Erasmus Mundus scholarship

Quality and Excellence in European Higher Education

Motivation Letter / Statement of Purpose

Posted by emundus on November 18, 2009

Banyak pertanyaan yang muncul di Holland Education Fair kemarin seputar tips & trik serta contoh motivation letter milik student/alumni Erasmus Mundus (EM).

Seleksi beasiswa EM yang pada umumnya (beberapa program menyelenggarakan interview) hanya berbasiskan pada aplikasi membuat kehadiran motivation letter ini menjadi salah satu elemen penting bagi konsorsium untuk menilai:

  • Kualitas, bobot, kemampuan, dan pengalaman applicant
  • Seberapa jauh research yang telah dilakukan applicant untuk program yang dituju
  • Apakah tujuan applicant untuk mengambil program ini sesuai dengan tujuan program

Berikut adalah beberapa rangkuman tips & trik dari student/alumni EM pada HEF Jakarta (14-15 November 2009):

  1. Buat benang merah baik dari latar belakang pendidikan / pekerjaan ke program yang akan diambil.
  2. Dalam menulis, pikirkan kalau anda ada di posisi konsorsium, mengapa saya harus menerima “A”, bukan “B”. Kualifikasi apa yang dimiliki “A” yang membuatnya bisa unggul dari kandidat lainnya.
  3. Jangan buru-buru menulis. Ambil waktu untuk memikirkan apa sih keunikan anda yang bisa membedakan anda dari kandidat lainnya, misal: keaktifan di aktivitas lingkungan, partisipasi dalam event nasional, dll. Jangan buat motivation letter yang biasa-biasa saja (yang semua orang bisa bikin).
  4. Bila memang IPK anda tidak terlalu menonjol, sertakan alasan yang tepat mengapa terjadi demikian. Hindari menyalahkan kesibukan di organisasi, kesibukan di bisnis karena akan mengesankan anda tidak bertanggung jawab pada kegiatan utama anda.
  5. Bila jurusan S1 anda “tidak nyambung” dengan EMMC yang mau di-apply, adalah tugas anda untuk membantu konsorsium menemukan alasan untuk menerima anda.
  6. Sertakan tujuan anda dalam mengikuti program (tentunya tidak sekedar untuk mendapatkan gelar S2), apakah untuk memajukan bangsa, mengabdi pada bangsa, menjadi expert di bidang tertentu, dll.
  7. Hindari keluh kesah, jangan terlalu banyak bercerita tentang masa lalu anda (misal: kesulitan ekonomi, fasilitas tidak mendukung) sebaliknya ceritakan tentang cita-cita, harapan dan tujuan yang ingin anda capai.

Just write things that have made you who you are now.

Why do you want to continue your education/training to a Master level degree.

What motivate you to do such thing, to do another hard work.

What motivate you to choose EMMC, why ‘that’ EMMC.

What motivate you to study in Europe, with that ‘mobility’.

Et cetera…

That’s why it’s called motivation letter.

Write less bullshit, more some things reached by your own hands.

Berikut adalah contoh motivation letter milik student/alumni EM (mohon tidak di-plagiat !!!), untuk menjawab pertanyaan “Motivation Letter seperti apa sih yang bisa tembus beasiswa EM?“. Beberapa bagian mungkin telah di-edit oleh penulisnya.

  • Carroline, European Master in Computational Logic, 2007 – PDF
  • Efrian, Master of Science in European Forestry, 2006 – PDF
  • Dina Mardiana, Master CLE – Culture Letterarie Europee, 2008 – PDF

Link motivation letter lainnya:

  • A Sample of MOTIVATION STATEMENT for Master Scholarship
  •  

    About these ads

    105 Responses to “Motivation Letter / Statement of Purpose”

    1. aRfian said

      saya hadir pada presentasi alumni EM di holland education fair kemarin.
      saya sangat berterima kasih karena presentasinya sangat membantu dan lumayan mencerahkan saya dalam perjuangan mencari beasiswa hehehe

      mengenai motivation letter ini saya benar2 belum tahu contoh yang benar, jadi saya sangat menunggu contoh motivation letter milik mbak carroline yang akan di upload nanti malam, kalau bisa diberikan juga contoh yang lain

      well, nanti malam nengok sini lagi deh :)

      terima kasih

      • emundus said

        untuk saat ini baru carroline aja sih yang sudah memberi motivation letter-nya. kalau anda punya alamat email teman2 alumni lain (kl kmaren tanya2 dan desak2 mereka, boleh tuh suruh diupload juga hehe..)

