Challenge Yourself !!

Pernah dengar istilah “comfort zone”?

Secara sederhana, “comfort zone” adalah suatu kondisi dimana kita sudah nyaman, enak, dan betah untuk terus berada dalam kondisi tersebut. Tidak ada yang salah dengan “comfort zone”, karena sebenarnya setiap orang mencari suasana dimana mereka nyaman dan tentram.

Anyway, ketika seseorang menginginkan perubahan di hidupnya, maka keinginan tersebut dapat menyebabkan terganggunya “comfort zone”. Namun, hal tersebut tidak bisa dihindari. Sedikit terganggu di awal, untuk menciptakan level “comfort zone” berikutnya (yang tentunya lebih nyaman).

TargetNah di masa-masa pendaftaram EMJMD saat ini, dimana list program yang bisa dibiayai beasiswa Erasmus+ baru saja diumumkan, bagaimana kalau kita men-challenge diri sendiri, untuk mencoba suatu target tertentu.

Bagi yang sudah eligible untuk apply Erasmus+, coba lihat program2 yang ditawarkan, dan coba untuk apply. Sekalipun rasanya mungkin belum pede, atau ada nilai yang masih kurang, tetapi coba saja. Anggap saja “test the water”, sambil refleksi diri sendiri, bagian mana yang harus dipersiapkan lebih baik, supaya anda bisa yakin untuk apply di masa depan.

Bagi yang masih semester awal atau pertengahan, coba2 saja ikuti proses aplikasinya. Walaupun nanti di tengah2, pasti akan ada requirement yang mengganjal (entah itu dokumen, transkrip nilai, atau lainnya), tetapi cari pengalaman supaya di semester2 anda berikutnya, anda dapat lebih mempersiapkan diri, dan tahu target mana yang dituju.

Catatan:

Cobalah cari program2 yang hanya mengharuskan aplikasi online.Jadi bisa dibilang, hampir tidak ada biaya yang harus anda keluarkan, selain tekad dan kemauan untuk naik ke level berikutnya.

Silahkan mencoba.

Follow me on Twitter @emundusme

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s