Apply Erasmus Mundus Sebelum Lulus

Banyak pengunjung blog ini yang bertanya bagaimana caranya untuk apply Erasmus Mundus sebelum lulus.

Di bawah ini adalah cerita dari beberapa student dan alumni yang memiliki pengalaman yang sama. Semoga dapat menginspirasi Anda semua.

Cassie, EM awardee 2009 untuk program Marine Biodiversity and Conservation

Pada Desember 2008 saya mengajukan beasiswa EM ketika masih belum lulus S1, walaupun sebenarnya tidak ada kejadian yang spesial karena untuk saya semua urusan terhitung mulus…

Di website program saya memang sudah dikatakan bahwa tidak masalah bila pendaftar masih belum lulus kuliah. Namun, kita memang harus menjelaskan secara tertulis bahwa kita memang mahasiswa tingkat akhir yang akan lulus sebelum perkuliahan master dimulai. Saya sendiri mengatakan bahwa saya akan lulus pada bulan Juni 2009 (walaupun akhirnya diwisuda pada bulan Juli 2009). Ijazah saya kirim setelahnya dan tidak ada masalah dan saya sendiri berangkat akhir bulan Agustus 2009.

Mengenai apa yang harus dipersiapkan, menurut saya, penuhi saja semua syarat yang diminta di website dengan sebaik-baiknya. Apabila ada kasus khusus, seperti belum lulus S1 (yang artinya tidak bisa menyerahkan ijazah S1) maka jelaskan secara tertulis. Yang mungkin harus diperhatikan adalah kita harus ‘memasang’ target kelulusan yang masuk akal dan harus berusaha memenuhinya (kan ga lucu kalau kita diterima EM, tapi ga jadi berangkat gara-gara belum lulus. Harusnya setelah tahu diterima, kita jadi lebih semangat untuk lulus!)🙂

 

Nay, EM awardee 2005, MESPOM

menilik umur, koq bisa aku belum lulus S1 pas daftar mespom? hehe…ceritanya, dulu kuliahnya D3, lulus trus kerja dulu. Nyambung S1 tahun 2003, selesai pertengahan 2005 (kira-kira 1.5 tahun). sementara kira-kira pertengahan 2004 sudah mulai cari-cari beassiwa, jadi pengisian formulir pendaftaran dll dilakukan pada saat masih aktif kuliah S1 semester ke-2 (karena nyambung dari D3, jadi hanya perlu 3 semester untuk lulus).
Karena proses aplikasinya sendiri memakan waktu hampir 1 tahunan (agust 2004-agust 2005), jadi waktu itu seluruh proses seleksi berjalan berbarengan dengan masa kuliah sambungan S1 semester 2 dan 3 (akhir).

ada beberapa kolom di form aplikasi yg jadinya tidak bisa terisi, tapi kebetulan program mespom (waktu itu) ada menyebutkan bagaimana harus mengisi form jika statusnya belum lulus (kurang tahu apakah hal ini juga ada di program yg lain). jadi secara persyaratannya, memang dibolehkan. karena kelulusan S1 dulu akan berbarengan dg waktu keberangkatan ke eropa, jaminannya waktu itu hanya transkrip D3 dan transkrip sementara semester 1 S1 (yg 2 semester belum keluar waktu awal pendaftaran). konsorsium merasa ini cukup (setelah beberapa kali korespondensi), dan mereka setuju bahwa sertifikat yg lain-lain (yg belum ada) akan menyusul sesegera mungkin, sehingga aplikasi diproses terlebih dulu tanpa sertifikat kelulusan S1.

untunglah aku diterima, dan bersamaan dg pengurusan visa dll, aku juga sibuk ujian S1, nulis thesis akhir, pendadaran, dan tentu saja, masih kerja full-time senin-jumat🙂 waktu aku daftar beasiswa dan mulai melewati tahapan step by step dan selalu lolos, aku mulai melakukan pendekatan ke pihak universitas tempat aku belajar S1 sabtu minggu, menerangkan apa yg akan kutempuh setelah lulus S1, bahkan salah satu dosen memberikan surat rekomendasi untuk mendaftar beassiwa, sehingga pihak universitas juga mendukung penuh. Ini penting karena di akhir semester, pas sudah mau berangkat ke eropa, seharusnya ijasah S1 belum resmi keluar, tapi universitas memutuskan untuk mengurus ijasah asliku untuk diproses lebih dulu, jadi bisa dibawa terbang ke eropa.

