Erasmus Mundus scholarship

Quality and Excellence in European Higher Education

Korespondensi

Silahkan mengajukan pertanyaan Anda di bawah ini.

504 Responses to “Korespondensi”

  1. Leni said

    saya baru membaca website tentang beasiswa erasmus mundus. dan saya sangat tertari. background pendidikan saya adalah sarjana hukum dan ingin sekali mencoba melanjutkan master di EM. awalnya setelah saya liat program diwebsite, saya ingin mengambil di DUESTO of University di Jerman, program yang ditawarkan adalah Transnational Law and Finance. saya ingin bertanya, bagaimana spesifik persiapan untuk mengambil program ini. tolong dibantu. bagi teman2 yang telah mengambil atw diterima diprogram ini saya minta bantuan tentang info cara persiapannya?
    trus yang ingin saya tanyakan lagi apakah REFERRENCE OF LETTER merupakan rekomendasi dari DOSEN ataw dari universitas/fakultas bersangkutan. terakhir, bbrp syarat : tentang copy academic CV, ijazah, apakah harus berbahasa inggris, sementara ijazah kita kan berbahasa indonesia dan bagamna cara mengubahnya sementara dikeluarkan oleh lembaga depdiknas.
    makasih atas jawaban.

    Untuk program ini deadlinenya uda mepet tuh, 31 Jan. Jd kl emang mo daftar, harus gerak cepat. Persiapannya bisa dibaca di website program bersangkutan dong, mereka pasti sediakan informasi tentang cara dan prosedurnya.

    Untuk EM, program ini baru dibuka untuk tahun akademik 2008, jadi tidak ada senior yang sudah diterima sebelumnya. Untuk reference letter, kalau baru lulus kuliah ya tentunya dari dosen. Kalau sudah ada oengalaman kerja mungkin bisa dari Manager dan juga dari dosen.

    Untuk dokumen, ya iyalah harus Bahasa Inggris. Kalo dari institusi kamu tidak mengeluarkan versi Inggrisnya, mungkin bisa pakai jasa penerjemah tersumpah.

  2. Ran said

    Salam, sebelumnya saya ingin berterimakasih atas adanya website ini…sangat membantu :)
    Saya ingin tanya…di pengumuman EMCL disebutkan “If the bachelor degree will only be available after the deadline, students are required to send us a PRELIMINARY certificate.”

    Preliminary certificate itu maksudnya apa ya? Ada yang bilang expected grades…apa maksudnya minta dosen kita buat prediksi ttg nilai kita?

    Terimakasih sebelumnya… terimakasih banyak :)

    Hmm, kalo di UI sih ini berarti transkrip akademik yg diperoleh sampai semester terakhir.

  3. Septy said

    Dear emundus,

    Saya sudah kirim formulaire complete ke coordinator master program yg saya apply yaitu EM CLE. Kemarin coordinatornya e-mail saya dan minta saya kirim page terakhir dr formulir krn saya ada salah tulis. pada page terakhir tsb terdapat candidate declaration yg bunyinya “Je declare que j’ai presente les candidature suivantes: (il n’est pas permis de poser plus de 3 candidature Erasmus Mundus)” artinya kurang lebih “saya mengajukan calon sbg berikut (tidak lebih dr 3 calon). Saya agak confuse apa yg harus saya tulis. apakah yg dimaksud adalah saya harus menulis program2 EM yg saya apply?
    Mohon bantuannya bagi anda yang pernah apply program ini. Terima kasih.

    Hmm, ga ngerti deh bahasa Prancisnya. Tapi mulai tahun ini memang ada peraturan bahwa setiap orang hanya boleh apply max 3 progam EM.
    Nah tergantung terjemahannya, apakah kamu perlu sebutkan program2 mana saja yang kamu apply, atau cukup tanda tangan saja menyatakan bahwa kamu tidak apply lebih dari 3 program.

  4. Septy said

    Dear emundus,

    Ok, I got your point. Aku wis ngudeng :)
    Lagian udah aku kirim kok hal yg sdh aku koreksi tsb.
    Emang bener yaa..klo apply scholarship hrs berani investasi terutama buat biaya kirim document, tp buat aku ini hal yg menyenangkan sekaligus menantang. Tidak hanya itu, persiapannya juga lumayan berat, biar kata hujan angin di Bali pencarian surat rekomendasi, verifikasi, dll..tetap lanjut.
    Those efforts make me feel useful in my own life.
    Wish me luck!

    Regards

  5. agus salim said

    Dear All

    Perkenalkan saya Agus Salim sedang dalam proses pengajuan Erasmus Mundus untuk mendukung studi saya di Master in Geospatial Spanyol, Portugis, Jerman. Sampai hari ini saya belum dikabari mengenai status kelulusan saya. Apakah ada di antara rekan2 yang sudah diinfokan mengenai kelulusannya baik sebagai main list ataupun reserved list. Terima kasih atas perhatiannya.

    Per saat ini, sudah 2 orang yang mendapat pengumuman diterima. Tidak usah kecil hati dulu karena tiap program memang beda-beda. Ada yang pengumumannya baru di April / Mei.

  6. agus salim said

    Terima kasih atas responsnya. Khususnya pada minggu yang lalu sudah ada beberapa orang yang dikabari mengenai ketidaklulusannya dalam program Master In Geospatial tersebut. Apakah bisa diartikan yang belum mendapat kabar berarti kemungkinan diterima / lulus.
    Terima kasih.

    Oh begitu, berarti kalau Mas Agus belum dikabari, tentunya pertanda baik dong.
    Intinya, sabar aja menunggu.

  7. Christine said

    Saya sempet liat2 soal beasiswa Erasmus Mundus nih. Dibilang kan kita dikasih jatah 21,000 Euro per tahun, sedangkan programnya tuh 2 tahun jadi kita dapet 42,000. Plus dapet fasilitas rumah. Dengan biaya segitu, cukup ga sih? yang saya tahu Eropa mahalnya banget2 jadi saya aga takut disana terlantar.. Hehe. Lalu, saya juga aga kurang jelas mengenai persyaratan untuk bisa dapet beasiswanya, kalo kaya di aminef kan jelas tu, kalo disini yang saya tangkep prinsipmya itu kita ngajuin proposal untuk beasiswa ya? Lalu, ada kiat2 tertentu ga supaya saya bisa dapet beasiswa ini? Apa bisa kerja part time jika mendapatkan beasiswa ini?

    Thanks before :)

    grant-nya benar 42,000 utk 2 tahun.
    fasilitas rumah? hmm setau saya sih ga. mungkin “dibantu” untuk cari tempat tinggal / student house. tapi bayarnya sih bayar sendiri (dari yang 42,000 itu).

    menurut saya sih cukup banget. saya blom pernah dengar ada mahasiswa EM yang punya masalah dengan jumlah segitu.

    persyaratan? jelas banget dong. kalo kamu blom kunjungin website programnya, memang akan ga jelas, karena detailnya ada di website masing2 program.

    baca dulu deh, nanti baru tanya lagi.

  8. Ernie said

    Mas.. tanya algi donk.. Ada yang mesti saya persiapin ga buat bisa dapetin beasiswa tahun depan? Apa saya mesti ikut kursus, aktif di organisasi, meriah prestasi demi mengejar CV yang bagus untuk mereka? Apa itu persyaratan mutlak, karena mereka tidak melakukan wawancara (saya agak kurang jelas seh sampe tahap berapa ga ada wawancaranya tuh). Ada tips2 tertentu ga biar saya bisa dapat beasiswa ini? Karena berdasarkan yang saya baca (saya ga tau yang ini udah updatean terbaru ato ga), kesempatan untuk dapet beasiswa ini untuk orang Indonesia cukup besar?

    Terima kasih.

    well, setiap program kan punya kriteria masing2 untuk menentukan siapa yang diterima. apa saja detail kriterianya (misal, x% aademik, y% organisasi, z% pengalaman kerja), tentu cuma konsorsium yang tau detailnya. yang pasti kalau anda bisa memenuhi smua persyaratan yang ada di website masing2 program, anda punya peluang diterima (walaupun ga tau seberapa besar peluangnya).

    EM ga pake tahap2an. cuma submit aplikasi, dan tinggal tunggu pengumuman.

    grafik indonesia terus meningkat tahun ke tahun. tahun lalu 39 orang dan tahun ini 61 orang.

    • ricardo said

      Hallo,

      Mohon bantuannya. Saya mau tanya, jumlah 61 orang itu sudah termasuk program S2 dan S3 kan?

      Alokasi pembagian porsi antara S2 dan S3 berapa-berapa orang?

      Misalkan Peminat S2 yang diterima adalah 41 orang. Berarti yang 41 orang ini berasal dari semua program EMMCs. Bagaimana skema penentuan pengambilan keputusan ini? Jika saya mengambil OPSCITECH, apakah saya bersaing dengan mahasiswa yang berasal dari program yang berlainan atau mahasiswa lain dengan program yang sama dengan saya?

      • emundus said

        61 orang ini adalah data tahun 2008. pada saat itu, belum ada program S3. jadi 61 orang adalah untuk S2 dan scholars saja.

        alokasi porsi adalah per program (maksimal 2 orang dari negara yang sama).

        anda bersaing hanya dengan applicant2 lain (dari seluruh negara) untuk program yang sama, untuk memperebutkan kuota beasiswa yang tersedia untuk EMMC tsb.

  9. meryl said

    mas saya mau tanya….
    i’ve read all the info bout this EM program, dari situs resminya maupun dari blog2 pribadi orang2 tapi masih bingung soal bahasa.
    saya mau daftar utk. CoMundus yang anggota konsorsiumnya:
    1. Roskilde University (Denmark)
    2. University of Aarhus (Denmark)
    3. University of Bourgogne (French)
    4. Stendhal Universite (French)
    5. University of Kassel (German)
    6. University of Florence (Italy) (Co-ordinating Institution)
    7. IoE University of London (England)

    pertanyaannya: apakah saya boleh memilih universitas di tempat yang saya inginkan di dua negara yang berbeda dari konsorsium diatas, atau universitas ditentukan oleh pihak konsorsium/EM?

    karena saya kuatir kendala bahasa…right now i’m just learning French for the preparation (beside english of course).

    makasi banyak sblmnya….merci beacoup!

    Coba tanya langsung ke konsorsiumnya yah :)

  10. laila said

    aku mau tanya neh. kalo utk toefl, kalo test apa harus ditmpt khusus??kalo seperti di EF (English First itu bisa ga??)soale yang aku tau di EF, utk tes IBT nya cuma bayar 25 $ gt. (kalo ga salah).oya, kita kirim legalisir ijazahnya itu ditranslate dulu ga ya??soale kalo ijazah kan pke bahasa indonesia. gmn neh mas yansen??
    makasih ya infonya

    TOEFL tentunya harus yang international TOEFL. mengenai biaya, jadwal, dan tempat tes-nya bisa dilihat di http://www.ets.org.

    untuk ijazah, tentunya harus di-translate, minimal ke bahasa inggris, atau ke bahasa yang diinginkan konsorsium program tsb.

  11. laila said

    utk alumnus EM, dah ada belum ya yang dari master EMAE (ekology), EMBC (marine biodiversity) dan master in water and coastal management??aku pengen apply di 3 master itu. kalo ada kontak alumnus ke3 master tsb, laila minta ya. makasih

    untuk keterangan alumni, bisa langsung hubungi EC Delegation Jakarta (cp: Ibu Destriani Nugroho)..

  12. toro said

    mungkin pertanyaan saya agak “cupu” he..he…

    saya fresh graduate dr PTN di bandung. saya teh pengen daftar beasiswa EM. setelah saya baca segala macemnya tentang EM. ada beberapa pertanyaan pak, yaitu :

    1. apakah kita harus fasih dulu bahasa inggris kalo ingin daftar beasiswa EM. soalnya saya teh bahs inggrisnya masih agak “cupu”
    2. kalo beasiswa ADS kan ada program EAP nya buat ngelancarin bahasa inggris, apakah kalo di program EM itu menyediaka program short course bahasa inggris?

    nuhun pak

    1. setiap program EM pasti mensyaratkan minimal nilai TOEFL/IELTS. kalau anda ga bisa memenuhi syarat ini, ya berarti blom bisa diterima.
    2. tergantung universitas dan programnya.

  13. Rudy said

    halo ,
    Saya mau tanya kalau EM itu ada kantor perwakilan gak ya di indonesia ?

    thanks

    kalau maksud kamu adalah lembaga seperti British Council, DAAD, dan semacamnya, maka jawabannya tidak ada. semua informasi dan keterangan EM bisa dicari dan tersedia secara lengkap di internet.

  14. aris said

    hi
    saya sdh baca smuanya..walaupun masih rada bingung jg,hehe
    saya skrng lg kuliah jur teknik informatika UPN jogja, saya berminat untk mlanjutkan study S2 jur sama sperti mas (comptr scient) melalui beasiswa EM..
    klo boleh dan klo mas bisa,saya ingin bimbingan dari mas
    mngkin lbih lnjutnya kt lwat email saja ya mas…
    terima kasih


    untuk korespondensi bisa pakai forum ini saja..
    saya tidak menyediakan bimbingan secara khusus karena forum ini berbasis voluntary.
    kalau saya sempat, saya respon.
    kalau cuma yang “minta didoakan” atau “nanya asal2an”, ga bakal dimuat comment-nya.
    seandainya anda diterima EM pun, anda tidak hutang apa2 sama saya.

  15. S. July Tirta Dewi said

    Halo..

    Permintaan dokumen ada salah satunya Official explanation of national grading system. Maksudnya dokumen seperti apa ya?

    bisa baca di http://emundus.wordpress.com/#comment-311

  16. ana said

    mungkin website ini bisa membantu
    http://www.american.edu/american/registrar/transcripts/grading.htm – 33k -

  17. david said

    Salam kenal.
    Saya tertarik ttg EMCL. Mau tanya tentang local strength masing-masing uni yang mas bilang diatas. Bisa dijelaskan singkat tentang local strength tersebut. Saya tertarik pengembangan fuzzy dan NN.
    Trims

    dinamakan “local strength” karena konsentrasi riset di setiap univ yang berpartisipasi dalam EMCL itu berbeda2. contoh saja, untuk fuzzy logic, tidak semua univ menawarkan kuliah tersebut, apalagi riset di bidang itu.

    jadi, sangat disarankan anda buka2 website CL dan mulai cari info dari website itu.
    tempat awal yang baik untuk memulai:
    http://european.computational-logic.org/content/course/course_pgm.php?id=66

    kalo mo daftar, masih bisa cuma mepet bgt, 10 feb 2009 deadlinenya.

  18. aripmuttaqien said

    Salam kenal,
    Beberapa jam yang lalu saya mendapatkan konfirmasi dari EM via email bahwa saya masuk ‘main list’. Mereka mengatakan bahwa dokumen akan dikirim ke Brussel untuk validasi. Bidang yang saya ambil adalah ekonomi kuantitatif di Univ Paris 1 Sorbonne, Bielefeld University dan University Ca’ Foscari Venice.
    Saya berusaha mencari informasi (tentunya dengan googling) tentang main list. Info yang saya dapat bahwa kemungkinan besar diterima. Saya dapat blog ini juga dari googling, hehe
    Namun meski sudah masuk main list, tapi belum pasti juga karena masih harus validasi dokumen. Disamping itu, agak khawatir juga dengan krisis global, siapa tahu berpengaruh.
    Saya mau bertanya, apakah memang ada kemungkinan main list tidak mendapatkan persetujuan akhir dari Brussel? Barangkali pernah mendengar kasus tersebut.
    Sekian pertanyaan saya,
    Terima kasih atas perhatiannya.

    arip muttaqien
    Fakultas Teknik, Univ Indonesia

    Halo, ya saya tahu anda pernah posting di milis beasiswa juga.

    Bila sudah masuk main list, bisa dibilang (hampir pasti) diterima. Validasi dokumen adalah hal biasa, dan bila tidak ada pemalsuan dokumen / riwayat pendidikan, harusnya tidak ada masalah. Krisis global juga tidak berpengaruh karena dana untuk EM ini memang sudah disiapkan (bukan masih dirundingkan, bisa cair bisa tidak).

    Jadi, stop untuk berpikir yang tidak2 dan cemas.
    Selamat untuk anda, dan kalau mau tanya2 seputar QEM, saya ada channel ke alumni QEM 2006.
    untuk korepondensi sesama EM awardees 2009, bisa di http://emundus.wordpress.com/2009/03/05/id-hanya-untuk-em-awardees-2009/

    *akhirnya ada juga FTUI yang dapet EM lagi hahaha..*

  19. mey said

    salam,
    saya berniat untuk apply EM ke europubhealth apakah ada yang pernah diterima sebelumnya? atau pernah apply? kira2 kemana saya bisa bertanya2? mohon bimbingannya…

    thanks

  20. dwi said

    mau tanya, kalo dapat beasiswa EM, kira2 bisa bawa keluarga ga? (minimal pasangan gituh…)
    apa saja yang harus dipersiapkan kalo bawa pasangan? lalu, akomodasinya kalo pake studio, bayarnya 1 ato 2? thx

    bisa saja, asal pasangannya bisa dapat visa (untuk beberapa negara, agak susah, apalagi kalau belum jadi suami istri).
    cara2nya bisa tanya ke bagian international relations dari universitas yang dituju atau ke kedutaan negara yang bersangkutan. akomodasi ya beda2, tergantung syarat si pemilik tempat tinggal.

  21. Jek said

    Mas, saya cuma mau tanya sedikit…

    Saya kemarin daftar ke program EMCL (Computational Logic) dan diterima, tapi untuk beasiswanya hanya masuk ke waiting list (dan sama sekali tidak diberi tahu urutan di waiting list-nya). Yang ingin saya tanyakan, apakah tau tentang jumlah waiting list sebenarnya dan seberapa besar peluang seorang waiting list-er berhasil masuk ke penerima beasiswa? Mungkin tahu dan bisa membantu. Terima kasih :)

    Tidak semua EMMC diberitahu jumlah/urutan dari waiting listnya.
    Untuk peluang, bisa baca di http://emundus.wordpress.com/2009/03/22/id-reserve-list/

  22. mey said

    salam…
    saya mau tanya, requirement bahasa unt program yang saya pilih (europubhealth) tujuan negara inggris, ada pilihannya, yaitu TOEFL PBT score 600 atau IELTS band 7….lumayan juga…
    lebih baik saya persiapkan TOEFL atau IELTS saja ya? soalnya kalo TOEFL katanya lebih gampang naiknya….hehehe….tapi negara2 eropa lebih menerima IELTS..jadi bingung..mohon bantuannya…
    terimakasih…..

    kl memang dua2nya diterima, ya silahkan dipilih saja. yang penting kan bisa memenuhi persyaratan.

  23. F.Nindiyasari said

    Akhirnya saya masuk juga ke main list untuk program MamaSELF. Malah kemarin sudah dapat student guide dari univ disana. Tapi ada beberapa hal yang tidak sat mengerti. Misal nya pemesanan kamar. Di student guide, mahasiswa diminta untuk memesan kamar sebelum kedatangan ke negara yg dituju.Saya pikir waktu pertama kali mendaftar saya sudah memilih kamar. Apakah saya perlu memesan lagi. Saya juga disuruh memesan guide untuk penyambutan kedatangan pertama kali di Perancis. Saya malah bingung apa tidak ada penyambutan langsung dari pihak erasmus?
    Kira2 ada ayng bisa membantu saya tidak??

    Nindya

    halo nindya,
    1. untuk student guide, biasanya dibuat secara umum untuk seluruh mahasiswa asing di univ tsb, tidak khusus untuk mahasiswa EM.

    2. memesan kamar saat pendaftaran? kamu yakin? bila ya, rasanya janggal sekali karena kan saat pendaftaran belum tentu diterima. berapa banyak kamar yang ter-book kalau semua pendaftar Mamaself sudah pesan kamar di awal?

    3. pada umumnya tidak ada penyambutan di stasiun/airport, kecuali kamu atur sendiri / minta bantuan ke bagian international relations universitas.

  24. Saya tertarik untuk berkorespondensi dengan EM awardee di Portugal, khususnya di Universidade Nova de Lisboa, terutama untuk yang mendapat beasiswa EMCL (Computational Logic).

    Mungkin bisa membantu saya (memberitahu email awardee yang bisa saya hubungi), atau menginformasikan tentang data diri saya kepada indoem-ers yang pernah berkuliah di Portugal.

  25. Dani said

    salam kenal…
    mo sedikit tanya, saya tertarik untuk ikut program EMRSHS, cuma satu hal yang jadi kendala saya yaitu nama saya yang ga ada nama belakangnya sedangkan utk apply online harus mengisi nama belakang (klo ga diisi muncul pesan error). Pernah coba tanya ke konsorsiumnya tp jawabannya tdk terlalu membantu, kira2 ada yg pernah mengalami hal serupa ga n gimana cara ngatasinnya? oya, ada alumni or awardee dr EMRSHS, boleh tau CPnya? tq

    • emundus said

      Hmm, saya cuma mengira2 aja sih.. Kalo kamu coba book di AirAsia juga diharuskan pakai 2 nama. Jadi kalo namanya cuma “Yati”, ya diisi “Yati Yati”..

      Tapi yang paling tahu akan hal ini tentunya konsorsium.

  26. tety said

    Sebenernya lebih enak tes IELTS atau TOEFl, saya belum pernah tes IELTS,jadi belum ada gambaran,trus saya sebaiknya tesnya dimana, terima kasih

  27. Mellia said

    Dear EMundus,

    Ada beberapa hal yang mau saya tanyakan:
    1. Apakah aplikasi untuk beasiswa dilakukan bersamaan dengan aplikasi program studinya, atau bagaimana?
    2. Jika saya ingin melanjutkan program doktor di Eropa atau negara lain (mudah2an dapat beasiswa lagi), apakah gelar yang saya peroleh dari program master di erasmus mundus, dapat digunakan untuk aplikasi doktor? Mengingat Erasmus mundus hanya 1 tahun, dan kredit yang diperoleh adalah 60 ects. Setahu saya, untuk dapat melanjutkan ke program s3 di eropa harus memiliki program master dengan angka kredit 120 ects.

    Terima kasih

    • emundus said

      1. Ya, kebanyakan program prosedurnya demikian. Misalnya, ada kotak yang harus ditandai di form aplikasi bila ingin dipertimbangkan sebagai applicant Erasmus Mundus. Silahkan cek di petunjuk pendaftaran EMMC tsb.

      2. Gelar Master Erasmus Mundus berlaku secara legal di negara tempat ijazah tsb dikeluarkan. Jadi kalau melanjutkan PhD di negara yang sama, seharusnya gelar Masternya diakui ya.

  28. Kim said

    Halo Erasmus,

    saya tertarik mau daftar, ketika buka website programnya ada syarat dokumen yang harus dipenuhi, yaitu Secondary School. maksudnya itu apa? apa universitas yg meluluskan kita terakhir?
    dibawahnya juga ada syarat 1st university diploma,2nd higher education diploma, 3rd higher education diploma. apa maksudnya adalah ijazah univerisitas dan SMA?
    satu lagi pertanyaan,
    ada pertanyaan yg harus di jawab di application formnya:
    Should there be no EM scholarships do you have own means of funding.
    maksudnya apa ya? kan saya mau daftar untuk beasiswa EM.

    terima kasih,

    • emundus said

      Coba berikan nama EMMCnya dan link ke websitenya.

      Untuk pertanyaan kedua, apakah kamu tetap mau enrol dalam program tsb seandainya kamu tidak mendapatkan beasiswa EM?

      • Kim said

        halo Emundus,

        maaf saya tanya lagi, masih blm jelas niy… saya tertarik daftar IMRD program.
        ada syarat electronic documentation yang harus disertakan ketika apply
        1. secondary school
        2. 1st univ diploma (the latest)
        3. 2nd higher education diploma
        4. 3rd higher education diploma

        maksudnya masing2 itu apa ya?
        kalo ijazah S1 berarti yang mana?
        please, help me…
        makasih banget…

      • emundus said

        S1 itu yang nomor dua..

  29. arga said

    Salam kenal,

    Saya berminat mendaftar ke Program European Master in Tourism Management, dan batas waktu aplikasinya adalah 6 Januari 2009 dan mensyaratkan paspor yang masih berlaku setidaknya sampai 2012. Apakah biasanya persyaratan paspor ini cukup ketat (dapat menyebabkan aplikasi langsung ditolak jika tak terpenuhi?) karena kebetulan paspor saya akan habis Februari 2009 dan saya baru berencana memperpanjangnya mendekati tanggal habis masa berlaku paspor tersebut.

    Terima kasih
    Salam
    Arga

    • emundus said

      Februari 2009? salah ketik?

      Anda bisa kasih keterangan ke konsorsium kapan Anda akan perpanjang paspor, dan bila mereka meminta, nanti disusulkan copy paspor yang sudah diperpanjang.

  30. vincent said

    saya ingin bertanya. saya tertarik untuk appy EM scholarship, tapi kata teman2 saya yg sedang bersekolah di Eropa, kalau bukan PNS atau kerja di NGO, maka sia2 aj lamar EM. bisa minta konfirmasinya dari yang berhasil mengenai kebenaran/tidaknya info ini?
    Thanks

    • emundus said

      Hahaha.. mereka tau dari mana? berapa mahasiswa EM yang mereka kenal?

      fyi, banyak sekali awardee yang bukan PNS maupun NGO.
      banyak juga yang baru lulus langsung diterima.
      untuk saya sendiri, udah dari non NGO/PNS, multinational company lagi.

      • vincent said

        iya jg sih, mgkin kebetulan mereka knalnya mhsiswa EM yg dr PNS/NGO. ok, thanks buat infonya. mudh2an aplikasinya kterima

      • Yip Men said

        Nice reply, Emundus.

        Memang seharusnya PNS & NGO tidak dianakemaskan; karena tanpa label PNS/NGO, tidak berarti orang itu motivasinya kalah dibanding PNS/NGO.

  31. Ani St said

    Halo Pak moderator,

    Saya kesulitan mencari referensi resmi untuk penjelasan konversi SKS ke ECTS. Apakah bisa kalau hanya dibuat sendiri berdasarkan informasi yang ada ? Atau mungkin bisa dibantu ? Terima kasih banyak ya.

    Salam,
    Ani

    • emundus said

      Konversinya tergantung negara tujuan studi anda.
      Contoh: untuk Italia, ada dokumen yang namanya “Dichiarazione di Valore” untuk penyetaraan ijazah.

  32. alia said

    Dear moderator,

    bgni, saya tertarik dgn program EMdireb, tapi sewaktu saya cek di website mereka, ternyata batas pendaftaran program ini utk th 2009 max bulan feb 09 kmrn, bila saya ingin mendaftar, apakah harus menunggu tahun berikutnya (2010)? saya agak bingung karena di page awal selamat datang emundus ditulis deadline pendaftaran beasiswa ini hampir habis.. Ada saran?
    thanks..

    • emundus said

      Halo, yap untuk EMDIREB, website mereka memang masih untuk pendaftaran tahun 2009 lalu.
      Biasanya, deadline setiap tahunnya sama. Sehingga, kalau tahun lalu deadlinenya adalah 22 Feb 2009, maka tahun ini (ekspektasinya) adalah 22 Feb 2010. Biasanya website baru diupdate sekitar 1-2 bulan dari tanggal deadline. Sebab itu rajin2 saja berkunjung ke web EMDIREB.

      Deadline beasiswa tiap program berbeda2, range-nya antara November 2009 sampai Februari 2010. Untuk bbrp program EMMC lainnya, ada yang sudah tutup pendaftaran per hari ini (17 November). Heading di halaman muka ditujukan untuk mengingatkan saja supaya prospective student segera bergerak untuk apply.

  33. Mari said

    Dear Emundus,

    Mau nanya lagi. Bila misalnya di pendaftaran tidak disebutkan perlu menyertakan published paper. Kira2 apa mereka keberatan kalo kita menyertakan published paper di paket pendaftarannya?
    (NB: berhubung paper yang pernah saya tulis ini hanya dipublish di majalah univ. saja, menurut hemat emundus apakah paper semacam ini layak untuk disertakan?)

    Kalo kita pernah punya pengalaman kerja praktek, menurut pengalaman emundus perlukah menyertakan sertifikat kerja praktek itu dalam form pendaftaran bila tidak diminta?

    Terima kasih banyak sebelumnya :)

    Salam,

    Mari

    • emundus said

      kalo kamu merasa hal tsb bisa meningkatkan nilai jual kamu di penilaian konsorsium, silahkan saja. sebaiknya beritahu mereka kalau kamu akan mengirimkan dokumen tambahan, apakah mereka mengijinkannya.

      utk kerja praktek, penekanannya lebih kepada apa yang kamu pelajari di situ, pengalaman apa yang kamu dapat dari situ, dll.

  34. ryan said

    Apakah dengan hanya mengandalkan beasiswa EM, sudah cukup untuk living cost + tuition fees, dll?
    Living cost disana kira2 di kisaran berapa ya? misalkan di perancis atau jerman?
    thanks

    • emundus said

      living cost sangat tergantung kota, bukan negara..
      dan komponen paling besarnya adalah housing.

      dari pengalaman teman2 yang sudah menerima, mayoritas cukup..
      apalagi kalau single..

  35. Evan said

    Dear Emundus,
    saya sudah kirim application online untuk EM, tapi fail karena servernya tidak bisa menerima. Saya juga sudah coba kirim via email tapi tetap tidak bisa juga. Deadline untuk application online 4 December 2009. Baiknya saya bagaimana ya? thanks..

  36. Rissa said

    Saya ingin bertanya, salah satu syarat beasiswa EM Nanoscience di Belgium adalah membayar application fee. dan saya bingung karena saya sudah ke salah satu bank dan saya tidak bisa transfer ke Universitas karena batas pengiriman bank tersebut 100 euro, padahal application fee nya kurang dari 100 euro. Ada saran nggak? Thank you.

    • emundus said

      Coba anda tanya ke bank-bank lain dulu ya..
      Kalo ga bisa semua, baru laporkan di sini lagi. Nanti kita cari solusinya.

      • Rissa said

        Saya sudah tanya sih biaya transfer nya $ 25. dulu pernah transfer application fee juga? transfer nya lewat bank apa? kalau bisa kan yg biaya nya “agak miring” gitu. Thank you.

      • Langlang said

        Tentang transfer, dulu ada kakak kelas yang mau transfer juga dari Indonesia buat bayar tuition fee. Cara cepatnya dia minta aku buat transfer-in ke Uni tempat dulu dia studi, terus dia tinggal bayar dengan kurs hari itu ke nomor bank aku yang ada di Indonesia. Keuntungannya tentu, jadi ga perlu bayar biaya transfer fee (Indonesia-Eropa) karena nanti aku pake euro payment.

        Apa EM Nanoscience mewajibkan pembayaran harus atas nama aplicant? Klo ga harus, mungkin opsi diatas bisa dipakai. Biasanya saat menerima transfer, mereka hanya melihat “message to beneficiary” sih. 

        Biasanya nanti mereka akan ngasih nomor IBAN, jumlah yang harus ditransfer, sama kata yang harus dicantumin di message to beneficiary supaya mereka tau itu transfer dari kamu. Okay, aku tunggu kabarnya ya.  

      • arip said

        Dear teman,

        Saya pernah membantu “membayarkan application fee” rekan saya di Indonesia.
        Caranya, saya tinggal kirim cek dari kota tempat tinggal saya sekarang (Toulouse, France).

        Lalu teman saya membayar ke rekening saya di Indonesia. Jadi dia tidak perlu mengganti biaya transfer. Cukup ganti biaya kirim cek via pos. Kebetulan saya hanya mengirim ke negara yang sama, yaitu Prancis. Tapi itu bukan EM Nanoscience.

        Kalau untuk EM Nanoscience, saya sudah baca http://www.emm-nano.org/ApplicationInfo_2010_2012/application.htm
        Saran, kalau mau murah, cari teman di negara yang sama. Lalu numpang transfer.
        Karena dari link itu tidak ada keharusan bahwa si pembayar haruslah “orang yang sama”.

        arip

      • Rissa said

        Saya sudah kontak dengan salah satu saudara yg ada di eropa and thanks God dia bisa bantu saya.
        Terima kasih atas saran dan informasinya yah..

  37. Yip Men said

    Ini sebenarnya keluhan general.

    Sebenarnya ada salah satu (atau mungkin lebih) program EM yg website registrationnya merepotkan (karena ada unknown bug), dan karena itu menyebabkan kita yg tertarik dengan programnya menjadi ilfil dan beralih hati ke program lain saja.

    Mungkin ada alumni atau teman2 lain disini yg mau sharing? :)

    • emundus said

      Pada intinya semua bisa dikomunikasikan. Konsorsium pun rasanya akan senang bila mendapatkan masukan bermanfaat dari prospective student.

  38. Siska said

    Dear moderator,

    Saya ingin bertanya mengenai eligiblity criteria pada Erasmus Mundus, karena ada 2 point yg masih membingungkan buat saya:
    1. Verified excellent quality of the institution where this first degree was obtained; apakah yang dimaksud adalah akreditasi jurusan?
    2. Excellent academic background with marks identifying the candidate among the 20% best students of his former studies (BSc or BA degree with honours 1st class or 2nd class minimum); apakah ini berarti yang IPK dibawah 3,0 tidak eligible untuk program ini?
    Saya sudah bertanya langsung ke konsorsium Agris Mundus, tetapi jawaban yang diberikan adalah: please check the Agris mundus website.
    Terima kasih sebelumnya.

  39. Nur Endah Shofiani said

    Dear EM, perkenalkan nama saya Endah, apakah EM memberikan juga beasiswa untuk mengikuti short-course? Saya diterima untuk mengikuti short course di UNESCO-IHE untuk program ‘Water and Environmental Law and Institution’ selama 3 minggu pada April-Mei 2010 di Delft. Apakah saya dapat mengajukan applikasi untuk tuition fee, living cost and return ticket untuk saya dapat berpartisipasi di short-course di atas?

    Terima kasih,
    Endah

    • emundus said

      Tidak bisa..
      EM hanya menyediakan beasiswa untuk:
      1. Master degree (EMMC)
      2. PhD (EMJD)
      3. Dosen/peneliti (EM Scholar)
      4. Universitas (EM External Cooperation Window)

  40. jonx said

    Dear all,

    Mau nanya nih, ada gak ya dari temen2 yg awardee ato punya kenalan awardee QEM erasmus mundus? Saya mau nanya2 khususnya buat mobility track dan pengaruhnya ke specialisation.

    Bantuannya amat diharapkan

    Thx a bunch,
    Djong

  41. rythia said

    Halo Djong,

    saya alumni QEM. Untuk spesialisasi, baiknya kmu cek ke website masing2 univ, cek mereka menawarkan mata kuliah apa saja. Biasanya (kalo web univnya update), ada syllabusnya juga.
    Dari situ, baru deh liat minatnya kmu kemana. Baru propose mau ditempatin dimana each semesternya. For your note, kita bisa propose mau ditempatin dimana di antara 4 univ itu, tapi keputusan ada di tangan consortium. Jadi, it’s possible klo kmu ga dapetin mobility track yg kmu propose.

    Good luck.

    erit

    • jonx said

      Halo Ryth,

      Thx buat jawabannya.

      Di website Sorbonne sendiri udah ada detail silabusnya sih, buat year 1 dan 2. Saya sndiri sudah ad ide mau propose buat yg mana. Cuma yg saya ga yakin,saya kan bukan anak econs atau math. Background saya engineering. Kalau ekonomi dasar dan sedikit finance saya tahu, plus background matematika yg lumayan.

      Nah, di aplikasi itu ada bagian mobility track. Apakah penentuan mobility track dan spesialisasi yg bakal dijalanin ad pengaruhnya ke admission? Saya sekarang mikirnya mau ngambil jalur Financial Economics, tp masih merasa perlu belajar banyak soal field ini sebelum bisa ambil keputusan mutlak.

      Kalo bole, bisa ngobrol2 sedikit soal QEM? Ada bbrp hal yg pengen saya tanyain sih. Kalo emang sempet dan ga ngerepotin, bole drop email ato add aja ym saya di djong_januardy@yahoo.com ? (@momod emundus: boleh minta gini kan mod? XD)

      Anyway gw appreciate bgt bantuannya. Thx a lot. Thx juga buat forum ini =D

      Cheers,
      Djong

      • emundus said

        Moderator’s note: boleh saja kalau anda yang publish alamat email di sini.

        Tetapi terserah kepada student/alumni apakah mereka berkeinginan untuk memberikan alamat emailnya untuk japri.

        Ada beberapa student/alumni yang lebih suka untuk berdiskusi melalui forum ini saja, supaya berguna juga bagi orang2 lain yang membutuhkan informasi untuk program yang sama.

  42. Irene said

    Dear Emundus,

    Program EM yang hendak saya daftar meminta Statement of class ranking. Dokumen ini maksudnya adalah surat penjelasan yang kita buat sendiri mengenai peringkat kita di kelas (nilai IPK) bukan ya? Jika bukan, lalu mengenai apa? apakah Universitas kita yang harus mengeluarkan Statement of class ranking? mohon pencerahannya dan sebelumnya terima kasih banyak atas bantuannya.

    • emundus said

      Benar sekali.. Lebih spesifiknya mungkin apakah kamu itu “top x %” di kelas/angkatan kamu (dibandingkan dengan teman2 lain di jurusan/fakultas/universitas yang sama).

      Bila memang universitas tidak mengeluarkan keterangan semcam tsb, bila konsorsium memperbolehkan, kamu bisa coba buat sendiri..

  43. Rachman said

    ada yang sedang atau alumni
    ASC
    ATOSIM
    EMM NANO
    EMFOL
    EMQAL
    FAME
    MESC
    MONABIPHOT
    SEFOTECH.NUT atau
    TCCM

    bagaimana transfer SKS indonesia k ETCS sistem eropa?

    • emundus said

      tolong dibatasi maksimal 3 program saja supaya pertanyaannya bisa fokus..
      untuk transfer dari SKS ke ECTS, tiap negara punya metode yang berbeda2..
      tetapi kebanyakan akan minta penjelasan mengenai sistem penilaian di Indonesia/universitas.

  44. Sandra said

    Dear Emundus,

    Saya ada beberapa pertanyaan tentang program yg akan saya daftar:

    1. Salah satu dokumen yg diperlukan adalah “A manually completed and signed MSc Application Form”. Apa ini maksudnya harus handwritten atau boleh diketik?

    2. Apakah saya perlu menerjemahkan dokumen dalam bahasa Perancis ke dalam bahasa Inggris, walaupun salah satu konsorsiumnya di Perancis?

    Bila perlu, mungkin bisa dibantu dengan informasi mengenai sworn translator untuk bahasa Perancis ke Inggris? Saya mengalami kesulitan untuk mencari sworn translator. Kira-kira berapa biaya dan waktu yg dibutuhkan?

    3. Apakah semua language skills (kecuali inggris) harus menyertakan sertifikat? Saya sudah mendapat ijasah bahasa perancis untuk level A2, tetapi menurut European Language Passport yang saya baca, sekarang saya berada di level B1. Sebaiknya saya tulis A2 atau B1?

    • emundus said

      1. Kalau tidak disebutkan secara eksplisit, maka keduanya boleh, asalkan jelas pengisiannya. Jangan sampai mereka tidak bisa membaca atau tulisan anda menimbulkan kerancuan. Gunakan huruf cetak sepantasnya bila menulis tangan.

      2. Tergantung yang diminta konsorsium, apakah dalam bahasa Inggris/Prancis.

      3. Bila ada bukti tentunya lebih baik. Untuk masalah level, mungkin bisa ditanyakan ke tempat kamu les bahasa Prancis?

      • Sandra said

        Sebelumnya terima kasih atas jawaban-jawabannya.

        2. Yg diminta adalah dalam bahasa Inggris. Yg saya maksud, mungkin kalau sudah dalam bahasa konsorsiumnya tidak perlu diterjemahkan lagi? Karena saya mengalami kesulitan untuk mencari sworn translatornya dan deadline semakin dekat.

        3. Kebetulan tempat les bahasa Perancis saya tidak mengeluarkan ijasah, tetapi pengajarnya mereferensikan saya di level B1 (walaupun sekarang di kelas A2 dan belum mengambil ujian B1). Jadi saya boleh isikan B1?

      • emundus said

        2. Silahkan tanya langsung ke konsorsium, untuk konfirmasi saja, apakah mereka mau menerima dalam bahasa selain Inggris.. karena walaupun konsorsiumnya terletak di 1 universitas, tetapi anggota konsorsiumnya terdiri dari perwakilan setiap universitas yang berpartisipasi dalam program tsb.

        3. Ya, selama anda merasa bisa mempertanggung-jawabkan level tsb seandainya dipertanyakan keabsahannya, silahkan saja.

  45. adam said

    Dear emundus awardee…

    Saya masih agak kurang paham mengenai preferensi program emundus. Disebutkan bahwa kita bisa apply untuk 3 program. Apakah ada mekanisme yg membuat kita dapat memberikan prioritas untuk program yg lebih kita inginkan ? Maksudnya apakah program yg menerima kita terlebih dahulu harus kita ambil, dan untuk program yang berikutnya tidak dapat kita pilih karena kita sudah terpilih pada program yg pertama (padahal bisa saja kita lebih prefer untuk program yg kedua) ?

    Mohon informasinya.
    Terima kasih.

    • emundus said

      Anda bisa apply maksimal ke 3 program EMMC pada 1 tahun pendaftaran, dan seleksi setiap program akan terpisah, tidak berhubungan satu sama lain, jadi tidak perlu diberi prioritas program mana yang nomor 1,2,3.

      Sebab itu, ada kemungkinan anda diterima di lebih dari 1 program. Bila terjadi demikian, tinggal anda yang pilih, mau ambil program yang mana.

      • adam said

        Ooh I see..

        Jadi urutan pendaftaran tidak berpengaruh ya, karena di last minute ini saya berencana akan mengejar aplikasi untuk DMKM dan GIM.

        Terima kasih atas jawabannya.. :)

  46. dieny said

    Saya pernah membaca bahwa bea siswa diberikan setelah awardee di eropa, setahu saya (kt mb Dina di bukunya) untuk mengajukan visa student menunjukkan account kita tersedia 50-100 juta, dengan kata lain kita harus “modal” 50-100 juta dulu dong!Mohon info lebih lanjut.Tq bgt.

    • emundus said

      Untuk beasiswa EM, benar sekali bahwa beasiswa baru diberikan setibanya awardee di Eropa, dan sudah membuka rekening bank di Eropa. Dengan demikian, biaya2 untuk persiapan keberangkatan awal harus ditanggung sendiri dulu.

      Untuk pengurusan visa, setiap awardee akan mendapat semacam surat keterangan (dari EC atau universitas) yang menyatakan jumlah beasiswa yang akan diterima selama periode masa studi. Surat ini harus disertakan dalam pengajuan visa. Dengan demikian, tidak perlu punya modal tabungan dulu, karena surat keterangan tsb menjamin bahwa awardee tidak akan terlantar di Eropa karena kuliah dan living costnya ada yang membiayai.

      • Dieny Ferbianty said

        Dear EM awardee/administrator.
        Saya mencoba mencari penyebab tdk diterimanya saya untuk beasiswa MUNDUS MAPP tahun 2010.Tahun lalu saya melamar program ini meskipun saya sudah mendapatkan gelar master, (di web ybs tidak disebutkan larangan itu).Tapi pnasaran juga pengen nanya :apakah bagi mereka yang sudah mempunyai gelar master tidak diperkenankan untuk melamar program master lagi?.Ke dua : tolong kasih saya masukan (please….bgt).Jika memilih program Doktor,apakah kemungkinannya lebih besar jika kita memilih program yg sesuai dg gelar S1?(pada kasus saya S1 sastra Asing, S2 master of Technology concentrating Tourism(beasiswa dari salah satu departemen di Dalam Negeri). Saya PNS Dinas Pariwisata.Beasiswa yg saya incar untuk Master EMTM dan Mundus MAPP, untuk Doktor saya masih bingung, karena blm ada yg benar-benar pas dengan yg saya inginkan. Thanks masukannya.

      • emundus said

        tidak ada masalah bagi yang sudah memperoleh gelar master untuk apply lagi EM program master, selama hal tersebut memang tidak dilarang oleh program bersangkutan.

        untuk doktor, di sini belum ada yang berpengalaman untuk meraih EMJD, jadi susah juga untuk memberikan saran.

    • Dina said

      iya betul, tapi tanpa beasiswa. jadi untuk apply (melamar) visa baik travelling maupun studi, tanpa beasiswa, maka harus menunjukkan bukti finansial minimal 100 juta rupiah. hal ini dimaksudkan agar si pelajar/pelancong tidak “luntang-lantung” atau menggelandang selama hidup di luar negeri karena tidak punya biaya yang mencukupi.

      untuk itu, keuntungan dari mendapat beasiswa adalah kita tidak perlu menunjukkan bukti finansial karena biaya hidup dan belajar kita ditanggung dari beasiswa tersebut, apalagi kalau jumlah beasiswa yang diberikan cukup besar bahkan menanggung semua pengeluaran di luar biaya kuliah dan biaya hidup (misalnya transportasi/tiket pesawat).

      • elishaztj said

        Dear mbak Dina & kawan2 yg lain,

        thx b4 u informasi2 sebelumnya :)

        saya mau bertanya ttg biaya2 untuk persiapan keberangkatan awal harus ditanggung sendiri dahulu itu contohnya biaya2 seperti apa ya mbak? apakah tiket pesawat waktu berangkat ditanggung kita sendiri juga?

      • elishaztj said

        Hi all,

        thx b4 u sharing dan info2nya :)

        di atas Emundus menyebutkan bahwa biaya2 untuk persiapan keberangkatan awal harus ditanggung sendiri dulu.

        mungkin bisa dijelaskan lbh spesifik lagi mengenai biaya2 tersebut?

        trims :D

      • emundus said

        biaya paling signifikan adalah biaya tiket pesawat.
        biaya lainnya misalnya:
        - visa (tidak semua negara mengenakan biaya visa untuk penerima beasiswa)
        - tiket kereta/transportasi lain
        - persiapan biaya hidup selama 1-2 bulan pertama (jaga2 kalau beasiswanya telat)
        - persiapan biaya setup awal (uang jaminan asrama/apartment, uang urus resident permit, dll)

  47. vina said

    Apakah ada program untuk lanjutan D3 ke S1? atau program S1 yang full schollarship. Bagaimana proses pengajuan apakah sama dengan program S2/S3 ? dan chance-nya jg

  48. Jalil said

    Salam kenal dari Jalil,

    Saya berharap untuk bisa mendapatkan alamat e-mail ataupun nomor telepon alumni Erasmus Mundus yang baru saja menyelesaikan studinya. Saya berharap bisa mendapat informasi langsung seputar beasiswa tersebut.

    Terima kasih atas bantuannya.

    Salam,

    Abdul Jalil

    • emundus said

      Silahkan langsung saja datang ke kegiatan promo EM yang jadwalnya ada di http://emundus.wordpress.com

      • Jalil said

        Terima Kasih atas infonya..

        MAAF saya lupa memberitahukan kalau saya berdomisili di Makassar, Sulawesi Selatan, jadi kira2 untuk informasi bisa dapat dari mana yah selain dari internet? Saya harap ada contact person yang bisa saya telepon atau e-mail untuk informasi yang lebih detail.

        Terima Kasih.

        Best Regards,

        Abdul Jalil

      • emundus said

        Untuk EM, karena seluruh informasi sudah blak-blakan step-by-step dijelaskan di blog ini, dan di website setiap program, maka untuk application, sepertinya tinggal baca baik2 dan mengikuti langkah2nya saja..

        EM ini adalah beasiswa, bukan badan pendidikan, sehingga tidak ada contact person (bila dibandingkan dengan badan pendidikan dari negara2 lain yang memiliki kantor representatif dan contact person di Indonesia).

        Bila ada pertanyaan/informasi yang dibutuhkan silahkan sampaikan saja melalui comment di blog ini, biar bisa dijawab ramai2..

  49. Aaron Brata Aditama said

    Saya sudah apply untuk program EMSE, DMKM, dan CIMET. Tetapi sampai sekarang kok hanya dapat pengumuman dari EMSE. Saya belum menerima pengumuman dari CIMET dan DMKM. Apa sebaiknya saya mengirim email ke mereka untuk menanyakan hal ini?

    • emundus said

      coba dibaca lagi websitenya baik2.. apakah ada informasi kapan dan akankah mereka memberi pengumuman ke semua kandidat..

      untuk CIMET misalnya ada di:
      http://cimet.hig.no/faq1.html#post

      I would like to know when I will find out if I finally got the Erasmus Mundus Scholarship or the Consortium Scholarship.

      As soon as the European Commission, through the Education Executive Agency will have checked the eligibility and cases of double admission to different Erasmus Mundus MSc courses.

      be patient aja lah.. kalau memang dapat scholarship, maka pemberitahuannya ga akan salah alamat..

  50. devi said

    saya sgt tertarik dgn program beasiswa Em. saya sdh bnyk cari info lwt internet (situs or blog),tp msh ada bbrp hal yg belum jelas yg ingin saya tanyakan. maaf klo pertanyaannya banyak..
    1. saya sdh buka website program yg ingin saya tuju, tapi ada beberapa info yg ga sinkron. di bagian “Home” ditulis “Application for an extra-EU student are now closed”, tapi kok di bagian “Call for International Scholars” ditulis deadline-nya tgl 1 May 2010. itu gmn ya maksudnya?

    2. klo ngadain korespondensi sm sekretariatnya apa boleh? gmn cara memulainya?

    3. ada ga sekretariat or besecamp EM ato alumni EM di yogya? atau ada CP yg bisa dihubungi (via tlp, sms)?

    mungkin segitu dulu ya. thx a huge utk jwbnnya.. :)

    • emundus said

      1. EM scholar itu adalah beasiswa untuk peneliti, dosen, pengajar.

      2. silahkan saja, kan ada alamat contact us nya di website.

      3. banyak.. kemarin pun baru habis presentasi di UGM. untuk alasan privasi, contact profile mereka tidak bisa diberikan. silahkan gunakan blog ini semaksimal mgkn untuk tanya jawab.

      • devi said

        apa di eropa “student” n “scholar” itu artinya beda ya?

        saya sdh coba tny ke email sekretariatnya, tepatnya kemarin (11/03), tapi hr ini (12/03) blm dibls. apa itu normal? saya khawatir email saya dicuekin.. T.T

        saya anak UGM,nyesel deh ga ikut presentasi EM di jobfer kmrn. biasanya pengumuman presentasi EM lwt mn?

        thx jwbnnya.

      • emundus said

        devi, istilah student dan scholar yang digunakan di sini, adalah related dengan beasiswa EM saja.. tidak ada hubungannya dengan definisi di eropa..

        untuk EM student, ada 2 yang ditawarkan: EMMC (S2, 1-2 tahun) dan EMJD (S3, durasi tergantung program),

        untuk EM scholar, durasinya maksimal adalah 3 bulan..
        salah satu contoh tawaran untuk scholar ada di sini: http://www.imess.eu/fellowship.php
        kualifikasi yang dibutuhkan pada umumnya adalah sudah memegang gelar PhD.

        utnuk email, up to 2 weeks ya.. mereka kan bukan hotline yang 24×7 bisa balas email. mereka adalah akademisi2 yang mungkin juga sangat sibuk di universitasnya.

        pengumuman presentasi EM ada di halaman utama blog ini.
        anyway, seluruh informasi “detail” EM adanya bukan di presentasi, tetapi di website setiap program EM. presentasi hanya bertujuan untuk “mengenalkan” beasiswa EM, “sharing experience”, dan “temu muka”..

  51. Joni said

    saya, baru saja beberapa hari ini tau tentang beasisw EM dari Koran. yang ingin saya tanyakan:

    1. apakah ada formasi berasiswa untuk statistik terapan?.
    2. Berapa batas minimum Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sebagai syaratnya?. thanx.

  52. Devi said

    berarti emang maksud kata student n scholar itu beda ya? jd merasa bodoh.. soalnya kmrn saya tnykan ttg itu ke sekretariatnya.

    o iya ya.. jadi harus sabar ya nunggu blsnnya? hehe..
    tp ga dibls jg gpp deh. berarti peluang utk bs ikut program 2010/2011 sdh ga ada. soalnya aplikasi utk non-EU studentnya sdh tutup.. T.T

    sebenernya saya mau tanya2 langsung ke mba/mas alumni EM di stan yg di UGM waktu itu, saya malah sudah menyiapkan list pertanyaannya. tapi di hari ke-2 waktu saya dtg, stannya dah tutup. =(

    klo utk TOEFL, yg menentukan itu pihak konsorsium atau komisi eropa? soalnya di websitenya ga ada keterangan jenis TOEFL-nya, bahkan cuma ditulis “all supported document” aja. klo seperti itu apa TOEFL ITP aja sdh bs diterima? biasanya utk di eropa secara umum pke TOEFL apa?

    thanx jwbnnya ya, emundus..

  53. Dear Emundus,

    Saya tertarik sekali untuk apply untuk scholarship EM ini.
    Saya adalah lulusan dari universitas swasta jurusan teknik informatika dan bekerja di perbankan skrg.
    Saya ingin apply utk program master di bidang manajemen.
    Yg mau saya tanyakan adalah apakah probabilitas lulusan universitas swasta lebih kecil dibandingkan lulusan PTN yg terkenal spt UI/UGM/ITB?
    Mohon informasinya.
    Terima kasih.

    Regards,
    Robin

    • emundus said

      Tidak dong.. kalau memang kualifikasi anda dan rekomendasi akan diri anda lebih baik dari applicant lainnya, tentunya anda lebih berpeluang..

      • Well, thanks buat infonya yg sangat melegakan..
        Krn dari bbrp awardees yg saya tau, rata2 lulusan univ tsb.. Jadi ngeliat statistik spt itu, saya jadi berpikir apakah mungkin terjadi hal spt itu..

        Objectivity surely relieves me :)

        Mudah2an tahun depan saya bisa post kabar baik bahwa saya telah diterima di salah satu program yg saya apply :)

        Thanks buat respon-nya.

        Regards,
        Robin

  54. Robin said

    Dear Emundus,

    Saya ada pertanyaan lagi berkenaan dengan respon yg kemari di mana anda mengatakan mengenai rekomendasi yg lebih baik.

    Di website program yg mau saya ambil, salah satu application documentation-nya adalah: Two letters of recommendation, preferably from the university or institute that awarded the first degree.

    Skrg kondisi saya sudah bekerja selama hampir 2 tahun.

    Apakah menurut opini anda:
    - lebih baik memberikan 2 surat rekomendasi dari universitas (melihat penekanan kata preferably)
    - lebih baik memberikan 1 surat rekomendasi dari universitas dan 1 surat rekomendasi dari perusahaan
    - atau mungkin lebih baik memberikan 3 surat rekomendasi: 2 dari universitas dan 1 dari perusahaan.

    Untuk tambahan informasi, di application form-nya disebutkan mengenai diperbolehkannya surat rekomendasi dari perusahaan apabila kita sudah bekerja.

    Melihat bbrp hal di atas, opini dari anda akan sangat membantu saya.

    Mohon bantuan dan opininya utk hal ini ya.

    Thanks so much.

    Regards,
    Robin

    • emundus said

      OK, perlu dipahami dulu, bahwa surat rekomendasi ini adalah untuk kepentingan akademik. sehingga isinya lebih baik menitik beratkan mengenai kesesuaian kualifikasi (khususnya akademik) anda dengan program yang dituju. titik beratnya bukan mengenai hardwork anda, mudah bersosialisasi, dll (social skills yang umumnya lebih penting dalam hal mencari kerja).

      Sekarang pertanyaannya begini. Apakah menurut anda, rekomendasi dari perusahaan bisa memberikan “nilai kuat” bagi aplikasi anda? (misal: karena bidang pekerjaan sesuai dengan program yang dituju, atau si pemberi rekomendasi dari perusahaan adalah orang yang kompeten di bidang yang sesuai dengan program yang dituju).

      Bila ya, maka rekomendasi dari perusahaan adalah perlu. apalagi pglman kerja sudah 2 tahun sehingga si pemberi rekomendasi (atasan) sudah cukup mengenal anda dan minat anda di bidang tsb. Bila tidak, maka 2 rekomendasi dari universitas adalah pilihan yang lebih baik.

      Untuk 3 surat rekomendasi juga dimungkinkan, hanya saja anda perlu berkonsultasi dengan konsorsium untuk hal ini.
      pilihan ini seperti pedang bermata dua. bisa berdampak positif maupun negatif.
      beberapa pertimbangan :
      - bisa mendapatkan 3 surat bisa berarti baik, karena banyak yang mau memberi rekomendasi
      - konsorsium itu menerima ratusan, bahkan mungkin ribuan aplikasi dari seluruh dunia. kalau setiap applicant “nego” mengenai maunya sendiri, bayangkan repotnya konsorsium
      - beberapa konsorsium memiliki bobot tertentu untuk setiap komponen, misal: 10% untuk TOEFL, 30% untuk akademis, 20% untuk surat rekomendasi, dll. nah kalau ada yang submit 2 surat, ada yang submit 3 surat, maka mereka akan diuji objektivitasnya untuk menentukan standar penilaian (supaya adil antara yang submit 2 dan 3) –> mungkin tidak mudah.
      - anda dianggap tidak bisa menentukan prioritas. kalau anda punya 3 senjata untuk suatu kompetisi, dan anda cuma bisa bawa 2 senjata, maka pilihlah 2 yang terbaik, yang paling besar kemungkinannya untuk memberikan anda kemenangan. jangan bawa 3-3nya, bisa2 anda didiskualifikasi..

      yah silahkan direnungkan, masih sangat banyak waktu menjelang dibukanya pendaftaran EM 2011..

      disclaimer ON yah, semua pendapat di atas adalah opini pribadi. tindakan anda adalah keputusan anda sendiri.

      • Robin said

        Wow, thanks banget ya..

        Penjelasannya komplit banget..

        Surely consider your opinion without forgetting the disclaimer part though :D

        Seluruhnya pasti keputusan dan tanggung jawab saya.

        However, thank you Emundus!!!

        Regards,
        Robin

  55. iyoh said

    saya senang dengan adanya blog ini,,bisa menambah wawasan tentang erasmus mundus,,
    saya ingin nanya: beasiswa erasmus mundus diadakannya tiap tahun apa tidak?
    saya mahasiswi semester 8 jurusan pendidikan biologi,,,bulan apa kira2 pembukaan beasiswa untuk program pendidikan,?
    terima kasih tas jawabannya,,

  56. agung budiono said

    Mohon informasi, saya apply ke EMECW program kerjasama antara UGM dan EU. Saya menerima email yang mengabarkan saya terseleksi untuk menerima beasiswa tersebut. Saya cek di Main List kode application saya tertera di sana. Permasalahannya, saya bingung langkah apa yang seharusnya saya lakukan berikutnya? Saya belum mendapat jawaban yang memuaskan dari pihak kampus (UGM). Terima kasih.

  57. Devi said

    Hi, saya baru pertama kali berkunjung di situs ini. Saya tertarik dengan beasiswa EM ini. Mohon bantuannya agar saya dapat search beasiswa tsb. Saya adalah seorang dokter yang saat ini sedang bekerja di sebuah perusahaan obat di Jakarta. Sebelumnya saya bekerja di NGO di Aceh dan Papua.
    Saya tertarik untuk mengambil Master of Public Health.

    Thanks

    • emundus said

      silahkan baca secara seksama petunjuk di http://emundus.wordpress.com
      bila sudah menentukan tertarik di Master of Public Health, langsung kunjungi websitenya untuk mendapatkan informasi detail. untuk pendaftaran EM 2011, website Master of Public Health baru akan diupdate sekitar sep/okt 2010.

  58. haris said

    aku sangat tertarik dengan beasiswa EM ne. tapi jujur, aku belum terlalu mengerti dengan apa yang ditawarkan oleh EM. yang saya mo tanyakan adalah, universitas yang terkait dengan EM, apakah ada yang menawarkan beasiswa di bidang ekonomi, khususnya ilmu pembangunan?
    terima kasih

  59. sonya said

    salam kenal semua,
    saya mahasiswa semester 2 psikologi, saya baru pertama kali mengunjungi website ini dan saya sangat tertarik kepada beasiswa EM. mohon bantuan tentang informasi lebih lanjut mengenai EM. saya juga punya pertanyaan, apakah dalam syarat pengajuan scholarship nanti keaktifan dalam organisasi saat kuliah ikut diperhitungkan? kemudian, dalam site dikatakan bahwa tuition diberikan saat sudah sampai di Eropa, kalau begitu kira-kira berapa biaya yang harus kita siapkan terlebih dahulu untuk berangkat ke Eropa sampai tuition diberikan?
    terima kasih.

    • emundus said

      keaktifan organisasi bisa menjadi nilai tambah, tetapi seberapa besar pengaruhnya tergantung pada kebijakan konsosrsium. yang utama tetaplah kesesuaian minat, latar belakang, visi, dan tujuan anda dengan bidang yang di-apply.

      untuk persiapan berangkat ke eropa, komponen dasarnya:
      - pesawat (silahkan di cek saja harga di maskapai2 international untuk penerbangan ke negara tujuan anda, range sekitar 600-1200 EUR)
      - visa (tergantung negara, ada beberapa yang menggratiskan)
      - beli keperluan2 dasar dari indonesia – seperlunya (sweater, kaos kaki tebal, dll)
      - biaya hidup untuk 1-2 bulan pertama (besarnya tergantung kota, bisa ditanyakan ke PPI setempat kalau sudah tahu akan ditempatkan dimana)

      pada intinya, biaya dasar ini jangan dipikirkan dulu untuk skrg, fokus pada aplikasi saja dulu. kalau sudah positif diterima, nanti akan banyak jalan..

  60. rNest said

    dear emundus,
    saya tertarik buat daftar beberapa program untuk EM 2011. rencananya, saat ini mau cari-cari info program2 yang saya incar. pertanyaan saya, apakah ada kemungkinan program yang ditawarkan tahun-tahun lalu, tidak ditawarkan lagi tahun depan?

    selain itu, saya juga mau bertanya, gimana ya kehidupan kampus di eropa? apakah ada student clubs, volunteer work atau union, untuk beraktivitas di luar kegiatan kampus? kebetulan saya sedang mempertimbangkan untuk apply ke salah satu univ di australia, dan univ tersebut menawarkan banyak kesempatan untuk menambah network dan pengalaman lewat kegiatan-kegiatan non akademisnya. saya penasaran apakah di eropa, kita akan mempunyai kesempatan yang serupa.

    terima kasih yaa.

    • emundus said

      setiap tahun cuma boleh daftar ke maksimal 3 program ya.

      kemungkinan “program yang ditawarkan tahun-tahun lalu, tidak ditawarkan lagi tahun depan” tentu saja ada, tetapi sangat kecil.. biasanya terjadi di akhir periode skema EM.
      sebagai contoh: program EMCL (european masters in computational logic), ditawarkan di 2004-2009, tetapi di 2010-2014 sudah tidak ditawarkan lagi. programnya tetap ada, tetapi pendanaan beasiswanya tidak dari erasmus mundus lagi.

      kerhidupan kampus: terlalu general untuk dijawab, karena kampus di eropa yang terlibat erasmus mundus juga beragam. tetapi hal2 yang kamu sebutkan di atas, dimiliki oleh banyak universitas. jangankan di eropa, di indonesia hal2 tsb juga ditawarkan oleh banyak kampus.

      anyway kalau kamu sudah pilih programnya, kamu bisa lihat universitas mana saja yang berpartisipasi dlm program tsb, dan bisa cek langsung di website univ tsb untuk melihat hal2 menarik apa saja yang ditawarkan.

  61. Sarah said

    Dear Emundus,

    Saya alumni FISIP UI ’05, sekarang kerja di Pemda. Saya berencana apply MUNDUS MAPP en EMTM. Ada yang pernah apply?^_^
    Udah baca situsnya, tp saya masih bingung dg bbrp persyaratan.
    - Proposal research itu harus sedetail kyk rancangan skripsi gitu ya?or gambaran umum aja? trus (andaikan diterima) apakah proposal itu harus dijadiin topik tesis? proposal research saya tentu ttg Indonesia, nah apa saya musti balik ke Indonesia pas nyusun tesis?
    - Beneran ya surat rekomendasi boleh dikirimkan lewat surat (gak lewat online)? apakah mempengaruhi peluang diterima?
    - Saya ga nemuin syarat minimal dua tahun pengalaman. Beneran gitu ya?
    - Toefl Institusional itu sama dengan Toefl Paper Based gak ya? Pernah ada yg ngelamar pake TOEFL Institusional gak? Saya tinggal di daerah, jadi kalo mau TOEFL International harus ke jakarta.
    - saya kan mau apply dua program. apa itu artinya saya perlu 4 surat rekomendasi?

    Mohon jawabannya yaaa……..
    Maaf kebanyakan nanya..takutnya saya salah baca info di situsnya…
    Thanx a lot…

    • emundus said

      saya coba jawab yang saya bisa:
      - surat rekomendasi: tergantung syarat yang ditetapkan konsorsium tsb. melalui surat seharusnya lebih resmi karena ada tanda tangan dan cap dari pemberi rekomendasi.

      - pengalaman kerja: syarat ini berbeda2 antara tiap program, jadi kalau memang tidak dicantumkan ya berarti tidak dipersyaratkan untuk program tsb.

      - TOEFL: TOEFL international itu ada 3 macam, salah satunya paper-based (sudah jarang). TOEFL institusional tidak sama dengan TOEFL international, dan kami tidak pernah me-recommend untuk apply menggunakan TOEFL institusional. sayang saja kalau sudah bayak persiapan, dan kirim mahal2, tetapi hanya gagal karena TOEFL institusional.

      - apply 2 program: ya tergantung, berapa surat rekomendasi yang dibutuhkan masing2 program tsb. 1 surat rekomendasi untuk 1 program hanya bisa digunakan untuk program tsb. setiap program memiliki jalur pendaftaran dan seleksi yang berbeda2, oleh sebab itu, complete application harus dikirimkan ke setiap program. tidak ada dokumen apapun yang bisa digabungkan untuk pendaftaran program yang berbeda.

      intinya persyaratan tiap program berbeda2.
      hanya ikuti semua petunjuk dan persyaratan yang ada di website program.
      jangan mudah percaya dengan kata/pengalaman orang begini begitu, pedoman utama anda adalah website program.

      • Sarah said

        thanx a lot ya…

        btw dulu nyusun proposal research-nya gimana?sedetail rancangan skripsi gitu?trus lokasi riset-nya udah harus dimasukin dalam proposal ya?

        makasiiihhh……….^_^

      • emundus said

        well, tidak pernah ada patokan resmi mengenai seberap detail proposal yang harus diajukan. namun anggap saja kamu ikut tender sebuah proyek. dan proyeknya itu namanya beasiswa yang akan kasih kamu 24000 EUR/tahun untuk sekolah. tentunya kamu akan bikin proposal sebagus2nya kan untuk memenangkan proyek ini.

        setelah membuat proposal, biasakan untuk minta pendapat dari bbrp orang, mulai dari yang memang menekuni bidang tsb, maupun orang awam. pastikan isi proposal itu objektif, mudah dimengerti, dan menggunakan grammar yang benar.

        lokasi riset tentunya tergantung mobility yang ditetapkan konsorsiumnya. apakah mereka sudah menentukan semester sekian di universitas mana, atau belum. anyway, bila memang universitas tempat akan melakukan research belum ditentukan, tentu saja kamu bisa aktif dengan bilang “saya tertarik untuk research di univ A karena mereka kuat dalam bidang …” (catatan: setiap univ yang tergabung dalam konsorsium memang biasanya punya yang disebut “local strength”, kekuatan research di bidang tertentu. untuk mengetahui local strength dari setiap univ, tentunya kamu harus liat2 website univ bersangkutan)

        selamat mencoba.

      • Sarah said

        Mau nanya lagi..klo Graduate School Recommendation Form itu maksudnya surat rekomendasi dari professor di kampus ya? trus Business School Recommendation Form maksudnya rekomendasi dari atasan kantor?Itu dr MUNDUS MAPP..thanx a lot..

      • emundus said

        kasih link halaman-nya juga dong bu..
        tinggal copy paste aja kan..

    • Sarah, meski di daerah, untuk TOEFL internasional tidak harus ke Jakarta. Ada test centre lain di luar Jakarta. Terakhir saya periksa di situs resminya TOEFL internasional bisa dilakukan di: Bandung, Batam, Denpasar, Jakarta, Malang, Medan, Pekanbaru, Salatiga, Samarinda, Semarang, Surabaya, Yogyakarta.

      Mungkin bisa hubungi IIEF Jakarta (telepon/email) untuk dapat info alamat lengkapnya. Atau cari sendiri dengan bikin account online seolah-olah mau daftar tes TOEFL online, lalu pilih kota terdekat dan dapatkan alamat test centre terdekat. Baru setelah itu, langsung hub test centre tsb.

      http://indoem.info/articles/toefl

    • Eka said

      Dear Sarah, saya Eka alumni FISIP USU 2005. Saya tertarik juga dengan program EMTM untuk thn ini. Mendapati komentar anda disini tertanggal 2 thn lalu, apakah anda telah menjadi alumni EM juga? Bolehkah saya mengetahui alamat email atau no kontak sdr sekedar untuk sharing tentang segala persiapan teknis persyaratan seleksi EMTM ini?
      Tks untuk responsnya

      Regards :)

  62. Sarah said

    https://apply.embark.com/Grad/CEU/66/recstatus.asp..
    thanx ya..

    • emundus said

      kok linknya bukan dari webnya Mundus MAPP?
      anda ketemu kata2 “Business School Recommendation Form” itu dari link mana?

    • Halo,

      Menurut saya, Graduate School/Business School Recommendation Form itu sama saja. Menurut FAQ-nya, intinya adalah mengirimkan surat rekomendasi dari faculty members atau job supervisor.

      Perbedaan di step 4 di online application hanya di templatenya. Graduate School Rec Form template itu general, sedang Business School Rec Form spesifik untuk CEU Business School. Melihat MAPP di-host oleh Dept of Public Policy (bukan Business School, koreksi saya jika salah), template yang lebih tepat adalah yang general.

      Ini menurut saya loh :)

      • sarah said

        Awalnya saya kira, surat rekomendasi dari atasan kantor dan profesor kampus menggunakan dua format berbeda, tapi pas diliat2 kok yg Business School Recommendation jadi buat CEU Business School, bukan Public Policy..Jadinya saya jg ragu mau gimana..thanx a lot buat infonya..

      • emundus said

        menurut saya, bulan2 ini belumlah bulan2 pendaftaran. jadi ada kemungkinan link/keterangan di website/form pendaftaran belum diupdate lagi..

      • sarah said

        hehe..iya saya cm mw prepare aj..thanx a lot emundus

  63. deviharleyana said

    Hi Emundus,
    saya tertarik bgt dgn beasiswa ini. masalahnya adalah saya kurang pede dengan IPK saya yg pas2an.
    pertanyaan utama: apakah IPK adalah yg paling menentukan dalam penilaian dari konsorsium? rata2 batas minimal IPK brp ya?
    kedua,gmn dgn letter of motivation qt, seberapa besar perannya sbg bahan pertimbangan pihak konsorsium?
    terakhir, brp batas skor toefl yang aman utk apply?
    thx bgt jwbnnya, Emundus…

    • emundus said

      1: banyak faktor yang menentukan, tetapi memang salah satunya adalah IPK..
      2: beberapa konsorsium menyatakan bobot persentase setiap komponen, bisa dilihat di website program tsb (kalau memang mereka menyatakannya)
      3: pasti ada batas nilainya, tiap program beda2 (cek website)

  64. Sarah said

    Dear Emundus,

    Its sarah (again ^_^). Ada beasiswa pemerintah lain yg memungkinkan pelamar utk berkomunikasi dg profesor di kampus tujuan supaya bisa dpt recommendation letter dr kampus tujuan. Apakah Erasmus Mundus juga gitu?Saya udah browsing di dua beasiswa tujuan (EMTM dan MUNDUS MAPP), tp ga nemu email address dosen2. pas saya nanya ke sekretariatnya (kurang lebih gini: Is it possible if I could get an email address from a professor there? I want to consult about my proposal research, and hopefuly could get a recommendation letter) malah dapet jawaban gini:

    “Please refer to our website http://www.emtmmaster.net to find more information
    concerning the EMTM programme, fees and scholarships, all admission
    criteria and the application procedure (which you should follow
    step-by-step).
    Please consult application categories and their corresponding deadlines.
    In case you decide to apply for the Erasmus Mundus European Master in
    Tourism Management 2011/2013 edition, please note that the next call for
    application will open in October 2010.”

    > Nah apakah ini jawaban halus yg brarti ga bs dapet email-nya, atw emang email saya yg salah?
    thanx a lot emundus..

    • emundus said

      Saya tidak menyalahkan kalau reply mereka seperti itu, alasannya:
      1. Saat ini belum buka pendaftaran untuk EM 2011
      2. Menurut hemat mereka, kalau seluruh informasi sudah tersedia di website, kenapa kamu harus contact profesornya secara langsung? Akan berbeda mungkin kalau dalam email itu kamu mengajukan pertanyaan yang memang jawabannya tidak bisa ditemukan di website.
      3. Sekretariat tidak murni mengurusi program2 Erasmus Mundus saja. Bisa jadi mereka juga mengurusi program reguler di univ bersangkutan, jadi mohon dipahami workload mereka juga berat sehingga sudah ada format jawaban standar.

      Untuk cari alamat email profesor, banyak jalan.. harus lebih kreatif..
      Contoh:
      1. Saya query di google dengan keyword “university ljubjana erasmus mundus tourism”
      2. Salah satu hasilnya adalah http://www.mastersportal.eu/students/browse/programme/12122/european-master-in-tourism-management.html
      3. Ada nama Prof. Tanja Mihalic, Ph.D. sebagai Programme Director
      4. Kamu bisa google lagi untuk nama Prof tsb, pasti ktemu alamat email beliau
      5. Atau bisa juga menggunakan link di mastersportal.eu untuk contact ke Prof tsb
      http://www.mastersportal.eu/students/browse/contact/7963/prof-tanja-mihalic-phd.html

      Ini cuma salah satu cara..
      Mungkin ada cara2 lainnya..
      Just be creative..

      • Sarah said

        is it okay klo kita coba contact Profesor?taun lalu ada tmn saya yg apply beasiswa taiwan, en dy udah mulai contact professor disana en finally bisa dpt surat rekomendasi dr beliau sampe akhirnya dy diterima. Background saya ga terlalu cocok dg EMTM, so saya berencana dpt dr professor di EMTM. Klo di eramus mundus, hal ini diijinkan gak ya?

        thank you.

      • emundus said

        maksudnya contact dengan profesor di EMTM supaya bisa dapat beasiswa EM?

        mungkin saja sih.. akan lebih mudah dan nyambung kalau yang kamu contact adalah koordinator lokal untuk EMTM di universitas tsb.. walaupun untuk surat rekomendasi tetap harus dari referee lain, karena si profesor di EMTM kan sebagai penilai dan penentu aplikasi kamu.

        kalau yang di taiwan, kemungkinan beda kasus. mgkn beasiswanya dari univ atau dari pemerintah sehingga profesor di univ tsb bisa memberikan surat rekomendasi, karena si prof bukanlah pengambil kebijakan siapa yang akan diberikan beasiswa.

  65. Devi said

    Hi, saya Devi. Saya baru baca beberapa comment tentang beasiswa.
    Saya tertarik dengan beasiswa EM, tetapi IPK saya termasuk jeblok (2,4) dan bahasa Inggris saya tidak terasah (belum pernah mencoba TOEFL). Sehingga saya agak kurang percaya diri untuk mencoba mendaftar. Sebelumnya saya sudah pernah bekerja dgn NGO di Aceh dan Papua. Apakah rekomendasi dari tempat saya dahulu bekerja dapat membantu? Karena sekarang saya bekerja di Jakarta dengan sebuah perusahaan komersial. Saya tertarik untuk mengambil bidang yang berhubungan dengan Reproduction Health ataupun HIV/AIDS (latar belakang saya adalah kedokteran umum). Mohon sarannya, website apa yang harus saya buka untuk mendapatkan info lebih jelas dan rekomendasi siapa saja yang bermanfaat untuk EM.

    Thanks

  66. oscar said

    Hi, nama saya Oscar.
    Pada Februari lalu saya apply ke program EM QEM dan MMEF, dan 2 bulan lalu dinyatakan tidak berhasil pada program EM QEM. Namun minggu lalu saya menerima email dari universitas yang bersangkutan kalau saya diterima pada program MMEF `tahun pertama` dan untuk tahun kedua jalur akselerasi yang joint dengan program QEM masih dalam evaluasi. Namun, untuk beasiswa EM sendiri, dalam email tersebut jika saya berhasil mendapat beasiswa EM, maka akan dikabarkan secara terpisah. Dan, setelah kurang lebih tiga hari menunggu, belum ada kabar, padahal saya harus mengkonfirmsikan keikutertaan saya dalam program di universitas yang bersangkutan dalam 1 minggu.
    Pertanyaan saya, bagaimana caranya untuk mengetahui daftar nama penerima EM tahun ini? mohon bantuannya, khususnya alumnus QEM.
    Terima kasih.

    • emundus said

      pada saat ini, seluruh daftar penerima EM seharusnya sudah di-final-kan..
      jadi kalau anda memang tidak dapat notifikasi apapun, baik dari konsorsium, universitas, ataupun pihak Delegasi EU untuk Indonesia, maka sepertinya memang anda tidak dapat EM.

      kalau anda masih ragu juga, coba kirimkan email formal mengenai pertanyaan ini disertai:
      - nama lengkap (atau nama yang digunakan saat pendaftaran)
      - email yang digunakan saat pendaftaran
      - tempat, tgl lahir
      - program yang di-apply
      - asal universitas S1

      ke indoem.contact (at) gmail.com
      nanti saya coba follow-up pertanyaannya ke Delegasi EU.

  67. Ferry said

    dear emundus,

    setiap program EMMC kan mensyaratkan transkrip dan ijazah yang dilegalisir. Pertanyaannya, kalau kita apply EMMC sethaun setelah kita lulus, perlukah legalisasi terbaru atau boleh pakai legalisasi pada saat kita lulus (hanya beda tanggal dan no legalisasi sih)?

    mungkin EM awardee yang tidak langsung melanjutkan S2 setelah lulus bisa bantu,
    thx

    • emundus said

      tidak masalah sih pakai legalisasi dari tahun sebelumnya.
      saat apply EM saya juga sudah lulus 2 tahun sebelumnya dan tidak ada masalah.
      yang penting legalisirnya valid.

  68. Sarah said

    Dear Emundus,

    Saya baca di website Mundus MAPP ada persyaratan gini`:
    Bachelors degree (completed at least three years of undergraduate study – normally at least Second Class

    Itu artinya applicant harus lulus minimal 3 tahun dari S1 nya atau gimana ya?
    Ini linknya http://www.mundusmapp.org/admiss/require.htm
    Thanx ya

    • emundus said

      di beberapa negara, bachelor degree bisa diraih dalam 3 tahun..
      kalau di indonesia, umumnya 8 semester/4 tahun kan?
      berarti qualified dong..

      second class adalah kriteria kelulusan, silahkan googling untuk mencari definisi second class.

  69. rahmah eldi said

    Hello Emundus

    Mau nanya ada gk yang pernah ngambil European Master program In System Dinamics…saya mau tahu banyak tentang infonya, karen tertarik..

    Terima kasih sebelumnya

  70. rahmah eldi said

    Dear Emundus,
    Saya Rahmah..saya lulusan S1 Hubungan Internasional dan tertarik dengan European Master Programme in System Dynamics…ada gk syarat2 khusus untuk ikut program ini? ada gk yang pernah ambil program ini bagi infonya dong…trus apakah jurusan saya boleh ngambil program ini? mohon petunjuk & Jawabannya…atas bantuan saya ucapkan banyak terima kasih..

    Best Regards
    Rahmah eldi

    • emundus said

      syarat, latar blkg jurusan >> baca di websitenya

      yang pernah ambil program ini >> jangan berharap banyak, maju aja sendiri, pede..

      • rahmah eldi said

        Saya dah baca website EMPSD…Language requirement for admission *TOEFL >550 (Paper based),> 233 (computer based),> 79 (internet based)
        Apakah saya harus memenuhi semua or salah satunya, saya takut salah persiapan.

        makasih

      • emundus said

        salah satu saja dong.
        ketiganya kan sama-sama TOEFL, beda media testnya saja.
        note: untuk CBT sudah tdk ditawarkan lagi.

        untuk jadwal dan tempat lokasi tes, refer ke http://www.ets.org

      • Menegaskan lagi: terakhir saya cek di situs ETS, di Indonesia, hanya ditawarkan TOEFL iBT (Internet-based Test). Jadi kalau mau ambil TOEFL, sebaiknya nyaman mengerjakan tes dg komputer. Kalau tidak, ambil IELTS. Lebih mahal USD15 tapi masih pakai kertas. Kedua tes (versi resmi, internasional) ditawarkan di berbagai kota di Indonesia.

        Kamu hanya perlu satu hasil tes bahasa Inggris yang diakui. TOEFL dan IELTS adalah pilihannya.

        TOEFL: http://ets.org/toefl IELTS: http://ielts.org

        Raiza – indoem.info

  71. Muhammad Fajar Daniel said

    Saya sudah cek list yang diberikan oleh Erasmus Mundus akan tetapi sedikit sekali yang berhubungan dengan disiplin ilmu saya atau Teknik Sipil….ada sedikit yang mirip akan tetapi bahasanya menggunakan bahasa Spanyol dan Italy, hanya tahun terakhir menggunakan bahasa Inggris….
    Pertanyaan saya, apakah saya bisa mendaftar jurusan lain yang tidak berhubungan dengan teknik sipil?
    terima kasih

    • emundus said

      Tentu saja bisa, sepanjang program tersebut tidak mensyaratkan applicantnya harus berasal dari latar belakang jurusan tertentu.

  72. erna said

    Saya tertarik utk melamar beasiswa Erasmus Mundus utk program Doctor, namun saya masih bingung dgn skema pelaksanaan kuliah. Pada website program studi yg ingin saya tuju, disebutkan beberapa nama universitas yg mungkin menjalankan program tersebut, darimana saya dapat mengetahui di universitas mana nantinya kuliah utama akan diadakan? Kebetulan dua dari universitas tersebut ada di negara non-Bahasa Inggris.
    Untuk TOEFL, apakah bagi yang lulusan dari universitas di negara berbahasa Inggris masih harus melampirkan TOEFL?

    Terima kasih atas tanggapannya.

    • emundus said

      Biasanya sih skema mobilitasnya dinyatakan di websitenya.
      Bila tidak, maka mungkin ada di application form-nya.
      Bila tidak ada juga, anda bisa menghubungi konsorsium untuk menanyakan hal tsb.

      Negara non-Bahasa Inggris bisa saja menyelenggarakan kuliah dalam Bahasa Inggris.
      Untuk pertanyaan terakhir, ini tergantung kebijakan konsorsium. Namun, pada umumnya sih dibebaskan dari TOEFL asalkan ada keterangan resmi (misal: Diploma Supplement) yang menerangkan bahwa seluruh perkuliahan dilakukan dalam Bahasa Inggris.

  73. sri said

    Ka,aku mau tanya
    masih kurang jelas tentang dokumen2 yang harus dibuat dalam bentuk pdf& bhs.inggris,untuk ijazah,transkrip nilai,apa bentuk terjemahan ke bhs.inggrisnya juga harus di tandatangani oleh rektor seperti yg tertera di ijazah?lalu pa foto copy dari dokumen aslinya juga tetap dilampirkan?
    Terimakasih banyak ya Ka……

  74. lisa said

    Saya Lisa, mau tanya, apakah jurusan yang ditawarkan pada web untuk tahun 2010-2011 sudah fiks? Saya ingin mendaftar untuk jurusan komunikasi khususnya jurnalisme. Kok di web gak ada ya?

    • emundus said

      setiap tahunnya ada kemungkinan akan ada penambahan program2 baru.
      silahkan cek langsung di daftar program yang ditawarkan.
      program yang ditawarkan hanyalah yang tercantum di daftar tsb.
      linknya ada di http://emundus.wordpress.com/ (baca dulu artikelnya)

  75. Raisa said

    Kalo pake TOEFL institusional untuk apply EMMC boleh ga?

    Trimakasi

    • emundus said

      di masa lalu, ada special exception seperti itu untuk beberapa program.
      namun mengingat sekarang persaingan semakin ketat, dimana kelengkapan dan kevalidan dokumen menjadi salah satu nilai penting, maka tidak dianjurkan menggunakan institutional TOEFL.

  76. rahmah eldi said

    saya juga mau nanya, pada persyaratan form aplikasinya harus menyertakan 3 surat rekomendasi (3 letters of recommendation) saya bisa ambil rekomendasi ini dari mana yaa?

    makasih ya

    • emundus said

      fresh grad: tentunya dari lingkungan akademik, misal pembimbing akademik, ketua jurusan/departemen, dekan fakultas, bahkan rektor (bila memungkinkan)

      bagi yang sudah punya job experience: sertakan 1 recommendation letter dari supervisor/atasan tempat kerja

  77. rahmah eldi said

    Makasih atas penjelasannya tpi saya mau memperjelas lagi,karena saya sudah bekerja dan gk termasuk fresh grad lagi, jadi apakah sy harus menyertakan semua, dari lingkungan akademik & dari atasan tempat kerja saya?

    thank you

    • emundus said

      ya common practice-nya begitu.. karena aplikasinya untuk kepentingan akademik, ada bagusnya kalau salah satu pemberi rekomendasi berasal dari kalangan akademisi.

      yang perlu dipahami: syaratnya kan 3 surat rekomendasi, tidak ditentukan dari siapa saja..

  78. beni setiawan said

    Mohon informasinya.

    Saya telah memiliki master degree. Apakah masih ada peluang untuk mendapatkan second master degree melalui program EM?

    mohon pencerahannya

    • emundus said

      100% peluangnya.. ada kok yang sudah punya gelar S2 dan dapat EM lagi..

      • beni setiawan said

        trims informasinya…
        kalau begitu…pertanyaan selanjutnya..

        1. ijazah mana yang harus kita siapkan? mungkin jawabannya jelas dua-duanya ya.
        2. transkrip apakah juga dua-duanya? karena untuk yang S1 saya sudah tidak ada arsip lagi.

        terima kasih atas informasinya…

      • emundus said

        ijazah dan transkrip harus komplit yah..
        karena itu kan bukti kelulusan/gelar anda..

        selain itu jg perlu fotokopi yang asli dan terjemahannya (legalisir univ atau menggunakan penerjemah tersumpah)..

  79. Achmad said

    Hallo Emundus,

    Perkenalkan, nama saya Achmad. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas informasi yang disajikan di web ini, sangat bermanfaat. Saya memiliki ketertarikan untuk mendaftar IMESS. Adakah di antara alumni Emundus Indonesia yang pernah menerima beasiswa dari program ini? jika ada dan apabila berkenan, bisakah saya memperoleh informasi yang lebih rinci dari yang bersangkutan perihal program tsb.? terima kasih.

  80. yudi hermawan said

    saya sudah mendownload application formnya untuk program IMESS. mohon batuan apabila ada contoh pengisian form UCL yang graduate student application.
    thx^_^

  81. Rizal Rakhmat said

    hello
    saya ingin mengikuti beasiswa erasmus ini, saya tertarik dengan program Art: konsentrasi film dan drama. minta info untuk program tersebut.
    thx

  82. Rizal Rakhmat said

    maksudnya?

    • emundus said

      berusahalah mencari informasi terlebih dahulu sebelum bertanya..
      apalagi semua sudah dijelaskan step by step in detail di halaman utama http://emundus.wordpress.com

      kalau anda apply program “berbayar”, information office memang tempat untuk bertanya..
      tapi kalau “beasiswa”, butuh usaha lebih bung.. ga bisa cuma modal nanya..

  83. sarah said

    Dear emundus

    I have a lot of questions. plis answer ya.

    - Apakah surat rekomendasi harus berformat resmi (pake kop surat, nomor, perihal)?kebanyakan contoh surat rekomendasi hanya menjelaskan isi,jd saya blank soal format. Yg saya tau surat ini harus mencantumkan jabatan en cap stempel instansi pemberi rekomendasi.

    - Salah satu poin persyaratan(checklist of document to be posted di http://www.emtmmaster.net/) yang diminta ada ditulis “Others” . Saya menuliskan bbrp prestasi dan pengalaman kerja di CV, nah apakah “others” ini termasuk sertifikat/bukti cv saya?

    - Saya pernah menyumbangkan tulisan di sebuah jurnal. Jika saya membuat ringkasannya, bisakah ringkasan ini saya kirimkan juga sbg bagian dari “others”?

    thank u very much, emundus!

    • sarah said

      Oh ia, satu lagi ..hehe

      - Apakah program erasmus mundus akan menghubungi pemberi rekomendasi kita?rencananya saya mau minta surat rekomendasi dr profesor dan atasan, cm masalahnya atasan saya tidak bisa berbahasa inggris sehingga saya bingung klo beliau benar2 dihubungi erasmus mundus (saya kerja di pemda). thanx a lot

      • emundus said

        bisa saja.. why not?
        bisa melalui email, bisa juga melalui telp (skype), walaupun setahu saya lebih banyak yang via email (bila dihubungi).

        hmm, kl atasan kamu ga bisa bahasa inggris, gimana dia bikin surat rekomendasinya yah?

    • emundus said

      gpp pertanyaannya banyak, tapi kan berkualitas hehe..

      1. iya dong, sangat2 dianjurkan menggunakan kop surat universitas, tanda tangan, serta cap asli universitas/instansi.. bayangin aja kamu yang jadi penyeleksinya, tentunya akan lebih senang kalau suratnya bagus, jelas, dan terjamin asli kan?

      2. link lengkapnya harusnya ini ya http://www.udg.edu/ApplicationProcedure/ApplicationProcedureStepbyStep/tabid/14232/language/ca-ES/Default.aspx (gunakan klik kanan di link, pilih copy link location – firefox)
      others ini berarti kan dokumen2 lainnya yg menurut penilaian kamu bisa menambah “nilai jual” aplikasi kamu, yang belum termasuk dalam nomor 1-8, bisa saja termasuk sertifikat dan surat2 pendukung lainnya.

      3. yap sangat bisa.. apakah jurnalnya panjang? mengapa tidak dikirimkan jurnal lengkapnya saja? anyway, bisa juga dikirim ringkasannya, tapi ditambah kata2, jurnal lengkap bisa dikirim via email bila diminta.

      • sarah said

        - Klo utk surat rekomendasi, beliau minta saya yg bikin draft-nya in english en indonesia. ntar dia tinggal tanda tangan aja. masalahnya atasan yg saya maksud ini adalah wakil gubernur, jd kyknya keren aja dpt rekomendasi dr beliau. cm karna kendala bahasa, saya jadi ragu. apa bagusnya semua surat rekomendasi saya dr profesor kampus aja ya?

        - jurnalnya dlm bahasa indonesia sekitar 15 hlmn. lumayan klo translate smua.hehe

        thanx a lot.

      • emundus said

        - gmana kalau surat rekomendasi dari profesor, sedangkan surat si pak wagub ini dimasukkan ke others.. judulnya jangan surat rekomendasi, tetapi misal: surat referensi dari employer atau nama surat lainnya..

        - oo, ya memang lebih baik ringkasannya saja kalau begitu..

      • sarah said

        good idea, emundus!

        thanx a lot

      • emundus said

        personal opinion, kalau isi surat dari pak wagub ini berhubungan dengan potensi tourism di propinsi kamu yang bisa diberdayakan/ditingkatkan dengan kamu mengikuti EMTM, itu akan jadi point ++ banget sih.. karena ekspektasi implementasi apa yang didapat selama kuliah itu kan menjadi real, tidak hanya cita2 atau angan2 saja..

      • eep said

        Untuk rekomendasi dari wagub menurut saya akan berpengaruh apalagi Sarah ambil tourism ya??, terlebih lagi kalo di motivation letternya dicantumkan juga ingin kembali ke tempat bertugas dan mengembangkan tourism di sana, dengan adanya rekomendasi dari wagub, artinya sudah punya sarana pendukung untuk pengembangan tourism itu…tapi jika lihat dari kendala bahasa, saya setuju dengan saran dari emundus, rekomendasi dari professor dengan segala gelarnya itu…sedangkan dari wagub..bisa masuk surat referensi pendukung….kalo gak dibilang dari employer lebih bagus…jadi terkesan Sarah punya connection ke wagub bukan lewat jalur formal network..tapi lewat informal network yang nunjukin kemampuan networking Sarah….

      • sarah said

        oke. makasih banyak info dan sarannya ya.

  84. rizka anindya said

    saya mahasiswa s1 Hubungan Internasional saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan.
    1. Apakah beasiswa s2 yang bs dilakukan melalui erasmus mundus hanya list yang terdapat dalam link ini http://eacea.ec.europa.eu/erasmus_mundus/results_compendia/selected_projects_action_1_master_courses_en.php
    masalahnya saya tidak menemukan yang sesuai dengan studi s1 saya? Atau saya bisa mengajukan jurusan2 yang saya minati yang ada di website resmi universitas yang berkaitan misalnya lalu mengajukan ke erasmus mundus? mohon petunjuknya

    2. Jika rencana kelulusan saya adalah febuari 2011, maka program beasiswa s2 periode mana yang harus saya fokuskan kejar?

    3. Apakah universitas2 penerima beasiswa s2, dapat menerima SKL tapi bukan ijazah, karena universitas saya seringkali lama dalam pemrosesan ijazah.

    Terimakasih atas jawabannya..

    • emundus said

      1. Beasiswa EM hanya ditawarkan bagi program2 yang di link tsb. Kalau mau beasiswa EM, ya harus mengikuti daftar tsb, tidak bisa mengajukan program dari luar, sekalipun itu ditawarkan oleh univ yg termasuk dalam penyelenggara program EM

      2. EM 2011

      3. Bisa, dengan conditional acceptance. Baru akan diterima secara full bila ijazahnya sudah diterima. namun dari sejarah, hal ini bukanlah suatu masalah selama SKLnya valid dan meyakinkan.

  85. rahmah eldi said

    Dear Emundus

    1.Saya mau nanya apakah untuk EM 2011 semua program bersamaan bukanya atau pembukaan pendaftarannya berdekatan waktunya?
    2. Karena saya takut ketinggalan info pembukaan setiap program yang saya minati, apakah saya harus mengontak langsung pihak2 dari masing2 program tersebut untuk mendapatkan infonya atau ada cara lain yang lbh baik?

    makasih sebelumnya =)

    • emundus said

      1. tidak, setiap program berbeda2 waktu bukanya dan waktu tutupnya..
      harus lihat di websitenya masing2..

      2. jangan dong.. kamu yang mau beasiswa, masa mereka yang harus meng-update kamu? kamulah yang harus aktif secara rutin mengecek website mereka..

  86. erry said

    dear emundus,

    saya sangat tertarik untuk ikut Erasmus Mundus program EMIN (Economics and Management for Networks Industries). Basic saya dari S1 Ekonomi, dan saya punya pengalaman bebrapa thn bekerja di bidang telecommunications networks.

    tapi saya lihat di web.nya EMIN http://www.upcomillas.es/emin/Scholarships.aspx blm ada informasi pendaftaran untuk thn 2011. bisa tolong dishare infonya? termasuk form aplikasinya. apakah syarat2nya masih sama dgn untuk thn 2010?

    untuk surat referensinya? apakah hanya dari universitas tempat saya studi S1 atau bisa juga dari tempat saya bekerja sekarang?

    terus, untuk TOEFLnya apakah hrs TOEFL ITP atau international TOEFL? apakah TOEFL prediction bisa diterima? apakah ada batas waktu test TOEFLnya (contoh untuk beasiswa ADS, mensyaratkan TOEFL ITP 2 thn terakhir)

    terimakasih infonya :)

    cheers

    • erry said

      ups..sorry ternyata soal toefl sdh diinfo di FAQ :)

      jadi saya butuh info untuk update frm aplikasi, etc EMIN & referensi letter saja :)

    • emundus said

      silahkan ditunggu saja sampai mereka meng-update websitenya..
      kunjungi saja secara rutin..

      syarat2, form aplikasi, dll nanti ada di website..
      dari tahun ke tahun biasanya tidak terlalu banyak berubah..

      referensi bisa dari akademik maupun kantor, sebaiknya masing2 1..

  87. Olivia said

    selamat malam,

    saya tertarik untuk apply beasiswa EM dan saya sudah liat2 programnya
    kebetulan saya tertarik sama 2 program yg menurut saya agak mirip : IMIM dan GIM
    pertanyaan saya :

    secara umum perbedaan IMIM dan GIM apa?
    soalnya setelah baca2 infonya kedua program ini sama2 mempelajari management di bid.industri dan ada mata kuliah yang mirip, misal : supply chain management

    mohon bantuannya ya Emundus
    terimakasih!!

    • antya said

      hi Olivia,

      saya GIM’09. terus terang kalo disuruh compare susah ya, krn belum pernah ngalamin sendiri kuliah di kedua program itu.
      tp kalo diliat sekilas dr kurikulumnya, IMIM sangat fokus ke ilmu manajemen, finance & corporate strategy, sehingga ilmu manajemennya secara umum lebih banyak diperdalam.
      sedangkan kuliah GIM tahun pertama yg saya alami, masih sangat kental dgn suasana engineering & design nya, ilmu manajemennya melengkapi. bahkan kita ada beberapa kuliah yg barengan sama anak2 S1 jurusan Product Design Engineering dan bikin project bareng mereka, jd akan fasih dengan proses desain suatu produk baru dari awal bikin sketsa sampai akhir produk sampai ke end-user.

      semoga jawaban saya membantu. goodluck!

      Antya

      • Olivia said

        wah terimakasih banyak informasinya kak

        saya tertarik dengan kata-kata “dari awal bikin sketsa..”

        berarti kita perlu basic gambar teknik ya??
        jujur saya anak teknik tapi belum pernah ngambil kuliah gambar teknik karena dulu kuliah ini belum jadi kuliah wajib di jurusan saya.

  88. salam..
    saya mau tanya,apakah jika di website program tidak mencantumkan persyaratan jenis toefl international,,,,bolehkah kita pake institutional toefl?
    apakah ada penerima EM yang dulu pake institutional toefl?
    terimakasih..

    • emundus said

      TOEFL yang diakui secara international ya international TOEFL..
      TOEFL institusional hanya diterima oleh institusi2 tertentu saja..
      Untuk EM, sebaiknya menggunakan international TOEFL..

      Sayang kalau sudah keluar banyak investasi lalu hanya gagal karena TOEFL yang tidak standar..

  89. Angkalisyanti said

    hi, emundus.. aku baru dapet info tentang Erasmus Mundus and aku tertarik banget sama program GEMMA.
    Dari page applicants yg berhasil mendapatkan scholarship 2010, aku melihat ada applicant yg berhasil mendapatkan scholarship GEMMA.

    1. Bisakah aku berkonsultasi dengan orang tersebut?

    2. Apakah application untuk GEMMA sudah dibuka? Kalau iya, dmna aku bisa mendapatkan application form nya?

    Thanks banget yha =)

    • Angkalisyanti said

      oh yha kak, satu lagi..

      aku uda kunjungi website nya, tp aku ga bisa menemukan application untuk 2010..

      cuma ada tulisan:
      Third country students applying for Erasmus Mundus scholarship (category A) (application period: from November 15th, 2009 to December 31st, 2009)

      * Admission criteria and instructions for application.
      * List of required documents..

      Apakah itu berarti scholarship nya belum di buka or i’m missing something?

      thanks yaa.. ^-^

  90. dann said

    Salam kenal,

    Saya berminat untuk apply TCCM, ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan:
    1. ada kalimat “For students coming from third countries or having a Bachelor different from those mentioned above, the possession of the following (or equivalent) subjects at the level of the Chemistry Eurobachelor needs to be certified”. berhubung saya jurusan farmasi dan memang ada matakuliah2 tersebut, bagaimana mensertifikasinya?
    2. untuk referensi, syaratnya cukup memberikan 2 nama & email profesor/researcher saja, biasanya bagaimana bentuk pertanyaannya: apakah berupa pertanyaan detail, atau hanya semacam permintaan untuk memberikan gambaran seperti apa applicant tsb?
    3. kalau boleh tahu, dari teman2 yang pernah menerima beasiswa EM, paling lama berapa tahun sejak meninggalkan bangku kuliah dapat beasiswa tsb.

    thanks.

  91. emundus said

    1. paling hanya menunjukkan bahwa anda pernah ambil kuliah2 tsb, dan apa saja yang dipelajari di kuliah2 tersebut. kelengkapannya: transkrip dan buku kurikulum dari universitas (legalisir/asli)..

    2. kalau untuk program lain, biasanya si pemberi rekomendasi menulis surat rekomendasi..

    3. sangat bervariasi sekali, mulai dari yang belum lulus S1 tapi sudah apply untuk EM, sampai yang sudah lulus cukup lama..

  92. Angkalisyanti said

    hi kak, it’s me again.. ^^

    saya sedang mempelajari syarat2 EMGS di website nya. Ada 1 syarat tentang Bahasa. Saya sedikit bingung dengan point no. 5.. Saya ingin mengonfirmasi apakah point no.5 itu menyebutkan bahwa applicants yg sudah kuliah slama lebih dr 1 tahun / graduate di Universitas yg official language nya itu English tidak perlu test TOEFL, IELTS, dll lagi, asalkan menyertakan bukti remi dr universitas yg menyatakan bahwa bahasa inggris adalah bahasa resmi yg dipakai di universitas tersebut.

    Ini saya copy and paste sedikit bagian dr syarat2 di website tersebut, and ini saya sertakan URL nya in case penjelasan saya kuang di mengerti. http://www.uni-leipzig.de/gesi/emgs/index.php?option=com_content&task=view&id=36&Itemid=50

    Copy dari website:

    Certified copy or original hard copy of English test results. Applicants whose native language is not English must provide test scores for one of the following standardized English proficiency tests:

    1. TOEFL (international): minimum score of 550 paper-based (or 213 computer-based or 80 internet-based). Please notice that the code number for the Master’s course in Global Studies is: 4688.
    2. IELTS: minimum score of 6,5
    3. CPE: Grades A, B, C (Certificate of Proficiency in English)
    4. CAE: Grades A, B (Certificate in Advanced English)
    5. Applicants who have studied for more than one year in, or received a degree from, a college or university where English is both the language of instruction and the native language are not requested to take one of the above-mentionend proficiency test. An official certificate from the applicants’ school/university is required to confirm that English is medium of instruction.

    Jadi, jika maksud point no.5 seperti yang saya tulis diatas, apakah itu berarti saya tidak perlu melakukan test TOEFL atau yg lain nya karena saya dulu nya kuliah di salah satu universitas di Malaysia yg metode mengajar nya menggunakan bahasa inggris.

    Mau konfirmasi, soalnya saya takut salah mengerti apa yg d tulis di website nya karena di setiap website jurusan yg lain seperti GEMMA, MSPME dll, TOEFL adalah syarat mutlak.

    Thanks.

    • emundus said

      hati2 lho bacanya, disebutkan di situ: “both the language of instruction and the native language”..

      kalau Malaysia, native-nya adalah bahasa Melayu? CMIIW..

      anyway, bila memang berniat untuk “appeal” untuk syarat ini, BENAR SEKALI bahwa harus menyertakan bukti resmi dr universitas yg menyatakan bahwa bahasa inggris adalah bahasa resmi yg dipakai di universitas tersebut.

      kalau kamu memang berminat apply lebih dari 1 program, dimana untuk program lain, TOEFL adalah syarat mutlak, tidak usah cape2 appeal ;)

      • Angkalisyanti said

        Oppss, aku ngak pay attention dengan “native language” nya.. untung deh aku nanya ke kak emundus dulu.. thanks yha untuk pencerahan nya.. forum ini memang membantu banget.. ^^
        btw aku memang berniat apply lebih dari 1 sih.. jd skrg lg siapin diri buat toefl test.. ^^

        oh yha kak, ada satu syarat soal CV, aku liat rata-rata sample CV ada pengalaman kerja nya.. Kalau aku blum pernah kerja (palingan Practical traning / internship wktu kuliah aja) apa perlu buat CV jg??

        Thanks.

      • emundus said

        CV tetap harus dibuat, tetapi kalau memang belum ada pglaman kerja, ya bagian itu di-skip saja.. bagian2 lainnya saja, semisal riwayat pendidikan, dll..

        gunakan CV europass yah..
        bisa di-google dan bisa bikin online/offline..

      • Angkalisyanti said

        oohh begitu…
        hehee.. noted.

        thanks kak atas info nya.. =)

  93. argy said

    saya sedang membaca cara2 apply beasiswa EM
    Sekarang ini saya masih kuliah di semester 5 fakiltas ekonomi. dan bermiat mendaftar pada thn 2012. Tentunya setelah saya lulus.
    Untuk program studi 2012,dimana saya bisa mendapatkan info nya? dan bisa kah saya cba unt apply dari skr ini?
    Terima kasih.

    • emundus said

      infonya ya di website..
      apply-nya ya nanti ketika sudah di semester 7 (akan lulus)..

      kalau anda sudah baca2 tentunya sudah tahu syarat2 dasar apa saja yang diperlukan semisal (yang berikut adalah panduan umum saja, satu program dengan yang lain sangat mungkin berbeda):
      - tes bahasa inggris (bisa disiapkan belajar dari skrg)
      - prestasi akademik yang baik
      - aktivitas organisasi
      - publikasi ilmiah
      - tabungan: untuk mengirim aplikasi, untuk tes International TOEFL / IELTS
      - hubungan yang baik dengan pemberi rekomendasi

      dan lain-lain..

  94. deviharleyana said

    Saya mau tanya ttg presentasi EM di yogya. itu bayar or gratisan yah? t4nya di hotel phoenix kan?
    Lg, ttg beasiswa EM. kok situs program yg ingin saya tuju belum update2 ya utk yg 2011? apa mgkn programnya sudah ga dibuka lagi? kira2 updatenya sktr bulan apa? kan dah deket2 waktu apply nih.. (berdasarkan info emundus di halaman depan..)

    • emundus said

      gratis..
      well, kalau tahun2 sebelumnya, biasanya baru diupdate sekitar bulan oktober.. sabar aja menunggu.. kalau uda masuk list program yang ditawarkan di 2011 (di link halaman depan), pasti someday websitenya akan diupdate..

  95. Sarah said

    Hi,
    Finally EMTM has officially opened.
    Dan ada poin di application form dan cv europass yg saya masih gak ngerti.
    Di application form kolom academic diplomas, ada pertanyaan “the average grade of the degree”
    trus juga ada “please explain the grading system of the country where you obtained your degree”.
    Saya alumni S1 fisip ui. ini pengisiannya gimana ya?

    Kolom ini jg mirip dg di cv europass kolom Education and Training yg ttg “Level in National or International Classification”.Saya udah search keterangan yg dr UNESCO, tapi masih ragu apakah S1 Indonesia setingkat dg ISCED 4,5,6 atau malah gimana ngisinya?

    makasih-

    • Sarah said

      Nambah lagi pertanyaannya..hehe

      di http://www.emtmmaster.net baris paling bawah, ada statement “Copies of original documents are only properly certified when the stamp of certification includes an official seal or stamp and the original signature of the corresponding office holde ” . nah stamp of certification itu maksudnya cap/stempel ya? trus trus official seal maksudnya apa?

      makasih ya

      • emundus said

        itu maksudnya legalisasi dari UI.

      • Sarah said

        bisa tlg dijelasin lagi gak yg ttg average grade of degree di application form dan cv europass? makasih ya

      • Kukuh said

        Sarah,
        Average grade of degree = IPK (misal, 3.9 scale of 4). Ttg explain grading system, silakan lihat transkrip akademik UI, ada point grading system dan grade point average (versi lama nomor VII dan VIII – semoga gak berubah).

        Ttg level of national or international classification, dulu gw isi “undergraduate degree from university with A-accreditation from Badan Akreditasi Nasional (National Accreditation Board)” berhubung waktu itu saya gak tahu ISCED. Sekilas lihat di wiki, level S1 sepertinya setara ISCED 5 (http://en.wikipedia.org/wiki/International_Standard_Classification_of_Education). Thanks.

  96. Metta said

    Hii…
    Saya Metta, saya mau tanya untuk EM ini
    saya baru saja lulus untuk S1 di Psikologi
    saya ingin skali daftar untuk bidang IMEC – International Master in Early Childhood Education and Care, cuma saya tadi sudah klik website di sebelah kanannya itu, tapi tdk ada info mengenai course ini dengan detail spt website2 pada program lainnya yang sampai ada syaratnya semua
    Kira-kira untuk expo yang tgl 9-10 saya bisa dapat info tdk ya?
    atau ada website directnya langsung untuk program ini?

    Thanks ^^

  97. Daddy said

    Dear EM-ers (khususnya para alumni EM),

    Mohon informasi apa sajakah dokumen yang perlu dilegalisir?. Apakah perlu ijazah SMA juga?. Apakah perlu dilegalisasi di kedutaan (contoh Belgia)?

    Terima kasih atas balasannya.

  98. Lukman said

    Hi emundus

    setelah membaca secara (mungkin) keseluruhan web ini,, saya sangat terbantu sekali dengan info2 didalamnya.
    tp saya butuh sedikit informasi dari para awardee tentang reference letter, terutama buat fresh grad.
    saya berencana meminta reference letter dari dosen wali, dan dosen pembimbing skripsi saya.
    permasalahannya salah satu dosen saya ini, tergolong gaptek dan tidak fasih berbahasa inggris, dan kalau ternyata si konsorsiumnya ingin berkomunikasi aktif dengan reference saya, saya rasa itu bisa jadi masalah.

    pertanyaannya:
    1. adakah pengalaman dari awardee buat mengatasi masalah diatas?
    2. bolehkah untuk reference letter kita membikinkan draftnya, sementara reference tinggal ttd saja, tentu saja isinya dibuat sepengetahuan dosen tsb tanpa dibuat melebih-lebihkan?

    terima kasih sebesar-besarnya atas tanggapan dan perhatiannya

    • emundus said

      1. kemungkinan itu tetap ada, tetapi pikirkan gimana kira2 caranya konsorsium akan menhubungi pemberi referensi dari applicant yang jumlahnya ratusan atau ribuan?
      anyway, hal ini sudah pernah ditanyakan di sini:
      http://emundus.wordpress.com/korespondensi/#comment-2984

      2. selama dosen tsb mengerti isinya dan menyetujuinya, menurut saya itu cukup fair.. anda hanya mem-provide jasa translation-nya.. namun hal ini dikerjakan di blkg layar saja..

  99. Indra said

    saya sangat berminta untuk kuliah di luar negri, begitu melihat erasmus mundus saya menjadi bersemangat untuk memperoleh beasiswa uni eropa, tapi apakah ada beasiswa erasmus untuk kuliah s1?
    terimakasih.

    • emundus said

      belum ada untuk S1.. kecuali untuk skema external cooperation window.. (kerja sama langsung antara Eropa dengan universitas di Indonesia)..

      **live from EHEF 2010, Balai Kartini**

  100. Deviharleyana said

    kalo sampe sekarang website program yang saya minati belum di-update, apa perlu saya tanya langsung ke sekretarianya ya?
    thx sarannya, emundus.. ^^

    • emundus said

      yep sebaiknya ditanya.. ;)

      **live from EHEF 2010, Balai Kartini**

      • deviharleyana said

        sebenarnya dari websitenya yg belum diupdate itu ada keterangan klo pembukaannya dimulai 1 nov 2009 (untuk thn 2010). spertinya saya tunggu aja kli ya sampe bln depan.

        tny lg ya. di program itu ga ada form aplikasinya. cm ada keterangan admission-nya: It will be required to add in the application a personal CV and a personal statement of motivation, as well as presentations from 2 referees. …
        klo begitu gmn caranya saya bs milih 3 program EMMC yg ditawarkan?

      • emundus said

        kalau hubungannya dengan referee, kalau mau apply 3 program, ya referee-nya bisa disuruh menulis surat rekomendasi untuk 3 program..

  101. deviharleyana said

    it’s me again, emundus..
    maksud saya dengan 3 program itu adalah, bagaimana mereka tau saya apply di 3 program, sedangkan semua aplikasi saya ditujukan 1 program yang jd prioritas I? atau qt kirim ke 3-3nya dengan mengikuti admission req. di 3 program itu?
    in other words, ga jd 1 ya penerimaannya? sorry if i got misunderstanding about this ^^

    oia, btw EM ga jd ada presentasi di career days ugm ya? sy kmrn ke sna n ternyata ga ada :-(

    • emundus said

      aplikasi ke masing2 program adalah terpisah.. tidak ada hubungannya satu sama lain.
      petunjuknya mengikuti cara yang tertera di website masing2 program.

      jadi kalau apply ke 3 program, ya sediakan 3 set aplikasi.
      kelengkapan setiap berkas aplikasi sangat mungkin berbeda antara 1 dengan yang lainnya.

      tidak ada yang jadi prioritas 1,2,3 karena proses seleksinya independen satu dengan yang lain.

  102. mutia said

    Haii semuanyaaaa…. sy sedang memprsiapkan dokumen2 utk mndaftar MUNDUS URBANO dan EMTM… apakah ada yang lain? Mau cek kompetisi sesama temen2 indo,, hehehhehe… Sebenarnya berminat Maclands juga,, tapi persyaratannya banyak, harus DALF C1 utk Bhs Prancis, CELI 3 utk Itali, dan ZD utk Bhs Jerman…
    Gudluck all,, semoga mimpi kita tercapaai.. =))

    • kezia said

      Hai Mutia…. Salam kenal….saya Kezia, saya juga berminat untuk mendaftar Mundus Urbano. Saat ini saya juga sedang mempersiapkan dokumen – dokumen untuk aplikasinya.
      kebetulan, saya sekalian mau tanya, apakah Mutia sudah berhasil membuka update terbaru dari website Mundus Urbano? Soalnya kalau saya, meski sudah tiap hari nge chek, tapi sepertinya website masih sama seperti bulan September.

      Oh ya, kalau boleh tau Mutia background pendidikannya apa? Kalau saya Arsitektur. Saat ini saya bekerja di sebuah konsultan Arsitek.

      OK, Semoga sukses ya….

  103. deviharleyana said

    hi emundus!

    akhirnya, beberapa hari yang lalu sudah ada update tentang pembukaan aplikasi beasiswanya. unfortunately, yang diupdate cuma di bagian “home”, di bagian yang lain, terutama “admission” belum. tapi sementara menunggu updatenya (dan mungkin saya akan bertanya langsung ke pihak konsorsium), ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan (atau lebih tepatnya minta pendapat) ke emundus tentang requirementsnya. lumayan banyak nih. maaf merepotkan.. ^^

    1. “The main selection criteria are an above-average university bachelor degree..”
    itu universitasnya ya? atau fakultasnya? (= akreditasi fakultas gitu? atau orangnya?
    link: http://www.agrsci.unibo.it/dicabo/imahs/index_file/Page858.htm

    2. “a copy of your TOEFL or IELTS certificate”

    –copy original dr ets? formatnya? due to some reasons, saya baru mau ikut tesnya tgl14 nov, jd belum tau format score-reportnya dalam bentuk hard atau softfile.
    link (untuk no.2-5): http://www.agrsci.unibo.it/dicabo/imahs/Attachments/IMaHS%20Instructions.doc

    3. “a copy of the 2 recommendation letters”

    –formatnya apa ya? one problem is, jika saya menyertakan reference letter dalam bentuk pdf, itu berarti surat itu harus saya scan sendiri, karena saya merasa “nggak enak” kalau harus minta dosen saya yang repot2 ng-scan. di ruangnya nggak ada scanner soalnya. padahal reference letter kan normalnya tertutup untuk ybs. kalau dalam format word, gimana cara meyakinkan bahwa itu aseli dari dosen saya? di-insert tandatangannya kah? atau bisa dengan cara lain?

    4. “For each document issued in a language other than English, a copy of the original and the English translation shall be provided, along with an explanation of the grading systems used.”

    –klo semua dokumen itu di-scan (termasuk translationnya) dan dikirim dlm format PDF gmn?
    untuk grading system, if i’m not mistaken, saya pernah lihat di site-nya nuffic neso, yang seperti itu bukan? atau emundus ada saran yang lain yang lebih baik?

    5. Passport number (or other valid document; please specify kind of document: passport ID, etc.)

    –diganti dgn KTP boleh kan? soalnya belum punya paspor..
    link (untuk no.5-6): http://www.agrsci.unibo.it/dicabo/imahs/Attachments/IMaHS%20Application%20Form.doc

    6. Self-assess your performance during your undergraduate studies (ranking among your class – e.g., “within best 15% students”)

    –maksudnya gmn? apa harus minta ke bag.akademik fakultas?

    Terimakasih, emundus.. ;-)
    Thank u..
    Merci..
    Gracias..

    • emundus said

      1. orangnya :)

      2. nanti kan dapet sertifikat nilainya dari ETS, nah itu di-scan..

      3. kan bisa diketik di word, lalu di-print di pdf? (misal: menggunakan cute pdf)

      4. yap benar semua di-scan (bahasa indonesia dan terjemahannya).. grading system mungkin saja berbeda tiap univ..
      coba baca2:
      http://emundus.wordpress.com/#comment-1574
      http://emundus.wordpress.com/pertanyaan-umum/#comment-401
      http://emundus.wordpress.com/announcements/#comment-926
      http://emundus.wordpress.com/2009/02/21/indonesian-education-system/

      5. yep, coba di-nego dgn KTP
      http://emundus.wordpress.com/#comment-3145

      6. kalau ada bukti tertulis lebih baik, tetapi apa ada universitas yang mengeluarkan daftar ranking seluruh mahasiswa/i nya?? itu kan data pribadi yang sifatnya rahasia. kecuali misalnya lulus dengan peringkat tertentu, maka ada bukti otentik peringkat kamu.

      makanya di sini diminta “self-assess”, kira2 kamu ada di berapa besar kelas, apa justifikasinya?

      dalam kebanyakan kasus, pembuktian ke-valid-an informasi ini akan susah, tergantung kejujuran applicant saja..

      • deviharleyana said

        thx in advance utk jawabannya. tp ada beberapa yang belum terjawab n some further questions nih kak.

        1.utk bukti otentik surat rekomendasinya gmn? harus di-insert tanda tangan dosen kah?

        2. maksudnya dinego? harus dijelaskan kalau KTP sebagai bukti identitas warga negara yang sah ya?

        3. memang sih, sudah jelas “self-assess”. tapi untuk justifikasi jg kan perlu data. ada saran gimana cara assessment yang objektif?

        terimakasih sebelumnya untuk penjelasannya..
        (semoga kaka2 sabar ya menghadapi kami, para awardee-wannabe ini..^^)

      • emundus said

        1. yep, bila memungkinkan, diprint di atas kop surat universitas, dosen tanda tangan, kemudian dicap oleh universitas/jurusan, lalu discan

        2. dijelaskan ke konsorsium

        3. nah ini memang point yang paling sulit.. mungkin nanti yang lain bs bantu jawab..

    • Zakka said

      Ikut nimbrung dikit… Self-assessment, tapi ada pernyataan “within best 15% student”, kalo saran dari saya sih, karena membanding2kan sendiri jelas sulit, coba tanyakan ke konsorsiumnya apa boleh menyertakan surat dari universitas (biasanya bag. administrasi fakultas/program studi bisa membuatkan surat seperti ini) bahwa “masuk top 15% di kelas”, atau “berada di urutan xx dari yy mahasiswa di kelas”. :)

  104. erry said

    dear emundus,

    nanya lagi dunk. untuk surat rekomendasi yg ngirim itu kita sendiri(bersamaan dgn form aplikasi &syarat2 lain) atau pemberi referensinya langsung secara terpisah? coz klu pemberi referensinya langsung kirim sendiri kita kan juga perlu scan pdfnya untuk kita kirim by email dulu?
    saya mau daftar EMIn. berhubung form recomendation letter untuk thn 2011 blm ada, bsa gak klo kita pakai yg thn 2010? biasanya format surat rekomendasi & aplikasi tiap thn sama atau berbeda sih?

    di web EMIN ada persyaratan ini : “Students are required to study in at least 2 different countries and in a maximum of 3 different countries. If they choose to attend Delft University for their degree, they have to stay there for at least the first year of the EPA programme. If they choose to attend Comillas or Paris-Sud they are required to stay for a minimum of a semester.”

    pemilihan study ini apa memamg hrs ditentukan sejak awal (di form aplikasi 2010 ada) atau bisa berubah lagi sesuai kondisi nanti? karena saya msh agak bingung untuk menentukan sekarang. di Delft Uni, syarat untuk degreenya hrs dari engineering atau natural science. sedangkan basic S1 saya ekonomi. dan saya lebih tertarik ke ekonomi dan telekomunikasi sesuai background S1 & pekerjaan saya sekarang.

    mohon pencerahannya ^^

    thx ya :)

    • emundus said

      Semua pertanyaan ini seharusnya sudah ada detailnya di website..
      Kan mereka menulis APPLICATION TO THE MASTER 2011 WILL OPEN in NOVEMBER 1ST, jadi tunggu saja dulu ;)

      Untuk mobilitas, ini konsep yang ditentukan oleh konsorsium, dan lebih baik ditanyakan langsung ke mereka.

      • erry said

        he3x. iya, 1 nov sbentar lg kok. okey dech. thx ya ^^

      • erry said

        Dear Emundus.
        sampe sekarang blm ada update di web EMIN :( pdhl sekarang udah tgl 20. gimana nih. saya hrs cari form aplikasi & refrence letternya dari mana? bisa gak pake form yg thn lalu (di webnya blm ada update untuk thn ini)

        cheers,

      • emundus said

        hmm sudah coba email ke konsorsiumnya?
        anyway, ada kemungkinan memang formnya sama dengan tahun lalu..

      • erry said

        saya sudah email. tp blm ada balasan. anggap aja formnya sama dgn thn lalu ya. he3x :D soalnya saya mo minta reference letter k dosen n atasa saya d kantor. thx ya :)

  105. Deviharleyana said

    @ Emundus : besok2 boleh tanya lagi ya.. ;-)

    @ Zakka : thx sudah ikut ngasih masukan :-)

  106. Denny Gunawan said

    Hello,

    Saya pengen apply EMSE, setelah saya tanya2 sama secretary EMSE, ternyata mereka bilang transkrip yang udah di legalisir perlu di “resmikan” sama The Hague apostille stamp.

    Yang saya bingung, saya udah coba googling untuk dimana kantor notaris yang menyediakan jasa itu, namun belum ketemu.

    Ada senior yang pernah mengalami masalah yang sama? Minta tolong referensi kantor notaris yang menyediakan jasa tersebut.

    • Antonius Hermawan said

      Hi Denny,

      Saya Antonius Hermawan, saat ini saya sedang menjalani program EMSE tahun kedua.
      untuk transkrip yang dilegalisasi, kamu bisa legalisasi di depkumham dan deplu. Saya rasa itu cukup. Sewaktu saya melamar EMSE, tidak dibutuhkan hague apostile. Hague apostile nanti dibutuhkan sewaktu kamu diterima dan apply visa. Waktu itu, kamu tinggal bawa ijasah yang sudah dilegalisir tadi, ke embassy yang bersangkutan untuk di cap di embassy tersebut (ini hague apostile-nya).

      Semoga membantu,

      Antonius Hermawan

      • Denny Gunawan said

        HeLLo mas Hermawan,

        mau tanya2 soal EMSE, bisa minta tolong japri emailnya ato ym nya ke denny.gunawan.1987@yahoo.com

      • Eko said

        Hi mas Antonius, saya juga apply EMSE, saya udah coba minta legalisasi ke kedutaan spanyol seperti yang mas sarankan, namun saya menemukan masalah yang sangat fatal. Saya telah mengirim email menjelaskan masalah saya ke EMSE secretary, dan sembari menunggu jawaban mereka, saya mau ceritakan masalah saya, dan solusi yang saya punya. Saya mohon mas Antonius mau memberi saran dari solusi2 yang saya punya mana yang kira2 baik atau mungkin mas Antonius punya solusi lebih baik dari saya.

        Agar penjelasan saya mendetil, saya copas email yang saya kirim ke EMSE consortium untuk menanyakan pendapat mereka terhadap masalah yang saya hadapi.

      • Eko said

        Ini email yang saya kirim

        Dear,

        I have gone through all the process to legalize my transcript as well as my graduate certificate, However, i have a very critical problem.

        I will tell you how is the process needed to legalize a document on the embassy of spain (especially transcripts) in my country. It took almost 3-4 weeks in order to perform the step. Sadly, all my effort is not acceptable for the spain embassy.

        When i asked the embassy about the legalization of documents, they explained the steps needed in order to obtain the legalization.

        First, i need to legalize it to the ministry of civil rights.

        Then, i have to bring the paper (which is already legalized by the ministry of civil rights) to the ministry of foregin affair.

        When i went to the ministry of civil right, they demand that my transcript needs to be legalized to the ministry of education.

        Then, i went to the ministry of education and asked for legalization, they said that they could not legalize it because i am graduated from private university. They told me to go to the Kopertis (a special commission run by the government that control and manage the private universities) and asked legalization in there.

        After that, i went to the Kopertis and asked for their legalization, they said that they could not legalize it anymore since 2000. The government has decided that each private university is granted the right to do the legalization. They provide me a formal letter for me to tell the ministry of civil rights that legalization done by my university is already legal according to the law.

        Next, i went back to the ministry of civil rights, present my papers as well as the paper given to me that explains that the legalization that performed by my university is perfectly legal since 2000. However, they still insist that they could not legalize it. The officer sent me to meet with the head of legal affair on ministry of civil rights. The head explained to me that the ministry of legal right could not legalize the documents that are not legalized by the government’s officer (the private universities dean is not considered as a government’s officer). So he told me in my case, the only way that the ministry of civil rights to issue a legalization is to put public notary’s legalization in my papers first.

        Then, i went to the public notary and asked for legalization. After that the ministry of civil rights performed the legalization and so do the ministry of the foreign affair.

        However, the problem are arise when i asked the embassy of spain to legalize my papers. They told me that they could not perform my request because the public notary legalization is not acceptable to authenticate a document to be considered as a true copy. They insisted that the one who should legalize my papers is the ministry of education! (Which would be impossible, because ministry of education could not legalize my transcript anymore because the law enacted on 2000).

        I’m going to do everything needed in order to be my transcript is acceptable for EMSE screening. For now, i have the following solution.

        1) I go to the respective embassy of EMSE consortium member(Germany, or Italy, or Sweden) in order to legalize it.

        2) I search for spanish language sworn translator in order to translate my transcript (Which is already in english) into spain

        So, my question is.

        1) which solution acceptable for EMSE committee?
        2) If the only solution number 2 is acceptable for the committee, I have another proposal. To anticipate the approaching deadline (31 december) and the mass public holidays due to the Chrismast and the new year (when most of public services on my country are off). Is it okay if i take the solution number 1 (while the embassies are still providing their service) at the moment i wait for the Spanish translation of my documents(which might be finished in 2011 due to the holidays)?

        Sorry for the long details and explanation, but i think i need you to know all steps that i had gone through in order to Legalize my document.

        Best Regards,

        Eko Harmawan Susilo

      • Eko said

        Tolong apabila ada alumni EMSE dari universitas swasta bisa membantu saya. Saya pusing karena stuck dengan masalah birokrasi :’(

      • emundus said

        Eko, perjuangan yang panjang sekali ya untuk legalisasi..
        Salut untuk usahanya.
        Semoga Antonius atau para alumni EMSE lainnya membaca dan merespon untuk hal ini.

        Saya hanya mau berkomentar tentang email kamu ke konsorsium (karena kata kamu itu copy paste).
        Kronologi dan jalan ceritanya cukup detail.
        Hanya saja untuk penggunaan huruf besar dan kecil kok sepertinya tidak diperhatikan ya?
        Sebaiknya sih menggunakan tata penulisan bahasa yang formal yah. Sedikit banyak email ini kan menunjukkan seberapa respect kamu terhadap konsorsium.

        Untuk masalah legalisasi, terus saja berkomunikasi dengan konsorsium.
        Tawar, bolehkah misal menggunakan legalisasi notaris dulu sambil menunggu legalisasi sesuai yang diminta konsorsium selesai diurus.
        Yang penting bisa memasukkan aplikasi dulu supaya dipertimbangkan untuk pendaftaran tahun ini.

      • Eko said

        @mas Emundus, sebenernya itu saya cut mas. Sebenernya saya di oper saat saya ke dep kehakiman buat legaliasiasi kedua kali(dengan membawa surat dari kopertis), saya di lempar lagi ke KADIN depdikbud di gatot subroto, lalu dari situ saya oleh kadin jawaban mereka sama, kalo mereka gak ada hak buat legalisasi, saya balik lagi ke dep kehakiman, terus mereka suruh saya ke depdikbud di sudirman. tapi saya ngotot2an sama petugasnya, karena udah ada 2 surat resmi yang menyatakan bahwa ijazah saya yang di legalisir sama kampus saya udah sah secara hukum di Indonesia, baru akhirnya saya ketemu kepala legal affair.

        Soal huruf besar, iyah, baru nyadar ada beberapa typo, seblumnya malah ada typo lebih fatal. kaya ‘I’m NOt going to do everthing needed’. untungna baca ulang. Maklum udah ngantuk berat. Capek banget, udah kerja di kejar deadline, terus di pusing kan dengan masalah birokrasi.

        Jujur aja saya agak takut, karena saya dari kampus swasta. Saya telah banyak mengajukan beasiswa dari beberapa lembaga private dan public, mereka bilang chance saya cukup ke cut karena saya dari kampus swasta (Gak terkenal lagi) meskipun saya punya technical knowledge dan motivation yang tinggi. :’( :’( :’(

        Moga2 di erasmus mundus ini, smuanya bisa berjalan lebih fair buat saya. :)

      • Halo Eko,

        Barusan saya ngintip di daftar penerima beasiswa Erasmus Mundus. Sayangnya belum ada awardee EMSE dari universitas swasta. Tapi sepertinya ini bukan masalah spesifik untuk EM/EMSE, jadi kamu juga bisa tanya misal di milis beasiswa atau forum lain.

        Oya, Hague Apostile ini hasil kamu tanya2 secretary atau memang ada di websitenya? Kalau tidak ada di informasi resmi, ini hasil kerajinan bertanya :D

        Satu lagi, seperti emundus, saya menyarankan kamu memperbaiki cara berkomunikasi dengan pihak konsorsium. Singkat, padat dan to the point adalah yang paling bagus. Kamu memilih pendekatan detil tapi panjang. Masing-masing punya konsekuensi, pendek mungkin kurang jelas tapi bisa jadi cepat dapat tanggapan, panjang jadinya jelas tapi mungkin belepotan (hey kita kan bukan native speaker) dan ga langsung dibaca/ditanggapi.

        Semoga berhasil dan tetap semangat.

      • Antonius Hermawan said

        Dear Eko,

        sorry baru liat. untuk proses apply, saya baru legalisasi dari pihak universitas. proses legalisasi dilakukan setelah pengumuman diterima keluar. Dari situ baru saya melakukan legalisasi. Untuk proses legalisasi di depkumham yang tidak berhasil, seingat saya, harus ada specimen ttd di depkumham.
        Tapi untuk kasus saya, ttd dilakukan oleh wakil dekan yang notabene pegawai negeri. Jadi saya harus buat specimen dahulu, sebelum legalisasi kesana.

        Untuk lebih detail, bisa japri ke antonius.hermawan@gmail.com atau dolphinsaku@yahoo.com.

        Regards,

        Antonius Hermawan

      • Halo lagi,

        Mengingat jawaban dari Antonius di atas, dan seperti yang sudah saya tanyakan: apakah permintaan tentang Hague Apostille/legalisasi dari Kedutaan Spanyol adalah wajib dan persyaratannya jelas ada di tata cara pendaftaran di websitenya? Dan maaf, ternyata yang mulai thread ini (tentang Hague Apostille hasil tanya2 sekretaris program) adalah orang lain.

        Mendekati deadline jangan lupa baca lagi persyaratan pendaftaran, kali2 ada yang salah paham, gampang tapi dianggap rumit, atau ada yang kelewatan. :)

        Tetap semangat!

      • emundus said

        terima kasih untuk Raiza, Antonius dan semua yang sudah membantu sumbang saran untuk masalah legalisasi ini.. semoga bersama-sama, baik alumni, student, maupun pengunjung blog ini bisa saling bantu membantu supaya penerima beasiswa EM asal Indonesia terus meningkat jumlahnya.

        Viva Erasmus Mundus Indonesia.

      • Bayu said

        Halo,

        Saya dulu jg EMSE angkatan pertama. Sayangnya gak dapet spanyol jadi gak ada pengalaman seperti itu. Kalo buat italy legalisir dari kampus sama dari kedubes italy udah cukup. I heard kalo spanyol emang ribet makanya gak milih kesana dulu. Anyway, worst case kalo emang udah diusahain dimana2 gak dapet minta pindah univ aja. Beberapa temen berhasil membujuk konsorsium untuk pindah univ. Emang agak alot sih ntar negonya tapi worth a try. Good luck

        All the best

      • naya said

        hi Eko,

        aku alumni lulus 2007 program mespom. dulu D3 di perkuliahan milik instansi pemerintah, lalu sambung s1 di swasta yang nggak bonafit juga, jadi jangan pesimis ya. masalah birokrasi yang kamu alami itu mungkin memang beda untuk tiap program, karena dulu programku santai banget ga pakai ini itu. jadi situasimu memang case per case. kebetulan kamu dapat kombinasi yang cukup unik, sulit dan ribet. tapi tetap semangat yaaaa. dan mudah-mudahan diberikan cukup waktu supaya beres semua.

      • Eko said

        @All: Thanks ya, udah kasih semangat. Terus emse secretary juga udah bales ke saya bilang katanya gak masalah di legalize di embassy dari negara consortium dari negara yang saya tuju (fiuhh) :D

        Btw, ini link FAQ di emse
        http://emse.fi.upm.es/faq.php

        Di nomor terakhir ada soal Hague apostille stamp, karena saya gak jelas, dokumen mana. Lalu karena googling dan tanya2 sana sini soal Hague apostille stamp gak menemukan jawabannya, saya nego ke EMSE secretary, ada cara lain atau tidak, mereka menjawab supaya saya melegalisasi di kedutaan spanyol.

        Setelah saya melihat syarat legalisasi di kedutaan begitu panjang, saya tanyakan seperti ini kepada EMSE Secretary

        Q: “About “The Hague Apostille Stamp”, in this online application step, do i need to legalize my
        documents(transcript,academic certificate, Toefl certificate) with this stamp?”

        A: “yes diploma and transcript”

        Karena masih gak yakin, saya tanya lagi ke dua kalinya, (beda beberapa hari) seperti ini

        Q: “Is it okay if the transcript is legalized by the university at the first step (online application), then if i am selected, i will sent the hardcopy that is legalized by “The Hague Apostille Stamp” ?”

        A:Once you have your grades certificated by your university then you have to legalized them.

        Saya mengambil kesimpulan bahwa transkrip dan ijazah saya harus di legalisir oleh kedutaan spanyol saat online application ini. :D Mungkin ada misscomunication, sehingga smuanya jadi ribet. :D :D, tapi moga2 aja ini pertanda bahwa saya akan dapet di program Erasmus Mundus EMSE. :) :)

        Btw, saya berencana ambil TU Kaiserlautern sama BTH(Swedia). Selain Italia, skema mobility mas Bayu kemana?

        @mas Antonius, nanti saya kirim email, mau bertanya soal pengalaman belajar disana. :D

        Wish me luck ya. :D

  107. Sarah said

    Hai,

    Saya punya award certificate dr DIKTI dan internship certificate dr kampus. Saya bermaksud mengirimkan fotokopi sertifikat2 ini untuk aplikasi EMTM. Masalahnya saya tidak punya fotokopi yg dilegalisir oleh dua institusi tersebut. Mengingat lokasi saya skrg, rasanya sulit klo saya harus ke jakarta utk legalisir. Apakah bisa jika dua dokumen ini saya legalisir ke notaris? saya sudah email ke pihak EMTM, tapi sudah 4 hari blm dibalas.Pdhl deadlinenya 5 desember ini. Thanx for the info!

    • emundus said

      in any case, legalisir dari notaris kan sah secara hukum..
      anyway, untuk bbrp program, mereka ketat menyatakan jangan mengirimkan dokumen lain, selain dari yang diminta oleh mereka..

      • Sarah said

        Menurut website, EMTM mengizinkan applicant mengirimkan dokumen2 lain yg disertakan dlm Others Document. Thanx for the info Emundus!

    • pupunk said

      Hi Sarah..aq juga berminat apply di EMTM..tp ternyata beneran deadline na 5 Dec ya??
      berarti aq telat..tp yg di category B itu deadline na tgl 15 januari 2011? itu apa y..
      aq dah tanya emundus barusan tp lewat milis satunya..jd baru baca case ini..
      so gimana proses apply On-Line na? udah bisa?
      thanks a lot for reply..

      • emundus said

        sudah dijawab di http://emundus.wordpress.com/2010/01/12/tempat-ngobrol-applicant-em-2010/#comment-3897

      • pupunk said

        Hi Sarah..
        I need to talk to you please add my YM @pu_punknotdie@yahoo.com
        Thanks..

      • Sarah said

        Hi pupunk.

        Alhamdulillah, proses online saya udah selesai dua minggu sebelum deadline.
        Btw EMTM Category B is not eligible for Indonesian.
        Saya jg gak berani kasih info by ym soalnya saya takut salah kasih info.
        Jadi enakan pake forum ini aja gimana?Jadi bisa dikoreksi ama yg lain klo saya salah…hehe

        Cheers,

      • emundus said

        Sarah, Cat B eligible untuk Indonesian (yang tidak memenuhi kriteria Cat A).

        Sebagai contoh, tahun 2010 ini, ada 4 orang Indonesia yang menerima beasiswa EM Cat B.. Salah satunya adalah dedengkotnya milis beasiswa (guess who). Empat orang ini masuk Cat B karena mereka sudah menjalankan kegiatan utamanya (yaitu studi) di Eropa lebih dari 1 tahun dalam 5 tahun terakhir.

      • Sarah said

        And that means I’m not eligible for sharing information..hehe…
        Thanks for correction, emundus!
        and Good Luck, Pupunk!

      • emundus said

        Hahaha.. Sarah, kalau bukan kamu, siapa lagi yang bisa share info tentang EMTM..
        Gpp lah saling share. Toh ada yang memonitor kalau di blog ini.
        Bisa saling mengkoreksi juga.

      • pupunk said

        yeah thx sarah,,
        emundus didn’t explain to me about cat B when i asked ‘em..but when it’s u they’re reply but that’s okay..dan aq juga ga modal nanya2 aja kok..mau posting aja aq mikir mpe berkali2 takut salah tanya,,tapi semua ada – n +..i appreciate it..
        Thanks for sharing..
        Btw Sarah aq nanya YM bukan buat mcm2 cuma mau share soal EMTM aja karna satu tujuan tp gpp juga kita bisa sharing disini..klo boleh tau kamu kerja di PEMDA kan? PEMDA mana ya?

      • emundus said

        Cat A dan Cat B sudah dijelaskan di website EMTM (dan semua website EMMC lainnya) kalau memang dibaca baik2 isi websitenya..

        reply ke Sarah adalah untuk meluruskan komentar Sarah supaya orang lain yang baca tidak menjadi salah mengerti..

      • eep said

        Hi Sarah,

        Good luck….hopefully you can join with us as alumni..

      • pupunk said

        Dear IronMan..
        Hohoho..suka deh klo ada yang mengoreksi english saya..mantabbbbb
        Yang pasti klo saya bilang “jahat, kejam, dsb”..yang ada saya diserbu ma org2 di forum ini termasuk anda..yang perlu anda tahu I’m a big fan of this program and also this forum..
        nice step for me to join this forum..Sorry klo english saya jauh dari sempurna apalgi ‘newbie’ spt saya masih byk yg harus dipelajari sebelum bertempur mendapatkan beasiswa ini..dan langkah awal ya dengan bertanya hal-hal yg memang tadinya belum mengerti tentang beasiswa ini, meskipun sudah berulang-ulang membacanya..(tidak semua orang memiliki intelektual yg tinggi spt anda dan Emundus lho..)
        Jadi thanks berat buat saran dan kritikan nya..bikin saya lebih PD lagi buat ngedapetin beasiswa ini..

    • pupunk said

      Yeah,, got it Emundus..you’re mean a lot to all people in this forum..
      Gracias,,

      • Zakka said

        [totally OOT] :D

        Is Emundus that mean? “Mean a lot”?

        [/totally OOT]

      • IronMan said

        “you mean a lot” or “you are mean a lot”…hehehe
        Just want to remind you that both are completely different in meanings. So we have to be careful with English. As Emundus said that everything is already there in each EMMC website. All we have to do is just read it carefully and thoroughly which absolutely needs a certain level of English competency. Better for us to consider it as the first exam to get the Scholarship. As Emundus clearly said again here, probably you may quest any other information with “smart question” ones.
        Anyway good luck for you all….;D

      • emundus said

        haha senangnya kalau forum ini tambah ramai..
        jadi makin banyak yang bisa saling bantu membantu..

        IronMan, stuju banget..
        setiap tahapan dalam aplikasi beasiswa ini adalah ujian demi ujian..
        ibaratnya anak tangga yang harus didaki, if u can reach the top then you may get the prize.. :)

      • cardepus said

        OOT lagi :)
        Maaf, bahasa Inggris gw “dodol”
        Apa bedanya “you mean a lot” dengan “you are mean a lot”?
        Terima kasih atas jawabannya :)

        Carroline

      • IronMan said

        yah jadi diskusi bahasa..heheh (semoga tidak apa2 dengan Emundus

        Basically we have to be careful in using English words, as they have several meaning due to different its part of speech. Ambil contoh kasus di sini kata ‘mean’
        Mean punya 3 jabatan berbeda; as noun, verb and adjective. Di mana arti dari masing2 jabatan berbeda. We can look up back our dictionary, ‘mean’ as verb means ‘berarti, dan mean as adjective means “kejam, jahat, licik, dsb”
        lah kalau yang dimaksud si penulis bahwa Emundus sangat berarti, seharusnya “you mean a lot”
        karena ‘mean’ yang dimaksud adalah verba jadi tidak perlu pakai ‘to be’
        sedangkan “you’re mean alot” berarti Emundus kejam dong..hehehe karena di sana ada ‘are’ transformasi dari ‘to be’ as an auxiliary atau kata kerja bantu, di mana ‘mean’ adalah bukan verba melainkan adjective, as abovementioned, ‘mean’ as adjective means unkind.
        Yes, to learn foreign language, still dictionary is always and always be our best friend.
        Jadi mana yang dimaksud Pupunk, ‘you mean a lot’ or ‘you’re mean a lot’..? hehehe

  108. Sarah said

    Dear emundus,

    It’s me again! Saya sudah apply on-line EMTM, tapi selalu gagal pas proses download dokumen. Saya udah nyoba dr beberapa waktu yang berbeda selama 3 hari. Saya khawatir coz deadline 2 minggu lagi. Padahal abis apply online, saya juga harus kirim dokumen by pos yg at least takes 1 week.
    Ada applicant yg punya pengalaman sama?
    Thanx

    • ist said

      Hi Sarah!

      saya juga apply utk EMTM, dan kmrn bermasalah di online registrasinya juga. Koneksi internet sempat terputus ketika sedang upload dokumen. Lalu saya coba registrasi lagi dan upload dokumen lagi. Tapi sudah seminggu belum ada juga notification yg mengijinkan utk kirim hard copy dokumen.

      • Sarah said

        Hi Ist,

        pas abis upload document, muncul halaman Pra Registrasi en Log In juga? aq coba log in dg passport number and birth date, tapi gagal log in…aq udah email emtm sih, tp blm di bls :(. Kita saling kabar2i yak!
        Good luck for both of us!

  109. indah said

    hai,,aku indah..kuliah di prodi psikologi univ. negeri padang, udah smt 7. saya tertarik dengan erasmus dan ingin mendaftar kesana. setelah saya lihat2 kayanya ga ada course yang sesuai dengan jurusan saya sekarang. ada yang bisa bantu ga ngasi informasi ke saya,,itung2 ngumpulin info menjelang wisuda…heheh..:D

    mohon bantuannya…

    thx sebelumnya…^^

    • eep said

      Jika tidak ada yang sesuai sebaiknya jangan, karena nanti jika ternyata diterima, hanya akan menjadi beban untuk anda.

      Jika mau, cari hal yang berhubungan sebagai fokus, sehingga minat anda bisa diarahkan ke sana

      cheers

  110. kusuma wardhani said

    Salam, saya hanif, mahasiswi tek.sipil UGM 2007. Saya ingin menanyakan tentang statistik data kuota penerima EM untuk jurusan (termasuk data statiskik negara penerima jika ada):
    1. International Master of Science in Rural Development
    2. European joint Masters in Management and Engineering of
    Environment and Energy
    3.Masters in Earthquake Engineering and Engineering Seismology
    4.Erasmus Mundus Master of Science in Ecohydrology
    5. Coastal and Marine Engineering and Management

    Kira-kira dari kelima jurusan di atas, ada tidak yang sudah berhasil dimasuki oleh mahasiswa dari indonesia? Kalau ada, bolehkah saya minta CP nya? untuk komunikasi lebih lanjut? terima kasih.

  111. rahma said

    dear emundus…

    saya ingin sekali mengikuti program emundus dan sudah register online (sya memilih jurusan TCCM – Euromaster on Theoretical Chemistry and Computational Modelling) tp kenapa form on-line nya gk bsa d download??
    thx

  112. Adhityo Januprabowo said

    Hi, saya adhityo. aku tertarik dengan beasiswa erasmus mundus sejak 1 tahun lalu. Saya pernah meneruskan kuliah di Belanda tahun 2007-2008 dengan program beasiswa unggulan double degree. Pertanyaan saya adalah.
    1. Apakah saya masih eligible untuk mengikuti seleksi beasiswa erasmus mundus tahun 2012?
    2. apakah saya masih harus menyertakan TOEFL SCORE sebagai persyaratan untuk mengikuti program beasiswa tersebut.

    terima kasih atas perhatiannya. informasi nya ditunggu..

    groetjes,

    AJP

    • emundus said

      1. masih, tapi mungkin dengan category B
      2. tidak, bila ada bukti valid (misal: diploma supplement) bahwa program sebelumnya fully conducted in english

  113. Uri Ramadhani said

    Hi, saya Uri. Saya ingin mendaftar untuk beasiswa Erasmus Mundus pada course MERIT – Master of Science in Research on Information and Communication Technologies.
    Pada persyaratan, dinyatakan: “Scanned image of your passport showing your picture (PDF)”. Yang ingin saya tanyakan, apakah itu berarti saya sudah harus memiliki passport untuk kelengkapan registrasi online? Atau foto saja?

    Terima kasih sebelumnya..

    BR,
    -Uri-

  114. daddy said

    Dear Alumni,

    Mohon informasinya, apakah ada yang berpengalaman membawa keluarga selama di Eropa ?. Apakah memungkinkan turut serta saat mobilisasi (pindah negara)?.

    Terima kasih.

  115. eep said

    Hi dady, ada alumni yang sudah menceritakan pengalamannya disini mengenai membawa keluarga ke Eropa, silahkan dibaca baca kembali posting sebelumnya….

    coba find kata “keluarga”

  116. Shanty said

    Dear Alumni,

    Terima kasih untuk blog yang sangat membantu ini. Ada yang ingin saya tanyakan. Saya tertarik untuk ambil salah satu program master. Ketika saya buka websitenya, hanya ada documentation secara umum saja. Apakah untuk mengikuti program erasmus mundus ini biasanya ada tambahan dokumen lain?

    terima kasih.

  117. Putri ps said

    Hi Emundus..
    Nama saya Putri, saya kuliah jurusan Farmasi angkatan 2008 dr Bandung.. rencana mau ikutan Erasmus Mundus jg..
    sekarang lagi milih2 mo ambil yg mana aja.. kan katanya boleh 3 yaahh..

    Pertanyaan saya:
    ketika saya membaca application form Europubhealth, mereka meminta GRE.. bs kasi info gak GRE itu apa n buat apa?? terus yg dipilih yg mana?? Current Test atau Revised Test..

    Mohon bantuannya ya semua.. makasih.. :)
    soalnya saya br tau ada GRE…

  118. p53 said

    Dear emundus,

    saya tertarik dengan emQaL master course, krn matakuliah yang ditawarkan sesuai sekali dgn pekerjaan saya skrg
    kalo saya lihat di web nya, bbrp kandidat dr indonesia gagal karena nilai recommendation yang kurang, cm memang belum saya cari tahu lebih jauh kenapa bisa begitu
    untuk erasmus ini apakah ada acara “mencari profesor” di universitas yang dituju, sehingga recommendation letter bisa didapatkan dari sana atau hanya sekedar mengirimkan aplikasi dan screening dilakukan via dokumen ?
    apakah ada yg punya pengalaman apply master course ini ?

    thanks

    • eep said

      Dear P53

      Setahu saya tidak ada acara mencari professor, tapi jika anda bisa mendapatkan seorang professor di salah satu univ anggota konsorsium dan anda minat ke sana, dan dia mau memberikan rekomendasi, bisa anda cantumkan sebagai salah satu surat rekomendasi anda

      Salam

  119. Aldo said

    Dear emundus friends, Saya Aldo dari Teknik Industri UGM,
    akan melaksanakan bachelor student exchange program di Sciences Po
    University, Paris melalui Erasmus Mundus Lotus Project-2nd call.
    Rencananya mobility saya akan dimulai pada awal September 2011 ini.
    Sambil menunggu letter of acceptance untuk pengurusan visa, saya
    sudah mulai mencari informasi tentang housing di sana, dan rata2
    sekitar 500-750 euros per month, sementara living allowance yang
    akan diberikan saya sekitar 1000 euros per month. Jika tidak
    keberatan, saya ingin info mengenai housing di Paris yang kira2
    reasonable dan pas dengan uang bulanan saya tsb. Terima kasih
    banyak sebelumnya.

  120. Loh Ami said

    Halo, terimakasih banyak buat Moderator yg secara voluntaryly melayani pertanyaan kami seputar EM ^0^. Saya baru aja lulus n pengen apply buat EMTM / TEOS / Global Studies tahun 2012-2014, btw saya pengen tau salah satu penerima beasiswa tsb yg dari Indonesia. barangkali ada tips2 gitu supaya bisa tembus EM ^0^. gini, aku kan lulusan Sastra Inggris yg pengen belajar di jurusan2 tsb, tp sy kurang yakin apakah nilai2 saya eligible buat jurusan2 tsb?? btw utk keperluan bahasa, saya yg ada cuma TOEIC dr ETS itu (score 785), apakah perlu untuk mengkontak panitia master course tsb secara langsung utk menanyakan eligibility dr kesarjanaan sy? makasih sebelumnya…

    • Zakka said

      Mudahnya, lihat website dari program yang diminati, apakah ada syarat background jurusan sewaktu S1? Jika tidak ada, tidak usah diambil pusing… Jika ada, beri alasan yang SANGAT kuat untuk pengambilan program lintas jurusan ini…

      Berikutnya, apakah TOEIC “diakui” oleh si program yang ingin di-apply? Jika iya, oke tidak masalah, jika tidak, ada baiknya mencoba

    • Zakka said

      Mudahnya, lihat website dari program yang diminati, apakah ada syarat background jurusan sewaktu S1? Jika tidak ada, tidak usah diambil pusing… Jika ada, beri alasan yang SANGAT kuat untuk pengambilan program lintas jurusan ini…

      Berikutnya, apakah TOEIC “diakui” oleh si program yang ingin di-apply? Jika iya, oke tidak masalah, jika tidak, ada baiknya mencoba TOEFL atau IELTS yang lebih aman…

  121. Afriyenti said

    Saya tertarik ikut program doktoral dari erasmus mundus. Saya berlatar belakang S2 informatika kesehatan universitas Indonesia, saat ini saya bekerja sebagai PNS di Dinas Kesehatan Kab. Lima Puluh Kota, Sumbar. Saya mohon info tentang S3 yang bisa saya ambil di program ini.

    Terima Kasih

  122. tuti said

    Salam. saya ingin mengetahui kapan erasmus mundus utk tahun ajaran 2012 dibuka?atau sudah dibuka?menurut info yg saya peroleh, katannya dibuka bulan oktober, apakah itu benar?
    Lalu, utk prodi yg disediakan, di web mana bisa dilihat?karena terus terang saya bingung, terlalu banyak webnya, tidak tahu mana web officialnya. Kalau ada alamat web resmi erasmus mundus indonesia sepertinya akan lebih mudah.
    Thanks for your time.

  123. Santi said

    hai..mau tanya..ada alumni emundus sufonama dan sutrofor ga..
    saya mau apply beasiswa ini soalnya, dari kemarin udah bolak balik liat websitena, tapi kok belum ada bukaan untuk yang scholars ya..baru ada yang untuk EU Applicants.. disitu ditulis kalau scholars applied on continouous basis.

  124. surya said

    Hi all, saya mau nanya untuk EMSE, biasanya application nya dibuka bulan apa ya? Thanks in advance.

  125. gb said

    saya pendatang baru, mau tanya seputar syarat toefl score, apa syarat toefl score yg mentukan itu tergantung masing2 konsorsium nya ? terus apa mesti pake TOEFL atau IELTS jg tergantung dr konsorsium itu snediri ?? saya membaca di blog ini, katanya mesti pake standar IBT, apa benar demikian ??ataukah itu smua tergantung dr konsorsium nya juga ?!
    apa saya boleh memasukkan hasil tes toefl yg sy proleh dr kampus sy , misal saya ikut tes toefl di pusat bahasa di kampus saya,,, trus hasil score toefl tersebut, apa bisa menjadi syarat bagi konsorsium ?? sy masih bingung soal score toefl sbaiknya test nya di mana, agar di akui.. apa mesti kita test online ibt dr link ni http://www.ets.org/toefl … klo demikian, berarti harus da preparation sbelumnya tuk mengikuti tes online tersebut, blum lg register nya pasti via paypal,,,.

    • emundus said

      1. ya, nilai tergantung konsorsium
      2. TOEFL atau IELTS, biasanya keduanya diterima
      3. yang dikatakan adalah international TOEFL, cuma untuk di Indonesia, yang paling memungkinkan ya ambil IBT
      4. sebaiknya menggunakan international TOEFL kalau anda memang serius untuk daftar
      5. no pain no gain.. mau nangkep ikan, harus pakai kail.. makanya pikir2 aja dulu, apakah anda mau serius untuk beasiswa ini, karena persiapannya memang harus serius..

  126. andy said

    saya mau nanya _ di web http://www.ets.org/ sy lihat kalau ibt location wilayah = Indonesia Makassar TOEFL iBT Sat., Nov 12, 2011
    Sat., Nov 26, 2011
    Sat., Dec 10, 2011
    Sun., Jan 08, 2012
    Sat., Feb 11, 2012
    Sat., Feb 25, 2012

    pertanyaannyaa, tempat tesnya dimana ?/apa mesti test online ???

    • emundus said

      IBT kan internet-based..
      tesnya ya online dong..

      lokasi masa sih ga tersedia di web ETS??
      coba cari lagi baik2..

    • Angelia said

      mungkin saya bisa bantu, karena saya tes via ETS juga.
      Coba diteruskan, setelah dipilih tanggalnya, nanti akan keluar lokasi yang bisa dipilih (dalam arti yang masih ada spot untuk yang ingin ujian).

  127. nurul aeni said

    salam..

    saya sedang dalam proses mendaftar GEMMA, adakah alumni yang berasal dari program tersebut? apabila berkenan, saya ingin bertanya beberapa hal melalui e-mail ybs.

    terima kasih,

    nurul
    aeni_240884@yahoo.co.id

  128. Alowisius said

    Salam,

    Saya tertarik untuk mencoba mendaftar ERAMUS Scholarship. hanya ada beberapa persyaratan yang saya tidak mengerti yaitu terkait statement berikut :
    “The statements of grades and/or your final diploma have to mention your Class Rank”

    Untuk di universitas di Indonesia, setau saya tidak pernah mencantumkan Class Rank di ijasah atau transkip nilainya. mungkin temen-temen ada pengalaman disini.

    Terima kasih sebelumnya.

    Kinds regard,

    Alowisius Tri Hartoyo

  129. Haqi said

    Salam,

    Ada yang ingin saya tanyakan. Saya mendapat Letter of Acceptance dari Profesor di University of Wuppertal, Germany, untuk program PhD. Apakah saya bisa mendaftar Emundus untuk dapat beasiswa untuk research saya? Mohon penjelasannya. Terimakasih.

  130. chaachaa said

    Siang emundus. . .

    Mau nanya lagi tentang syarat bahasa, TOEFL nya harus 550 higher atau IELTS 6,5
    Mengenai TOEFL nya nih, kalau misalkan pake TOEFL PBT yang versi ITP bisa nggk??
    Soalnya di salah satu lembaga bahasa sprti Aminef tau IDP itu TOEFL ITP nya berlaku international..

    Mohon dibantu nih, kalau pake TOEFL ITP boleh nggk yah??

    thnx :))

  131. Kartika said

    Salam,
    ada yang saya mau tanyakan, apakah akreditasi universitas berpengaruh terhadap diterima dan tidak diterimanya aplikasi kita? apa hanya PTN saja, atau terbuka untuk semua PT?
    semoga berkenan menjawab pertanyaan saya :D
    terima kasih.

  132. Tya said

    Dear Emundus

    Saya berniat mendaftar Euro Public Health program dimana deadline aplikasi tanggal 10 Desember 2011
    Mereka menerima delay untuk atachment hasil IELTS score sampai tanggal 5 Jan 2012 namun pendaftar perlu mengupload “proof that you took a language proficiency test”. Apakah bukti kwitansi pembayaran IELTS test cukup sebagai lampiran tersebut?
    Kemudian untuk official English version of transcript, persyaratannya “An official English translation bears the stamp and signature of a sworn translator or an authorized official of the institution that has issued the original”. Apakah legalisir transkrip (sudah dalam 2 versi bahasa, english & indonesia) yang dikeluarkan kampus sudah memenuhi syarat tersebut?
    Terakhir, mungkin ada alumni EuroPubHealth yang bersedia memberikan contact personnya, saya berterima kasih sekali
    Trims

    • emundus said

      saya ga pernah ambil IELTS, tapi seharusnya bukti dimana tercantum tanggal tes, sudah cukup kuat.
      untuk pastinya, silahkan dibicarakan dengan konsorsium.

      an authorized official of the institution that has issued the original –> legalisir kampus ok lah..

  133. Salam kenal Kakak dan abang sekalian…

    Saya Nurdillah dari Aceh, saya berencana untuk mendaftar Erasmus Mundus Program MERIT…..

    Apakah ada kakak/abang sekalian yang pernah mendaftar atau bahkan sekarang telah menjadi alumni/mahasiswa dalam program tersebut?
    Kalau ada, saya mohon donk diberikan alamat email kakak/abang sekalian yang telah diterima dalam program tersebut…..

    Thanks A lot ya before….

  134. Selamat pagi, saya jessica dari FE UNPAD , kami akan mengadakan acara scholarship expo dan talkshow tentang beasiswa pada bulan maret 2012 di graha sanusi bandung. Kami menawarkan emundus , untuk membuka stand dalam acara kami. terima kasih atas perhatian nya, jika berminat harap e-mail saya ke jece.amanda@gmail.com terima kasih

  135. Hafiyah said

    Saya ingin berkorespondensi dengan EM awardee di Belanda.. Banyak yang ingin saya tanyakan.
    Apa ada email awardee yang bisa saya hubungi? Terima kasih.

  136. Angelia said

    Dear Emundus,

    saya ingin menanyakan apakah ada format untuk surat rekomendasi bila tidak ada form yang bisa didownload dari web EMMC yang ingin diapply?
    karena selama ini, sepengetahuan saya, selalu ada form recommendation letter yang bisa didownload, sehingga saya bingung saat tidak ada formnya. Apakah bisa hanya menggunakan recoomendation letter umum yang biasanya diawali dengan “to whom it may concern”?

    Terima kasih

    • emundus said

      wajar ah kalau tidak ada formnya..
      pastikan saja bahwa memang benar2 tidak ada formnya..
      silahkan free format saja untuk itu..

  137. Cempaka said

    Dear Emundus,

    Kenalin, aku Cempaka alumni UI. Saat ini aku lagi mau mendaftar beasiswa Emundus Areas. Nah, salah satu dokumen yang wajib dikirim adalah “proof of accreditation of university degree”. Gimana dan dimana ya cara dapetin dokumen itu? thanks a lot :)

  138. Toni said

    Dear Kawan-kawan Erasmus Mundus

    Mohon informasinya, apakah ada rekan-rekan dari Indonesia yang sebelumnya telah mendapatkan beasiswa EM untuk program International Doctoral School in function material ?, saya ingin berkonsultasi karena berencana untuk apply program tersebut..mohon informasinya,terima kasih

    Salam
    Toni

  139. Juan said

    Hi teman2..
    Nama saya Juan, EMTM aplicant, saya ingin tanya apakah ada teman2 sekalian yang juga mendaftar di EMTM 2012 ini?
    Apakah sudah ada yang menerima berita/pengumuman/email dari pihak consortium?
    Thanks.. Salam

    • Hai Juan. Aku juga daftar EMTM dan alhamdulillah pengumumannya udah keluar dan aku keterima. Pertengahan April atau 30 Maret nanti aku akan dikirimi surat untuk pembuatan visa. Juan gimana? Atau bisa minta kontaknya? Kemarin aku sempet denger ada anak UNJ yang jadi waiting list untuk EMTM.

  140. Ami said

    Hallo teman-teman semua,

    Apakah ada dari teman-teman yang sudah mendaftar untuk program IMRCEES tahun ini? Kalo ada mohon bagi-bagi infonya, soalnya saya sangat berminat pada program ini ^_^

    Terima kasih

  141. Ruri said

    Dear Erasmus,
    Perkenalkan, nama saya Ruri. Saya tertarik dengan Program IMRD (International Master of Science in Rural Development). Saya ingin bertanya apakah program tersebut masih dibuka untuk tahun depan atau tidak? Jika masih dibuka, kira-kira kapan deadline akhir pendaftarannya.
    Terima kasih atas informasinya

  142. Arifin said

    Hello all, mau tanya.

    Kira-kira prospek lulusan dari EM ini gmana yah, mengingat EU sedang krisis. Apakah kuliah dsana benar2 jadi nilai tambah jika kita ingin berkarier didalam negeri atau juga bisa jadi batu loncatan untuk kerja dengan penghasilan besar d EU ?

    • emundus said

      semua berpulang pada diri anda..
      banyak orang2 besar yang bisa menjadi “besar” sekalipun pendidikan mereka tidak jelas.

      beasiswa seharusnya memberikan nilai tambah, kalau digunakan dengan tepat ;)

  143. Arief Rahman said

    Dear erasmus,
    Perkenalkan nama saya arief. Saya tertarik buat ikut program Environomical Pathways for Sustainable energy. Saya sudah liat websitenya dan september nanti sudah dibuka pendaftarannya. Yang ingin saya tanyakan :
    Ada ga sih kemungkinan kita keterima tapi tidak dapat beasiswa? kalau udah begitu, kita diwajibkan tetap ambil atau bisa mengundurkan diri?
    terima kasih sebelumnya.

  144. Saya mau tanya soal program LCT. Di web nya (http://lct-master.org/index.php?id=scholarships) tertulis pernyataan sbg berikut:

    “…However, as a result of the highly competitive nature of the selection and the limited budget available, no Erasmus Mundus scholarships will be available for 2012 intake. ”

    Apakah itu maksudnya di intake thn 2012 tidak ada beasiswa erasmus mundus untuk LCT? Apabila memang begitu, apakah ada kemungkinan untuk tahun berikutnya pernyataan tersebut dihilangkan, atau dengan kata lain bakal ada beasiswa EM lagi untuk LCT?

    Thanks.

    • emundus said

      yep untuk 2012 intake (which starts on this October), LCT memang tidak mendapatkan kuota beasiswa EM.
      untuk 2013, tergantung LCT dan persaingan dengan program2 lainnya, bisakah LCT kembali mendapatkan kuota beasiswa ini..

  145. Reta said

    Dear Erasmus,

    Saya Reta dari program talkshow keluarga sebuah tv lokal di jakarta, saya tertarik mengangkat tema tentang “Mengejar beasiswa ke luar negeri” . Bagaimana ya saya bisa mendapatkan nomor kontak anda sebagai country representative beasiswa ini…

    Ditunggu ya,

    Salam

    • emundus said

      Halo Reta, untuk keperluan ini bisa melalui Ibu Destriani (Project Officer – Delegation of the European Union to Indonesia, Brunei Darussalam and ASEAN) atau bisa juga secara langsung ke country representative: Efrian dan Netta.

      Contact details akan saya kirimkan ke email Anda.

  146. Ruri said

    Halo teman-teman,
    Apakah ada diantara teman2 yang tahun ini berencana apply untuk IMRD (International Master of Science in Rural Development) atau yang sudah diterima di program tersebut? Jika ada, boleh ga saya minta alamat email nya untuk tanya inforrmasi persiapan yang harus dilakukan untuk apply program ini?
    Soalnya saya sangat berminat pada program ini :)

    Terima kasih

    • Rufita said

      Hai Ruri

      Saya juga berencana apply IMRD. Deadline aplikasi untuk program studi ini bulan November, tetapi sayangnya application form serta registrasi online belum bisa diakses. Saya sudah menghubungi contact person pada program tsb dan direspon registrasi online akan dibuka sekitar 2 minggu lagi.

  147. w_ke said

    Dear Kakak2 Emundus,

    Saya tertarik utk apply IMEC program. Tetapi ketika saya klik bagian “Application Form” hanya tercantum “Application to International Master in Early Childhood Education and Care 2012″. It is stated kalau online appication utk 2013 akan active in mid August, tetapi sekarang sudah mid September. Apakah ada yg bisa memberikan info kepada saya mengenai kapan application form nya dibuka? Apakah saya miss sth dari info yang ada di web karena saya sudah membuka setiap page yang ada tapi tdk menemukan application formnya?

    Mohon bantuan dari Kakak2 Emundus sekalian yah.
    Terima kasih.

    • w_ke said

      Saya sudah menemukan application formnya. Ternyata harus masuk ke dalam website univ.nya langsung. Saya krg teliti. hehehe

      Terima kasih.

  148. Dear emundus,

    Saya sedang dlm proses apply untuk IT4BI, dari manualnya kita diharuskan ngitung Self Evaluation of the student’s average mark (saya juga blm begitu ngerti, sejenis proses konversi ECTS dari transcript kita, pakai excel. File nya seperti ini –> http://cs.ulb.ac.be/emundus/images/stories/provided_documents/self-evaluation_empty.xlsx ).

    Cukup penting, soalnya di application manualnya tertulis note “The self-evaluation excel spreadsheet contains macro commands to
    support the introduction of different types of grading systems (numerical/textual) and thus to properly calculate the mark the macro functionalities must be enabled in Microsoft Excel. Failing to properly fill in this spreadsheet, unprotecting the cells or changing the formulas inside the spreadsheet will result in automatic exclusion of the applicant from the selection process. ”

    Untuk emundus tahun kmrn kayaknya ada yg lolos IT4BI, JADI kalau boleh dan berkenan saya pingin diskusi soal ini jadi mohon pesan saya disampaikan ke awardee IT4BI tahun kemarin :) Tolong hubungi saya via email, atau saya minta contactnya kl boleh.

    Thanks

  149. Emilia said

    hallo Emundus,
    saya tertarik mencoba EMTM. salah satu syarat aplikasi adalah English proficiency melalui TOEFL.
    “◦English language proficiency proved by TOEFL (Official / Institutional tests are not accepted) with at least 230 points (computer based) / 575 points (Paper-based test) / 88 points (Internet-based Test), IELTS (Academic) at grade minimum 6.5 or Cambridge Certificate in Advanced English (CAE) with minimum level C.

    di situ dinyatakan mereka menerima TOEFL CBT. apakah itu berarti saya bisa mengirimkan sertifikat TOEFL CBT saya yang dilaksanakan di UGM? atau kah saya tetap harus mengikuti test TOEFL IBT internasional.

    mohon pencerahannya.

    terima kasih.

  150. juan said

    Dear mbak emilia,
    Setahu saya test toefl cbt sdh tidak ada sejak bbrp tahun lalu di indonesia. Hasil nilai toefl yg merupakan requirement emtm itu harus dari tes resmi di tempat yg memang telah ditunjuk oleh organisasi toefl.
    Ini berdasarkan pengalaman saya yg lalu; bertanya ke admin emtm langsung melalui email; namun yg sy tanyakan mengenai itp toefl. :)

    • Emilia said

      mas Juan,
      ITP memang sudah saya tanyakan kepada pihak EMTM langsung. mereka memang tidak menerima ITP. tetapi yang saya miliki sekarang adalah sertifikat CBT tapi dikeluarkan oleh UGM. apakah lembaga bahasa UGM bisa dianggap lembaga resmi toefl?
      atau kah ETS memang satu-satunya lembaga resmi toefl?

  151. Hello Emilia, saya Wulan, awardee EMTM tahun ini dan kebetulan dari UGM. waktu apply bulan Desember saya lampirkan hanya TOEFL ITP yang saya lakukan di FE UGM, tapi stlh apply saya langsung daftar untuk tes IELTS. Bulan Februari, mereka blg saya masuk tahap seleksi berikutnya dan mereka ga bisa menerima hasil TOEFL ITP saya sehingga hasil IELTS saya langsung saya kirim ke mereka. Jadi jawabannya, mereka ga menerima hasil ITP. semoga menjawab ya :)

    • Emilia said

      mba Wulan,
      sertifikat yang saya punya adalah CBT dan dikeluarkan oleh UGM. jadi bukan ITP. saya memang sudah rencana akan ikut toefl IBT, tetapi jika CBT bisa diterima, saya akan kirimkan yang ada dl. kira2 bisa ga ya?

      • emundus said

        coba ditawar saja ke EMTM kalau misalnya deadline sudah dekat, dengan janji bahwa TOEFL iBT akan disusulkan segera (kasih estimasi kira2 kapan bisa submit)..

  152. Sofy said

    Hello Emundus,

    Ada yg sedang atau sudah lulus di program EDEEM? sy mo tanya terkait:
    1. apakah participation cost itu berlaku juga untuk yg apply beasiswa EM?
    2. tips2nya mengisi mobility track donk… karena ada 7 universitas yg terlibat dan 13 asosiasi..
    3. klo ada emundus yg di EDEEM, ada yg diproject bidang ekonomi nggk? atau fiscal policy lbh tepatnya?

    hatur nuhun…
    Sofy

  153. tiwik said

    tanya dunk:

    1. setelah saya membaca informasi mengenai EM, ada pernyataan bahwa maksimal boleh mendaftar 3 program EMMC. nah, emmc itu kan action 1. gimana kalo di action 2 saya daftar lebih dari 3 program. boleh kan ya? saya khawatir itu maksudnya gabungan action 1 dan 2 maksimal cuma boleh daftar 3 program.

    2. nah, ada info juga di salah satu website EMMC itu kalo harus memberikan dokumen asli dan copy ijazah dan transkrip yang sudah diterjemah ke bahasa inggris. pernyataan itu apakah saya yang salah memaknai atau memang harus yang asli untuk versi bahasa inggrisny?

    3. surat rekomendasi yang dikirim harus asli ya? tadinya saya mau mencoba meminta surat rekomendasi yang general sehingga bisa digunakan untuk beberapa aplikasi program EM. bagaimana?

    tks.

    • emundus said

      1. kalau yang sejauh ini saya tahu, peraturan batasan 3 program adalah untuk action 1 saja (EMMC dan EMJD). tidak termasuk action 2. tetapi kalau takut melanggar, better minta advise dari konsorsium program yang di-apply (walaupun kesannya jadi maruk banget mau apply byk program, dan kelihatan bahwa tidak fokus di program si konsorsium tsb).

      2. nah infonya darimana tuh link-nya.. coba dikasih dulu biar ga salah interpretasi.
      sejauh ini sih hampir selalu yang dimaksud ijazah asli ya yang dikeluarkan univ.
      kalau memang belum dalam bahasa inggris, terjemahan di penerjemah tersumpah will do.

      3. tergantung.. ada juga yang cuma upload online. dan beberapa program punya format tertentu, ga bisa free-format.
      tapi saya rasa referee akan bangga kalau mereka diminta banyak referensi.

  154. mohon tanya, ITP TOEFL berlaku gak ya? saya kira itu mirip paper-based?
    tks

    • emundus said

      Tetapi itp itu adalah “institutional”, bukan “international”.. karena EM menerima applicant dr seluruh dunia, supaya penilaian antar applicant bs adil, maka standarnya adalah tes international.

  155. titik lestari said

    Halo Emundus, saya tertarik dgn program Emdireb, tapi setelah saya baca sudah tidak ada lagi untuk 2013-2014, apakah ada informasi ttg kemungkinan dibuka lagi untuk tahun berikutnya? Terimakasih

  156. sarah said

    Dear Emundus,

    1. Apa batas aplikasi erasmus mundus tahun ini masih 3 jurusan?
    2. Saya mau apply Mundus MAPP, Mespom dan Master CoDe. Deadline untuk MAPP
    dan Mespom adalah 3 Januari 2013, sedangkan saya baru dapat notifikasi dr CEU
    bahwa CEU akan libur mulai hari ini sampai 3 Januari 2013. Yang membuat saya
    khawatir adalah saya berencana menggunakan wire transfer utk aplikasi fee CEU.
    Apakah liburnya CEU ini berarti wire transfer saya tidak bisa diproses tepat waktu?
    3. Saya jg ingin apply Master CoDe (Comparative Local Development) Saya udah
    buka-buka link nya ( http://www.unitn.it/en/sld/22719/master-code-presentation )
    tp belum ada keterangan ttg admission 2013 – 2015. Apa memang admission nya
    blm dibuka? Padahal jurusan2 lain sudah mau deadline,

    Mohon informasinya ya. Thanks

  157. mesut atha khan said

    dear erasmus

    saya mau tanya tentang beberapa hal yg saya kurang paham

    1. cover sheet,itu semacam apa?
    2.cara konversi SKS ke ECTS

    saya sudah baca di artikel EM mengenai hal ini tp membuat saya menjadi tambah bingung”saya mau tanya tentang pengaplikasianNya itu bagaimana?kalo bisa contohnya supaya saya lebih paham. soalnya sulit untuk informasinya karna saya di ambon jd setiap buka website ini ada event saya tidak bisa ikut n pihak administrasi tidak mengetahui tentang konversi ini jdi kalau mau berharap dari universitas saya kayaknya tidak bisa…
    mohon bantuannya ya!!

    nhe email saya (san.atha@ymail.com) tolong kirim contohnya ya kalau ada…
    makasih

    • emundus said

      1. Anda dapat istilah cover sheet ini dari link mana? Tolong disertakan linknya supaya jawabannya lebih pasti..

      2. Di artikel http://emundus.wordpress.com/2012/11/03/transfer-dari-sks-ke-ects/ sudah ada contohnya juga kan? Rasanya sih sudah crystal clear banget..

      • mesut atha khan said

        istilah cover sheet saya baca di request di pengaplikasian di SPACEMASTER…

        saya sudah baca di artikel tersebut cuma mau tanya cara memuatkannya di dalam transkrip nilainya gimana?

      • emundus said

        Biasanya cover sheet akan muncul setelah submit aplikasi online. Tetapi kalau ternyata tdk ada, buat saja sendiri. 1 lembar saja, isinya menerangkan aplikasi ini atas nama siapa, nomor pendaftaran (bila ada), dan dokumen apa saja yg disertakan di pengiriman ini.

        Utk konversi sks ke ects, universitas memang tdk akan memuatnya di transcript. Buat saja surat keterangan sendiri, dgn penjelasan bagaimana asumsi yg diambil.

      • mesut atha khan said

        Ya…
        Terima kasih banyak ya Emundus..:-)

  158. Nuri said

    Salam.
    Saya mau tanya. Pada beberapa website beasiswa EM untuk master program yang saya baca ada peringatan bahwa applicant tdk boleh mendaftar lebih dari 3 program. Apakah maksudnya 3 program itu hanya dari erasmus mundus master course saja atau perhintungannya termasuk dari program EM dari action yg berbeda? Misal nih saya coba apply 3 jenis program EMMC dan 1 jenis program Lotus (yang dibiayai EM juga), apa itu diperbolehkan?
    Terima kasih sebelumnya.

    • emundus said

      baca: http://eacea.ec.europa.eu/erasmus_mundus/tools/faq_general_questions_en.php#20

      Lotus itu bukan Action 1 kan?

      • Nuri said

        Berarti bisa ya? Oke. Terima kasih.

        Oh ya, saya ingin sekali mendaftar program EMCL. Saya sempat browsing, Saudara admin pernah mendapatkan beasiswa tersebut ya? Apa ada tips khusus agar bisa menjadi kandidat terbaik dan lolos untuk menerima beasiswa EMCL?

        Thank you in advance.

      • emundus said

        Ga ada tips khusus sih..
        Penuhi semua syarat, dan kualitas dokumennya ya sebaik2nya saja..
        Anyway, I’m open to discuss utk EMCL.. ;)

      • Nuri said

        Emundus, mohon pencerahannya. Di required documents yg disyaratkan EMCL di point pertama dan kedua berbunyi:
        1. EMCL-Application form (the completed and signed form should be sent by mail in case of admission, only)
        2. TUD online registration is mandatory if students have been admitted to the program. The completed and signed TUD registration form for Non-German students and German students must be be sent by mail.

        Apa itu artinya keduanya harus saya kirim lewat mail (pos) bukan email?

        Thanks in advance

      • emundus said

        Iya, lewat pos, dalam 1 paket saja. Tetapi kl tdk salah, hanya ketika sudah dinyatakan diterima saja.

      • Nuri said

        Oh begitu ya? Oke.
        By the way, saya sudah mengisi dua point tsb via online dan sudah mencetak/print dokumen2 tersebut. Tapi ternyata saya sadar ada field yg saya salah isi. Apa masih bisa saya ganti dengan mengirim email dan request untuk diganti yaa?

      • emundus said

        Silahkan saja dicoba..

      • Nuri said

        Mas Admin, apa untuk erasmus mundus action 2 juga dibatasi 3 macam aplikasi seperti di EM action 1?

      • emundus said

        belum pernah baca/dengar untuk aturan itu sih..
        tapi buat apa apply banyak2? fokuskan saja effortnya..

  159. sarah said

    Dear Emundus, saya mau apply Master CoDe (Comparative Local Development) http://portal.uni-corvinus.hu/index.php?id=50948 .
    Menurut web nya, proses pendaftaran online melalui http://www4.unitn.it/ApplyMaster
    Tapi ternyata Erasmus Mundus Master CoDe tidak tersedia di daftar aplikasi Master di Application Online Main Page.
    Padahal deadlinenya masih 20 Januari.
    Apakah ada teman-teman yang mengalami masalah serupa?
    Mohon informasinya. Trima kasih.

  160. tantya said

    halo sarah, kebetulan saya juga sedang melamar program Master CoDe ( Comparative Local Development ), maksut sarah EMM CoDe ini tidak tersedia di daftar aplikasi online apa yah? karena saya bisa melakukan registrasi tapi memang belum sampai uploading documents.

  161. Octa said

    Halo dan salam kenal,

    Seperti yang telah dijelaskan dalam blog ini bahwa “anda hanya diperbolehkan maksimal apply ke 3 EMMC/EMJD. Bila lebih, maka aplikasi anda akan otomatis gugur.”
    Apakah 3 program EMMC ini termasuk program master pada web http://www.panacea-mundus.eu/?
    Artinya bila saya sudah mendaftar 3 program di: http://www.panacea-mundus.eu/, saya tidak diperkenankan lagi mendaftar pada program lain di: http://eacea.ec.europa.eu/erasmus_mundus/results_compendia/selected_projects_action_1_master_courses_en.php karena melebihi batas program yang diperbolehkan untuk di-apply?

    Terima kasih admin.

  162. Octa said

    Terima kasih Admin. Saya sudah menemukan jawabannya.

  163. sarah said

    Berarti Lotus beda dengan action 1 ya? Krn sy sdh apply 3 di action 1 ini, dan minat apply lotus juga. Thanks pencerahannya :D

  164. Rahmat said

    Untuk syarat score IELTS, seandainya score saya masih kurang dari yg disyaratkan tetapi saya tetap ingin nyoba daftar, apakah akan lebih baik jika dijelaskan juga di motivation letternya mengapa begitu? Mohon masukannya, terima kasih.

  165. sari said

    dear emundus

    saya kemaren mendaftar di dua konsorsium yaitu planet europe dan mundus urbano, semalem saya dapet email dari planet europe yg isinya saya engga ditrima beasiswa tapi diterima di konsorsium uninya, saya diminta untuk konfirmasi daftar maks tgl 15 feb, tapi validasi pengumuman akan diumumkan lagi di bulan april.

    terus terang saya bingung, apakah saya sebaiknya daftar dulu yg di planet europe atau menunggu hasil validasi bulan april?

    terimakasih atas masukannya

    • emundus said

      Ya, kalau anda minat utk ambil program tsb tanpa beasiswa, silahkan diconfirm.. Tapi kalau tdk minat, ya didrop saja.

      Kecuali anda msk reserve list, masih ada kemgknan dpt beasiswa, kalau yg di main list ada yg mengundurkan diri.

      • sari said

        oh iya, kalau admitted itu apakah bisa dikategorikan sebagai LoA? karena di surat hanya ditulis admitted, tidak ada kata-kata reserve list, bagaimana kita tahu kalau kita masuk reserve list atau bukan?,

        terimakasih atas sharing infonya

      • emundus said

        email itu hanya notifikasi. kalau accept offer mereka, nanti baru LoA resminya akan dikirim.
        dari bahasa di email, jelas mereka bilang beasiswanya tidak diterima toh?

        ya kalo masih penasaran, tanyakan saja, apakah berarti tidak masuk reserve list juga.

        bandingkan dgn reply yg seperti ini:
        http://emundus.wordpress.com/pertanyaan-umum/comment-page-1/#comment-6763

        ini ada yang malah ga diterima di planet europe:
        http://emundus.wordpress.com/comment-page-4/#comment-9064

        bisa baca juga thread ini:
        http://emundus.wordpress.com/comment-page-4/#comment-6902

      • sari said

        iya, di suratnya hanya notifikasi, dan memang ditulis seperti ini ” has been admitted to the Erasmus Mundus master programme PLANET Europe, but has not been selected for an Erasmus Mundus scholarship”

        mereka juga bilang begini, apakah ini dimaksudkan saya masuk reserve list atau bukan?, saya akan coba tanya juga ke pihak konsorsium
        You have been selected by the Selection Committee of the Erasmus Mundus master programme PLANET EUROPE.
        The selection decision needs to be validated by the EACEA (Education Audiovisual & Culture Executive Agency) in Brussels. The Board of the Erasmus Mundus master programme PLANET EUROPE presents the list of admitted students (with and without scholarship) to the EACEA in February 2013. The validation and confirmation of the list of students is expected in April 2013

        oh iya, saya juga akan coba apply Neso, karena kebetulan di study finder nya Neso , planet europe masuk list di pendanaan mereka, hanya saja deadline aplikasi tgl 15 maret, apakah bisa saya pake surat notifikasi itu untuk LoA di Neso?

        link komennya sangat membantu,

        maaf merepotkan, terimakasih banyak

      • emundus said

        Ga jelas sih email dr konsorsiumnya.. Ga gs diduga2..

        Untuk neso, mending tanya ke neso indonesia..

    • sari said

      hehehe, berarti wajar ya kalo saya bingung :P
      okee, makasih banyak bantuannya

      saya akan coba tanya langsung ke pihak konsorsium deh

  166. Ratih said

    dear emundus,

    Saya ratih, sejauh ini saya sudah daftar EM action 1 di GEM dan telah mendapatkan LOA dari Twente University. yang mau saya tanyakan adalah, selama proses pendaftaran saya hanya meng-upload kebutuhan dokumen yang diperlukan, tetapi saya belum mengirimkan hardcopy by pos. sebenernya saya kaget juga kenapa bisa dapat LOA. Saya mau tanya apakah saya harus kirim hardcopy ke pihak university dan langkah apa yg harus saya lakukan? satu lagi, apakah dengan mendaftar di website program sudah otomatis mendaftar beasiswa EM atau kita harus apply terpisah? jika iya bagaimana caranya?
    terima kasih

    • emundus said

      Kalau anda mengikuti langkah2 seperti yg tertulis di website GEM, maka sudah diperhitungkan utk beasiswanya. Untuk hardcopy, mgkn nanti akan diminta di tahap berikutnya. Kalau skrg LOA ini br dr univ saja kan? Belum konfirmasi beasiswanya?

      • Ratih said

        Sejauh ini langkah yang saya ikuti hanya mengupload dokumen, tetapi mengirimkan dokumen hardcopynya belum dilakukan. apakah sebaiknya saya tanyakan kepada pihak univ. twentenya? LoA yg saya dapat dari univ. Twente saja.. biasanya konfirmasi beasiswa diberikan per tanggal berapa ya? terima kasih

      • emundus said

        silahkan kalau mau ditanyakan supaya lebih jelas.
        LOA ini bentuknya hardcopy atau softcopy?

        pengumuman beasiswa ranging feb-april..

      • Ratih said

        saya sudah kirim email tapi sampai saat ini tidak ada balasan.. LOA dalam bentuk softcopy..

      • emundus said

        Mungkin jwbannya sudah ada di website? Mengenai how to apply? Bila iya, bs jd itu alasan kenapa mereka ga reply. Coba cek lagi.

  167. blogpunyanisa said

    Holaa Emundus,

    Nama saya Nisa. Tahun ini apply untuk program IMFSE. Mau tanya adakah orang Indonesia yg pernah dapet beasiswa program ini sebelumnya? Dan berdasarkan pengalaman sebelumnya, tahapan seleksinya apa saja ya? Apakah dr tahun-tahun lalu juga ada proses wawancara?

    Terimakasih pencerahannya :)

    • Taufiq said

      Hai, Nisa. Saya Taufiq. Salam kenal, saya juga apply IMFSE tahun ini tapi sampai skrg saya belum dapat email undangan wawancara. Apakah Nisa dapat?

      Setahu saya, dr webnya, belum ada dr Indonesia yg dapat program ini

      • blogpunyanisa said

        Salam kenal juga Taufiq

        Wah seneng tau ada temen yg apply IMFSE juga :)
        Iya 2 minggu lalu saya dapat invitation interview via Skype. Sebenernya kaget jg karena di web ga ditulis ada tahapan interview. Nah jadi pengen konfirm sama temen-temen Mundusian apa memang dr dulu tahapnya seperti itu dan kira-kira apa berikutnya.

        Cheers!

    • ebhe said

      halo nisa dan taufiq :D

      sekedar menanyakan apakah salah satu dari kalian ketrima di IMFSE? saya berencana untuk mencoba mendaftar di tahun ini, ada beberapa pertanyaan yang masih belum terjawab, di webnya khan tertulis bahwa dokumen kita harus dilegalisasi oleh kedutaan belgia, itu prosesnya seperti apa yah?

      klo tidak keberatan,saya boleh tahu alamat email kalian,biar bisa sharing.

      terima kasih

  168. geochemist said

    Dear Emundus,
    Apakah bisa seorang WNI apply beasiswa erasmus dari luar negeri?
    Misalnya istri/suami yang sedang ikut pasangannya belajar di luar negeri, kemudian ingin sekalian melanjutkan S2 dan apply erasmus dari luar negeri..
    Terimakasih.

  169. Cynthia said

    Halo. Saya mau bertanya apakah di forum ini ada alumni ME3 (Management and Engineering of Environment and Energy) ?
    Kalau ada, mau minta share pengalamannya. Terima kasih.

  170. nisa said

    Dear Emundus,

    Yang dimaksud validasi dokumen oleh European Commision itu seperti apa dan sejauh apa ya? Apakah mengirimkan ‘hanya’ copy of IELTS certificate (bukan hasil IELTS yang directly sent by IDP/lembaga penyelenggara IELTS ke kampus) bisa dianggap tidak valid?

    Terimakasih ya sebelumnya..

    • emundus said

      Ini sifatnya case by case. Tetapi pada intinya demikian:
      1. Applicant kirim aplikasi ke konsorsium
      2. Konsorsium akan seleksi, bukan hanya mengenai kemampuan dan kualifikasi, tetapi jg dokumen
      3. Konsorsium akan buat main list dan reserve list, dan akan disubmit ke EACEA
      4. EACEA akan final check utk approve beasiswanya

      Nah kadang2 konsorsium memang memperbolehkan dulu apply dgn sertifikat inggris yg tidak international. Tetapi setelah langkah 4 di atas, kalau hasilnya positif, maka akan diminta submit tes resminya sampai dengan tanggal tertentu. Kalau tdk bs submit, maka dianggap gugur beasiswanya.

  171. sarah said

    Hi,

    Saya baru terima email dr Joint Selection Comittee Erasmus Mundus Master Comparative Local Development (CODE) that I don’t get into the main list, but only to reserve list.
    Apakah ada cara untuk tahu saya urutan keberapa di reserve list nya?
    ** really wish someone in the main list will decline the offer** :D

    • emundus said

      coba aja tanyakan ke konsorsiumnya ;)

    • Rufita said

      Hi Sarah,

      Yap saya pun menerima email yang sama. Tidak masuk dalam kategori main list tetapi reserve list. Saya sudah menanyakan kepada konsorsium peringkat reserve list saya, tetapi sampai saat ini belum ada balasan Tinggal berdoa, semoga mendapat terbaik :D

      Oh ya, apakah Sarah tau kira-kira pengumuman finalnya kapan? Saya lupa menanyakan di email terakhir kemarin…

  172. Rizka said

    Halo nama saya Rizka, mau tanya nih,

    saya kebetulan baru dapat email kalau diterima dalam program EMMC Suscos dan sudah diajukan untuk mendapat award erasmus, namun masih harus menunggu untuk pengumuman resmi award erasmus di bulan April atau Mei.
    Apakah itu berarti saya susah benar keterima? atau ada probabilitas bahwa saya mungkin tidak mendapat award-nya ?

    terimakasih,

  173. ambar said

    Hi Sarah, I also got the same e-mail.. Semoga ya… Good luck!

  174. Eugenia Elina said

    Saya apply program MEDEG akhir tahun lalu..pusat konsorsium menginfokan bahwa notifikasi email akan dikirim tgl 15 april 2013 via email..namun hingga sekarang saya blm menerima notifikasi apapun.apakah ada yang mempunyai pengalaman serupa? Atau informasi terkait hal ini?

    Terima kasih

    Salam,
    Elina

    • Nisaa said

      iya, saya juga belum mendapat notifikasi email dari IMETE. Padahal IMETE menginfokan dari awal bahwa applicants pengaju beasiswa yang tidak memenuhi persyaratan maupun applicants yang memenuhi persyaratan namun tidak mengajukan beasiswa akan diumumkan akhir Februari. Karena saya tidak mendapat notifikasi apapun di akhir Februari, maka saya asumsikan bahwa at least saya memenuhi persyaratan. Namun setelah itu, saya belum mendapatkan notifikasi apapun semenjak notifikasi bahwa berkas hardcopy saya sudah diterima.

      Apa ada applicant IMETE yang mengalami hal serupa?

  175. hello, saya trisna nana. Sebelumnya pernah apply untuk seleksi erasmus mundus mover. Bedanya dengan erasmus mundus, beasiswa ini lebih ditujukan untuk kerjasama institusi to institusi (pihak universitas di Eropa dengan pihak Universitas di Indonesia). Berhubung, sepertinya peluang saya sangat kecil (list penerima beasiswa baru akan diterbitkan pertengahan mei 2013), karena merupakan satu-satunya kandidat independen.

    Saya jadi berubah pikiran untuk ikut program beasiswa erasmus mundus. Namun masih bingung dengan tata cara apply dan persyaratannya. Apakah sama seperti pengajuan program beasiswa pada umumnya yaitu pilih program yang ditawarkan di Erasmus Mundus, lalu berkorespondensi dengan pihak kampus atau bagaimana?

    Oya umur saya 30 tahun, lulusan Teknik Informatika (Informatics Engineering) Universitas Gunadarma dan sudah 5 tahun bekerja di dunia profesional IT. Saya menguasai bahasa inggris dan perancis serta sedikit bahasa jepang. Apakah memungkinkan bagi saya untuk mengajukan aplikasi beasiswa erasmus mundus untuk S2 (Master jurusan yang sama)? Jika memungkinkan yang menggunakan bahasa pengantar bahasa perancis atau inggris.

    Salam kenal dan terima kasih,

    Trisna nana

    • emundus said

      EM Masters Course (EMMC) dapat ditempuh dengan biaya sendiri/beasiswa lain.
      Cara pendaftarannya sama saja, hanya saja tidak perlu menyatakan bahwa sekalian apply beasiswa EM (jadi hanya apply ke Masters Coursenya saja).

      Website setiap EMMC biasanya ada petunjuk mengenai hal ini.
      Misal: http://erasmusmundus.ie/courses/desem/application.php

      HOW TO APPLY FOR SCHOLARSHIPS: Apply as above before January 31st 2013.

      Note: untuk non beasiswa EM, biasanya deadline pendaftarannya lebih panjang.

  176. rtZ said

    Dear Emundus,

    Intro dulu yah:

    Saya sedang menempuh program S3 geosains di salah satu Universitas di Jerman – sekarang sudah berjalan selama satu tahun. Skema pembiayaan kuliah saya bukan melalui beasiswa semacam DAAD, tetapi menjadi mitarbeiter (pekerja) dalam sebuah project research yang melibatkan Universitas saya. Sebenarnya saya bergabung dalam project ini sudah terlambat sekitar 1,5 tahun – disebabkan calon doktorand sebelumnya tidak kunjung datang karena sakit. Intinya: saya ini pemeran pengganti :D

    Yang menjadi persoalan adalah: kontrak saya akan habis tahun depan (awal 2014), bertepatan dengan selesainya project ini, sementara pada saat itu penelitian saya baru berjalan dua tahun. Pastinya waktu dua tahun tidak mencukupi untuk menyelesaikan S3 saya. Ketika awal apply, saya sudah tanyakan hal ini ke yang punya project, mereka menjawab akan mengusahakan kontrak saya diperpanjang sampai S3 selesai (entah dengan cara atau skema seperti apa). Saya juga sudah komunikasikan hal ini ke supervisor saya, beliau juga menjanjikan akan mencarikan jalan keluar.

    Nah, sambil menunggu kejelasan dari mereka, saya berinisiatif untuk mencari informasi sendiri mengenai pembiayaan/beasiswa kuliah dari jalur lain.

    Jadi, pertanyaan saya:
    Apakah dengan kondisi seperti di atas saya bisa appy beasiswa Emundus, walau hanya untuk jangka waktu setahun saja? Kalau bisa, kira-kira persyaratannya apa saja?

    Danke Schön..!

    • emundus said

      Kalau untuk program EMJD (Action 1), itu ga bisa mulai dari tengah2 sih.. harus dari awal.
      Kecuali secara kebetulan universitas tempat studi sekarang punya program EMJD, dan si dosen cukup kreatif untuk mencoba mencari pendanaan dari sana.

      Bitte Schön

  177. winnymarch said

    saya alumni teknik industri usu, kalau mw lanjut S2 yang unutk teknik industri kira2 Univ apa yg ada dlm list Erasmus mundus ya?

  178. Bharunajif said

    saya baru lulus D4 manajemen perhotelan di STP Sahid Jakarta, mau melanjutkan s2.. beasiswa yang tersedia dari erasmus mundus untuk program master di bidang pariwisata seoerti art culinary, magister of tourism dll itu ada ga ya? thx regards

  179. rhi said

    malam mbak dan mas mundus, saya tertarik dengan program emundus fipdes dan saya punya pertanyaan tentang letter recommendation. saya lulus psikologi tahun 2008 dan belum pernah bekerja, karena sejak lulus saya membantu orangttua untuk menjalankan usaha kecil2an. yang saya baca kalo letter recommendation itu ada 2, 1 surat saya minta pada pihak universitas tempat saya kuliah dulu, lalu bagaimana dengan surat yang 1 lagi?
    terima kasih, mohon bantu jawabannya.

  180. Franklin said

    Dear Edmundus

    Saya seorang dosen dari salah satu Universitas Negeri di Ambon-Maluku.
    Saya saat ini telah diterima untuk studi di Program Pascasarjana (S3) Studi Pembangunan UKSW yang kuliah perdananya akanberlangsung pertengahan September 2013 ini. . Tetapi BPPDN untuk mahasiswa Program Pascasarjana Studi Pembangunan di UKSW baru diberikan sampai ke Jenjang S2.

    Alasan saya memilih program S3 pada Program Studi Pembangunan UKSW, karena memiliki kurikulum dan substansi yang berbeda dengan kurikulum dan atau substansi Program S3 Studi Pembangunan yang terdapat pada beberapa Universitas Negri di Indonesia yang menyelenggarakannya. selain itu, melalui program tersebut saya dapat mengembangkan bidang keilmuaan saya terkait dengan pembangunan di Kawasan Timur Indonesia.

    Sehubungan dengan maksud tersebut (dan dalam rangka upaya untuk beroleh dukungan beasiswa untuk membiayai pendidikan S3 saya) saya membutuhkan informasi apakah Erasmus Mundus Scholarship dalam perkembangannya memiliki kebijakan atau memiliki pertimbangan untuk dapat membantu mahasiswa program pascasarjana pada Universitas Dalam negeri (di Indonesia)?

    Maaf seandainya saya keiru mempertanyakan hal tersebut melalui forum ini,
    Akhir kata saya sampaikan terima kasih

    Hormat saya,
    Franklin

  181. Sukma said

    Selamat malam,, baru saja saya membaca tentang beasiswa erasmus mundus, saya adalah mahasiswa s2 psikologi industri dan organisasi, rencana tahun depan saya akan melanjutkan studi pada program doktoral, akan tetapi saat membaca program doktoral yang ditawarkan tidak tercantum untuk psikologi industri dan organisasi, yang mau saya tanyakan adalah apakah beasiswa erasmus mundus memberikan kesempatan beasiswa untuk major yang tidak ditawarkan? seperti psikologi industri dan organisasi?
    terimakasih..

    hormat saya

    sukma :)

    • emundus said

      Tidak sih.. Program yang bisa dibiayai dengan EM memang seperti yang ada di daftar saja..
      Kalau ada program yang dekat2, mungkin bisa apply, sambil approach ke profesornya supaya content kuliah/risetnya sesuai kemauan kita.

  182. tyas said

    Selamat malam,

    saya mau tanya.
    saya ingin daftar NOHA Mundus, tetapi ketika melihat websitenya, tidak ada untuk daftar erasmusnya.
    apakah harus apply di tiap universitas yang akan dipilih dan harus kirim fotokopi berkasnya ke semua univ tersebut?
    pertanyaan kedua : untuk fotocopy ijazah yang certified yg akan dikirim itu, di-certified oleh siapa, apakah hanya dari universitas saja atau harus dari kementrian, kl kementrian dari kementrian apa?

    terima kasih.

    • emundus said

      Ada dong..
      Salah buka web aja kali..
      Coba cek: http://www.nohanet.org/excellence/noha-master

      Cara pendaftaran baca “Joint Application Procedure” di page tsb.
      Translation, kalau dilihat kata2nya “Certified copies of academic transcripts (if this document is not in English, please attach an official translation)” –> think simple saja, di-certified universitas yang mengeluarkan ijazah tsb (ada toh versi Bahasa Inggris-nya?)

  183. Dian Heriani said

    thanks a lot for your information..
    but in this case, I need more information about my concern in master degree program. i have finished my bachelor degree in English Education Department. so, I suppose that I want to get the scholarship in TEFL/TESOL. is there any programs from Erasmus mundus scholarship??

    I need your help please and share :) .

  184. Juwita March said

    Halo, saya Juwita dari Sastra Rusia UI, sekarang saya lagi kuliah di semester 7. Beberapa hari yang lalu saya browsing EM dan ngeliat program IMRCEES. Kira-kira di sisi ada gak ya yang sudah pernah menerima program IMRCEES atau yang lagi apply program ini?

    Thanks :)

  185. Yose Marlina said

    kakak- kakak di emundus. salam kenal. saya maus tanya, saya lulusan sarjana hukum. kalau untuk beasiswa emundus untuk hukum apa ya selain EMLE?

  186. Salam..

    Saya Misda, saya lulusan Administrasi Negara, tapi tertarik dengan Pengelolaan Pesisir. Saya ingin melanjutkan study di Perancis, hanya saja saya bukan PNS, dan saya bukan dosen, bahkan untuk kategori mahasiswa berprestasi pun tidak. Saya hanya masyarakat sipil biasa yang ingin melanjutkan beasiswa di Perancis.

    Saat ini saya hanya berharap mendapatkan teman yang bisa sharing informasi beasiswa disana.. terima kasih

    misda.ud@gmail.com

  187. Sri said

    saya Sri maulida, baru lulus kuliah s1 Manajemen perbankan dan keuangan syariah, saya ingin apply beasiswa erasmus mundus, mohon bantuan dan bimbingannya..karena saya perlu dah butuh bimbingan.
    Terima kasih sebelumnya.
    ini ada beberapa yang saya temui program ekonomi erasmus mundus adakah yang di recomendedkan? mohon bimbingannya:

    http://www.upcomillas.es/estudios/estu_mast_emin.aspx

    http://www.emle.org/_EMLE_Main_rubric/index.php?rubric=Home

    http://www.cepn-paris13.fr/epog/

    http://portal.uc3m.es/portal/page/portal/postgraduate_studies/masters/Master_in_Economic_Development_and_Growth

    http://www.ua.ac.be/main.aspx?c=.EGEI&n=96005

  188. Shanaz said

    Assalamu’alaikum,,, sebelumnya terima kasih kepada tim admin emundus yang selalu mengupdate informasinya. Saya ingin bertanya beberapa hal, mohon bantuan dan saranny ya min,

    1. Sy ingin mendaftar beasiswa emundus untuk program master forensic science, namun setelah sy melihat fees dan grants yg diberikan klo dihitung2 hny skitar 64rbu euro. Sdgkan master utk bidang lain bisa lbh dari 400rb euro. Yg ingin sy tnyakan, apakh sy keliru mnghitungny? apa bisa biaya trsbut mncukupi studi sy? Jika tdk, apkh sy hrus mncari beasiswa tmbahan atau bkrja dsna?

    Link : http://forensicerasmundus.blogs.lincoln.ac.uk/fees/
    http://forensicerasmundus.blogs.lincoln.ac.uk/grants/

    2. Ada dua program beasiswa master yg ingin sy ikuti. Program prtma di daerah cordoba, lisbon, dan lincoln. Program kedua di portugal, italy, dan inggris. Prtanyaan sy, bagaimana sy menentukan waktu sholat utk daerah2 tersebut?

    Itu sj admin, mohon bantuan informasinya. Terima kasih.

    Wassalamu’alaikum

  189. shanaz said

    Wah, bener ka’ Admin, setelah sy check lagi, sy udh salah ngitung trnyta 4800 euro utk 2 thun, hehehe *maaf..
    Hmm, trnyata itu alokasi biaya total, baiklah. Makasih ya ka’ admin untuk pencerahannya,,. :D

  190. fawzans said

    permisi bang emundus,

    untuk pengisian CV Europass format, di bagian Language Skill, itu kan ada bbrp parameter, apakah itu kita isi berdasarkan prediksi kita sendiri, ataukah dari hasil test ielts/toefl kita ya?

    makasih bang

  191. nida said

    saya nida, mahasiswa fakultas hukum. tertarik dengan beasiswa ini. mau tanya kira-kira beasiswa erasmus mundus memberikan beasiswa master untuk jurusan constitutional law? terima kasih

  192. Sundani said

    Saya Heni, Lulusan Saint Mary’s University Philipina. S1 saya ambil Entrepreneurial Management. Semua transkrip dan ijasah saya dalam bahasa inggris. Saya tertarik beassiswa erasmus mundus ini. Saya mau minta bantuan:
    1. Bisakah memberikan saya rekomendasi 3 university yg bagus untuk Master dibidang ilmu manajemen (kalo ada sama linknya yaaaa).
    2. Apakah saya tetep pelu tes TOEFL atau IELTS ya? waktu perkuliahan pake english juga
    3. Bisakah admin memberi saya link kepada alumni yg sudah lulus master dibidang ilmu managemen?

    Deeply Thanks Banget!
    ms.sundani@gmail.com

  193. Ryn said

    Pagi Admin Emundus,
    Barusan dapat email dari EM Masters in Forensic (http://forensicerasmusmundus.blogs.lincoln.ac.uk).
    Aku masuk rank 6 di reserve list untuk scholarship-nya *seneng campur sedih :) *
    Nah mereka ada offer tuk provide letter of support (semacem recommendation letter gitu kayanya) kalo aku berminat utk apply dengan self-funded. (http://forensicerasmusmundus.blogs.lincoln.ac.uk/grants/)

    Pertanyaan-ku:
    > Kalo aku agree utk self funded, berarti posisiku di reserve list hilang kan ya?
    > Walaupun self funded, in case diterima, aku tetep ikut program dan mobility-nya? Atau aku hanya enrolled di UK? (apply-nya ke web Lincoln University soalnya)
    > Adakah alumnus EM Masters yang self funded? kalau ada, apa bisa dishare contact email-nya, karena aku pengen tanya2..

    Thanks ya..

    • emundus said

      Rank 6 di reserve list lumayan tinggi loh..

      1) Self-funded ini kan menjajaki kemungkinan pembiayaan lain.
      Jadi, bisa saja tetap minta LoS, tapi minta tetap diconsider di reserve list.
      Kalau dapat alternative funding, baru minta namanya digugurkan dari reserve list.

      2) Seharusnya ikut mobilitynya juga.
      Lincoln uni kan pusat konsorsiumnya saja.

      3) Ada, misalnya yang ambil via beasiswa LPDP.
      Saya ga tahu emailnya dan siapa orangnya.
      Harus tanya2 dulu.
      Nanti saya follow up ke email anda via japri ya.

  194. Harri said

    Hallo,
    Saya sudah meng-apply 2 program EM, keduanya masih menunggu pengumuman.
    Seandainya diterima, saya masih bingung karena saya berencana untuk membawa keluarga saya (istri dan satu anak).

    Terutama masalah tempat tinggal (setahu saya di Jerman (dan mungkin beberapa negara Eropa lainnya) ada minimum luas apartemen yang disewa, kalau tidak salah 12m2/orang).
    Juga ketentuan bahwa di Jerman (juga Swedia, d.l.l.) mensyaratkan memiliki minimum penghasilan 600euro/orang (dan anak-anak kalau tidak salah 300euro/anak). Untuk sendiri memang beasiswa EM lebih dari cukup (1000euro), tetapi saya ingin membawa keluarga saya juga.

    Apakah ada pengalaman yang membawa keluarga selama mengikuti program EM?

    Terima kasih sharing nya.

    • emundus said

      Untuk membawa keluarga, ada lumayan kok awardee EM yang membawa keluarganya.
      Kalau untuk Jerman, saat ini ada 2 teman saya yang dua2nya lulusan EM, yang sedang melanjutkan PhD di salah satu kota di Jerman. Nanti saya japrikan link contactnya.

      Selain itu mungkin bisa ngobrol2 juga di blog sebelah, jermandes.wordpress.com, mereka cukup aktif posting artikel, dan adminnya ada banyak. Mungkin bisa bantu juga.

  195. rivai said

    selamat siang.
    Saya rivai, mahasiswa pertambangan, saya tertarik dengan program EMerald saya ingin bertanya bagaimana spesifik persiapan untuk mengambil program ini. tolong dibantu. bagi teman2 yang telah mengambil atw diterima diprogram ini saya minta bantuan tentang info cara persiapannya?

  196. serena said

    Hallo kakak emundus..
    Saya rena..saya baru saja dapat informasi soal aplikasi saya di EM-Mfamily. saya cuma ingin share kalau ternyata aplikasi saya di dinyatakan not eligible dengan alasan: incomplete bachelor. Saya bahkan diberikan link untuk mengecek ke bagian admission requirements.
    Saya jadi bertanya-tanya, apa memang saya lalai sampai2 sy tidak membaca..karena saat mendaftar sy memang benar2 memperhatikan setiap pilihan jurusan yg menerima mahasiswa yg hampir lulus.

    di websitenya tertulis: “Preliminary transcripts are acceptable when applying, but the final degree certificate is required before the start of the programme.”
    (http://mfamily.iscte-iul.pt/index.php/aplication-and-admission-requirements)

    Kalau saya tidak salah, berati mhs yg hampir lulus juga bisa mendaftar kan? karena alasan inilah saya memberanikan diri bertanya pada pihak konsorsium. Saya ingat dulu saya mendaftar, saya diminta juga untuk mengirimkan honour agreement sebagai penganti diploma yang belum keluar.

    Pihak konsorsium akhirnya membalas email saya, dengan jawaban: “The selection committee decided to consider BA as an entrance qualification when assessed the level of academic relevance”.

    Saya ingin bertanya, apakah memang pihak konsorsium bisa sewaktu-waktu mengubah admission requirement sesudah deadline? mengingat waktu pengiriman berkas yang sudah lama ditutup. Saya ingin ini bisa menjadi pelajaran bagi saya saat mendaftar selanjutnya.

    terima kasih kakak emundus :)

    • emundus said

      Detail anda kurang lengkap..
      Misal: kapan anda akan lulus?

      Kalau anda akan lulus s/d Juli 2014, rasanya alasan konsorsium memang tidak tepat.

      Tetapi kalau setelah Juli 2014, bisa dibilang tepat ya alasannya.

      • serena said

        Maaf kakak penjelasan saya kurang detil. Sebenarnya saya sudah lulus dari awal tahun ini dan hanya tinggal menunggu wisuda bulan depan. Tanggal kelulusan saya sudah dicantumkan di form pendaftaran, juga diperjelas di honour agreement yang diminta konsorsium. Karena itulah saya bingung saat menerima surat penolakan yang menuliskan Incomplete bachelor tanpa penjelasan lebih lanjut.

        Penjelasan lengkap konsorsium saat saya bertanya lebih lanjut,
        ‘Despite our website mentions that “Preliminary transcripts are acceptable when applying, but the final degree certificate is required before the start of the programme”, the selection has to be comparable among all candidates. Taking into account that we received three hundred fifty applications (mostly from people with completed bachelor), the selection committee decided to consider BA as an entrance qualification when assessed the level of academic relevance’.

        Dari statement tersebut, sy menangkap bahwa perubahan kriteria itu baru dilakukan setelah closing deadline kan kak? Padahal hingga kini di website masih tertulis mhs yg hampir lulus boleh mendaftar.
        Lalu kalau begitu, apakah kalau konsorsium telah mengatakan boleh mendaftar sebelum lulus, sebaiknya kita tetap bertanya lagi atau bagaimana yah kak?
        karena jujur saja, sy kecewa sekali dgn alasan tersebut. Padahal persiapan sy sudah habis-habisan sekali kak, hingga menyiapkan berbagai karya tulis dan modul kuliah sebelumnya yang sesuai dgn jurusan ini (yg kata konsorsium menambah poin penilaian tersendiri). Maaf jika kata2 saya tralu panjang.
        Terima kasih banyak sebelumnya kak. :)

      • emundus said

        Sepertinya ada misunderstanding di konsorsium ya..

        final degree certificate –> ini ijazah kan?
        di ijazah, tidak ada nilai.
        nilai adanya di transkrip, dimana transkrip yang kamu kirimkan adalah “transkrip versi terakhir dimana sudah mencantumkan semua mata kuliah yang diambil sampai dengan kelulusan”. apa benar begitu?

        kalau jawabannya iya, rasanya sih bisa appeal dengan argumen seperti tsb di atas.

        —————

        kecuali, transkrip yang kamu kirimkan adalah yang tidak komplit, maka alasan konsorsium menjadi benar.

  197. Ryn said

    Adakah yang uda dapat email dari ME3? Ktnya kan akan diumumkan around Spring 2014.
    Deg deg-an banget..

  198. anggoro said

    hi kaka kaka semua, perkenalkan nama saya anggoro

    alhamdulillah, setelah 2 kali apply, tahun ini saya diterima di program AFEPA (beberapa hari yang lalu baru dapet emailnya). kebetulan adik kelas saya waktu kuliah dulu juga diterima program yang sama tahun sebelumnya (dimana saya jadi reserve list).

    saya mau ngucapin terima kasih karena dengan membaca informasi di blog ini saya bisa tau informasi dan bisa belajar sehingga bisa diterima tahun ini. kalo ada temen-temen yang juga diterima di program AFEPA mungkin kita bisa kontak-kontakan, email saya : anggoroseto25@yahoo.co.id

  199. citami said

    Dear all,
    apakah ada yang mengetahui mengenai pengumuman kelulusan program EMLE, atau ada yang sudah dapat email dari dewan programnya? Karena disampaikan di Timeline webs programnya akan di mail pada pertengahan Maret, jadi saya cukup nervous untuk mengetahui hasilnya karena ini sudah memasuki 10 hari terakhir bulan Maret :D

  200. Halo Admin,

    Saya kebetulan bingung harus menanyakan ini kepada siapa, jadi mohon maaf kalau salah tempat.

    Saya adalah satu aplikan ALGANT (Algebra, Geometry, and Number Theory) konsorsium program doktoral, salah satu program Erasmus+ yang ditawarkan untuk tahun 2014. Pertengahan Maret kemarin saya mengirim email untuk menanyakan follow up hasil dari aplikasi yang sudah disubmit bulan Februari. Pertanyaan saya dijawab oleh salah seorang professor yang bertanggung jawab di program ALGANT tersebut. Beliau menyampaikan secara informal bahwa saya berada di peringkat ke-5 untuk mahasiswa non-Eropa yang akan diajukan sebagai salah satu kandidat penerima beasiswa Erasmus+. Beliau juga menyampaikan bahwa kemungkinan mereka hanya bisa mendapatkan 4 atau 5 research grant. Tetapi beliau juga meyakinkan saya dengan mengatakan bahwa “very likely, we will be entitled to 5 non-European grants, meaning that you can
    start your project under the supervision of ….”.

    Tetapi karena saya masih kurang yakin, saya juga mengirim email kepada professor yang bertanggung jawab di proyek riset yang saya daftar dan saya juga mendapatkan jawaban yang kurang lebih sama : “We hope to welcome you to our group!
    Pending the likely formal approval from Brussels,…”.

    Pertanyaan saya, apakah jaminan informal seperti ini dari dua pihak, yaitu penanggung jawab konsorsium dan professor in-charge untuk proyek yang saya daftar bisa dijadikan pegangan bahwa saya memiliki peluangan besar sebagai penerima beasiswa program doktoral erasmus+ ? Apakah ada pengalaman dari mahasiswa doktoral lain yang pernah berada di situasi sama seperti saya sekarang ?

    Sekian,
    Rusydi

    • emundus said

      Kalau dari pengalaman yang sudah-sudah sih biasanya selalu happy-ending yah.
      Per bulan-bulan ini memang baik EMMC maupun EMJD sedang dalam proses finalisasi daftar grantee scholarship-nya.
      Sabar saja dan banyak berdoa.
      Biasanya Brussels ga lama2 amat kok.
      Paling sebelum akhir bulan juga sudah diumumkan hasil finalnya ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,382 other followers

%d bloggers like this: