EM Coaching Consultation 2010

Pada 24 Juli 2010 kemarin, bersamaan dengan acara pelepasan dan pembekalan (yang lazim disebut sebagai acara pre-departure) Erasmus Mundus awardee 2010 yang segera akan berangkat untuk memulai studinya di Eropa, telah dilaksanakan juga sebuah acara bagi mereka yang juga mendaftar untuk EM 2010, tetapi masih berada di daftar cadangan (reserve list). Acara ini diberi nama EM Coaching Consultation (EMCC) dan diselenggarakan atas prakarsa student dan alumni Erasmus Mundus, bekerja sama dengan Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia.

Acara yang berlangsung selama setengah hari ini (13:00-17:00) diikuti oleh 32 dari 107 nama yang terdaftar di Reserve List 2010. Dari 32 orang yang mendaftar untuk ikut serta, 3 orang berpindah ke Main List beberapa hari sebelum EMCC dilaksanakan.

Format acara ini dibuat santai melalu diskusi bebas. Peserta diizinkan untuk bertanya berbagai hal kepada student/alumni yang hadir. Mengingat jumlah EMMC yang banyak, lebih dari 100 program, memang tidak semua EMMC memiliki perwakilan yang hadir pada acara ini. Kondisi ini disiasati dengan melakukan pengelompokkan berdasarkan bidang EMMC, yang membantu peserta untuk dapat bertemu dan berdiskusi dengan student/alumni dari bidang yang sama.

Pada acara ini, diadakan juga diskusi mengenai penulisan CV dan motivation letter dengan menggunakan contoh aktual dari CV dan motivation letter yang di-share oleh para penulisnya. Dengan berbicara dengan beberapa student/alumni, diharapkan para peserta mendapatkan masukan dari berbagai sudut pandang, baik dari mereka yang satu bidang, maupun mereka yang berasal dari bidang yang lain, untuk pada akhirnya merumuskan suatu bentuk kerangka motivation letter dan CV yang cocok untuk diterapkan pada kondisi mereka masing-masing.

Melihat antusias yang sangat besar dan feedback yang positif dari peserta yang hadir, ada kemungkinan bahwa acara serupa akan diselenggarakan dalam waktu-waktu mendatang, untuk kalangan yang lebih luas atau untuk kalangan umum. Nantikan pengumumannya, di halaman utama blog ini https://emundus.wordpress.com/.

Bila anda ingin tim Erasmus Mundus datang ke universitas/event anda untuk memberi informasi mengenai beasiswa Erasmus Mundus dan peluang apa saja yang ditawarkan, silahkan hubungi kami di indoem.contact (at) gmail.com. Tidak ada biaya apapun yang akan kami kenakan pada anda. Mohon pemberitahuannya diberitahukan sesegera mungkin (minimal 1 bulan di muka untuk acara di luar Pulau Jawa).

Informasi lain: Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia akan mengadakan The 2nd European Higher Education Fair di Jakarta pada 9-10 Oktober 2010. Pada event ini, anda dapat mengunjungi booth Uni Eropa dan bertemu dengan para student/alumni EM juga mendapatkan berbagai informasi, tips, dan suvenir menarik selama pameran. Info lebih lengkap akan diberikan di blog ini dalam waktu mendatang, atau anda juga bisa melihat di http://www.ehefjakarta.org/

20 thoughts on “EM Coaching Consultation 2010

  1. Mau tanya, ini sebenernya Erasmus Mundus yang banyak dibahas di website ini tuh program Master ya? karena saya salah satu peserta program EM juga untuk student exchange yg S1, yang masuk ke reserve placed list juga tapi gak pernah tau ada acara di atas. Teman2 saya yang lolos ke University of Boras, Sweden juga ga tau tentang acara di atas.

    • benar sekali.. untuk program Master alias EMMC..
      acara EMCC di atas memang undangannya hanya disebarluaskan ke kalangan mereka yang masuk daftar cadangan EM 2010 (untuk aplikasi EMMC).

    • hehehe.. nothing personal sih..
      simply karena pose gaya bebas milik awardee lebih ekspresif dan menarik🙂

      *and i missed the photo session hufff…

  2. wah, bagi yg ikut kemarin, ada yg bisa bagi2 info mengenai hal ini? terima kasih🙂

    “Pada acara ini, diadakan juga diskusi mengenai penulisan CV dan motivation letter dengan menggunakan contoh aktual dari CV dan motivation letter yang di-share oleh para penulisnya. Dengan berbicara dengan beberapa student/alumni, diharapkan para peserta mendapatkan masukan dari berbagai sudut pandang, baik dari mereka yang satu bidang, maupun mereka yang berasal dari bidang yang lain, untuk pada akhirnya merumuskan suatu bentuk kerangka motivation letter dan CV yang cocok untuk diterapkan pada kondisi mereka masing-masing.”