    2. Evi said

      boleh enggak minta motivation letter nya mbak dina mardiana ??
      makasih

    3. onex2810 said

      Terima kasih untuk informasinya. Motivasi memang sangat diperlukan dalam hidup ini. Dengan motivasi kita akan memiliki kekuatan yang sangat luae biasa untuk mencapai apa yang kita capai. Untuk itu teruslah memotivasi diri untuk mencapai tujuan dan harapan yang ingin dicapai. Salah satu cara yang tepat untuk menumbuhkan motivasi adalah memvisualisasikan tujuan yang akan dicapai dan membayangkan kebahagiaan yang akan kita raih jika nanti kita sukses

    4. Ina said

      sy lulusan s2 manajemen dengan spesialisasi manajemen pemasaran, mau tanya ada ga ya program beasiswa erasmus-S3 untuk bidang studi saya (manajemen pemasaran)..? makasih sebelumnya…

    5. Rusli said

      Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman yang mengelola blog ini. Sungguh informasi yang ada di dalamnya sangat membantu.
      Ada yg ingin saya tanyakan tentang motivation letter atau statement of purpose. Point 7 dalam rangkuman tips & trik dari student/alumni EM pada HEF Jakarta (14-15 November 2009)diatas disebutkan agar “menghindari keluh kesah”. Bagaimana jika didalam motivation letter yang kita buat kita menginformasikan/memuat informasi bahwa kita memiliki keterbatasan fisik (disabel) ? Perlukah itu? Terima kasih.

      • emundus said

        Menghindari keluh kesah yang dimaksud di point 7 adalah, menyatakan kendala2 yang ada, tetapi dengan bahasa yang lebih positif.
        jadi fokusnya tidak “hanya” keluh kesah mengenai kendala yang ada, tetapi menjelaskan juga bagaimana mengatasinya, tindakan apa yang diambil, bagaimana mengatasi masalah, bagaimana memacu diri untuk keluar dari tantangan/kendala tersebut.

    6. avi said

      EM ini full scholarship atau gimana?

    7. Tiur said

      Dear Moderator,
      Aku baru akan daftar untuk periode 2011-2012 tapi sudah mempersiapkan diri dari tahun kemarin dengan langkah pertama selesaikan S1 dan kursus bahasa asing lain di luar bahasa inggris dan berhubung sambil kerja jadi tidak terlalu leluasa. Dari sekarang aku sudah mulai membuat list siapa saja yang bisa aku hubungi untuk surat rekomendasi dari kantor dan universitas. Most of them are love to give it but they ask me to create a draft first, they just want to check and sign it. Aku yakin mereka sibuk dan aku tidak bisa memaksa mereka lebih dari itu, nah masalahnya aku belum pernah buat surat rekomendasi untuk beasiswa apalagi ini untuk EM yang artinya harus betul – betul berkualitas. Ada yang mau memberikan aku contohnya tidak ya? Tidak akan aku plagiat tapi setidaknya aku tahu konsepnya. Soalnya yang aku temukan di sini saya motivation letter saja.
      Sebelumnya terima kasih

      Salam,

      Tiur

      • emundus said

        ada beberapa program yang memiliki form khusus untuk recommendation letter..
        mungkin bisa dicari2 dan dijadikan acuan?

        • Tiur said

          Baiklah saya coba cek di program lain soalnya di program yang salah pilih tidak ketemu..Terima kasih banyak

    8. ade said

      selamat sore,
      saya mau tanya nih.perbedaan antara COURSE MOTIVATION dengn MOTIVATION LETTER apa yah? point2 apa sj yg hrus ada di COURSE MOTIVATION? terima kasih sebelumnya

    9. ridho as said

      pak,aku ridho, fkui lulusan tahun 2009, aku boleh minta contoh motivation letter dari bidang kesehatan, aku mau mendaftar ke http://www.europubhealth.org/ dan http://erasmusmundus.troped.org/ adakah yang punya contoh motivation letter.

      aku tidak pernah meng copy paste nya, hanya untuk referensi dalam membuat motivation letter.

      terimakasih banyak ya..

