Tips untuk dapat beasiswa

tips-graphic

Judul artikel ini sepertinya klise banget.
Tetapi sepertinya pertanyaan inilah yang cukup jadi trending topic, sepengamatan saya di EHEF kemarin.

Bisa dimengerti, bahwa dengan segala ke-menarik-annya, banyak orang yang ingin dapat beasiswa.
Seandainya saja saya adalah pihak yang melakukan seleksi atau memberikan penilaian terhadap aplikasi yang masuk, maka saya bisa kasih kunci2nya..
Tetapi berhubung seleksi untuk EM saat ini adalah dilakukan oleh konsorsiumnya langsung, dan bukan oleh alumninya, mari kita mereka-reka saja, kira2 gimana sih untuk membuat aplikasi yang menarik dan “menjual”.

Jawabn standar saya ketika ditanya “Kak, gimana tips2 kakak untuk bisa dapat beasiswa?” adalah sbb:
1. Scopenya harus jelas dulu, bahwa kita ngomongin beasiswa EM
Untuk EM, majority of the programs are application-based.
Maksudnya application-based, ada daftar2 dokumen apa saja yang harus disubmit, dengan prosedur tertentu, baik itu secara online (softcopy) dan/atau secara surat-menyurat (hardcopy/paper-based).

2. Karena list dokumen apa saja yang harus disubmit sudah jelas, maka do your best effort to submit the best documents.
Maksudnya gimana? (nah point ini yang ga mungkin saya bahas panjang lebar di EHEF.. bayangin aja kalau ada 50 penanya dan harus ngulang 50x hehe.. semoga orang2 yang nanya ini ke saya during EHEF kemarin, baca juga artikel ini, kan blog ini sudah dipromosikan juga di brosur EM-nya)

  • Kalau transkrip nilai, nilai TOEFL/IELTS, dokumen2 tsb adalah hitam-putih, nilai kuantitatifnya bisa terukur, dan bisa ada parameter penyetaraannya..
  • Tetapi kalau motivation letter, CV, nah ini kualitatif, dan penilaiannya pastilah secara subjektif. Apa yang bagus menurut anda (atau reviewer anda) belum tentu bagus untuk konsorsium. Jadi, menurut saya, karena ini aplikasi anda, buatlah sesuai kata hati anda, supaya tidak menyesal. Sangat boleh untuk minta bantuan orang lain untuk proofread dan review, tetapi keputusan terakhir ada di tangan anda.
  • Bagaimana dengan recommendation letter?
    Nah ini emang tergantung kebaikan hati si pemberi rekomendasi. Tantangan utama adalah kalau ada bagian mengarang atau kasih pendapat. Pemberi rekomendasi yang baik biasanya mau elaborate dengan detail mengenai kelebihan si aplikan

3. Gimana dengan program yang mensyaratkan ada interview (biasanya via Skype)?
Ya hadapi saja.. Toh itu bagian dari proses kan..
Lalu gimana kalau kita ngomongnya grogi? Jangankan interview pakai bahasa Inggris, pakai Bahasa Indonesia saja masih ga lancar?
My answer: prepare from now.. Kalau applynya bulan ini, interview mungkin Desember/Januari.. Ga usah mikir, aplikasi saya diterima/tidak ya.. kalau tidak diterima, kan ga diinterview, buat apa prepare cape2.. ya kalau anda sudah pesimis dari awal, mending ga usah apply sekalian hehe..

Semoga artikel ini bisa menginspirasi..
Selamat berjuang !!

7 thoughts on “Tips untuk dapat beasiswa

  1. Halo emundus, beberapa program mengharuskan dokumen-dokumen tertentu untuk diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan dicap resmi sebagai bukti keabsahan terjemahan tersebut. Setelah saya cari info sedikit, ada beberapa institusi seperti kedubes, lembaga bahasa, atau perseorangan yang menyediakan jasa sworn translator. Ada rekomendasi di mana yang pembuatannya ngga lama/ribet dan kalau bisa ngga mahal? hehe thanks🙂

  2. Setelah dipertimbangkan saya cenderung memilih sworn translator yang non-embassy/ non-government karena lebih fleksibel (bisa lewat email dan di luar jam kerja), tapi sebetulnya masih kurang yakin apa seperti ini sudah cukup dan bisa diterima oleh konsorsium? atau tetap perlu dicap oleh lembaga resmi? Kalau ada yang pernah punya pengalaman yang sama please share dong…

  3. malam, saya helen. sekarang saya sedang kuliah jurusan Teknik Informatika semester akhir di salah satu universitas swasta di jakarta, saya ingin mengajukan beasiswa S2 untuk jurusan Bisnis di inggris. apakah peluang saya untuk lulus sama besarnya dengan peluang teman-teman yang mendaftar dengan jurusan S1 yang sejalur?

    ditunggu infonya🙂

Leave a Reply

