EM 2013 Announcement

Per saat ini, kami belum dapat bocoran mengenai daftar main dan reserve list. Bila sudah ada nanti akan di-post. Thread ini dibuat untuk komunikasi antara sesama applicant EM 2013, baik itu yang diterima di main list, reserve list, ataupun masih belum terpilih.

Misalnya hari ini, ada yang sudah laporan masuk main list.

https://emundus.wordpress.com/2010/03/19/em-2010-announcement-and-schedules/comment-page-1/#comment-9371

Selain itu, bagi yang berminat, bisa juga gabung ke FB “Erasmus Mundus Indonesia”.

57 thoughts on “EM 2013 Announcement

  1. Assalamualaikum wr. wb.,

    Alhamdulillah saya masuk main list TEOS dan reserve list EMGS, sepertinya saya akan pilih TEOS karena kemungkinan jadi main list di EMGS kecil. Di TEOS saya akan “berkelana” ke Inggris, Norwegia, dan Jerman.

    Yang mau saya tanyakan, untuk pengurusan visa apakah saya harus mengurus 3 visa sekaligus?

    • Great.. another good news..
      Untuk visa, nanti tergantung lama stay di tiap negara.

      Misal: di Inggris 3 bulan pertama, lalu lanjut ke Norwegia.
      Kalau kasusnya demikian, kemungkinan akan harus bikin 2 visa di awal: visa UK dan visa Schengen.

      Anyway, nanti pasti ada guide yang detil dari konsorsiumnya.
      Pastikan saja email rutin dicek.

      Relax dulu untuk sekarang ini.

      • Oh, begitu. Thanks infonya. Saya memang belum dapat official note-nya, baru email pemberitahuan awal saja, jadi memang belum ada arahan apa-apa, cuma baru diminta untuk mengurus dokumen yang diperlukan untuk pembuatan visa (tidak ada penjelasan mengenai visa yang mana).

        Berdasarkan informasi dari websitenya, untuk semester pertama akan diselenggarakan di Inggris, semester kedua di Norwegia (jadi tidak bisa pakai visa Schengen yang hanya berlaku 3 bulan, ya kan?), semester ketiga di Jerman, dan semester keempat dibebaskan hendak kemana di antara tiga negara tadi.

        Saya belum bisa putuskan akan kemana di semester empat, tapi saya pikir lebih baik mengurus visa UK untuk 2 tahun saja, siapa tahu di semester 4 saya harus kembali ke sana lagi untuk menyelesaikan tugas akhir. Benar tidak? Ada pengalaman yang bisa di-share? Ataukah hal-hal seperti ini juga akan di-guide oleh konsorsiumnya?

        Thank you in advance.

      • Saya ga pernah mengalami yg di UK sih.. jadi ga bs kasih saran.

        Tapi mau kasih referensi utk alumni EM yg menguasai banget soal UK soalnya dia jg hidup dan bekerja di UK saat ini. Coba cari mbak “Nayarini Estiningsih” di FB. Dia ga keberatan utk ditanya2i (biasanya gitu hehe)..

  2. salam kenal, kebetulan saya liat thread ini,

    saya adalah applicant EM u/ COMEM 2013, sementara ini saya sudah dapat balasan sebagai reserved list applicant.
    mungkin senior-senior dan rekan-rekan applicant mau berbagi pengalaman masuk EM dari reserved list baik dengan sumber beasiswa lain maupun dana pribadi.

    salam,

    bkresning@yahoo.com

  3. Assalamu ‘alaikum..

    Selamat untuk temen2 yang masuk main list. Tetap semangat untuk temen2 yg di reserve list.🙂

    Saya Nisa tahun ini apply program IMFSE. Alhamdulillah dapet email dr konsorsium kalo saya masuk main list. Katanya sekarang masih nunggu approval dr European Commision (pemeriksaan ttg document validity)*. Jadi sifatnya masih conditional sampai akhir April. Walopun demikian tetep seneng dan bersyukur dan makin banyak berdoa.🙂

    *Sempet nanya di section Korespondensi Erasmus Mundus ttg hal ini.