    10. Lukman said

      Dear Moderator,
      Saya lulus S2 Informatika bidang kekhususan Software Engineering di ITB. Saya tertarik untuk melanjutkan pendidikan S3 bidang Informatics, Business dan Socio-Economic Development. Ada beberapa kampus di Eropa yang mempunyai jurusan itu. Saya sudah bekerja sebagai software engineer selama lima tahun. Dari sekarang sudah mulai melakukan persiapan dengan membangun bisnis dan memberikan lapangan kerja bagi anggota organisasi saya. Kemudian mulai terjun ke lapangan untuk membangun masyarakat desa yang tertinggal. Saya juga masih harus belajar Bahasa Inggris lebih baik.
      Apakah ada beasiswa untuk jurusan yang saya inginkan? Lalu Bagaimana saya mengarahkan Motivation Letter saya? Terima kasih sebelumnya.

      Salam.

    11. Sri said

      Ka,aku mau tanya
      masih kurang jelas tentang dokumen2 yang harus dibuat dalam bentuk pdf& bhs.inggris,untuk ijazah,transkrip nilai,apa bentuk terjemahan ke bhs.inggrisnya juga harus di tandatangani oleh rektor seperti yg tertera di ijazah?lalu pa foto copy dari dokumen aslinya juga tetap dilampirkan?
      Terimakasih banyak ya Ka……

      • emundus said

        apakah kamu sudah tentukan mau ambil program apa?
        itu dulu aja deh.
        baru nanti mikir apa aja yang perlu diterjemahkan, dll.

        • sri said

          Sebelumnya,makasih ya Ka udh mau jawab…..
          saya sudah memilih…..ATOSIM,EMQAL,& ASC.
          Di semuanya meminta dokumen di terjemahkan ke dlm bhs.Inggris, jadi apakah terjemahan itu harus dilegalisirseperti kita melegalisir foto copy ijazah,karena klo memang harus dilegalisir berarti saya harus mengurus-ngurus jauh-jauh hari…..
          Makasih ya Ka…..

        • emundus said

          Terjemahan bisa dilakukan oleh universitas (beberapa univ menyediakan ijazah Bahasa Inggris juga) atau menggunakan sworn translator (penerjemah tersumpah).

          Kalau yang dikirim adalah fotokopi ijazah, maka tentunya harus dilegalisir oleh lembaga yang mengeluarkan ijazah tersebut.

          Kalau menggunakan sworn translator, maka hasil terjemahannya akan dicap oleh si penerjemah, itulah legalisirnya.

          Kalau menurut saya pribadi, hanya sertakan piagam/penghargaan yang krusial saja dan bisa meningkatkan nilai jual aplikasi Anda. Lebih baik ringkas tetapi padat daripada bertele2. Belum tentu mereka punya waktu untuk review semua piagam yang kamu kirimkan.

        • sri said

          oh gitu ya Ka…..
          jadi ada pencerahan neh…
          jadi baik ijazah atau piagam cukup menggunakam jasa penerjemah tersumpah saja?tapi penerjemah tersumpah tuh adanya dimana ya Ka?….
          terus kan ada juga penyertaan identitas, berarti KTP ya Ka?itu diterjemahkan juga?…
          maksh ya Ka……

        • emundus said

          haha, kan bisa di-google dengan keyword “penerjemah tersumpah”..
          anyway, siap2 aja untuk biayanya, lmyn menguras kantong.

          solusi lain: terjemahkan sendiri, tetapi minta dicap oleh lembaga yang mengeluarkan dokumen tsb.

          identitas, paling baik sih paspor.
          namun kalau tidak ada, ya dengan KTP.
          ditambahkan keterangan bahwa KTP adalah ID card bla bla bla… yang intinya menjelaskan bahwa KTP adalah bukti identitas yang sah bagi WNI.

    12. sri said

      lumayan nih jadi tambah jelas….
      masih ada lagi neh Ka…..saya baca di salah satu agreement antara consorsium dengan student(JEMES), bahwa fee dibayar 1600/bln pada awal kuliah + 5000 pada tiap awal th ajaran, klo dijumlahkan semuanya sudah mencakup fee selama 1 thn,lalu untuk biaya kuliah ke kampus siapa yng membayarkan?apakah konsorsium langsung dengan tanpa sepengetahuan student atau bagaimana?sedangkan fee semuanya dimulai pada saat sudah masuk kuliah….
      makasih ya Ka…..

