Main Page (previous version)

Ini adalah isi main page https://emundus.wordpress.com sampai dengan 10 April 2011.

header-750x140-copy-copy.jpg

Sekilas Laporan Promosi EM dari Jogja

Kami (Donan & Annisa) menginformasikan bahwa acara UGM Career and Scholarship Expo VIII, Yogyakarta, 5-6 February 2011 yang diikuti oleh stand EM berlangsung sukses.

Buanyak sekali lulusan2 UGM dan luar UGM, bahkan dari luar kota yg mampir dan bertanya di stand EM kami, sehingga semua suvenir, kalender, brosur2 ludes di hari pertama hehehehehe…. sampai2 tenggorokan kami kering dan suara serak karena terus menjawab, tapi tidak ada masalah, karena kami senang bisa melakukannya… betul kan nisa?

Kami mulai jaga stand dari jam 9 s/d 15.30, karena emg itu batas waktu dari panitia, tapi begitu kami tutup stand pukul 15.45, masih ada saja peserta yg datang dan bertanya, tentu saja tetap kami layani hingga pukul 16.15, untung panitia tidak berani mengusir kami hehehehehehehe……

UI Career and Scholarship Expo, 10-12 February 2011

Erasmus Mundus akan berpartisipasi dalam UI Career and Scholarship Expo, 10-12 February 2011.

Erasmus Mundus dapat alokasi booth nomor 8 dan jadual presentasi hari Kamis, tanggal 10 Februari 2011, jam 10-11. Kalau tidak ada halangan, Ibu Destriani Nugroho dari Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia akan secara langsung melakukan presentasi EM di UI.

Ruri, volunteer setia EM juga akan hadir di booth EM (untuk waktu terbatas) untuk memberikan informasi EM.

PEMBERITAHUAN

(Tulisan ini untuk meluruskan saja dengan tujuan supaya tanya jawab di blog ini bisa lebih berkualitas dan membangun)

Awalnya blog ini dibuat untuk membantu penyebaran informasi seputar beasiswa Erasmus Mundus. Caranya? Ada update berita, update event, tanya jawab, sharing, dsb. Dengan memberikan hal-hal tersebut, kita (para alumni) tidak pernah bertujuan untuk menggodok seorang kandidat yang “cengeng” yang kebanyakan bertanya tanpa usaha.

Untuk daftar EM, semua informasi, petunjuk, persyaratan, penjelasan, prosedur, dll (you name it !) pasti sudah ada di website masing2 program.. Mau itu EMMC atau EMJD, student atau scholar, pasti sudah ada deh.. Anda cuma perlu meluangkan waktu untuk baca baik2 dan teliti..

Referensi paling benar untuk semua proses aplikasi EM ya di website setiap program, bukan di tempat lain, bukan pula di blog ini. Jadi tidak ada lagi pertanyaan “mana yang benar?”. Informasi di blog ini bersifat umum, general dan bila diaplikasikan ke spesifik program mungkin ada hal-hal yang akan bertentangan.

Kalau sudah baca baik2 dan masih bingung, silahkan tanya. Tapi jangan lupa kasih referensi URL dari mana informasi tersebut didapat. Hilangkan kebiasaan bertanya tanpa mencari terlebih dulu. Banyak lho informasi yang bisa dicari dari Google. Jangan cepat percaya rumor atau kata orang.

Gimana dengan permintaan dikoneksikan dengan alumni program2 tertentu? Besar kemungkinan hal ini tidak akan dipenuhi.. Kenapa? Selain karena datanya yang bersifat rahasia, setiap orang punya privasi, dan bayangkan kalau email Anda yang disebarkan ke orang lain, apa Anda mau? Belajarlah untuk mandiri mencari informasi, berani bertanya ke konsorsium dengan argumen yang tepat..

Tapi, ada beberapa orang yang dikoneksikan tuh dengan alumni? Well, anggap saja mereka orang-orang yang beruntung.. Bukannya pilih-pilih, tetapi kebetulan saja program yang ditanyakan, dibaca oleh alumni program tsb yang ikut aktif mendukung kelangsungan blog ini.

Anggap aja ini tantangan awal. Namanya juga beasiswa kan? Butuh usaha dan perjuangan lebih. Nanti kalau uda di Eropa gimana? Mau tanya ke siapa lagi kalau mentok di thesis atau mentok di ujian. Ga ada yang namanya makan siang gratis (no free lunch), mau makan ya harus kerja, mau beasiswa ya harus usaha. Usaha anda memperlihatkan kesungguhan anda untuk dapetin beasiswa ini.