    Semoga approvalnya lancar dan beneran bisa berangkat ke Eropa. Aamiin

  4. Salam kenal,

    Selamat untuk kawan-kawan yang berhasil masuk main list, selamat mewujudkan mimpi hehe :))

    Saya sendiri baru lulus S1 dan mencoba mendaftar tahun ini dan hanya masuk reserve list di 2 program, mungkin karena faktor kurang pengalaman kerja. Kalau boleh minta sharingnya, pengalaman tahun-tahun sebelumnya kemungkinan pengumuman status reserve list naik ke main list itu sampai bulan apa ya? Mengingat sambil menunggu ada juga planning/komitmen lain hehe.

    Terima kasih.

    • Ga bisa ditentukan sih..
      Idealnya 1-2 bulan ini, para main list sudah confirm/batal, dan bisa ketahuan, siapa reserve list yang akan menggantikan.

      Tetapi ada juga kejadian, main list yang uda confirm, mendadak tidak datang2 sampai akhir tahun, sehingga konsorsium memutuskan untuk ambil kandidat reserve list secara mendadak.

  5. Saya masih di waiting list EMSEP no.4 dan reserve list EMMAPA no.3, saya ditolak di EMJD MOVE-AGE belum rejeki kurang pengalaman katanya…doakan ya….saya masih nunggu EXPERTS III dan LOTUS III

    salam: Dita dari FKUI Sports Medicine

    • mbak dita saya mau tanya, saya kurang ngerti ama EXPERTS III dan LOTUS III. itu gmn ya prosesnya?
      apa sama dng Erasmus Mundus? makasih bnyak

      • Ya EXPERTS dan LOTUS juga EM, tapi Action 2, ini bedanya sama yang lain ada kerjasama dengan Univ tertentu jadi pelamar dari Univ tsb masuk Target Group 1, dan lebih diprioritaskan, misal setau saya EXPERTS kerjasama dengan IPB, krn saya dari UI saya masuk Target Group 2 – mudah2an saja masih ada kesempatannya, aammiin.

        Proses agak beda karena kita daftar upload files di website nya, dan tidak ada kirim melalui pos, setau saya juga ga ada wawancara, sementara EM action 1 spt EMSEP dan EMMAPA harus kirim dokumen via pos, ada yang pake wawancara skype juga.

    • Saya juga masuk pada reserve list di JKU Gate, tapi belum menemukan bocoran informasi saya ada didaftar tunggu ke berapa. Ada yang tahu di mana tempat saya menemukan informasi tersebut..?

      Terima kasih

      • Pengalaman saya waktu EMSEP saya awalnya cuma dikasih tau accepted but with self funding, lalu saya tanya what is my chance in getting scholarship if someone in mainlist dropped the offer – dan dijawab “waiting list” no.4 – your chance is not very good katanya

        Kalau EMMAPA, waktu diumumin langsung bilang you are reserve list no.3 gitu

  6. Salam kenal semuanya

    Saya ridwan dari Jogja, salah satu applicant EMMPHID yang dinyatakan masuk dalam daftar reserve list oleh EM Team. Saya mohon diberikan pencerahan, apakah peluang saya mendapatkan beasiswa ini masih cukup besar? adakah usaha lain yang bisa saya lakukan untuk memperbesar peluang mendapatkan beasiswa ini?

    Kalau cari program beasiswa lain (Ex : Beasiswa Unggulan) biasanya butuh LoA (Letter of Acceptance), nah apakah kandidat yang tergolong RESERVE LIST juga mendapatkan LoA Conditional Offer?

    Makasih banyak atas jawabannya.

    • Peluang –> tergantung posisi di Reserve LIst

      Untuk LoA, kalau bisa masuk reserve list, pada prinsipnya adalah sudah qualify untuk join di program bersangkutan, hanya saja untuk beasiswanya yang masih sifatnya cadangan.

