Avoid Mistakes (1)

Satu hal yang harus diingat, ujian kesiapan mendapatkan beasiswa yang pertama adalah berpikir kritis dan terstruktur, pandai menggali informasi. Makanya sebelum isi formulir, pastikan kamu baca semua informasi yang bisa kamu temukan di websitenya, kalau perlu terjemahin semua. Motivation letter, bikin singkat padat.


By: Anggiet Arifianto (posted in milis beasiswa)

Sejak saya posting email soal Indonesia dan kesempatan beasiswa (di sini – mod), jadi banyak yang kirim email minta wejangan, terutama seputar bikin motivation letter. No problem, saya merasa sangat diberkati sudah dapat banyak beasiswa, dan keterlibatan saya di milis beasiswa memang media saya buat bagi2 berkat. Jadi kalau butuh bantuan dan saran, silahkan. Tapi berhubung saya juga tidak menganggur dan yang minta tolong banyak, saya mau minta tolong kalau mau konsultasi, tolong sudah siap apa yang mau ditanya, lebih baik pakai nomor jadi saya jawabnya bisa cepet. Saya suka pusing kalau harus baca cerita yang panjang lebar. Konsep saya dalam kasih konsultasi gratis seputar beasiswa sama dengan kasih bimbingan skripsi, saya mau yang konsultasi udah jelas mau kuliah apa, daftar beasiswanya apa. Saya tidak punya bank data beasiswa lho, jadi kalau ada yang minta cariin beasiswa, saran saya ya cuma sering2 buka milis beasiswa, lha wong saya dapet infonya juga dari situ.

Biasakan kalau daftar beasiswa, baca baik2 petunjuknya. Kalau itu ada di website, pastikan itu website dibuka semua, dibaca semua. Kenapa saya angkat masalah ini, karena saya baru bimbingan sama satu orang yang mau apply erasmus tapi isi formnya untuk yang scholars karena formnya lebih pendek. Saya sampe bingung chattingnya kog yang diomongin gak nyambung. Intinya adalah, karena dia cuma buka satu link (yg erasmus scholars) padahal info erasmus S2 ada di link sebelumnya. Please deh! Lha kalau buka satu website aja males, apa ceritanya kalau harus bikin penelitian mandiri?

Satu hal yang harus diingat, ujian kesiapan mendapatkan beasiswa yang pertama adalah berpikir kritis dan terstruktur, pandai menggali informasi. Makanya sebelum isi formulir, pastikan kamu baca semua informasi yang bisa kamu temukan di websitenya, kalau perlu terjemahin semua. Motivation letter, bikin singkat padat. Bayangkan si pemeriksa mesti periksa ratusan lamaran, jadi motivation letter mesti eye catching, pendek, terstruktur, jangan muter2 dan muluk2 gak ada isinya kaya pidato presiden.

Anggiet

Leave a Reply