ERASMUS MUNDUS PROMOTIONAL EVENTS FOR EM 2011

Tanggal Lokasi Nama Acara Bentuk Partisipasi EM
25 September 2010 (09:00-selesai) Bandung Acara internal AMISCA (Himpunan Kimia) ITB Presentasi
1-3 Oktober 2010 Bogor Scholarship Education Expo IPB 2010 Presentasi
5 Oktober 2010 Yogyakarta Holland Education Fair Presentasi (13:45-14:30 dan 15:15-16:00)
5 Oktober 2010 Semarang Presentasi EM Ruang 201, Teknik Industri UNDIP (12:00-14:00)
7 Oktober 2010 Bandung Holland Education Fair Presentasi (13:45-14:30 dan 15:15-16:00)
7-9 Oktober 2010 Depok UI Scholarship Expo Presentasi EM pada Kamis, 7 Okt (14:00-15:00)
9-10 Oktober 2010 Jakarta European Higher Education Fair (EHEF) 2010 Everything about EM
13-14 Oktober 2010 Yogyakarta Career Days UGM VII 2010 + Education Expo ** DIBATALKAN **
21 Oktober 2010 Bandung Kampus UPI, Setiabudhi Presentasi Erasmus Mundus (13:00 – selesai)
6 November 2010 Kampus UNDIP Tembalang, Semarang Scholarship Show BEM KM UNDIP Presentasi dan diskusi Erasmus Mundus
6 November 2010 Himpunan Informatika UNDIP, Semarang Acara Internal Himpunan Informatika UNDIP Presentasi dan diskusi Erasmus Mundus
6-7 November 2010 >> ditunda Lampung Lampung Education Fair 2010 Pameran / booth dan presentasi
15 November 2010 Riau Presentasi EM di Universitas Riau Presentasi
22-23 November 2010 Bandung Unika Parahyangan International Edu Fair Pameran / booth dan presentasi
10-11 Desember 2010 Depok UI International Education Fair 2010 Booth dan Presentasi EM (11 Des 14:00)

UPDATE DAFTAR PROGRAM EM 2011

Saat ini website Erasmus Mundus sudah di-update untuk program2 baru untuk EM 2011.

Quick step:
1. Pilih beasiswa yang anda butuhkan (Master/Doktoral)
2. Kunjungi link yang diberikan di atas untuk melihat program/jurusan apa saja yang ditawarkan
3. Kunjungi website program untuk informasi lebih lanjut mengenai program tsb

Seluruh persyaratan dan penjelasan untuk pendaftaran pasti diberikan secara jelas di website masing-masing program. Baca baik-baik sebelum bertanya !!

Bila anda ingin bertemu dengan student dan alumni Erasmus Mundus Indonesia, silahkan datang ke booth Uni Eropa pada EHEF 2010, 9 dan 10 Oktober 2010 di Balai Kartini (lihat poster di bawah).

APA ITU BEASISWA ERASMUS MUNDUS

Beasiswa Erasmus Mundus adalah bantuan hibah dari Uni Eropa yang bertujuan untuk mendorong dan membuka kesempatan kepada mahasiswa/i lulusan S1 yang memenuhi syarat dari negara-negara di luar Uni Eropa untuk mengikuti Program-program Magister Erasmus Mundus tertentu di Eropa dalam jangka waktu 1-2 tahun.

Tersedia pula dana untuk para akademisi guna melaksanakan tugas mengajar atau penelitian dan kegiatan ilmiah di lembaga-lembaga yang turut serta dalam Program-program Magister Erasmus Mundus.

SIAPA YANG BISA MENDAFTAR

Mahasiswa/i:

  • Warga negara yang berasal dari negara-negara di luar Uni Eropa.
  • Tidak terdaftar sebagai penduduk di Negara Anggota Uni Eropa manapun.
  • Tidak melakukan kegiatan utamanya (kuliah, bekerja, dll), selama lebih dari 12 bulan, selama 5 tahun terakhir di Negara Anggota Uni Eropa manapun.
  • Telah menyelesaikan pendidikan tingkat S1. Bagi mereka yang telah mendapatkan gelar kesarjanaan pada tingkat akademik yang lebih tinggi juga dapat mendaftar pada Program Magister Erasmus Mundus, selama kriteria penerimaan untuk program tertentu memperbolehkannya.

