Main List dan Reserve List

Diambil dari grup FB Erasmus Mundus Indonesia, posting 23 Mei 2012.

 

Tahukah Anda apa yang disebut dengan “main list” dan “reserve list” pada beasiswa Erasmus Mundus?

Main list adalah mereka yang masuk dalam nominasi penerima beasiswa Erasmus Mundus. Reserve list adalah mereka yang masuk dalam daftar cadangan, apabila penerima beasiswa “main list” ada yang mengundurkan diri.

Saat ini terdapat lebih dari 130 program pasca sarjana EM. Dalam satu program pasca sarjana EM terdapat 7-17 penerima beasiwa EM. Apabila salah satu dari mereka mengundurkan diri maka mereka yang berada pada reserve list program tsb akan ditawarkan untuk masuk ke dalam main list. Reserve list disusun berdasarkan ranking hasil penilaian aplikasi.

Komposisi penerima beasiswa EM dalam satu program pasca sarjana EM adalah maksimal 2 orang dari kebangsaan yang sama.

Tahun 2011 ada sekitar 60 penerima beasiswa EM dari Indonesia dan sekitar 10 diantaranya adalah mereka yang sebelumnya masuk di dalam reserve list.

One thought on “Main List dan Reserve List

  1. Tahun lalu saya melamar 1 program EM, ga lulus. Ternyata setelah lihat pengumuman https://emundus.wordpress.com/2012/05/24/em-2012-announcement/ ga ada yang lulus program itu di Indonesia.
    Tahun ini saya ikut 2 program. Semoga bisa lulus jadi main list di salah 1 program itu, meski 1 program lebih saya sukai dibanding yang 1 nya. Tapi kalo lulus saya akan senang sekali mengambilnya. Kalo lulus beasiswa lainpun alhamdulillah. Saya pengen banget melanjutkan pendidikan dan memperluas wawasan di negara lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s