      Jadi, kalau ada skema beasiswa lainnya, LoA bisa saja diminta ke konsorsium.

  7. Saya mendaftar Erasmus Mundus MAPNET, tapi sampai saat ini belum mendapat informasi apapun kalau saya berada di Main List ataupun reserve list dari MAPNET. Saya mencoba menanyakan ke pihak MAPNET, dan hanya mendapatkan jawaban bahwa pengumuman ada di akhir April nanti tanpa mendapat kejelasan bahwa di main list atau reserve list.

    Hal yang berbeda dengan MERIT dimana saya sudah mendapat informasi kalau saya tidak termasuk di main list maupun reserve list.

    Jika belum mendapat informasi apapun, apakah artinya saya masuk reserve list, tetapi menunggu peserta main list mengundurkan diri ?

  8. Salam kenal semuanya,

    saya Rizka dan tahun ini mendaftar untu program EM SUSCOS.
    Alhamdulillah sudah ada notifikasi masuk ke main list dan menunggu untu approval dari european admission.
    Selama ini saya sudah berkorespondensi dengan koordinator program, dan beliau sangat menyarankan untuk mulai mengajukan visa ke Belgia.
    Karena Belgia termasuk negara Eropa yang agak lama untuk masalah visa dan akan ada summer break sehingga kemungkinan libur panjang di Eropa. yang mau saya tanyakan apakah memang selama itu untuk apply visa ?

    terimakasih

    • Satu hal yang jelas, ga bisa apply visa, kalau belum ada admission letter.
      Dan per saat ini, sepertinya konsorsium sedang menunggu keputusan final.
      Paling yang bisa “dicicil” adalah menanyakan syarat2 dokumen apa saja yang akan diperlukan untuk pembuatan visa, jadi kalau ada yang perlu ditranslate atau legalisir, bisa dicicil dari sekarang.

      Selamat sudah masuk ke main list.

  9. apakah sudah ada yg dpt info dari imete? saya bingung mengenai status saya karena email awal dr konsorsium ketika mengonfirmasi penerimaan hardcopy documents melarang untuk menanyakan status aplikasi karena baik yang diterima ataupun tidak akan mendapatkan pengumuman. Pelamar yang dinyatakan gugur akan diumumkan late of Feb dan saya tidak mendapatkan informasi apapun di bulan Feb sehingga saya asumsikan saya lolos administrative selection. Masalahnya, saya juga ingin mengajukan beasiswa lain untuk jaga-jaga bila tidak keterima Emundus ini.. Namun, saya juga belum mendapatkan konfirmasi apapun dan dilarang untuk bertanya tentang status aplikasi saya. Padahal, sumber beasiswa lain mensyaratkan LoA dan deadlinenya awal Mei. Apakah saya bisa meminta kepastian dan LoA dari pihak konsorsium? Mengingat LoA sangat penting untuk perolehan beasiswa lain.

    By the way saya mendaftar cat B karena tinggal di belanda selama 2009-2011. Apakah kebangsaan aaya juga ‘diperhitungkan’ apabila sudah ada 2 penerima cat A scholarship dari indonesia? ataukah kebangsaan saya hanya dipersaingkan dengan para penerima cat B saja?

    thanks for the response though..

    • Jawaban dari Ibu Destriani Nugroho sbb:

      – EU di Jakarta juga belum dapat informasi dari EU di Brussels, Belgia, tentang daftar nama penerima beasiswa EM asal Indonesia;
      – Karena di email Imete disebutkan bahwa pengumuman bagi yang lolos dan tidak lolos akan diumumkan bulan February, maka Sdr dapat membalas email tersebut dan menanyakannya kepada konsorsium tentang keputusannya berhubung sekarang sudah bulan April;
      – Kalaupun konsorsium belum dapat memberikan konfirmasi harap maklum karena mungkin mereka juga belum menerimanya dari kantor pusat EU di Brussels;
      – Di dalam “Erasmus Mundus 2009-2013” programme guidelines disebutkan bahwa: “No more than two of the students selected for an EMMC scholarships should have the same nationality”. Karena kalimat ini terletak setelah keterangan definisi Cat A dan B maka kami asumsikan hal ini merujuk kepada satu program EMMC secara keseluruhan.

