kemlu. di kemlu syaratnya hanya menyediakan materai 1 buah, IDR6000, map kuning dan isi formulir.

    mohon feedbacknya.

    terima kasih,
    *riyan

    • Iya, salah satu dari beberapa pilihan itu.
      Notaris ada banyak sih.
      Mungkin milis beasiswa bisa membantu.

      Saya dulu pakai notaris di tanah abang, tetapi sudah tidak ada nomor kontaknya.

  168. Hi Emundus!
    Happy New Year 2014!!
    Hm, I am just wondering if we get accepted into this scholarship, can we also take our spouse with us?
    Thank You
    Rocky Setiawan

    • Yes you can.
      But there will be no additional allowance for spouse.
      And for some EU countries, it’s subject to their regulations regarding entry/stay permit for student’s spouse.

  169. Dear teman-teman, saya mau tanya…

    Sblmnya maaf kalau ternyata ada yg sdh pernah mengajukan pertanyaan ini. Berhubung saya tidak menemukannya, harap dijawab ya 🙂
    Saya sudah menerima email yang bersubjek ‘conditional admission’, dimana ada pernyataan spt ini: “Your application will be considered for the award of a fellowship, although we are not in possession of your English test results. In case you will be selected for a fellowship or in case you will be placed on the reserve list, we need to be in possession of your English test results by 1 May 2014.”

    Saya sudah menerima hasil tes IBT saya, namun masih berupa online score. Apa perlu saya mengirimkan bukti tsb (printscreen) dahulu via email sebelum sertifikatnya dikirimkan oleh pihak ETS pada akhir februari ini (saya kirim menyusul)? Apakah menurut teman2 hal ini menyalahi prosedur?
    Karena tidak ada larangan yang saya baca soal bentuk fisik english proof.

    Terima kasih

    • Tidak menyalahi prosedur sih.
      Dijelaskan saja kondisinya demikian.
      Saya yakin konsorsium akan mengerti.

      Jangan dibuat ribet2.
      Plain, simple, dan to the point saja penjelasannya.

    • Dinya, mau menambahkan aja.
      Kemarin saya juga belum dapat iBT score card-nya.
      Karena deadline semakin dekat, saya kirimkan hasil PDF snapshot online score saya. Selain itu juga saya order-kan scorecard untuk dikirimkan langsung ke univ-nya. Untungnya mereka menerima penjelasan saya.
      Benar kata Emundus, dicoba saja, snapshot-kan score yang ada data diri, jadi satu halaman full.

      • Iya… Sudah saya kirimkan. Syukurlah mereka menanggapi secara positif.
        Terima kasih atas jawabannya ya teman-teman :))

  170. Hi Emundus,

    Saya agak telat tau mengenai dealine dari masing-masing kampus yang terdaftar di EM 😦
    Yang ingin saya tanyakan, apakah program EM ini diadakan setiap tahun atau ada periode-periode tertentu??
    Misalnya setiap 2 tahun sekali atau 4 tahun sekali.
    Tolong infonya

    Thanks

  171. Hi Emundus,
    I am just wondering about the result of MEDEG 2014. I don’t think I can get accepted into this prog, but if anyone knows about the result please let me know.

  172. Saya tertarik untuk mengajukan beasiswa S 3 untuk Program Ilmu Komunikasi tahun 2014. Saya seorang dosen di Perguruan Tinggi Negeri di Bandung. Bagaimana caranya ? Terima kasih.

  173. Hallo salam kenal. Nama saya Sherlly. Saya sangat tertarik dengan beasiswa Erasmus ini, namun ada beberapa pertanyaan yang ingin saya ajukan mengenai beasiswa ini. Saat ini saya dalam masa Studienkolleg atau pre college dengan jurusan Medicine di Jerman. Apakah saya masih dapat mengajukan beasiswa Erasmus atau tidak?
    Jika iya apakah persyaratan pendaftaran pengajuan beasiswa sama dengan yg lainnya atau ada beberapa dokument tambahan yang perlu saya lampirkan?
    Apakah sertifikat TOEFL juga diperlukan? Sementara study saya di Jerman menggunakan full bahasa jerman dengan sertifikat bahasa Jerman yang mencukupi.
    Terimakasih atas perhatiannya. Saya berharap bisa mendapatkan jawaban secepat mungkin

    Salam
    Sherlly

    • Masih bisa mengajukan, tetapi kategorinya yang B ya, beasiswanya lebih kecil dibandingkan kategori A.
      Untuk persyaratan pendaftaran maupun kemampuan bahasa, silahkan refer langsung ke website program yang diminati, karena satu program dengan yang lainnya punya standar administrasi pendaftaran yang khusus.

  174. Halo emundus, salam kenal,
    Saya mengikuti kompetisi beasiswa IED di Milan, dan saya diterima di IED MILANO jurusan product design. Tapi hanya di cover 50%tuition fee saja.
    Apakah beasiswa erasmus mundus ini dapat memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang sudah keterima di salah satu universitas di italy ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s