Reserve List Erasmus Mundus

Diambil dari Facebook “Erasmus Mundus Indonesia”

Topik: Reserve List Erasmus Mundus

– Mengapa perlu ada reserve list? Karena setiap applicant dapat mendaftar lebih dari 3 program pasca sarjana Erasmus Mundus / Erasmus Mundus Masters Course-EMMC . Oleh karena itu apabila seorang applicant diterima di lebih dari satu EMMC, maka ybs akn mengundurkan diri dari salah satu EMMC. Dengan demikian seserta yang masuk dalam reserve list urutan teratas akan ditawarkan untuk masuk dalam main list;

– Pengalaman sebelumnya untuk EM di Indonesia, ada sekitar 3-5 peserta yang mengundurkan diri setiap tahunnya karena diterima di program beasiswa lain (non-EM) ataupun alasan2 pribadi lainnya;

– Setiap tahunnya sekitar 5-10 reserve list applicants dari Indonesia masuk ke dalam main list;

– Bagaimana prosedur pindah dari reserve list masuk dalam main list? Ketika ada applicant yang mengundurkan diri dari main list, maka koordinator EMMC akan melihat daftar urutan reserve list yang telah dibuatnya dan diserahkan ke Uni Eropa. Sesuai aturan maka koordinator program EM akan mengambil reserve list nomor 1 di daftarnya.

– Tetapi apabila nationality / kebangsaan dari reserve list nomor 1 (misalnya negara X) sudah ada dua orang di dalam main list, maka koordinator akan mengambil reserve list nomor 2. Misalnya nomor 1-22 adalah applicant dari Negara X, Y, Z yang sudah terwakili 2 orang di main list, maka koordinator akan ambil reserve list no. 23.

– Bila yang mundur adalah main list wanita, maka koordinator kemungkinan akan mengambil reserve list yang wanita. Bila reserve list nomor 1-12 adalah pria, maka reserve list wanita nomor 13 yang akan masuk dalam main list. Tetapi hal ini tidak mutlak tergantung dari keseimbangan gender di main list.

– Bagaimana kita tahu nomor urut reserve list seseorang? Bisa ditanyakan ke koordinatornya. Kalau tidak dijawab oleh mereka, Insya Allah bisa tanyakan ke saya karena saya punya daftarnya yang saya terima dari kantor pusat. Biasanya saya memperoleh data ini sekitar bulan April-Mei atau Juni setelah keluar pengumuman main list;

– Apabila seseorang pindah dari reserve list ke main list, maka koordinator EMMC harus melapor ke Uni Eropa di Brussels untuk konfirmasi. Di sana kantor Uni Eropa akan memastikan bahwa koordinator sudah mengikuti aturan yang disebutkan di atas dan sesuai dengan daftar reserve list yang telah diberikan sebelumnya;

– Sampai kapan kesempatan reserve list masuk dalam main list? Waktunya sangat beragam. Biasanya sebelum perkuliahan dimulai yaitu sekitar bulan July/Agustus. Tapi ada juga beberapa bulan setelah perkuliahan berlangsung.

Good luck untuk semua !

19 thoughts on “Reserve List Erasmus Mundus

  1. Selamat Pagi Kak,

    Nama saya Device Okta Netri. Saya mendapat kabar bahwa saya masuk reserve list untuk program master “Global Studies – A European Perspective” (GESI)
    Namun di email tertulis tertera kalimat yang menyatakan kesempatan untuk masuk main list hampir dikatakan tidak ada “the experience of the last year shows that only for those candidates being placed on the top ranks of the reserve list the chance of being awarded a grant is very promising whereas in your case the chance is unfortunately quite unlikely”.
    Saya ingin tahu nomor reserve list saya dan jumlah main list dan reserve list. Bisakah kakak memberi info mengenai hal ini?
    Sekian dan terima kasih.

  2. Selamat Sore,

    2 minggu yang lalu saya mendapatkan email dari Erasmus Mundus CODE. Dalam email tersebut, saya dinyatakan masuk dalam kategori reserve list. Saya sudah menanyakan peringkat reserve list saya tetapi hingga sekarang belum ada balasan. Mohon jika berkenan bisa di share info mengenai hal ini…

    Terimakasih

  3. Selamat Pagi Kak,

    Re-post ya kak karena saya belum mendapat balasan dari pertanyaan saya sebelumnya.
    Saya mendapat kabar bahwa saya masuk reserve list untuk program master “Global Studies – A European Perspective” (GESI)
    Namun di email tertulis tertera kalimat yang menyatakan kesempatan untuk masuk main list hampir dikatakan tidak ada “the experience of the last year shows that only for those candidates being placed on the top ranks of the reserve list the chance of being awarded a grant is very promising whereas in your case the chance is unfortunately quite unlikely”.
    Saya ingin tahu nomor reserve list saya dan jumlah main list dan reserve list. Bisakah kakak memberi info mengenai hal ini?
    Terima kasih.