      Btw kalau bisa sharing ke kita, beasiswa apa yang deadlinenya awal Mei dan yang menerima LoA dari universitas2 di Eropa?

      • Dear Emundus,
        Thanks for the response.

        Dari jawaban Emundus,
        saya bisa simpulkan bahwa memang belum ada pengumuman resmi tentang reserve dan main list untuk IMETE?
        Saya cukup khawatir mengingat teman-teman dari program lain sudah banyak yang mendapat pengumuman.
        By the way juga, berikut ini kutipan email dari konsorsium IMETE:

        … . The evaluation committee will assess whether you are academically eligible for the programme. Moreover, amongst the eligible candidates, Erasmus Mundus grants will be awarded on a competitive basis (for those candidates that checked the question whether they want to apply for a grant).

        We expect to be able to inform canndidates that are not eligible or did not apply for an Erasmus Mundus grants by the end of February. Candidates for an Erasmus Mundus grant will be informed some weeks later about the outcome of the selection.

        Please do not inquiery about the status of your selection. We cannot provide information before the final outcome. You will be informed in due time….

        Jadi sebetulnya tidak ada kata-kata yang lolos akan diumumkan pada bulan Februari, melainkan hanya yang not eligible dan tidak mencentang pengajuan beasiswa yang akan diumumkan pada Februari. Sisanya harus menunggu some weeks later (which I think if it’s already reached this month, it’s some months instead of some weeks).

        Apakah saya masih bisa bertanya pada konsorsium nih mengenai hal itu?

        Oh ya, apakah penerima beasiswa IMETE tahun sebelumnya banyak yang dari Indonesia? Karena website METE sendiri menyatakan bahwa cat B applicants memiliki kans lebih besar dibandingkan cat A applicants.

        Beasiswa yang ingin saya apply adalah OFID dan beasiswa dari Depkeu. Dua-duanya memiliki deadline awal Mei ini.
        Thank you.

      • Jadi kalau dilihat tahapan (yang umum) adalah seperti ini:
        1. Applicant masukkan aplikasi, dokumen pendukung, dll
        2. Konsorsium menseleksi aplikasi yang masuk dan memberi ranking
        3. Konsorsium menentukan main dan reserve list
        4. Konsorsium mengajukan nama2 main dan reserve list ke EACEA
        5. EACEA melakukan screening, dan memvalidasi keputusan konsorsium sebagai keputusan final
        6. Konsorsium memberitahukan ke applicant mengenai hasil final
        7. Persiapan keberangkatan

        Nah bbrp konsorsium, ada pre-info ke applicant sebelum proses 5 –> tetapi pre-info ini belum bersifat final (subject to EACEA approval)

        Untuk IMETE, mereka mungkin malas melayani tanya jawab, jadinya hanya mau menginfokan setelah proses 6 selesai. jadi sudah final.

        Kalau Anda berminat beasiswa lain, maka tidak perlu EM grant, maka harusnya boleh minta status penerimaan anda.
        Hanya saja, takutnya salah sangka/miskomunikasi, sehingga dikira malah mengundurkan diri dari seleksi EM.
        Padahal maksud anda adalah ingin paralel apply beasiswa lain juga, untuk jaga2 kalau EM-nya tidak diterima toh?
        Harus hati2 dalam penyampaiannya, perhatikan kata per kata, jangan ambigu/multi tafsir.

        Language barrier harus hati2, kalau miskomunikasi, efeknya bisa fatal.
        Ada kasus lain yang menyedihkan (kebetulan terjadinya di program EM), mengenai hal lain sih, tetapi ada bagian miskomunikasi yang fatal menurut saya. Nanti saya posting dalam 1-2 hari ini artikelnya.