Akademisi:

  • Warga negara yang berasal dari negara-negara di luar Uni Eropa.
  • Tidak terdaftar sebagai penduduk di Negara Anggota Uni Eropa manapun.
  • Tidak melakukan kegiatan utamanya (kuliah, bekerja, dll), selama lebih dari 12 bulan, selama 5 tahun terakhir di Negara Anggota Uni Eropa manapun.
  • Memiliki pengalaman akademik dan/atau profesional yang sangat baik
  • Akademisi dan tenaga profesional yang mengajar atau melakukan penelitian

KEUNGGULAN BEASISWA ERASMUS MUNDUS

  1. Beasiswa penuh (meliputi biaya perjalanan, biaya kuliah, biaya hidup bulanan, akomodasi, dll) sebesar EUR 24,000/awardee/tahun (untuk EMMC) dan EUR 14,800/scholar (untuk 3 bulan).
  2. Asuransi kesehatan internasional yang berlaku penuh selama masa studi dengan beasiswa.
  3. Menawarkan berbagai macam bidang ilmu: pertanian, kehutanan, bisnis, manajemen, ilmu komunikasi, informatika, pendidikan, teknik, teknologi, humaniora, hukum, dll. Untuk tahun 2010, ada 116 EMMC yang ditawarkan.
  4. Pengalaman kerja atau latar belakang PNS/dosen tidak menjadi syarat mutlak (kecuali dinyatakan secara eksplisit di website program).
  5. Kesempatan untuk kuliah di beberapa universitas di beberapa negara.
  6. Kesempatan untuk memperoleh multiple degree atau joint degree setelah menamatkan studi.
  7. Tidak ada ikatan dinas/ikatan kerja setelah lulus.

SKEMA GRANT ERASMUS MUNDUS

Untuk EMMC, jumlah grant beasiswa adalah maksimal EUR 24,000/awardee/tahun.
Alokasinya:

  • EUR 8,000 untuk tuition fee.
  • EUR 4,000 untuk biaya perjalanan/relokasi/mobilitas (awardee EM mungkin harus berpindah ke beberapa universitas selama masa studi).
  • EUR 12,000 untuk biaya hidup yang akan diberikan sebesar EUR 1,000 setiap bulannya.

Catatan:

  • Pada umumnya, grant baru akan diberikan setelah awardee tiba di Eropa dan sudah memiliki rekening bank aktif di salah satu bank di Eropa. Dengan demikian, untuk modal awal keberangkatan harus ditanggung sendiri terlebih dahulu.
  • Tidak ada grant tambahan lain di luar dari jumlah yang disebutkan di atas.
  • Bila tuition fee kurang dari EUR 8,000, maka kelebihannya tidak diberikan ke awardee.
  • Bila tuition fee lebih dari EUR 8,000, maka kekurangannya tidak dibayar oleh awardee (harus dibayar oleh konsorsium).
  • Untuk pembuatan visa, awardee tinggal menunjukkan bukti acceptance letter Erasmus Mundus (tidak perlu punya saldo sejumlah tertentu di rekening bank).

KONSORSIUM

Konsorsium adalah suatu kelompok universitas yang terdiri atas sekurang-kurangnya tiga lembaga pendidikan tinggi dari tiga negara Eropa yang berbeda, yang telah dipilih oleh Komisi Eropa untuk melaksanakan Program Erasmus Mundus.

SKEMA MOBILITAS

Salah satu fitur unik beasiswa Erasmus Mundus adalah skema mobilitas, yang berarti setiap awardee EM akan menempuh studi, minimal di 2 universitas/negara selama periode masa studinya.

