Jalan-jalan ke Athena

Malam ini sebenarnya saya ga ada niatan untuk nulis post baru.

Masih ada setumpuk kerjaan di samping laptop.

Dua hari mendatang, mulai besok, juga ada meeting full-day dengan orang asing, dimana tentunya saya, sebagai pegawai yang baik, ga bisa telat, harus menjadi guide yang baik, dan siap sedia membantu keperluan mereka.

Tetapi berhubung postingan di FB EM Indonesia lagi seru, dan kebetulan abis mencari foto lama, jadi nostalgila deh malem ini.

Jadi, sekali-sekali saya posting yang santai2 kayak begini saja ya.

Semoga sih bisa memberi penyegaran bagi blog yang sepertinya serius melulu ini hehe..

————

Jadi, ketika itu, tanggal 15 Januari 2008, saya sedang menjalani tahun kedua perkuliahan Erasmus Mundus. Bulan Januari adalah masa break antara semester 3 dan semester 4. Dan berhubung kurikulum program saya menyatakan bahwa semester 4 hanya diisi dengan Master Thesis yang bobotnya 30 ECTS, maka bisa dibilang ga ada kuliah apa-apa yang harus diambil di semester 4 (kecuali ada yang ga lulus di semester sebelumnya).

Nah, karena ada seorang teman (di program yang sama) yang berlangganan newsletter dari salah satu maskapai low-cost “Sky Europe” (yang saat ini sudah bangkrut), maka ketika itu dia memberitahu saya bahwa ada tawaran promo murah yaitu 63 EUR pp (kurs Euro saat itu sekitar 13rb, jadi 63 EUR ekivalen dengan 819rb rupiah). Langsung deh, dalam hitungan menit, saya nulis email di bawah ini ke teman2 yang biasa jalan2 bareng. Serius juga yah tulisan saya di email ini hehe..

trip

Singkat cerita, jadilah kita ke Athens..

Ini tiketnya (untuk 2 orang; kita perginya berempat)..

Bener2 63 EUR lho.. Tidak seperti beberapa maskapai yang nambah asuransi lah, bagasi lah, kursi lah, dll.

athens

Nah jadi, salah satu keuntungan Erasmus Mundus (atau sekarang Erasmus+) adalah sambil kuliah, kita juga bisa dapat kesempatan untuk jalan-jalan keliling Eropa. Syukur2 ada tiket murah seperti contoh di atas.

I really love Sky Europe. Dengan maskapai ini, saya traveling ke banyak tempat dengan harga yang sangat ekonomis. Ketika membaca berita penutupan maskapainya, sempet kepikir, jangan2 gara2 kebanyakan jual tiket murah nih hehehe..

————

Kemarin ini di Destination Europe, ada seorang pengunjung yang bertanya “gimana caranya bisa jalan-jalan? emang beasiswanya dikasih berapa?”. Oleh si narasumber dijawab: “Ya kita ngirit juga di sana, misalkan kalau makan di luar, sehari bisa 20 EUR. Tetapi kalau masak sendiri, 20 EUR mungkin bisa untuk 1 minggu.” (and believe me, I know some folks who can use 20 EUR for 2-3 weeks !!).

Pada intinya, bagaimana kita mencukupkan diri dengan apa yang ada kan?

Tidak semua beasiswa jumlahnya besar, tetapi kalau kita bisa mengelolanya dengan baik, banyak juga yang bisa kita dapatšŸ˜‰

————

Nah, mau tahu kita kemana saja di Yunani?

Salah satunya ke kompleks Akropolis di Athena:

DSCF3532

Untuk kota-kota lainnya, lengkapnya nantikan di posting berikutnya ya.

Saya mau kerjain pe-er dari kantor dulušŸ˜‰

Follow me at Twitter @emundusme

3 thoughts on “Jalan-jalan ke Athena

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s