        Untuk IMETE, saya lagi ga pegang daftar tahun lalu.
        Untuk cat A dan B, itu 2 hal terpisah toh.. Complement one another. Tidak ada irisannya.
        Kalau anda masuk cat A ya tidak boleh apply sebagai cat B, dan vice versa.
        Syarat2 cat A dan B jelas, ada di mana2.

      • Dear Emundus,

        Saya sudah mencoba menanyakan ke konsorsium mengenai kebenaran penafsiran email yang dikirimkan kepada saya (bahwa yang tidak memenuhi syarata akan diumumkan Februari dan kandidat scholarship menunggu beberapa minggu sebelumnya), tetapi masih belum mendapatkan jawaban samasekali.

        Iya, benar sekali bahwa pelamar category A tidak bisa melamar category B and vice versa. Namun, seperti yang Emundus katakan kepada saya mengenai masalah persamaan kewarganegaraan, baik category A maupun category B dalam hal ini mendapat perlakuan sama kan? Jika sudah ada 2 penerima cat A yang warganegaranya sama, berarti semakin kecil kesempatan ad penerima cat B yang juga memiliki kewarganegaraan sama dengan 2 penerima cat A tersebut?

        Nah, pada kasus ini, website IMETE sebelumnya telah memberitahukan bahwa kans untuk cat B lebih besar dibandingkan cat A. Mungkin, karena yang mengajukan cat B dari negara2 Eropa lebih sedikit dibandingkan applicants dari Non EU (Cat A). Oleh karena itu, saya bingung mengenai mekanisme perandaian seperti ini :

        Seandainya saya mendapatkan cat B scholarship karena persaingan yang cenderung less strict dibandingkan persaingan category A, namun penerima cat A sudah ada 2 yang dari Indonesia. Apakah nanti saya tetap diadu dengan 2 penerima scholarsip dari cat A ini (mungkin dari segi akademis dll), karena kita bersaing on nationality basis? Jadinya across categories karena masalah persamaan warga negara ini..

        By the way, apakah program yang masih adem ayem sampai saat ini cuma IMETE? Atau apakah ada program lain yang juga sama sekali belum ada pengumuman? Karena yang saya lihat dari komen teman-teman dari program lain akhir-akhir ini, semua sudah menanyakan masalah main list, reserve list atau bahkan notifikasi bahwa mereka sudah diterima. Sedangkan dari IMETE belum ada sama sekali.. JAdi semakin cemas nih.. Mengingat sudah pertengahan Mei dan pre departure yang akhir Juni. Terlebih, teman saya yang menerima cat B scholarship di tahun 2011, sudah mendapatkan kepastian penerimaan beasiswa di Bulan Maret 2011.

        Anyway, terima kasih atas bantuannya Emundus🙂

  10. Dear Emundus,

    Menurut TEOS, Komisi Uni Eropa akan memberikan pengumuman pada pertengahan atau akhir April. Tapi hingga hari ini belum ada pengumuman atau official note-nya. Saya sudah tanya konsorsiumnya, mereka bilang mereka juga belum dapat informasi apa-apa dari Komisi UE. Apa memang biasanya ngaret begini ya?

    Saya sih sudah masuk main list di TEOS, tapi saya jadi khawatir jangan2 ada perubahan keputusan gara-gara UE sedang krismon dan akhirnya saya gak jadi terpilih…

  11. Salam semua…

    Saya ambar. Saya melamar beasiswa EM Master CoDe. Saya mendapatkan dua kali surat dari konsorsium: Surat pertama, memberitahukan bahwa saya masuk di reserve list, tetapi diharapkan menunggu official notification; Surat kedua, memberitahu saya bahwa penerima beasiswa/main list tidak mungkin ditambah lagi, tetapi berdasarkan catatan akademis saya, saya bisa mendapatkan keringanan biaya kuliah sebesar 1,000 euro per semester. Di surat kedua saya juga masih diminta untuk menunggu official notification yang bisa diharapkan pada akhir April 2013.