  4. selamat malam, saya Ria. mau tanya perihal reserve list saya masuk dalam reserve list Lotus III EMA 2 Exchange Program. saya boleh tahu berapa urutan reserve list saya? terima kasih🙂

  5. Dear Admin atau siapa pun yang berpengalaman,

    Saya daftar Erasmus Mundus dan WOP-P, dan saya dapet pengumuman dengan kata-kata:
    We are looking forward to informing you about them. However, as the Erasmus Mundus programme is funded by the European Commission, we still need its approval to provide you with final and definitive results. We hope to receive the European Commission’s reply in the next 15 or 20 days at latest. So, this means that you will receive an e-mail message from us during the month of May 2013 informing yo u about final results.
    If yo u are receiving this message, this is good news because it means that you have been accepted in the WOP-P Master’s programme starting in academic year 2013-2014, only conditioned by the existence of vacancies. We only ask you a bit more of patience in order to know about the results of the Erasmus Mundus scholarships.

    Ini artinya saya main list atau reserve ya? (berharap main list). Terima kasih.

  6. dear admin, saya sudah pernah mendapat notifikasi reserve list dari wakil EU di Indonesia maupun bocoran dari admin kalau saya masuk reserve list dalam program imete. Tapi yang masih saya pertanyakan, kenapa hingga hari ini belum ada pengumuman resmi maupun acceptance letter dari imete sendiri bahwa saya diterima dan masuk reserve list? Padahal IMETE memberitahukan sejak awal bahwa semua applicants akan mendapatkan pemberitahuan whether they are accepted or not.

    Oleh karena itu, saya ingin menanyakan apakah ada yang bernasib seperti saya?

    • Note saja, notifikasi dari delegasi EU adalah berdasarkan list yang diterima dari Brussels. Bila anda memang masih berminat masuk IMETE dengan pembiayaan lain, ada baiknya contact ke konsorsium. Reserve list berarti diterima programnya, tetapi tidak dapat beasiswanya.

  7. selamat pagi mas.mbk

    untuk pengumuman lotus yang sekarang, saya mauk reserve list. apakah mas/mbk ada yang udah punya rangking nya? saya coba email ke pihak lotus blm ada balasan.
    oiya sama mau tanya. kan teman saya satu universitas tapi beda jurusan mau cancel lotus nya karena keterima gate. nah kemungkinan kesempatan tmn saya itu bisa pindah ke saya gmn ya? brti kan 1 cancel itu masuk diantara reserve list yang dari indo jg kan?

    Terimakasih

    • saya belum terima bocoran ranking main/reserve list utk tahun ini..

      hmm, belum tentu dari indo juga sih penggantinya..
      dan dilihat juga ranking reserve list yang paling atas dulu..

  8. Salam,

    Kak admin, perkenalkan saya Haris dari UII Yogyakarta. Tahun 2015 ini saya daftar WOP-Program dan dapat info masuk di reserve list. Namun, kata koordinator Univ. dikatakan masih nunggu hasil definitif dari European Comission. Dan diberitahukan akhir April adalah pengumuman finalnya.

    Tapi, sampai hari ini (1 Mei) pengumuman final juga belum ada.

    Apakah kak admin tahu list-nya ada siapa saja? Kalau boleh, saya ingin lihat urutan reserve list saya di nomor berapa.

    Terima kasih, salam hangat dari Yogyakarta

    • Saya belum dapat juga listnya..
      Kalau sudah ada, nanti diumumkan di blog ini..
      Subscribe saja, jadi kalau ada post baru, akan terinfokan di email anda..

  9. Selamat siang Mas/Mbak Admin, saya Fristy, salah satu partisipan Erasmus Mundus+ WOPP Program. Kemarin ini (28 May 2015) saya mendapatkan email dr koordinator WOPP bahwa saya termasuk dalam reserve list. Apakah Mas/Mbak Admin bs membantu saya mengetahui urutan ke berapa saya dalam reserve list tersebut? Terima kasih untuk informasi yg akan diberikan. Semoga kita senantiasa semakin maju dan berkembang

  10. Halo Admin,
    Saya mau sedikit share rasa deg2. April 2016, saya mendapatkan email preliminary result darii consortium GESI-EMGS. Berikut kutipan potongan emailnya:

    “As it looks currently the chance that you will be awarded an Erasmus Mundus grant is very unlikely. However as informed this is just a preliminary information. In case we are able to award you an Erasmus Mundus scholarship we will inform you as soon as a decision is taken via e-mail……….
    As promised we will inform you in case we can award you an Erasmus Mundus grant but please note that in the meantime we are not in the position to answer any questions that are related to your concrete chances of being awarded an Erasmus Mundus scholarship and will thus not be able to answer any such queries”

    Mereka memberikan pemberitahuan dengan tidak menyebut kata reserve list atau apapun itu. Saya mungkin beranggapan peluang mendapatkan beasiswa sangat kecil meskipun saya bingung dengan kata “decision”.🙂
    meski penasaran menunggu sampai kira2 Juli untuk mendapatkan final decision, apapun hasilnya nanti tentu setidaknya saya sudah mencoba melamar.

    Regard

    Thanks

Leave a Reply