Pertanyaan:

  • Berapa lama setiap awardee belajar di suatu universitas/negara?
    Skema ini berbeda antar program. Ada yang berpindah setiap semester. Ada juga yang berpindah setiap tahun. Silahkan cek website program yang bersangkutan.
  • Bagaimana dengan biaya pindah / relocation cost?
    Biaya ini sudah dicakup dalam grant beasiswa yang disebutkan di atas, tidak ada tambahan grant untuk relokasi.
  • Apakah awardee boleh menentukan di universitas mana saja ia ingin menempuh studi?
    Beberapa program memperbolehkan mahasiswa/i-nya untuk memilih. Biasanya pilihan ini disertai alasan tertentu, misal: bidang riset/thesis yang ingin didalami (setiap universitas memiliki local strength di bidang riset masing-masing)

KAPAN PENDAFTARAN DIBUKA

Jadwal umum Erasmus Mundus setiap tahunnya adalah sebagai berikut:

  • Oktober-Desember: Pembukaan pendaftaran (bila program yang anda minati belum meng-update websitenya, silahkan kunjungi website tersebut secara rutin).
  • November-Januari: Tenggat waktu pendaftaran (submit online application, kirim dokumen via pos, kirim hasil tes TOEFL/IELTS, dll).
  • Januari-Februari: Seleksi aplikasi oleh konsorsium.
  • Maret: Konsorsium mengusulkan daftar pemohon yang lulus seleksi ke Kantor Pusat Komisi Eropa di Brussels, Belgia untuk mendapatkan persetujuan terakhir.
  • April-Mei: Komisi Eropa memberikan persetujuan atas seleksi tersebut dan memberikan hibah.
  • Mei-Juni: Konsorsium akan menyampaikan kepada para pemohon diterima atau tidaknya mereka dalam program pendidikan dan diberi atau tidaknya beasiswa (main list atau reserve list).
  • Juli-Agustus: Persiapan keberangkatan (urus visa, kirim dokumen tambahan, cari tempat tinggal, cari pesawat, pre-departure session, urus bebas fiskal, dll).
  • Agustus-September: Berangkat ke Eropa.

KRITERIA SELEKSI

Tidak semua program membeberkan mengenai metode seleksi mereka. Beberapa di antaranya yang baik hati, contohnya:
EMDIREB

  • (25%) Academic excellence.
  • (20%) Adequation of the student’s background with the field of the Master Course.
  • (20%) Relevant work experience related to the field of the Master Course.
  • (10%) Student motivation and relevance to his/her professional development.
  • (10%) Recommendation from the references.
  • (10%) Language skills higher than those requested in Admission Requirements.
  • (5%) Others

MEME

  • Berikut adalah kutipan email dari konsorsium MEME kepada salah satu applicant 2010 –> di sini.

BERAPA PELUANG UNTUK DITERIMA

  • Tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan ini karena jumlah applicant setiap tahun berubah-ubah, baik dari segi kuantitas, juga komposisi negaranya.
  • Tidak semua EMMC yang mempublikasikan berapa banyak aplikasi yang mereka terima tahun sebelumnya.
  • Kesempatan yang ada: bahwa dalam 1 program EMMC, hanya boleh maksimal 2 awardees dari negara yang sama, dimana kedua awardee ini harus berasal dari universitas yang berbeda. Persyaratan ini diharapkan bisa membuka kesempatan yang lebih luas bagi lulusan berbagai universitas.
    Dengan jumlah 116 EMMC yang ada per tahun 2010 ini, Indonesia berpeluang meluluskan sebesar 232 awardees.

LANGKAH SINGKAT MENDAFTAR ERASMUS MUNDUS (EMMC dan EMJD)

  1. Pilih program yang diminati: Master (S2) atau Doktoral (S3).
    Anda akan menjumpai halaman seperti ini:
    emmc
  2. Kunjungi website program tersebut yang link-nya terletak di kolom paling kanan dari gambar di atas.
  3. Baca baik-baik seluruh informasi yang ada di website tersebut.
    Seluruh informasi yang anda butuhkan (deskripsi program, kurikulum, universitas yang berpartisipasi, tenggat waktu, persyaratan bahasa, persyaratan dokumen, skema mobilitas, form aplikasi, dll) pasti ada di website tersebut.
    BACA DENGAN TELITI SEBELUM BERTANYA !!

17 thoughts on “Main Page (previous version)

  1. salam,

    Saya mw nanya, klo sebelumnya pernah ke negara EU dalam program double degree (kuliah) tetapi tidak pas 12 bulan, apakah masih bisa mendaftar beasiswa erasmus?

    terimakasih atas jawabannya

  2. Hallo, salam kenal…
    saya tertarik an sangat ingin mendapatkan beasiswa Erasmus Mundus ini, saya udah 2 tahun terakhir mencari-cari beasiswa untuk melanjutkan S2 di uni eroupa untuk program MBA/ Bisnis/ Manajemen. saya sekarang masih berstatus mahasiswa semester 7 fakultas ekonomi manajemen di salah satu perguruan tinggi di Bandung. mohon bantuannya untuk start awal atau langkah awal saya untuk mendaftar ke Erasmus Mundus ini. 2 semester yang tersisa ini saya akan berusaha memfokuskan pada persiapan untuk EM, walaupun saya belum lulus S1.

