Bisakah menempuh program EM Action 1 dengan beasiswa EM Action 2 ?

aku-pasti-bisa

Gara-gara hari ini ada pertanyaan mengenai reserve list, saya jadi teringat kisah seorang teman saya (awardee E+ tahun 2014).

Tahun lalu dia diterima di salah satu program EM action 1 (yang listnya bisa dilihat di http://bit.ly/EM-emmc), dimana di program tersebut, salah satu anggota konsorsiumnya adalah TU Dresden, Jerman.

Nah, ternyata TU Dresden (secara institusi) juga tergabung dalam program EM Action 2 yang bernama “Swap and Transfer”.

Kalau dilihat di webnya “Swap and Transfer” http://www.swap-transfer.eu/partners.html, universitas asal S1 teman saya ini, tidak tergabung di partnerships ini.

Tetapi somehow, teman saya ini pada akhirnya bisa menempuh program EM tsb dengan berbekal beasiswa EM Action 2 “Swap and Transfer”. Sepertinya dia menggunakan “celah” target group 2.. (kalau penasaran, baca baik2 http://www.swap-transfer.eu/instructions.html).

Jadi, mungkin bagi teman2 yang sudah terima “kabar” dari konsorsium yang menyatakan diterima programnya, tetapi tidak diterima beasiswanya, coba cek univ2 konsorsium program tsb. Siapa tahu ada yang tergabung di Action 2, dan bisa memanfaatkan “celah” seperti teman saya tsb.

5 thoughts on “Bisakah menempuh program EM Action 1 dengan beasiswa EM Action 2 ?

  1. halo admin.. saya mau nanya,
    beasiswa erasmus itu terbuka untuk seluruh mahasiswa dr perguruan tinggi manapun kan (buat yg Action 1)? soalnya saya liat-liat di webnya itu ada yg kerjasama hanya dgn beberapa PTN gitu. kyk contohnya glink (http://www.glink-edu.eu/institutions) itu kan cm sama ITB, dan smartlink (http://smartlink-edu.eu/institutions) itu cm sama BINUS. trs saya juga bingung glink sm smartlink itu di webnya tertulis ‘Erasmus Mundus Programme’. jd sebenarnya erasmus mundus itu ada banyak programnya gitu apa gimana ya? kalo mau apply harus melalui program-program itu apa bisa langsung apply dari web menurut course yg tersedia di sini http://eacea.ec.europa.eu/erasmus_mundus/results_compendia/selected_projects_action_1_master_courses_en.php ? terima kasih🙂

  2. Halo,

    Saya mau nanya sedikit… adakah ‘celah’ lain selain ‘Swap and Transfer’? Saya baru diberi kabar bahwa saya diterima program Erasmus + (EMMIR), namun tidak diterima untuk beasiswanya. Saya sudah coba hubungi beberapa instansi di Indonsia (LPDP, Dikti), dan mereka menyatakan tidak dapat memberikan beasiswa untuk program Erasmus…

    Mohon sarannya.

    Terima kasih🙂

  3. Hi min, saya mau tanya, mengenai celah yang disebutkan, ada persyaratan yang menyatakan harus menyerahkan Learning Agreement dari Home Institution dan Host Institution, sedangkan kedua univ tersebut adalah sama. Saya ingin mencoba menggunakan celah yang ada, namun bagaimana mengenai persyaratan Learning Agreement? Karena sewaktu saya tanya ke CP program SAT, dia menjawab bahwa program dibwah EMMC tidak bsa dinyatakan sebagai exchange program.

    Mohon bantuannya, terima kasih.

Leave a Reply

