Masuk main list, apakah pasti diterima?

Pertanyaan ini adalah pertanyaan besar bagi sebagian besar calon EM awardees yang sudah mendapatkan konfirmasi dari EMMCnya bahwa mereka dinyatakan masuk ke main list, tetapi masih harus menunggu konfirmasi akhir dari Brussels.

Berikut adalah jawaban dari Ibu Destriani Nugroho, Project Officer dari Delegasi Komisi Eropa untuk Indonesia, yang dari tahun ke tahun telah membantu EM awardees dari Indonesia pada khususnya mulai dari persiapan keberangkatan, pertanyaan-pertanyaan umum, sampai urusan visa.

Bagi yang sudah masuk main list, kemungkinan besar akan diterima.  EC di Brussels hanya memastikan bahwa:

  • Tidak lebih dari 20% penerima beasiswa dalam satu EMMC berasal dari negara yang sama.
  • Diantara 20% tersebut, tidak lebih dari 2 orang berasal dari universitas yang sama.

Ada beberapa kasus sebelumnya kalau penyelenggara EMMC tidak memahami aturan tersebut di atas.  Sehingga walaupun sudah diterima oleh EMMC akhirnya salah satu terpaksa di drop.

Keputusan akhir EC di Brussels sekitar bulan April/May, applicant diharapkan mengecek emailnya setiap hari untuk jaga-jaga kalau ada persyaratan tambahan / perbaikan dokumen yang diperlukan.

Pada saat konfirmasi diterima, pastikan tidak ada “conditional acceptance”  misalnya diterima tetapi harus menyerahkan hasil TOEFL international misalnya.  Kalau ada segera balas email tersebut dan penuhi persyaratannya secepat mungkin.

Destriani Nugroho (Mrs.)
Project Officer
Development Section
Delegation of the European Commission
to Indonesia, Brunei Darussalam and East Timor
Wisma Dharmala Sakti – 16th Floor
Jl. Sudirman 32 – JAKARTA 10220
Tel: (+62 21) 2554 6200 (central) ext. 245
Tel.: (+62 21) 2554 6245 (direct)

22 thoughts on “Masuk main list, apakah pasti diterima?

  1. Saya telah masuk main list pada program Mathmods dan diharap mengirimkan berkas dokumen secepatnya. Mereka pun telah menyediakan bagi kami yang msk main list account email.
    Apakah masih ada kemungkinan ditolak? Soalnya mereka bilang persyaratan lain hanya sekedar formalitas.


    selamat untuk anda.

    namanya kemungkinan, ya tentunya ada, walaupun bisa dibilang sangat kecil.
    anda harus perhatikan benar2 mengenai berkas dokumen dan persyaratan yang masih harus dikirimkan, termasuk deadlinenya.
    jangan sampai kecewa hanya karena kurang teliti.
    selamat berjuang dan (semoga) sampai ketemu di pre-departure 2009 nanti.

  2. Dear Emundus,

    Saya baru saja dapat e-mail dari CL (Computational Logic) secretary kalau saya masuk main list mereka (sebelumnya saya masuk reserve list) (syukur2…)
    Mereka mengatakan bahwa saat ini mereka sedang menunggu konfirmasi dari European Comission dan setelah itu baru saya akan dikontak lagi. Parahnya lagi, di paragraf terakhir email mereka, mereka mengatakan bahwa tidak akan menjawab e-mail apapun tentang scholarship ini

    Pertanyaan saya:
    1. Saat ini apakah saya sudah harus mengurus Visa (negara tujuan saya adalah Jerman)?
    2. Adakah yang saya harus lakukan dalam masa penungguan ini (yang katanya ‘beberapa hari ke depan’ –> kata CL secretary) selain mencari info tentang Jerman?

    Best regards,
    Tri K.

    1. Tidak (dan memang belum bisa selama belum ada keputusan final dari EC dan kiriman offering letter dari mereka)
    2. Kalau cuma beberapa hari, simpan napas aja dulu. Cari info tentang Jerman boleh saja (kalau memang tujuan pertamanya ke Jerman. Apakah sudah pasti? Karena kan ada 5 negara)

    Mengenai “tidak akan menjawab e-mail apapun tentang scholarship ini” saya rasa ini hal yang wajar sampai kepastian beasiswa kamu keluar dari EC. Toh cuma beberapa hari, sabar saja. Orang EMCL biasanya tepat janji kok.

    • Salam.

      Halo mbak Tri , SELAMAT!! untuk diterimanya mbak Tri sebagai indoEM 2009. Perkenalkan, saya eva, saya mengalami hal serupa dengan mbak Tri, saya baru dapat surat konfirmasi sebagai cadangan, saya di urutan 8 dari 65 cadangan (kok banyak sekali ya?) padahal kata mereka yang akan diterima 18 orang saja di program saya EMSRHS).
      Kalau dulu mbak Tri ada diurutan berapa dalam daftar cadangan? kira2 kans saya untuk masuk main list besar tidak ya mbak?
      terima kasih dan selama sekali lagi!!!: )

      Eva

      • hmm… setelah saya dapat official admission letter-nya saya baru tahu kalau ternyata saya ada urutan 4 di reserve list.hehehe…
        Kans untuk masuk main list tetap tergantung dengan orang2 yang terdaftar di main list itu sendiri. Bila yang di main list ada minimal 8 orang yang cancel beasiswa-nya, ya pasti masuk.. hehehe…

  3. Dear Emundus,

    1. Saya sudah menerima confirm dari EC, syukur2x mereka menerima.

    2. Paspor saya berlaku sampai 28 July 2010, lebih baikkah bila saya perbarui paspor saya sekarang? Krn bingung juga ya kalau ditengah-tengah waktu studi lalu paspor kita sudah tidak berlaku lagi.

    3. Di web Computational Logic tidak disebutkan kita harus bisa bhs Jerman. Tapi sebenarnya sepenting apa sih bhs Jerman bagi mahasiswa international di Jerman?

    Trims.

    Best regards,
    Tri K.

    1. selamat, sampai ketemu di pre-departure juli nanti
    2. kalau memang bisa diperbaharui, silahkan saja. coba tanyakan ke imigrasi setempat.
    seandainya tidak bisa, maka nanti bisa diperpanjang di KBRI setempat
    3. seluruh perkuliahan dilakukan dalam bahasa inggris. menguasai bahasa jerman tentunya akan penting untuk aspek2 di luar perkuliahan, misal: kehidupan sehari2 di luar kampus. tapi nantinya setibanya di sana, akan ada kursus bahasa gratis untuk TU Dresden.

    saya akan japri ke anda alamat email bbrp mahasiswa indonesia yang saat ini/pernah belajar di EMCL, di TUD.

  4. Dear Bung Mod

    pagi ini saya sudah mendapat email konfirmasi final dari konsorsium ME3 bahwa EC sudah menyetujui beasiswa saya. Mereka mengingatkan agar saya segera mengurus visa dari sekarang sekaligus memberitahu bahwa tahun ajaran baru di UPM Madrid akan dimulai tanggal 18 Sept 2009 nanti. Untuk itu saya ingin bertanya kepada Moderator, kira-kira kapan ya idealnya kita sudah berada di negara tujuan sebelum tahun ajaran baru dimulai? Apakah seminggu/dua minggu sebelum dimulainya kelas sudah cukup bagi kita untuk beradaptasi lebih dulu? Mohon sharing atas pengalaman Bung Moderator sebelumnya.

    Terima kasih atas perhatiannya,

    Salam,
    Nino

    • well, banyak faktor tentunya untuk menentukan saat keberangkatan yang tepat. misalnya saja:
      – tempat tinggal (apakah disediakan asrama / cari sendiri). bila cari sendiri, tentunya sebaiknya lebih awal datang, atau bila memungkinkan diatur dari indonesia.
      – masa orientasi (bila ada, silahkan tanya ke konsorsium / international relations univ tsb)
      – masa berlaku visa (tergantung negara, tetapi biasanya disesuaikan dengan kapan tahun ajaran dimulai)

      saran saya: hubungi Ibu Destriani Nugroho (email / telp beliau bisa di-google), minta email contact alumni ME3. anda bisa tanya2 alumni tsb, yang tentunya sudah tahu tips dan triknya.

      good luck dan sampai ketemu di pre-departure juli nanti.

    • Fiuh.. akhirnya bisa menemukan alumni ME3.. halo kak Nino..salam kenal.
      Saya saat ini sedang melamar ME3 (baru diterima di program) dan menanti beasiswanya. Boleh diceritakan pengalamannya? dan peluang untuk dapat beasiswanya?

      terima kasih.

  5. Maaf saya ingin bertanya ..
    apakah yang diterima di program erasmusmundus hanya mereka yang IPK nya diatas 3.5 ? (cumlaude?)
    Adakah dalam sejarahnya mahasiswa dengan IPK 3.0> diterima😀 ?

    Best regards,
    Deka

    • ini mungkin jawaban telat (karena baru aktif tahun ini), tapi paling gak buat memotivasi yg lain. teman saya IPK 3.05 diterima di program EM yg spesialisasinya material science (saya lupa nama programnnya). selamat berjuang.

  6. Apakah semua mahasiswa atau orang bisa melamar beasiswa EM atau hanya mereka yang universitasnya masuk dalam konsorsium EM?

  7. dear emundus

    saya mau bertanya: berarti tiap taunnya selalu ada ya dibuka bagi pelajar indonesia? lantas kalau dari sma bisa gak

  8. Dear Emundus,

    Apakah dalam tulisan yang dikirimkan oleh pihak konsorsium juga tercakup mobilitas kampus yang akan dituju?

    Berdasarkan pengalaman, apakah pilihan mengenai mobilitas kampus yang kita tentukan ketika mengisi aplikasi akan selalu sama dengan kenyataan ketika kita diterima?

    Terima kasih.

    • berbeda2 antara tiap program, tidak bisa di-generalisasi..
      beberapa menuruti keinginan studentnya..
      beberapa sudah jelas menggariskan bagaimana konsep mobilitas yang mereka anut..
      dan tentu ada berbagai variasi lainnya.

    • Pengalaman dari program saya, MScEF, menggabungkan keduanya, pada tahun pertama sudah jelas di negara mana saja dengan program apa saja yang harus saya ikuti, meskipun pada periode magang ada kebebasan untuk memilih tempat magang sendiri, sedangkan tahun kedua, meskipun ada quota per universitas /negara yang dituju, tapi student bebas menentukan pilhannya….

    • Saya mengerti, berarti saya harus memperhatikan mobility program yang khusus disediakan oleh masing-masing EMMC.

      Terima kasih emundus dan eep atas penjelasan dan pengalaman yang dibagikan.

Leave a Reply