    Ternyata sampai sekarang saya belum mendapatkan notifikasi tersebut. Apakah pelamar yang sudah masuk reserve list kemungkinan bisa turun statusnya atau dihapus dari daftar rerserve list? Saya berharap saya tetap bisa mengikuti program ini meskipun tidak mendapatkan beasiswa EM, karena saya ingin memasukkan LoA dari universitas ke beasiswa Dikti yang peluangnya lumayan besar.

    Terima kasih.

    • Reserve list itu kan utk beasiswanya. Untuk programnya sendiri sih uda diterima ya. Kalo ga diterima, ga mungkin bisa masuk reserve list.

      Bila akan bayar sendiri atau menggunakan beasiswa lain, should be no problem. Keep in contact saja dgn konsorsiumnya.

  12. selamat sore saya Dinda

    Saya apply beasiswa erasmus mundus untuk program EXPERTS III untuk master degree.
    saya sudah dapat notification seperti ini.

    “Following the decision of the EXPERTS III Consortium Partners based on EXPERTS III Selection Committee Meeting from 18 April 2013 and on the subsequent consultations with partner Universities, the Georg‐August UniversitĂ€t Göttingen as the Coordinator for the Consortium would like to inform you that you have been nominated for the EXPERTS III Consortium grant.
    Congratulations on the behalf of the Consortium!

    The decision is conditional until the formal approval by the Education, Audiovisual and Culture Executive Agency and the signing of the
    agreement between the Agency (EACEA) and the Georg‐August UniversitĂ€t Göttingen. The grant falls due if the grantee is accepted by the Host University and is subject to the conclusion of a grant agreement specifying the terms and conditions of the grant.”

    dari email di atas apakah itu final decision jika saya accepted ?
    atau saya menunggu beberapa tahap seleksi lagi?

    terimakasih sebelumnya..

  13. Dear Emundus,

    saya mau tanya dong. alhamdulillah saya masuk main list EMJD sinchem tapi sampe skrg belum ada announcement lagi ttg approved listnya. kalo untuk proses approval sendiri biasanya selesai di minggu2 ke berapa bulan mei ya? trims!😀

  14. Dear Emundus,

    Saya mau tanya nih, kalau saya dapat kabar seperti ini: “We have received confirmation from the EACEA of our nominations and are delighted to offer you, via PAC, a Category A scholarship place on the DESEM Programme.” itu saya dapat beasiswanya kan ya? Saya sudah accept sih. Cuma karena selama dua tahun ini saya apply Erasmus selalu reserved atau reject, jadi saya agak-agak ga yakin kalau itu menyatakan saya dapat beasiswanya.

      • Iya, DESEM itu yang di link tersebut. PAC-nya sendiri web tempat mendaftar program tersebut. Jadi kalau ada perubahan status dan lain-lain, kita dihubungi lewat email untuk melihat perubahannya di PAC-nya.

        Saya berharap sih memang kabar baik karena mereka sudah menanyakan alamat buat mengirimkan letter of offer dan dokumentasi yang lain (dengan tambahan “We look forward to welcoming you onto the DESEM programme in September 2013”). Tapi untuk sementara, saya pikir tunggu list penerima keluar dari EU terlebih dahulu biar lebih pasti saja.

        Terima kasih atas jawabannya.

    • Dear FR,

      Saya juga telah mendapat konfirmasi dari DESEM dengan kabar yang sama. FR tahun pertama kemana? Apakah sudah menyiapkan Visa?

      Dear EM,

      Saya sudah mendapat Letter of Offer untuk program DESEM dimana tahun pertama ke Irlandia. Saya diminta untuk mengurus Visa secepatnya ke Irish Embassy/Consulate di Jakarta. Sebelum apply Visa dengan online application, kira-kira dokumen penting apa saja yang perlu saya siapkan ? Apakah bank reference dan minimum deposit juga diminta apabila menerima Category A scholarship? lalu surat bekerja apakah diminta? dan dokumen apa aja yang perlu di terjemahkan dengan penerjemah tersumpah? Terima kasih

      • Halo, FH

        Saya juga tahun pertama di NUIM Irlandia dan kamis kemarin saya juga dapat email dari NUIM untuk segera mengurus visa. Saya baru nanya-nanya ke teman saya yang lagi S3 di UCD sih gimana proses buat visanya.

