Refleksi 2014: Timing dan momentum

Tiga hari mendatang, kembali kita dihadapkan pada penghujung tahun 2014.

Apa yang sudah kita capai di 2014?

Apa yang belum kita capai?

Apa yang seharusnya sudah kita capai, tetapi karena sesuatu hal, menjadi tidak tercapai?

Refleksi diri adalah hal yang baik menjelang penghujung tahun, untuk memperbaiki kesalahan atau kekurangan yang ada, sehingga tahun 2015 bisa dilalui dengan lebih baik.

***

Salah satu hal yang menjadi pemikiran saya di 2014 ini adalah mengenai timing dan momentum. Apa maksudnya?

Dalam berbagai hal dalam kehidupan kita, banyak tawaran, yang terkadang sifatnya hanya sekejap atau terbatas ketersediaannya. Terlalu lama berpikir, bisa jadi peluang tersebut sudah tidak berlaku lagi atau sudah diambil oleh orang lain. Terlalu banyak pertimbangan, bisa menjadikan kita tidak merasa siap untuk “pull the trigger” (ambil keputusan). Dan pada akhirnya, bisa saja kita berakhir dengan kekecewaan dan membayangkan seandainya saja kita mengambil keputusan lebih cepat.

Don’t get me wrong ya, saya tidak bilang bahwa tidak perlu berpikir masak-masak dalam membuat keputusan. Tetapi, kita perlu juga mempertimbangkan aspek timing dan momentum dari peluang yang ditawarkan tersebut.

Timing-is-everything

***

Misalkan saja, kalau anda mengikuti proses lelang, kalau anda tidak cepat ambil keputusan dan bersedia menawar lebih tinggi, maka barang yang anda minati mungkin menjadi milik orang lain.

Atau kalau misalkan anda punya rencana untuk keluar negeri, misalkan saja ke Amerika Serikat, di awal 2015, dan anda menunda-nunda untuk membeli mata uang USD, maka kurs USD saat ini yang sudah di atas 12.000 rupiah sudah kurang bersahabat bagi sebagian orang. Mungkin anda akan menyesali, kenapa tidak beli USD ketika masih 11.000 ya.

(Catatan: ilustrasi di atas dengan asumsi anda punya dana yang dibutuhkan untuk membeli USD ketika masih 11.000, tetapi anda tidak melakukannya karena anda berharap kurs USD akan turun menjelang kepergian anda)

usdidr

Per kondisi saat ini pun, tidak ada yang tahu apakah pembelian USD di kurs 12.000 adalah keputusan yang tepat atau tidak. Kalau ke depannya USD menjadi 15.000, maka pembelian saat ini adalah keputusan yang sangat tepat. Tetapi kalau sebaliknya, maka mungkin anda akan menyesal lagi karena beli di harga tinggi.

Dan masih banyak hal lainnya yang dalam pengambilan keputusannya melibatkan timing dan momentum ini.

Terkadang timing ini sangat krusial, sangat cepat. Misalkan saja, telat sedikit, maka harga sudah berubah (dalam hal kurs mata uang yang mengikuti pergerakan pasar).

***

Dalam hal pencarian beasiswa, hal mengenai timing dan momentum ini pun ada.

Realistik saja, namanya juga beasiswa, terkadang peluang yang ada mungkin tidak sesuai dengan bayangan ideal kita (misal: mau kuliah di univ A, jurusan B, penelitian di bidang C, dll). Dan karena begitu banyak pencari beasiswa di dunia ini, lebih banyak dari beasiswa yang disediakan, pastinya akan banyak persaingan dan kompetisi untuk memperebutkan beasiswa yang ada.

Sebuah pertanyaan untuk refleksi diri, manakah yang lebih penting bagi anda?

(1) Mendapatkan beasiswa, tetapi kondisi beasiswanya atau bidang yang dituju mungkin tidak seideal impian anda

(2) Menunggu terus (entah sampai kapan), sampai ada beasiswa yang seluruh kondisi dan bidangnya sesuai impian anda

Tidak ada benar salah, karena ini keputusan masing-masing orang. Satu hal yang perlu dicamkan, keputusan manapun yang anda ambil, akan ada konsekuensi dari setiap keputusan. Yang terpenting di sini adalah penguasaan diri, kalau anda puas akan pilihan anda, dan anda siap akan konsekuensinya.

***

Sebagai penutup, saya menyukai sebuah quote dari Richard Branson.

Beliau adalah pengusaha asal Inggris, yang merupakan pendiri dari Virgin Group.

branson

***

Selamat menghadapi tahun 2015 !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s