    Makasih atas info dan perhatiannya.🙂

      • iya, ini juga saya lagi baca-baca artikel tentang EM. kalo saya ngejar buat dapat beasiswa buat tahun depan bisa ke capai ga ya?. saya sekarang lagi les-les bahasa inggris dan TOEFEL juga. sambil nyiapin persyaratan EM yang saya baca di artikel.

        Makasih🙂

  3. saya pernah baca ada yg dapat beasiswa EM, tapi 3 bulan pertama living costnya masih ditanggung pribadi (walaupun nanti diganti). Apa betul? Kl diatas cm perjalanan indo-europenya aja yg ditanggung sndiri dulu. Trims ya🙂

    • bisa saja betul karena beberapa hal:
      – beberapa negara mengharuskan untuk membuka rekening bank, perlu ada kode pajak (semacam NPWP), nah perlu waktu untuk pengurusannya
      – beberapa konsorsium memiliki kebijakan, hanya bisa kirim grant ke rekening bank di eropa
      – administrasi dan approval di pihak internal konsorsium

      anyway, dari tahun ke tahun, sepertinya sih makin baik karena jumlah keluhannya semakin tidak terdengar..

    • Permasalahan paling umum itu, pengiriman beasiswa pertama itu umumnya memakan waktu lebih lama karena, pertama kita sampai di Eropa, kemungkinan baru membuat bank account sekitar 1 minggu setelahnya, baru setelahnya mengirimkan ke konsorsium data mengenai akun tersebut, dan setelah itu baru konsorsium memprosesnya… 3 bulan memang mungkin agak terlalu lama (meski di negara2 yang lambat, itu mungkin saja terjadi), tapi setidaknya (jika diterima) persiapkan uang untuk 1-2 bulan pertama sendiri…

  4. asslmkm.wr.wb.
    saya ira dari unair. saya ingin menanyakan tentang ketidakpahaman saya dalam mencerna infomasi dari keterangan diwebsite. berikut beberapa hal yang ingin saya tanyakan:
    1. saya sedang mempelajari EMMC untuk AMASE. saya akan mendaftar master untuk AMASE. saya belum paham, maksud dari pernyataan di web emundus ini, yaitu maksimal boleh memilih 3 program bagaimana penjelasannya?

    AMASE memiliki 4 konsorsium, dan setiap konsorsium berada pada universitas yang berbeda. apakah maksud memilih 3 program tersebut dalam konsorsium AMASE? atau 3 program yang dimaksud diluar AMASE, misal saya memilih program lain seperti AGRI MUNDUS, AFEPA, dll?

    2. setelah saya pelajari lengkap untuk AMASE, saya membaca bahwa dalam aplikasi, setiap mahasiswa yang mendaftar harus memiih 2 universitas yang berbeda untuk semester 1&2 (first university) dan semester 3&4 (second university). apakah universitas yang berbeda tersebut harus dipilih berdasarkan empat konsorsium yang tertulis dalam web?

    3. untuk mengetahui bahasa yang digunakan/dibutuhkan oleh first university or second university, bagaimana saya dapat mengetahuinya?

    4. jika ijazah dan transkrip saya belum keluar pada bulan november ketika pembukaan pendaftaran EMMC, adakah alternatif untuk memberikan surat keterangan pengganti ijazah dan transkrip?

    5. semua aplikasi yang telah dikirimkan secara online melalui konsorsium EMMC, apakah masih diperlukan pengiriman berkas hardfilenya?

    saya masih jauh dari kesempurnaan untuk dapat memahami secara jelas tentang beberapa kalimat-kalimat dalam web EMMC. Kiranya admin EMUNDUS dapat menjadi fasilitator dan memacu saya untuk lebih cepat mencerna informasi.

    terima kasih,

    wassalmkm. wr. wb.

  5. Dear Emundus,

    Dapatkah saya memperoleh penjelasan maksud dari berikut:

    saya membaca online application for AMASE, di dalam form tertera University yang dipilih.

