Athens – Day 1

Melanjutkan posting sebelumnya tentang jalan-jalan di Athena, https://emundus.wordpress.com/2014/10/29/jalan-jalan-ke-athena/.

Akhirnya tibalah hari keberangkatan kami, Minggu, 9 Maret 2008.

Perjalanan dari Vienna ke Athena dengan nomor flight NE 3312 ditempuh selama 2 jam 15 menit, dimana terdapat perbedaan waktu 1 jam antara Vienna dan Athena. Penerbangan berjalan dengan mulus, dan kami mendarat dengan aman di bandara Eleftherios Venizelos.

Di masa sekolah, apalagi bagi yang mengambil jurusan IPA, pastinya tidak asing dengan istilah alpha, beta, theta, gamma, dan sebagainya. Dan, alfabet-alfabet inilah yang pasti akan banyak dijumpai di Athena dan kota-kota Yunani lainnya. Misalnya saja di Airport:

Sebagaimana kebiasaan pelajar, yang selalu mencari alternatif terbaik (alias termurah), kami pun merencanakan segala pengeluaran kami dengan baik untuk perjalanan ini. Bila untuk tiket pesawat pp kami hanya membayar 63 EUR, maka untuk penginapan kami memilih alternatif termurah yaitu hostel (bukan hotel !!). Walaupun lokasinya terletak agak di pinggir kota, tetapi di hostel ini kami cukup membayar 17 EUR per orang per malam (1 kamar berempat, hanya rombongan kami saja).

Dari airport menuju ke hostel Neos Olympos, kami menggunakan airport bus X95 menuju Syntagma yang memberikan diskon 50% bagi pelajar (dengan menunjukkan student ID yang masih berlaku). Berikut adalah foto suasana bus dan pemandangan di perjalanan.

Oya, jangan heran kalau busnya agak sesak karena harganya memang ekonomis (5 EUR saja).

Ada yang bisa baca nama restoran ini?DSCF3428

Catatan:

Dalam perjalanan kami di hari-hari berikutnya di Yunani, beberapa tempat menggratiskan tiket masuk bagi student (jadi, kalau jalan-jalan, jangan ditinggal ya student ID-nya, siapa tahu berguna hehe..).

Namun, peraturannya terkadang tidak standar, ada yang hanya menerima student ID dari universitas di Yunani, ada yang menerima student ID dari universitas di negara2 Uni Eropa, ada juga yang menerima student ID dari universitas di negara2 Uni Eropa dengan syarat umur studentnya belum melebihi 26 tahun.

Agak melantur sedikit, ada untungnya kalau anda bisa dapat beasiswa di usia muda (sebelum usia 26 tahun), misal saja, untuk pembuatan ISIC (International Student Identity Card) dimana ada diskon untuk pembelian tiket pesawat di STA Travel (bisa cek http://www.statravel.com), diskon di merchant-merchant tertentu di berbagai negara, dan benefit2 lainnya (lengkapnya bisa baca di http://www.isic.org/)

isic-card

Sesampainya di Syntagma, kami lalu melanjutkan dengan metro ke hostel kami.

Ada untungnya kami membawa peta berbahasa Inggris. Karena setelah kami turun dari metro, petunjuk jalannya (locality map) ternyata menggunakan Greek alphabet.

greek

Di hari pertama ini, tidak banyak petualangan yang kami lakukan, sekembalinya di hostel, istirahat sebentar, lalu kami keluar mencari makan malam. Ini makanan pertama saya di Yunani, Calamari (yang harganya sangat mahal kalau dijual di Vienna) !!

Orang-orang Yunani bisa dibilang ramah pada pendatang. Terlebih lagi, mungkin muka-muka Asia kami yang “lugu” dan “asing”, mengundang pertanyaan dari orang-orang setempat. “Kok bisa nyasar ke Athena?”, mungkin begitu kali ya kasarnya hehe..

Anyway, setelah kami jelaskan bahwa kami adalah mahasiswa Asia yang beruntung dapat beasiswa Erasmus Mundus sehingga bisa menempuh studi di Vienna, yang saat ini sedang masa liburan, mereka malah sepertinya “amazed”. Di beberapa souvenir shop, kami bahkan diberi diskon atau bonus tambahan (catatan: di Athena memang sepertinya tawar menawar adalah bagian dari keramahan kota).

Ketika kami merencanakan perjalanan ini, kami memang menyiapkan beberapa kemungkinan rute. Jadi, dalam perjalanan kembali ke hostel, tidak lupa kami mengunjungi stasiun kereta api “Larissa station” yang terletak dekat dengan hotel, untuk mengecek jadwal kereta ke kota-kota lain di Yunani, dan menentukan rute mana yang bisa kami ambil untuk hari-hari berikutnya.

Malam berlalu dengan cepat, dan dengan badan yang penat, kami segera kembali ke hostel untuk bebersih dan beristirahat. Walaupun kamar agak sempit berdesak2an, tetapi at least 1 orang 1 ranjang, jadi punya kapling tidur masing-masing.

Keesokan paginya, suasana pagi yang cerah menyapa kami dari jendela kamar. Selamat pagi Athena !!

Nanti dilanjut ya ke Day 2..