  3. “Pada acara ini, diadakan juga diskusi mengenai penulisan CV dan motivation letter dengan menggunakan contoh aktual dari CV dan motivation letter yang di-share oleh para penulisnya.”

    Ada yang bisa share CV dan motivation letter tersebut ngga?

    • tidak bisa karena menyangkut privasi orang..
      kalau anda reserve list dan tidak datang kemarin, you missed your chance..

      anyway, ke depannya ada kemungkinan kita akan mengadakan acara serupa untuk khalayak umum.
      saat ini permasalahannya adalah mencari tempat yang lapang untuk menampung animo jumlah partisipan yang (mungkin) banyak.. kalau dari segi resources EM (orang dan materi) sih tidak ada masalah..
      jadi kalau ada yang bisa bantu menyediakan tempat, silahkan diinformasikan..

  4. Mbak, Mas….

    Dokumen2 yg jadi persyaratannya apa aja ya? kirim kemana ya?trus score TOEFLnya harus brp ya? apa ada perwakilan di UGM? kebetulan saya mahasiswa MM-UGM….makasih

  5. Siang emundus,

    Bingung harus tanya ke siapa nih, saya harap emundus bisa bantu.
    Apa European Union melalui Erasmus Mundus juga bisa memberi scholarships bagi mereka yang sudah diterima di sebuah institut/uni di Eropa (sumber:http://www.nplusi.com/public/france-site/en/financing_your_education_and_scholarships.3-35-0.html)? Saya sudah diterima di salah satu institut (ecole) di Perancis dengan bantuan pemerintah 50% dan masih harus membayar sendiri sisanya, apa EM bisa cover sisa ini?
    Saya sebenarnya juga apply program master EM dan pengumumannya keluar maret. Andai kata saya lolos EM, apa beasiswa yang saya peroleh bisa saya gunakan untuk cover biaya dari nplusi ini? Jujur saya lebih tertarik program nplusi namun untuk cover sisa biayanya sendiri masih terlalu besar. Help me please.

    *Bila pertanyaan ini tidak sesuai dengan Artikel/isi blog tidak apa-apa bila tidak diapprove, namun mohon replynya via email. Thanks.

  6. permisi emundus…
    kapan coaching clinic diadakan lagi??
    oiya saya mau tanya, apakah lulusan D33 bisa apply Emundus?
    soalnya ada teman saya yg memang quilified dan akan lulus tahun ini ingin coba, dan berdasarkan pengalaman dosen saya pun mereka waktu lulus D3 bisa lgsg apply master degree dan scholarship, raktu itu si di belanda tapi kurang tau program apa..
    satu lagi.. apakah program EMMC ada masa waktu tertentu? apakah memang tiap tahun ada sampai batas waktu yg ditentukan?

    terima kasih emundus..

    • coaching clinic bisa saja diadakan kalau ada yang menyediakan tempat dan acaranya wiken..
      untuk EM syaratnya adalah lulusan S1.
      untuk EMMC tergantung hasil evaluasi, bisa saja dilanjutkan, bisa saja dihentikan dan diganti dengan program lain.

      silahkan baca baik2 informasi di halaman utama, camkan, dan praktekkan.

  7. Permisi Mas Emundus, saya mau minta nasihat nih, Saya mau apply untuk EM Economics and management for Network Industries terus dia bilang kirim email ke : emin@icai.upcomillas.es
    Dan kirim pakai pos ke:

    EMIN Joint Master Programme
    ETS de Ingeniería ICAI, Universidad Pontificia Comillas,
    c/ Alberto Aguilera 25
    28015 Madrid, SPAIN.

    Masalahnya saya sempat ngirim Email cuma jawabannya Out of office auto reply terus saya jadi takut email saya ga keterima dan aplikasi saya tidak dianggap saya kirim ke email Albertonya langsung juga ga ada balasan.
    Bagaimana ya tindakan saya sebaiknya? dan apakah benar saya kirim ke Universitasnya bukan ke konsorsiumnya?(perintahnya sih gitu)

    Terima kasih banyak, maaf merepotkan

    • konsorsium itu kan bisa saja alamatnya jadi satu dengan universitas..
      banyak program yang begitu kok..
      pokoknya ikuti saja petunjuk di website, itu panduan utamanya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s