    (please see this link)
    http://application.amase-master.net/SubmitAbstract.php

    Saya membaca ada kolom track yang available, maksud dari pernyataan

    “The AMASE Master consists of different tracks that guarantee the specialization within the field of Materials Science. After the first Semester, students will have to chose a track. Please be aware that not all tracks are being offered at the same universities:”

    didalam baris pertama semua track berisi UdS. Apakah yang dimaksud Entrance University berada di UdS? Jika Entrance University di UdS

    berarti bahasa pengantar yang digunakan apakah bahasa Jerman? Jika UdS buka merupakan universitas yang kita tuju untuk 2 semester

    pertama apakah kita tetap harus memiliki sertifikasi dari bahasa Jerman?

    Saya bingung untuk memahami, karena di lain pernyataan dalam AMASE student guide, kita dapat memilih The First University untuk 2

    semester (1&2 semester) sesuai kapasitas Language yang kita miliki (ex. english in LTU or french in UL).

    Thanks a lot for your kindness.

    God Bless You.

    • Dear Emundus,

      Lanjutan pertanyaan di atas, maksud saya apakah UdS sebagai universitas untuk penyambutan saja masuk pertama kali setelah student penerima beasiswa tiba di Eropa?

      Terima kasih.

      • Dear Emundus,

        Saya telah membaca beberapa FAQ di link address berikut:
        https://emundus.wordpress.com/pertanyaan-umum/
        https://emundus.wordpress.com/2009/11/18/motivation-letter-statement-of-purpose/
        https://emundus.wordpress.com/#comment-1208

        Saya telah menghubungi pihak contact coordinator di kedua Universitas dalam konsorsium AMASE master Porgramme.
        Adapun kejelasan mengenai sertifikat TOEFL-ITP yang saya ikuti held by AMINEF diperbolehkan untuk English Language requirement dalam konsorsium tersebut.

        Setelah saya membaca dari FAQ di atas, Berikut adalah daftar dokumen yang sedang saya siapkan:
        1. CV
        2. Recommendation Letter (2 pcs dr Professor)
        3. Copy Passport (Scan Passport)
        4. Motivation Letter
        5. Language Certification
        6. Scan Ijazah B.Sc dan Transkrip Akdemik (ijazah B.Sc dan Transkrip di UNAIR lagsung dalam 2 bahasa yaitu English dan Indonesia)
        7. Sertifikat Award (beberapa sudah English, dan sisanya masih ada 2 sertifikat dalam bahasa Indonesia)
        8. Pulikasi di Majalah di Indonesia, dan Koran (dalam bahasa Indonesia)

        Berdasarkan FAQ, saya ingin menanyakan:
        1. surat rekomendasi sudah saya tanyakan ke konsorsium tidak ada formatnya, dan isian dlm form application online AMASE cukup menyatakan detail info terkait Perekomendasi, dan pihak konsorsium akan menghubungi langsung untuk upload

        “Please name two persons who are willing to provide academic and/or work-related references.
        They will be contacted by us to upload the Letters of Recommendation for you (so be serious about these references)”

        Kira-kira Professor kami dihubungi by phone or email.
        Hal ini terkait untuk memastikan dan mengingatkan Professor kami, mengingat kesibukan beliau yang begitu padat.

        2. Saya pernah membaca FAQ untuk konversi credit (SKS) dari Univ kita ke Sistem Credit Eropa. apakah itu juga diperlukan untuk master program AMASE?

        3. Sertfikat Award yang paling menonjol dari prestasi yang saya peroleh ada 2 yang masih dalam bahasa Indonesia, untuk mengupload berarti saya harus menerjemahkan di penerjemah tersumpah ya supaya mereka Paham?

        4. Bagaimaa dengan upload publikasi di Koran yang sudah dari sononya dalam bahasa indonesia?

        5. Dalam FAQ, Untuk traslate akta kelahiran diperlukan untuk di awal pendaftaran atau bagaimana?

        6. Apakah semua penerjemah tersumpah di indonesia terakreditasi alias diakui oleh mereka?

        Demikian, mohon maaf jika saya banyak salah.

      • wuihh banyak banget pertanyaannya..
        tapi ya gpp.. berarti u do ur homework sbg applicant.
        cuma next time, ketika bertanya, better sertakan link pendukungnya supaya lebih mudah menjawabnya.
        saya juga tidak hapal seluruh isi AMASE.

