Short tips for EM scholarship

QUICK STEPS TO KNOW/APPLY FOR ERASMUS MUNDUS SCHOLARSHIP

Common terms:

  • EM = Erasmus Mundus
  • EMMC = Erasmus Mundus Master Course


What you should know:

  1. EM is given ONLY to pursue Master Degree (S2). No scholarship for S1 or high school.
  2. To apply for EM, you should be a Bachelor (S1) graduate. You may apply before graduate, as long as you graduate before the program starts.
  3. TOEFL/IELTS score, deadlines, work experience, recommendation letter, which university participating in the program are examples of program-specific information.
    Please check the program’s website directly.
  4. Should you have any questions about the website content, please direct your question to the contact person’s email listed in the website.

Quick steps to apply for EM:

  1. Visit http://ec.europa.eu/education/programmes/mundus/projects/index_en.html
  2. Choose the program that you are interested in. To see the description, list of courses, type of study (course-based / research), check the specific website for each program.
  3. Go to the specific website for each program and read all information there, all you need to apply (the requirements, when to apply, where to send, what documents are needed) is in the website. Read it carefully.

    Most people do not want to spend time for reading so that they asked questions for which the answer is written in the program’s website. Don’t be such a person!!

Tips on how to get scholarships:

  1. Pay attention of all the details and be sure that you ask “smart question” (don’t ask for something that has been listed in the website)
  2. Don’t bargain with the requirements.
    If it says International TOEFL, don’t change it with Institutional TOEFL / ITP / Prediction TOEFL / TOEIC / EPT.
    But it’s expensive? Yes you are exactly right.
    But it’s you who need the scholarship, right?

    The consortium reserves the right to give the scholarship to anyone – who satisfies and obeys the requirements. Bear it in your mind.

  3. Don’t say you can’t read so much information in the website.
    If so, then how can you deal with the quality of education in Europe?
  4. Don’t say you don’t understand the information in English.
    Then, how can you pass the English test?
  5. (For warnet users) Don’t say you don’t have time to read so much information.
    Well, if you open Facebook/Friendster oftenly, then you should re-think about this point.
  6. Try to be independent, find as much as information that you need before asking someone else (Google is a great place).
  7. Don’t be a plagiator: asking for someone’s motivation letter/SOP/essay; then simply change the name and some details; and voilaaa, you have the document under your name.
    If so, then how you can write your thesis? Just imagine that motivation letter is your first exam.  If you can’t create your writing, then sorry, EM’s education level needs someone who can create something and also write about it, not just a copy-cat.
  8. Don’t say “please send me updated information about this scholarship”.
    Some on, who are you and who am I?
    If you need something to eat, strive for it..
    If you need scholarship information, search for it..

47 thoughts on “Short tips for EM scholarship

  1. well,thx for d info.
    apa yg diutarakan memang harus begitu.
    saya mau tanya nih, kalo jurusan yg diambil harus related ke jurusan yg sebelumnya? soalnya saya dari engineering dan saya malah cinta dengan pendidikan. Jadi saya mau ambil master pendidikan.
    Ditunggu jawabannya.
    gracias..

    intinya mereka butuh alasan untuk menerima anda..
    apakah itu background yang mendukung, pengalaman kerja/riset, ataupun hal lainnya.
    jadi salah satu tugas anda adalah membantu mereka menemukan alasan itu.

  2. Wah, sama kayak saya,
    trims buat sarannya…
    Untuk pengalaman kerja, kalau website programnya gak ada nyebut2 syarat work experience,
    berarti meskipun gak punya work experience tetep qualified kan?
    Soalnya saya pernah nanya sama org Nesso ttg EM, dia bilang “mesti” ada working experience min. 2 thn..
    Mohon pencerahannya.. Trims…

    patokannya memang website itu saja.
    kalo memang tidak disebut, berarti tidak diharuskan.
    kalo masih ragu, bisa email ke konsorsium/koordinator programnya.

    EM itu persyaratannya beda2 tiap program. ga bisa dipukul rata. banyak orang yang salah ngerti disini. termasuk yang nerangin.

  3. Makasih buat reply seblmnya..
    Saya mau nanya lagi nih,
    program yg saya minati persyaratannya score GMAT diatas 570,
    nah pak moderator bisa kasih saran nggak, kursus preparation yg bagus tapi tdk terlalu mahal di Jakarta? Saya tahu sih 2 tempat kursus yg bagus, tapi mahal2 sekali (dlm rangka menghemat pengeluaran krn saya juga mau ambil ielts preparation)
    Terus kira2 lebih efektif ambil mana dulu ya, gmat/ielts?
    trims lagi..

    saya ga ada pengalaman ama gmat. bisa tanya ke milis beasiswa.

  4. nanya lagi ya pak…
    di admission requirements-nya program saya, ada tertulis:
    “Those applying for an Erasmus Mundus scholarship must mark the corresponding box in the application form. Therefore no separate application for the Erasmus Mundus scholarships is needed.”
    nah yg saya ga ngerti maksudnya mark the corresponding box tuh apa ya?
    saya dah pelototin app. form-nya ga ada ttg corresponding2 itu,
    apa saya yang gak nyambung ya, bisa tolong dijelaskan?
    thanks again..

    program2 EM itu disebut Erasmus Mundus Masters Course (EMMC).
    setiap EMMC itu boleh di-apply oleh mereka yang berbiaya sendiri, maupun mereka yang dengan beasiswa. nah formulir pendaftaran untuk EMMC biasanya satu jenis saja, baik untuk yang biaya sendiri, maupun beasiswa. hanya saja, kalau kamu mau dipertimbangkan sebagai applicant beasiswa, maka ada kotak yang harus diberi tanda di form aplikasinya. entah tulisan disana apa, mungkin: “apply also for EM scholarship”, “please consider me as applicant for EM”, dsb.

  5. Oh iya, memang ada statement yg menanyakan:
    Are you applying to an Erasmus Mundus Scholarship (Applicable only for Non-EEA candidates)?
    Itu tho maksudnya, ngerti deh sekarang.
    Terima kasih pak!🙂
    Btw, kl boleh tau, dulu bapak waktu nyiapin surat rekomendasi mintanya ke siapa aja?
    Kl minta sama dekan yg otomatis ga kenal scr pribadi sama saya dan isi tulisannya jd general info bgt, masalah nggak ya? Terus 1 lagi masih bingung nih minta sama siapa (harus 2)..

    pembimbing skripsi dan dekan. mungkin saat minta ke dekan, bisa sertakan profil singkat kamu dan cv sehingga sedikit banyak dia ada ide tentang apa yang harus ditulis.

    bisa juga minta ke pembimbing akademik, ketua jurusan, atasan di kantor (bila sudah bekerja), dll

  6. thanks pak bwt saran2nya!
    semuanya mbantu bgt..
    btw gara2 harus persiapan ini-itu (toefl dan gmat),
    saya gak sempet deh apply EM yg 2009 punya😥
    semoga thn 2010 immit masih ada..

  7. Terima kasih atas sarannya. Saya ingin bertanya: program yang saya apply (Geospatial at Munster) tidak menuliskan apakah harus mengirim original score result (IELTS). adanya di form yang harus di upload: copy of English Proficiency Certificate. Apakah itu berarti saya boleh mengirim certified copy? Kalopun saya kirim sertifikat asli, berarti sampenya di sana boleh tidak bersamaan? Soalnya berkas aplikasi saya yang mengirim sedangkan sertifikat asli dikirim oleh IDP? Terima kasih atas jawabannya

    well, sayangnya saya ga bisa lihat detailnya karena harus masuk ke online form..
    The application requires personal information as well as supporting documents. For a complete list, see the online application form.

    anyway, certified copy seharusnya diterima. apalagi kalau dikirim langsung dari IDP.

    yang perlu kamu lakukan adalah informasikan ke konsorsium kalau kamu baru akan ambil tes IELTS (this is the case, right? correct me if i am wrong), sehingga yang akan mengirimkan hasil tes kamu adalah IDP. kalau untuk TOEFL sih, setiap univ/jurusan punya kode unik sehingga pengirimannya bisa tepat sasaran (ga salah alamat). bila mungkin, kasih tahu juga tanggal tes kamu, dan tanggal berapa kira2 hasil IELTS itu akan diterima oleh konsorsium.

  8. Ohh, bukan begitu,sih. Saya sudah mengikuti tes IELTS, and sudah ada hasilnya pula. Cuma, apakah saya harus mengirimkan sertifikat asli (yang hanya boleh dikirimkan oleh IDP), sementara saya hanya pegang yang certified copy. So saya hanya akan mengirimkan kopi aja,ya? Anyway, terimakasih atas jawabannya.
    Sekalian, saya tanya lagi,ya? Tentang certified copy-nya paspor….saya sudah ke kantor imigrasi, diberi tanda tangan kepala seksi pelayanan trus dicap asli? Kok bukan kepala kantornya,ya? Apakah boleh begitu saja? Terima kasih

    untuk IELTS, coba dikonfirmasikan langsung dengan konsorsiumnya saja. apakah mereka bisa terima copy-nya saja. untuk paspor, kalau memang prosedur di imigrasi begitu, ya ikuti saja. untuk orang luar, biasanya mereka mengikuti prosedur yang disini. coba saja jelaskan ke konsorsium disertai scan copy paspor yang sudah dicap.

  9. mengenai tips on how to get scholarships yang nomer 2. saya sudah melakukan kontak dengan koordinator program Mathmod/mathematical modelling in engineering. Dan beliau mengatakan ITP TOEFL acceptable, saya juga mengatakan bahwa international TOEFL expensive. Kira2 Gimana ya? apakah koordinatornya basa-basi sehingga useless, dan akan langsung tersingkir pada proses seleksi? saya berniat hanya melamar ke satu program erasmus saja mohon pencerahannya Trims.

    well, kemungkinannya:
    1. apakah kamu menjelaskan arti ITP ke koordinator? bisa aja dia salah sangka, atau dia tidak tahu singkatan ITP.
    2. saya lihat requirement progam ini di sini. mereka sepertinya memang agak lunak dalam syarat bahasa inggris, jadi ada kemungkinan bahwa mereka memang terima ITP.

    setahu saya:
    saya juga pernah ambil ITP, dan di sertifikat ITP itu ada tulisan yang kurang lebih bunyinya bahwa ITP itu tidak valid bila digunakan untuk application/admission, …

    jadi harus gimana:
    ya paling aman memang pakai international TOEFL – walaupun ini juga tidak ada jaminan untuk diterima.
    kalau kamu ada kendala untuk ambil international TOEFL, ya the best you can do adalah percaya sama janji si koordinator, dan tetap kirim aplikasi kamu. at least kalo emang janjinya benar, maka ada peluang keterima dong.

  10. saya ada pertanyaan lagi, saya sudah melengkapi dokumen lamaran 100% sesuai dengan persyaratan di web berdasar requirement 2008, tp ternyata untuk requirement yang sekarang ada penambahan poin requirement yg bunyinya:

    scanned pdf file of a letter of intent (no more than 1000 characters, spaces included) describing particular interests in the subjects related to the proposed fields of study.

    sedangkan requirement motivation letter tidak muncul lagi. apakah letter of intent tersebut bisa disamakan dengan motivation letter atw cukup dilakukan modifikasi. karena saya sudah menyusun motivation letter 2 halaman dengan melakukan riset google dan cukup optimis dengan motv letter tsb. Mohon bantuan dan pencerahannya. trims

    jelas beda dong. kan dikatakan letter of intent itu “describing particular interests in the subjects related to the proposed fields of study”. jadi dia pengen tahu apakah kamu tahu atau sudah research mengenai bidang yang akan kamu pelajari.

    kalo motiv letter kan lebih ke alasan kenapa kamu termotivasi untuk mengambil program ini. walaupun bagian2 tertentu dari motiv letter mungkin bisa diikutsertakan ke letter of intent, dan vice versa.

    coba aja tanya juga ke koordinator, boleh ga kirim “tambahan” motiv letter – biasanya sih pada ga keberatan. mereka malah senang kalo applicant-nya memberikan “lebih” dari yang diharuskan.

  11. mengenai hal tersebut memang sudah saya kirim pertanyaan ke koordinatornya. memang terjadi perubahan requirement yg cukup mendasar, salah satunya harus mencantumkan courses S-1 yang berhubungan dengan subject yang mau diambil. kayaknya harus riset google lagi nih buat bikin letter of intent. trima kasih atas pencerahannya.

  12. saya cukup mengalami keraguan2 mengenai Toefl Score yang saya miliki akan menjadi weakness dalam proses seleksi nantinya, nilainya memang 577 (first atempt), saya memiliki cukup banyak english course certificates. karena sedari tingkat SLTP sampe SMU ikut terus. kira2 bagaimana kalau saya memasukkanya kedalam dokumen tambahan pendukung?
    saya sangat optimis untuk ikut international toefl..kalau emundus ini ndak lolos, Saya berniat untuk masukkin lamaran ke fulbright (deadline may), kayaknya saya harus ikut tes iBT juga nih, kalau emundus ini gagal. ada dikit pengalaman ndak ya mengenai prosedur,tahapan ikut tes international TOEFL especially iBT yang diadain oleh ETS. soalnya skrg saya berdomisili di kota kecil di sumatera. terima kasih untuk bang moderator dan para forum-ers.

    untuk international toefl, langkahnya:
    1. cari tempat tes, kota, jadwal dan register di webnya http://www.ets.org.
    2. bayar dengan menggunakan kartu kredit (disarankan) atau dengan international bank transfer (butuh waktu)
    3. tinggal datang pada tempat dan waktu yang ditentukan dengan membawa bukti peserta tes dan identitas diri.

  13. mo tanya lagi,ya? saya sudah apply tuk dua program EM. Saya iseng survey adn liat blog2 alumni EM, kesimpulan awal saya, yang banyak ketrima adalah universitas-universitas elit. UI, ITB, UGM…gituuuu. Apakah memang semua alumni Erasmus Mundus dari univ2 terkenal itu? Adakah yang dari univ swasta? Atau dari univ negeri tapi bukan top level? Misalnya UNDIP, UNY, UNS dlsb? Saya jadi kecil hati,nih. terima kasih atas jawabannya

    ga juga ah.. ada juga yang dari univ swasta maupun univ negeri lainnya.
    karena ada aturan di EM, bahwa penerimanya tidak boleh dimonopoli oleh salah satu/beberapa univ tertentu saja.
    pada akhirnya, semua tergantung berapa banyak aplikasi yang masuk, dan bagaimana kualitas satu aplikasi dibandingkan aplikasi lainnya.

  14. hehe…numpang tanya lagi
    saya daftar program EM yang Joint European Master in Comparative Local Development (http://www.unitn.it/mastercode/). Yang ingin saya tanyakan: deadline 20 Januari 2008 itu maksudnya online nya or hardcopy nya juga harus sudah sampai di sana tanggal 20 January…atau hanya cap pos 20 Januari 2009? Saya sudah kirim email ke admin tapi ga ada balasan. Soalnya kalau di program yang lain biasanya ada kata2: “harus sudah diterima minimal 2 minggu setelah deadline online” atau semacam itu.Soalnya saya kesulitan untuk mengirimkan di awal waktu so saya baru bisa mengirimkan di deadline nya. Terima kasih atas jawabannya

    menurut saya clue nya sudah clear sekali disitu.
    online application, deadlinenya 20 des 2008
    hardcopy, 20 jan 2009

    jadi kalau kamu belum apply online, spertinya deadlinenya sudah lewat.
    tapi kalau masih bisa di-apply, coba2 saja, siapa tahu masih dipertimbangkan.

    untuk hardcopy, karena ini application international, maka 20 jan 2009 adalah batas penerimaan dokumen (sudah sampai di mereka), walaupun terkadang, telat2 sedikit masih ditoleransi, asal mereka diinformasikan.

    kalo skrg email ke admin tidak ada balasan, coba cari2 info siapa koordinator program tsb, dan cari emailnya dia. google bisa membantu untuk itu.
    bisa juga coba email ke international relations office dari UNITN.

  15. Halo, Ada erasmus mundus applicant untuk Mathematical modelling program, ada persyaratan unik. Letter of Intent 1000 karakter, bukan 1000 kata (words).

  16. hmm. terima kasih atas jawabannya. Tapi sebenarnya yang deadline 20 dec 2008 hanya expression of interest. Untuk online application tetap tanggal 20 Januari 2009. So..saya tetap apply saja,yah? online nya sudah beres, tinggal kirim hardcopy. Terima kasih.

  17. Salam hormat…
    Nama saya Raemon… ^^
    Ada beberapa pertanyaan (rangkuman) yang masih membingungkan saya , walaupun telah memperoleh berbagai macam informasi.. hehe3x mohon di bantu…
    1. http://ec.europa.eu/education/programmes/mundus/faq/faq1_en.html
    dialamat tersebut saya melihat ada action 1,2,3,4..
    apakah itu menunjukkan langkah2 yang harus kita lakukan? atau pilihan2 penawaran yang disediakan Erasmus Mundus? kalo pilihan2 penawaran, apa perbedaan spesifik masing2 penawaran ?

    2. http://ec.europa.eu/education/programmes/mundus/projects/action1/immit_en.pdf
    disitu ada tulisan
    grant:852 000 € (15 000 € consortium + 837 000 € scholarships), 2008
    apa artinya?
    berarti total yang akan dibagikan 852.000 euro ? tapi untuk mahasiswa tetap memperoleh 42.000 euro (utk 2 tahun) dimanapun kuliahnya? Benar?

    3. Kan ada pilihan project yang banyak. max kita mengajukan ke 3 konsorsium yah? atau berapa maksimalnya? atau ada minimalnya?

    4.adakah Delegasi Indonesia EM di Surabaya?

    5. Kalo kita apply Erasmus Mundus, boleh gak kita apply beasiswa2 yang lain? atau ada syarat tidak bisa?

    Terima kasih banyak atas kesediaannya menjawab

    • 1. action 1-4 adalah penjelasan mengenai skema pembiayaan keseluruhan program EM secara global. untuk beasiswa Master degree, anda tidak usah pusingkan untuk hal ini.

      2. yang perlu diketahui, setiap mahasiswa/i akan mendapatkan 42.000 EUR, bila periode studinya 2 tahun. bila kurang dari 2 tahun, maka akan disesuaikan sewajarnya.

      3. maksimal mengajukan ke 3 program. minimal ya 0 (alias tidak apply).

      4. tidak ada, tetapi dalam proses aplikasi, sama sekali tidak ada hubungannya dengan delegasi EM. anda langsung berhubungan dengan konsorsium di program yang ingin anda apply.

      5. selama statusnya masih aplikasi, boleh saja. bila nanti diterima, maka tidak boleh double beasiswa.

  18. Wah terima kasih atas tanggapannya..
    Ada lagi yang ingin saya tanyakan:
    1. APakah di negara Eropa (erasmus mundus), memungkinkan jika:
    misalkan ngambil Master Law and Economics., tapi S1 nya EKONOMI, tidak apa-apa yah? bisa?

    2. Ada juga yang mensyaratkan:
    Students must have obtained a BSc degree (or equivalent)..
    maksudnya, kita harus dari jurusan Sains (teknik) , tidak boleh dari Ekonomi?

    3. Bisa kah kalo misalkan kita ngirim lewat ONLINE semuanya?
    jadi di scan, kemudian format PDF, lalu kirim semua bisa? atau ?

    thx

    • 1. Selama kamu bisa menunjukkan korelasinya sehingga mereka memilih kamu dibandingkan kandidat lainnya.

      2. Ya, kalau dibilang BSc, itu kan syarat mutlak. Walaupun terkadang mungkin bisa saja di-nego karena gelar sistem pendidikan di Indonesia kan berebda.

      3. Ya tergantung programnya, apakah semua pendaftaran bisa melalui online atau tidak. Cek website programnya. Tiap program beda2 syaratnya.

  19. oh yah saya juga udah meList, semua prgram setiap Year of selection.
    Pertanyaan ku:
    1. Apakah program yang Year Of Selection seperti tahun 2004, masih berlaku? atau maksudnya untuk tahun 2010 (saya mau mendaftar utk seleksi 2010), apakah yang YEar of Selection 2004, tetap diadakan?
    thx

    • 2004 adalah awal program tsb dibuka.

      Di kolom paling kanan, ada alamat website programnya kan?
      Lihat langsung di situ, apakah program tsb masih buka pendaftaran untuk 2010.

  20. TANYA: Saya kurang setuju dengan point #7 tentang don’t be plagiator.

    REASON: asking for someone CV’s, essay, motivation letter is normal. let’s put it in positive way, it might be used as guidance, benchmark, starting point. Not always copy-cat, right?

    Therefore, I would encourage all of us here to share documents, essay or whatever it is.

    • Yap, saya setuju dengan anda. Tergantung dari sisi mana penggunaan “panduan” tsb, karena tidak jarang cuma namanya saja yang diubah.

  21. Saya mau tanya, utk program saya syarat TOEFL nya disebutkan sbg brikut

    An original report providing the official TOEFL or IELTS score (academic version.

    A TOEFL** (Test of English as a Foreign Language) score of at least 90 (internet-based test) Please note that we only accept the TOEFL internet based test.

    itu artinya TOEFL yg bgmn?

    trima kasih

  22. Mungkinkah saya yang pernah dapat beasiswa ke LN (di luar Europe) untuk Master bisa mendapatkan beasiswa master dari EM? Terima kasih.

    salam.

    desti

  23. Salam kenal semuanya, sebelumnya terimakasih banyak dengan adanya blog ini.
    Saya seorang guru (bidang biologi), saya mengajar di salah satu sekolah international di jakarta barat. saya sudah mengajar 6 tahun. saya mengajar A-Level.
    pertanyaan saya apakah ada persyaratan umur untuk mendapatkan beasiwa EM mengingat umur saya sudah 32th, apakah boleh jika saya meminta surat rekomendasi dari principal saya.
    terima kasih sebelumnya

    • Umur: sejauh tidak dinyatakan secara eksplisit oleh EMMC, maka tidak ada batasan umur.
      Surat rekomendasi: tanya langsung ke konsorsium

  24. Dear Emundus,

    Saya tertarik sekali untuk melamar CEU, persyaratan academic background S1 dari hukum apakah diterima? Apakah tawaran master hukum hanya 2 (trade law dan law economics)? sedangkan saya mempunyai pengalaman di bidang human rights. Untuk background pekerjaan, apakah yang qualified yang diterima EM ini berasal dari Public atau Private sector? Mohon pencerahannya.
    Terima kasih.

    • CEU? salah ketik ya?

      Untuk Law, ada 2: EMLE dan EMTTLF (kan di bagian atas daftar program sudah ada klasifikasi per bidang).

      Public dan Private Sector sama saja, selama tidak ada persyaratan khusus dari program tsb. Silahkan baca teliti keterangan di website program.

  25. terima kasih atas balasanya. saya mau tanya lagi neh.
    1. apakah penerima beasiswa EMMC dapat membawa salah satu keluarga (mis: ibu)
    2. saya sdh bolak balik mencari application form tp tdk dapat, yg sy dapat specimen nya. tolong bagai mana cara mendapatkannya.

    thx

  26. pertama-tama thanks banget websitenya sangat membantu.

    tetapi ada hal yang ingin saya tanyakan tentang proses aplikasi em. apakah korespondensi dengan professor dengan salah satu program em itu diperlukan atau mempengaruhi kemungkinan penerimaan? bagaimana tips/trik dalam melakukan komunikasi dengan professor2 tersebut? karena saya yakin mereka2 pasti sibuk banget.

    terimakasih atas tanggapan anda.

    • ada baiknya sih karena at least mereka bisa tahu apa yang kamu mau..
      tapi pastikan pertanyaannya itu emang berbobot, jangan tanya2 apa yang jawabannya uda ada di website/di google..

  27. Saya ingin menanyakan ttg EMMC,sYa msh agak bingug. Sy sdh melihat EM list dan saya rencana apply utk Fipdes, Food ID, dan EM Food of life.yg ingin sy tanyakan apakah awalnya sy hrs apply dl ke 3 program tsb dan setelah itu baru sy apply utk application erasmus mundus.saya bingung.mhn informasinya.
    Thanks b4

    • untuk apply 3 program berarti harus buat 3 aplikasi yang berbeda.
      silahkan ikuti “how to apply” di masing2 program.

      untuk EM-nya, coba dulu apply di 1 program untuk dapat feel-nya.
      basically, application untuk beasiswa EM biasanya sudah tercakup ketika mengisi aplikasi program bersangkutan.
      silahkan dicoba dulu.

Leave a Reply