        Oh ya, sepertinya lebih bagus japri saja ke roozii01 at gmail dot com (untuk menjaga privasi)..=)

      • Dear Emundus,

        Terima kasih banyak sudah menjadi wadah tanya-jawab dan berbagi informasi ya. =)

  15. Dear Emundus,

    Alhamdulillah, saya salah satu penerima beasiswa category A dari Indonesia, untuk program PERCCOM (Pervasive Computing and Communication for Sustainable Development) 2013.

    Saya ingin bertanya, apakah untuk proses pembuatan visa ada assistance/koordinir dari EM indonesia ?

    Regards,
    Chandra

    • Untuk visa nanti akan dapat LOA dan surat2 yang dibutuhkan dari konsorsium.
      Aplikasi visanya nanti diapply sendiri, bisa mengikuti prosedur yang ada di masing2 negara.

      Untuk tanya2, ada komunitas indoem yang punya pengalaman visa ke berbagai negara.

  16. Selamat malam,

    Hari ini saya dapat email dari consortium bahwa ada student main list yang mundur sehingga saya dipromosikan ke main list untuk program MSc Geotech. Namun, offer-nya masih conditional karena nunggu final approval dari EC. Kalau boleh tahu pengalaman kawan-kawan/senior-senior di sini yang sebelumnya kondisinya seperti saya (reserve list–>main list), apakah EC akan meng-approve dan berapa lama ya dapat jawaban dari EC-nya? Terima kasih sebelumnya dan selamat buat para awardee lainnya. Buat yang reserve list tetep semangat masih ada harapan🙂

    ps: maaf salah post di komen haha

    • Ditunggu saja.. Should not be too long karena listnya harus difinalize soon..
      Optimis: 2 minggu
      Pesimis: 1-1.5 bulan

      Semoga inisialnya bisa bergabung dengan yang main list barusan diumumkan ya.

  17. Selamat Malam,

    Saya mendapat main list di program EMCL.
    Oleh karena itu saya diemail oleh consortium untuk mengirimkan dokumen-dokumen untuk admission ke program EMCL.
    Diantara dokumen-dokumen tersebut ada Transkrip dan Ijazah S1 serta Ijazah SMA. Panitia mengharuskan copy dari 3 dokumen
    tersebut (beserta terjemahannya) dilegalisir. Yang ingin saya tanyakan legalisir seperti apa yang memenuhi standard EM?
    Kebetulan saya adalah alumni Universitas Indonesia, Yang saya sudah lakukan:
    1. Legalisir copy Ijazah S1 di UI.
    2. Terjemahan transkrip ke bahasa inggris di UI.
    3. Legalisir copy transkrip S1 di UI.
    4. Legalisir Copy ijazah SMA (oleh SMA saya, tanda tangan kepala sekolah)
    5. Terjemahan ijazah SMA oleh penerjemah tersumpah bahasa jerman.

    *Semua legalisir dari UI menggunakan tanda tangan Direktur Pendidikan UI.
    **Saya tidak menerjemahkan transkrip S1 karena sudah dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris)

    Kira-kira apakah legalisir yang saya lakukan cukup memenuhi kriteria EM?
    Mohon Bantuannya.

    Prildy

    • coba discan dan dikirim ke konsorsiumnya saja dulu.
      kalau sudah OK, baru via courier service.

      dari segi keabsahan, kalau dicap/legalisir oleh institusi yg mengeluarkan surat tsb, bisa dianggap sah.
      namun bbrp negara/univ, mengharuskan yang lebih dari itu.

Leave a Reply