        Apakah yang dimaksud Entrance University berada di UdS?
        tidak harus..
        lihat di sini: http://www.uni-saarland.de/einrichtung/eusmat/international-study-programmes/master-amase/information-for-students-and-applicants/student-mobility.html
        alasan 1: kalau entrance uni adalah UdS, mengapa tidak langsung ditulis UdS disitu?
        alasan 2: jangan terkecoh oleh http://www.uni-saarland.de/einrichtung/eusmat/international-study-programmes/master-amase/information-for-students-and-applicants/programme-structure.html
        kalau menurut saya, yang ada di bawah kolom Track 1, adalah universitas2 yang bisa dipilih sebagai entrance dan second univ. kebetulan saja UdS ditempatkan paling atas, jadi membingungkan.
        alasan 3: ada tertulis “The first University is to be selected according to your knowledge of the language of instruction” –> pakai pembuktian terbalik –> kalau saya tidak bisa bahasa Jerman, berarti ga mungkin masuk UdS, dan kalau UdS adalah entrance univ, maka kesempatan saya sudah tertutup

        saya coba iseng isi application formnya.
        isian anda di bagian language knowledge akan mempengaruhi univ mana saja yang bisa dipilih pada isian dropdown First dan Second University

        Jika Entrance University di UdS berarti bahasa pengantar yang digunakan apakah bahasa Jerman?
        iya dong, jelas di http://www.uni-saarland.de/einrichtung/eusmat/international-study-programmes/master-amase/information-for-students-and-applicants/language-of-instruction-and-language-requirement.html

        Jika UdS bukan merupakan universitas yang kita tuju untuk 2 semester pertama apakah kita tetap harus memiliki sertifikasi dari bahasa Jerman?
        seharusnya tidak, kan tertulis “The first University is to be selected according to your knowledge of the language of instruction.”
        paling aman sih pilih LTU dulu, sambil belajar language untuk second univ “You will have the possibility to learn the instruction language of the Second University during the first year of the Master.”

        apakah UdS sebagai universitas untuk penyambutan saja masuk pertama kali setelah student penerima beasiswa tiba di Eropa?
        nah ini infonya darimana link-nya? dan apa statementnya? jangan terkecoh karena penempatan UdS paling atas dalam setiap track ya.

      • please note, namanya FAQ itu adalah “aturan umum” dan campuran dari berbagai program EM.
        sedangkan prosedur aplikasi tiap program adalah “aturan khusus”.
        aturan khusus akan override aturan umum.
        jadi pegangan utamanya adalah aturan yang digariskan oleh konsorsium, di website program tsb.

        1. wah saya juga tidak tahu.. ini kebijakan konsorsium.. namun dari pengalaman orang2 lain, kedua mode tersebut bisa digunakan, misal: telp via Skype. anyway, coba berandai2, kalau yang apply ada 1000 orang, apa mereka mau telp-in 2000 pemberi reference? salah satu kemungkinan dihubungi dulu via email, lalu baru kandidat2 terpilih ini dihubungi via telp.

        2. tergantung univnya, negaranya, konsorsiumnya. ini bisa berbeda2 aturannya. kalau tidak diminta, ya isunya tidak usah diangkat2

        3. jelas dong.. informasi penting yang tidak bisa dibaca orang lain, apa artinya hehe..

        4. publikasi means karangan anda, paper anda, bukan tulisan orang lain.
        kalau itu milik anda, bisa dong di-translate.
        namun, pertimbangkan dulu, signifikan ga kalau di-translate.
        dalam artian, jangan kebanyakan dokumen ini itu, sampai mereka bingung mana yang signifikan, mana yang tidak.

        5. akta kelahiran diminta ga oleh konsorsium AMASE?

        6. seharusnya ya, kecuali bbrp program yg menyatakan secara eksplisit kriteria penerjemah tersumpah yang bisa digunakan.

  6. Dear Emundus,

    Clear at all, Alhamdulillah…
    By the way, saya yakin Tuhan membalas semua kebaikan Pengelola Emundus WordPress atas segala niat, waktu, pikiran, tindakan dan langkah Saudara dalam memfasilitasi arahan untuk all of new applicant beasiswa EM.

    Saya sampaikan terima kasih.

    Salam semangat untuk Emundus dan kami.

    Sukses selalu untuk kita semua.
    Amin3x.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s