EM Brief description

Beasiswa Erasmus Mundus diberikan dalam mata uang Uni Eropa yaitu euro yang besarnya dapat mencakup biaya perjalanan, biaya kuliah, tunjangan hidup bulanan serta akomodasi.


By: Mrs. Destriani Nugroho

Beasiswa Erasmus Mundus adalah beasiswa tingkat Pasca Sarjana yang didanai oleh Komisi Eropa, sebagai badan eksekutif Uni Eropa. Beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa/i yang berasal dari negara-negara diluar Anggota Uni Eropa, termasuk Indonesia, untuk mengikuti program Pasca Sarja Erasmus Mundus di Eropa selama 1 sampai 2 tahun.

Saat ini Uni Eropa beranggotakan 27 negara yaitu Belgia, Republik Ceko,
Denmark, Jerman, Estonia, Yunani, Spanyol, Perancis, Irlandia, Italia, Siprus, Latvia, Lithuania, Luksemburg, Hungaria, Malta, Belanda, Austria, Polandia, Portugal, Slovenia, Slovakia, Finlandia, Swedia, Kerajaan Inggris, Rumania dan Bulgaria.

Program Pasca Sarjana Erasmus Mundus diselenggarakan oleh sekurang-kurangnya dua universitas di Negara Anggota Uni Eropa (bisa juga lebih) yang disebut dengan Konsorsium Universitas. Dengan demikian mahasiswa/i mendapat kesempatan untuk dapat belajar di paling sedikit dua universitas di dua negara anggota Uni Eropa yang berbeda. Sebagai contoh seorang mahasiswa/i pada tahun pertama belajar di universitas di Jerman dan pada tahun kedua dilanjutkan di Portugal. Dengan demikian, gelar yang diperoleh dapat berupa joint degree, double degree (dua universitas) ataupun multiple degree (lebih dari dua universitas).

Selain ditujukan bagi mahasiswa Pasca Sarjana, Erasmus Mundus juga menyediakan beasiswa bagi para ilmuwan/peneliti/pengajar (scholar) untuk mengajar, melakukan penelitian ilmiah pada program Pasca Sarjana Erasmus Mundus untuk kurun waktu tiga bulan. Secara umum pesyaratannya adalah mereka yang memiliki pengalaman akademik atau profesional di bidang pengajaran atau penelitian.

Ditinjau dari segi persyaratannya, pada dasarnya mereka yang telah lulus S-1/sederajat dapat mengajukan aplikasi beasiswa ini. Aplikan harus merupakan penduduk di luar Negara Anggota Uni Eropa dan dalam kurun waktu lima tahun terakhir (misalnya dari tahun 2003-2007) belum pernah melakukan kegiatan utama seperti kuliah, bekerja, dll, selama lebih dari 12 bulan di salah satu dari Negara Anggota Uni Eropa. Hal ini dimaksudkan agar beasiswa ini dapat menjangkau mereka yang belum pernah mendapatkan manfaat tinggal di negara anggota Uni Eropa.

Proses aplikasinya dilakukan dengan memilih salah satu dari 80 Program Pasca Sarjana Erasmus Mundus yang tersedia melalui situs :
http://ec.europa.eu/education/programmes/mundus/projects/index_en.html .

Selanjutnya klik alamat situs program pasca sarjana yang dipilih dan dapatkan penjelasan tentang kurikulum pendidikan, formulir aplikasi, persyaratan beasiswanya (mis. persyaratan bahasa), serta tenggat waktu pengajuan aplikasi.

Dokumen-dokumen yang diperlukan berupa formulir aplikasi beasiswa yang formatnya tersedia di situs Erasmus Mundus, riwayat hidup, surat motivasi yang menerangkan alasan keinginan melanjutkan ke jenjang pasca sarjana, nilai kemampuan bahasa, photo copy ijazah yang semuanya dalam bahasa Inggris serta persyaratan lainnya yang diminta dan selanjutnya dikirimkan langsung ke Konsorsium Magister Erasmus Mundus yang yang tertera pada situs tersebut.

Beasiswa Erasmus Mundus diberikan dalam mata uang Uni Eropa yaitu euro yang besarnya dapat mencakup biaya perjalanan, biaya kuliah, tunjangan hidup bulanan serta akomodasi.

Untuk tahun ajaran 2008 yang akan dimulai sekitar bulan September 2008, pendaftaran beasiswa mulai dibuka bulan Oktober 2007 sampai dengan akhir tahun 2007 atau awal 2008.

Sejak tahun 2004, sudah 86 mahasiswa/i dan 5 akademisi Indonesia berhasil memperoleh beasiswa Erasmus Mundus. Tahun 2007, 40 mahasiswa/i dan 1 akademisi Indonesia akan segera berangkat ke Eropa melalui beasiswa Erasmus Mundus.

Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa ini dapat diperoleh melalui situs Komisi Eropa di http://www.delidn.ec.europa.eu atau hubungi:
Destriani NUGROHO
Project Officer
Development Section
Delegation of the European Commission
to Indonesia, Brunei Darussalam and East Timor
Wisma Dharmala Sakti – 16th Floor
Jl. Sudirman 32 – JAKARTA 10220
Tel: (+62 21) 2554 6200 (central) ext. 245
Tel.: (+62 21) 2554 6245 (direct)
Fax: (+62 21) 2554 6201
Web: http://www.delidn.ec.europa.eu

One thought on “EM Brief description

  1. I wish i can get this scholarships, to improve my educational skills in mathematics.
    I want to study in Sorbonne University Paris, It’s my dream

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s