Reserve List

Bagi mereka yang masuk dalam reserve list, masih ada peluang untuk mendapatkan beasiswa apabila ada calon penerima beasiswa dari main list yang mengundurkan diri. Dalam keadaan tersebut, konsorsium/universitas yang akan memilih, siapa yang akan diambil dari reserve list, tidak selalu mengacu kepada urutan nomor dalam reserve list. Yang terpenting adalah dalam setiap kelas pasca sarjana, maksimum 20% peserta berasal dari negara yang sama dan tidak boleh lebih dari 2 peserta berasal dari universitas/institusi yang sama. Misalnya satu kelas terdiri dari 25 pelajar, maka maksimum 5 orang berasal dari negara yang sama, misalnya Indonesia, dan maksimum 2 orang dari mereka berasal dari unviersitas/insitusi yang sama di Indonesia.

Peserta reserve list disarankan untuk secara rutin mengecek emailnya, karena perubahan dari reserve list menjadi main list biasanya dilakukan dalam waktu yang cepat / mendesak.

Tahun 2008 ada sekitar 10 orang dari 80 orang Indonesia yang masuk dari reserve list menjadi main list. Waktu pemberitahuannya berkisar antara bulan Mei sampai dengan Agustus.

Apabila belum berhasil masuk dalam main list tahun ini, coba kirim aplikasi lagi untuk tahun berikutnya dengan menyertakan bukti email dari konsorsium yang menyatakan Anda masuk dalam reserve list tahun 2009.

Semoga berhasil.

Salam,
Destriani NUGROHO
Project Officer
Development Section
Delegation of the European Commission
to Indonesia and Brunei Darussalam
Intiland Tower, 16th floor (ex-Wisma Dharmala Sakti)

33 thoughts on “Reserve List

  1. saya mau mengajukan beasiswa untuk S2 , sedang mencari informasi untuk prosesnya…

    silahkan baca2 forum ini.

  2. Dear emundus,

    Akhirnya notifikasi terakhir dari konsortium tiba, dan menerangkan bahwa saya masuk reserve list untuk program CLE. semoga masih ada kesempatan bagi saya untuk masuk main list tahun ini juga. Yang ingin saya tanyakan, apakah setiap applicant, khususnya di Indonesia akan diterima oleh konsorsium? ataukah orang yang masuk mainlist dan reserve list itu yang sudah terpilih saja…? Untuk reserve list tahun ini, apakah ada perlakuan atau syarat khusus supaya bisa masuk mainlist di tahun depan…? bagaimana dengan pengalaman para alumni..?
    sekian, terima kasih…

    apakah setiap applicant khususnya di Indonesia akan diterima oleh konsorsium? TIDAK, hanya mereka yang memang qualified dan lolos seleksi dengan kriteria yang ditetapkan konsorsium yang masuk ke main/reserve list.

    setahu saya, setiap tahun seleksinya akan dimulai dari awal lagi (harus apply online, kirim berkas, dll). namun bila memang sudah pernah masuk reserve list, mungkin bisa jadi pertimbangan tertentu bagi konsorsium, walaupun tidak ada keharusan bagi mereka untuk memasukkan mereka yang ada di reserve list 2009 ke main list 2010. tapi, coba saja negosiasikan.

  3. hai Syihab, selamat ya kamu masuk reserved list CLE. semoga diterima di main list. kalaupun tidak, kamu bisa coba apply beasiswa dari pemerintah Italia dengan bermodalkan letter of acceptance dari CLE ini. kamu bisa kontak sekretariat CLE kok untuk minta surat tsb dan bilang bahwa kamu hendak mengajukan permohonan beasiswa dr pemerintah Italia untuk membiayai kuliahmu di CLE.

    saya tunggu ya di sini..

    Dina
    CLE angkatan I
    2008-2010

  4. Dear mbak Dina,

    Halo, salam kenal mbak Dina…ini mbak Dina Mardiana kah? kalau iya apa saya bisa minta email pribadi untuk tanya lebih jauh soal CLE, soalnya kemarin itu saya first year entrance universitynya memilih France sebagai tujuan pertma, so probably the most suitable authority untuk pengajuan beasiswa adalah dari pemerintah perancis yaa..? atau bagaimana? apa bisa saya masuk lewat italia dulu? untuk itu apakah anda punya jejaring sosial pribadi seperti facebook yang bisa saya add..? saya bisa di cari atas nama (nabhan f. choiron)..terima kasih sebelumnya…!!

    Dina Mardiana ini terkenal lho. Coba saja di-google atau dicari buku terbitannya di toko buku terdekat :p
    Anyway, saya sudah forward email Dina ke email anda.

  5. dear all,

    agak sedih nih, tahun lalu ikut beasiswa em dan masuk reserve list 80 besar, kemudian coba lagi tahun ini masuk 30 besar. anehnya aku ga dapat email dari mba destri mengenai daftar peserta yg masuk main list dan reserve list utk tahun ini, padahal tahun lalu sih dapat.

    mencoba tetap semangat.. =)

    /sally

  6. Dear EMundus,

    aku sudah 2 x coba apply EM untuk tahun ajaran 2008 (tropEd) dan 2009 (tropEd dan Europubhealth) dengan hasil keduanya masuk reserve list…

    Belum patah semangat sih, rencana tahun ini akan coba apply untuk 3 univ (tambah Sustainability Health)

    Yang ingin saya tanyakan, adakah batasan berapa kali seseorang bisa mencoba apply untuk scholarship EM?
    kalau yg saya lihat di websitenya sih tidak ada pertanyaan serupa di FAQ, jadi saya mohon pencerahannya dari teman2 yg lebih berpengalaman.

    Trims banget sbelumnya…. website ini sudah sangat membantu dalam bnyk hal (mulai dr gak tau apa2 dan mikir scholarship itu cuman utk org2 tertentu aja…. tp skrg aku yakin klo smua org bisa coba apply asal mau usaha🙂

    Sukses selalu,

    ^^noni

    • Halo Noni, untuk EM, tidak ada batasan berapa kali boleh apply. Selama belum sukses, coba saja terus. Perlu dicatat, bahwa dalam 1 periode tahun, hanya boleh maksimal apply ke 3 EMMC.

      Semoga sukses dan bisa ikut memenuhi target 100 awardee asal Indonesia tahun ini.

      Saya masih mengembangkan website ini, nantinya ada tips untuk aplikasi, motivation letter, dll. Pokoknya benar2 untuk bahan persiapan para pelamar tahun 2010 ini.

      • halo Noni,
        ayo kamu pasti bisa..
        waktu itu aku udah kasih tau kan tips nya he he
        kalo rejeki gak akan kemana

        Vita

  7. Dear Emundus…
    nama saya Yudi, saya saat ini tengah melakukan penelitian tesis saya di slh satu univ. negri di Yogyakarta.
    1.Yg ingin sya tnyakan adalah, apakah ada kmngkinan bagi saya utk apply beasiswa utk S3, krna saya liat mayoritas beasiswa S2.
    2. Seandainya saya telah mnyelesaikan s2 saya & ingin apply Emundus, bolehkan saya mngambil prgram s2 Emundus lg?

    • 1. Ada kok peluang untuk S3 juga.. namanya EM Joint Doctorates (EMJD). silahkan baca artikel di halaman “selamat datang”.

      2. Boleh.

      • hi mundus,

        sy key, menyambung pertanyaan no 2, kira2 bgmnkah peluangnya utk apply master EM jika sudah s2??? manakah yg lebih baik, menyebutkan bahwa sudah s2 atau tidak perlu disebutkan?

      • tidak ada jawaban benar/salah untuk hal ini, karena penilaian setiap konsorsium bisa saja berbeda2..
        namun, bila s2 nya dilakukan secara full-time, akan sulit untuk tidak disebutkan, karena dalam CV akan terlihat ada suatu periode waktu yang hilang yang malah akan menimbulkan pertanyaan.

  8. Dear Emundus,
    nama saya Tiwi. Saya apply untuk program JEMES dan dapat pemberitahuan bahwa saya masuk reserve list (self-funded).
    3 hari kemudian baru saya reply dan saya tanya ke konsorsiumnya kalo2 masih ada kesempatan lagi menerima beasiswa.
    dan saya juga bilang kalau saya gak bisa ambil program JEMES kalo self-funded.
    kira2 menurut pengalaman kakak2 yang udah keterima JEMES, ada gak y kemungkinan jadi main list?
    Thank you.

    • Kemungkinan ya pasti ada. Bila di main list ada yang mengundurkan diri, maka yang di reserve list akan masuk menggantikan.
      Sabar saja ya.

  9. Dear EM,

    Saya apply erasmus mundus dan masuk reserve list untuk program mamaself. saya diurutan 3 dari aplikan indonesia dengan nilai (9,5/10). konsorsium mamaself itu perancis, jerman dan italia. saya sudah kontak DAAD, tp mereka mengatakan bahwa beasiswa mereka hanya untuk mereka yg memiliki pengalaman kerja 2 tahun, saya fresh graduate, sebenarnya saya tahu tp berdasarkan informasi, teman saya mendapat beasiswa DAAD padahal pengalaman kerja dia hanya 3 bulan. Saya juga berniat untuk menanyakan peluang beasiswa dari kedutaan perancis dan italia. Namun, saya agak bingung, soalnya, konsorsium2 itu saya beri peringkat berdasarkan minat saya, tahun pertama dan kedua harus beda. nah, yg membuat saya bingung, apakah penempatan saya sesuai dengan rank konsorsium itu? karena saya takut, jika saya apply ke kedutaan perancis, ternyata saya ditempatkan d italia misalnya. Apakah perubahan status dari reserve menjadi main list itu hanya pada bulan mei? terima kasih…

    • Halo,

      Kalo menurutku, posisi universitas yang kamu apply akan sama dengan minatmu, dan tidak akan di rubah oleh Konsorsium. Jika kamu sudah memilih Univ. Rennes sebagai pilihan 1, dan Univ. Torino di pilihan ke 2, maka demikianlah status applikasi kamu. Karena masing2 konsorsium berhak menyeleksi sendiri setiap aplikasi yang masuk sesuai dengan apa yang telah diprioritaskannya.

      Saya baru tau soal nilai ranking bagi reserve list. Kalau kamu menjadi peringkat 3 dari Indonesia, berarti dibutuhkan beberapa orang mengundurkan diri sehingga kamu bisa menjadi main list yang sepertinya untuk sekarang ini akan sulit terjadi meskipun kemungkinan itu selalu ada.

      Jika kamu benar-benar berminat dengan MaMaSELF dan berminat mencari sumber finansial lain untuk mendukung study kamu, coba tanyakan ke beasiswa pemerintah mereka masing2. Saya tidak tau apakah DIKTI bisa menjadi pilihan ?!

      (Awardee MaMaSELF 2007)

      • Pengalaman Weko berubah dari Torino ke Rennes loh.. tapi dia yang minta sih waktu itu..

        (Awardee MaMaSELF 2008)

      • hi,

        ehm beberapa teman menyarankan saya menghubungi DIKTI, tp aga pesimis krn d broshur dibutuhkan 6000 euro setahunnya, nampak sangat banyak, tp saya akan coba. Saya orangnya kurang sabar, dan paling tidak suka menunggu. niatnya sih, takut kehilangan kesempatan jika saya hanya menunggu, makanya ketika dikasi pengumuman reserve list, buru2 nyari beasiswa lain. tp kl misalkan saya sudah minta beasiswa dari instansi lain, dan ternyata saya jadi main list, agak bingung juga.
        well, makasi yah…

      • Situasinya benar-benar rumit. Di dalam hati saya berharap bahwa tiga orang reserve list termasuk kamu dari Indonesia bisa menjadi main list, yang artinya 3 orang mengundurkan diri. Saya dapat bocoran info bahwa tahun ini dari Indo tidak ada yg jadi main list di mamaself, semua masuk reserve dan saya tidak tau ada berapa orang disitu. Desas-desusnya kebijakan dari konsorsiumnya sekarang mengambil setengah dari eropa dan setengah nya dari 3rd country.

        Mencoba untuk realistis dan melihat kondisi yg terjadi, saya cuman bisa menyarankan untuk memaksimalkan dulu usaha pencarian beasiswa lain. Saya sekarang di Jepang dan saya tau beberapa teman disini bisa mendapatkan beasiswa DIKTI meskipun bukan PNS. Coba cari info untuk beasiswa DIKTI lebih lanjut. Selain itu, tanyakan jg beasiswa pemerintah Prancis.

        Semoga Beruntung !!!

        -afandi-

    • Halo Angie,

      semoga reserve listnya bisa naik menjadi main list.

      1. Untuk DAAD saran saya ya tetap dicoba aja kan tidak ada salahnya, siapa tau beruntung. cuma masalahnya skarang batas akhir untuk DAAD kayaknya sudah lewat (sesuai info di websitenya)

      2. Soal beasiswa dari kedutaan perancis dan italinya, ya saya pikir nggak apa apa, intinya ada yang menanggung nanti. Bisa disiasati dengan surat penerimaan dari universitas negara pemberi beasiswa. Misalnya, Angie dapet beasiswa dari kedubes Italia, ya Angie minta surat penerimaan dari konsorsium mamaself yang di Italia, alias Univ Torino. demikian pula yang lainnya.

      selama ini memang Mamaself hanya mengeluarkan surat penerimaan dari perancis, univ rennes. Koordinator mamaself itu baik kok dan nggak berbelit belit.

      3. saya pikir nggak bulan mei saja ya. kalau memang sudah ada main list yang berhalangan, mamaself pasti langsung nyari calon penggantinya

      4. saya juga dulunya cadangan di mamaself, yang berhasil masuk daftar utama

      5. tetap berdoa dan berusaha…

      Salam
      PeMuLUNg
      (Awardee MaMaSELF 2007)

      • Hi,

        Ya, mungkin saya harus coba lg ke DAAD meskipun deadline nya sudah lewat. Ya, koordinatornya sangat baik, padahal sudah 2 kali saya salah kirim email ke beliau, tp masih bersikap baik juga. ini pertama kalinya saya apply EM, dan agak nekad juga krn infonya kurang. kl misalkan minta beasiswa lain, apakah biasanya harus 1 instansi yg membiayai seluruh kebutuhan? atau mereka hanya memberi beasiswa dengan batas tertentu sehingga kita harus cari dari instansi lain?krn saya liat d formnya, ditanya apakah mengajukan beasiswa di tempat lain. aga ragu juga…
        amien, makasi…

        salam,
        angie

  10. Salam Emundus,

    Saya punya sedikit cerita tentang si Fulan dan statusnya.
    Fulan baru saja diterima sebagai reserve list untuk suatu EMMC tertentu dimana Fulan mendapatkan opsi untuk studi di negara A pada tahun pertama dan negara B untuk tahun kedua. Akan tetapi, Fulan sedang kebingungan dikarenakan tidak ada biaya yang mensupport kuliahnya (dikarenakan Fulan hanya mendapatkan status reserve list yang kemungkinan menjadi main list sangatlah kecil).

    Fulan ingat, dinegara A ada “funding institution” lain yang biasa memberikan scholarship untuk belajar di negaranya, dapat dicoba untuk ditembusi. Akan tetapi, Fulan sedikit ragu apakah funding institution ini akan mau mengcover biaya kuliah dan hidup Fulan dikarenakan si Fulan hanya akan tinggal dinegaranya dalam waktu yang sempit dan bakalan meninggalkan negara ini setelah tahun pertamanya atau bahkan semester pertama.

    Berdasarkan statistik atau pengalaman , apakah sudah ditemui kasus seperti Fulan yang mana “Funding Institution” bersedia untuk mengcover segala biaya kuliah Fulan walaupun Fulan hanya akan tinggal dinegaranya dalam waktu yang sempit. Jika ada ditemukan kasus seperti ini, lembaga funding mana saja yang bersedia?

    Salam

    Fulan yang sedang bingung karena semua aplikasinya di reserve list😀

      • @Rotten;

        Sepengatahuan saya, sampai saat ini belum ada dari Indonesia yang mengikuti EMMC dengan biaya sendiri atau biaya dari pihak lain(sponsor, beasiswa pemerintah and etc). Tetapi saya pernah menemui dari India, ada seseorang yang tidak mendapat beasiswa EM tetapi ikut program nya dengan bantuan sponsor dari negaranya.

        Kalo menanyakan jalur beasiswa lain, yups.. milis beasiswa lah tempatnya. Salam !

        -afandi-

  11. teman2 yang terhormat, saya agak sedikit bingung dan ada beberapa pertanyaan:
    1. apakah saya masuk reserve list? kalau iya, kok tidak seperti sodara “Angie” yang dengan jelas disebutkan masuk reserve list urutan ke-3 dengan nilai 9,5/10?
    2. apa email di bawah ini bisa dikirimkan mamaself sebagai pertimbangan bila saya mencobanya lagi tahun depan?
    3. Kapan waktu yang pasti (deadline) kita bisa mendapatkan kejelasan kita dapat award EM atau tidak?

    berikut email dari Mamaself:
    Dear student,

    We are pleased to tell you have been selected for the Erasmus Mundus Master Mamaself course. Due to a huge number of excellent applications we are at present not able to propose you on the main list to obtain the Erasmus-Mundus fellowship. This is not a definite situation as several students can withdraw for different reasons and your application can then be considered.

    To be very clear: in any case you can participate to our Master Course but without the Erasmus-Mundus grant, at least at present. Please inform us if you are also interested to participate, even if you will not obtain the Erasmus-Mundus grant.

    We will inform you on all changes concerning the main list proposed to obtain the Erasmus-Mundus grant. We will also guide you through all the administrative procedures (visa etc ) until you arrive in Europe.

    Do not hesitate to contact us for any other question about your admission.

    sebelumnya, terima kasih banyak….

    salam,

    Emmanuel

    • Hi,

      Dari email tersebut, kamu berada di reserve list. Mengenai posisi berapa dan point nya gimana, kamu tanyain aja langsung ke koordinator konsorsium. Mereka jg sudah ngomong; do not hesitate to contact.. for any other question.

      -afandi-

    • Hi,

      Mungkin saya udah bilang di atas saya bukan orang yang sabaran. waktu itu saya aktif sendiri dengan bertanya. prof Werner itu baik bgt..

      Good luck

      Angie

    • Saya perna coba tanya, dan dapat balasan pada 18 feb yang isinya :

      The MEEES consortium has already submitted the outcome, of Category A Scholarships, to the EACEA which is the agency that deals with the Erasmus Mundus Program. We expect that the results will be given by this agency in March.
      Best Regards,

      Tapi pas ditanya, siapa aja si ‘outcome’ itu, mreka jawab :

      Thanks for your interest in our program. Regrettably we can not provide any outcome until the EACEA allow us to do so.
      Regards,

      Nah, apa ini artinya saya gak masuk ya??

      • pada intinya, MEEES tidak mau release nama2 di main list sebelum ada final approval dari EACEA. mereka yang ada di main list pun BELUM tahu kalau mereka masuk main list.

  12. Dear kk emundus.

    Saya berhasil masuk reserve list pada program CIMET, dan ada beberapa yang ingin sya pertanyakan.

    Pertama, seperti yang disebut diatas (https://emundus.wordpress.com/tag/reserve-list/), bahwa untuk program CIMET ada 1 yang diterima. Namun saat saya mendown load “Selected students with scholarship Category A and B.pdf” di (http://www.master-erasmusmundus-color.eu/content/download/30989/368664/file/Selected%20students%20with%20scholarship%20Category%20A%20and%20%20B.pdf) tidak ada 1 pun kandidat dari Indonesia. Kok bisa demikian?

    Kedua, pada tahun2 sebelumnya, seberapa banyak candidat main list dari indonesia?

    Ketiga, pada tahun2 sebelumnya, berapa banyak candidat dari reserve list yang masuk ke main list?

    Keempat, seandainya bisa, mungkinkah saya melakukan seperti yang disarankan kk Dina pada komen ke 3? dan seandainya bisa, kemana saya melakukannya?

    Maaf jika pertanyaan sya banyak, karena saya sungguh binggun.

    Best Regards,

    Septiadi

  13. 1. iya dong, yang anda lihat di website CIMET adalah main list 2011..
    link emundus yang anda berikan adalah untuk pengumuman tahun 2010, dimana ada 1 orang yang masuk main list CIMET..
    untuk pengumuman tahun ini, lihat di:
    https://emundus.wordpress.com/2011/04/20/em-2011-announcement-and-schedule/

    2. tahun 2010 ada 1, sesuai link sebelumnya.. tahun2 sebelumnya, saya sedang tidak pegang datanya..

    3. saya tidak ada datanya, mungkin bisa ditanyakan ke konsorsium CIMET

    4. bisa karena pada dasarnya anda sudah diterima di CIMET, hanya saja untuk pembiayaannya (melalui beasiswa EM), anda belum diterima. untuk pembiayaan lainnya, silahkan browsing di website universitas2 yang berpartisipasi untuk CIMET. biasanya mereka punya alternatif funding lainnya.

Leave a Reply