sampai di sana, urusan pertama yg harus dilakukan begitu mendarat, yaitu menyerahkan seluruh sisa kelengkapan dokumen yg waktu proses penerimaan dijanjikan akan diberikan. untunglah semua lancar dan tepat waktu, jadi semua pihak lega. nego ke konsorsium mungkin tidak perlu dalam kasusku karena memang konsorsium sudah menyebutkan bahwa untuk yg BELUM lulus S1…boleh daftar…dg ketentuan tersendiri seperti yg sudah aku alami di atas. deg-degannya waktu itu cuman bisa ga ya universitas keluarin ijasah sementara yg lain belum terima. dg pendekatan ke beberapa pihak dan dg niat baik, serta dg membawa nama baik almamamter juga, justru malah mereka dg senang hati membantu dan bangga, karena alumninya ada yg langsung keterima S2 di eropa.

mudah-mudahan sharing ini membantu buat mereka yg senasib dg-ku, atau di situasi yg mirip-mirip. mungkin memang intinya tergantung dr kebijakan pihak konsosrsium masing-masing program yg bisa jadi berbeda-beda. akupun kurang tahu apakah kebijakan yg sama masih juga berlaku di MESPOM sekarang, karena pastinya tiap tahun mereka merevisi persyaratan dan apa yg boleh dan tidak bolehnya. kebetulan aku angkatan pertama di MESPOM. yg penting sih komunikasi dg pihak konsorsium terus menerus (via email) dan aktif membaca detil-detil persyaratan dg seksama (tolong dicatat waktu itu 2005 belum ada semacam forum yg saling bantu seperti sekarang, belum ada tempat bertanya, belum ada yg berpengalaman untuk dimintai saran/pendapat, semua dikerjakan sendiri dan benar-benar mandiri, sampe berangkat ke eropa sendiri, tanpa pelepasan resmi dll). mudah-mudahan sedikit cerita ini membantu bagi yg membutuhkan.

42 thoughts on “Apply Erasmus Mundus Sebelum Lulus

  1. Saya Agung Suseno, fresh graduate from University of Indonesia majoring Public Administration want to jion this site to get any scholarship in magister public administration, thx

  2. wah, kebetulan program yg saya minati mengharuskan saya lulus dulu ni….yg agak bikin kesel,karena syarat kelulusan dan deadline kelulusan tidak diumumkan melalui situs (situs cuma menyebutkan deadline Action utk EMMC 30 April 2010), namun ketika saya mengirim e-mail ke contact person program bersangkutan utk menanyakan detail program….mereka bilang saya harus sudah lulus 15 Desember ini utk boleh apply…T_T masih nego ni….moga aj boleh….

    • anyway, preparation (misal: TOEFL) tetap bisa dilakukan mulai skrg karena syarat tahun ke tahun biasanya tidak banyak berubah..

  3. i did not understand what emundus is. it is a course or really a school like university (example)? After graduated from emundus, can we apply our knowledge in the jobfield?

  4. Hi, saya ingin apply buat EMMC, tapi saya belum lulus kuliah.
    target saya untuk lulus kuliah adalah juli 2010. dimana saya bisa dapat Formulir Aplikasinya ya? Surat motivasi saya buat sendiri(seperti paper)? saya sedang mengambil les bahasa belanda, namun baru level-1, apakah hal tersebut menghambat? terimakasih Emundus… (^_^)

  5. saya lulusan S1 teknik Mesin. Adakah program Beasiswa buat melanjutkan program paska sarjana S2. Bagaimana caranya? Tolong dibantu yah. Terimakasih

  6. Hi, saya ingin apply buat EMMC, saya lulusan dari STBA HARAPAN MEDAN
    Dimana saya bisa dapat Formulir Aplikasinya ya?
    Surat motivasi saya buat sendiri(seperti paper)? saya melihat koran ada kul s2 k eropa.gimana caranya..
    saya ingin sekali kesana dan mengikuti pelatihan emundus ke eropa dan say ingin mndalami bahasa inggris saya.
    terima kasih emundus

  7. halo, salam kenal. Saya berencana apply untuk program IMSE, dan saya agak bingung dengan maksud dari persyaratan ini,

    A satisfactory scholastic average, a minimum 3.0 (B) grade-point average in Bachelor’s degree work completed after the first two years.

    apakah berarti program ini mensyaratkan applicant-nya untuk bekerja dulu minimal 2 tahun setelah kelulusan? mohon bantuannya. terima kasih sebelumnya.

  8. teman2 bantu aku ya gimana cara daftar beasiswa erasmus mundus. saya pengeeen banget dapat beasiswa luar negeri. kalao ada kesempatan nda aku sia-siakan pokoknya.

  9. maaf kalau pertanyaan saya salah tempat.
    saya tertarik dengan beasiswa ini, masalahnya saya sudah berkeluarga, apabila mendaftar dan diterima, misalkan, bisakah kita membawa keluarga? dengan beasiswa senilai itu cukup g menghidupi 2 orang. mohon pencerahannya.. terima kasih

    • bisa saja.. ada kok beberapa orang yang membawa keluarga mereka.
      cukup/tidaknya sangat tergantung dari kota/negara yang ditempati..
      tidak bisa di-generalisasi-kan.

  10. saya nada,, saya masih semester 3 teknik sipil UGM,, ada ga beasiswa pertukaran pelajar untk undergraduate??
    please infonya,, thanks

    • blog ini hanya untuk peluang beasiswa S2 dan S3 ya..
      walaupun demikian EM action 2 sih ada kerja sama dgn beberapa univ2 di Indonesia..
      saya ga tahu apakah UGM termasuk dan apakah jurusan kamu termasuk..
      kamu harus cari tahu di lingkungan internal kamu..

  11. Dear Emundus,

    Saya mahasiswa yang baru mengambil TA semester ini. Mohon sarannya, apakah saya lebih baik apply untuk EM 2012(atau berikutnya) atau saya mencoba dulu 2011 ini?

  12. hallo EM…. saya Argy, mahasiswi fak.ekonomi akutansi dan akan lulus thn 2012.
    Saya berniat apply EMTM dan Sutrofor searang, bisa kan ?
    apakah diperlukan referensi dari kampus mengenai kellusan saya thn 2012 nanti dan bahwa saya akan mendaftar EM?
    Sebanarnya saya tidak ingin ada orang yang tahu bahwa saya apply EM.
    terima kasih atas info nya.

    salam….. argy

      • selamat malam….

        “apply EM sebelum lulus” maksudnya getooo….,
        jd juli agustus 2012 dong,,,bar bisa apply?

        terima kasih banyak info nya,,, mudah2an saya dapat mempersiapkan diri dengan sebaik baik nya supaya dapat diterma.

  13. maaf neh…. ma tanya lagi,,,,

    beberapa program EM sosial, bussines and law… ada beberapa seperti Master of Forensic science, ekologi indstri, apakah bisa dengan bckground ekonomi, saya apply?
    karena saya baca juga program course nya.

    terima kasih sekali lagi……

  14. Hi All,

    Mau tanya nih tentang Global Studies – A European Perspective.
    Saya sudah baca persyaratannya. Di bawah ini terlampir,
    —————————————————–
    Applicants should fulfil the following requirements:
    A bachelors degree or recognised equivalent from an accredited institution in Social Sciences or Humanities
    A sufficient undergraduate training to do graduate work in chosen field
    Very good academic performance
    Excellent English skills
    Furthermore we do appreciate if applicants have a basic knowledge of German or/and Polish or/and Danish and/or any other European language
    —————————————————–
    Tidak ada penjelasan langsung mengenai Bsc yang msih sedang berusaha diperoleh.
    Saya tertarik isu glokalisasi. Skripsi saya bertemakan isu tersebut dan sedang diproses.
    Tampaknya saya tidak bisa lulus tahun ini 2010 karena skripsi saya kualitatif dan kemungkinan besar turun lapangan di Kalimantan.
    Jadi begini, saya berusaha lulus 3,5 tahun. Namun atas rekomendasi dosen yang menjadi calon pembimbing saya, skripsi saya butuh waktu lebih untuk dapat diselesaikan. Derita kualitataif,,,, T.T tpi saya enjoy sekali dengan skripsi saya.
    Deadline applicationnya program itu 1 December 2010.
    Apakah saya bisa mengikutinya walaupun lulus semester depan? T.T

    Mohon sharing infonya ya teman-teman.

    Terima kasihhh,,
    🙂

    • hahaha,, maaf sudah merepotkan… barusan membaca
      (source: http://www.uni-leipzig.de/gesi/emgs/index.php option=com_content&task=view&id=36&Itemid=50)

      Certified copy or original hard copy (AND certified translation if the document is not issued in English/German or French) of university diplomas (if you you graduate after the application deadline please send us the degree as soon as you receive it, the decision on the admission will in this case be made on the grades indicated on the transcript of records. Please note that in case of an admission the copy of your certified Bachelor’s degree certificate will be needed in August in order to be able to enrol you.)

      OMG 15 hari lagi,,

      O iya minta tolong donk info share yang pernah dapat program itu…

      sekali lagi terima kasih,,
      🙂

      • kalau tinggal 15 hari sebaiknya gerak cepat saja deh..
        cari alumninya blom tentu ada, dan blom tentu ada yg available jawab dlm waktu dekat..
        pede aja lah maju sendiri.. banyak yang dapet beasiswa EM dengan self-study kok..

  15. Hi All,

    tanya lagi ah,,
    berhubung baru tahu Erasmus Mundus,
    nilai bahasa Inggris TOEFL atau IELTS bisa disusulkan juga nggak?
    punya sih IELTS tpi udah kadaluarsa ternyata… baru nyadar!

    prinsipnya kalau aku baca sih di programnya interested applicant can proof their interests by sending pre-application through email. Then,, can english proficiency proof sent later when I receive it sooner after the deadline? difficult condition ini di bawah ini maksudny apa?

    (source: http://www.uni-leipzig.de/gesi/emgs/index.php?option=com_content&task=view&id=36&Itemid=50)
    —————————————————
    Electronic pre-application may be send to indicate an interest especially in those cases where air mail systems are operating under difficult conditions –> “maksudnya apa ya?”. Along with the electronic pre-application to em@uni-leipzig.de please send:
    Application form
    A copy of your first degree, including completed and official certificates and transcripts of all previous university studies must be submitted. All academic records which are not in English must be accompanied by certified English translations.
    A letter of motivation in which you explain why you are interested in this particular Master Course. (1-2 pages)
    A statement regarding English proficiency.
    A curriculum vitae in English
    —————————————————

    makasih ya buat sharingnya,,

    salam.🙂

    • TOEFL/IELTS susulan silahkan dibicarakan dengan konsosrsium..

      air mail systems are operating under difficult conditions ya misalnya aja dari negara2 yang lagi dilanda perang atau bencana hebat, atau kota2 terpencil di pedesaan dimana susah mencari jasa pengiriman.. jadi expression of interestnya saja yang dikirimkan via email dulu, beserta ekspektasi kapan bisa submit full applicationnya..

      namun, kalau dari jakarta atau kota besar lainnya sih tidak tergolong yang termasuk dalam “difficult condition” yah

  16. Salam, saya berniat melajutkan S2 ke forensic. Di requirements nya dituliskan TOEFL harus 6.6 Sya tidak mempunyai sertifikat TOEFL, tetapi mempunyai sertifikat TOEIC. Dari yang saya baca di web nya ETS. TOEIC dan TOEFL berada dalam satu naungan yang sama yaitu ETS.
    Dari yang saya baca, tidak ada keterangan yang menyatakan bahwa TOEFL bisa/tidak digantikan oleh TOEIC.
    Mungkin ada yang tahu atau mempunyai pengalaman seperti ini?
    Apa saa harus mengulang tes TOEFL lagi, atau saya cukup menyertakan keterangan saja. Mengingat tes TOEIC saya mencapai nilai kualifikasi.
    Thx before. Best regards.

    • TOEFL dan TOEIC memang di bawah ETS, tetapi tujuannya berbeda.
      silahkan baca baik2 tujuan TOEIC dan TOEFL.

      sebaiknya ikuti syarat pendaftaran sebagaimana tertulis..

Leave a Reply

