Informasi Mengenai Reserve List

Sebagai informasi, berikut adalah prosedur perpindahan dari reserve list ke main list secara umum.

Namun demikian dapat saja setiap konsorsium universitas memiliki kebijakan masing2 yang berbeda dari informasi di bawah ini:

  • Mengapa perlu ada reserve list? Karena setiap applicant dapat mendaftar maksimal di 3 program pasca sarjana Erasmus Mundus yaitu Erasmus Mundus Masters Course-EMMC atau Erasmus Mundus Joint Doctorate-EMJD. Apabila seorang applicant diterima di lebih dari satu EMMC /EMJD , maka ybs harus mengundurkan diri dari salah satu program tersebut.
  • Pengalaman sebelumnya untuk EM di Indonesia, ada sekitar 3-5 peserta yang mengundurkan diri dari main list setiap tahunnya karena diterima di program beasiswa lain (non-EM) ataupun alasan2 pribadi lainnya.
  • Setiap tahunnya sekitar 5-10 reserve list applicants dari Indonesia masuk ke dalam main list.
  • Bagaimana prosedur pindah dari reserve list masuk dalam main list? Ketika ada applicant yang berasal dari negara manapun mengundurkan diri dari main list, maka koordinator EMMC /EMJD akan melihat daftar urutan reserve list yang telah dibuatnya dan diserahkan ke Uni Eropa, kemudian menawarkan peluang main list ini kepada reserve list nomor 1 di daftarnya.
  • Dalam setiap program EMMC/EMJD terdapat quota maksimal 2 Awardees dari kebangsaan yang sama di dalam satu program. Apabila sudah ada 2 nationality / kebangsaan yang sama di dalam main list, maka coordinator akan mengambil reserve list yang berasal dari negara lain. Misalnya nomor 1-22 adalah applicant dari negara2 yang sudah terwakili sebanyak 2 orang di dalam main list, maka koordinator akan ambil reserve list no. 23.
  • Bila yang mundur dari main list wanita, maka koordinator kemungkinan akan mengambil reserve list yang wanita. Bila reserve list nomor 1-12 adalah pria, maka reserve list wanita nomor 13 yang akan masuk dalam main list. Tetapi hal ini tidak mutlak . Yang terpenting bahwa terdapat gender balance di daftar main list.
  • Kapan batas terakhir konfirmasi reserve list menjadi main list? Kira2 hingga bulan July. Dalam kasus khusus ada juga yang lewat dari bulan July.
  • Apabila seseorang pindah dari reserve list ke main list, maka koordinator EMMC /EMJD harus melapor ke Uni Eropa di Brussels untuk konfirmasi. Di sana kantor Uni Eropa akan memastikan bahwa koordinator sudah mengikuti aturan yang disebutkan di atas dan sesuai dengan daftar reserve list yang telah diberikan sebelumnya.

Tulisan ini disadur dari notifikasi email kepada Reserve List EM 2013.

2 thoughts on “Informasi Mengenai Reserve List

  1. Selamat siang, maaf Mas Admin, saya mau mengajukan pertanyaan. Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan email pemberitahuan bahwa saya termasuk dalam reserve list di program Erasmus+ WOP-P, apakah Mas Admin bisa memberitahukan urutan reserve list ke berapa saya?
    Terima kasih atas bantuannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s