      • emundus said

        asumsi saya, kamu dapet data tsb dari sini:
        http://www.jemes.eu/pages/schoolarships.php

        per tahun 2010, untuk semua program EMMC, Cat A, skema grant-nya adalah sbb:
        - Tuition fee 8000 EUR/tahun
        - Travel cost 4000 EUR/tahun
        - Living cost 12000 EUR/tahun (ekivalen dengan 1000 EUR/bulan selama 12 bulan)

        Tuition fee biasanya langsung dipotong dari grant.
        Jadi yang akan ditransfer ke anda hanyalah yang sisa 16000 EUR.
        Anyway, ini bukanlah hal yang perlu anda pikirkan untuk sekarang. Yang penting keterima aja dulu..

    13. davre said

      Saya lulusan S1 di bid Mechatroni. Saya mau tanya ttg program beasiswa erasmus-S2 untuk bidang studi saya atau setidakny untuk jurusan teknik.terimakasih sebelumnya…

    14. marsha said

      sebelumnya saya mau berterimakasih atas pengelola blog ini, atas info2nya hehe
      saya mau tanya, kalau di requirement, kita harus ngasi akta kelahiran. apakah harus ditranslate ke bahasa inggris ? kalau iya, gimana ya cara translatenya ? terus kalau toefl requirement kan deadline 1 januari. tp di aplication form dibilang harus ngasih toefl nya, berhubung saya lagi di tengah kuliah, dan ga berada di indonesia, gimana yah baiknya ?
      terima kasih

      • emundus said

        yep, sebaiknya ditranslate.. bisa pakai jasa penerjemah tersumpah.
        TOEFL bisa disusulkan, coba dikomunikasikan dengan konsorsium yah..

        **live from EHEF 2010, Balai Kartini**

    15. Ara said

      Dear emundus,

      Saya mau menanyakan tentang pengiriman application Erasmus Mundus Scholarship via email ke konsorsium. Selain attachment dokumen2 required (application form, transcript, certificate of language, dll), apakah biasanya Cover of Letter juga tetap dibuat untuk mendampingi email yang akan dikirim?

      Many thanks in advance for your cooperation.

    16. muna said

      dear emundus…
      terimaksh bnget ats blog nya! bnar2 bnyak dpt pencerahan. saya tertarik apply ke sufonama and sutrofor,, yach krn saya saat ini sedang menyelesaikan skripsi sy di bidang kehutanan. yg ingin saya tnyakan mengenai toefl nya. sy udh liat di persyaratan utk ke dua program trsbut tidak ada mnsyratkan hrus dr lembaga toefl tertentu dgn kelas internasional jadi apakah sy bisa hnya menggunkan ijzah toefl yg dikeluarkan oleh UPT Bahasa dikampus saya. krna utk didaerah sya pontianak lembaga toefl sngat terbatas sekali. atas jawabanya saya ucapakan terimaksh!

      • emundus said

        sebaiknya selalu menggunakan TOEFL international karena seleksinya pun kelas internasional.. beda kasusnya kalau saingannya adalah tingkat nasional..

        yah untuk banyak hal, kadang memang perlu investasi..

        paling dekat mgkn tes TOEFL di samarinda yah:
        Sun., Oct 31, 2010
        Sat., Nov 13, 2010
        Sun., Nov 14, 2010
        Sun., Nov 21, 2010
        Sat., Nov 27, 2010
        Sun., Nov 28, 2010
        Sat., Dec 11, 2010

    17. lita said

      dear emundus,

      saya mau mohon bantuannya. apa boleh saya minta emailnya Mbak Dina Mardiana? soalnya, saya ingin tahu lbh jauh kira2 spt apa program CLE. misalnya, mata kuliahnya yg dipelajari spt apa. saya juga ingin tanya pada mbak Dina ttg syarat sertifikat bahasa asing dlm program CLE. sbnrnya di webnya ada, tp tdk detil.
      semoga emundus bersedia membantu saya. sebelumnya, terima kasih banyak ^_^

    18. Dini said

      Hallo emundus,

      mau tanya… panjang motivation letter normalnya berapa ya?
      kalau >800 kata, kira-kira aneh nggak ya?

      Makasih :)

    19. tiursiregar said

      Dear Moderator,
      Mau minta pendapat boleh? Kita punya sertifikat bahasa spanyol( Dele ) tetapi di program itu tidak ada universitas dari negara spanyol. Bernilai tidak ya kita attach sertifikat itu sebagai dokumen tambahan?

      • emundus said

        wah yang menentukan itu kan konsorsium..
        sorry to say, bisa dianggap bermanfaat (dianggap punya kelebihan tambahan), bisa juga dianggap “ga bisa baca” karena mengirimkan dokumen yang tidak relevan dengan aplikasi..

        it’s ur call ;)

    20. Tari ecil said

      Untuk TOEFL internasionalnya apakah bisa diganti dengan sertifikat bahasa yang lain? Saya baru saja lihat jadwal tes TOEFL internasional yang paling dekat, yaitu tanggal 27 November, sedangkan deadline pendaftarannya sendiri tanggal 15 desember dan skor TOEFLnya baru bisa keluar sebulan setelah tes. Jadi, bisa gak pake sertifikat lain ato TOEFL ITP? -THX-

    21. tiursiregar said

      Dear Moderator dan Rekan – rekan lain.
      Saya mau tanya perihal surat rekomendasi. Biasanya di dalam surat kan akan lebih baik disebutkan alamat email dosen kita supaya pihak konsortium tahu kemana mereka harus menghubungi kalau ada pertanyaan lebih lanjut untuk surat rekomendasi tersebut. Nah masalahnya Dosen saya ini tidak punya business email dari universitas tempat dia mengajar saya ( dia mengajar di beberapa universitas dan salah satunya UI ). Jadi dia memberikan email yahoo-nya. Untuk memberikan email beliau dengan domain universitas lain kan tidak etis karena harus sesuai dengan kop surat kampus, tetapi dengan email yahoo saya takut pihak konsortium meragukan si pemberi rekomendasi padahal beliau lulusan uni di UK. Apakah moderator atau rekan – rekan penerima EM ada yang mengalami persoalan yang sama dengan saya?

      Terima kasih buat pencerahannya

      Salam,

      Tiur

      • emundus said

        dosen UI kok ga punya alamat email UI?? aneh lho..
        karena sistem akademiknya aja uda online smua kan??

        anyway, ya ga usah dicantumkan aja contact addressnya.. bilang aja akan diberikan kalau diminta..

        • tiursiregar said

          Dia punya, tapi di kampusku tidak dibuatkan. Tadi aku sempat minta saran bagaimana kalau saya pakai email dia dari UI tapi katanya akan kelihatan aneh kalau pakai email dia di UI sementara kop suratnya bukan universitas UI yang berbeda yaitu kampus tempat aku kuliah.

          Tapi aku coba sarannya aja deh, gak usah dicantumin emailnya

        • emundus said

          ohhh gitu.. kirain kamu anak UI hehe..
          baru ngerti kondisinya skrg ;)

    22. ikki said

      hai, lagi.
      boleh minta saran? kira-kira berapa banyak kata yang digunakan untuk membuat surat motivasi yang baik? ukuran font, format margin, besar font, dll?

      *semoga tidak diKick :)

      • emundus said

        sesuai ketentuan di program tsb.. misal, untuk SEFOTECH, dibatasi 200-300 kata.

        kalau untuk free format, tidak ada ketentuan khusus, yang penting font tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar, dan layoutnya enak dibaca. tentunya kriteria ini subjektif masing2 orang..

        kalo ga mau pusing, pakai margin standar di ms word saja, dengan font Times New Roman ukuran 11. banyaknya: 1 halaman saja, singkat padat.. (kecuali di programnya minta di-detail-kan per bagian –> di coaching clinic 2010, ada yang motivation letternya sampai 6 halaman, tetapi hal tsb memang diminta oleh konsorsiumnya)

        contoh2 motiv letter sangat banyak di google.

    23. anisa said

      saya masih bingung, bila akan mendaftar beasiswa erasmus mundus apakah harus sudah menyertakan LOA dari universitas yang dituju? atau apply beasiswa dulu baru nanti dipilihkan universitasnya?

      saya berencana mengambil Erasmus Mundus-tropED untuk master.. mohon bantuannya..

      • emundus said

        tidak usah ada LOA..
        nanti kalau diterima EM akan otomatis diterima oleh universitasnya..
        segera mendaftar, deadline hampir tiba.

        • anisa said

          saya sudah menyiapkan semua file, tapi ketika online application, sudah tulis nama+email, lalu disuruh menunggu activation email. tapi sampai sekarang email it tidak ada. saya tidak bisa mendaftar online lebih lanjut.

          Login denied! You are either not activated or blocked. Didn’t you get your activation e-mail?

          bagaimana langkah selanjutnya?

        • emundus said

          biasanya, stepnya kan sebagai berikut:
          1. membuat online account (memasukkan nama dan email)
          2. mendapat email yang berisi link aktivasi dimana link tsb harus diklik supaya online accountnya menjadi aktif
          3. login dengan account yang sudah aktif tsb dan menyelesaikan aplikasi

          kasus anda sepertinya belum melakukan step nomor 2.
          respon dari sistem “Login denied! You are either not activated or blocked. Didn’t you get your activation e-mail?” sudah sangat benar.

          coba cek folder spam atau bulk di email anda.
          sangat mungkin activation emailnya nyasar ke sana.

    24. Tia said

      There are 2 kinds of letter that have to be submitted for applying EM; motivation letter and recommendation letter. Motivation Letter seems to be free-format (If I am not mistaken), however, how about recommendation letter? Is it free-format or there’s a specific format (some universities have specific format that have to be fulfilled by the person giving recommendation, like fill out the form).
      Please advise on this matter. Thanks in advance.

      • emundus said

        recommendation letter, kalau memang dari konsorsium memberikan format tertentu, gunakan itu.
        otherwise, free format.

        motivation letter, bila dari konsorsium memberikan constraint2 tertentu misal: jumlah kata, jumlah halaman, margin penulisan, spasi, dll, ikut itu.
        otherwise, free format.

        just think simple with logical justification..

    25. Sinta said

      Dear Emundus,
      Di formulir EMSD ( System Dynamic ), Di Bagian mengenai secondary education / type of school ada pertanyaan Diploma or Examination certificates, biasanya di isi apa ya?

      linknya ini http://www.europeansystemdynamics.eu/files/verzoektoelatingned-enghandlingfee.pdf

      Thanks

    26. Aan said

      Dear Emundus,
      kalo di IMFSE, score TOEFL dan certificate nya tidak mandatory saat apply. kira2 bagusnya sekalian di attach pas apply atau nunggu kalo diminta yah?
      trus kalo di Jogja, ada test TOEFL International dimana & kapan yah?

    27. [...] https://emundus.wordpress.com/2009/11/18/motivation-letter-statement-of-purpose/ [...]

    28. Tiur said

      All,

      Tgl 20 December aku sudah kirim document ke konsortium lewat courier dan sudah tiba tgl 23 december. Kemudian untuk apply online sudah aku lakukan tgl 20 December tapi sampai sekarang mereka belum info apakah aplikasi aku sudah diterima atau belum. Tidak salah kan ya kalau kita email ke mereka?

      salam,

      tiur

      • Suzane said

        bukannya aplikasi online dilakukan sebelum pengiriman dokumen? form aplikasi online tsb lalu diprint dan ikut dikirim bersama dokumen.

        • Tiur said

          Mba Suzane,

          Di procedure ( http://www.europeansystemdynamics.eu/) mereka tidak dimention bahwa ada form aplikasi online untuk di print karena form aplikasi untuk hardcopy sudah ada tersendiri dan ketika aplikasi online dilakukan pun ,hanya keluar message bahwa “The mail is send” dan menurut mereka kalau sudah keluar message seperti itu berarti sudah tersubmit dengan sukses.

          If you wish to apply, you will have to fill in two forms:
          *hard copy application form
          *digital application form
          If one of the forms is missing after the deadline, your application will not be part of the selection procedure.

      • eep said

        Dear Tiur

        Yup, sebaiknya ditanyakan langsung kepada koordinator program yang Anda apply

        Good luck…

      • ikki said

        kalo boleh tahu,Tiur ngirimnya pake expedisi apa dan berapa tarifnya?
        3 hari sampe di eropa, that was really something.

        • Tiur said

          Dear Ikki,
          Aku kirim pakai TNT, biaya ke belanda hanya 342.000 ( cukup murah dibandingkan courier lain yang aku cek ) dan dokumen mereka ambil ke tempat kita tanpa biaya tambahan. Mereka ambil dokumen tgl 20 kemudian tgl 23 aku cek di website mereka sudah sampai. Kaya sales aja promosi hehehe

        • Ikki said

          Tiur, aku dah lihat websitenya TNT tapi masih ga ngerti tentang prosedur pengirimannya. :hammer
          Begini,
          apa kita hanya perlu memesan (order) pengiriman lewat website mereka?
          kapan mereka akan mengambil dokumen kita di rumah kita? / berapa hari yang dibutuhkan setelah kita memesan sampai mereka datang ke rumah kita?

          thanks

        • emundus said

          langsung telp aja ke TNTnya..
          di websitenya kan ada nomor telp nya..

          http://www.tnt.com/feedback/feedbackInitial.do?navigation=1&respLang=in&respCountry=id

    29. Togi Yonathan Sitinjak said

      Saya lulusan teknik geologi ITB tahun 2009, saat ini bekerja di salah satu perusahaan minyak nasional. Saya berencana melanjutkan studi saya ke jenjang master di bidang petroleum geisciences ataupun bidang studi lain yang berhubungan dengan ilmu kebumian lewat beasiswa,apakah ada program beasiswa di bidang ini yang ditawarkan oleh erasmus ? jika ada mohon informasinya yah , trimakasih.

    30. Harr51 said

      dear mod’s

      Mohon sharing dari awardee/alumni, saya lulusan s2 IT dari UI dan berencana apply bbrp program EM. melihat list of programs yang ditawarkan saya tertarik bbrp course spt DILL dan MAPP. pertanyaan saya adalah, bagaimana kemungkinannya untuk mengambil course yang tidak selinear dgn background sebelumnya dan apakah bisa mengambil master sedangkan saat ini sudah memiliki master.

      mohon sharing dari rekan2.

      jabat erat

      • Bunga said

        Bisa saja mencoba ikutan seleksi EMMC meski sudah punya master ataupun punya dasar ilmu yang berbeda dengan pilihan EMMC. Tapi setahu saya baru bisa berhasil kalau bisa meyakinkan konsorsium bahwa Anda punya alasan kuat untuk mengambil kuliah master kedua, dan/atau ada keterkaitan antara pekerjaan/minat sekarang (meski dasar ilmu di S1/S2 pertama nggak nyambung) dengan EMMC tersebut.

    31. dear moderator,

      aku baru mau apply untuk EM yang EMMEC program. disana ada kebutuhan namanya Courses Syllabus. itu maksudnya apa ya?kalau memang maksudnya syllabus mata kuliah, kan ada di transcript. Mohon bantuan informasinya. Thx a lot.

      regards,
      Fronita

      • emundus said

        AFAIK, transkrip bukannya isinya hanya nama2 mata kuliah?
        syllabus berisi penjelasan mengenai mata kuliah tsb scara overview..

    32. Lam said

      would u plz help me by providing a sample of statement of Purpose for International Master in Digital Library Learning of E. Mundus Scholarship ( english). following is my email address amity.du@yahoo.com

      thx
      Lam

    33. Engdawork Sisay said

      dear sir/madam
      i am now in a process to apply on a scholarship in Erasmus Mundus. one of the criteria says recommendation (reference letters) must be must be provided using the Letter of Reference Form downloadable from the MEDEG web site. i ant get the format. would you help me please.

    34. [...] for erasmus mundus’s blog in Bahasa Indonesia, which inspires me a lot during my process. #gallery-1 { margin: auto; } [...]

    35. Aditya said

      dear moderator,
      saya memiliki beberapa pertanyaan :
      1. Dalam persyaratan EM biasanya ada persyaratan tentang Target Group 1,2,3. Jika saya telah menyelesaikan jenjang S1 dan Indonesia termasuk dalam daftar program tersebut, maka sebaiknya saya masuk ke Target Group yang mana?
      2. Dalam Target Group 1 dikatakan “Students and academic staff registered in one of the partner universities of the consortium at the moment of application.” Pertanyaannya adalah ketika saya sudah lulus, apakah saya termasuk dalam kategori “registered” seperti yang tercantum dalam kalimat tersebut?
      Terima Kasih :)

      • emundus said

        jadi anda mencari beasiswa S2? baca dulu halaman utama yah.
        di situ sudah ada langkah praktisnya.

      • cipto said

        Ini kayaknya erasmus action 2 deh yg ditanya. Btw, boleh kan apply action 1 dan action 2 sekaligus meskipun action 1 sudah apply 3 program? Saya takut salah langkah, ini saya copy dari web eacea:

        20. For how many different Erasmus Mundus courses can a student apply to in one selection year?
        Under Action 1, you may apply to a maximum of 3 different Masters Courses and/or Joint Doctorates per selection year. Therefore, you are usually requested to specify on the application form if you have applied to more than one programme.

        Under Action 2 (former External Cooperation Window) there is no limit on the number of applications by an individual per selection year, i.e you can apply to as many projects as you are qualified for. However, if you have already benefited from one mobility activity within one selection year, you are no longer eligible for mobility within that project during that selection year.

        Of course, if selected, you can participate only in one exchange, as you can receive only one grant.

        Sekadar info juga, action 2 ada program masternya (bukan cuma exchange).

        • emundus said

          thanks untuk infonya..
          saya ga ada pengalaman untuk action 2..
          jadi ga bisa bantu untuk itu..

        • Ade Rahma Dyah Hartanti said

          Maaf saya ingin memastikan lagi supaya lebih yakin. jadi biarpun sudah apply action 2, masih boleh apply action 1 ya??
          terima kasih

      • Aditya said

        iya, betul… saya sedang ingin mencoba yang action 2, cuma agak kurang sreg dengan maksud yang saya utarakan di atas… :D

    36. [...] https://emundus.wordpress.com/2009/11/18/motivation-letter-statement-of-purpose/ [...]

    37. [...] 1. https://emundus.wordpress.com/2009/11/18/motivation-letter-statement-of-purpose/ [...]

    38. kiki said

      dear moderator…
      saya ingin bertanya ke consortium via email, apakah ada format khusus atau saran penulisan yg lebih sopan untuk penulisan email tersebut?

      • emundus said

        tidak ada format khusus..

        mulai dari perkenalan diri dulu, 1-2 kalimat.
        lalu utarakan pertanyaannya atau hal yang ingin dikonfirmasi.
        pastikan pertanyaannya memang belum ada di website program yang dituju.

        just be concise and direct, tetapi tetap sopan ;)

    39. fitri said

      Dear emundus alumni

      Saya masih bingung sama Action 1-2-3 yang ada di EM, would you give me a simple explanation about that? Thank you in advance for answering my question.

      • emundus said

        Action 1: Joint Programmes including scholarships
        –> Scholarships/fellowships for Third Country and European students/doctoral candidates to follow these Erasmus Mundus joint masters’ courses and doctoral programmes.
        –> Short-term scholarships for Third Country and European academics to carry out research or teaching assignments as part of the joint masters programmes.

        Action 2: Partnerships with Third Country higher education institutions and scholarships for mobility
        –> partnerships between European higher education institutions and higher education institutions from targeted Third Countries
        –> Scholarships of various lengths

        Action 3: Promotion of European higher education

        Ada juga bentuk summary lainnya di sini:
        http://eacea.ec.europa.eu/erasmus_mundus/results_compendia/selected_projects_en.php

        Sebenarnya tergantung tujuan anda sih, yang dicari itu apa.
        Kalau mau beasiswa S2 atau S3 atau research sebagai pengajar, lebih cocok ke Action 1.

        Kalau tergabung dalam partner university, bisa join juga ke Action 2.

    40. Luthfi said

      Selamat siang mas mbak alumni EM, saya mau tanya emailnya mbk Dwi Larasatie Nur Fibri alumni program Master Sefotechnut apa ya?. saya tertarik program ini dan mau berkomunikasi dengan beliau. terimakasih

    41. […] yang berbeda buat dituliskan. Dulu aku juga baca-baca motivation letter para senior yang dishare disini. Disitu dikasih juga tips-tips gimana menulis motivation letter yang […]

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

     
    Follow

    Get every new post delivered to your Inbox.

    Join 1,385 other followers

    %d bloggers like this: